[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Nightster Guy »

FortunerMan wrote:Ampun gantengnya...

Image
210 putus tampangnya lawan ini. 140 putus ngelawan E38. Tapi tetep FM versus NG gantengan NG.... :big_smoking: Gak terbuka ruang debat.











:ngacir: :ngacir: max turbo boost, pingo....
Das Beste oder nichts.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:
Risol1 wrote:Nah ini dia nih teori "bales dendam" yg ane mao bahas :mrgreen:
di SM sini banyak banget member2 yg "terlalu memuja masa lampau" alias demennya sama mobil2 tahun lawas. Mobil yg generasi lebih barunya dibilang lebih jelek atau tidak secantik versi lawasnya.

- CUT -

Ibaratnya Julianne Moore memang masih cantik dan keibuan, tapi apakah dia lebih cantik atau lebih s*xy daripada Mila Kunis atau Blake Lively?

TAPIIII....bukan itu yg ane mao bahas karena itu masalah selera yg kadang susah untuk digeneralisasikan.
Yg ane mao bahas adalah: Penyebab (Root Cause) kenapa kebanyakan member SM yg suka dengan model lawas dibanding model barunya.

Kalo menurut teori abal2 ane, ada 2 sebab utama orang itu punya selera oldskool:
1. Karena memang pecinta mobil klasik: Orang2 spt ini menghargai desain mobil2 klasik tsb yg menurutnya timeless dan indah. Jadi memang seneng dengan desainnya.
2. Karena teori "balas dendam" yg disebut om NG. Teori yg mengagungkan produk jadul karena adanya ikatan psikologis dengan produk tsb di masa lampau, dan bukan karena kita menganggap mobilnya lebih bagus dari mobil jaman sekarang.
Misalnya gini: honda grand civic itu populer sekali di kalangan anak muda di masa kita2 masih ABG.
Di masa itu kita sangat mengagungkan mobil ini karena bbrp sebab: Bisa karena ada kenalan/ortu/saudara yg punya, atau karena kepengen punya/setir mobil ini tapi gak kesampean, dll, dll.....

- CUT -
Ane pribadi tidak bisa memilih om karena 'kena' di kedua opsi itu. JITU SEKALI analisa 'abal2' ente !! :off_good_job: Latar belakang singkat:

1. Entah kenapa, saya kurang suka ama perangkat bantu dan elektronik yang terlalu banyak, model yang 'aneh2' (di mata jadul saya tentunya), mesin terlalu canggih hingga saya merasa 'gak bisa ngapa2in kalo dianya trobel sesaat', dll om.

So, pada mobil jadul yang modelnya IMO abadi, teknologi sederhana, gak sensor sana sensor sini itulah saya menemukan 'chemistry'.

Saya suka banget keserhanaan bentuk, om. E.g. suka banget liat dasbor CJ-7 yang cuman 'lempengan plat dibolong2in', gak suka liat plastik nempel di mobil, gak sula liat sekian banyak kabel berseliweran di mobil.

Begitulah.

Walau sebaliknya, beberapa perangkat/teknologi/fitur modern gak saya antiin. Terutama yang nyangkut safety. ABS is good, contohnya.

2. Yup, balas dendam juga. Keterikatan psikologis pada masa lalu. Saya pribadi 'lahir' di jip, FJ40. Bertaun2 di pedalaman Kaltim naiknya FJ. SANGAT MELEKAT DI MEMORI :).

Kenapa demennya CJ? Karena mobil bossnya bokap saat ninjau lokasi dia pakenya CJ yang di mata NG cilik is 'wooooooow keren banget mulus ada AC nya velg krom' gak kayak FJ bokap yang kumal ancur2an bau keringat hahahaha....

So, saat beli mobil hobi pertama, miaranya CJ (dulu).

Kenapa admiring Mustang (vintage)? Gak bisa dijelasin.

Kenapa admiring Mercedes? Sederhana banget awalnya:

1. Sebelom di Kaltim, tinggal di Surabaya, ke sekolah pake becak/dianter om pake Colt. Pas liat W123, nanya: 'Om, mobil apa tuh keren?' Dijawab 'Oh itu Mersi, mobil paling mahal y itu'. Nancaplah di childhood memory hehehe....

2. Karena sebuah iklan BRABUS dari Jakarta Ban di majalah MM era 90an awal yang majang sebuah W201 190E Evolution II dan W124 BRABUS. :) KEREN ABIS.

So, PERSIS ama kelakuan temen om yang tergila2 Countachnya Marcello Gandini via poster (one of the greatest automotive designer, IMHO).

