SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Jul 2014, 15:03

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 59 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
PostMessage posted...: 09 May 2009, 15:55 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
Dear Rekan2 Livina XR user,
Saya ingin berbagi pengalaman yg tidak menyenangkan tentang kerusakan pada kampas kopling Livina XR saya, semoga tidak terjadi terjadi pada Livina User yang lain.
Saya harap rekan2 dapat share bila mengalami kejadian yg sama, agar menjadi perhatian bagi pihak management Nissan Motor Indonesia (NMI).

Kejadian 4 May 2009 yll, dimana saya merasa kendaraan saya 'tidak bertenaga'. Kemudian saya mendatangi bengkel Nissan di Jl Veteran Bandung, sekalian untuk service 20rb km.

Kendaraan belum genap 1,5 tahun (Feb 2008) dan km masih 18.420, sehingga mustinya ini masih dicover oleh jaminan dari pihak Nissan : 3 tahun atau 100rb km (mana yg duluan tercapai).

Namun, ternyata menurut pihak bengkel hal ini disebabkan karena kampas koplingnya habis dan harus diganti atas biaya dari konsumen dan tidak di-cover oleh jaminan karena dianggap sebagai kesalahan pemakaian.

Saya berkeberatan akan hal ini karena saya yang sudah bertahun-tahun mengendarai kendaraan dari berbagai merek lain (Isuzu Panther, Toyota Kijang & Avanza, dan Suzuki Baleno) sebelumnya tidak pernah mengalami kejadian seperti ini. Keluhan sudah saya sampaikan ke Nissan Care Center (0812 112 8000) dan melalui website Nissan. Namun, jawaban tetap sama.

Oleh karena saya memerlukan kendaraan tersebut untuk aktivitas sehari-hari maka akhirnya penggantian saya lakukan dengan biaya sendiri.

Yang membuat saya makin yakin bahwa ini adalah bukan karena kesalahan penggunaan saya adalah ketika menunggu perbaikan saya mendapatkan informasi dari pengguna lain (Grand) Livina bahwa dia juga mengalami kejadian serupa. Bahkan dengan km di bawah 8.000 dan juga tidak di-cover jaminan.

Seperti inikah komitmen jaminan Nissan dengan nama besarnya terhadap produknya? :e-naughty: :e-clap:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 17:53 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Ya, emang begitu. Kampas Kopling Livina emang ringkih. Saya mengalami sendiri. Untuk itu, jangan sekali2 main setengah kopling, nanti keluar bau sangit / kampas terbakar

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 19:00 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12916
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
bro darmawan, saya jg pengguna livina manual, nah yg saya ingin tanyakan tuh kurang tenaga dalam arti gmana bro ?? mobil ga bisa nanjak, kopling diangkat tinggi baru mobil bisa jalan, atau rpm sudah tinggi tapi mobil respon nya lambat ?? dan satu lagi, perna minta di distel pedal kopling nya ??

kalo menurut pengalaman saya, kopling livina saya tuh kalo dalam kondisi macet atau medan berat, pasti emang jadi ga enak, terasa kurang tenaga, dan mobil jadi nyundul2 jalan nya...

btw, saya punya livina sudah dipakai dari bulan 4 taon 2008 dan km uda 24 rebu... sampai hari ini sigh masi blom ada masalah

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 19:08 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12916
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
omg2... mobil baru 20an rebu km tapi kopling uda abis itu masuk akal ga yah ?? mungkin itu ada defect dari pabrik pada saat pemasangan, defect pada pelat kopling dan parts2 lain nya atau kesalahan penyetelan pedal kopling karena keluhan mobil sering mati mesin atau sendat2 jalan nya (tapi kalo yg ini pun jg ga mungkin dalam 20 rebu km bikin pelat abis sigh)

kalo dibilang karena sering gantungin kaki di pedal kopling pun jg rasa2 nya ga masuk akal sigh kalo ampe bikin abis dalam 20 rebu km (apalagi bro darmawan uda bertahun2 nyetir dan uda perna nyetir berbagai macam mobil) , saya jg perna maen ke tempat temen saya yg punya usaha skolah stir mobil dan saya liat km mobil nya (honda jazz) itu uda 50 rebuan dan servis besar yg perna di lakukan tuh mobil cuman ganti belt2 nya doank tuh...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 23:27 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
DOHC wrote:
bro darmawan, saya jg pengguna livina manual, nah yg saya ingin tanyakan tuh kurang tenaga dalam arti gmana bro ?? mobil ga bisa nanjak, kopling diangkat tinggi baru mobil bisa jalan, atau rpm sudah tinggi tapi mobil respon nya lambat ?? dan satu lagi, perna minta di distel pedal kopling nya ??

