SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Jul 2014, 16:03

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 101 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 12:02 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8039
Location: Kebayoran Lama
Wah, utk bisa tuneup sendiri musti punya compressor ya. Weleh.. Kalu musti bawa filter, dll ke tukang tambal ban dulu repot dunk. Lagipula bawanya pake apaan, khan mobilnya lagi dibongkar... :ungg:

Kalu atoz mesinnya udah HLA atau SHIM blum ya?

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 16:59 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 17 Jun 2004, 10:00
Posts: 2383
Location: Jakarta and Bandung
dasar anak mesin bikin thread konsultasi.. wakakaka...

_________________
==========
I'm flying with my Cordie
Powered by K24A4 N/A


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 17:06 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
Bisa dijelaskan dalam jumlah sedikit itu seberapa?

Pernah ada kasus di kantor bokap kijang bensin dimasukin solar karena lalai.Akhirnya mogok.dan turun mesin and sekalian dibersihkan kerak2 di ruang bakar dan tangki serta filter2.

Solar pada mesin bensin tidak akan menghasikan ledakan karena solar baru meletak bila kompresi diatas 18-20.Sedangkan rata2 mesin bensin hanya 9-11.

Bila tercampur solar,maka bensin sulit meletak dan tidak ada ledakan.Jadi mogok


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 20:17 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
Good Bro..lebih good lagi kalau di sertai gambar,biar ane yang rada rada lola (loginya lambat) rada cerah wekeke.
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban :off_good_job: :mrgreen:

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Jan 2009, 22:51 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Posts: 13871
Location: jakarta
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?

_________________
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 08:44 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
y_anjasrana wrote:
Wah, utk bisa tuneup sendiri musti punya compressor ya. Weleh.. Kalu musti bawa filter, dll ke tukang tambal ban dulu repot dunk. Lagipula bawanya pake apaan, khan mobilnya lagi dibongkar... :ungg:

Kalu atoz mesinnya udah HLA atau SHIM blum ya?


Naek motor dunkz,.Pinjem motor anaknya dulu,.hehe

Klo ga ada kompressor sementara pukul2kan filter ke dinding hingga debu dan pasir tidak keluar lagi.entar klo ketemu tambal ban langsung berhenti,apalagi klo tukang tambal bannya cantik (loh mang ada tukang tambal ban cewek? hehe)

Klo atoz kayaknya HLA deh,.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 08:47 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
datsu wrote:
dasar anak mesin bikin thread konsultasi.. wakakaka...


Klo anak STEI bikin konsultasi "Cara bikin web and Hacker yang baek hehe"

Namanya masih STEI kan? soalnya dah hampir 1.5 tahun ga pernah kesana lagi maen2.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 08:48 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
avansa wrote:
Good Bro..lebih good lagi kalau di sertai gambar,biar ane yang rada rada lola (loginya lambat) rada cerah wekeke.
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban :off_good_job: :mrgreen:


Hape gue ga ada kameranya bro hehe,.Camdig juga dipegang bokap di luar kota.Maklum anak rantau hehe


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 08:52 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
nescafe wrote:
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?


Ga ada pilihan laen selain ganti HLA atau SHIM

Klo HLA mahal,harganya 90->100 rebu perbiji.Biasanya dipake BMW sama Mitsubishi
Klo SHIM murah cuma 16 rebu perbiji

Semuanya dikali 16 yah,tergantung katup persilinder sih.Galant 24 valve x 100 rebu = 2.400.000 wow

Great Corolla 16000 x 16=256000

Klo Honda yang masih bisa stel klep manual klo bunyi tek2,ya dstel lagi klepnya.Paling2 bayar 50 rebu


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 19:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
paddock wrote:
avansa wrote:
Good Bro..lebih good lagi kalau di sertai gambar,biar ane yang rada rada lola (loginya lambat) rada cerah wekeke.
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban :off_good_job: :mrgreen:


Hape gue ga ada kameranya bro hehe,.Camdig juga dipegang bokap di luar kota.Maklum anak rantau hehe
Nah nemu deh gambarnya..untuk urusan bersih bersih air filter


Attachments:
Saringan udara copy.jpg
Saringan udara copy.jpg [ 18.48 KiB | Viewed 4007 times ]
AIR FILTER.jpg
AIR FILTER.jpg [ 79.32 KiB | Viewed 3397 times ]

_________________
Image
Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 20:21 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8039
Location: Kebayoran Lama
[quote]Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban[\quote]

Sett dah, usulnya mahal bener.. Mana repot parkir segala khan. Tau sendiri hari gini kalu asal parkir bisa kesamber motor. (Di sekitar rumah termasuk daerah "awas motor galak").

