(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah bro imsus mo pindahin sebab pake sistem IT baru
ane juga skarang lagi mo gawe besar, bangu tower dan hardwre sofwre tuk Online sel kecamatan dan desa di kab ku. tapi seneng kok dapet tantangan, yaaa SDM ku masih kurang jadi agak krepotan juga tuh
wah klo dah suhunya santi ngomong abis tuh dosen dan mekanik hyundai haaaa..... siiip dah
aku nambah alat dikit agar kupingku sedikit enak neh gambarnya
ane juga skarang lagi mo gawe besar, bangu tower dan hardwre sofwre tuk Online sel kecamatan dan desa di kab ku. tapi seneng kok dapet tantangan, yaaa SDM ku masih kurang jadi agak krepotan juga tuh
wah klo dah suhunya santi ngomong abis tuh dosen dan mekanik hyundai haaaa..... siiip dah
aku nambah alat dikit agar kupingku sedikit enak neh gambarnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Inoz, speknya dong, jangan foto aja, mungkin bisa jadi bahan rujukkan rekan2 yg lain.inoz wrote:wah bro imsus mo pindahin sebab pake sistem IT baru
ane juga skarang lagi mo gawe besar, bangu tower dan hardwre sofwre tuk Online sel kecamatan dan desa di kab ku. tapi seneng kok dapet tantangan, yaaa SDM ku masih kurang jadi agak krepotan juga tuh
wah klo dah suhunya santi ngomong abis tuh dosen dan mekanik hyundai haaaa..... siiip dah
aku nambah alat dikit agar kupingku sedikit enak neh gambarnya
Head unit nya apa, ato yg lain2
Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
iya...betul pak inoz.... saya termasuk sangat awam dan kuper masalah gituan (sound)
jujur aja...untuk masalah sound dan kawan-kawannya....santi saya termasuk masih "orisinil" hehehe....dulu cuma ganti HU aja mengingat pengin putar CD/DVD dan UFD.
Nah....untuk urusan ginian saya justru pengin belajar nih....ayo siapa bapak2 disini yg berkenan jadi suhu?
jujur aja...untuk masalah sound dan kawan-kawannya....santi saya termasuk masih "orisinil" hehehe....dulu cuma ganti HU aja mengingat pengin putar CD/DVD dan UFD.
Nah....untuk urusan ginian saya justru pengin belajar nih....ayo siapa bapak2 disini yg berkenan jadi suhu?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
nah, kalau saya cm ganti speaker depan, lalu tambah power 2 channel dan subwoofer 8 inch.. jd power 2channelnya untuk driver subwoofer.. sisanya head unit dan speaker belakang masih orisinil...imsus2c wrote:iya...betul pak inoz.... saya termasuk sangat awam dan kuper masalah gituan (sound)
jujur aja...untuk masalah sound dan kawan-kawannya....santi saya termasuk masih "orisinil" hehehe....dulu cuma ganti HU aja mengingat pengin putar CD/DVD dan UFD.
Nah....untuk urusan ginian saya justru pengin belajar nih....ayo siapa bapak2 disini yg berkenan jadi suhu?
Permisii .............................
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Wah Kita kedatangan tamu agung dari Mbali....Gimana Khabar Bro Nes....tolong dunk dikasi pencerahan tetang sound system ni....!!!nescafe wrote:nah, kalau saya cm ganti speaker depan, lalu tambah power 2 channel dan subwoofer 8 inch.. jd power 2channelnya untuk driver subwoofer.. sisanya head unit dan speaker belakang masih orisinil...imsus2c wrote:iya...betul pak inoz.... saya termasuk sangat awam dan kuper masalah gituan (sound)
jujur aja...untuk masalah sound dan kawan-kawannya....santi saya termasuk masih "orisinil" hehehe....dulu cuma ganti HU aja mengingat pengin putar CD/DVD dan UFD.
Nah....untuk urusan ginian saya justru pengin belajar nih....ayo siapa bapak2 disini yg berkenan jadi suhu?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
weleh2.. tamu agung opo toh pak.. kabar baik2 pak..Kuruma wrote:Wah Kita kedatangan tamu agung dari Mbali....Gimana Khabar Bro Nes....tolong dunk dikasi pencerahan tetang sound system ni....!!!nescafe wrote:nah, kalau saya cm ganti speaker depan, lalu tambah power 2 channel dan subwoofer 8 inch.. jd power 2channelnya untuk driver subwoofer.. sisanya head unit dan speaker belakang masih orisinil...imsus2c wrote:iya...betul pak inoz.... saya termasuk sangat awam dan kuper masalah gituan (sound)
jujur aja...untuk masalah sound dan kawan-kawannya....santi saya termasuk masih "orisinil" hehehe....dulu cuma ganti HU aja mengingat pengin putar CD/DVD dan UFD.