kalo menurut pengalaman saya, kopling livina saya tuh kalo dalam kondisi macet atau medan berat, pasti emang jadi ga enak, terasa kurang tenaga, dan mobil jadi nyundul2 jalan nya...

btw, saya punya livina sudah dipakai dari bulan 4 taon 2008 dan km uda 24 rebu... sampai hari ini sigh masi blom ada masalah



Nggak bisa buat jalan kenceng :e-doh: , max 40 km/jam, apalagi buat nanjak :shrug: karena kampas koplingnya habis, berhubung saya perlu buat aktivitas sehari-hari terpaksa saya ganti kopling atas biaya sendiri, langsung sembuh.

Yang saya pertanyakan adalah komitmen Nissan terhadap jaminan kendaraan karena tidak mengcover kerusakan tsb, dimana saya yakin bahwa itu bukan karena kesalahan penggunaan saya.

Nggak tahu bahannya yang jelek, ato kesalahan dalam proses produksinya ya ?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 23:38 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
DOHC wrote:
omg2... mobil baru 20an rebu km tapi kopling uda abis itu masuk akal ga yah ?? mungkin itu ada defect dari pabrik pada saat pemasangan, defect pada pelat kopling dan parts2 lain nya atau kesalahan penyetelan pedal kopling karena keluhan mobil sering mati mesin atau sendat2 jalan nya (tapi kalo yg ini pun jg ga mungkin dalam 20 rebu km bikin pelat abis sigh)

kalo dibilang karena sering gantungin kaki di pedal kopling pun jg rasa2 nya ga masuk akal sigh kalo ampe bikin abis dalam 20 rebu km (apalagi bro darmawan uda bertahun2 nyetir dan uda perna nyetir berbagai macam mobil) , saya jg perna maen ke tempat temen saya yg punya usaha skolah stir mobil dan saya liat km mobil nya (honda jazz) itu uda 50 rebuan dan servis besar yg perna di lakukan tuh mobil cuman ganti belt2 nya doank tuh...


Itulah kenapa saya tetap ngotot belum bisa menerima kalo kesalahan dialamatkan ke user sehingga klaim jaminan tidak berlaku :e-snooty:

Saya tidak terlalu mempermasalahkan untuk nominal biayanya, tapi lebih kepada meminta komitmen untuk jaminan tsb :e-naughty:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 23:39 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12916
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
saya rasa sigh itu kemungkinan ada kerusakan pada proses produksi nya bro, atau mungkin jg dalam proses pemasangan nya.... soalnya ampe cuman max 40 kph trus kaga bisa nanjak padahal baru 18 rebu km... jelas itu ada yg ga beres...
coba kontek ke email nya teddy irawan aja bro, dia kalo ga salah posisinya di nissan kira2 mirip2 jonfis fandy nya honda gt... kalo nanti dia masi kasi jawaban ga memuaskan yah tinggal masukin ke koran aja bro.... seinget saya dulu ada kasus honda jazz yg mirip sama kaya kasus bro, waktu itu beres yg menangani nya beres honda daan mogot... dan stelah si empu nya (ibu2) complain di koran, baru de ada tanggapan dari honda...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 May 2009, 23:52 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
DOHC wrote:
saya rasa sigh itu kemungkinan ada kerusakan pada proses produksi nya bro, atau mungkin jg dalam proses pemasangan nya.... soalnya ampe cuman max 40 kph trus kaga bisa nanjak padahal baru 18 rebu km... jelas itu ada yg ga beres...
coba kontek ke email nya teddy irawan aja bro, dia kalo ga salah posisinya di nissan kira2 mirip2 jonfis fandy nya honda gt... kalo nanti dia masi kasi jawaban ga memuaskan yah tinggal masukin ke koran aja bro.... seinget saya dulu ada kasus honda jazz yg mirip sama kaya kasus bro, waktu itu beres yg menangani nya beres honda daan mogot... dan stelah si empu nya (ibu2) complain di koran, baru de ada tanggapan dari honda...