Mmm.. kalu pake mini compressor bisa ga ya... Coba dulu aahhh....

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 20:39 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 02 Jan 2009, 00:47
Posts: 123
nescafe wrote:
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?



nescafe wrote:
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?


Gak usah keburu di ganti shim/hlanya.
Harus dilihat dulu yang bunyi tek2 dari bagian mana..

Memang mesin udah dari sononya bunyi tik2 , karena memang ada sedikit clearance, atau mungkin bunyi sebentar saat oli masih belon naik karena dingin. Itu lumrah.Tapi kalo bunyinya kelewatan , pasti ada yg nggak beres.

Kalo suaranya timbul saat mesin udah panas/berjalan jauh, bisa juga dari suara Kopling set. Plus matahari. Cirinya kalo kopling ditekan suaranya ilang.


Percaya apa nggak, kalo fan belt yang udah kering menimbulkan suara tek2 (bukan suara denging/mencicit)seperti bunyi celah valve. Aneh khan... Gue alamin sendiri saat Fan belt udah 3 tahun belon diganti. Gue kasih air , suaranya ilang. Gue ganti fan belt baru, suaranya ilang nggak berbekas.hehehe....


Suara tek2 yang menimbulkan getaran keras terasa sampai body , dan bertambah saat rpm ditambah , bisa jadi ada keausan dari askruk/cranckshaft.

Untuk mesin yang tanpa memakai shim(setelan clearance valve manual) , kalau valve udah di setel , ternyata tetap bunyi , bisa juga dari keausan camshaft. Sehingga celah antara shaft dan sepatu rocker armnya agak besar. :off_sleep:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Jan 2009, 21:41 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
Mozawa wrote:
nescafe wrote:
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?



nescafe wrote:
paddock wrote:
Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.

Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.

Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.

Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal


bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...

tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?


Gak usah keburu di ganti shim/hlanya.
Harus dilihat dulu yang bunyi tek2 dari bagian mana..

Memang mesin udah dari sononya bunyi tik2 , karena memang ada sedikit clearance, atau mungkin bunyi sebentar saat oli masih belon naik karena dingin. Itu lumrah.Tapi kalo bunyinya kelewatan , pasti ada yg nggak beres.

Kalo suaranya timbul saat mesin udah panas/berjalan jauh, bisa juga dari suara Kopling set. Plus matahari. Cirinya kalo kopling ditekan suaranya ilang.


Percaya apa nggak, kalo fan belt yang udah kering menimbulkan suara tek2 (bukan suara denging/mencicit)seperti bunyi celah valve. Aneh khan... Gue alamin sendiri saat Fan belt udah 3 tahun belon diganti. Gue kasih air , suaranya ilang. Gue ganti fan belt baru, suaranya ilang nggak berbekas.hehehe....


Suara tek2 yang menimbulkan getaran keras terasa sampai body , dan bertambah saat rpm ditambah , bisa jadi ada keausan dari askruk/cranckshaft.