Nah....untuk urusan ginian saya justru pengin belajar nih....ayo siapa bapak2 disini yg berkenan jadi suhu?
saya cm memberi gambran aja pak.. jd kalau di mobil saya, speaker depan ganti pionner, lalu ada tambahan power 2channel dan sbwoofer 8 inch.. nah, power saya gunakan hanya untuk men-drive subwoofer tersebut.. nah, kalau speaker keempatnya msh langsung tersambung ke head unit..
kalau untuk lebih jelasnya bisa tanya ke pak poeticmind or pak sjamsul..
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
sistem audio tidak perlu terlalu rumit, saran saya mengganti semua speaker std (depan split 2way) dan speaker belakang coaxial (tidak juga ga masalah). utk powernya langsung dari head unit. karena HU saat ini powernya cukup besar dibanding jaman dulu... penambahan power diperlukan jika ada subwoofer saja. subwoofer bisa dipilih dari 8inch-12inch, tergantung setingan nya.
head unit pada santa fe aslinya single din, tapi bisa diganti dengan 2din. single/2din juga menjadi preference masing2... selama sistem pemasangan nya rapih dan staging nya benar, pasti bagus. lebih detail yaaaa dateng ke garasi saya kali ya... kali santi-ers mau gathering di bdg lagi. haha!
jadi yg dilakukan oleh nescafe sudah benar...
head unit pada santa fe aslinya single din, tapi bisa diganti dengan 2din. single/2din juga menjadi preference masing2... selama sistem pemasangan nya rapih dan staging nya benar, pasti bagus. lebih detail yaaaa dateng ke garasi saya kali ya... kali santi-ers mau gathering di bdg lagi. haha!
jadi yg dilakukan oleh nescafe sudah benar...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah pas ternyata racun LPG api biru yg saya launching berhasil jadinya thread ini jadi rame lagi khan haaaaa....
tuh para suhu sudah angkat bicara, aku jadi takut deh, maklum masih awam
ya aku sih gak ngrubah apa2 cuman ganti HU single pionner gak apal tipenya, power 4 ch, subwoofer 12 inch wis itu aja, speaker masih asli punya santi
kmarin cuman ganti kotak gede panjang dengan yg kecil tapi kemampuan sama sebab ini kecil tapi ketebalan kayunya 2 x dari yg lama. mantab deh, aku khan diajari ama bro poetc hiii.....
tuh para suhu sudah angkat bicara, aku jadi takut deh, maklum masih awam
ya aku sih gak ngrubah apa2 cuman ganti HU single pionner gak apal tipenya, power 4 ch, subwoofer 12 inch wis itu aja, speaker masih asli punya santi
kmarin cuman ganti kotak gede panjang dengan yg kecil tapi kemampuan sama sebab ini kecil tapi ketebalan kayunya 2 x dari yg lama. mantab deh, aku khan diajari ama bro poetc hiii.....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
pak inoz, speakernya msk lsg ke head unit atau ke power dulu??
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wekekeke! mas inoz... itu kalo bikin simple kosmetik di belakang, hanya utk sub nya saja... saya jamin lebih legaaaaaaa lagi spacenya.
@nes : 4chn kayaknya yaaa speaker dpn ke sana, nes... yg belakang dari HU.
@nes : 4chn kayaknya yaaa speaker dpn ke sana, nes... yg belakang dari HU.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Inoz kok gak ganti ama Head unit yg 2 Din sekalian, padahal harganya gak jauh beda.
Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Iya bro sekarang "minumnya" shell super xtra si santi ini spy performa jd optimum. Cooling system sejauh ini tdk ada masalah bro, kemarin cuma ganti tutup radiator krn emang sdh tdk optimal pressur-nya & ganti coolant. Thks untuk sarannya bro...imsus2c wrote:hmmm....akhirnya bro benzz ikutan P+P juga nih....
semoga puasss.....(seperti saya )....
Oya bro, naiknya kompresi brarti tuntutan bbm oktan tinggi jadi mutlak tuh...hehehe... dan yang jelas suhu "kerja optimum" mesin jadi lebih tinggi dikit dari kompresi standard. Ada baiknya, periksa/cek ulang cooling system di mesin. Dari radiator, water jacket, kipas2 dsb...
