SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 25 Apr 2014, 12:25

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 05 Jun 2009, 21:47 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 05 Jun 2009, 14:04
Posts: 2
temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi :shock: => dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??

THX sebelom nya... :beer: :beer:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Jun 2009, 12:37 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5863
BMW model E46 (kalo disimpulkan dari tahun 00-03) di sini gak ada yg tipenya 320i. Tipe 320i di Indo market cuma ada di model E36 (93-96) atau E90 (05-sekarang).
323i di model E46 juga cuma keluar selama 1 tahun (thn 00), pake mesin lama persis kaya yg dipake sama 323i E36 (2500cc M52 masih single vanos). Setelah itu semua model E46 mulai 01 udah pake emblem 325i semua (mesin 2500cc M54 double vanos).
318 pun di range tahun segitu ada 2 tipe mesin:
- Pre facelift (00-02 mid year): mesin lama M43TU 1900cc
- facelift (02 midyear-05): mesin baru N42 2000cc Valvetronic

Kalo saya pribadi disuruh pilih antara 318 vs 323, mungkin bakalan pilih 318 yg facelift (yg udah valvetronic).

Kalo dimensi bodi semua tipe sama persis, cuma beda mesin aja.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Jun 2009, 08:39 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 20 Oct 2008, 11:03
Posts: 14
doktercaboel wrote:
temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi :shock: => dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??

THX sebelom nya... :beer: :beer:


gw bantu jawab yah, walaupun blom pernah punya e46, pernahnya nyteir doang :D :D
skrg gw punyanya bmw 323i e36 yg tahun 97

gw share dikit nih...

pertama.. kl beli bmw jgn pernah beli dari pedagang!! karena bmw itu tipe mobil yg ga bisa diakal2in kl ada masalah atau spare part yg rusak, dan tau sendiri kan kl pedangang bwat ambil untung kyk gmn? :D ganti parts ini, akalin parts lainya, biar untung gede, masa bodoh ama yg beli, abis beli mobil ancur mah urusan blakangan, itulah pedagang, kl TS emg mo beli dari pedagang siap2lah abis paling ga 20 jt lg kalo apes bwat benerin mobilnya... trus kl liat bmw itu jgn liat dari mulusnya, soalnya biasanya yg masalah itu justru hal2 yang ga kliatan, kyk elektriknya... pengalaman gw abis 20 jt bwat benerin mobil gara2 liat mobil mulus dari pedagang, pas diliat mulus bgt, pas dipake 3 bulan ancur smua, pas ke bengkel baru ketauan parts2nya diakalin smua... tp mo bilang apa lg, dah jatuh cinta ama mobilnya :D :D
kedua.. jgn pernah beli bmw yg amat sangat jarang dipake, soalnya semakin jarang dipake tuh mobil, malah semakin banyak masalahnya, mending beli mobil yg dipake secara wajar..