Untuk mesin yang tanpa memakai shim(setelan clearance valve manual) , kalau valve udah di setel , ternyata tetap bunyi , bisa juga dari keausan camshaft. Sehingga celah antara shaft dan sepatu rocker armnya agak besar. :off_sleep:


Terima kasih mas Mozawa telah memberi opsi laen,namun ada yang saya harus correct pernyataan bung Mozawa

pertama Vbelt harus bebas dari air.Vbelt yang hampir aus memang bisa mengeluarkan suara tek2 tapi tidak direkomen disemprot air tapi pakai belt conditioner.Belt yang diberi air memang menghilangkan suara sebentar namun menyebabkan permukaan belt licin dan tidak optimal gesekan kinetis antara belt dan pulley.
Di mobil saya malah klo kena air vbelt malah mendecit

Klo oli belum naik itu jaman dulu ketika kekentalan oli masih 20-50 keatas sehingga kinerja pompa oli berat dan pelumasan tidak bisa cepat.Mulai oli 10-40 bunyi tek2 sudah ga kerasa.Toyota,Honda dan Mitsubishi punya jalur oli yang unik yang menyemprotkan oli langsung dalam hitungan beberapa detik seluruh bagian head terlumasi

masalah camshaft yang terkikis suara yang ditimbulkan bukan tek2 tapi gemeretak metal seperti benda terkikis.Biasanya diikuti menurunnya performa secara drastis.Pernah kejadian di CRv 2.0 milik Juk Khian dimuat di harian Kompascamshaftnya berbunyi gemeretak.hanya bisa melaju 80 km/jam dan rpm hanya bisa 4000.

Sedangkan bunyi kopling aus yang hilang klo diinjak koplingnya berbunyi dengung bukan tek2.
Klo matahari/dekrupnya aus berbunyi seret seperti engsel pintu kering.

Cranckshaft aus saya tidak pernah dengar tapi klo flywheel aus/tidak rata terlihat tidak kuat di tanjakan.Dan berbunyi gesekan metal.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 14:12 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Posts: 13871
Location: jakarta
ooh.. sip2.. thx mas paddock and mas mozawa.. :D :D

_________________
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 14:54 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6124
Location: almost there...
cak paddock/mozawa/SM-ers lainnya, saya mo ikutan nanya juga nih:

1. Kenapa di boil saya kalo kalo diinjek koplingnya, rpm suka naik yah? padahal bukaan gas ngga tinggi ato malah pedal gas sudah dilepas... jadi misalnya waktu mo parkir sempit, kan mobil harus maju mundur dikit, main gigi 1 balik ke R trus ke 1 lagi, balik R lagi...waktu kopling diinjek, rpm kadang meninggi sampe 2500an

2. Kenapa kalo lepas gas (kondisi gigi netral), rpm ga langsung turun di stasioner (rpm 800an)? Jadi misalnya, kondisi gigi netral, gas diinjak sampe rpm 3000-4000an, trus pedal gas dilepas mendadak, putaran mesin ga segera balik ke 800 tapi seolah-olah tertahan 1-2 detikan di rpm 1800-2000an...

saya bandinginnya sama kijang kapsul, saat gigi netral, di gas, rpm meninggi, gas dilepas, rpm langsung balik seketika ke stasioner.

ditunggu advice-nya.... :thanks:


oya, saya pake santa fe manual, 2400 cc, I-4, thn 2001

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 18:54 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9209
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
nah....sama neh kasusnya ky sy, cuma yg nomor 1 aja seh......n rpm nya g sampe segitu, paling2 cuman naek sampe 1300-an rpm..... d apv klo sy mah :e-think: .....

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 19:07 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
sticky deh untuk bahasan ini hayo pada di lanjut... :big_peace:

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 21:17 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
y_anjasrana wrote:
Quote:
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban[\quote]

Sett dah, usulnya mahal bener.. Mana repot parkir segala khan. Tau sendiri hari gini kalu asal parkir bisa kesamber motor. (Di sekitar rumah termasuk daerah "awas motor galak").

Mmm.. kalu pake mini compressor bisa ga ya... Coba dulu aahhh....
Lah ane juga lagi kepikiran beli kompresor yang kecil tapi kalau yang mini yang kayak apa seh bro? untuk tempat ane udah ada solusi ane gali lobang di garansi seukuran kompresor trus ane tutup sama seng tebal,drum bekas etoh. jadi masih bisa untuk lalu lalang..

