SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 02 Sep 2014, 13:41

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 
Author Message
 Post subject: setting klep motor 4tak
PostMessage posted...: 22 Apr 2009, 08:12 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Dec 2008, 14:55
Posts: 1266
Location: 64112
udah aku ubek-ubek topik, masalah busi udah, fuel udah, oli udah, lampu udah, nah sekarang mo bahas cara2 stel klep, rekan2 SMers kalo ada yg tau cara nyetel klep yg bener gimana, tolong share ya, thanks

_________________
...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Apr 2009, 17:22 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2354
Location: JAKBLARRRR
Nih dari blog.

Quote:
Alat-alat
1.kunci klep 24 biasa ada 2 ujung, yg gede buat motor sport
2.kunci setelan klep
–>bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak tapi ada juga yg pake obeng min buat ngencengin / ngendorin setelan klep
3.kunci ring 10 (buat buka mur pengunci) setelan klep tergantung mur pengunci setelan klep nya pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk
4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
Pastikan ini puller buat motor, cek aja, pasti ada ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus langsung lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi jadinya klo buat motor.
5.Obeng min buat buka tutup magnet n lubang intip klo ga ada bisa pake tank sama ring besi / uang logam
6.Kunci busi buat buka busi
7.Kunci Socket
–> Rata-rata ukuran14
–> buat muter kruk as pas nyari TMA

Langkah-langkah Stel Kelep

1.Pastikan mesin dalam kondisi dingin dan bersihkan dulu bagian yg akan dibuka
2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup lubang intip
3.Cari TMA, putar kruk as berlawanan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali, terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter ni kruk as, bisa make kunci socket
4.Ukur renggang klep, coba-coba aja bilah ukur nya. Yg mentok /seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berubah ga? Klo ga berubah
coba diengkol beberapa kali, cari TMA, ukur lagi, harusnya gak berubah, Klo berubah back to step 1.
5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup, dan busi.


Setelnya harus saat mesin sudah dingin ya. Tapi kudu tahu kerapatan-kerenggangan antara noken as dengan klep untuk motor. AFAIK masing2 motor berbeda rapat-renggangnya. Bahkan in dan ex-nya untuk masing2 motor pun berbeda.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Apr 2009, 21:22 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
tanks bro Ane save on my disk,entar di pelajari :mrgreen:

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Apr 2009, 21:42 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
TUFF Stough wrote:
Setelnya harus saat mesin sudah dingin ya. Tapi kudu tahu kerapatan-kerenggangan antara noken as dengan klep untuk motor. AFAIK masing2 motor berbeda rapat-renggangnya. Bahkan in dan ex-nya untuk masing2 motor pun berbeda.

penyetelan saat mesin dingin n panas itu berbeda ukuran loh bro, jadi sebaiknya ikuti petunjuk penyetelan, apakah sebaiknya disetel dlm keadaan dingin ato panas............. :e-whistle:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Apr 2009, 02:56 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Dec 2008, 14:55
Posts: 1266
Location: 64112
pernah liat dan nyoba dikit, tp cuma buka tutup klep, kendorin baut klep, masukin feller terus stel gt... aku kira cuma segitu ternyata agak ribet juga ya... btw thanks infonya bro,
eh, lha kalo nyetel biar kencang larinya atau biar halus suara, ada ukuran2 tertentu gak?

_________________
...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Apr 2009, 06:40 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
eNeR wrote:
pernah liat dan nyoba dikit, tp cuma buka tutup klep, kendorin baut klep, masukin feller terus stel gt... aku kira cuma segitu ternyata agak ribet juga ya... btw thanks infonya bro,
eh, lha kalo nyetel biar kencang larinya atau biar halus suara, ada ukuran2 tertentu gak?

mangkenye perhatikan dulu cara2 setelnya spt yg dah tertulis di awal2, jadi jangan asal maen setel aja tanpa mengetahui langkah2 yg harus diperhatikan sebelumnya........... klo masih ga jelas juga, nt tinggal datang ajah ke rumah ane, nanti ane jelaskan lbh rinci........ :e-whistle:

adaaa donggg...... tapi itu rahasia perusahaan............. :big_weee:

