Konon, katanya ... biaya pijat refleksi-nya lebih mahal dari biaya maintenance Katana, om Modakbarfit wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 15:48 menurut saya frugal living with cars paling mantep adalah pakai Suzuki Katana.
itu mobil dirawat sederhana mudah banget, dirawat jadikan OEM-OEM CBU jepangan apa negeri mana juga bisa.
cuman kalau udah urusan kenyamanan sama health cost gara2 ajrut2an beda lagi ahahah...
partsnya katana itu super duper murah untuk lokalan dan yang biasa-biasa saja. Lain cerita kalo sudah beli aksesoris/perintilan gaya negeri seberang misalnya.
alternatif kedua, pakai kijang kapsul.
alternatif ketiga, bisa pakai avanza
selebihnya mengikuti zaman aja. ada yang lebih mampu bisa pakai Innova.
umumnya begini, saya beranggapan semua uang yang keluar, baik itu nanti jadi investasi, aset, properti dsbnya... adalah uang yang akan hilang. Resiko hilang bisa dari force majeure (kebakaran, kemalingan, gempa, dsb) atau simply investasi bodong karena properti bermasalah, nilai asset/investment turun tidak terkendali.. atau oleh karena kondisi dan situasi pasar, maupun lingkungan sekitar.
Maka, untuk hal yang sifatnya tersier (mobil dlm hal ini) bagi umumnya wong indonesah.. harus kita minimalkan.
sampai hari ini bagi pengalaman saya, yang disebut frugal living terkait mobil itu ya pakai yang ada dirumah. Bila kita anak orang mampu jaman dulu yang bisa punya mobil, maka mobil yang diberikan ortu misalnya, atau diturunkan ke anak.. ya itu yang dipakai sampai betul-betul rusak.
Pengalaman saya punya X-Trail, lungsuran dari ortu. Saya gunakan sampai nilai ekonomisnya habis, segala parts yang masih bisa direkondisi sudah dilakukan, segala parts yang harus diganti sudah diganti. Giliran nanti ada kerusakan lagi, assy/assembly unit komplit yang harus dibeli. Nah untuk keadaan saya saat ini sangat tidak memungkinkan untuk fokus merawat, menunggu downtime masuk bengkel, dan menjalani kegiatan saya yang menyita waktu 24/7 dengan beban kerja yang tambah berat. DItambah lagi kondisi finansial saat yang akan datang ini betul-betul serasa unemployed. saya jual saja. biar diteruskan orang lain.
kepuasan beli mobil baru hanya bisa dirasakan kalau kita senang dan ada rasa bangga/pride (self pleasure/self reward) terhadap mobil yang kita miliki. Kalau hanya sekedar (maaf ya) innova, avanza, calya, agya, mobilio, karimun, datsgo, march, dsbnya yang umum dipakai sebagai people carrier/econobox.. menurut saya akan sangat sulit mendapatkan itu. jadi agak-agaknya sulit kalau mau menerapkan gaya frugal living yang puas thdp 1 mobil tersebut. karena lewat 5 tahun, akan sangat terasa outdatednya.
tapi ingat, segala sesuatu yang ada pride didalamnya, umumnya bukan pilihan ekonomis, maupun murah. Frugal beda dengan semurah-murahnya. Jadi konsep frugal itu ya.. ada variabel waktu dan biaya nya.. waktu harus bisa panjang, biaya harus bisa minim. kalau hanya salah satu, biasanya mbendol mburi/nombok di belakang. dan konsep frugal ini berkaitan dengan nilai uang pendapatan masing-masing orang. tidak bisa disamakan. hubungannya dengan kebutuhan primer dan sekunder yang harus dipenuhi vs keinginan/tabungan yang harus dimiliki.