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 22:41 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 02 Jan 2009, 00:47
Posts: 123
imsus2c wrote:
cak paddock/mozawa/SM-ers lainnya, saya mo ikutan nanya juga nih:

1. Kenapa di boil saya kalo kalo diinjek koplingnya, rpm suka naik yah? padahal bukaan gas ngga tinggi ato malah pedal gas sudah dilepas... jadi misalnya waktu mo parkir sempit, kan mobil harus maju mundur dikit, main gigi 1 balik ke R trus ke 1 lagi, balik R lagi...waktu kopling diinjek, rpm kadang meninggi sampe 2500an

2. Kenapa kalo lepas gas (kondisi gigi netral), rpm ga langsung turun di stasioner (rpm 800an)? Jadi misalnya, kondisi gigi netral, gas diinjak sampe rpm 3000-4000an, trus pedal gas dilepas mendadak, putaran mesin ga segera balik ke 800 tapi seolah-olah tertahan 1-2 detikan di rpm 1800-2000an...

saya bandinginnya sama kijang kapsul, saat gigi netral, di gas, rpm meninggi, gas dilepas, rpm langsung balik seketika ke stasioner.

ditunggu advice-nya.... :thanks:


oya, saya pake santa fe manual, 2400 cc, I-4, thn 2001



Waduh , terus terang ini yg sulit jawabnya. krn tiap mobil ada karakter2 tersendiri. Apalagi Santa-FE, gue buta tuh.
Tapi coba akan gue jawab:
Karakteristik Mobil secara umum saat pedal gas ditekan atau dilepas sbb:

SAAT THROTTLE DITEKAN
Untuk mobil eropa. Hentakan pedal gas saat ditekan minim ,seolah2 ada jeda akselerasi, tidak seperti mobil Jepang yg menghentak2 saat di gas . Bukan berarti mesin mobil eropa tdk bisa berakselerasi , tetapi memang management ecunya yang memerintahkan demikian. Pada kondisi rpm tertentu ,mesin baru melesat cepat.

Untuk mobil2 Jepang terbaru dgn DRIVE BY WIRE , memang terasa juga ada sedikit jeda dibandingkan dgn konvensional. Tujuannya selain untuk membuat irit bbm juga utk kenyamanan/smooth. Pertanyaannya bagaimana kalau DRIVE by wire rusak? Apakah mobil tidak bisa berjalan? Jawabnya bisa, tetapi tidak bisa ngebut. Hal ini sdh diperhitungkan oleh pabrikan dgn mempertimbangkan segi keamanannya.

SAAT THROTTLE DILEPAS
Tiap mobil memiliki fasilitas untuk menghindari pengurangan tekanan pada pedal gas secara mendadak/tiba2. Ecu yg mengaturnya. Jadi saat pedal gas di lepas penuh, ecu masih mengijinkan injector menyemprotkan bbm sebelum idlle. Tujuannya adalah untuk memberikan pengendaraan yang smooth. Untuk mobil eropa , delay cut off injectornya lebih panjang. Kelebihannya pengendaraan lebih smooth. Kelemahannya ada sedikit semprotan bbm sehingga sedikit menambah konsumsi bbm.

Hal inilah yang menjadi masalah untuk AVANZA versi lama, yang terasa ndut2an pada rpm tertentu. Sebenarnya adalah peralihan dari cut off dan turn on injector.Tujuannya adalah untuk keiritan.Kelemahannya kenyamanan berkurang.

Saat cut off injector , bukan berarti semprotan injectornya NOL , tetapi ada sensor iddle speed.Cut Off ini hanya istilah gue aja untuk pembeda antara menginjak gas dan melepas gas.

Mengenai SANTA FE , gue kurang tahu termasuk tipical yang mana? Jepang atau Eropa?

Kalau jeda cut offnya terlalu panjang , atau bahkan rpmnya naik saat di rem, berarti ada yg tidak beres. Karena sudah diluar ambang.