(drpd nulisnye kepanjangan)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Apr 2009, 08:14 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
eNeR wrote:
ernah liat dan nyoba dikit, tp cuma buka tutup klep, kendorin baut klep, masukin feller terus stel gt... aku kira cuma segitu ternyata agak ribet juga ya... btw thanks infonya bro,
eh, lha kalo nyetel biar kencang larinya atau biar halus suara, ada ukuran2 tertentu gak?


ada donk, dengan catatan mesin normal, n sehat.
misal, suzuki shogun, recommend in 0,04 dan ex 0,07 mm.
meski demikian, masih banyak bengkel yang hanya punya feeler gauge ukuran 0,05 mm (padahal skrg dh byk yg jual ukuran lengkap)
untuk alus, disetel in 0,04 dan ex 0,05, masih bisa.
untuk torsi agak naik dkt, n juga bbm agak hemat, tapi suara lebih berisik, klep in boleh 0,05-0,07, dan out 0,06-0,09 mm.

misal lagi, honda supra 125, sudah pake roller rocker armnya, meski std boleh 0-0,03, kalo mo halus pilih yang 0 (in) dan 0,03 (ex). klo yang lebih irit n bertenaga, in 0,03, dan ex 0,05, gitu.

honda c 100 (revo,supra,grand, dsb), biasanya disetel 0,05 mm in dan ex. klo mo lebih irit n bertorsi, boleh jadi 0,06 (in), dan 0,07 (ex)
mo halus, in (0,04), dan ex juga sama.

ada juga trik pake feeler, misal cuma punya ukuran 0,05 mm,
nyetel klep in disetel hingga feeler seret (ditarik bisa, seret, tapi didorong enggak bisa)
trus, klep out disetel renggang (mudah ditarik n dorong, tapi masih kerasa gesekan/kesat)
bisa juga stel in feeler kesat (bisa ditarik n dorong, tapi agak seret/kesat)
ex (mudah ditarik n dorong, tapi masih kesat)

ada lagi, in dan ex sama2 ukurannya, (misal sama2 kesat)
Wah, pokoknya, sulit dijelasin dengan tulisan, kecuali kalo bro mo ngukur gaya tarik feelernya waktu ngukur pake neraca pegas.
namanya juga feeler gauge, perasaan berperan penting disini. bagi yang suka bad mood, jangan ukur pake feeler, bisa kacau, hehehehe...
just kiddink


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Apr 2009, 12:04 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Dec 2008, 14:55
Posts: 1266
Location: 64112
fiuh, ternyata beraneka ragam ukuran ya, jadi secara garis BESAR, bila ingin halus ukurannya sekecil mungkin, kalo mo tenaga ukurannya diperbesar, gt ya?
btw, cara ngukur ukuran feler standar gmana?

_________________
...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Apr 2009, 02:07 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 09 Apr 2006, 18:05
Posts: 38
Quote:
http://legenda.ifastnet.com/technical/?p=p_56&sName=Setel-Klep


Honda astrea legenda

SETEL KLEP

SETEL KLEP
VALVE CLEARENCE



Image

Setel Klep merupakan istilah yang banyak dipakai oleh bengkel, maksudnya adalah mengatur jarak bebas antara ujung tangkai klep (Valve Stem) dengan pendorong klep.

Pendorong klep yg dimaksud adalah mur setingan yg terpasang pada ujung Pelatuk (Rocker Arm) dan dapat digerakan atau diatur naik turun.

Pemberian Jarak Bebas dimaksudkan guna mengantisipasi pemuaian pada klep selama proses pembakaran pada mesin.

Jika Jarak bebas klep terlalu lebar dapat mengakibatkan suara berisik pada mesin (daerah penutup setingan klep) dan jika jarak bebas klep terlalu sempit, saat klep memuai maka klep akan terdorong sehingga membuka port-port saluran masuk/buang pada ruang bakar, mesin akan kehilangan kompresi, susah stasioner, bahkan dapat menyebabkan klep gosong .

Pemeriksaan

Catatan: Pemeriksaan dan penyetingan jarak bebas klep harus dilakukan pada saat mesin dingin (dibawah 35oC / 95oF)

Image

Buka penutup Setingan Klep pada Kepala Silinder.

