(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
yup...saya sih termasuk agak "konservatif", ga brani semprot air di kompartment mesin. Saya kalo bersihin blok mesin ya pake "engine degreaser" seperti yg disebutin pak GTR diatas, efektif kok buat ngebuang minyak/oli dan bikin bikin mesin kinclong. Kok kebetulan saya juga pake merk STP seperti tulisan pak GTR diatas, hehehe....bukan promosi loh, bisa2 dikira sales lagi. Kalo kelistrikan, ya saya lap ajah kabel2nya sama lap lembab (engga basah) trus di colokkan/sambungannya saya semprotin pake electronic contact cleaner (dibuka dulu tentunya).
Sayangnya overhaul Santi saya blom sukses...masih bingung cari piston-nya yg buat oversize tuh... Mesin sudah dibongkar makanya sama pak Mekaniknya sih masih dicari2 trus tuh parts-nya... Rencananya sih kapasitas mesinnya mo saya jadikan 2500cc skalian, blom tahu ukuran silindernya berapa nanti...kan blom dapat...kompresi-nya juga mo ta naikkan di kisaran 12-15:1. Spek aslinya, mesin santi di 2351cc, kompresi sekitar 10:1.
Sayangnya overhaul Santi saya blom sukses...masih bingung cari piston-nya yg buat oversize tuh... Mesin sudah dibongkar makanya sama pak Mekaniknya sih masih dicari2 trus tuh parts-nya... Rencananya sih kapasitas mesinnya mo saya jadikan 2500cc skalian, blom tahu ukuran silindernya berapa nanti...kan blom dapat...kompresi-nya juga mo ta naikkan di kisaran 12-15:1. Spek aslinya, mesin santi di 2351cc, kompresi sekitar 10:1.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah seneng nih bisa sharing lagi
klo bahan STP engine degrease nya berbahan minyak tanah apa gak bahaya tuh, tuk bagian-bagian kendaraan yang terbuat dari bahan karet sebab jadi keras/getas atau usianya makin pendek gitu, mohon pencerahan nih
emang ane pernah baca di forum tetangga bisa pake minyak tanah untuk bersiin mesin mobil, tapi itu tadi mesti hati-hati jangan sampe kena bagian yang terbuat dari karet alami, katanya
apalagi klo disemprot khan bisa kesana-kemari tuh hasil semprotannya tapi klo pake kuas khan bisa dengan hati-hati ngolesnya
begitu deh
klo dilap pake air khan klo berbasis minyak tanah, khan dia gak larut ama air, gimana nih mohon pencerahan
tapi akan saya coba deh saran para bro diatas, abis santiku masih agak kotor gitu looo
klo bahan STP engine degrease nya berbahan minyak tanah apa gak bahaya tuh, tuk bagian-bagian kendaraan yang terbuat dari bahan karet sebab jadi keras/getas atau usianya makin pendek gitu, mohon pencerahan nih
emang ane pernah baca di forum tetangga bisa pake minyak tanah untuk bersiin mesin mobil, tapi itu tadi mesti hati-hati jangan sampe kena bagian yang terbuat dari karet alami, katanya
apalagi klo disemprot khan bisa kesana-kemari tuh hasil semprotannya tapi klo pake kuas khan bisa dengan hati-hati ngolesnya
begitu deh
klo dilap pake air khan klo berbasis minyak tanah, khan dia gak larut ama air, gimana nih mohon pencerahan
tapi akan saya coba deh saran para bro diatas, abis santiku masih agak kotor gitu looo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah seneng nih bisa sering lagi
klo bahan STp engine degrease nya berbaahn minyak tanah apa gak bahay tuh tuh tuk bagian-bagian kendaraan yang terbuat dari bahan karet sebab jadi keras atau usia makin pendek gitu, mohon pencerahan nih
emang ane pernah baca di forum tetangga bisa pake minyak tanah untuk bersiin mesin mobil, tapi itu tadi mesti hati-hati jangan sampe kena bagian yang terbuat dari karet alami
apalagi klo disemprot khan bisa kesana-kemari tuh hasil semprotannya tapi klo peke kuas khan bisa dengan hati-hati ngolesnya
begitu deh
klo dilap pake air khan klo berbasisi minyak tanah khan dia gak larut ama air, gimana nih mohon pencerahan
tapi akan saya coba deh saran para bro diatas
klo bahan STp engine degrease nya berbaahn minyak tanah apa gak bahay tuh tuh tuk bagian-bagian kendaraan yang terbuat dari bahan karet sebab jadi keras atau usia makin pendek gitu, mohon pencerahan nih
emang ane pernah baca di forum tetangga bisa pake minyak tanah untuk bersiin mesin mobil, tapi itu tadi mesti hati-hati jangan sampe kena bagian yang terbuat dari karet alami
apalagi klo disemprot khan bisa kesana-kemari tuh hasil semprotannya tapi klo peke kuas khan bisa dengan hati-hati ngolesnya
begitu deh
klo dilap pake air khan klo berbasisi minyak tanah khan dia gak larut ama air, gimana nih mohon pencerahan
tapi akan saya coba deh saran para bro diatas
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bahannya pasti bukan minyak tanah , tapi efeknya mirip seperti kalo kita cuci onderdil luar dgn minyak tanah, kalo sudah kering bisa mengkilap.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bersih2 mesin, tetep pake cairan engine cleaner + kuas kalo saya sih... utk mesin2 yg depositnya udah numpuk STP or produk semprot ga mempan... hehehe
jadi produk semprot hanya utk perawatan saja... seminggu sekali.