Bisa jadi karena :
1. Ada kebocoran udara yg masuk terhisap mesin. Bisa jadi selang2 vacum , atau masalah di booster remnya. Bisa jadi ada kebocoran di karet piston booster rem. Udara masuk membuat rpm lebih tinggi.Mendeteksinya , sesaat sebelum mesin mobil mati, ada siulan kecil dari booster. Demikian juga saat rem diinjak.
2. Kerusakan iddle speed sensornya. Atau bisa juga part di throttle body yang menaikkan rpm saat suhu masih dingin. Biasanya menggunakan system mekanis semacam termostat. Bisa juga kotor sehingga tdk membuka atau menutup secara lancar shg rpmnya tinggi. Santa fee , iddle up ini menggunakan mekanis atau elektronis? gue kurang faham.
3. Throttle body kotor sehingga katub bilah tidak langsung menutup. MAP sensor di depan throttle body mendeteksi ada hisapan yg agak tinggi(tekanan vacum negatif) sehingga rpm naik.

Saat mobil ada beban , hal ini tidak terlalu terasa. Tetapi saat tanpa beban , misal saat persnelling NOL atau kopling , RPM meninggi.

Mengenai kijang kapsul yg rpmnya langsung turun saat gas dilepas itu adalah karakteristik mesin karburator.Biasanya ada vacum berdiafragma yang agak menahan tuas gas di karburator sehingga ada sedikit jeda saat cut off. Dan tidak semua mobil karburator memilikinya.
Akibatnya saat pedal gas di lepas mendadak , mobil NJENDUL kayak Kuda.
:off_ladies:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jan 2009, 23:09 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Mozawa wrote:
Hal inilah yang menjadi masalah untuk AVANZA versi lama, yang terasa ndut2an pada rpm tertentu. Sebenarnya adalah peralihan dari cut off dan turn on injector.Tujuannya adalah untuk keiritan.Kelemahannya kenyamanan berkurang.


betul bro gw ngerasain itu di mobil gw yg dulu avanza 2005, sekarang kejadian lagi di eterna GTi, trus kata temen gw di dan gan GTi juga gitu, dan katanya lebih parah di twincam GT, apa seperti normal itu di mobil2 GT lama, kalo ga normal, sebaiknya diapain?

makanya nih eterna ga enak dibawa pelan2, apalagi kalo lagi macet


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Jan 2009, 06:30 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
gmx wrote:
Mozawa wrote:
Hal inilah yang menjadi masalah untuk AVANZA versi lama, yang terasa ndut2an pada rpm tertentu. Sebenarnya adalah peralihan dari cut off dan turn on injector.Tujuannya adalah untuk keiritan.Kelemahannya kenyamanan berkurang.


betul bro gw ngerasain itu di mobil gw yg dulu avanza 2005, sekarang kejadian lagi di eterna GTi, trus kata temen gw di dan gan GTi juga gitu, dan katanya lebih parah di twincam GT, apa seperti normal itu di mobil2 GT lama, kalo ga normal, sebaiknya diapain?

makanya nih eterna ga enak dibawa pelan2, apalagi kalo lagi macet


Mesin Twincam GTi memang gtu karakteristiknya
Perbandingan kompresi tinggi dan desain head yang GE bukan FE menyebabkan tenaga optimal mesin didapat di putaran lebih tinggi dan final gear.

Karena design mesin itulah mesin tidak bisa dibawa pelan di rpm rendah

Di kecepatan dan rpm rendah mobil ndut2an.Ini hal wajar mengingat mesin ini bukan buat harian.Klo kita bedah headnya terlihat head GTi sangat lebar.Head FE sempit.

Apalagi desain camshaft yang sudutnya lebih besar.Bikin sedikit berat klo dibawa pelan


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Jan 2009, 06:33 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 02 Jan 2009, 00:47
Posts: 123
Untuk mobil2 lama yang berkarakter sport, memiliki tenaga besar butuh rpm tinggi , memang memiliki kelemahan itu.

Karena mesinnya didesain untuk bekerja powerfull pada rpm tinggi.
Saat masih baru mungkin gejala ndut2an tidak ada.

Tetapi saat mobil sudah memiliki jarak tempuh tinggi , terjadi keausan , efisiensi menurun, terjadi pergesaran setting dari keadaan baru.Akibatnya adalah gejala ndut2an terasa pada rpm rendah. Solusinya adalah tune-up menyeluruh, walaupun pada kenyataannya tidak bisa kembali 100 persen, tetapi gejala ndut2an bisa diminimalisir.