makanya saya sering heran dengan Ojol yang pakai ADV/PCX, ataupun yang katanya buruh pakai Ninja dan motor 250cc up lainnya. Tapi itu semua memang pride level mereka, mungkin bagi kita motor biasa saja, mobil harus bagus. bagi mereka mobil tidak mampu beli atau punya tapi biasa saja, maka motor harus terbagus. Tidak bisa kita sama ratakan. Apalagi memahamkan mereka dengan konsep ndakik-ndakik tentang manajemen keuangan yang lebih rumit. YOLO saja sudah cukup bagi umumnya orang..
kepuasan beli mobkas? lebih singkat lagi honeymoon period nya.. tapi kalau itu mobil yang umum, nilai depresiasinya sdh membantu utk save money lebih banyak. andaikata ada kerusakan, tingkat kesulitannya tidak sampai bikin jebol kantong. Terbukti, setelahnya saya beli Innova bensin. Cuma pakai 1 tahun karena seluruh rencana peremajaan unit di keluarga saya batal. Saya jual lagi. Ya selain karena ada kebutuhan lebih mendesak, saya merasa kurang cocok dengan rasa berkendara Innova. Honeymoon periodnya cukup cepat selesai, padahal ya sudah modif, menambahkan, mengganti segala macam parts dan elektronik kenyamanan lainnya.
Beli mobil baru ya mahal, tapi memang 3-5 tahun pertama terasa sangat nyaman karena minim perawatan yang harus dilakukan.
seandainya bisa beli baru, menurut saya ya harus digunakan minimal 10 tahun. Jika siap menggunakan 10-15 tahun, rasanya sudah bisa dikategorikan frugal living with cars.
Kalaupun harus beli bekas, ya harus yang mudah maintenancenya, serta murah partsnya. Availability aftersalesnya terjamin kemana-mana. banyak dijelaskan bahwa OKL umumnya begitu.
berhubungan dengan itu, mobil/kendaraan yang misalnya diberikan/lungsuran dari ortu itu biasanya kelas mahal/mewah pada zamannya misalnya, ya harus siap dengan kemungkinan maintenance berat yang akan dihadapi karena usia, maupun kilometer. makanya kembali lagi, kalau hanya sekedar frugal living, maka susuki katana jawabnya. sayangnya, susuki katana pun harganya mahal ehehehe...
andaikata bisa memutar waktu, dan jalan hidup saya tentang kebutuhan dan rencana hidup saya tidak seperti saat ini prioritasnya, pasti saya akan tetap pertahankan x-trail saya.
Frugal Living, topic : Cars
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Frugal Living, topic : Cars
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
bener um
di eropa mah tetep aja banyak mobil baru
tapi klo dilihat, memang rasio transum-mobil disana lebih sehat. ga kayak disini sepertinya condong ke arah mobil
dan yg oe liat juga kebanyakan, yuropean pakai mobil ya untuk pergi / jalan jarak jauh. makanya kan disana demen bener sama disel
dah disel, manual lagi. sedap
yg modelan diesel skoda / VAG, avg fuel cons bisa 1:20-30 itu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
mbah, kalo yg ini masuk frugal living ga?ChZ wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 4:54asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.ginting wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.
tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.
pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.
enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.
jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
x3 mesin panther
https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/ ... olar-busuk
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Frugal Living, topic : Cars
betul... kuncinya sbenernya penyeimbangan rasio sih.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 2:20
bener um
di eropa mah tetep aja banyak mobil baru
tapi klo dilihat, memang rasio transum-mobil disana lebih sehat. ga kayak disini sepertinya condong ke arah mobil
dan yg oe liat juga kebanyakan, yuropean pakai mobil ya untuk pergi / jalan jarak jauh. makanya kan disana demen bener sama disel
dah disel, manual lagi. sedap
yg modelan diesel skoda / VAG, avg fuel cons bisa 1:20-30 itu
indo itu problemnya udahlah penduduknya banyak, mayoritas di jawa terutama jakarta bisa sepadat itu. efek pembangunan jakartasentris / jawasentris era mbah harto. luar jawa cuma dikeruk SDA nya.
