SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 01 Nov 2014, 10:07

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 17 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 14:37 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 21 Mar 2009, 13:13
Posts: 7
teman2 ada yg tau gak, fungsi tabung di hose filter udara (dalam hal ini contohnya kijang diesel EFI, tapi saya lihat di mobil lain juga ada,hanya bentuknya bukan bulet) ? kalo dicabut ngaruh gak ya?

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 15:15 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
^^halo bro.....sy coba bantu jawab yah......
Fungsi dari tabung yg bro maksud adalah untuk menampung kotoran2/partikel debu yg masih lolos melewati air cleaner,, sehingga meminimalkan kotoran debu halus masuk ke ruang mesin......
Mungkin sebaiknya jangan dilepas bro, karena ga ada keuntungan yg kita didapatkan dari melepas benda tsb...... :)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 15:51 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 04 Sep 2008, 08:43
Posts: 278
setau saya, tabung yg dimaksud namanya air-resonator. gunanya buat ''lumbung'' / simpenan udara. pas pedal gas diinjak tiba-tiba -> mesin butuh udara (+bahan bakar) lebih banyak -> udara yg dari ''lumbung'' ikut disedot. sehingga gejala ''lag'' bisa diminimalkan. CMIIW


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 15:54 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 21 Mar 2009, 13:13
Posts: 7
mandala1 wrote:
^^halo bro.....sy coba bantu jawab yah......
Fungsi dari tabung yg bro maksud adalah untuk menampung kotoran2/partikel debu yg masih lolos melewati air cleaner,, sehingga meminimalkan kotoran debu halus masuk ke ruang mesin......
Mungkin sebaiknya jangan dilepas bro, karena ga ada keuntungan yg kita didapatkan dari melepas benda tsb...... :)


oh begitu... ok deh, thx banget ya bro. tadinya aku pikir kurang fungsi/menghambat. ternyata banyak gunanya ya...... :ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 16:16 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 21 Mar 2009, 13:13
Posts: 7
mintblue wrote:
setau saya, tabung yg dimaksud namanya air-resonator. gunanya buat ''lumbung'' / simpenan udara. pas pedal gas diinjak tiba-tiba -> mesin butuh udara (+bahan bakar) lebih banyak -> udara yg dari ''lumbung'' ikut disedot. sehingga gejala ''lag'' bisa diminimalkan. CMIIW

wah, mirip teknologinya Yamaha dong ya? klo gak salah namanya Y.E.I.S.....?!?! :ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 16:44 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 23 Jan 2009, 18:21
Posts: 54
ogel2 wrote:
wah, mirip teknologinya Yamaha dong ya? klo gak salah namanya Y.E.I.S.....?!?! :ungg:


seperti pertama kali diaplikasikan pada RX-King tahun 88an gitu sampe terakhir produksi 2007


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 18:42 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Kebetulan dibahas di salah satu Tabloid... karena berkaitan dengan Honda yang mengoptimalkan penggunaan untuk mendapatkan Swirl Combustion Technology. Mitsubishi Cyclone engine dan beberapa alat-2 aftermarket memberikan efek yang sama.

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 22:22 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
menurut saya segala seseatu yang terpasang di bagian mesin kita pasti ada kegunaanya dan akan berdampak pada berkurangya kerja mesin atau malah menimbulkan damage jika kita remove.
:mrgreen:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2009, 22:29 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
di beberapa customize justru menambahkan alat... tidak persis, tapi fungsinya hampir sama.

@mandala : kalo di spareparts katalog, itu fungsinya buat tempat sampah, dal? dalemnya seperti apa ya? filter...?

