The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by evolution21 »

mobil amrik nol
karena memang jarang banget mobil amrik di sini
adapun ford merk amrik, tapi ford indonesia mengacu ke eropa punya
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Mobil paling aman yg dijual ATPM di Indonesia adalah :
1. Audi A4
2. Honda Odyssey
3. Mercy C Class
4. Honda Accord
5. Mazda CX 9
6. Audi A6
7. Mazda CX 7
8. Mercy ML
9. Subaru Legacy
10. BMW X5
11. Subaru Tribeca
12. Mercy E Class
13. Mazda 6
14. Volvo S80
15. Volvo XC 90

11 sedan, 4 SUV
8 mobil Eropa, 7 mobil Jepang, nol mobil Amrik
Datanya darimana Om? Ini diurut dari yang paling aman (no1)? Bukannya di sini belom ada test2 tabrak? :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by Risol1 »

esh wrote:
Risol1 wrote:
esh wrote:Kira2 fitur keselamatan aktif dan pasif dari mobil2 yang disebutkan om Fortunerman itu ada perbedaan nggak dengan versi yang beredar di Indo? Misalnya versi Amrik ada airbag sedangkan versi Indo bisa nggak ada airbagnya :e-doh:
Ya kalo safety featurenya beda spt contoh bro Esh diatas, hasilnya pun bisa beda.
Apakah mungkin ada perbedaan safety features nya mobil2 versi US dengan versi Indo? Ya mungkin aja tergantung spek yg ditawarkan pabrikan.
Setahu saya spec mobil yang beredar di Amrik biasanya lebih tinggi dari yang beredar di Indo. Dengan asumsi safety feature-nya kendaraan di Indo lebih rendah daripada yang di Amrik, berarti bisa disimpulkan bahwa mobil2 yang masuk di list om Fortunerman akan lebih 'Dangerous' lagi yang beredar di Indo. Yang spec lebih tinggi saja sudah termasuk most dangerous, apalagi yang spec lebih rendahnya. :off_no: :frm_bang_head:
Kalo asumsinya spt itu, safety ratingnya mobil versi Indo bisa lebih jelek.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by esh »

Sebagai contoh yang saya pernah baca, yaitu Honda Allnew CRV termasuk kendaraan yang crash test-nya terbaik di Amrik, ada side airbag-nya. Di Indo airbag-nya hanya dua biji saja, nggak lebih :e-doh:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by Risol1 »

esh wrote:Sebagai contoh yang saya pernah baca, yaitu Honda Allnew CRV termasuk kendaraan yang crash test-nya terbaik di Amrik, ada side airbag-nya. Di Indo airbag-nya hanya dua biji saja, nggak lebih :e-doh:
Ya berarti kalo di test side crashnya, CRV indo mungkin ratingnya gak setinggi CRV US. :mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by asudarsono »

Risol1 wrote:
asudarsono wrote:Mobil paling aman yg dijual ATPM di Indonesia adalah :
1. Audi A4
2. Honda Odyssey
3. Mercy C Class
4. Honda Accord
5. Mazda CX 9
6. Audi A6
7. Mazda CX 7
8. Mercy ML
9. Subaru Legacy
10. BMW X5
11. Subaru Tribeca
12. Mercy E Class
13. Mazda 6
14. Volvo S80
15. Volvo XC 90

11 sedan, 4 SUV
8 mobil Eropa, 7 mobil Jepang, nol mobil Amrik
Datanya darimana Om? Ini diurut dari yang paling aman (no1)? Bukannya di sini belom ada test2 tabrak? :e-think:
Ambil dari pdf filenya situs itu apa tuh, truth about cars ke informed for life sesuai posting pertama, tinggal diklik klik hotlinknya ketemu databasenya. Kalau TAC ngambil datanya diurut dari bawah, aku balik aja diurut dari atas sehingga ketemu ranking yg paling aman.

Kalau mau lihat performa mobil Amrik di sana juga bisa langsung.

Menurut saya kalau diranking dari paling tidak aman kurang representatif deh, soalnya mobil yg dites nggak semua mobil yang dijual di Amrik.
Ready to Race
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by DOHC »

kalo di indo sigh mobil2 kluaran taon 2000an ke atas seharusnya sudah lebi bagus lah safety nya (kcuali AVxen, no offence, saya uda perna liat tuh mobil yg abis tabrakan di bengkel asuransi, parah nya ampe saya mikir nigh yg produsen nya uda bener2 ngejar untung kali yah....jadi ga uda dijelasin lagi deh kurang nya apa dari tuh merek).... tapi kalo merek2 lain seharusnya suda lebi baik yah dari segi safety nya, yg bisa kita liat kalo mobil2 skrg suda menerapkan crumple zone, safety zone, side impact bar... saya rasa itu jg uda cukup bagus utk kondisi traffic di indo

bandingkan dgn mobil jadul2 macam panther, kijang series (entahlah bagaimana kalo tokinov) yg dmana dibuat bener2 kaku, tidak ada crumple zone, safety zone etc etc...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by GTR »

di indo mobil2 keluaran '94 ke atas juga udah bagus, di yg model2 global; misal starlet '94 aja udah ada side-impact beam.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by ZombiEE »

saya rasa tokinov jg "aman2" saja deh...GOA body kan?:)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by GTR »

IMO, ada 2 safety feature:
life-threatening, dan mengurangi cedera parah.
kalo di indo idealnya at least perangkat safety yg life-threatening seperti mulai dari safety-belt, safety-cage (termasuk side-impact beam), collapsible steering, dan khususnya crumple-zones termasuk "pedestarian" life.
kalo yg mengurangi cedera parah itu seperti airbag2, neck-mitigation.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by esh »