utk steam wash engine, udah saya coba di garasi utk beberapa mobil (pribadi dan teman2)... ga masalah, spt baleno, swift, xtrail, escape, GL, camry, vios, yaris, innova, TLC, volvo, city, hmmm apa lagi ya... lupa.
yaaa beda cara aja, hasilnya sama kan biar bersih... hehehe
jadi produk semprot hanya utk perawatan saja... seminggu sekali.
utk steam wash engine, udah saya coba di garasi utk beberapa mobil (pribadi dan teman2)... ga masalah, spt baleno, swift, xtrail, escape, GL, camry, vios, yaris, innova, TLC, volvo, city, hmmm apa lagi ya... lupa.
yaaa beda cara aja, hasilnya sama kan biar bersih... hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah klo gitu emang betul ane mau coba dulu pake engine cleaner sb sdh bandel banget kotorannya
baru nanti perawatan pake yang lain
trus klo aman yaaa ane gak kwatir lagi coba tuk steam wash engine
tks deh
baru nanti perawatan pake yang lain
trus klo aman yaaa ane gak kwatir lagi coba tuk steam wash engine
tks deh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah...sepertinya perkiraan anda jadi kenyataan bro, barusan omong2 ma Pak Mekanik, ternyata cari piston oversize buat Santi susah... Harus custom-made, kalo mo bagus ya yg tipe forged-piston. Beliau kasih info, kalo mo pesan merk wesco atau daikin, harga piston-setnya aja 11-15 juta, inden 3-5 minggu.....poeticmind wrote:cheers bro imsus! saya kira turbo! hehehe! dulu saya juga waktu masih pakai hyundai elantra larinya ke bengkel performance mitsu... kadang ada sih pandangan2 dari pengguna mitsu yg 'newbie'... ga ngerti kalo daleman nya sangat or malah sama saja.
maaf, saya kira masih relevan to topic jika saya tanya oversize berapa nih, bro? pnp saja sudah bisa optimal up di 10-15%, apalagi di oversize... hehehe
Alternatifnya, pake piston ex mitsu Evo, tapi oversizenya ga gede2 amat (asli santi 86mm, punya evo 86.5 atau 88 mm), barang ready stock, cuman ni piston bukan NA-type alias low compression type. Mau ga mau harus pake Turbo supaya mesin ga loyo. Untungnya (atau sialnya ya...?) semua turbo di Evo series tuh tinggal bolt-on kalau mo dipasang di mesin Santi (kan DNA mesinnya masih sama). Padahal turbo si Evo ni lumayan mahal juga...sama Pak Mekanik masih dicarikan bekasnya di relasi2nya... Wah, kalo ambil opsi ini, semuanya dikerjakan dunk, ya PnP-nya, Oversize-nya, sama pasang Turbo sekalian....waks.... Ga jadi ganti roda neh....
Tolong kasih comment/sharing dunk, mana yg lebih worth for....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bener2 jadi operasi besar2an si santi...imsus2c wrote:wah...sepertinya perkiraan anda jadi kenyataan bro, barusan omong2 ma Pak Mekanik, ternyata cari piston oversize buat Santi susah... Harus custom-made, kalo mo bagus ya yg tipe forged-piston. Beliau kasih info, kalo mo pesan merk wesco atau daikin, harga piston-setnya aja 11-15 juta, inden 3-5 minggu.....poeticmind wrote:cheers bro imsus! saya kira turbo! hehehe! dulu saya juga waktu masih pakai hyundai elantra larinya ke bengkel performance mitsu... kadang ada sih pandangan2 dari pengguna mitsu yg 'newbie'... ga ngerti kalo daleman nya sangat or malah sama saja.