Btw, berapa lama tuh break in periodenya? Saya kemarin 100 KM pertama (pake oli mineral 20-50) jalan pelan2 aja...itu jg saya minta bengkel yg jalanin break in. habis itu 1000Km pertama boleh pake oli semi-synth (10-40), diusahakan mesin tdk melebihi rpm 3500, tdk nge-rem mebdadak dsb... Nah, lepas itu, baru boleh gila2an...
Untuk gejala mesin "batuk halus", ditempat saya juga ada kok. Menurut versi mekanik di tempat saya, hal ini kombinasi dari ausnya koil, sensur MAF dan AFR potensio. Waktu dicek pake OBD2 scanner, emang AFR potensio ini kadang error, kasih input ke ECUnya ngaco. jadi kadang mesin seperti tersengal-sengal mirip orang mo batuk/bersin tapi ga jadi (susah cari perumpamaannya.... )
Kayanya ga pake masa break in deh bro...secara abis keluar bengkel langsung aja ane tes performa si santi ini Lupa ada masa break in bro...tp menurut mekanik sih krn hanya turun 1/2 tdk perlu break in bro kecuali full overhaul. Tul ga yach? Tp tes-nya bentaran doang sih bro secara sehari2 ane pake driver aja mengingat jalanan di jkt akhir2 ini tambah tidak manusiawi Kalo driver sih bawa-nya halus tidak di tarik2...ane cuma kebagian hr minggu aja nih "pacaran" ama si santi
Batuk halus si santi ini kemarin ud ane suruh bengkel Beres untuk cek & setel MAF, AFR & ISC tp katanya cuma di setel CO doang tuch. Payah jg neh bengkel secara ane suruh driver yg datang kali yach jd cuma di setel CO (lagi). Trus ane komplain, ane bilang bukannya kemarin sudah di setel tuch CO-nya? jd ngapain di setel lg? Jawabannya memang hanya perlu di setel CO-nya aja lg? Cape dech...tp setelah di setel ulang + bungkus "belalai gajah" yg sobek plastiknya... hasilnya lumayan bro tidak sekasar "batuk" sebelumnya & gas yg keluar dari knalpot tidak sepedih sebelumnya. Apalagi jika di bandingkan sebelum PnP waduh jaauuhh banget. Sebelum Pnp gas sangat pedih di mata. Kalo di bandingkan dengan Yaris lebih jauh lg...secara si Yaris gas buangannya masih bisa di buat untuk napas bro Gas buangnya benar2 ramah lingkungan
Pengennya idle bisa raaatttaaa banget....gimana bro? ada saran? Apa sensor2 ada yg bisa service or di apain-lah gitu he..he..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Ampuunn bro... ane tidak boleh mendahului suhu or master-nya si santi (Bro Imsus) nanti pamali atuhimsus2c wrote:oya bro benzz, kao dah bosen p+p (kompresi tinggi), tar modif lagi dong... pake kompresi rendah tapi naikkin turbo
pake punyanya mitsu evo IV-VII tinggal bolt on tuh....
jgn lupa, kalo dah naikkin turbo, harus ganti tuh kaki2 dan remnya..... .............................
Ayo dong bro Imsus naik turbo-nya kapan neh...nanti sharing2 lg di sini secara sharing dr Bro Imsus sangat bermanfaat & enak di dengar loh (kompor mode on). Nanti ane nyusul dech setelah "menimba ilmu" dulu
Tapi bro setelah papas head (naik kompresi) apakah bs naik turbo lg? kemarin ngobrol2 ama mekanik, kl mo naik turbo mah ga perlu papas head. Tul ga tuch? Pengennya sih turbo untuk main di rpm rendah aja bro biar tambah "enteng" nih si santi di dalkot jd ga perlu ganti kaki2 & rem-nya bro...paling nanti kaki kita yg jd pegel2 secara injek gas-nya harus haallusss banget buat jalanin si santi ini trus kalo mau lebih aman lagi.. yaa pasang limiter speed aja kali...mentok sampe 160 kpj ga boleh lebih lg...setuju ga bro? (menghayal naek turbo mode on)
Di tunggu ya bro Imsus sharing naik turbo-nya...setuju ga Santiers
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
naikkin turbo di santi saya...? hhmmmm bole2 aja tuh..asal ada sponsor bugetnya, tar santi saya relakan buat uji coba deh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Oya...kalo cuman trurn cylinder head-nya, sepertinya sih (agak ragu2 juga ) emang ga perlu break in. Santi saya kemarin kan turun total, overhaul dan P+P, jadi emang wajib ada ritual break ini, secara seolah2 itu mesin baru. Sewaktu overhaul kemaren, kopling juga diganti pake VALEO.