itu pengalaman dari gw.. skrg coba jawab pertanyaan TS
1. performa : mesin 6 silinder inline bmw itu salah satu mesin terbaik yg pernah gw coba, tarikanya asik, konsumsi bbm kl mobilnya sehat termasuk irit :D :D , kl yg 318 mah ga ada tarikanya sama skali :D
2. Konsumsi BBM : ini nih yg suka jadi penyakit :D :D bmw itu sebisa mungkin diisi bensin yg bagus (jgn oplosan) gw pake shell super sehari2 bintaro kuningan pp dapet 1:9 padahal mesin 2500cc, tp kl mesin udah waktunya tune up ga di tune up, bisa2 jadi boros ga karu2an :D dan dari yg pernah gw coba, 320i itu lebih irit dari 318i gara2 tenaga ama bobot mobil seimbang.. kl 320i tenaganya pas :)
3. Dimensi mobil : e46 mah kecil, lebih kecil dari civic :D tp lebih sempit jg dari civic
4 kenyamanan : ini hal yg biasanya disalah artikan ama org pas mo beli bmw :D , dari pengalaman gw, ga ada bmw yg nyaman kl dibandingin ama mobil sekelasnya :D soalnya bmw itu karakteristiknya sport, bukan mobil nyaman, tp kl bwat zig-zag di kecepatan tinggi baru asik :D
5. Permasalahan : yg pasti, kl dari pengalaman gw, kl baru pertama kali megang bmw, dijamin ada aja yg rusak dl soalnya banyak bgt tata cara nya, dari bagian2 apa aja yg ga boleh kena air, cara ngisi radiator, dan perawatan2 lainya, tp kl rajin service dan ikutin cara2nya sih baik2 aja.. ama permasalahan paling utama : ga semua bengkel resmi bmw bagus, 528i bokap dl abis kluar dari bengkel bwat tune up malah mogok, padahal bengkel resmi.. jadi saran gw : cari bengkel resmi yg bener2 siap nanganin tuh mobil atau cari bengkel spesialis bmw.. kl menurut gw mending ke bengkel spesialis aja, kl di jkt ada banyak... trus ada permasalahan yg bener2 parah, untuk mesin yg kode m52 (yg dipake 323i) itu pasti kena problem nikasil , dimana mesinya pake bahan yg ga kuat kl kena sulfur , solusinya harus turun mesin atau pake bensin selain pertamina kl mo aman..
6. unek2 : untuk masalah ketahanan selama gw pake e36 sih mobilnya bandel bgt, abis smua masalahnya gw beresin :D, yg pasti kl pake bmw itu harus peka ama mobilnya, kl ada masalah dikit harus di benerin :D kl ga bakal sering masalah.. untuk servis, kl TS dah tau bengkel spesialis bmw, servis ga akan ada masalah :D onderdilnya cari yg OEM, barang OEM itu barang yg sama ama ori tp blom dicap BMW, jadi harganya bisa murah bgt.. sebagai gambaran, mobil gw yg 323i, ngerawatnya lebih murah daripada honda civic di bengkel resmi :D :D
bwat gambaran aja nih , harga2 parts mobil gw , yg pernah gw ganti di bengkel spesialis):
saringan oli : 60000
saringan udara : 85000
saringan bensin : 160000
kanvas rem depan : 230000
kanvas rem blakang : 180000
belt ac = 60000
kabel sensor gas : 400000
kabel sensor vanos : 600000
Koil : 300000 per buah
mounting mesin : 500000 (semua)
shockbreaker 1 set (depan blakang ) : 2,5 jt
kaca depan (pernah pecah) : 2,4 jt
busi : 30 rb ( gantinya per 60rb km )
ac (1 sistem mobil gw pernah rusak pas baru beli gara2 diakal2in ama pedagangnya ) : 4 jt :D (itu 1 sistem ac gw ganti, yg ga ganti cuman kondensor ama panel ac digital)

itu smua harga oem, bwat sebagian besar org nganggep oem itu kw1, terserah mo bilang gmn, tp semua brg nya mo kw juga tulisanya "made in germany" :D

kl saran gw sih, cari dari org yg masih bagus dan km nya wajar

selamat berburu bmw :D


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Jun 2009, 14:12 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Mar 2007, 14:20
Posts: 11306
hulabalo wrote:
doktercaboel wrote:
temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi :shock: => dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??

THX sebelom nya... :beer: :beer:


gw bantu jawab yah, walaupun blom pernah punya e46, pernahnya nyteir doang :D :D
skrg gw punyanya bmw 323i e36 yg tahun 97

gw share dikit nih...

pertama.. kl beli bmw jgn pernah beli dari pedagang!! karena bmw itu tipe mobil yg ga bisa diakal2in kl ada masalah atau spare part yg rusak, dan tau sendiri kan kl pedangang bwat ambil untung kyk gmn? :D ganti parts ini, akalin parts lainya, biar untung gede, masa bodoh ama yg beli, abis beli mobil ancur mah urusan blakangan, itulah pedagang, kl TS emg mo beli dari pedagang siap2lah abis paling ga 20 jt lg kalo apes bwat benerin mobilnya... trus kl liat bmw itu jgn liat dari mulusnya, soalnya biasanya yg masalah itu justru hal2 yang ga kliatan, kyk elektriknya... pengalaman gw abis 20 jt bwat benerin mobil gara2 liat mobil mulus dari pedagang, pas diliat mulus bgt, pas dipake 3 bulan ancur smua, pas ke bengkel baru ketauan parts2nya diakalin smua... tp mo bilang apa lg, dah jatuh cinta ama mobilnya :D :D
kedua.. jgn pernah beli bmw yg amat sangat jarang dipake, soalnya semakin jarang dipake tuh mobil, malah semakin banyak masalahnya, mending beli mobil yg dipake secara wajar..