Image

Buka penutup Lubang timing / lubang intip (Timing Hole Cap) dan lubang Rotor (Crankshaft Hole Cap) pada penutup kiri rumah Mesin (Crankcase Left Cover).

Image

Masukan kunci T 14 mm ke dalam lubang rotor dan tepatkan pada Mur Pemutar Flywheel Rotor (Roda Gila).

Putar Roda Gila berlawanan arah dgn jarum jam, sejajarkan Tanda “T” pada roda gila dgn tanda “titik” pada penutup kiri rumah mesin.

Sejajarnya tanda “T” dgn tanda titik menandakan seher berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas).

Catatan: Pemeriksaan dan penyetingan jarak bebas klep harus dilakukan dengan seher berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) pada langkah Kompresi.

Untuk memastikan Seher berada pada posisi TMA Langkah kompresi, perhatikan ilustrasi kerja mesin 4 langkah berikut:


Image

Langkah-1 HISAP

Image

Klep Masuk Membuka, Klep Buang Tetap tertutup
Seher bergerak Kebawah
Pengabutan Bensin + Udara dari Karburator terhisap dan masuk ke ruang bakar dan silinder.

Langkah-2 KOMPRESI

Image

Klep Masuk Menutup, Klep Buang Tetap Tertutup
Seher bergerak Naik
Pengabutan Bensin + Udara dari Karburator terkompresi di ruang bakar

Langkah-3 BAKAR

Image

Klep Masuk Tetap Tertutup, Klep Buang Tetap Tertutup
Pengabutan Bensin + Udara terbakar akibat adanya percikan api dari busi dan menimbulkan ledakan dahsyat.
Seher terdorong ke bawah

Langkah-4 BUANG

Image

Klep Masuk Tetap Tertutup, Klep Buang Membuka
Seher bergerak Naik
Sisa-sisa hasil pembakaran terbuang
Gerakan naik turun seher mengakibatkan Roda gila yg terpasang pada kruk AS berputar berlawanan arah dg jarum jam (dilihat dari posisi Roda Gila).

Seher pada posisi TMA terdapat di Langkah Kompresi dan Langkah Buang. Untuk Memastikan seher berada pada posisi TMA Langkah Kompresi, Perhatikan/ Rasakan/ Dengarkan pergerakan pelatuk pada klep masuk saat mensejajarkan Tanda “T” dengan Tanda Titik.

Jika pada saat memutar Roda Gila untuk mensejajarkan tanda “T” dengan tanda titik tidak terlihat (jika sambil melihat pelatuk)/ Tidak terasa (jika sambil meraba pelatuk) atau tidak terdengar pergerakan pelatuk saat mendorong klep masuk membuka/menutup, itu tandanya seher sedang bergerak atau berada pada Langkah Buang, Putarkan kembali Roda gila satu putaran penuh (sampai tanda “T” dan tanda titik sejajar) untuk mendapatkan seher pada posisi TMA Langkah Kompresi.

Image

Jika seher sudah dipastikan berada pada posisi TMA Langkah kompresi, lakukan pengukuran jarak bebas klep.

Jarak Bebas Klep Masuk dan Klep Buang : 0.05 ± 0.02 mm

Sisipkan Liduh Ukur (dgn ketebalan sesuai dgn spesifikasi jarak bebas klep) antara ujung batang klep dengan ujung mur setingan pada pelatuk.

Jika Lidah ukur dapat masuk dan terasa agak seret maka jarak bebas klep sudah benar.

Jika Lidah ukur tidak dapat masuk atau dapat masuk tapi terlalu longgar, maka perlu dilakukan penyetingan kembali jarak bebas klep.

Image Image

Penyetingan

Longgarkan Mur Pengunci dan Mur Setingan pada pelatuk menggunakan kunci khusus.

Sisipkan Lidah ukur (dgn ketebalan sesuai dgn spesifikasi jarak bebas klep) antara ujung batang klep dengan ujung mur setingan pada pelatuk.

Perlahan-lahan Kencangkan mur setingan sampai mendapatkan sedikit tahanan akibat menyentuh Lidah ukur.

Biarkan dahulu lidah ukur pada posisinya, tahan Kunci Mur setingan agar tidak berputar, lalu Kencangkan Mur Pengunci.