Thanks suggestionnya Bro :frm_tumbleft:
Saya sudah coba masukkan keluhan di Surat Pembaca detik.com, saya masih tunggu tanggapan lebih lanjut dari pihak Nissan


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 00:31 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12916
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
nanti kalo uda ada tanggapan lebi lanjut, tolong di share disini yah bro.... sebagai sesama pengguna livina manual, saya ngeri jg kalo ampe kejadian gt....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 06:22 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Kayaknya kita tinggal tunggu giliran, bung DOHC. Ini memang kelemahan Nissan Livina yg kalau nanjak, malah ban selip shg org sering 1/2 kopling. Masalahnya kalau org tersebut tinggal di pegunungan (kayak Bandung, Malang dsb), gimana? Pak Darma tinggal di daerah pegunungan?

Mengenai komitmen Nissan, ya selamat menunggu aja dah.

Kalau emang pusing sekali, saya anjurkan cari pengacara. Kalau konsumen sih, mereka gak takut. Aku dah pengalaman beberapa kali.

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 06:42 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 14 Aug 2007, 10:31
Posts: 129
Location: Surabaya
Bro, saya sih berusaha senetral mungkin, kalo di buku jaminan mobil apa saja deh, toyota,mitsu,nissan,suzuki,honda semua pasti menyebutkan kalo barang yang habis dipakai (termasuk kopling set) pasti nggak digaransi. Lebih baik kita coba mengingat apa mobil kita pernah dipakai orang lain, misal dipinjam teman, kalo mereka dalam perjalanan yang cukup jauh apalagi di Jakarta yang penuh kemacetan, sering stop & go. Kalo mereka selalu menggantungkan kaki pada pedal kopling pasti kampas kopling itu seperti diamplas, saya sih cukup yakin kalo di bawah 8.000 km seperti yang bro bilang kejadian pada mobil lain itu pasti kakinya juga ngegantung dan itu sangat mungkin habis bro.

Apalagi yang susah bagi customer seperti kita nggak bisa buktiin kepada produsen cara kita mengemudi selama kita membawa mobil itu kan??

Kalo mobil bro udah dibongkar tolong dicek contact surface flywheelnya / roda gilanya dan contact surface clutch covernya / matahari apakah banyak yang berwarna hitam kalo ya dapat dipastikan itu terjadi karena suhu yang tinggi yang disebabkan banyaknya slip antara kampas dan flywheel
beserta clutch covernya. Jika bro memutuskan untuk mengganti jangan lupa selalu mengganti set, yaitu clutch cover, clutch disc/kampas kopling, release bearing dan pilot bearingnya.

BTW saya bukan pengguna Nissan dan saya bukan membela Nissan,

Please CMIIW, peace bro :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 07:19 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Ya ya, tapi kalau banyak yg kejadian kayak gitu, ada instrumen RECALL. Cuma yg ini emang susah krn penyakit utamanya sebetulnya tidak melulu di kopling tapi di ban depan yg gak napak dan torsi mesinnya yg di rpm tinggi (shg gaya amplas besar kalau 1/2 kopling).

Kalau recall kopling sih emang saya rasa Nissan mampu kalau mau. Tapi kalau penyakitnya bukan di kopling gitu gimana ya? Kasihan juga ya.

Ini mengingatkan saya waktu 1988 bawa Suzuki Jimny ke Puncak, pas macet2, berlima lagi. Koplingnya langsung minta ganti. Tapi ya gimana, Suzuki Jimny ini mobil murah meriah dan jago offorad. Jadi ya kelemahan di tanjakan ini gue telan aja. Ada sih perusahaan minyak bule yg sampai sue Indomobil, tapi yah namanya zaman orba (mobil menteri aja volvo dari om Liem).

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 08:20 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
asudarsono wrote:
Kayaknya kita tinggal tunggu giliran, bung DOHC. Ini memang kelemahan Nissan Livina yg kalau nanjak, malah ban selip shg org sering 1/2 kopling. Masalahnya kalau org tersebut tinggal di pegunungan (kayak Bandung, Malang dsb), gimana? Pak Darma tinggal di daerah pegunungan?

Mengenai komitmen Nissan, ya selamat menunggu aja dah.

Kalau emang pusing sekali, saya anjurkan cari pengacara. Kalau konsumen sih, mereka gak takut. Aku dah pengalaman beberapa kali.