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 08:01 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 21 Mar 2009, 13:13
Posts: 7
makasi nih sebelumnya untuk reply-nya.

tapi koq saya koq jadi bingung ya?

ada saran untuk mencabut tabung ini konon untuk memaksimalkan flow. bener gak yah? takutnya saran temen saya itu membawa sesat :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 08:16 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
ogel2 wrote:
tapi koq saya koq jadi bingung ya?

ada saran untuk mencabut tabung ini konon untuk memaksimalkan flow. bener gak yah? takutnya saran temen saya itu membawa sesat :big_peace:

hmmm... ada baiknya nt tanyakan langsung ke beresnya........ biar ga bikin nt binun..... :ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 08:25 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Posts: 2610
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
mintblue wrote:
setau saya, tabung yg dimaksud namanya air-resonator. gunanya buat ''lumbung'' / simpenan udara. pas pedal gas diinjak tiba-tiba -> mesin butuh udara (+bahan bakar) lebih banyak -> udara yg dari ''lumbung'' ikut disedot. sehingga gejala ''lag'' bisa diminimalkan. CMIIW


Setahu saya juga.. kegunaannya untuk "lumbung" seperti yang ditulis oleh pak "mintblue" ini.
Nah sekarang yang saya ingin tahu juga.. seandainya diperbesar. apakah ada efek positif (tidak kehabisan nafas) atau malah negatif (karena bukan udara segar seperti halnya yang masuk melalui lobang + saringan udara).

Saya lihat di beberapa web ada yang menambahkan kisi-2 atau semacam sayap untuk menciptakan angin yang lebih kuat.

_________________
Dari Solo ke Oslo
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 09:17 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
kalo tabung ini di motor yamaha adalah spare "tekanan" udara.
kalo di kijang ini, AFAIK, adalah silencing device di intake.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 10:09 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
poeticmind wrote:
di beberapa customize justru menambahkan alat... tidak persis, tapi fungsinya hampir sama.

@mandala : kalo di spareparts katalog, itu fungsinya buat tempat sampah, dal? dalemnya seperti apa ya? filter...?

dulu sih gw pernah nyoba lepas karena penasaran juga sama benda ini (di mobil kapsul) secara mobil dibawa nya sih ga ada perubahan, baik tenaga/tarikan/top speed,,
gw liat dalem nya sih kosong yg ada cuma debu alus ajah yg lumayan banyak.....jadi yaaa menurut gw itu berfungsi sbg 'penampung' debu di jalur air intake..... :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 14:08 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 21 Mar 2009, 13:13
Posts: 7
GTR wrote:
kalo tabung ini di motor yamaha adalah spare "tekanan" udara.
kalo di kijang ini, AFAIK, adalah silencing device di intake.


kayak resonator di knalpot gitu?

mandala1 wrote:
poeticmind wrote:
di beberapa customize justru menambahkan alat... tidak persis, tapi fungsinya hampir sama.

@mandala : kalo di spareparts katalog, itu fungsinya buat tempat sampah, dal? dalemnya seperti apa ya? filter...?

dulu sih gw pernah nyoba lepas karena penasaran juga sama benda ini (di mobil kapsul) secara mobil dibawa nya sih ga ada perubahan, baik tenaga/tarikan/top speed,,
gw liat dalem nya sih kosong yg ada cuma debu alus ajah yg lumayan banyak.....jadi yaaa menurut gw itu berfungsi sbg 'penampung' debu di jalur air intake..... :mrgreen:


saya baru aja baca di salah satu tabloid lokal, katanya memang menimbulkan efek udara swirl yang baik untuk intake. tapi emang dalemannya ga ada apa2 sih, cuma tabung aja :D


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 14:46 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Posts: 5168
kaya tabung YEIS di motor yamaha juga di kijang sebelum throttlebody agak jauh dari manifold intake, kalo di jazz letaknya setelah throttlebody mepet/integrated di manifold intake.

kalo yg melalui efek swirl gitu yang cyclone di mitsubishi aja...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2009, 16:01 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
ogel2 wrote:
makasi nih sebelumnya untuk reply-nya.

tapi koq saya koq jadi bingung ya?

ada saran untuk mencabut tabung ini konon untuk memaksimalkan flow. bener gak yah? takutnya saran temen saya itu membawa sesat :big_peace:

tidak ada pengaruhnya.. kalo mau maksimal coba cari di SM topic airfilter buat diesel, kalo ga salah bro turboman ya...? ada tips nya! :)

_________________
Image


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 17 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: arkhafa and 11 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com