Torsi Pengencangan Mur Pengunci: 0.7 – 1.1 Kg-m

S-Tool: Valve adjusting wrench 07908-KE90000.

Awas! Pengencangan Mur Pengunci yang tidak sesuai dapat menyebabkan mur mengendor/ lepas dan dapat merusak mesin. Pada saat mengencangkan mur pengunci, ada kemungkinan jarak bebas klep berubah. Pastikan melakukan pemeriksaan ulang setelah selesai mengencangkan mur pengunci.

Penyetingan benar-benar selesai jika Lidah ukur dapat masuk dan terasa agak seret.

Image

Periksa Karet O-Ring pada penutup setingan klep, Ganti bila rusak.

Lumasi semua karet O-Ring dengan oli bersih dan pasang semua Karet O-Ring tersebut pada lubang setingan klep.

Lumasi ulirnya dengan oli bersih, kemudian pasang Penutup Setingan Klep dan kencangkan.

Torsi Penutup Setingan Klep: 1,2 kg-m

Image

Periksa Karet O-Ring pada penutup lubang timing dan Karet O-Ring pada penutup lubang Rotor, ganti jika rusak.

Lumasi ulir penutup lubang timing dan penutup lubang Rotor dengan Oli dan Lumasi juga karet O-Ring-nya.

Pasang tutup lubang timing dan kencangkan.

Pasang tutup lubang Rotor dan kencangkan.

Torsi penutup lubang Timing: 0,3 kg-m.

Torsi penutup lubang Rotor : 0,3 kg-m.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 May 2009, 23:55 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
Cloud wrote:
eNeR wrote:
misal lagi, honda supra 125, sudah pake roller rocker armnya, meski std boleh 0-0,03, kalo mo halus pilih yang 0 (in) dan 0,03 (ex). klo yang lebih irit n bertenaga, in 0,03, dan ex 0,05, gitu.


Bravo :e-clap: penjelasannya lengkap bgt bro ada ilustrasi gambarnya lagi. cuma yang gw masih bingung utk Supra 125 std katanya 0-0,03. trus klo mau irit dan bertenaga in 0,03, dan ex 0,05. bisa tolong jelasin ngak knapa celah klep lebih renggang malah lebih irit? bukannya lebih boros ya? masuk byk dan keluar byk? maklum baru beli supra 125R dan masih awan mesin 4T biasanya mesin 2T dengan electronic valve control :big_peace:

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 May 2009, 07:36 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
begini, setelan klep juga mempengaruhi lift (tinggi klep membuka) dan duration (lama waktu membuka) katup.
misal, pada celah standar, lift katup 5,5 mm. nah, ketika dibikin lebih sempit 0,02 mm, maka lift akan bertambah pula, tergantung jarak poros rocker arm. (kalau jarak poros di tengah, maka akan bertambah 0,02 mm pula, jadi 5,52 mm, kalo gak ditengah, bisa dihitung pake persamaan sederhana). meski sangat sedikit, tapi efek bagi mesin akan terasa cukup signifikan.

Image

(jarak poros dari 22 ke 32, dan dari 32 ke baut setelan celah katup)

ketika klep direnggangkan, maka angkatan klep berkurang, dan durasi klep juga berkurang. hal ini membuat langkah kompresi lebih padat (karena lebih lama), meski fluida yang masuk lebih sedikit. klep buang juga akan membuka lebih lambat ketika akhir langkah tenaga, sehingga langkah tenaga lebih lama.
nah, karena kompresi lebih padat dan langkah tenaga lebih panjang, maka torsi putaran bawah menengah lebih bagus. apalagi, setelan renggang mampu menyediakan celah buat katup untuk menutup sempurna.
torsi lebih bagus diperoleh dengan pemakaian bbm yang lebih sedikit (karena lift dan duration berkurang), so lebih irit. katup juga mempunyai kesempatan untuk menyalurkan panas lewat dudukan katup lebih lama, jadi katup lebih dingin.