Saya tinggal di Bandung, tadi daerahnya tidak berkontur seperti di Malang ato Semarang
Nggak pusing2 amat sih :e-think: , tapi agar menjadi perhatian lebih dari pihak management Nissan sejauh mana komitmennya terhadap jaminan tsb

Saya rasa sudah menjadi kewajiban produsen untuk mendengar keluhan konsumen :e-clap:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 11:28 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 06 May 2009, 09:56
Posts: 158
Waduh Daftar Mobil yang bisa menjadi pilihan untuk dibeli jadi berkurang 1 nih. Nissan Livina , gue jadi ngeri juga.
Padahal dulu sempat menjadi pilihan gue kalo mo beli mobil baru. :big_slap: :big_slap:


salam newbie


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 11:59 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Lho, emangnya kalau mobil lain gak ada cacatnya? Yang penting tahu cacatnya sehingga bisa hati2.

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 12:16 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
Setuju Kang, nggak ada yang sempurna bikinan manusia ...
Tapi tentunya kita bisa pilih yang 'cacatnya' masih bisa kita 'toleransi'
Dengan share kejadian seperti ini paling tidak rekan2 bisa lebih hati2
Syukur2 kalo produsennya nggak 'tuli' untuk mendengarkan :big_smoking:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 12:18 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 09 May 2009, 05:25
Posts: 7
Setuju Kang, nggak ada yang sempurna bikinan manusia ...
Tapi tentunya kita bisa pilih yang 'cacatnya' masih bisa kita 'toleransi'
Dengan share kejadian seperti ini paling tidak rekan2 bisa lebih hati2
Syukur2 kalo produsennya nggak 'tuli' untuk mendengarkan :big_smoking:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 12:40 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 06 May 2009, 09:56
Posts: 158
maksudnya cacat itu ada yg bisa ditolerir ada juga yg nggak.
Contohnya ada mobil yg memiliki cacat bawaan tiap 100.000 km harus turun mesin.
Ada juga yang cacat bawaan ring pistonnya lemah sehingga oli ikut terbakar.
Atau seperti kasus livina ini yg lemah di mekanism koplingnya.
Ini mau tdk mau menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk membeli atau tidak suatu produk.

Kalau cuma cacat bunyi di dasbor atau engsel jok itu mah biasa aja.

Moga2 pihak nissan bisa menanggapi ya... :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 13:49 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12916
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
bung darmawan kmaren pas bongkar kopling, ada tanya jg ama montirnya ga, gmana kondisi permukaan flywheel nya, karena takutnya ga rata tuh, trus mekanisme yg buat nempel dan lepasin pelat kopling ke flywheel nya jg gmana, karena livina itu mirip2 ama panther 2500cc yg sudah tidak menggunakan tali baja utk release kopling nya melaenkan pake system hydrolic... siapa tau dari system tsb ada yg ga bener jadi nya pelat kopling ga sepenuhnya nempel pas pedal uda dilepas....

8000 km ataupun 18 rebu km sigh menurut sya jg tetep aja rada2 ga masuk akal ampe bikin kopling abis total.. kenapa ?? karena bokap ane itu kalo nyetir punya kebiasaan jelek yaitu kaki kiri suka gantung di pedal kopling, katanya biar ga ndut2 kalo jalan... tapi mobil yg dia pake tiap ari (panther kotak, atau kijang kapsul 98) kopling nya ga secepet itu abis tuh, rata2 penggantian kopling di kisaran 80rebuan km... padahal logika nya panther itu kan torsi gede, otomatis gesekan jg gede donk, nah tuh koplingnya aja bisa tahan ampe 80rebuan km dgn perlakuan kasar sperti itu.... dan salah satu contoh lagi yah bisa diliat dari postingan ane sblomnya, yaitu mobil yg dipake buat skolah setir mobil, mungkin anda2 smua jg uda tau gmana sigh nasib nya mobil yg buat blajar nyetir, tentu kopling nya jg disiksa abis2an donk.. nah itu aja km uda 50rebuan masi blom ganti kopling....