Kalo kasus di santi saya, batuk2 ini murni disebabkan kinerja sensor/perangkat kelistrikan yang mulai uzur (maklum, umur sdh 8 tahun dan sudah jalan lebih dari 140K)
Untuk masalah emisi....sepertinya emang susah bro. Mesin santi, kalo kita lihat di konteks sekarang, termasuk mesin teknologi yg hampir-hampir jadul alias mendekati kuno. Dengan kapasitas yg besar, power output yang besar juga dimasa itu (ingat, kita bicara teknologi mesin akhir tahun 90an), bisa dipastikan konsumsi BBM, output dan emisinya TIDAK MUNGKIN sebaik mesin generasi pertengahan tahun 2000an, dimana sudah ada teknologi katup variable dsb.
Kapasitas mesin besar, output mesin besar, teknolgi belum advance, itu semua korelasinya ya boros bbm dan emisi buruk. Kalo rajin perhatikan, mobil2 dengan performa tinggi, sudah pasti emisinya juga pas2an....
Kalo kasus di santi saya, batuk2 ini murni disebabkan kinerja sensor/perangkat kelistrikan yang mulai uzur (maklum, umur sdh 8 tahun dan sudah jalan lebih dari 140K)
Untuk masalah emisi....sepertinya emang susah bro. Mesin santi, kalo kita lihat di konteks sekarang, termasuk mesin teknologi yg hampir-hampir jadul alias mendekati kuno. Dengan kapasitas yg besar, power output yang besar juga dimasa itu (ingat, kita bicara teknologi mesin akhir tahun 90an), bisa dipastikan konsumsi BBM, output dan emisinya TIDAK MUNGKIN sebaik mesin generasi pertengahan tahun 2000an, dimana sudah ada teknologi katup variable dsb.
Kapasitas mesin besar, output mesin besar, teknolgi belum advance, itu semua korelasinya ya boros bbm dan emisi buruk. Kalo rajin perhatikan, mobil2 dengan performa tinggi, sudah pasti emisinya juga pas2an....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
ada benarnya, kalo sudah naikkin kompresi (papas cyl-head maupun ganti piston kompresi tinggi), memang tidak seharusnya pasang turbo lagi. Justru mesin yg bawaanya sudah ada turbo, kompresi mesinnya malah rendah (kalo gasalah dibawah 8:1, cmiiw)
Untuk mesin normal, apalagi yg kompresi bawaanya cukup tinggi (diatas 9.5:1), malah dianjurkan/diwajibkan GANTI PISTON LOW COMPRESSION (kompresi rendah). Karena kalo tidak, kepala pistonnya bakal pecah karena tdk tahan tekanan tambahan dari turbo.
Intinya, peningkatan performa dengan cara naikkan kompresi tu sifatnya tidak satu "platform" dengan turbo (susah nih carai kata2 buat ngejelasinnya... ). Kita harus milih....mau naikkin kompresi atau pasang turbo....tidak bisa bertahap P+P baru ke turbo atau sebaliknya.
Kalo dah terlanjur P+P (apalagi sampe ganti piston high compression), engga bisa langsung pasang turbo kecuali ya mesin dioverhaul lagi buat ganti pistonnya. Kalo nekat pake turbo low-performance (boost rendah di rpm rendah), tetap beresiko merusak piston.
saya kasih gambarnya nih dari wiseco
Yg high compression, mulai dari 10:1 ~ 12.5:1, yang low compression, mulai 7:1 ~ 8.5:1
Untuk mesin normal, apalagi yg kompresi bawaanya cukup tinggi (diatas 9.5:1), malah dianjurkan/diwajibkan GANTI PISTON LOW COMPRESSION (kompresi rendah). Karena kalo tidak, kepala pistonnya bakal pecah karena tdk tahan tekanan tambahan dari turbo.
Intinya, peningkatan performa dengan cara naikkan kompresi tu sifatnya tidak satu "platform" dengan turbo (susah nih carai kata2 buat ngejelasinnya... ). Kita harus milih....mau naikkin kompresi atau pasang turbo....tidak bisa bertahap P+P baru ke turbo atau sebaliknya.