Disclaimer: NG gak anti mobil baru. Cuman preferable yang lawas. Hehehehe.... :big_peace:
sip :frm_salut:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:
Risol1 wrote:Bukannya E class ganti model setiap 7 tahun bos?
W210 dari thn model 96 sampe 02 (7 thn).
W211 dari thn model 03 sampe 09 (7 thn).
W212 dari thn model 10 sampe 16 (kalo sesuai dengan history, maka new e class akan keluar lagi di tahun 2016 akhir untuk model year 2017)

Kalo u/ W124, technically engga semua W124 bisa dibilang sebagai E class karena: (Tolong dikoreksi kalo omongan nubitol ttg benz kurang tepat)
Officially "E class" itu sebenernya baru lahir di thn2 90-an awal di model W124 facelift, ditandai dengan penempatan huruf didepan angka (misalnya "E300" instead of "300E").
Mercy baby benz 300E itu pada hakikatnya adalah bukan E class karena pada masa itu mercy model ini masih disebut mercedes 300-series (huruf "E" nya sendiri di emblem 300E bukan untuk menandai kelasnya sebagai "E class", melainkan sebagai penanda bahwa mobil ini memakai teknologi fuel injected alias E = Einspritzung")

kabor ah sebelum om NG bersabda..... :ngacir:
Yup I know exactly 300E nandain 'Einspritzung/Einspritzen' alias injexi 'coz masih ada yang versi karbu e.g. tipe 200, TAPI....

W124 sejak kelahirannya taun '85, UNOFFICIALLY udah menyandang 'E' klasse a.k.a. mid klassenya saloon Mercs, karena pada saat lahir, adik kelasnya si 201 udah lahir duluan taun '83, om. :) Note: 201 unofficially juga bisa disebut C klasse (walau si 'C' baru resmi ada pada versi 202) sebagai entry level saloon Mercs.

So, IMO E klasse W124 menikmati hidupnya sepanjang +- 10 taun hehehe.... '85-'95.

Lain halnya ama W123 yang memang gak punya adik kelas saat lahir taun '76, tapi akirnya di penghujung karirnya akirnya punya adik kelas si 201.

:big_peace:
Sip lagi :frm_salut:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Nightster Guy wrote:Tapi tetep FM versus NG gantengan NG.... :big_smoking: Gak terbuka ruang debat.
ya ya ya....om NG ini kayanya emang rajin bener ngaca :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by DOHC »

waktu nebus nehh mobil banyak di reconditioning ga nehh om... kaya waktu dl baru nebus camry nya.... ayo donk crita2 om... penasaran jg...
FortunerMan wrote:Maap belum sempat foto2 - mobil sedang menjalani "FM reconditioning" dan segera menjalani perjalanan Pantai Selatan (mudik). Hoki dapet yg gak ada masalah berarti.

Overall - ini mobil wueeeeeenakk...dan dengan pelek yg tepat (seperti pelek saya wkwkwkwk), looks perfect from every angle.

Tanki bensin 70 liter...pertamax udah sekitar 600 ribu hihihi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Tadi iseng2 nyoba ganti oli di Bali Kita Motor - satu2nya beres BMW di Bali. Yahh....begitu2 aja beresnya, bagusan dikit dari Auto 2000 Denpasar - ruang tunggunya bagus tapi kecil - ada TV gede dan dikasi kopi/teh. Nothing special.

Servisnya pake sistem paket2an - paket A ganti oli/filter ==> total sama ppn 1 juta, olinya Castrol 5W30 7 liter. Filter olinya murah 73 ribu. Sepertinya harga2nya hampir 2 kali lipat dari pengerjaan di spesialis BMW.

Contoh paket2 lainnya untuk 528i (ane minta price listnya) - sudah termasuk jasa
- Paket ganti brake pad depan termasuk brake wear sensor: 1 juta
- Paket ganti brake pad depan termasuk brake wear sensor + disc: 2,3 juta
- Paket ganti brake pad belakang termasuk brake wear sensor: 800 ribu
- Paket ganti brake pad belakang termasuk brake wear sensor + disc: 2 juta
- Paket ganti tie rod: 1,7 juta
- Paket ganti drive belts (alternator dan kompressor): 500 ribu

Not too bad...
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

DOHC wrote:waktu nebus nehh mobil banyak di reconditioning ga nehh om... kaya waktu dl baru nebus camry nya.... ayo donk crita2 om... penasaran jg...
nggak - malah lebih banyak reconditioning Camry wkwkwk - abis si Camry bekas taksi sih...jadi dalemnya rada jorok...dan aslinya emang belon kulit. Kaki2 sama, ganti shock aja. Kata montirnya sih ball jointnya udah perlu diganti, tp belum sempet dan gak ada bunyi apa2. Si Bimmer udah kulit (bagus lho kulitnya) - sukurnya belum sobek, pecah2 parah kursi supirnya.