@ bung asudarsono : untung aja ampe ari ini (km 20 rebu lebih) livina ane masi garang tarikan nya, kopling pun jg masi mantap... tapi kalo ampe kejadian kaya gt sigh dan dari pihak NMI lepas tanggung jawab sperti yg terjadi pada bung darmawan... siap2 aja NMI... bakal abis saya complain, media koran, eletronik jg smua nya saya jabanin... biarin deh jadi bahan black campaign atpm laen... dan kalo mengenai tanjakan ampe selip sgala, itu karena mobil overload banget atau si driver masi blom terbiasa nyetir nya... saya sigh uda beberapa kali koq bawa livina saya ke puncak, ke kebun strawbery, ke lembang, dan tempat2 tanjakan yg rada terjal di daerah jawa timur sana jg blom perna tuh ampe selip2 sgala... malah utk kategori mesin 1500cc yg perna saya coba, mesin livina cukup bertenaga logh...

kasus ini mungkin perlu pendapat ahli spare part macam bro mandala kali... apakah wajar kopling abis total di km 8 rebu atau 18 rebu....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 17:58 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Grand Livinaku 30.000 km juga masih oke, cuma dari awal aku dah tahu kalau wataknya kayak gitu. Jadi hati2 makainya. Kalau mau tahu bagaimana gampangnya sangit, coba aja dilaunch (dari berhenti dibejek di rpm tinggi dengan ban slip). Tiga kali aja juga udah sangit. Yah kalau udah tahu gitu ya jangan dilaunch, gampang tho.

Walau gitu, mobil ini masih ok kok, kemarin Jakarta - Tegal 5 jam juga oke, padahal muter lewat Slawi krn macet di Losari (tahu khan jalan Losari - Slawi kayak apa hancurnya).

BTW, banyak lho mobil yang tiap 100.000 km yg kudu bongkar mesin. Bahkan motor Aprilia 125 kudu tiap 5000 km bongkar (pistonnya suka macet / siezure).

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 18:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Jul 2007, 06:03
Posts: 1967
Tul bro DOHC ane juga ga ada masalah (pokoknya ada jalan lurus kosong gas pol:frm_tumbright: mantabs bgd ).
Seharusnya bisa di klaim tuh. Orang kapan tuh ada yang komplain, kopling ngelos gara2 ketumpahan air dari aki aja diganti gratis tis. Padahal jelas2 itu kesalahan owner loh ngisi air aki sampe luber. Aplaus buat NMI.
:e-clap:

_________________
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 18:29 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Jul 2007, 06:03
Posts: 1967
@asudarsono
Tuh bau sangit bukan dari ban ya bro kan baunya kopling kebakar sama ban kebakar mirip2 he2

_________________
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 18:42 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
O ya nanti saya coba, he he he/

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 19:18 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 06 May 2009, 09:56
Posts: 158
bisa jadi ini case by case. Tapi kalo nggak ditanggapi NMI masalahnya jadi melebar.

Mungkin utk pak darsono mudah mengatakan , KARENA ITU UDAH CIRI LIVINA , MAKANYA HRS BERHATI2. Bisa jadi Karena P. Darsono sudah memiliki Livina dan sd sekarang tdk bermasalah.

Tapi utk calon pembeli , bisa lain pemikirannya. 2 sudut pandang yg berbeda.

Btw utk aprilia yg 5000km hrs bongkar mesin menurut saya itu kesalahan fatal.Utk konsumen kalau ada pilihan lain selain Aprilia , Why Not lebih baik memilih yg lain.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 May 2009, 20:14 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Ya, orang beli apa nggak juga bukan urusan saya khan. Orang beli juga gak untung, batal nggak rugi. Tapi ada yg tanya ya saya jawab dengan jujur tanpa menutup2i. Karena orang beli mobil khan pakai duit yg dicari susah payah.

Tapi sekali lagi, walau Livina ada cacatnya, tapi secara keseluruhan, IMHO masih boleh dipertimbangkan. Ini berulang saya tekankan ya. Nyatanya kemarin saya jalan 80 kpj di Losari - Slawi, kaki2 gak apa2 tuh. Masih mulus.

Ntar nggak jadi Livina malah beli mobil yg lebih gak bener lagi. Anyhow, besar harapan saya kalau Nissan baca ini, semoga bisa perbaiki dalam generasi Livina selanjutnya, biar makin banyak yg beli.

Mengenai Aprilia, emang itulah makanya harganya murah. Cuma 100 juta aja. Padahal ini motor 125 cc termasuk paling kenceng di dunia, baik di motogp maupun di jalanan. Di beberapa negara motor ini diban gak boleh turun di jalan saking kencengnya. Katanya sekali bongkar mesin habis 10 jutaan. Murah sih, cuma problemnya di Indonesia mau bongkar mesinnya di mana? Ntar jadi eksperimen lagi.

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 59 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 12 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com