INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
jadi inget di india, kan pake inopa disel baru, manual, itu supir mau secepet2nya naek ke gigi lima, akhirnya rpm rendah bener, mobil bergetar2 ga keruan, karena mreka pikir bikin irit..tapi kepala pusing kan mesin getar2 gitu, blon lagi bantingannya keras..hehe
yang bener bawa mobil ya di powerbandnya, makanya kalo matic yang irit, cepet naek gigi kalo gasnya pelan, rasio lebih banyak biar pendek2 dan cepet naik gigi..
tapi saya pikir aneh ya, beli mobil ampir 200juta, tapi kudu pelan2, jaga2, ga boleh ngebut, perhatikan rpm, cape ati lah
yang bener bawa mobil ya di powerbandnya, makanya kalo matic yang irit, cepet naek gigi kalo gasnya pelan, rasio lebih banyak biar pendek2 dan cepet naik gigi..
tapi saya pikir aneh ya, beli mobil ampir 200juta, tapi kudu pelan2, jaga2, ga boleh ngebut, perhatikan rpm, cape ati lah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Hehehehe...kalo sudah obsesi mau irit BBM ya harus begitulah bro Iwang. Btw di India juga lucu banget deh, setiap lampu merah atau berenti supir taksi disana langsung mati'in mesin. Jd mikir apa ga tambah boros ya mesinnya hidup mati terus2an hahaha..dan juga disana A/C adalah fasilitas optional yg harus dibayar extra...
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
jadi beda mungkin karena D4D nya turboman udah "upgrade gado2" kali yah... pre&post CAI, dll gitu...
Turboman wrote:Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
OKIE DOKIE, GOT IT, THX FYI.penyubali wrote:Kaki kanan maksudnya adalah driving habit, jgn pengennya neken pedal gas dalem2 terus bro..usahakan selalu spy cruising di rpm rendah. Cheers...
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.Turboman wrote:Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.
Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
GREAT MOVE Mr TURBOMAN, kita tunggu launching artikel "ECO DRIVING"nya pasti bermanfaat bagi banyak teman2 juga. Thanks a lot.Turboman wrote:Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.
Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
bunnyqqqqq wrote:GREAT MOVE Mr TURBOMAN, kita tunggu launching artikel "ECO DRIVING"nyaTurboman wrote:Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.
Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah.
pasti bermanfaat bagi banyak teman2 juga. Thanks a lot.
HAPPY NEW YEAR 2009 EVERYBODY, SUCCESS FOR ALL OF YOU
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Jul 05, 2008 5:49
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
jakarta - Gosip miring yang menyebutkan bahwa Toyota Kijang Innova boros ternyata hanya sekadar isapan jempol. Johnny Darmawan, Presiden Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan dari hasil survey di beberapa daerah, membuktikan bahwa Toyota Kijang Innova hemat BBM.
â€ÂKita telah mensurvei para pemakai Kijang Innova di daerah Jawa Timur serta Jawa Barat. Mereka mengaku puas dengan konsumsi BBM-nya yang terbukti lebih irit,†tegas Johnny.
Dari rata-rata pemakaian konsumsi BBM-nya, per liternya bisa mencapai jarak antara 8-10 km/jam. â€ÂHasil itu bisa lebih lho, tergantung pemakaian dan kondisi jalannya. Jadi isu Kijang Innova boros itu merupakan black campaign,†terangnya.
Salah satu bukti lain yang sulit dipungkiri adalah trend kenaikkan penjualan Kijang Innova. Di kelas MPV medium, penjualan Kijang Innova sampai bulan Juli mencapai 32.741 unit. Artinya dengan semakin meningkatnya penjualan Kijang Innova, membuktikan bahwa kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap MPV keluarga ini masih sangat tinggi.
Mesin Diesel New Kijang Innovaâ€ÂAngka tersebut membuktikan Kijang Innova masih menjadi idola dan digemari para keluarga di Indonesia dan hingga kini selalu memimpin pasar. Pada 2008 market share-nya pun rata-rata 67,8%,†papar Jonny.
Sangat wajar jika peminat Kijang Innova semakin meningkat. Terlebih setelah diluncurkannya New Kijang Innova dijamin konsumsi BBM-nya akan lebih hemat karena mesinnya semakin disempurnakan.
New Kijang Innova memakai mesin dengan dua pilihan, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc DOHC VVT-i, sedangkan diesel 2.500 cc telah menggunakan teknologi common rail yang terbukti lebih ramah lingkungan. (*)
â€ÂKita telah mensurvei para pemakai Kijang Innova di daerah Jawa Timur serta Jawa Barat. Mereka mengaku puas dengan konsumsi BBM-nya yang terbukti lebih irit,†tegas Johnny.
Dari rata-rata pemakaian konsumsi BBM-nya, per liternya bisa mencapai jarak antara 8-10 km/jam. â€ÂHasil itu bisa lebih lho, tergantung pemakaian dan kondisi jalannya. Jadi isu Kijang Innova boros itu merupakan black campaign,†terangnya.