Gejala ini terjadi bukan karena mekanisme cut-off injector yg gue jelasin di awal. Tetapi karena memang basic enginenya.

Mesin konvensional(Bukan variable valve) , hanya memiliki 1 karakter/ 1 wajah.
Yaitu : engine untuk rpm rendah(Daily use) atau untuk rpm tinggi(Sport).

Itu emang udah kodrat secara hukum alam / hukum fisika.
Biasanya pabrikan mendesain engine secara kompromi antara daiy use dan sport. 1/2 sport. Efeknya mesin kurang optimal untuk salah satu purposenya.

Mengenai mesin ETERNA dan COROLLA GTI , melihat gejala mesinnya , terlihat bahwa sebenarnya mesin ini didesain cenderung ke sport, bukan utk rpm rendah.

Gejala ndut2an itu timbul biasanya karena masalah overlapping valve yang besar.

Apakah Overlapping valve itu , yaitu kondisi / saat dimana valve hisap dan masuk membuka bersamaan.
Efeknya tenaga yg dicapai besar, tetapi butuh rpm tinggi dan lebih boros bbm.

Saat overlap besar , sebenarnya ada sedikit loss bbm, ada sedikit pengurangan expansi atau kompresi.Tetapi simplenya mesin menjadi lebih ringan saat rpm tinggi , karena tahanan expansi rendah , dan lebih free flow.

Tetapi apabila overlapping besar ini digunakan pada rpm rendah , justru mesin tidak efisien, torsi rendah, dan agak boros bbm. Bahkan bisa menimbulkan gejala ndut ndut-an.

Makanya utk teknologi VARIABLE VALVE TERBARU , semisal i-vtec , mivec , Valvematic toyota(Pengganti VVTL-i), meminimalisir kelemahan itu. Untuk rpm rendah overlapp valve rendah , dan utk rpm tinggi, overlapp valvenya juga besar.
Jadi mesin memiliki 2 karakter yg optimal untuk daily use atau utk sport. Keduanya sama2 diakomodasi .

Overlapp ini timbul karena:
KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP.
Katup masuk mempercepat membuka untuk memperpanjang expansi dan aliran bbm.
Untuk mesin2 Yang memiliki optimasi baik di katup masuk atau katup buang , efisiensinya lebih besar.
Misal di valvetronic, dohc-ivtec atau A-Vtec/ advanced Vtec terbaru,dual vvtl-i/valvematic,( harap dibedakan dgn dual vvti-i atau singgle vvti yang masih kurang optimal), Mivec.


A Vtec , Valvetronic , Valvematic sudah menggunakan Variable lift CONTINUOS , bukan 2 step atau 3 step. Desain Lifting Valve ini rumit, karenanya utk versi awal hanya menngunakan 2 atau 3 stage/discrette. Sedangkan Variable timming(VVTI / vanos) adalah desain yang sederhana dgn menggunakan gerakan gear/ mekanisme hidrolis(Vanos) pada camshaft. Sehingga dari awal muncul sudah menggunakan system continuos.

Mivec masih belum continuos, utk desain mivec yg terbaru gue masih belon tahu.

Berikut gue sertakan grafik kerja(overlapp valve) mesin MIVIC Mitsubishi. saat rpm rendah dan rpm tinggi


Attachments:
overlap valve high speed.JPG
overlap valve high speed.JPG [ 22.96 KiB | Viewed 3978 times ]
ooverlap valve low speed.JPG
ooverlap valve low speed.JPG [ 23.5 KiB | Viewed 3394 times ]
Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Jan 2009, 06:39 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
imsus2c wrote:
cak paddock/mozawa/SM-ers lainnya, saya mo ikutan nanya juga nih:

1. Kenapa di boil saya kalo kalo diinjek koplingnya, rpm suka naik yah? padahal bukaan gas ngga tinggi ato malah pedal gas sudah dilepas... jadi misalnya waktu mo parkir sempit, kan mobil harus maju mundur dikit, main gigi 1 balik ke R trus ke 1 lagi, balik R lagi...waktu kopling diinjek, rpm kadang meninggi sampe 2500an