Kalo dah terlanjur P+P (apalagi sampe ganti piston high compression), engga bisa langsung pasang turbo kecuali ya mesin dioverhaul lagi buat ganti pistonnya. Kalo nekat pake turbo low-performance (boost rendah di rpm rendah), tetap beresiko merusak piston.
saya kasih gambarnya nih dari wiseco
Yg high compression, mulai dari 10:1 ~ 12.5:1, yang low compression, mulai 7:1 ~ 8.5:1
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kalo gasalah (sudah mulai lupa sih.... ), habis overhaul dan P+P kemarin, kompresi mesin santi saya sudah mendekati 12:1. Dan dengan angka kompresi segitu....dengan berat hati saya tdk bole kasih premium ke santi nih
Mesin cepet sekali panas (maksudnya ke temperatur kerja, bukan overheat loh...), kalo lagi terjebak macet atau lambat, bukan kaki kiri yg pegel....tapi malah kaki kanan.....soalnya kaki kanan harus "sopan" dan "menahan diri", begitu keinjek dikit ni si santi langsung menggeliat mo loncat aja bawaannya, jadi ndut2an
Kondisi dimuati 2-3 orang, saya pake ban 235/75R15, kalo lewat dijalan yg kurang nge-grip...roda depan sering spin.
Untuk sedikit mengakali "keliaran" ini, kemarin waktu tune up, output torsi puncak mesin digeser lagi ke putaran tinggi (Rpm 3000 keatas). Jadi kalo putaran mesin belum mencapai 3000an, kesannya si santi ni ngempos dan ogah2an...begitu putaran mesin melewati "batas psikologis", respon tenaganya jadi lebih spontan dan lebih narik/enteng.
Mesin cepet sekali panas (maksudnya ke temperatur kerja, bukan overheat loh...), kalo lagi terjebak macet atau lambat, bukan kaki kiri yg pegel....tapi malah kaki kanan.....soalnya kaki kanan harus "sopan" dan "menahan diri", begitu keinjek dikit ni si santi langsung menggeliat mo loncat aja bawaannya, jadi ndut2an
Kondisi dimuati 2-3 orang, saya pake ban 235/75R15, kalo lewat dijalan yg kurang nge-grip...roda depan sering spin.
Untuk sedikit mengakali "keliaran" ini, kemarin waktu tune up, output torsi puncak mesin digeser lagi ke putaran tinggi (Rpm 3000 keatas). Jadi kalo putaran mesin belum mencapai 3000an, kesannya si santi ni ngempos dan ogah2an...begitu putaran mesin melewati "batas psikologis", respon tenaganya jadi lebih spontan dan lebih narik/enteng.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
lho....mana nih....pembahasan audio-nya kok brenti....?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Waduh bro kompresinya naik tinggi sekali, bawaan pabrik 10:1 ane papas 0,7mm jadi kompresi naik 10,7:1. Berarti santi bro Imsus di papas berapa mm tuh? Ane sempet nanya kl di papas lebih dari 0,7 gimana? Mekanik sih tidak saranin kl untuk daily use yach? kecuali memang mo turun "race". Kompresi 12:1 boleh di bilang sangat tinggi sehingga si santi sangat di haruskan pertamax + or shell super extra bro, kalo di bawah itu berbahaya bro.imsus2c wrote:Kalo gasalah (sudah mulai lupa sih.... ), habis overhaul dan P+P kemarin, kompresi mesin santi saya sudah mendekati 12:1. Dan dengan angka kompresi segitu....dengan berat hati saya tdk bole kasih premium ke santi nih
Mesin cepet sekali panas (maksudnya ke temperatur kerja, bukan overheat loh...), kalo lagi terjebak macet atau lambat, bukan kaki kiri yg pegel....tapi malah kaki kanan.....soalnya kaki kanan harus "sopan" dan "menahan diri", begitu keinjek dikit ni si santi langsung menggeliat mo loncat aja bawaannya, jadi ndut2an
Kondisi dimuati 2-3 orang, saya pake ban 235/75R15, kalo lewat dijalan yg kurang nge-grip...roda depan sering spin.
Untuk sedikit mengakali "keliaran" ini, kemarin waktu tune up, output torsi puncak mesin digeser lagi ke putaran tinggi (Rpm 3000 keatas). Jadi kalo putaran mesin belum mencapai 3000an, kesannya si santi ni ngempos dan ogah2an...begitu putaran mesin melewati "batas psikologis", respon tenaganya jadi lebih spontan dan lebih narik/enteng.