maaf, saya kira masih relevan to topic jika saya tanya oversize berapa nih, bro? pnp saja sudah bisa optimal up di 10-15%, apalagi di oversize... hehehe
Alternatifnya, pake piston ex mitsu Evo, tapi oversizenya ga gede2 amat (asli santi 86mm, punya evo 86.5 atau 88 mm), barang ready stock, cuman ni piston bukan NA-type alias low compression type. Mau ga mau harus pake Turbo supaya mesin ga loyo. Untungnya (atau sialnya ya...?) semua turbo di Evo series tuh tinggal bolt-on kalau mo dipasang di mesin Santi (kan DNA mesinnya masih sama). Padahal turbo si Evo ni lumayan mahal juga...sama Pak Mekanik masih dicarikan bekasnya di relasi2nya... Wah, kalo ambil opsi ini, semuanya dikerjakan dunk, ya PnP-nya, Oversize-nya, sama pasang Turbo sekalian....waks.... Ga jadi ganti roda neh....
Tolong kasih comment/sharing dunk, mana yg lebih worth for....
apa ngga lebih murah engine swap aja Boss.... dari pada operasi besar2an spt yg di atas
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah p imsus benar2 operasi cezar yaa ama santinya
katanya hanya tuk jalans dalam kota kenapa mesti diboor up segala, nanti malah lelebihan energi sb gak pernah dipake speed drive
tapi saya tunggu deh hasilnya
saran saya yang PnP aja sdh cukup khan, sdh bisa lari 160pkj seperti punya, bahkan lebih toh
saya mah dah puas aja dengan yang ada seperti punya p imsus
mending tuk beli ban khan penampilan jadi lebih macho, klo mesin khan gak kliatan, ini hanya sharing aja
tks
katanya hanya tuk jalans dalam kota kenapa mesti diboor up segala, nanti malah lelebihan energi sb gak pernah dipake speed drive
tapi saya tunggu deh hasilnya
saran saya yang PnP aja sdh cukup khan, sdh bisa lari 160pkj seperti punya, bahkan lebih toh
saya mah dah puas aja dengan yang ada seperti punya p imsus
mending tuk beli ban khan penampilan jadi lebih macho, klo mesin khan gak kliatan, ini hanya sharing aja
tks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
oh yaa ngomong2
apa ada yang tahu club penggemar or pemilik santa fe ?
yaa pengen aja kongkow bareng dan tukar pengalaman dan jalan2 bareng touring gitu
tks
apa ada yang tahu club penggemar or pemilik santa fe ?
yaa pengen aja kongkow bareng dan tukar pengalaman dan jalan2 bareng touring gitu
tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Yup...untuk ongkos/biaya pekerjaan tsb jatuhnya "11-12" jika di-swap total... bahkan sebenarnya sudah ditawarin gitu,... tapi, yg saya bayar bukan cuman di engine-performance resultnya tok, tapi experience-nya, liku2nya, kesalahan2nya, etc,etc,etc... Si Santi kan termasuk boil percobaan juga buat saya neh. Siapa tahu thn depan giliran coba2 pasang turbo...trus tahun depannya di-swap,...trus tahun depannya....blom tau ah...(tar dikira om tonie saya ni tukang ngelantur dan menghayal... )tonie wrote:bener2 jadi operasi besar2an si santi...
apa ngga lebih murah engine swap aja Boss.... dari pada operasi besar2an spt yg di atas
ya pak, tujuan awal bongkar2 ni emang bukan buat speeding...tapi lebih cari ke torsi di putaran bawah supaya lebih enak dipake city-cruising...dan supaya mesin lebih perfect+optimum, tapi ga tau juga hasilnya nanti... seperti yg saya tulis diatas, the money worth for the experience gitu loh. Emang pengalaman tu guru yg paling bijak (dan mahal.....)inoz wrote:wah p imsus benar2 operasi cezar yaa ama santinya
katanya hanya tuk jalans dalam kota kenapa mesti diboor up segala, nanti malah lelebihan energi sb gak pernah dipake speed drive
dolo juga pernah ada yg nanya/usul...tapi sepertinya kita tu emang ditakdirkan kesepian pak...inoz wrote:oh yaa ngomong2
apa ada yang tahu club penggemar or pemilik santa fe ?
