Mitsubishi Lancer SL

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Kalau nambal pake plat 3mm itu berlebihan, dan nggak akan ada tukang las yang mau ngerjain. Kecuali mau bikin bracket AC atau bracket alternator.
Umumnya ketebalan plat yang dipakai antara 0,6mm sampai 0,8mm.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ herd1n, selamat oom atas keberhasilannya.
Memang berkorban tenaga dan putar otak, tapi hati jadi puas.
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

marmut wrote:@ Guspur, tapi bisa juga dari spuyer stasioner mampet. Penyebabnya filter bensin sudah waktunya ganti. Sudah pernah bongkar karburator sendiri?
Pertama saya akan cek busi dulu kali ya om marmut,setelah itu baru cek karbu...kmrn sih sempet copot karbu benerin gasket karbu yang nempel di manifold,klo bongkar total karbu sl belum pernah om,dulu pernah bongkar karbu punya carry futura doank om marmut..maaf klo filter bensin letaknya setelah apa sebelum pompa bensin ya om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Yang penting udah pernah bongkar karbu... Sama aja kok isinya itu-itu juga. Kalo carry single barrel, SL double barrel.
Filter bensin? Saya lupa, heee... Ya disekitar situ lah, pasti gampang carinya.
spotmatic
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jan 06, 2014 4:37

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by spotmatic »

@ommarmut
ga terus2'an keluar sih om, keluar jg ga terlalu banyak, kata si empunya sih, ga diganti untuk waktu dekat pun gapapa, bener bgitu?
bengkel2 biasa aj bisa nanganin kali ya om?
kira2 mana yg perlu didahuluin yah?
saya sih td'nya mau spooring + nambel dulu, sama ngurus perintilan2 lain
oiya biaya nambel gitu ada di range brp ya om?
makasi
:mky_01:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

Guspur090114 wrote:
marmut wrote:@ Guspur, tapi bisa juga dari spuyer stasioner mampet. Penyebabnya filter bensin sudah waktunya ganti. Sudah pernah bongkar karburator sendiri?
Pertama saya akan cek busi dulu kali ya om marmut,setelah itu baru cek karbu...kmrn sih sempet copot karbu benerin gasket karbu yang nempel di manifold,klo bongkar total karbu sl belum pernah om,dulu pernah bongkar karbu punya carry futura doank om marmut..maaf klo filter bensin letaknya setelah apa sebelum pompa bensin ya om?
filter bensin di dekat rumah roda depan kiri.. sebelum pompa bensin
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

Oke makasih om kopat..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ spotmatic, sering periksa oli mesin aja, seminggu 2x. Semua bengkel mesin harusnya sanggup ngerjain, tinggal datengin dan tanya-tanya aja ke mekaniknya.
Untuk nambal, saya nggak ngerti perkiraan harga. Bawa ke bengkel las/body repair aja biar nanti diliat dulu seberapa parah dan tingkat kesulitannya.
Kalau mau spooring, biasanya bengkel spooring yang baik dan benar selalu meriksa tie rod, ball joint, bearing roda, bushing, dan bagian lain yang berhubungan langsung dengan roda sebelum di spooring. Kalo ada yang nggak beres mereka nggak akan mau ngerjain karena akan percuma nggak ada hasil.
CECEP
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jul 30, 2004 4:18
Location: jakarta

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by CECEP »

om master SL, ada yang pernah buka doortrim ngga, gimana cara buka putaran kaca ya, mau dipaksa takut patah, diputar atau dicungkin, ane cari ngga ada bautnya ya..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Engkol jendela maksudnya? Itu pake kancingan, bentuk kancingannya seperti huruf omega, dan cara bukanya didorong pake obeng tespen atau mata gergaji besi.
Kalo belum kebayang juga, mending ke toko onderdil belaga tanya-tanya mau beli.
herd1n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Feb 03, 2014 12:05

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by herd1n »

Bagi pengalaman aja neh,2 bln yg lalu stater mulai masalah,dengan bunyi desing bendix gk nyangkut di flywheel,(terjadi kadang2 )..setelah di bongkar..ternyata gigi di flywheel(roda gila/gendeng) aus sebagian...,ujung2 nya di bongkar lah gearbox,dan setelah bongkar flywheel..wuek" ternyata gigi ada yg aus di beberapa bagian...,mau gk mau harus ganti,tapi..tanggung gila neh flywheel sy bongkar untuk membalikan gigi nya...pendek cerita,stater kembali normal,ini di lakukan setelah pengecekan dinamo stater,slenoid,carbonbrush,bendix,semua baik2 saja,..semoga bisa membantu yg strees dengan masalah yg sama.. bermasalah...,o iya ,jgan ganti bendix dengan yg 9 gigi) ori nya SL 8 gigi,..pake yg 9 kasar bunyinya..
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by bluesl »

adhira wrote:Satu lagi ane lupa, intermitten wipernya eror ga nyala. Kenapa ya?
Coba copot dan buka dulu casing modul intermiten wiper periksa apakah ada soldirannya ada yang lepas / soldir ulang , karena punyaku dulu intermiten wipernya tidak jalan ternyata masalahnya ada pada soldiran soketnya lepas .
Kalau lokasinya modul intermiten wiper ada di sebelah kiri depan ruang mesin ( Dekat dengan Accu ) .
CECEP
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jul 30, 2004 4:18
Location: jakarta

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by CECEP »

marmut wrote:Engkol jendela maksudnya? Itu pake kancingan, bentuk kancingannya seperti huruf omega, dan cara bukanya didorong pake obeng tespen atau mata gergaji besi.
Kalo belum kebayang juga, mending ke toko onderdil belaga tanya-tanya mau beli.
thanks om marmut, nanti ane coba sendiri dulu sebelum ke toko orderdir seperti saran om
spotmatic
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jan 06, 2014 4:37

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by spotmatic »

marmut wrote:@ spotmatic, sering periksa oli mesin aja, seminggu 2x. Semua bengkel mesin harusnya sanggup ngerjain, tinggal datengin dan tanya-tanya aja ke mekaniknya.
Untuk nambal, saya nggak ngerti perkiraan harga. Bawa ke bengkel las/body repair aja biar nanti diliat dulu seberapa parah dan tingkat kesulitannya.
Kalau mau spooring, biasanya bengkel spooring yang baik dan benar selalu meriksa tie rod, ball joint, bearing roda, bushing, dan bagian lain yang berhubungan langsung dengan roda sebelum di spooring. Kalo ada yang nggak beres mereka nggak akan mau ngerjain karena akan percuma nggak ada hasil.
udah nanya ke bengkel nih ommarmut, dia sih nganjurin sekalian ganti ring piston
kira2 utk mastiin si piston ring'nya msh bagus ato engga gmn yaa? hhe
trus jg, kemaren muncul bunyi2 dari si rem'nya, kaya suara angin gitu, kalo dari vakum'nya mesti ganti rem booster'nya yah
sekalian tanya, utk sparepart gitu mending cari sendiri ato serahin ke pihak bengkel ya om?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

untuk mastiin ring piston masih bagus apa enggak ya mau nggak mau harus dibongkar dulu mesinnya.
tapi ada cara lain tanpa bongkar mesin, bisa cek pressure tiap silinder pakai pressure gauge. kalau tes tertera 8,5 bar (sekitar 125 psi) di tiap silinder, artinya masih bagus. dan angka segitu adalah minimal. kalau dibawah 8 bar, artinya ada yang nggak bener, entah ring piston sudah waktunya ganti, atau ada kebocoran di klep, atau dinding silinder sudah "ngantong".
cara ke dua, sewaktu cylinder head sudah diangkat (turun setengah mesin), posisikan piston di TDC trus digoyang depan-belakang searah dengan posisi mesin (kalau kita berdiri di sebelah spakbor, goyangnya kiri-kanan). kalau piston nggak goyang, kemungkinan besar ring piston masih sehat.

bunyi dari rem itu saat idle atau saat pedal rem diinjek? kalau saat idle ada bunyi, bisa jadi ada kebocoran. mungkin dari selang vakum rem yang sudah getas atau sobek. atau bisa jadi klem selang vakum kendor. biasanya mesin juga agak pincang saat idle. kalau bunyi angin saat diinjek pedal remnya, mungkin karet diafragma yang di dalem booster rem sudah sobek.
kalau booster-nya bisa dibuka, bisa dicari karet diafragma yang sama persis. biayanya lebih murah ketimbang beli booster rem baru.

masalah spare part, terserah oom spot aja mau cari sendiri atau mempercayakan ke bengkel. kalau saya boleh saran, ada baiknya kita sebagai pemilik mobil tau harga pasaran spare part mulai dari yang asli sampai yang KW. dan lebih enak lagi kalau kita punya toko langganan yang bisa dipercaya.
sawa1985
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 03, 2013 9:34

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by sawa1985 »

Selamat Pagi semua, bogor masih hujan niy... Oia maskopat n om marmut sy mau info progress pertanyaan di page 27 ttg kelistrikan yg drop. Utk saat ini, carbon brush sdh sy ganti biaya 75rb, trus altenator juga udah IC. Bahkan udah ganti aki, krn aki sebelumny sdh drop. Tp indikator aki di dasboard msh tetap nyala, apakah harus ganti kabel body semua? Biaya brp ya? Terimakasih
sawa1985
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 03, 2013 9:34

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by sawa1985 »

Oia, sekalian mau nanya tentang rem depan, klo belok knp bunyi ya? Saya tampilkan penampakannya, kykny sealny pada ga ada ya? Maklum baru coba bongkar sendiri, dibogor blm nemu bengkel yg cocok. Cari sealny blm dpt. Makasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Memang paling enak kalo ganti kabel seluruhnya, jadi seger lagi. Tapi biayanya bagaimana? Setau saya ganti kabel 1 body plus jasa nggak cukup 1 juta. Boleh dihitung sendiri harga kabel 1 meter berapa, dikalikan berapa meter kebutuhannya, belum lagi harga terminal kabel, isolasi, bungkus kabel, dll.
Paling enak diperiksa dulu pengisian alternatornya sudah mencukupi atau belum. Setelah itu diperiksa kabel indikator 'charge' atau indikator lampu yang bergambar aki, apakah kabel-kabelnya mulai dari alternator sampai ke dashboard masih dalam kondisi sehat apa tidak.
Boleh tau alternator yang dipakai berapa amper?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

Masalah rem, seal yang hilang itu fungsinya cuma penutup debu, jadi nggak mungkin menimbulkan bunyi.
Bisa jadi plat tipis antara piston kaliper dan kanvas rem sudah hilang, atau per berupa plat di kanvas rem yang kurang menekan, bisa jadi penyebab bunyi.
Sekalian diperiksa bearing support shock depan, mungkin malah dari situ sumber bunyinya.
Guspur090114
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by Guspur090114 »

Suhu2 sekalian,saya penasaran nih ama intermitten,apakah gambar dibawah ini relay intermittent atau relay buat apa itu?makasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
sawa1985
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 03, 2013 9:34

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by sawa1985 »

Wah om marmut, makasih jawabannya.. Brp amper ya? Sy blm pernah ngecek. Standarny brp om? Krn nyalain lampu aja, kadang suka nyala indikatorny, apa karena pake aki kering ya? Untuk seal yg piston emang untuk penghalang debu, tapi ini seal yg tongkatny itu loh om, kalo ga pake kerasa bgt bunyi, jadi diakalin pake selang, biar ga terlalu goyang. Klo ga, suka sy siram pake air. Biar ga bunyi :)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ Guspur,
setau saya intermitten nggak pake relay, cara kerjanya full mekanis.

@ sawa,
alternator standar SL belum IC, masih cut out luar dan amper-nya sekitar 50an. pake aki kering atau basah nggak ada pengaruh dengan lampu indikator, kecuali ada yang nggak beres dengan aternatornya (umumnya dioda sudah lemah).
nyalain lampu langsung indikator aki nyala? nyala terang atau redup? kalau redup kemungkinannya 2, pengisian kurang, atau ada yang induksi. coba dicek dulu pengisiannya saat beban penuh (lampu dim, ac, wiper, tape nyala semua) tekor apa enggak.
yang jelas, amper aki tidak boleh lebih besar dari amper alternator.

untuk rem, kalau diakalin pake selang sudah ilang bunyinya ya sudah, asal jangan sampe mengganggu kerja kaliper. btw jangan disiram pake air, lama kelamaan bisa bikin karat dan pergerakan kaliper jadi nggak bebas. sebetulnya ada pelumas/grease khusus buat melumasi kaliper supaya pergerakannya lancar, tapi kalo nggak ada boleh pake grease biasa asalkan jangan terlalu banyak pemakaiannya.
sawa1985
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 03, 2013 9:34

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by sawa1985 »

Nyalanya redup om, saya coba tes saat mesin hidup, trus aki di copot. Tetap nyalany redup indikatorny. Kalo semua dinyalain, indikatorny nyala terang.
Berarti ga beres altenatorny ya? Oke deh om marmut, terimakasih ats jawabanny...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

spotmatic wrote:malem oms
akir'nya saya jadi untuk ngangkut sl :mky_01:
dengan beberapa pr'nya
- seal klep, perlu setting ulang, gara2 itu jd keluar sedikit asap putih
- ban depan perlu spooring
- body sebelah bawah jok kiri belakang agak expert keropos'nya

untuk poin pertama, kira2 keluar biaya berapa ya om, setting seal klep? itu memang harus bongkar semua'nya ya?
untuk yg poin 3, baca postingan omryan, itu d'tambel pake plat 3mm ato gmn ya om?

terimakasih utk respon'nya :)
marmut wrote:@ spotmatic, kalau yang dimaksud seal klep, itu harus diganti baru. Tidak bisa di setting. Kalau karburator bisa di setting.
Proses ganti seal klep harus angkat cylinder head (turun setengah mesin), dan sekalian diperiksa valve guide-nya (bos klep). Biasanya mekanik suka males periksa, dan besar kemungkinan valve guide aus karena umur mesin sudah 20 tahun lebih.
Untuk biaya, coba tanya ke bengkel aja turun setengah mesin.
Btw kalau keluar asap putihnya terus-menerus, kemungkinan besar ring piston. Tapi kalau kadang-kadang (hanya pada saat di gas) bisa jadi hanya seal klep atau bos klep.
spotmatic wrote:@ommarmut
ga terus2'an keluar sih om, keluar jg ga terlalu banyak, kata si empunya sih, ga diganti untuk waktu dekat pun gapapa, bener bgitu?
bengkel2 biasa aj bisa nanganin kali ya om?
kira2 mana yg perlu didahuluin yah?
saya sih td'nya mau spooring + nambel dulu, sama ngurus perintilan2 lain
oiya biaya nambel gitu ada di range brp ya om?
makasi
:mky_01:
kalo keluar asap putih, emang kemungkinan dari bagian ruang bakar sih om. bisa jadi ada baret di silinder, atau karena ring2nya dah masalah. oh ya, ada 3 ring.
1 kompresi,
2 second compression ring
3 ring untuk nahan oli masuk ruang bakar.
nah, asap putih muncul karena oli ikut kebakar ketika terjadi combustion (apa ya istilahnya?)

klep bisa jadi sudah bocor sehingga oli dari klep turun ke ruang bakar. bisa diperiksa apakah ada kerak hitam di cylinder head. buka aja tutup oli, ada kerak2 hitam apa gak.

spooring sih gak susah ya, biaya sekitar 60rb - 150rb bergantung mesin yang digunakan si bengkel.

kalo body keropos, bagusnya sih sekalian cat ulang 1 body, tapi biayanya jadi mahal. ngelas dan cat 1 body mungkin paling murah sekarang 7jt kali ya. mending di ganti plat yang keropos dulu trus dicat sedikit yang dilas biar gak karatan lagi.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

herd1n wrote:Bagi pengalaman aja neh,2 bln yg lalu stater mulai masalah,dengan bunyi desing bendix gk nyangkut di flywheel,(terjadi kadang2 )..setelah di bongkar..ternyata gigi di flywheel(roda gila/gendeng) aus sebagian...,ujung2 nya di bongkar lah gearbox,dan setelah bongkar flywheel..wuek" ternyata gigi ada yg aus di beberapa bagian...,mau gk mau harus ganti,tapi..tanggung gila neh flywheel sy bongkar untuk membalikan gigi nya...pendek cerita,stater kembali normal,ini di lakukan setelah pengecekan dinamo stater,slenoid,carbonbrush,bendix,semua baik2 saja,..semoga bisa membantu yg strees dengan masalah yg sama.. bermasalah...,o iya ,jgan ganti bendix dengan yg 9 gigi) ori nya SL 8 gigi,..pake yg 9 kasar bunyinya..
thanks untuk sharingnya om... :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green