sebaliknya, jika stel klep lebih rapat, maka lift dan duration bertambah, efeknya, bbm lebih banyak, namun langkah kompresi kalah padat (karena lebih pendek) dibandingkan dengan setelan katup renggang. demikian pula, langkah tenaga lebih pendek dari setelan klep renggang. so, torsi pada putaran bawah menengah lebih kecil, namun tenaga putaran atas lebih bagus, karena flow bbm lebih banyak dan lancar. bbm pun lebih boros daripada setelan renggang.

namun perlu diingat, jika terlalu renggang, mesin akan berisik, so kepala katup, rocker arm, ujung baut penyetel katup, dan noken as akan cepat aus. bearing noken as juga cepat aus karena hentakan bertambah. selain itu, karena terlalu renggang, laju gas masuk dan keluar mesin berkurang terlalu banyak, mesin justru kurang tenaga (ngempos), dan lebih panas (karena lean, dan gesekan bertambah). karena tenaga berkurang, hasilnya boros juga karena harus memutar grip gas lebih dalam.

demikian pula jika terlalu rapat, katup tidak menutup sempurna, so mesin susah hidup (susah stasioner), tenaga ngempos (kompresi bocor), katup overheat (pelepasan panas tidak cukup, terutama katup buang), juga ujung katup serta ujung baut penyetel katup lebih cepat aus (karena terkena dorongan ledakan ruang bakar dari katup). efeknya, mesin lebih panas juga, bbm boros. bahkan, katup bisa melengkung.

yang paling bagus, emang stel sesuai spek standar. jika mau lebih rapat ato renggang, jangan terlampau jauh dari ukuran standar.
pada mesin yang sudah berumur, kadang penyetelan gk berpatokan ketika tma, karena keausan bearing dan komponen lain.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 May 2009, 07:45 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
penjelasan lanjut,
kenapa langkah kompresi lebih lama, yaitu karena ketika langkah isap, katup lebih cepat menutup, maka langkah kompresi lebih panjang. (kan habis isap, langsung kompresi, ya kan?)

Image

juga kenapa langkah usaha lebih panjang, yaitu karena katup buang lebih lambat membuka ketika langkah buang. habis usaha kan buang, jadi langkah usaha lebih panjang (meski berkurangnya tekanan pembakaran karena pertambahan volume dan penurunan temperatur, namun tetap berpengaruh meski sedikit).

intinya, setelan renggang, membuat katup terlambat membuka, dan menutup lebih cepat. tinggi bukaan lebih pendek.

setelan rapat, katup lebih cepat membuka, dan lebih lambat menutup, tinggi bukaan bertambah.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 May 2009, 07:59 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
Nambahin lagi,
durasi katup tidak tepat 180 derajat, pasti ada lebih, ato ada overlap.

misal ketika langkah isap, ketika piston masih langkah buang, kira2 10 derajat sebelum TMA, katup isap sudah mulai membuka. demikian pula, menutupnya tidak pas TMB, namun kira2 40 derajat setelah TMB (ketika langkah kompresi).

demikian pula, durasi katup buang,
ketika langkah usaha, 40 derajat sebelum TMB, katup buang mulai membuka. demikian pula, ketika menutup, baru menutup 5 derajat setelah TMA (pada saat langkah isap).
nah, lebih kurang dan overlap ini beda2 di setiap merk dan jenis mesin.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 May 2009, 14:30 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
oh gitu ya. ngerti deh skrg
thanks ya penjelasannya bro :frm_tumbright:

maklum biasanya main mesin simple spt gambar di bawah :big_peace:
Image

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 06 May 2009, 08:55 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
Wah, 2 stroke ya?
saya juga suka mesin 2 stroke, tenaga n tarikannya bener2 beda, pas ama karakter. kalo biasanya pake 2T, trus pake 4T agak lemot juga. kalo 2T langsung gas besar, tenaga keluar meledak2, tp 4T, yah gitu deh.
kalo orang biasa pake 4t, pasti bilang 2t gak ada tenaga, padahal belum tau aja karakternya.