UMR ya jomplang, sejomplang jakarta udah 4 juta up, jogja ga ada separohnya.
trus kebanyakan pra-sejahtera. yg pra-sejahtera pake motor.
ini ciri emerging market banget. transum nya gak bisa membendung pertumbuhan penduduk akhirnya low cost cars dengan kualiti menyedihkan pun jadi barang mewah. mayoritas klaas buruhnya pake r2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Frugal Living, topic : Cars
bole dijadikan pilihan kalo udah males dengan segala electrical gremlins ini X3 versi apocalypse-ready. wakakakkaka. ud visioner dia sebelum orang laen mulai dia ud mulai duluan.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 2:26 mbah, kalo yg ini masuk frugal living ga?
x3 mesin panther
https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/ ... olar-busuk
mungkin kabur duluan ke pedalaman
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jtChZ wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 4:54asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.ginting wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.
tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.
pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.
enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.
jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Frugal Living, topic : Cars
padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 775
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Frugal Living, topic : Cars
pake krisflyer visa infinite ya om? hahakendibocor wrote:Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jtChZ wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 4:54asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.ginting wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.
tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.
pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.
enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.
jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
pecinta bio solar
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 361
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Frugal Living, topic : Cars
Ada tips yang value for money kah Om buat pakai milesnya? misal buat terbang kemana atau upgrade?ctopher7 wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 10:37pake krisflyer visa infinite ya om? hahakendibocor wrote:Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jtChZ wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 4:54
asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.
ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.
tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.
pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.
enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.
jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Frugal Living, topic : Cars
kalo swap gini speedometernya gimana ya jadi gak berfungsi juga donk ya .... lalu untuk cek kondisi mesin , cek engine , speed , fuel meter gmana ya hehedarrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 2:26mbah, kalo yg ini masuk frugal living ga?ChZ wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 4:54asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.ginting wrote: ↑Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.
tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.
pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.
enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.
jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
x3 mesin panther
https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/ ... olar-busuk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
iya mbah, terakhir dari video belio sih masi pada error semua, nyala. cuma ding dong + pohon natal isinyafansdiesel wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 11:49
kalo swap gini speedometernya gimana ya jadi gak berfungsi juga donk ya .... lalu untuk cek kondisi mesin , cek engine , speed , fuel meter gmana ya hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
benerChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 3:28bole dijadikan pilihan kalo udah males dengan segala electrical gremlins ini X3 versi apocalypse-ready. wakakakkaka. ud visioner dia sebelum orang laen mulai dia ud mulai duluan.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 2:26 mbah, kalo yg ini masuk frugal living ga?
x3 mesin panther
https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/ ... olar-busuk
mungkin kabur duluan ke pedalaman
keknya itu enjin bisa outlast mobilnya sendiri um
dikasih migor jg jalan tu mesin
definisi frugal, efisiensi keuangan maksimal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
serem klo ngomongin bunga, emg idealnya nyicil dibawah 3 taunChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 7:56padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
klo urusan 5-7 taon mah gila aja bunganya
cth : https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... aan?page=3
cicilan 5 taon, total 894jt. bunganya 280jt sendiri
bukan mau menghakimi, cuma ya choose wisely aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2202
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
skrg gimana mau nyeimbangin cobaChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 3:26betul... kuncinya sbenernya penyeimbangan rasio sih.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 2:20
bener um
di eropa mah tetep aja banyak mobil baru
tapi klo dilihat, memang rasio transum-mobil disana lebih sehat. ga kayak disini sepertinya condong ke arah mobil
dan yg oe liat juga kebanyakan, yuropean pakai mobil ya untuk pergi / jalan jarak jauh. makanya kan disana demen bener sama disel
dah disel, manual lagi. sedap
yg modelan diesel skoda / VAG, avg fuel cons bisa 1:20-30 itu
indo itu problemnya udahlah penduduknya banyak, mayoritas di jawa terutama jakarta bisa sepadat itu. efek pembangunan jakartasentris / jawasentris era mbah harto. luar jawa cuma dikeruk SDA nya.