yaa pengen aja kongkow bareng dan tukar pengalaman dan jalan2 bareng touring gitu
tks
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
he eh yaa emang sedih juga tuh ga ada yg mau ngurusin santi slub gitu
pengen sih ngobrol2 gitu
ane sudah coba tug pake STP engine degreaser, lumayan sudah agak mengkilap mesin nya walaupun agak susah banget
mesti tetep aja digosok ama lap agar kinclong
atau mesti diaplikasi berkali-kali agar bisa hilang total bagian-bagian yag nnempel di mesin
emang baru aplikasi sekali trus karena gak mau bersih alias masih nempel ane aplikasi lagi dan ditunggu lagi, sekitar 10 mnt agar meresap
tapi tetap aja ada yang mudah dibersihkan dan ada yg masih bandel
setelah 10 mnt ane siram pake air, ada ada yang jadi bersih di bagian bawah mesin dekat roda kanan
saran lagi, kayaknya mesti rutin yaa ngebersiinnya, agar knclong sedikit2
mhn pencerahan nih
saya juga baru coba kasih tuangkan di tanki 1 botol Preston cleaner sistem fuel dan belum tahu hasilnya
tapi barusan ane test speed agak sedikit batuk-batuk dan suara mesin agak kasar, mungkin lagi bereaksi tuh cleanernya mencoba bersiin bagian sistem injection bensin
ntar disharing lagi klo dah kerasa hasilnya abis ditambah fuel sistem cleanernya yg ane beli ACE ware
pengen sih ngobrol2 gitu
ane sudah coba tug pake STP engine degreaser, lumayan sudah agak mengkilap mesin nya walaupun agak susah banget
mesti tetep aja digosok ama lap agar kinclong
atau mesti diaplikasi berkali-kali agar bisa hilang total bagian-bagian yag nnempel di mesin
emang baru aplikasi sekali trus karena gak mau bersih alias masih nempel ane aplikasi lagi dan ditunggu lagi, sekitar 10 mnt agar meresap
tapi tetap aja ada yang mudah dibersihkan dan ada yg masih bandel
setelah 10 mnt ane siram pake air, ada ada yang jadi bersih di bagian bawah mesin dekat roda kanan
saran lagi, kayaknya mesti rutin yaa ngebersiinnya, agar knclong sedikit2
mhn pencerahan nih
saya juga baru coba kasih tuangkan di tanki 1 botol Preston cleaner sistem fuel dan belum tahu hasilnya
tapi barusan ane test speed agak sedikit batuk-batuk dan suara mesin agak kasar, mungkin lagi bereaksi tuh cleanernya mencoba bersiin bagian sistem injection bensin
ntar disharing lagi klo dah kerasa hasilnya abis ditambah fuel sistem cleanernya yg ane beli ACE ware
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
hehehe.... gpp Om... menghayal adalah bagian dari mewujutkan impian bukan suatu tindakan yg merugikan orang laenimsus2c wrote:Yup...untuk ongkos/biaya pekerjaan tsb jatuhnya "11-12" jika di-swap total... bahkan sebenarnya sudah ditawarin gitu,... tapi, yg saya bayar bukan cuman di engine-performance resultnya tok, tapi experience-nya, liku2nya, kesalahan2nya, etc,etc,etc... Si Santi kan termasuk boil percobaan juga buat saya neh. Siapa tahu thn depan giliran coba2 pasang turbo...trus tahun depannya di-swap,...trus tahun depannya....blom tau ah...(tar dikira om tonie saya ni tukang ngelantur dan menghayal... )tonie wrote:bener2 jadi operasi besar2an si santi...
apa ngga lebih murah engine swap aja Boss.... dari pada operasi besar2an spt yg di atas
Jangan2 hasil akhirnya BMW X5 berbaju santi neh....
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
yup...semoga deh...santi bisa lebih powerfull...
Om tonie, kapan nih giliran santa fe mini-nya diupgrade juga engine-nya? Jangan-jangan malah sudah di-swap...
Oya, cari body parts ori hyundai di Sby dimana yah (yg komplit tentunya)? Cover kiri-depan roof rack saya jatuh entah kemana... Dah ta coba cari di safari megah ga ada tuh...harus inden dan ga jaminan kalo boleh beli covernya saja, bisa2 suruh beli 1 set roof-racknya...waksss....
yup...semoga deh...santi bisa lebih powerfull...
Om tonie, kapan nih giliran santa fe mini-nya diupgrade juga engine-nya? Jangan-jangan malah sudah di-swap...
Oya, cari body parts ori hyundai di Sby dimana yah (yg komplit tentunya)? Cover kiri-depan roof rack saya jatuh entah kemana... Dah ta coba cari di safari megah ga ada tuh...harus inden dan ga jaminan kalo boleh beli covernya saja, bisa2 suruh beli 1 set roof-racknya...waksss....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^ mini santa fe nya standar ajah Om.... blom ada rencana swap dll deh..... paling2 klo ada rejeki lebih mo beli greedy e manage yg blue... klo untuk roof rack nya dah d coba di hyundai yg d jalan sulawesi/pahlawan ? di jemur juga ada cahaya hyundai juga lho....
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
mobil ini, sebenarnya direstorasi ke barunya juga udah oke.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
mau nanya lagi nih
santi ane baru sy kasih fuel system cleaner di tanki setelah sy isi penuh
tapi trus sy pake jalan 3 jam, lalu ane simpan 2 hari dan ane nyalain tiap pagi, tapi kadang brebet gitu dan suara mesin agak keras dan bahkan bergetar, tapi pas dimatiin dulu lalu dihidupin lagi jadi langsam
barusan ane pake seperti gak ada tenaga dan srasa berat sepertinya, serasa injectionnya gak nyembur dan mesin mati pas kec rendah dan terjadi beberapa kali
ane bingung apa betul ini akibat baru bekerjanya fuel cleaner bersiin sistem jadi kerak ato kotoran pada copot sehingga ganggu sistem fuelnya
lalu ane taroh 2 jam sebab lagi kunjung rmh temen dan dicoba jalan lagi masih serasa berat kenapa yaaa
mohon bantuan nih bro imsus dan tonie
santi ane baru sy kasih fuel system cleaner di tanki setelah sy isi penuh
tapi trus sy pake jalan 3 jam, lalu ane simpan 2 hari dan ane nyalain tiap pagi, tapi kadang brebet gitu dan suara mesin agak keras dan bahkan bergetar, tapi pas dimatiin dulu lalu dihidupin lagi jadi langsam
barusan ane pake seperti gak ada tenaga dan srasa berat sepertinya, serasa injectionnya gak nyembur dan mesin mati pas kec rendah dan terjadi beberapa kali
ane bingung apa betul ini akibat baru bekerjanya fuel cleaner bersiin sistem jadi kerak ato kotoran pada copot sehingga ganggu sistem fuelnya
lalu ane taroh 2 jam sebab lagi kunjung rmh temen dan dicoba jalan lagi masih serasa berat kenapa yaaa
mohon bantuan nih bro imsus dan tonie
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Fuel cleaner nya pke apa Boss... ? klo saya untul fuel cleaner biasanya pke Red Line, itupun cuman 15ml untuk 30ltrinoz wrote:mau nanya lagi nih
santi ane baru sy kasih fuel system cleaner di tanki setelah sy isi penuh
tapi trus sy pake jalan 3 jam, lalu ane simpan 2 hari dan ane nyalain tiap pagi, tapi kadang brebet gitu dan suara mesin agak keras dan bahkan bergetar, tapi pas dimatiin dulu lalu dihidupin lagi jadi langsam
barusan ane pake seperti gak ada tenaga dan srasa berat sepertinya, serasa injectionnya gak nyembur dan mesin mati pas kec rendah dan terjadi beberapa kali
ane bingung apa betul ini akibat baru bekerjanya fuel cleaner bersiin sistem jadi kerak ato kotoran pada copot sehingga ganggu sistem fuelnya
lalu ane taroh 2 jam sebab lagi kunjung rmh temen dan dicoba jalan lagi masih serasa berat kenapa yaaa
mohon bantuan nih bro imsus dan tonie
coba kuras tangki nya dolo... ato klo ga pke mobilnya puter2 sampe tangki menipis, kemudian isi ulang tanpa fuel cleaner
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
@pak inoz,
coba dulu sarannya Om tonie diatas.
kalo mbrebet, bisa jadi injektor dan atau throttle body-nya kotor. Coba dibersihkan/service, biasanya tar disemprot sama "injector cleaner" buat merontokkan kerak2nya. Minta bersihin juga MAF-nya (mass air flow sensor), periksa juga filter udara, kalo dah terlalu pekat kotorannya, ya ganti. Busi mati juga berpengaruh ke mesin mbrebet lho...dan biasanya juga bbm lebih boros dari normalnya.
Cek juga, waktu jalan trus berhenti, masukkan di gigi netral (mesin jangan dimatiin), trus dilihatin rpm-nya naik turun ga (normal 800 +/-100). Kalo naik turun...ya harus diservice. Omong2, apakah Santi-nya sudah pernah tune up? Kalo belom, tune up ajah pak sekaligus minta di general check up. Cari bengkel yg komplit dan bisa diagnostic (dengan computer). Dari situ biasanya "problem kesehatan" mesin sebagian besar bisa diketahui. Waktu mesin Santi saya mo di"bongkar" langkah pertama ya diagnostic dulu, macam2 diagnosticnya, dari kelistrikan, MAF, tekanan pompa BBM, rasio kompresi, emisi, dsb...dsb.... Tapi ya seperti manusia lah, biasanya malas kalo general check up...soalnya tar bakal ketahuan semua penyakitnya...bisa stress...hehehe...