kalo di 2T, katupnya katup buluh/ reed valve.
ada yang modelnya single, v, v dobel kaya v force, dll. ada juga bentuknya rotary, ada yang langsung pake kruk as (vespa),
kalo buat performa sih paling bagus model v ganda. soalnya aliran fluida lebih lancar meski membran lebih kaku. membran kaku anti bocor. lagipula, bentuknya yang menjorok ke dalam, membuat kompresi primer lebih padat lagi.
kalo katup buang, hanya tipe2 tertentu, kaya kawasaki ninja, AR, yamaha TZM, semua jenis SE 2T modern, aprilia, dll.
kalo katup buang kaya gini, sebenarnya bisa juga disetel, baik yang elektronik ato manual (sentrifugal) mau mulai membuka pada rpm berapa, n buka full pada rpm berapa.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 06 May 2009, 21:49 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
yup bener bgt bro, intinya memahami dulu karakter mesin motornya. walaupun sama2 motor 2T sport dengan cc sama tapi karakter pasti beda.
klo katup buang di mesin 2T motor gw, gw setel sesuai feeling gw lehih mantap. klo ikutin patokan dari Honda sih agak ngempos tenaganya
klo aprilia RS yang dipakai utk GP125 atau GP250 pakai rotary valve lho. alasanya sih lebih presisi ikutin putaran kurk as. tapi rata2 mesin 2T udah pakai reed valve sih.

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 May 2009, 08:48 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
Cloud wrote:
eNeR wrote:
misal lagi, honda supra 125, sudah pake roller rocker armnya, meski std boleh 0-0,03, kalo mo halus pilih yang 0 (in) dan 0,03 (ex). klo yang lebih irit n bertenaga, in 0,03, dan ex 0,05, gitu.

honda c 100 (revo,supra,grand, dsb), biasanya disetel 0,05 mm in dan ex. klo mo lebih irit n bertorsi, boleh jadi 0,06 (in), dan 0,07 (ex)
mo halus, in (0,04), dan ex juga sama.


bro mau tanya dong. klo boleh tau angka 0-0.03 utk supra 125 dapat dari mana ya?
soalnya kmrn supra 125 gw baru service pertama 500km ganti oli dan cek2 aja eh tau2 mekanik reseh main setel2 klep nya. akhirnya tuh motor baru yang tadinya suara mesin halus bgt jadi kasar spt mesin jahit. setelah gw komplain ke kepala mekanik katanya klepnya terlalu renggang dan di setel ulang. gw suruh setel 0.03 aja tapi katanya std supra 125 0.05 akhirnya di setel emang sih suaranya ngak berisik spt sebelumnya cuma tetap aja klo baru nyalain mesin pada posisi dingin masih lumayan berisik cuma klo sudah pakai lumayan panas suara jadi agak halus. mungkin karena logam mesinnya sudah memuai. tapi koq gw masih ngak puas soalnya sebelum service tuh mesin motor gw suaranya halus bgt. wajar lah mesin baru jalan 600an KM klo berisik sih ngak mau gw. :big_peace:

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 May 2009, 22:03 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
Hmm, dapat dari mana2.
yang penting, topkan dulu, kalo udah top kompresi, kendorin mur setelan katup.
putar aja pake tangan baut setelan katup sampe mentok, tapi muternya ringan aja.trus ditahan pake kunci penahan baut setelan katup (kunci bentuk L), kencengin murnya.
nah, kalo udah disetel 0, dimasukin feeler ukuran 0,03 harusnya gak masuk. tapi rocker arm masih bisa gerak dengan bebas n ringan kalo digoyang ke samping.

kenapa bisa 0,0? karena udah pake roller. roller sendiri kan punya celah, n bisa bergerak lancar. jadi gak papa disetel 0,0.

kalo mesin berisik pas baru idup, trus udah dipake gk berisik, itu emang oli sudah sempurna melumasi, n komponen udah sama2 muai. tapi gak berarti celah katup tambah rapat lo, justru kebalikannya.

nah, kalo kasus supra 125 setelan katup 0,05, mungkin bengkelnya gak punya feeler ukuran 0,03, ato jangan2 mekaniknya masih pake manual seri c100 (supra, grand, revo, prima). tapi gpp disetel 0,05, cuma lebih berisik aja. tapi percuma rocker arm udah pake roller setelannya renggang, padahal memadai disetel sempit.

oya, honda yang baru (blade, ama revo 110), juga bisa disetel 0,00. kan udah pake roller rockerarmnya.