itu pengalaman dari gw.. skrg coba jawab pertanyaan TS
1. performa : mesin 6 silinder inline bmw itu salah satu mesin terbaik yg pernah gw coba, tarikanya asik, konsumsi bbm kl mobilnya sehat termasuk irit :D :D , kl yg 318 mah ga ada tarikanya sama skali :D
2. Konsumsi BBM : ini nih yg suka jadi penyakit :D :D bmw itu sebisa mungkin diisi bensin yg bagus (jgn oplosan) gw pake shell super sehari2 bintaro kuningan pp dapet 1:9 padahal mesin 2500cc, tp kl mesin udah waktunya tune up ga di tune up, bisa2 jadi boros ga karu2an :D dan dari yg pernah gw coba, 320i itu lebih irit dari 318i gara2 tenaga ama bobot mobil seimbang.. kl 320i tenaganya pas :)
3. Dimensi mobil : e46 mah kecil, lebih kecil dari civic :D tp lebih sempit jg dari civic
4 kenyamanan : ini hal yg biasanya disalah artikan ama org pas mo beli bmw :D , dari pengalaman gw, ga ada bmw yg nyaman kl dibandingin ama mobil sekelasnya :D soalnya bmw itu karakteristiknya sport, bukan mobil nyaman, tp kl bwat zig-zag di kecepatan tinggi baru asik :D
5. Permasalahan : yg pasti, kl dari pengalaman gw, kl baru pertama kali megang bmw, dijamin ada aja yg rusak dl soalnya banyak bgt tata cara nya, dari bagian2 apa aja yg ga boleh kena air, cara ngisi radiator, dan perawatan2 lainya, tp kl rajin service dan ikutin cara2nya sih baik2 aja.. ama permasalahan paling utama : ga semua bengkel resmi bmw bagus, 528i bokap dl abis kluar dari bengkel bwat tune up malah mogok, padahal bengkel resmi.. jadi saran gw : cari bengkel resmi yg bener2 siap nanganin tuh mobil atau cari bengkel spesialis bmw.. kl menurut gw mending ke bengkel spesialis aja, kl di jkt ada banyak... trus ada permasalahan yg bener2 parah, untuk mesin yg kode m52 (yg dipake 323i) itu pasti kena problem nikasil , dimana mesinya pake bahan yg ga kuat kl kena sulfur , solusinya harus turun mesin atau pake bensin selain pertamina kl mo aman..
6. unek2 : untuk masalah ketahanan selama gw pake e36 sih mobilnya bandel bgt, abis smua masalahnya gw beresin :D, yg pasti kl pake bmw itu harus peka ama mobilnya, kl ada masalah dikit harus di benerin :D kl ga bakal sering masalah.. untuk servis, kl TS dah tau bengkel spesialis bmw, servis ga akan ada masalah :D onderdilnya cari yg OEM, barang OEM itu barang yg sama ama ori tp blom dicap BMW, jadi harganya bisa murah bgt.. sebagai gambaran, mobil gw yg 323i, ngerawatnya lebih murah daripada honda civic di bengkel resmi :D :D
bwat gambaran aja nih , harga2 parts mobil gw , yg pernah gw ganti di bengkel spesialis):
saringan oli : 60000
saringan udara : 85000
saringan bensin : 160000
kanvas rem depan : 230000
kanvas rem blakang : 180000
belt ac = 60000
kabel sensor gas : 400000
kabel sensor vanos : 600000
Koil : 300000 per buah
mounting mesin : 500000 (semua)
shockbreaker 1 set (depan blakang ) : 2,5 jt
kaca depan (pernah pecah) : 2,4 jt
busi : 30 rb ( gantinya per 60rb km )
ac (1 sistem mobil gw pernah rusak pas baru beli gara2 diakal2in ama pedagangnya ) : 4 jt :D (itu 1 sistem ac gw ganti, yg ga ganti cuman kondensor ama panel ac digital)

itu smua harga oem, bwat sebagian besar org nganggep oem itu kw1, terserah mo bilang gmn, tp semua brg nya mo kw juga tulisanya "made in germany" :D

kl saran gw sih, cari dari org yg masih bagus dan km nya wajar

selamat berburu bmw :D



hehehehe..mantap oom:)

oiya..TS nya mana yah?:)

_________________
...........…


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Jun 2009, 10:52 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 25 Apr 2008, 12:29
Posts: 246
hulabalo wrote:
doktercaboel wrote:
temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi :shock: => dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??