Omong2 masalah fuel cleaner, hati2 barang palsu loh...saya pernah kena sih. Waktu itu beli di hypermart, karena ga ada kemasan besar, saya beli 2 botol kemasan kecil (@ untuk treat 20-25L bbm, tanki Santi kan 65L). Waktu saya buka, di salah satu botol ternyata ga ada "aluminium seal"nya, waktu dituang di gelas, warna cairannya beda dan baunya beda. Yg "bodong" tadi baunya asam dan warnanya lebih pekat dan kentel. Padahal merknya sama (Prestone). Struk belanjaan sudah terlanjur dibuang...jadi ga bisa dituker. Tapi kalopun masih ada struk-nya, kayaknya juga susah buat tuker, ketahuannya sudah lewat hari sih.
coba dulu sarannya Om tonie diatas.
kalo mbrebet, bisa jadi injektor dan atau throttle body-nya kotor. Coba dibersihkan/service, biasanya tar disemprot sama "injector cleaner" buat merontokkan kerak2nya. Minta bersihin juga MAF-nya (mass air flow sensor), periksa juga filter udara, kalo dah terlalu pekat kotorannya, ya ganti. Busi mati juga berpengaruh ke mesin mbrebet lho...dan biasanya juga bbm lebih boros dari normalnya.
Cek juga, waktu jalan trus berhenti, masukkan di gigi netral (mesin jangan dimatiin), trus dilihatin rpm-nya naik turun ga (normal 800 +/-100). Kalo naik turun...ya harus diservice. Omong2, apakah Santi-nya sudah pernah tune up? Kalo belom, tune up ajah pak sekaligus minta di general check up. Cari bengkel yg komplit dan bisa diagnostic (dengan computer). Dari situ biasanya "problem kesehatan" mesin sebagian besar bisa diketahui. Waktu mesin Santi saya mo di"bongkar" langkah pertama ya diagnostic dulu, macam2 diagnosticnya, dari kelistrikan, MAF, tekanan pompa BBM, rasio kompresi, emisi, dsb...dsb.... Tapi ya seperti manusia lah, biasanya malas kalo general check up...soalnya tar bakal ketahuan semua penyakitnya...bisa stress...hehehe...
Omong2 masalah fuel cleaner, hati2 barang palsu loh...saya pernah kena sih. Waktu itu beli di hypermart, karena ga ada kemasan besar, saya beli 2 botol kemasan kecil (@ untuk treat 20-25L bbm, tanki Santi kan 65L). Waktu saya buka, di salah satu botol ternyata ga ada "aluminium seal"nya, waktu dituang di gelas, warna cairannya beda dan baunya beda. Yg "bodong" tadi baunya asam dan warnanya lebih pekat dan kentel. Padahal merknya sama (Prestone). Struk belanjaan sudah terlanjur dibuang...jadi ga bisa dituker. Tapi kalopun masih ada struk-nya, kayaknya juga susah buat tuker, ketahuannya sudah lewat hari sih.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah tks banget nih infonya
nah ini botolnya masih belum ane buang, merek STP complete fuel system cleaner ukuran 354 ml ,ane beli di ACE ware spt para bro diatas pernah sebut
cara pakenya : tuang semua isi botol ke tangki bensin ukuran 40 sd 85 liter dengan kondisi penuh dan dapat dicampur dengan suplemen bahan bakar lainnya merk STP
kondisinya botol asli bro, masih disegel dan ada aluminium foilnya, jadi untung bukan barang aspal
trus kondisi tangki gak pernah kurang dari setengah full, jadi kemungkinan kotoran dasar tangki gak naik ke bawa ke ruang injector dan ruang pembakaran
sesuai saran p imsus
ane barusan sudah kuras semua cairan di BERES Hyundai di BDG yaitu air radiator, PS, oli rem, kopling
busi masih bagus, saringan udara juga masih bersih, cek juga semua kelistrikan pake sensor hyundai dan skalian tune up
tapi Beres gak punya alat detektor tuk lihat fungsi injektor dan kompresi, yooo wis seadanya aja
serta minta stel ECU agar bisa lari kencang tapi tidak boros dan bisa pake premium sebab masih ingin menikmati subsidi negara
ane diskusi ama para mekanik hyundai ttg asal usul hyundai dari mitsu
jawabnya emang generasi awal spt elantra, sama persis dengan Mitsu
tapi yang baru2 mungkin hyundai sdh ngembangin sendiri teknologinya, ini kata mereka sih
sebab tadi ane sua juga ama mekanik gaek yg lagi nyervis boilnya dan ane tanya2 ttg riwayat hyundai dan mitsu
yaa jadi nambah ilmu sharing ama mereka
ane pernah nanya beda antara manual book dg buku servis, terjawab sudah
ane keliling liatin mesin mesin beberapa tipe hyundai yang lagi servis, ternyata ada kemiripan pake mesin SOHC 16 Valve injection mulai getz, atoz, avega, accent, yang beda QC30 bermesin 6V 24 DOHC 3000
trus ane tanya mekaniknya kenapa begitu ? dia aja baru denger kayaknya pertanyaan ane, aneh juga tuh mekanik
padahal santa fe khan mesinnya beda banget ama yang mobil sejuta ummat tadi, termasuk avega, bodi doang baru sementara mesin mah masih SOHC dengan CC dibawah 2000
pas pulang abis servis, ane test speed 160 kpj di tol cipularang, sebab ana pas 140 kpj didim ame BMW sation dan livina 1.5 XV, lalu ane kejar aja skalian test, wah enank tenan bisa juga kejar mereka dan gak malu-maluin
tapi berhubung lalin agak padat sebab mau liburan ane biarin aja mereka lewat duluan, sudah abis nyaliku
kayaknya sekarang sudah enak tuh santiku
ane lagi mau coba cuci /bersiin ruang bakar mesin pake spirit seperti yang pernah ane sampaikan sebelumnya
apa sudah ada yang nyoba ? klo di BDG dimana yaaa ? sebab yang ane tahu baru ada di JKT
semoga bermanfaat
gimana santi p imsus masih belum kelar diopname ?