Pengalaman ane naik kompresi 10,7:1 sih ok bro malah gejala ndut2an di low rpm hampir hilang.. secara kalo dulu waktu jalan merayap kadang2 dibutuhkan injekan gas yg lumayan dalam untuk "dapetin" torsi-nya yg kurang sekarang ane rasakan "ramuan-nya " cukup pas. Torsi lumayan meskipun ane pengennya di naikkin lg dikit (makanya ane mau up grade knalpot) tenaga atasnya ane rasa lebih dari cukup secara sekarang sejak PnP sdh ga pernah injek gas lg ampe pol karena terus terang nyali-nya sekarang sdh ciut..tp adrenalin jd cepat naik bro
Berarti betul tuch pengalaman ane jg begitu....kaki kanan jd pegel injek gas-nya daripada kaki kiri injek kopling tp yg kompresinya 12:1 kayanya lebih pegel lg kali yah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Waduh...kira2 dibutuhkan dana berapa ya bro buat naik turbo ini? Yang buat rpm bawah aja deh...Rp Rp Rp ????imsus2c wrote:naikkin turbo di santi saya...? hhmmmm bole2 aja tuh..asal ada sponsor bugetnya, tar santi saya relakan buat uji coba deh...
Berarti kl sdh papas head (naik kompresi) harus ganti piston (dulu) yg low compression lalu (baru) bisa naik turbo atau gimana tuh bro? Apa sudah tidak bisa naik turbo lg sama sekali? Mohon pencerahannya bro
Siapa tau nanti ada sponsor yang tertarik dengan project ini bro...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Seberapa dipapasnya (cyl-head), saya kurang tahu persis bro... Tapi waktu itu kan mesin turun total (overhaul) dan P+P. Mungkin waktu menaikkan kompresinya, bengkel tidak hanya memapas cyl-headnya saja. Saya kurang tahu persis gimana mereka melakukannya, mgkn mengubah bentuk piston juga (soalnya, seluruh piston juga diganti.... )
Waktu selesai overhaul dan test kompresi, angkanya di sekitar 11.7 - 11.8:1, jadi diatas ya saya tulis "mendekati" 12:1
Masalah harus Pertamax+....ya itu sih juga persis apa yg seperti pak mekanik bilang ke saya waktu itu
Tapi oleh beliau, demi alasan "precaution", timing pembakarannya dimodif dikit, jadi sewaktu-waktu kondisi sangat gawat darurat, masih ditoleransi untuk pake pertamax biasa atau malah premium....tapi ya itu...asal sekedar jalan saja buat mencari pertamax+. Tidak untuk selamanya.....
Bengkel bilang, dengan kondisi mesin seperti itu, masih aman untuk "daily use", yg penting perhatikan kualitas BBM, cooling system dan.......rajin tune up/ganti oli (kalo ini sih emang maunya bengkel.... )
Apalagi setelah mereka lihat odo saya yg mendekati 130K (saat overhaul dulu), jadi ni santi emang sering "jalan-jalan jauh".
Salah satu manfaat nyata yg saya dapatkan dari hasil overhaul dan P+P, santi saya ni sekarang jadi jauh lebih perkasa di tanjakan. Saya rasakan sendiri bedanya mengingat daerah rumah saya melewati beberapa tanjakan tajam sih.
Nah....karena kondisi mesin dapat dikatakan sudah dirombak sana-sini, saya sudah tidak pernah lagi dolan ke BeRes untuk tune up atau servis. Saya ya ke bengkel tempat saya dulu overhaul mesin. Ini bengkel di sby memang sudah lumayan terkenal untuk modif/overhaul mesin terutama untuk kepentingan "race".
Wah....brarti sama dong....ketularan pegel kaki kanannya
Waktu selesai overhaul dan test kompresi, angkanya di sekitar 11.7 - 11.8:1, jadi diatas ya saya tulis "mendekati" 12:1
Masalah harus Pertamax+....ya itu sih juga persis apa yg seperti pak mekanik bilang ke saya waktu itu
Tapi oleh beliau, demi alasan "precaution", timing pembakarannya dimodif dikit, jadi sewaktu-waktu kondisi sangat gawat darurat, masih ditoleransi untuk pake pertamax biasa atau malah premium....tapi ya itu...asal sekedar jalan saja buat mencari pertamax+. Tidak untuk selamanya.....
Bengkel bilang, dengan kondisi mesin seperti itu, masih aman untuk "daily use", yg penting perhatikan kualitas BBM, cooling system dan.......rajin tune up/ganti oli (kalo ini sih emang maunya bengkel.... )
Apalagi setelah mereka lihat odo saya yg mendekati 130K (saat overhaul dulu), jadi ni santi emang sering "jalan-jalan jauh".
Salah satu manfaat nyata yg saya dapatkan dari hasil overhaul dan P+P, santi saya ni sekarang jadi jauh lebih perkasa di tanjakan. Saya rasakan sendiri bedanya mengingat daerah rumah saya melewati beberapa tanjakan tajam sih.