Yang sering dipangkas adalah rem ABS + EBD + BA , juga airbag. Saya rasa versi Indo kebanyakan adalah hasil spec-down. :capede:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by DOHC »

untung chassis nya ga di spek down jg jadi dari besi plat tipis :big_weee: btw, saya dulu perna di beritahu kalau utk urusan mesin, masi asli diimport dari jepang karena pabrik di indo blom bisa dalam urusan merakit mesin apalagi membuatnya... tapi kalo utk urusan lain2 nya ,sperti kaca, kursi, doortrim, lampu2 dan kabel2 sudah buatan lokal, bahkan beberapa merek sudah menggunakan AC dan radiator buatan lokal walaupun beberapa atpm sperti suzuki dan nissan masi menggunakan yg made in thailand atau negara lain nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by abrof »

Intinya klo gak komplit peranti safety-nya seperti Airbag , ABS, EBD, dll ya gak safe lah ya....GL seri bawah...Innnova seri E s/d G,..Avansa Xenia...gak aman juga jadinya..
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by boilers »

DOHC wrote:untung chassis nya ga di spek down jg jadi dari besi plat tipis :big_weee: btw, saya dulu perna di beritahu kalau utk urusan mesin, masi asli diimport dari jepang karena pabrik di indo blom bisa dalam urusan merakit mesin apalagi membuatnya... tapi kalo utk urusan lain2 nya ,sperti kaca, kursi, doortrim, lampu2 dan kabel2 sudah buatan lokal, bahkan beberapa merek sudah menggunakan AC dan radiator buatan lokal walaupun beberapa atpm sperti suzuki dan nissan masi menggunakan yg made in thailand atau negara lain nya
Kalau sekarang mesin pabrik Indo juga sudah bisa buat koq, mesin untuk avanza xenia kalo tidak salah sudah buatan ADM sendiri :)
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by y_anjasrana »

Kalu mesin doank sebetulnya dari doeloe juga udah bisa. Masalahnya politik bisnis aja. Kalu orang Indo bisa bikin mesin sendiri, ntar Jepangnya nganggur dunk... Apalagi waktu gembar-gembor mobnas...

:big_smoking:
Accurate V5 Accounting System Consultant
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by DOHC »

boilers wrote:
DOHC wrote:untung chassis nya ga di spek down jg jadi dari besi plat tipis :big_weee: btw, saya dulu perna di beritahu kalau utk urusan mesin, masi asli diimport dari jepang karena pabrik di indo blom bisa dalam urusan merakit mesin apalagi membuatnya... tapi kalo utk urusan lain2 nya ,sperti kaca, kursi, doortrim, lampu2 dan kabel2 sudah buatan lokal, bahkan beberapa merek sudah menggunakan AC dan radiator buatan lokal walaupun beberapa atpm sperti suzuki dan nissan masi menggunakan yg made in thailand atau negara lain nya
Kalau sekarang mesin pabrik Indo juga sudah bisa buat koq, mesin untuk avanza xenia kalo tidak salah sudah buatan ADM sendiri :)

wah hebat jg donk ADM, atpm sperti nissan dan honda aja masi import mesin utuh logh dari jepang...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by poeticmind »

aneh... tata nano kok ga ada...? :e-think:
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by asudarsono »

Tata Nano belum dijual dan dites
Ready to Race
mulhen
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Apr 06, 2009 13:34

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by mulhen »

Rekan2

mungkin ada yg bisa berbagi, kenapa xtrail transmisi manual suka pindah gigi dari gigi 2 ke netral kalau jalan lagi jelek atau di rem mendadak ?

Regards
http://batiksaga.com
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by Kuruma »

mulhen wrote:Rekan2

mungkin ada yg bisa berbagi, kenapa xtrail transmisi manual suka pindah gigi dari gigi 2 ke netral kalau jalan lagi jelek atau di rem mendadak ?

Regards
http://batiksaga.com

Nah yang eni kalo diterusin bisa panjang nich ceritanya.....mohon dunk sharing dari para master pengguna kalo ngikutin subject/ topic diatas......bagaimanan menurut master smua.....!!!

Thanks atas pencerahannya..... :big_peace: :big_peace:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by poeticmind »

wah bro mulhen, question related bisa ditanyakan di topic seputar xtrail... coba di search saja.
tapi, secara saya pengguna xtrail A/T. pernah juga mendengar keluhan spt itu di M/T. meski baru 1 org yg cerita... penasaran juga.

kalo saya pikir sih seharusnya tidak terjadi spt itu ya..
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by asudarsono »

Transmisi Nissan emang ringkih, apalagi yg automatik. DI kantor ada beberapa Serena, XTrail dan GL. GL yg auto juga kalau masuk gigi mundur susah.
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by ZombiEE »

py ane aman2 saja nih sampe skg..hehehehe
mulhen
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Apr 06, 2009 13:34

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by mulhen »

THX atas info-nya memang sih belum saya awa ke bengkel nissan, jadwal tgl.2 Mei mau ke Nissan Cibubur tuk service ke 30 rb
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: The Ten Most Dangerous Vehicles of 2009

Post by Risol1 »

Berarti transmisi bro Mulhen ada defect, Mustinya tuas gigi gak bisa geser sendiri ke N kalo cuma karena mobil direm mendadak aja. Cepetan bro ke Beres Nissan sebelom garansi abis :mrgreen: