Daihatsu Zebra 1.3 tahun 1994 panas

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Daihatsu Zebra 1.3 tahun 1994 panas

Postby Yongis_CD » 22 Nov 2002, 15:17

ternyata saya pun mengalami masalah dengan mobil keluarga saya.....
panas..bila macet suhu bergerak lebih dari setengah ac dimatikan tetep panas juga.
setelah dibawa kebengkel ben agung motor jl dewi sartika jakarta timur ,usaha yg dilakukan : bersihkan radiator ganti pulley kipas yg lebih kecil,tes= tetep panas ,
cylinder head dibuka dibersihkan waterjacketnya ,tes=tetep panas
cylinder head dicoak alasanya kompresinya agak tinggi ternyata=tetep panas
tiba2 dibilang cylinder headnya melengkung dikatakan mekanik sebagai sumber panas juga, solusi sementara cylinder head dibubut ( apa kompresinya gak naik lagi ? ) tes= tetap panas
akhirnya mekanik menawarkan alternatif terakhir yaitu kondensor AC dipindahkan kebawah jauh dari radiator ( biaya Rp 750.000???? ) atau ganti cylinder head ( Rp.2000.000 ??? ) .
biaya sampai saat ini adalah Rp 1.300.000, sementara ini saya bingung dan merasa seperti dibohongi ,apakah saya ambil saja dan memindahkan sendiri kompresor ke bengkel khusus AC? ataukah harus ganti Cylinder Head?
saya harapkan tanggapan dari teman2 sekalian
terima kasih

User avatar
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: 19 Aug 2002, 13:44

Postby Equalizer » 22 Nov 2002, 17:05

Wah Mas Yong, overheat di Jakarta sih normal :)
Eniwei, itu udah pake ekstra fan belum ut. AC-nya ? meskipun radiator sudah dibersihkan tapi ada beberapa sel/jalur yang mati tetap percuma juga.

~bila macet suhu bergerak lebih dari setengah ac dimatikan tetep panas juga
->Ini normal karena hembusan udara atau angin yang ke radiator kurang, coba check thermostartnya, katanya pengaruh sih kalo ada kebocoran air.

Kenapa Overheat di prioritasin karena AC mas dan sampai harus merubah posisi kompressor ?

Mas Yong sudah coba bawa ke bengkel lain belum? Kalau saya suka di Otista di Bengkel 99 (onderdil disana mahal, dekati montirnya en bilang beli diluar kalau ada penggantian spare parts)

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 23 Nov 2002, 01:20

Mas Yonk, Itu emang penyakit daihatsu. Panas bo'
Punya saya charade cx 1.3 winner juga panasnya 1/4 kalo pake air biasa. Pake water coolant malah naek jadi 1/3....binun saya.
Trus hawa di ruang mesin tuh poanas banget, ampe kalo siang tu AC cuma menghembuskan angin sepoi2.
Saya tanya ke mekanik senior daihatsu, ternyata itu emang penyakit daihatsu. Sebabnya?? gak tau tuh.......

Kesimpulan saya, tu mekanik bloon...main tebak2 aja. Emang cari duit gampang!!!!

Saran saya, bawa sekalian ke bengkel daihatsu yg prof (saya tanya yg di soepomo depan mbok berek). Minta tolong analisa sekalian tune up. Check oli, karena karena oli lebih mudah habis karena menguap. Kalo oli abis lebih fatal akibatnya.

Untuk mobil saya, dianalisa kalo kompresi bocor sehingga panas ruang pembakaran masuk ke ruang karter/oli. Akibatnya oli panas/menguap, padahal yang didinginkan oleh air radiator hanyalah sekitar silinder dan kop silinder. So analisa ini lebih masuk akal. Hanya kebetulan saya blom punya waktu dan duit untuk turun mesin...hehehehe.......

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 23 Nov 2002, 20:17

zebra 1.3 udah gak pake thermostat makanya pada saat dipanaskan pagi hari naiknya suhu lambat sekali tidak seperti zebra 1.0 naiknya suhu cepat sekali sampe 1/4 tapi tidak bakal overheat ( tanpa AC). bukan kompresor tapi kondensor AC yg saat ini posisinya didepan radiator ,kalo saya amati teknologi mobil2 sekarang walaupun posisi kondensornya tetap didepan radiator bentuknya lebih lebar dan tipis begitu juga radiatornya tipis jadi pasti dingin sedangkan mobil lama udah radiatornya tebal kondensornya tebal pula yah mungkin juga emang ruang radiatornya memang terbatas,btw karena emang belon punya duit tadi pagi udah saya putusin kebengkel bahwa kondensornya jadi dipindah kebawah..

User avatar
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: 19 Aug 2002, 13:44

Postby Equalizer » 25 Nov 2002, 14:43

Yongis_CD wrote:btw karena emang belon punya duit tadi pagi udah saya putusin kebengkel bahwa kondensornya jadi dipindah kebawah..


Duh engga punya duit tapi bisa bayar 750 ribu :P eniwei moga2 berhasil deh mas, .. kalau masih panas juga jangan mau bayar lagi yaa :D

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 25 Nov 2002, 16:50

tabungan saya cuma 4 juta mana menjelang lebaran lagi butuh banyak duit jadi totalnya kan hanya bayar 2 jutaan...kalo ganti cylinder head bisa 3 juta lebih dong?...

equator1978
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 18 Feb 2003, 16:48

Postby equator1978 » 01 May 2003, 16:58

Bung Yongis....cuma mo' nanya doang...
abis ngeliat kalo Mobilnya sama dengan saya.
Cuma kalo saya Zebra1990.
Dulu saya pun ngalamin masalah ini.....
panas....dan mindahin kompresor kebawah cuma abis 300rb......
dan memang sekarang ga pernah panas lagi...
dari akhir taun 2002 sampe skrg blom pernah nyentuh 1/2....... padahal saya dijakarta...apalagi pas dibawa ke bandung.....
He..he..he..he..

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8317
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 01 May 2003, 17:16

Waduu... gak ngerti deh soal AC mobil... :(

riochen
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 24 Nov 2002, 19:51

Postby riochen » 09 May 2003, 10:53

Sama persis ama D Esspasku, hot, padahal aku di Malang lho...lumayan panas jg sih, tp nggak seheboh Jkt...

Tp emang punyakku nggak ada extra fannya sih, jd ya otomatis panas, sebenarnya murah sih cuma nambah 100rb udah dapet extrafan bekas. Tp males jalan, lg sibuk abis, ampek sekarang mobilnya ngangkrak di garasi....sayang ya...padahal aku juga suka lho ama Dhst yg terkenal handal dan tangguh mesinnya, emang beda ama minibus lainnya.

Kalo Esspas gimana ya? apa kompresornya juga lebih baik dipindah kebawah, krn aku kurang tau pasti posisinya sekarang...

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 22 Aug 2002, 12:58

Postby Yongis_CD » 10 May 2003, 17:40

wah saya koreksi yaaaaa itu bukan kompresor itu KONDENSOR biaya nya memang benar segitu...............

User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 22 Jul 2008, 15:20

Re: Daihatsu Zebra 1.3 tahun 1994 panas

Postby altops » 23 Jul 2008, 13:55

Berhubung topiknya Zebra ... mau tanya dunk, kalo posisi / letak nomer rangka dan mesin mobil zebra itu dimana yak .... kmrn ada yang bilang di bawah jok depan kiri, sy cari2 koq ngga ada ...
btw mobilnya zebra thn 92.

Thx.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: anoi and 4 guests