THX sebelom nya... :beer: :beer:


gw bantu jawab yah, walaupun blom pernah punya e46, pernahnya nyteir doang :D :D
skrg gw punyanya bmw 323i e36 yg tahun 97

gw share dikit nih...

pertama.. kl beli bmw jgn pernah beli dari pedagang!! karena bmw itu tipe mobil yg ga bisa diakal2in kl ada masalah atau spare part yg rusak, dan tau sendiri kan kl pedangang bwat ambil untung kyk gmn? :D ganti parts ini, akalin parts lainya, biar untung gede, masa bodoh ama yg beli, abis beli mobil ancur mah urusan blakangan, itulah pedagang, kl TS emg mo beli dari pedagang siap2lah abis paling ga 20 jt lg kalo apes bwat benerin mobilnya... trus kl liat bmw itu jgn liat dari mulusnya, soalnya biasanya yg masalah itu justru hal2 yang ga kliatan, kyk elektriknya... pengalaman gw abis 20 jt bwat benerin mobil gara2 liat mobil mulus dari pedagang, pas diliat mulus bgt, pas dipake 3 bulan ancur smua, pas ke bengkel baru ketauan parts2nya diakalin smua... tp mo bilang apa lg, dah jatuh cinta ama mobilnya :D :D
kedua.. jgn pernah beli bmw yg amat sangat jarang dipake, soalnya semakin jarang dipake tuh mobil, malah semakin banyak masalahnya, mending beli mobil yg dipake secara wajar..

itu pengalaman dari gw.. skrg coba jawab pertanyaan TS
1. performa : mesin 6 silinder inline bmw itu salah satu mesin terbaik yg pernah gw coba, tarikanya asik, konsumsi bbm kl mobilnya sehat termasuk irit :D :D , kl yg 318 mah ga ada tarikanya sama skali :D
2. Konsumsi BBM : ini nih yg suka jadi penyakit :D :D bmw itu sebisa mungkin diisi bensin yg bagus (jgn oplosan) gw pake shell super sehari2 bintaro kuningan pp dapet 1:9 padahal mesin 2500cc, tp kl mesin udah waktunya tune up ga di tune up, bisa2 jadi boros ga karu2an :D dan dari yg pernah gw coba, 320i itu lebih irit dari 318i gara2 tenaga ama bobot mobil seimbang.. kl 320i tenaganya pas :)
3. Dimensi mobil : e46 mah kecil, lebih kecil dari civic :D tp lebih sempit jg dari civic
4 kenyamanan : ini hal yg biasanya disalah artikan ama org pas mo beli bmw :D , dari pengalaman gw, ga ada bmw yg nyaman kl dibandingin ama mobil sekelasnya :D soalnya bmw itu karakteristiknya sport, bukan mobil nyaman, tp kl bwat zig-zag di kecepatan tinggi baru asik :D
5. Permasalahan : yg pasti, kl dari pengalaman gw, kl baru pertama kali megang bmw, dijamin ada aja yg rusak dl soalnya banyak bgt tata cara nya, dari bagian2 apa aja yg ga boleh kena air, cara ngisi radiator, dan perawatan2 lainya, tp kl rajin service dan ikutin cara2nya sih baik2 aja.. ama permasalahan paling utama : ga semua bengkel resmi bmw bagus, 528i bokap dl abis kluar dari bengkel bwat tune up malah mogok, padahal bengkel resmi.. jadi saran gw : cari bengkel resmi yg bener2 siap nanganin tuh mobil atau cari bengkel spesialis bmw.. kl menurut gw mending ke bengkel spesialis aja, kl di jkt ada banyak... trus ada permasalahan yg bener2 parah, untuk mesin yg kode m52 (yg dipake 323i) itu pasti kena problem nikasil , dimana mesinya pake bahan yg ga kuat kl kena sulfur , solusinya harus turun mesin atau pake bensin selain pertamina kl mo aman..
6. unek2 : untuk masalah ketahanan selama gw pake e36 sih mobilnya bandel bgt, abis smua masalahnya gw beresin :D, yg pasti kl pake bmw itu harus peka ama mobilnya, kl ada masalah dikit harus di benerin :D kl ga bakal sering masalah.. untuk servis, kl TS dah tau bengkel spesialis bmw, servis ga akan ada masalah :D onderdilnya cari yg OEM, barang OEM itu barang yg sama ama ori tp blom dicap BMW, jadi harganya bisa murah bgt.. sebagai gambaran, mobil gw yg 323i, ngerawatnya lebih murah daripada honda civic di bengkel resmi :D :D
bwat gambaran aja nih , harga2 parts mobil gw , yg pernah gw ganti di bengkel spesialis):
saringan oli : 60000
saringan udara : 85000
saringan bensin : 160000
kanvas rem depan : 230000
kanvas rem blakang : 180000
belt ac = 60000
kabel sensor gas : 400000
kabel sensor vanos : 600000
Koil : 300000 per buah
mounting mesin : 500000 (semua)
shockbreaker 1 set (depan blakang ) : 2,5 jt
kaca depan (pernah pecah) : 2,4 jt
busi : 30 rb ( gantinya per 60rb km )
ac (1 sistem mobil gw pernah rusak pas baru beli gara2 diakal2in ama pedagangnya ) : 4 jt :D (itu 1 sistem ac gw ganti, yg ga ganti cuman kondensor ama panel ac digital)

