Aki kering vs aki basah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki kering vs aki basah

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Jadi mau distarter berulang2 tanpa jeda seharusnya tidak apa-apa.

Kalau disebut memperpendek umur accu ya mungkin saja. Tapi umur accu lebih kepada faktor pendukungnya bukan pemakaiannya, seperti pemeriksaan rutin, kondisi altenator dll. Mau pemakaian banyak, tapi kalau airnya rutin diisi, dan pengisian listrik dari altenator bagus, ya ga masalah dunk.

Gimana nih prof accu....
memang tidak apa2, cuma yah itu....... motor starter jadi cepat panas.......... sebaiknya kasih jeda waktu, spy motor starter ga cepat panas....

hal ini ga akan memperpendek umur aki, paling2 cuma kehabisan stroom aja sih......... tinggal di stroom lagi, beres dah...... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki kering vs aki basah

Post by sjamsul »

sinned wrote:ok, tadi sdh dibahas tentang accu basah & kering, ada mitos lagi yaitu ttg catu daya amper accu nya.. katanya dalam keadaan standard sebaiknya amper nya dinaikkan 5 amper atau lebih pasti oke..

pertanyaan nya:
- bukannya kerja dinamo jadi lebih keras -> mesin kerja lebih keras = bensin boros?
- kalau sistem audio kita misal nambah untuk ampli & HU lcd dsb, berarti perlu nambah amper?
katanya itu kata siapa bro................ :e-think:
ane umpamakan kapasitas aki itu spt tangki bensin nih.... biar gampang dimengertinya........... klo kita ganti tangki bensin dari kapasitas 30 liter ke kapasitas 50 liter itu masalah ga buat mesinnya........... paling2 cuma tempatnya aja khan.........
Nah, di aki kira2 spt itu.............. jadi klo tipe akinya misalkan NS40 (32 amper) trus diganti dg tipe NS60 (45 amper), ga akan merusak ato bikin alternator jadi cepat rusak............. khan kerja alternator itu otomatis..........

Nah, yg bisa bikin alternator cepat rusak, klo beban di mobilnya 'sangat' berlebihan............ tp selama pemakaiannya normal2 aja, ga masalah sih..........

klo ada penambahan sistim audio, mau dibesarkan ampernya boleh, tp klo kaga juga ga masalah................ yg penting saat pagi hari mau distarter mesin bisa idup dg baik, bearti dah cukup..............cuma yah itu ada pantangannya nih.......... klo mesin dlm keadaan mati, jangan pakai audio dlm jangka waktu yg cukup lama, krn akan memakan daya yg cukup besar...........

Klo ada yg mau menambahkan silahkan.................. :ungg:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Aki kering vs aki basah

Post by esh »

secara prinsip saya setuju dengan om sjamsul bahwa aki itu memang sebagai tempat penampungan, sedangkan altenator sebagai pengisinya. Yang penting total pemakaian tidak lebih besar daripada daya yang disupply oleh altenator sehingga tidak terjadi tekor. CMIIW
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Aki kering vs aki basah

Post by mandala1 »

sjamsul wrote:
Abu2 wrote: kesimpulannya, : tipe 55D3L masih ada yg jual, dan ane bakal ganti dgn spek yg sama... :thanks:
kurang angka 2 nya wan..... yg benar tipe 55D23L........... :e-whistle:
Bandel yah wan abu!!! dibilang kurang ngetiknya masih ngeyel!!! :e-snooty: :big_weee:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Aki kering vs aki basah

Post by BADAK »

esh wrote:secara prinsip saya setuju dengan om sjamsul bahwa aki itu memang sebagai tempat penampungan, sedangkan altenator sebagai pengisinya. Yang penting total pemakaian tidak lebih besar daripada daya yang disupply oleh altenator sehingga tidak terjadi tekor. CMIIW
justru itu maksudnya dikasi 5A lebih gede, kadang kita tidak tahu kalo alat2 yg kita pasang ternyata udah melebihi kapasitas ampere. Akibatnya aki memerlukan supply daya terus menerus yang berakibat umur menjadi pendek. Menurut gw sich, ada benarnya jg kita memberikan daya 5A lebih besar agar aki lebih awet..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki kering vs aki basah

Post by sjamsul »

BADAK wrote:
esh wrote:secara prinsip saya setuju dengan om sjamsul bahwa aki itu memang sebagai tempat penampungan, sedangkan altenator sebagai pengisinya. Yang penting total pemakaian tidak lebih besar daripada daya yang disupply oleh altenator sehingga tidak terjadi tekor. CMIIW
justru itu maksudnya dikasi 5A lebih gede, kadang kita tidak tahu kalo alat2 yg kita pasang ternyata udah melebihi kapasitas ampere. Akibatnya aki memerlukan supply daya terus menerus yang berakibat umur menjadi pendek. Menurut gw sich, ada benarnya jg kita memberikan daya 5A lebih besar agar aki lebih awet..
hooh aja dah.................................. :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki kering vs aki basah

Post by sjamsul »

mandala1 wrote:
sjamsul wrote:
Abu2 wrote: kesimpulannya, : tipe 55D3L masih ada yg jual, dan ane bakal ganti dgn spek yg sama... :thanks:
kurang angka 2 nya wan..... yg benar tipe 55D23L........... :e-whistle:
Bandel yah wan abu!!! dibilang kurang ngetiknya masih ngeyel!!! :e-snooty: :big_weee:
tau neh..... susah dibilanginnya si wan abu2..................... (sambil ngasih rotan ke mandala)...............



:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...................
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Aki kering vs aki basah

Post by Abu2 »

@meong dan Sjamsul :
:frm_tumbleft:

tak kusangka, kalian dah pada tua dan berumur, tapi masih teliti juga......saluuutt :frm_salut:
:mrgreen: :big_weee:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Aki kering vs aki basah

Post by mandala1 »

sjamsul wrote:
BADAK wrote:
esh wrote:secara prinsip saya setuju dengan om sjamsul bahwa aki itu memang sebagai tempat penampungan, sedangkan altenator sebagai pengisinya. Yang penting total pemakaian tidak lebih besar daripada daya yang disupply oleh altenator sehingga tidak terjadi tekor. CMIIW
justru itu maksudnya dikasi 5A lebih gede, kadang kita tidak tahu kalo alat2 yg kita pasang ternyata udah melebihi kapasitas ampere. Akibatnya aki memerlukan supply daya terus menerus yang berakibat umur menjadi pendek. Menurut gw sich, ada benarnya jg kita memberikan daya 5A lebih besar agar aki lebih awet..
hooh aja dah.................................. :upss:
Lhaaaa.......koq cuma hooh aja doang sih? :e-think: :e-think: :upss:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Aki kering vs aki basah

Post by mandala1 »

Abu2 wrote:@meong dan Sjamsul :
:frm_tumbleft:

tak kusangka, kalian dah pada tua dan berumur, tapi masih teliti juga......saluuutt :frm_salut:
:mrgreen: :big_weee:
Kurang Asem!!!! wakakakaka...........


:ngacir: (wan abu) ......... :frm_shock:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki kering vs aki basah

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:@meong dan Sjamsul :
:frm_tumbleft:

tak kusangka, kalian dah pada tua dan berumur, tapi masih teliti juga......saluuutt :frm_salut:
:mrgreen: :big_weee:
emangnye nt baru tau.......................... :big_smoking: ...................





wakakakakakaka............................. :ngacir: :ngacir: :ngacir: ............