UMR ya jomplang, sejomplang jakarta udah 4 juta up, jogja ga ada separohnya.
trus kebanyakan pra-sejahtera. yg pra-sejahtera pake motor.
ini ciri emerging market banget. transum nya gak bisa membendung pertumbuhan penduduk akhirnya low cost cars dengan kualiti menyedihkan pun jadi barang mewah. mayoritas klaas buruhnya pake r2.
transum aja dari rumah oe bisa 30-40 menit sendiri. mau naik grab R2 aja ud 30-40ribu sekali jalan
developer real estate jg bisa dipertanyakan planning spt apa, kebanyakan oe lihat jarang bgt yg integrated dgn transum. di sisi lain juga pemerintah mungkin ga strict amat soal nyimbangin rasio itu
itu LRT di klp gading aja cuma jadi prasasti doang, abisnya kaga nyambung ke pusat kota
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 851
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Frugal Living, topic : Cars
Developer real estate itu planning tentu mengikuti maunya market mbah, jangan salahin developer karena mereka tentu bikin sesuai permintaan marketdarrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:44
developer real estate jg bisa dipertanyakan planning spt apa, kebanyakan oe lihat jarang bgt yg integrated dgn transum. di sisi lain juga pemerintah mungkin ga strict amat soal nyimbangin rasio itu
itu LRT di klp gading aja cuma jadi prasasti doang, abisnya kaga nyambung ke pusat kota
Nah kalau mau nurutin dengkulnya orang Indo yg malasnya minta ampun untuk disuruh jalan kaki dan berdiri di kereta, tentu bikin tagline "5 menit dari stasiun KRL/LRT/MRT" itu kurang menarik. Jauhhh lebih menarik bikin tagline "5 menit dari tol JORR" (yang walau kenyataannya kadang2 waktu segitu cuma bisa dicapai kalau tengah malem dan nyetir pedal to kampret jarum sepit mentok kanan )
Maka dari itu, munculah perumahan2 seperti alam sutera, BSD, dll yang jalannya lebar2 ngalahin lebarnya jalan tol, mulus2 pulak, pepohonan banyak dan rindang, aspal mulus2, jalur sepeda dicat bagus2, tapi transportasi umumnya nol besar. Perumahan elit, transum syulittt
Coba aja liat, tangerang kota walau gitu2 masih ada trans kota tangerang yg katanya tayo2an, lah tangsel ada apaan?? Transumnya cuma ngandelin KRL green line yg ke rangkas sama transjkt rute S11 yg lewat jalan raya serpong doang... Padahal perumahannya keren2 kaya alam sutera dan BSD, jalannya lebar2, penduduknya juga banyak... Kalah sama komplek rumah ane yang ga keren2 amat, tapi jalan keluar gerbang komplek udah ada rute feeder transjakarta
Yaa tapi zaman udah mulai berubah sii... Paling engga buat apartment sekarang kadang ane udah mulai ngeliat yang ngiklaninnya "dekat dengan stasiun LRT/MRT/KRL" apalagi kalau apart yg memang konsepnya dibangun TOD, atau apart yg dibangun pengembang public transport kaya beberapa apart yg dibangun adhi karya di sebelah stasiun LRT jabodebek yg dia bikin. Tapi kalau komplek perumahan baru sih kayanya msh belum ya?