2. Kenapa kalo lepas gas (kondisi gigi netral), rpm ga langsung turun di stasioner (rpm 800an)? Jadi misalnya, kondisi gigi netral, gas diinjak sampe rpm 3000-4000an, trus pedal gas dilepas mendadak, putaran mesin ga segera balik ke 800 tapi seolah-olah tertahan 1-2 detikan di rpm 1800-2000an...

saya bandinginnya sama kijang kapsul, saat gigi netral, di gas, rpm meninggi, gas dilepas, rpm langsung balik seketika ke stasioner.

ditunggu advice-nya.... :thanks:


oya, saya pake santa fe manual, 2400 cc, I-4, thn 2001


ISCVnya rusak tuh pak.
alias Idle speed control valve
Atau lazim disebut idle speed

Penyakit umum di mesin2 injeksi yang dah menempuh kilometer banyak terutama yang masih pake Air flow meter


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Jan 2009, 06:55 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 25 Jul 2008, 21:35
Posts: 694
Mozawa wrote:
Untuk mobil2 lama yang berkarakter sport, memiliki tenaga besar butuh rpm tinggi , memang memiliki kelemahan itu.

Karena mesinnya didesain untuk bekerja powerfull pada rpm tinggi.
Saat masih baru mungkin gejala ndut2an tidak ada.

Tetapi saat mobil sudah memiliki jarak tempuh tinggi , terjadi keausan , efisiensi menurun, terjadi pergesaran setting dari keadaan baru.Akibatnya adalah gejala ndut2an terasa pada rpm rendah. Solusinya adalah tune-up menyeluruh, walaupun pada kenyataannya tidak bisa kembali 100 persen, tetapi gejala ndut2an bisa diminimalisir.

Gejala ini terjadi bukan karena mekanisme cut-off injector yg gue jelasin di awal. Tetapi karena memang basic enginenya.

Mesin konvensional(Bukan variable valve) , hanya memiliki 1 karakter/ 1 wajah.
Yaitu : engine untuk rpm rendah(Daily use) atau untuk rpm tinggi(Sport).

Itu emang udah kodrat secara hukum alam / hukum fisika.
Biasanya pabrikan mendesain engine secara kompromi antara daiy use dan sport. 1/2 sport. Efeknya mesin kurang optimal untuk salah satu purposenya.

Mengenai mesin ETERNA dan COROLLA GTI , melihat gejala mesinnya , terlihat bahwa sebenarnya mesin ini didesain cenderung ke sport, bukan utk rpm rendah.

Gejala ndut2an itu timbul biasanya karena masalah overlapping valve yang besar.

Apakah Overlapping valve itu , yaitu kondisi / saat dimana valve hisap dan masuk membuka bersamaan.
Efeknya tenaga yg dicapai besar, tetapi butuh rpm tinggi dan lebih boros bbm.

Saat overlap besar , sebenarnya ada sedikit loss bbm, ada sedikit pengurangan expansi atau kompresi.Tetapi simplenya mesin menjadi lebih ringan saat rpm tinggi , karena tahanan expansi rendah , dan lebih free flow.

Tetapi apabila overlapping besar ini digunakan pada rpm rendah , justru mesin tidak efisien, torsi rendah, dan agak boros bbm. Bahkan bisa menimbulkan gejala ndut ndut-an.

Makanya utk teknologi VARIABLE VALVE TERBARU , semisal i-vtec , mivec , Valvematic toyota(Pengganti VVTL-i), meminimalisir kelemahan itu. Untuk rpm rendah overlapp valve rendah , dan utk rpm tinggi, overlapp valvenya juga besar.
Jadi mesin memiliki 2 karakter yg optimal untuk daily use atau utk sport. Keduanya sama2 diakomodasi .

Overlapp ini timbul karena:
KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP.
Katup masuk mempercepat membuka untuk memperpanjang expansi dan aliran bbm.
Untuk mesin2 Yang memiliki optimasi baik di katup masuk atau katup buang , efisiensinya lebih besar.
Misal di valvetronic, dohc-ivtec atau A-Vtec/ advanced Vtec terbaru,dual vvtl-i/valvematic,( harap dibedakan dgn dual vvti-i atau singgle vvti yang masih kurang optimal), Mivec.