nah ini botolnya masih belum ane buang, merek STP complete fuel system cleaner ukuran 354 ml ,ane beli di ACE ware spt para bro diatas pernah sebut
cara pakenya : tuang semua isi botol ke tangki bensin ukuran 40 sd 85 liter dengan kondisi penuh dan dapat dicampur dengan suplemen bahan bakar lainnya merk STP
kondisinya botol asli bro, masih disegel dan ada aluminium foilnya, jadi untung bukan barang aspal
trus kondisi tangki gak pernah kurang dari setengah full, jadi kemungkinan kotoran dasar tangki gak naik ke bawa ke ruang injector dan ruang pembakaran
sesuai saran p imsus
ane barusan sudah kuras semua cairan di BERES Hyundai di BDG yaitu air radiator, PS, oli rem, kopling
busi masih bagus, saringan udara juga masih bersih, cek juga semua kelistrikan pake sensor hyundai dan skalian tune up
tapi Beres gak punya alat detektor tuk lihat fungsi injektor dan kompresi, yooo wis seadanya aja
serta minta stel ECU agar bisa lari kencang tapi tidak boros dan bisa pake premium sebab masih ingin menikmati subsidi negara
ane diskusi ama para mekanik hyundai ttg asal usul hyundai dari mitsu
jawabnya emang generasi awal spt elantra, sama persis dengan Mitsu
tapi yang baru2 mungkin hyundai sdh ngembangin sendiri teknologinya, ini kata mereka sih
sebab tadi ane sua juga ama mekanik gaek yg lagi nyervis boilnya dan ane tanya2 ttg riwayat hyundai dan mitsu
yaa jadi nambah ilmu sharing ama mereka
ane pernah nanya beda antara manual book dg buku servis, terjawab sudah
ane keliling liatin mesin mesin beberapa tipe hyundai yang lagi servis, ternyata ada kemiripan pake mesin SOHC 16 Valve injection mulai getz, atoz, avega, accent, yang beda QC30 bermesin 6V 24 DOHC 3000
trus ane tanya mekaniknya kenapa begitu ? dia aja baru denger kayaknya pertanyaan ane, aneh juga tuh mekanik
padahal santa fe khan mesinnya beda banget ama yang mobil sejuta ummat tadi, termasuk avega, bodi doang baru sementara mesin mah masih SOHC dengan CC dibawah 2000
pas pulang abis servis, ane test speed 160 kpj di tol cipularang, sebab ana pas 140 kpj didim ame BMW sation dan livina 1.5 XV, lalu ane kejar aja skalian test, wah enank tenan bisa juga kejar mereka dan gak malu-maluin
tapi berhubung lalin agak padat sebab mau liburan ane biarin aja mereka lewat duluan, sudah abis nyaliku
kayaknya sekarang sudah enak tuh santiku
ane lagi mau coba cuci /bersiin ruang bakar mesin pake spirit seperti yang pernah ane sampaikan sebelumnya
apa sudah ada yang nyoba ? klo di BDG dimana yaaa ? sebab yang ane tahu baru ada di JKT
semoga bermanfaat
gimana santi p imsus masih belum kelar diopname ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Halo pak inoz, sorry baru sempet OL nih. Santi saya belum kelar, mungkin 2 mingguan lagi. Ngga apa2lah...sabar.