Untuk LRT gading mah ditunggu tanggal mainnya aja. Itukan punyanya DKI, konon udah mulai dianggarkan buat lanjut sampe manggarai. Yaa gak sampe dukuh atas kaya rencana awal sih, tp paling engga cukup membantu lah buat orang gading dan rawamangun kalo mau naik KRL ke manggarai, atau kalau mau naik kereta keluar kota kalau nanti udah jadi pindah ke manggarai. Kedepannya okupansi pasti akan ada kenaikan. Konon kalo gasalah ground breaking akhir tahun ini apa awal tahun depan gitu, kalau gak molor...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Frugal Living, topic : Cars
Yg gw cerita di grup kemaren pas bca expo iseng2 nanya motor. Harga 60an jt, dp 6 jt cicilan 2 lebih selama 3 taon. Ga berasa berat kan, tp diitung2 total mepet 90 jt itulah yg bikin ngiler apa2 kredit. Taunya gaji tiap bulan uda ga bs nutup cicilanChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 7:56padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
Iye um, kartu kredit sejuta umat
Bebas lah om mau upgrade or beli tiketnya aja sesuai kemampuan pantat bisa sejauh apa naek kelas jelata (baca: ekonomi)
Masalahnya kf kalo nukerin harus jauh2 hari. Kalo nukerin untuk 2-3 bulan kedepan pasti waiting list. Minimal 6 bulan baru tiket gawsa waiting list segala. Gw lg nunggu waiting list nih mo ke jepang oktober, entah dpt apa nggak. Kalo ga dpt paling januari yg uda pasti gawsa waiting list. Kalo rute ga favorit entah ya lama ga waiting listnya. Ya maklumlah namanya jg tiket gratisan.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Frugal Living, topic : Cars
Frugal living itu yaa yg ada sekarang dipake sampai titik darah penghabisan..
Toh repair akan selalu ke lebih murah daripada beli baru.
Satu mobil untuk weekdays dan weekend.
Toh repair akan selalu ke lebih murah daripada beli baru.
Satu mobil untuk weekdays dan weekend.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Frugal Living, topic : Cars
Apakah ini yang membuat Karimun kotak dari dulu harga bekasnya segitu - segitu aja? haha
Ini saya perhatiin di marketplace Karimun kotak harganya segituuuuuu aja, mungkin udah tangan ke-3, ke-4 ..
Ini saya perhatiin di marketplace Karimun kotak harganya segituuuuuu aja, mungkin udah tangan ke-3, ke-4 ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Frugal Living, topic : Cars
Menarik nih membahas developer perumahan ...rakyatwkwkland wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 15:01Developer real estate itu planning tentu mengikuti maunya market mbah, jangan salahin developer karena mereka tentu bikin sesuai permintaan marketdarrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:44
developer real estate jg bisa dipertanyakan planning spt apa, kebanyakan oe lihat jarang bgt yg integrated dgn transum. di sisi lain juga pemerintah mungkin ga strict amat soal nyimbangin rasio itu
itu LRT di klp gading aja cuma jadi prasasti doang, abisnya kaga nyambung ke pusat kota
Nah kalau mau nurutin dengkulnya orang Indo yg malasnya minta ampun untuk disuruh jalan kaki dan berdiri di kereta, tentu bikin tagline "5 menit dari stasiun KRL/LRT/MRT" itu kurang menarik. Jauhhh lebih menarik bikin tagline "5 menit dari tol JORR" (yang walau kenyataannya kadang2 waktu segitu cuma bisa dicapai kalau tengah malem dan nyetir pedal to kampret jarum sepit mentok kanan )
Maka dari itu, munculah perumahan2 seperti alam sutera, BSD, dll yang jalannya lebar2 ngalahin lebarnya jalan tol, mulus2 pulak, pepohonan banyak dan rindang, aspal mulus2, jalur sepeda dicat bagus2, tapi transportasi umumnya nol besar. Perumahan elit, transum syulittt
Coba aja liat, tangerang kota walau gitu2 masih ada trans kota tangerang yg katanya tayo2an, lah tangsel ada apaan?? Transumnya cuma ngandelin KRL green line yg ke rangkas sama transjkt rute S11 yg lewat jalan raya serpong doang... Padahal perumahannya keren2 kaya alam sutera dan BSD, jalannya lebar2, penduduknya juga banyak... Kalah sama komplek rumah ane yang ga keren2 amat, tapi jalan keluar gerbang komplek udah ada rute feeder transjakarta
Yaa tapi zaman udah mulai berubah sii... Paling engga buat apartment sekarang kadang ane udah mulai ngeliat yang ngiklaninnya "dekat dengan stasiun LRT/MRT/KRL" apalagi kalau apart yg memang konsepnya dibangun TOD, atau apart yg dibangun pengembang public transport kaya beberapa apart yg dibangun adhi karya di sebelah stasiun LRT jabodebek yg dia bikin. Tapi kalau komplek perumahan baru sih kayanya msh belum ya?