Mesin ganti 1 sensor (MAF). Selain itu rutin2 aja - kuras/ganti fluids, kampas rem.

Belum ada reconditioning apa2 di sektor tampang - 4 hari beli langsung di bawa ke Bali. Nyalon aja belon.
Ntar kalo balik ke Jakarta baru deh, cari tombol electric seat supir yg hilang/retak + tombol power window supir yg memudar.

As is, interior si Bimmer ini sudah cukup memukau. Nyaris tidak ada plastik keras. Temen2 ane pada tergiur semua.

Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by doq »

FortunerMan wrote: - Paket ganti brake pad depan termasuk brake wear sensor + disc: 2,3 juta
itu disc nya sepasang atau sebelah oom? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Sepasang dong bos doq...+ garansi 2 thn. Good deal juga ya kalo dipikirin dengan garansinya.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by doq »

FortunerMan wrote:Sepasang dong bos doq...+ garansi 2 thn. Good deal juga ya kalo dipikirin dengan garansinya.
what??
#*!2$

huahahahaha
di baenol baru dapet cakram nya aja itu sepasang :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall:
ternyata baenol lebih berkelas dr pada e39 :big_slap:
*bukan harga di beres
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Kan udah dibilang sama om turboman di depan - harga parts fast movingnya murah2 :p
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by koolrider »

ikut komen krn gw pernah pake seri ini 2x selama hampir 10 thn. pertama pke thn 98 , yg ke 2 thn 2000 yg double vanos sdh multifunction steering wheel , ini versi 528 terakhir sebelum diganti jd 530. secara umum 2-2 nya ga merongrong selama gw pake.
yg thn 98 ada "cacat" bawaan , third brake lamp nya lama2 meleleh mikanya pdhal bulbnya std ga diapa2in. cacat lain dr 2 mbl ini cupholder blkg sangat ringkih. 2 mbl ini bermasalh dipower window belakang kanan. List karet entrance panelnya/einstiegliesten bakal sobek setlh beberp thn. tombol ac retak2. semua parts diatas gampang carinya . flap heater suka macet dan akibatnya ac jadi ga dingin. biasanya cara " murah " nanganinnya dgn memblok saluran heater tapi gw sendiri ga pake cara itu krn gw ingin kondisinya tetep perfect. setlh gw pake 5thnan lbh odo sekitar 30k , mbl mulai terasa kurang responsif , akhirnya tensioner dan beltnya sy ganti baru dan mblnya terasa kembali responsnya. mbl yg ke 2 akhirnya sy jual pd akhir 2007 setlh 7 thn dipake krn bosen bukan krn mulai rewel. ( yg pertama thn 98 dipake 2 thn aja dan sy ganti dgn yg double vanos thn 2000 . klo dibandingkan yg 528 98 dgn 528 yg 2000 , yg 98 tenaganya agak loyo dirpm rendah)
walopun sdh pake sekian lama, kadang sy masih " rindu " ingin pake lagi .
komen soal teori abal2 bang risol, sy setuju dgn teori balas dendamnya krn sy sendiri sdh mengalaminya.
klo saran sy lbh baik lupain aja " pahlawan masa kecil " kita, krn yg kita bicarakan itu mobil yg nb seharusnya sebagai alat yg mempermudah hidup kita bukan malah merepotkan. kecuali anda masuk ke gol 1 diteori abal2 yg bener2 hobi brg tua dan rela meluangkan waktu dan biaya utk merawatnya.

tips buat yg mau cari mbl ini, sebaiknya cari yg ada serv rec diberes, odo di speedo bisa dicocokan dgn data di kunci kontak, klo ga sesuai artinya odo sdh disulap.
jgn bli yg pernah overheating walopun sdh diganti seluruh parts2 nya krn pengalaman tmn gw sesama pemake e39. punya tmn gw pernah ov , terus dia perbaiki smp hbs puluhan jt mblnya terus2 an merongrong ga bs bener2 pulih kmbali.
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Good info om koolrider.