itu smua harga oem, bwat sebagian besar org nganggep oem itu kw1, terserah mo bilang gmn, tp semua brg nya mo kw juga tulisanya "made in germany" :D

kl saran gw sih, cari dari org yg masih bagus dan km nya wajar

selamat berburu bmw :D


Wah....good review...lengkap banget.... :off_good_job:

hhe...he... si TSnya mungkin udah ciut nyalinya setelah baca review anda. Peace deh.....

Intinya...kalau mau beli bekas mobil eropa.....harus full Check & Recheck....penuh kesabaran & tidak buru2.

Tapi kalau sudah dapat BMW yg tocker....tak kan bisa pindah kelain hati.... kekkekkk.... :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Jun 2009, 11:28 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Kalau BMW ada used car divisionnya nggak ya. Aku sih kalau beli mobil bekas Eropa selalu ke anak perusahaan BMW yg ngurusin babe gini.

Aku sepakat banget jangan beli dari showroom, walau setenar apa pun showroomnya. Kalau nggak mau harga mahal di BMW used car emang kudu rajin hunting. Untungnya BMW itu ada DIS, jadi tinggal ditancepin terus didiagnosa aja.

_________________
Ready to Race


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Jun 2009, 15:11 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 20 Oct 2008, 11:03
Posts: 14
Welly2008 wrote:

Wah....good review...lengkap banget.... :off_good_job:

hhe...he... si TSnya mungkin udah ciut nyalinya setelah baca review anda. Peace deh.....

Intinya...kalau mau beli bekas mobil eropa.....harus full Check & Recheck....penuh kesabaran & tidak buru2.

Tapi kalau sudah dapat BMW yg tocker....tak kan bisa pindah kelain hati.... kekkekkk.... :big_peace:


cuman sharing pengalaman bro :D :D
soalnya sebelumnya pake lancer sei tahun 99, abis ganti ke bmw 323i , rasanya langsung :
- ngerawat mobil jepang yang kelasnya mid itu serasa mahal :D
- lancer yg kata org2 enak bwat ngebut serasa ga ada tenaganya
- sampe 2 thn gw pake tuh bmw ternyata baru nyadar kl ternyata tuh mobil setinganya termasuk ga enak, itu jg kerasa abis bawa bmw temen :frm_bang_head: tp kok serasa jauh lebih enak daripada lancer :frm_bang_head:


gw jg bingung tuh kenapa bisa gt rasanya, jadi males pindah ke mobil jepang lg :D :D :big_peace:

skrg dirumah jg ada jazz, rasanya kl ke bengkel mo ngamuk doang, soalnya harga parts2nya rata2 lebih mahal dari tuh bmw, soalnya gw sering2 tanya perbandingan spare part e36 ama e46 itu beda di kelistrikan ama kaki2 dan itu rata2 bedanya ga jauh.. :frm_bang_head: kanvas rem 323i (e36 ama e46 sama kanvasnya) depan+blakang harganya 500rb, jazz cuman dpt depan doang :frm_bang_head:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Jun 2009, 15:14 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 20 Oct 2008, 11:03
Posts: 14
asudarsono wrote:
Kalau BMW ada used car divisionnya nggak ya. Aku sih kalau beli mobil bekas Eropa selalu ke anak perusahaan BMW yg ngurusin babe gini.