Salah satu bukti lain yang sulit dipungkiri adalah trend kenaikkan penjualan Kijang Innova. Di kelas MPV medium, penjualan Kijang Innova sampai bulan Juli mencapai 32.741 unit. Artinya dengan semakin meningkatnya penjualan Kijang Innova, membuktikan bahwa kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap MPV keluarga ini masih sangat tinggi.
Mesin Diesel New Kijang Innovaâ€ÂAngka tersebut membuktikan Kijang Innova masih menjadi idola dan digemari para keluarga di Indonesia dan hingga kini selalu memimpin pasar. Pada 2008 market share-nya pun rata-rata 67,8%,†papar Jonny.
Sangat wajar jika peminat Kijang Innova semakin meningkat. Terlebih setelah diluncurkannya New Kijang Innova dijamin konsumsi BBM-nya akan lebih hemat karena mesinnya semakin disempurnakan.
New Kijang Innova memakai mesin dengan dua pilihan, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc DOHC VVT-i, sedangkan diesel 2.500 cc telah menggunakan teknologi common rail yang terbukti lebih ramah lingkungan. (*)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
^
beritanya itu membicarakan yg bensin aja spt nya? yg gw alamin dgn 2.0ltr bensinnya memang agak2 boros..
di trit ini ipah diesel owner nya yg ngeluh, di lain hal tam nya bela diri dgn dalih black campaign..mana yg bener ya...
*oot mode on* gw br ngeh ada ipah diesel matic, kok 42ner dieselnya dibiarkan masih manual?mesinnya sama*oot mode off*
beritanya itu membicarakan yg bensin aja spt nya? yg gw alamin dgn 2.0ltr bensinnya memang agak2 boros..
di trit ini ipah diesel owner nya yg ngeluh, di lain hal tam nya bela diri dgn dalih black campaign..mana yg bener ya...
*oot mode on* gw br ngeh ada ipah diesel matic, kok 42ner dieselnya dibiarkan masih manual?mesinnya sama*oot mode off*
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat May 09, 2009 12:39
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Bro & Sis lebih baik mana FCnya jika menggunakan solar yg dari Shell atau Total dibanding pertamina Dex.tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5492
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
...................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
kenapa ane punya untuk dalkot juga 1:8 yah? tapi emang dipikirin, 205HP udah cukup fun to drive kokTurboman wrote:Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.
Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5492
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Dalkot tapi mesin hidup plus AC,nungguin di posisi parkir,boros gak omhtannis wrote:kenapa ane punya untuk dalkot juga 1:8 yah? tapi emang dipikirin, 205HP udah cukup fun to drive kokTurboman wrote:Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.
Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
iya harus itu, soalnya indonesia gak masuk dalam 5 besar rekor kemacetan di seluruh dunia
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5492
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Kok Indonesia,Jakarte x omhtannis wrote:iya harus itu, soalnya indonesia gak masuk dalam 5 besar rekor kemacetan di seluruh dunia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
yagapapa lah, sama aja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Feb 16, 2013 9:10
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Innova diesel G matic 2012 sy jg 1:7-8, sekarang udah km13,000 tapi kayanya dari baru rata2 fc jg segitu sih
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Feb 16, 2013 9:10
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Bisakah innova diesel G diesel matic ini disetel supaya pindahnya giginya di RPM lebih rendah biar lebih irit?
Lumayankan buat penghematan, saat banyak harga2 pada naek..heheee
Lumayankan buat penghematan, saat banyak harga2 pada naek..heheee
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Kok seperti FC ipah bengsin yaa..bodrek wrote:Innova diesel G matic 2012 sy jg 1:7-8, sekarang udah km13,000 tapi kayanya dari baru rata2 fc jg segitu sih
ane gen1 punya dalkot ± 1:10
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Tergantung driving style jg kali...
Mungkin bawaannya bejek gas mulu / sering kena macet jadi agak boros...
Mungkin bawaannya bejek gas mulu / sering kena macet jadi agak boros...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sun May 06, 2007 9:00
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?
Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Ipah diesel matic AFAIK dalkot 1:10..ane lukot dapet 1:13, kondisi std, minum biosolar..3xuo wrote:Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?
Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
Ada temen pake diesel manual lukot msh dapet 1:14-15, tapi udah pasang piggyback, ground cable, intercooler kit, dll..hahahaha
Sebenernya gak harus modif om..asal mesin sehat, trus cara mengemudi baik, bisa irit kok..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1037
- Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
- Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?
Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS
Ipah diesel matic AFAIK dalkot 1:10..ane lukot dapet 1:13, kondisi std, minum biosolar..3xuo wrote:Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?
Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
Ada temen pake diesel manual lukot msh dapet 1:14-15, tapi udah pasang piggyback, ground cable, intercooler kit, dll..hahahaha
Sebenernya gak harus modif om..asal mesin sehat, trus cara mengemudi baik, bisa irit kok..