Untuk mesin dengan kode awalan G4 ini kalo di Mitsu disebut 4G hehehe...dibolak balik tok. Kalo DNA-nya sama = "Sirius Engine" Kalo pak Inoz iseng2 mau swap mesinnya Santi, tinggal bolt on sama punya Mitsu seri 4G63T (2000 cc)->mesin legendaris bersama Tommi Makkinen juara WRC dulu. Mesin 4G63T ini biasanya dipake di seri Evolution lama (tapi yg bener2 Evo tulen, bukan Evo jadi2an, alias seri Lancer yg di model Evo, soalnya mesinnya lain), bisa sekalian sama turbo-nya atau kalau mau mesin yg lebih besar bisa pake 4G64 (2400 cc), pasti terpuaskan hobby ngebutnya.........
Kalo mau lebih performa tapi biaya ringan, sesuai saran bung poeticmind, di-porting+polished-kan. Kira2 0.4 - 1 mm, dan yg penting polished-nya halus. Estimasi, tenaga bisa naik 10%-15%. Biaya kira2 3 juta - 4.5 juta.
Wah, untuk proses carbon-cleaner (bersih2 ruang bakar), saya nggak tahu pak kalo daerah bandung....
Untuk mesin dengan kode awalan G4 ini kalo di Mitsu disebut 4G hehehe...dibolak balik tok. Kalo DNA-nya sama = "Sirius Engine" Kalo pak Inoz iseng2 mau swap mesinnya Santi, tinggal bolt on sama punya Mitsu seri 4G63T (2000 cc)->mesin legendaris bersama Tommi Makkinen juara WRC dulu. Mesin 4G63T ini biasanya dipake di seri Evolution lama (tapi yg bener2 Evo tulen, bukan Evo jadi2an, alias seri Lancer yg di model Evo, soalnya mesinnya lain), bisa sekalian sama turbo-nya atau kalau mau mesin yg lebih besar bisa pake 4G64 (2400 cc), pasti terpuaskan hobby ngebutnya.........
Kalo mau lebih performa tapi biaya ringan, sesuai saran bung poeticmind, di-porting+polished-kan. Kira2 0.4 - 1 mm, dan yg penting polished-nya halus. Estimasi, tenaga bisa naik 10%-15%. Biaya kira2 3 juta - 4.5 juta.
Wah, untuk proses carbon-cleaner (bersih2 ruang bakar), saya nggak tahu pak kalo daerah bandung....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^ Om imsus2c
klo dah kelar si santi mo ikutan test drive yah....
klo dah kelar si santi mo ikutan test drive yah....
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
om Tonie...kalau ada waktu dan lagi iseng2, silakan lihat2 Santi saya yg lagi di-preteli mesinnya di OMS Sby...welcome...
Kebetulan saya juga butuh orang buat jalanin "engine break in" selama 1000-1500 KM pertama nih (kalo sudah selesai overhaul-nya). Tapi selama break in.....ga boleh lari lebih dari 80Kph....ga boleh lewat RPM 4000....ga boleh buat tarik2an....ga boleh muat banyak2....hehehe....
om Tonie...kalau ada waktu dan lagi iseng2, silakan lihat2 Santi saya yg lagi di-preteli mesinnya di OMS Sby...welcome...
Kebetulan saya juga butuh orang buat jalanin "engine break in" selama 1000-1500 KM pertama nih (kalo sudah selesai overhaul-nya). Tapi selama break in.....ga boleh lari lebih dari 80Kph....ga boleh lewat RPM 4000....ga boleh buat tarik2an....ga boleh muat banyak2....hehehe....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Sudah ta coba yg di pahlawan....ada, tapi ya nunggu indent (2-3 minggu)....yo wis ga' opo2...sekalian indent yg lain2 juga hehehe.....tonie wrote:^^ mini santa fe nya standar ajah Om.... blom ada rencana swap dll deh..... paling2 klo ada rejeki lebih mo beli greedy e manage yg blue... klo untuk roof rack nya dah d coba di hyundai yg d jalan sulawesi/pahlawan ? di jemur juga ada cahaya hyundai juga lho....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bung tonie dan imsus
klo lagi ke toko hyundai tolong mbok yaa ditanyakan tentang asesoris yang ingin saya tambahkan ke santiku seprti foglamp, roofrail dan roof rack, tanduk, talang air dan lamp ketiga blakang, apa ada sein pd kaca spion
berapa harganya biar saya ada gambaran tuk nambah barang2 tersebut, trutama siapin duitnya
klo pesen p imsus dimana ? di Beres or toko hyundai biasa
suwun bantuannya
klo lagi ke toko hyundai tolong mbok yaa ditanyakan tentang asesoris yang ingin saya tambahkan ke santiku seprti foglamp, roofrail dan roof rack, tanduk, talang air dan lamp ketiga blakang, apa ada sein pd kaca spion
berapa harganya biar saya ada gambaran tuk nambah barang2 tersebut, trutama siapin duitnya
klo pesen p imsus dimana ? di Beres or toko hyundai biasa
suwun bantuannya