Aku sepakat banget jangan beli dari showroom, walau setenar apa pun showroomnya. Kalau nggak mau harga mahal di BMW used car emang kudu rajin hunting. Untungnya BMW itu ada DIS, jadi tinggal ditancepin terus didiagnosa aja.


ada, yg di bintaro sektor 9 , kl ga salah namanya bestindo..

kl namanya pedagang mah emg rata2 brengsek barang2 yang harusnya ga diganti ama dia diganti ama yg murahan , yg penting bisa jalan, beli mobil ama pedagang tuh sama aja kayak beli bahan doang, anggep aja ga bisa jalan mobilnya :capede:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Jun 2009, 07:22 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 05 Jun 2009, 14:04
Posts: 2
hulabalo wrote:
doktercaboel wrote:
temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi :shock: => dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??

THX sebelom nya... :beer: :beer:


gw bantu jawab yah, walaupun blom pernah punya e46, pernahnya nyteir doang :D :D
skrg gw punyanya bmw 323i e36 yg tahun 97

gw share dikit nih...

pertama.. kl beli bmw jgn pernah beli dari pedagang!! karena bmw itu tipe mobil yg ga bisa diakal2in kl ada masalah atau spare part yg rusak, dan tau sendiri kan kl pedangang bwat ambil untung kyk gmn? :D ganti parts ini, akalin parts lainya, biar untung gede, masa bodoh ama yg beli, abis beli mobil ancur mah urusan blakangan, itulah pedagang, kl TS emg mo beli dari pedagang siap2lah abis paling ga 20 jt lg kalo apes bwat benerin mobilnya... trus kl liat bmw itu jgn liat dari mulusnya, soalnya biasanya yg masalah itu justru hal2 yang ga kliatan, kyk elektriknya... pengalaman gw abis 20 jt bwat benerin mobil gara2 liat mobil mulus dari pedagang, pas diliat mulus bgt, pas dipake 3 bulan ancur smua, pas ke bengkel baru ketauan parts2nya diakalin smua... tp mo bilang apa lg, dah jatuh cinta ama mobilnya :D :D
kedua.. jgn pernah beli bmw yg amat sangat jarang dipake, soalnya semakin jarang dipake tuh mobil, malah semakin banyak masalahnya, mending beli mobil yg dipake secara wajar..

itu pengalaman dari gw.. skrg coba jawab pertanyaan TS
1. performa : mesin 6 silinder inline bmw itu salah satu mesin terbaik yg pernah gw coba, tarikanya asik, konsumsi bbm kl mobilnya sehat termasuk irit :D :D , kl yg 318 mah ga ada tarikanya sama skali :D
2. Konsumsi BBM : ini nih yg suka jadi penyakit :D :D bmw itu sebisa mungkin diisi bensin yg bagus (jgn oplosan) gw pake shell super sehari2 bintaro kuningan pp dapet 1:9 padahal mesin 2500cc, tp kl mesin udah waktunya tune up ga di tune up, bisa2 jadi boros ga karu2an :D dan dari yg pernah gw coba, 320i itu lebih irit dari 318i gara2 tenaga ama bobot mobil seimbang.. kl 320i tenaganya pas :)
3. Dimensi mobil : e46 mah kecil, lebih kecil dari civic :D tp lebih sempit jg dari civic
4 kenyamanan : ini hal yg biasanya disalah artikan ama org pas mo beli bmw :D , dari pengalaman gw, ga ada bmw yg nyaman kl dibandingin ama mobil sekelasnya :D soalnya bmw itu karakteristiknya sport, bukan mobil nyaman, tp kl bwat zig-zag di kecepatan tinggi baru asik :D
5. Permasalahan : yg pasti, kl dari pengalaman gw, kl baru pertama kali megang bmw, dijamin ada aja yg rusak dl soalnya banyak bgt tata cara nya, dari bagian2 apa aja yg ga boleh kena air, cara ngisi radiator, dan perawatan2 lainya, tp kl rajin service dan ikutin cara2nya sih baik2 aja.. ama permasalahan paling utama : ga semua bengkel resmi bmw bagus, 528i bokap dl abis kluar dari bengkel bwat tune up malah mogok, padahal bengkel resmi.. jadi saran gw : cari bengkel resmi yg bener2 siap nanganin tuh mobil atau cari bengkel spesialis bmw.. kl menurut gw mending ke bengkel spesialis aja, kl di jkt ada banyak... trus ada permasalahan yg bener2 parah, untuk mesin yg kode m52 (yg dipake 323i) itu pasti kena problem nikasil , dimana mesinya pake bahan yg ga kuat kl kena sulfur , solusinya harus turun mesin atau pake bensin selain pertamina kl mo aman..
6. unek2 : untuk masalah ketahanan selama gw pake e36 sih mobilnya bandel bgt, abis smua masalahnya gw beresin :D, yg pasti kl pake bmw itu harus peka ama mobilnya, kl ada masalah dikit harus di benerin :D kl ga bakal sering masalah.. untuk servis, kl TS dah tau bengkel spesialis bmw, servis ga akan ada masalah :D onderdilnya cari yg OEM, barang OEM itu barang yg sama ama ori tp blom dicap BMW, jadi harganya bisa murah bgt.. sebagai gambaran, mobil gw yg 323i, ngerawatnya lebih murah daripada honda civic di bengkel resmi :D :D
bwat gambaran aja nih , harga2 parts mobil gw , yg pernah gw ganti di bengkel spesialis):
saringan oli : 60000
saringan udara : 85000
saringan bensin : 160000
kanvas rem depan : 230000
kanvas rem blakang : 180000
belt ac = 60000
kabel sensor gas : 400000
kabel sensor vanos : 600000
Koil : 300000 per buah
mounting mesin : 500000 (semua)
shockbreaker 1 set (depan blakang ) : 2,5 jt
kaca depan (pernah pecah) : 2,4 jt
busi : 30 rb ( gantinya per 60rb km )
ac (1 sistem mobil gw pernah rusak pas baru beli gara2 diakal2in ama pedagangnya ) : 4 jt :D (itu 1 sistem ac gw ganti, yg ga ganti cuman kondensor ama panel ac digital)