Nah....karena kondisi mesin dapat dikatakan sudah dirombak sana-sini, saya sudah tidak pernah lagi dolan ke BeRes untuk tune up atau servis. Saya ya ke bengkel tempat saya dulu overhaul mesin. Ini bengkel di sby memang sudah lumayan terkenal untuk modif/overhaul mesin terutama untuk kepentingan "race".
Wah....brarti sama dong....ketularan pegel kaki kanannya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
"Masalah harus Pertamax+....ya itu sih juga persis apa yg seperti pak mekanik bilang ke saya waktu itu
Tapi oleh beliau, demi alasan "precaution", timing pembakarannya dimodif dikit, jadi sewaktu-waktu kondisi sangat gawat darurat, masih ditoleransi untuk pake pertamax biasa"
Setelah overhaul apakah Bro Imsus pasang piggy untuk manipulasi ECU?
Dari pengalaman saya pasang piggy (Unichip) tenaga & torsi jg naik dan tersedia beberapa map yang dapat kita "atur" sesuai kebutuhan. Kebetulan di santi saya ada 4 map. Map 1 adalah untuk Max Performace (tanjakan terutama yg curam, racing mode lg "on"...), Map 2 adalah untuk Economy (lg pake driver, cruising, dalkot), map 3 adalah untuk timing -1 (misalnya untuk Pertamax / darurat kl lg ga ada yg Plus) & Map 4 adalah untuk timing -2 (premium / gawat darurat tidak ada Pertamax & jg Plus)
Jd kl pakai piggy, timing pembakaran bisa diatur secara "seketika" tinggal atur Map-nya & tidak perlu settingan "permanen" untuk di mundurin timing-nya yang berujung jg pada pengurangan performace bro. Betul ga begitu ya analisanya? Kl salah tolong di koreksi ya? Sayang saja performace sudah di optimalkan tetapi ya itu tadi demi alasan "precaution" timing pembakaran malah di modif lg "dikit" (di mundurin?) apa tidak bertolak belakang jadinya bro?
Tapi oleh beliau, demi alasan "precaution", timing pembakarannya dimodif dikit, jadi sewaktu-waktu kondisi sangat gawat darurat, masih ditoleransi untuk pake pertamax biasa"
Setelah overhaul apakah Bro Imsus pasang piggy untuk manipulasi ECU?
Dari pengalaman saya pasang piggy (Unichip) tenaga & torsi jg naik dan tersedia beberapa map yang dapat kita "atur" sesuai kebutuhan. Kebetulan di santi saya ada 4 map. Map 1 adalah untuk Max Performace (tanjakan terutama yg curam, racing mode lg "on"...), Map 2 adalah untuk Economy (lg pake driver, cruising, dalkot), map 3 adalah untuk timing -1 (misalnya untuk Pertamax / darurat kl lg ga ada yg Plus) & Map 4 adalah untuk timing -2 (premium / gawat darurat tidak ada Pertamax & jg Plus)
Jd kl pakai piggy, timing pembakaran bisa diatur secara "seketika" tinggal atur Map-nya & tidak perlu settingan "permanen" untuk di mundurin timing-nya yang berujung jg pada pengurangan performace bro. Betul ga begitu ya analisanya? Kl salah tolong di koreksi ya? Sayang saja performace sudah di optimalkan tetapi ya itu tadi demi alasan "precaution" timing pembakaran malah di modif lg "dikit" (di mundurin?) apa tidak bertolak belakang jadinya bro?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Wah...kalo harus brand new semua...lumayan tuh bro. Mungkin kit-set nya saja bisa tembus 30-40jutaan. Sebagai gambaran, dulu waktu overhaul, saya ditawari turbo copotan ex evo VII, minta 12 jutaan (turbonya aja), blom termasuk piping, intercooler, dllbenzz89 wrote:Waduh...kira2 dibutuhkan dana berapa ya bro buat naik turbo ini? Yang buat rpm bawah aja deh...Rp Rp Rp ????imsus2c wrote:naikkin turbo di santi saya...? hhmmmm bole2 aja tuh..asal ada sponsor bugetnya, tar santi saya relakan buat uji coba deh...
Berarti kl sdh papas head (naik kompresi) harus ganti piston (dulu) yg low compression lalu (baru) bisa naik turbo atau gimana tuh bro? Apa sudah tidak bisa naik turbo lg sama sekali? Mohon pencerahannya bro
Siapa tau nanti ada sponsor yang tertarik dengan project ini bro...
Trus untuk piston, kondisi baru, merk wiseco low compression for turbo engine (7:1), hraga berkisar 8-10jutaan.