mesin baru emang kadang2 berisik, ato sengaja disetel berisik, tapi biar halus, gak ada salahnya disetel halus, malah dianjurkan, asal masih sesuai spek/toleransi.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 May 2009, 23:08 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
iya nih mungkin mekanik AHASS belum di training ulang nih dengan speck produk motor honda yang baru. jadi masih dengan acuan lama :big_weee:
tapi bener ini bunyi dari rocker arm sama klep kok. sebelum service pertama ngak bunyi setelah ke AHASS jadi bunyi gitu. dan setelah di selidiki bunyi dari Cylinder Head.
huh repot nih masih awam dengan mesin 4T, klo mesin 2T sih gw turun tangan sendiri ngak pernah ke bengkel sejak 2001 turun mesin si ungu (NSR):big_peace:
btw supra125 rocker arm pakai roller? maksudnya gimana ya? bisa kasih bocoran dikit ngak nih klo bisa sih ada gambarnya. maklum bener2 awam soal mesin 4T agak ribet apalagi klo yang ada dalam cylinder headnya rame bgt tuh parts-nya

thank you bro

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2009, 08:50 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
Sebenernya gak ribet lo, sederhana juga,
cuma kalo diliat2 sepintas n dibandingin 2 tak ya keliatan ruwet bgt.
Ini dia gambarnya, yang gak pake roller

Image

yang ini, gambarnya mirip py supra, grand, c70, dll seri c100

Nah, yang ini gambarnya lebih komplet, cuma agak kecil, coba tebak mana rocker armnya,

Image

trus yang pake roller,

Image

nah, perhatikan ujungnya yang ada roller, ini py motor jg, tp gk tau mtr apa, yg jelas bkn supra 125, soalnya besar gt. gpp y?

nah, ujung bulatan roller itu akan bergesekan dengan noken as. kalo tanpa roller, jadinya besi ketemu besi, bergesekan, tapi tenang, udah ada oli, jadi tetep luama ausnya, n gesekannya juga ringan (gak seperti komponen yang harus pake bearing, seperti poros beban berat n putaran tinggi).
kalo pake roller, gesekannya lebih kecil, coz roller menggelinding, bukan gesekan lagi (meskipun tetep ada gesekan). nah, keunggulan disini, gesekan lebih kecil.
selain itu, karena nggelinding, maka setelan bisa dibuat rapat, soalnya roller punya celah.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 May 2009, 19:24 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Posts: 481
Location: Jakarta
oh gitu ya
thanks bgt nih penjelasannya lengkap bgt berikut gambar lagi :frm_salut:

_________________
Image
ホンダ NSR レヌ バィク


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Jul 2010, 14:52 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Sep 2007, 13:38
Posts: 868
Location: serpong
sundul dulu ah...

info-nya bermanfaat nih :D


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 01:06 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 28 Nov 2010, 23:06
Posts: 5
ukuran celah isap lebih kecil dari celah buang yah bos?atau sebaliknya?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2010, 21:38 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 28 Nov 2010, 23:06
Posts: 5
kalo setinganya terlalu renggang efeknya ke mesin apa aja gan?
apakah mesin jadi lebih dingin atao lebih panas dr standarnya?
dan tarikanya gimana?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Dec 2010, 18:53 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 654
Location: Yogyakarta
setting lebih renggang pada klep buang, karena lebih panas,
setting lebih sempit pada klep masuk, tapi in dan out dibuat sama juga gak masalah asalkan masih batas toleransi.
seting lebih renggang bensin lebih irit, tarikan lebih galak (bertorsi), namun suara lebih berisik,
seting sempit bensin lebih boros, tarikan tidak segalak renggang, tapi topspeed/putaran atas lebih bagus, suara lebih halus.

terlalu renggang malah jadi boros, loyo, bisa overheat, n berisik banget, cepat rusak,
terlalu sempit juga boros, loyo, bisa overheat juga, ada kebocoran kompresi di katup, so kalo kelamaan ntar harus diskur katupnya untuk menghilangkan karbon hitam,

setel 0,00 pada honda 110 - 125 yang pake roller harus pada keadaan mesin dingin, jadi bukan saat setelah mesin dipake, ato baru didiemin beberapa menit, tapi emang suhu ruangan (25-30 derajat).


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com