itu smua harga oem, bwat sebagian besar org nganggep oem itu kw1, terserah mo bilang gmn, tp semua brg nya mo kw juga tulisanya "made in germany" :D

kl saran gw sih, cari dari org yg masih bagus dan km nya wajar

selamat berburu bmw :D



wahhh maap.. belakangan ini internet mate... ga bisa onlen deh nyebelin banget..
bro hulabalo keren banget review nya.. thx bro masukannya sangat berguna.. nah ad apertanyaan lagi nih..
gmn sih cara menentukan mobil itu sehat apa nggak? terus katanya jgn bawa ke beres.. klo beres aja ga bisa dipercaya apalagi yg ga resmi?? :e-think:
terus masalah bensin.. gmn cara pake bensin diluar pertamina.. emank nama bensin? harga per liter? dapetnya dimana gan?

thx semuanya :off_good_job:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Jun 2009, 15:14 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 20 Oct 2008, 11:03
Posts: 14
Be-res bisa dipercaya tp ga semua bro, gw masih percaya ama bmw sunter ama yg deket kedoya tuh, atau kl mo aman cari be-res yg dimana bro pny link ke dalem biar seenggaknya kl mau macem2 masih mikir2 dl...
coba tanya2 anak2 club bmw cci, bengkel alternatif mana aja yg bisa dipercaya, ada banyak kok kalo bmw kl gw sih biasa ke anugerah.. kl mo cek keseluruhan mobil, bawa aja ke bmw sunter ...

dan satu lg, jgn ke bmw *r*ma, di forum sebelah dah banyak kasus tuh...

maksud gw bensin diluar pertamina itu : petronas, shell atau total, soalnya itu kandungan bensinya bener & ga ada oplosan, kl lo dpt mesin m52, trus diisi pertamina, mending bwat jaga2 cek aja dl masalah problem nikasilnya udh seberapa parah, atau kl mo enak, skalian aja turun mesin dl beresin problem nikasilnya, kl udh gt mo pake pertamina jg aman :D


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Aug 2009, 08:56 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 07 Aug 2009, 08:51
Posts: 1
hahaha... berarti ane ketipu dong.... kemaren baru ganti kanvas rem belakang 323i 97 ane gara2 bunyi2 di bawah tiap jalan gelombang dikit, trus pas dibuka pin kaki 3 kanvasnya pada patah. Harganya 425k blum termasuk pasang 60k.... merk nya lucas pula... dan setelah pasang tidak menghilangkan bunyi sama sekali.... BT deh.... :off_no: :ungg:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Aug 2009, 03:40 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5863
BMW kampas remnya musti beli yg ori bos, kalo pake yg kw pasti bunyi kalo ngerem :mrgreen:


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Majestic-12 [Bot] and 9 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group