A Vtec , Valvetronic , Valvematic sudah menggunakan Variable lift CONTINUOS , bukan 2 step atau 3 step. Desain Lifting Valve ini rumit, karenanya utk versi awal hanya menngunakan 2 atau 3 stage/discrette. Sedangkan Variable timming(VVTI / vanos) adalah desain yang sederhana dgn menggunakan gerakan gear/ mekanisme hidrolis(Vanos) pada camshaft. Sehingga dari awal muncul sudah menggunakan system continuos.

Mivec masih belum continuos, utk desain mivec yg terbaru gue masih belon tahu.

Berikut gue sertakan grafik kerja(overlapp valve) mesin MIVIC Mitsubishi. saat rpm rendah dan rpm tinggi



Gue ga setuju klo hanya mesin kenceng lawas yang ndut2an di rpm rendah
Mesin2 B16a B18c bahkan K20A pun juga tersendat2 klo jalan pelan.

Teknologi ivtec,vvt-i,mivec hanya mengatur bukaan klep di putaran rendah semnimalisir agar konsumsi bbmnya bisa ditekan.
Tapi ivtec,vvti dll tidak bisa menghilangkan ndut2an atau merubah sifat mesin itu sendiri.

Apakah bisa mesin B16A cam lift 280 bisa dihilangkan gejala ndut2annya di rpm bawah? hehe

Setau gue sih VVT-i and VTEC hanya membantu mengurangi gejala floating di rpm atas,bukan ndut2an di rpm bawah.Tapi dengan satu syarat,derajat cam lift ga bisa tinggi2


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Jan 2009, 07:39 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 02 Jan 2009, 00:47
Posts: 123
Teknologi Variable valve memang ujung2nya bertujuan utkn menekan FC saat rpm rendah.

Tetapi sebenarnya banyak optimalisasi lain , semisal dg overlapp valve sempit, maka TORSINYA DAPET pada rpm rendah.
Dgn torsi besar , maka dgn sedikit injakan gas aja mesinnya udah melesat saat rpm rendah. Ujung2nya efisiensi bbmnya lebih baik.

Dari gambar grafik mivec sebenarnya udah bisa menjawab semuanya kok.

Dengan Lift tinggi , otomatis derajat bukaannya(lama membuka) juga lebih besar, sehingga overlappingnya juga lebih besar drpd lift rendah.

Mengenai gejala ndut2an di k20a, itu terlalu komplek untuk dijelaskan.Itu adalah settingan pabrik. Mungkin saat riset di Japan gejala itu tdk terjadi , tetapi saat kondisi real di Indonesia itu terjadi.
Bukan berarti Pabrikan tdk bisa membuat mesin k20a smooth tanpa ndut2an sedikitpun.

Tetapi yang pasti dengan tidak menerapkan Variable valve , misal hanya menggunakan WILD Profile valve(Profile tinggi) saat rpm rendah, gejala ndut2nya pasti jauh lebih besar.

Yang gue tanyakan lift 280 b16 a itu pada rpm berapa?
Apakah pada rpm rendah atau tinggi?

Pada mesin variable 2 stage seperti b16a atau k20a, tidak bisa membuat profile antara MILD PROFILE dan WILD PROFiLE yang terlalu berjauhan.

Dalam arti kalau suatu mesin menggunakan derajat yang sangat tinggi pada WILD PROFILE tidak mungkin menggunakan derajat yg sangat rendah pada MILD PROFILEnya.
Derajat MILD PROFILE mau nggak mau juga agak tinggi mengikuti WILD PROFILE.

Karena kalau itu terjadi , lonjakan tenaga tidak smooth saat ada perubahan PROFILE.

Untuk menutupi 2 stage variable valve itulah , dibuat Continuos variable valve.
spt valvetronic , A-Vtec, valvematic.

VVTI menurut gue bukan merupakan teknologi variable valve yg dimaksud, karena teknologinya masih setingkat dibawah , dan sederhana.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 101 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 21 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com