Kemaren di parkiran saya ukur di parkiran - ternyata panjangnya 11-12 sama Vellfire. Pantes repot bawa ini mobil gak pake sensor parkir.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by DOHC »

hoki dah tuh kalo gt om... bearti empu mobil seblomnya type orang yg ngerti mobil jg... tuh interior kalo masi kinyis2 ting2 gt enak nya di rawat cepetan tuh om... apalagi kulit nya... beli leather conditioner aj om buat tuh kulit2 jok nya... saran ane.. pake yg agak bagusan macam buatan zymol... jgn yg kelas murah macam KIT... kerasa beda nya...

btw, tuh body nya masi full "kaleng" atau uda perna kena body repair om ?? kalo dari foto nya mulus bener... :mky_03: :mky_03: :mky_03:

ohhh pertanyaan satu lagi... odo uda brapa om... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
FortunerMan wrote:
DOHC wrote:waktu nebus nehh mobil banyak di reconditioning ga nehh om... kaya waktu dl baru nebus camry nya.... ayo donk crita2 om... penasaran jg...
nggak - malah lebih banyak reconditioning Camry wkwkwk - abis si Camry bekas taksi sih...jadi dalemnya rada jorok...dan aslinya emang belon kulit. Kaki2 sama, ganti shock aja. Kata montirnya sih ball jointnya udah perlu diganti, tp belum sempet dan gak ada bunyi apa2. Si Bimmer udah kulit (bagus lho kulitnya) - sukurnya belum sobek, pecah2 parah kursi supirnya.

Mesin ganti 1 sensor (MAF). Selain itu rutin2 aja - kuras/ganti fluids, kampas rem.

Belum ada reconditioning apa2 di sektor tampang - 4 hari beli langsung di bawa ke Bali. Nyalon aja belon.
Ntar kalo balik ke Jakarta baru deh, cari tombol electric seat supir yg hilang/retak + tombol power window supir yg memudar.

As is, interior si Bimmer ini sudah cukup memukau. Nyaris tidak ada plastik keras. Temen2 ane pada tergiur semua.

Image
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Ada kok bekas repairnya - tapi kerjaannya bagus gak ada belang sama sekali (silver gampang belang).
ODO 170.000 km - wajar buat mobil 15 tahun wkwkwk
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Nightster Guy »

Yup....

Setuju ma mods Klep. Kulit kalo ama owner sebelomnya gak pernah ditreatment, tar lagi bakal kena. Use Tanner's, Zymol, ato Meg's.

Brand KIT mah buat mikrolet ajalah, gak da 1 pun lini produknya yang bagus dari merk abal2 sampah ini. Cat jadi tipis iya. Dasbor jadi makin 'plastic-look' iya. Ban jadi kecoklatan iya.

Om FM, 3 Q's:

1. Odo read at?
2. FC uda dapet kalkulasinya?
3. Ada repaint?

Mayan buat bahan racun. Thanx om. :)
Das Beste oder nichts.
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

FC 1:4-6 dalkot macet2 heboh Jakarta. Luar kota 1:9-10. Cocok ama bos bengkel spesialis BMW nya bilang (1:5,5)
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by ak4ng »

baca judul tretnya... jadi inget bmw sepupu ane yg patah as di cicurug bbrp tahun yg lalu....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

ak4ng wrote:baca judul tretnya... jadi inget bmw sepupu ane yg patah as di cicurug bbrp tahun yg lalu....
Hus sana di tred habanja tetangga aja :mrgreen:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

USDM 2002 525i

Image

Image
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by koolrider »

biemku yg dulu:


Image


Image


Image


Image




"mainanku" sekarang :big_peace:

Image


Image
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Kok malah turun...dr BMW ke...apa itu :p
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

itu V12 minum bengsinnya berapa liter tu om per 100km?

tapi kalo tampang masih cakepan si E39 ya daripada si V12 :mrgreen: tapi V12 tampangnya lebih ningrat cocok buat kondangan + supir
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by koolrider »

ganti ke w140 v12 krn " balas dendam " , pd masanya ga bisa punya mobil cbu gini . lagian sdh 18 thn dgn berbagai mdl bimmer jadi mau coba yg lain.
bensin v12 ini ga 2 x lbh boros dr IL6 nya biem dan pk mbl ini klo uda dibejek malah bisa lupa soal bensin krn torsinya mantap lbh besar drpd ferrari 360 (-:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

http://www.autoexpress.co.uk/carreviews ... eries.html
The best car in the world - a title BMW's E39 5-Series has laid claim to thanks to superb handling, powerful, refined engines and great build.
If you can afford it, you'll never want another vehicle. Sure, the entry-level 520i was underpowered, but it still offered straight-six engine refinement, while the 528i and 530i were near-perfect. In addition, the very able 530d returns more than 40mpg.
Early models still retain street credibility, and for less than £5,000 you can purchase a sprightly high-miler. Its replacement will force nearly new prices down, so one of the world's top cars is now a bargain, too.
Ayo om doq dan om NG - see the light! join us!