Kalo mau turbo yg tinggal bolt-on, pake yg cocok buat mitsu, misalnya TD04 atau TD05.
Mgkn....kalo berburu barang copotan (asal dapat yg masih bagus loh...meski ga recommended), budget totalnya bisa 20-30jtaan.
Masalah boost pressure dan di rpm mana mulai nge-boost, itu masalah disetting aja sepertinya CMIIW
Buat saya...hehehe..duit segitu sih masih terlalu sayang buat beli pasang gituan.
Sedangkan cyl-head yg sudah terlanjur diporting, saya terus terang ragu2, apakah masih bisa dipasang turbo. Mgkn master yg lain bisa kasi pencerahan.
Siapa tahu ada master lain disini yg bisa kasih alternatif budget? bang Poetic mungkin????
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
saya belum pasangg piggy kok bro. Dulu pernah tertarik dan mau pasang (HKS), tapi sama pak mekanik dibilangin...coba aja dulu pak hasil overhaul dan P+Pnya...kl mash blom puas, baru pasang modul. Yaa....secara sarannya masuk akal dan tidak panas2in....ya saya nurutbenzz89 wrote:"Masalah harus Pertamax+....ya itu sih juga persis apa yg seperti pak mekanik bilang ke saya waktu itu
Tapi oleh beliau, demi alasan "precaution", timing pembakarannya dimodif dikit, jadi sewaktu-waktu kondisi sangat gawat darurat, masih ditoleransi untuk pake pertamax biasa"
Setelah overhaul apakah Bro Imsus pasang piggy untuk manipulasi ECU?
Dari pengalaman saya pasang piggy (Unichip) tenaga & torsi jg naik dan tersedia beberapa map yang dapat kita "atur" sesuai kebutuhan. Kebetulan di santi saya ada 4 map. Map 1 adalah untuk Max Performace (tanjakan terutama yg curam, racing mode lg "on"...), Map 2 adalah untuk Economy (lg pake driver, cruising, dalkot), map 3 adalah untuk timing -1 (misalnya untuk Pertamax / darurat kl lg ga ada yg Plus) & Map 4 adalah untuk timing -2 (premium / gawat darurat tidak ada Pertamax & jg Plus)
Jd kl pakai piggy, timing pembakaran bisa diatur secara "seketika" tinggal atur Map-nya & tidak perlu settingan "permanen" untuk di mundurin timing-nya yang berujung jg pada pengurangan performace bro. Betul ga begitu ya analisanya? Kl salah tolong di koreksi ya? Sayang saja performace sudah di optimalkan tetapi ya itu tadi demi alasan "precaution" timing pembakaran malah di modif lg "dikit" (di mundurin?) apa tidak bertolak belakang jadinya bro?
masalah mundurin timing, itu juga lebih kearah keamanan...mengingat di tempat saya dan kemana saya sering bawa santi, masih agak susah cari pertamax+, hanya beberapa spbu aja yg sediakan. Masalah mundurin itu sudah dikonsultasikan sama saya. Daripada di full optimalkan ke kompresi tinggi tapi tdk bisa menjamin bbmnya 100% selalu pakai Pertamax+, resikonya malah bisa bikin mesin jebol. Mundurin timingnya juga tdk banyak kok, sebatas masih bisa pake premium dgn resiko meminimalkan ngelitik selama cara pakai mobilnya benar. Contohnya, kalo pake premium, usahakan pindah gigi di torsi puncak (3000an keatas), menekan pedal gas dgn "diurut" (tdk kickdown).
Ya...mirip dengan cara kerjo anti knocking sensor...cuma yg ini dengan cara manual/tergantung feeling..hehehe
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
"Sedangkan cyl-head yg sudah terlanjur diporting, saya terus terang ragu2, apakah masih bisa dipasang turbo. Mgkn master yg lain bisa kasi pencerahan."
Cyl-head yg sudah di PnP atau yg sudah di papas bro? Kalo "cuman" sudah PnP doang rasanya masih bisa kali bro, tp kalo yg sdh di papas haed alias naik kompresi ini yg masih memerlukan pencerahan dari para master modifikasi mesin nih kayanya. Monggo di jawab yach pertanyaannya bro2 "Master yg lain"
Cyl-head yg sudah di PnP atau yg sudah di papas bro? Kalo "cuman" sudah PnP doang rasanya masih bisa kali bro, tp kalo yg sdh di papas haed alias naik kompresi ini yg masih memerlukan pencerahan dari para master modifikasi mesin nih kayanya. Monggo di jawab yach pertanyaannya bro2 "Master yg lain"