Untuk LRT gading mah ditunggu tanggal mainnya aja. Itukan punyanya DKI, konon udah mulai dianggarkan buat lanjut sampe manggarai. Yaa gak sampe dukuh atas kaya rencana awal sih, tp paling engga cukup membantu lah buat orang gading dan rawamangun kalo mau naik KRL ke manggarai, atau kalau mau naik kereta keluar kota kalau nanti udah jadi pindah ke manggarai. Kedepannya okupansi pasti akan ada kenaikan. Konon kalo gasalah ground breaking akhir tahun ini apa awal tahun depan gitu, kalau gak molor...
Bbrpa teman aku yg tinggal di perumahan cluster BSD sdh menyerah, rmhnya mau dijual, mau balik tinggal di Jkt
Gak kuat dgn ongkos transportasi & buang waktu di jalan karena masih nguli di Jakarta. Perumahan cluster memang menarik secara fasilitas, lingkungan dan design tapi tade-offnya di transportasi & waktu (kalau kerja di Jkt)
IMHO, perumahan cluster di pinggir Jakarta lebih cocok buat boss2 yg punya waktu fleksibel & keuangan mapan.
Kalau masih nguli yaaa gitu deh ceritanya ...
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Frugal Living, topic : Cars
kalo strict nanti takut gak pada jualan mobil dimari om jualan mobil di indo klo kata om NR kan high risk low returndarrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:44
skrg gimana mau nyeimbangin coba
transum aja dari rumah oe bisa 30-40 menit sendiri. mau naik grab R2 aja ud 30-40ribu sekali jalan
developer real estate jg bisa dipertanyakan planning spt apa, kebanyakan oe lihat jarang bgt yg integrated dgn transum. di sisi lain juga pemerintah mungkin ga strict amat soal nyimbangin rasio itu
itu LRT di klp gading aja cuma jadi prasasti doang, abisnya kaga nyambung ke pusat kota
yang sangat diuntungkan dari jeleknya transum ini ya pabrikan motor. wkwkwkkwkw. krn harusnya pengguna motor yang sangat banyak ini kan yang ditargetkan pakai transum.
ciri ciri development car-centric banget. rumah camer di BSD kmaren jalan2 emang enak sih kalo sepi...rakyatwkwkland wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 15:01
Maka dari itu, munculah perumahan2 seperti alam sutera, BSD, dll yang jalannya lebar2 ngalahin lebarnya jalan tol, mulus2 pulak, pepohonan banyak dan rindang, aspal mulus2, jalur sepeda dicat bagus2, tapi transportasi umumnya nol besar. Perumahan elit, transum syulittt
tapi ya gitu, di peak hours padatnya gila-gilaan.
muter muter sekitaran situ juga keknya susah ini kalo gak punya kendaraan pribadi.
ampir mirip di surabaya kota zaman dulu. car-centric banget apalagi surabaya barat. skrg udah agak mendingan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2851
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246
Re: Frugal Living, topic : Cars
emang ngeri sih bunga cicilan apalg mobil bekas bisa diatas 10% per tahun, saya masih ada on going 1 padahal paling males beli mbl cicil tp kemarin keperluan mbl keluarga agak mendesak wkwk, september ini lunas (pgn lunasin sekarang tp kena biaya penalti ga jelas). beli pas pandemi untungnya jd ya seri lah sama harga sekarang wkwk.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:39serem klo ngomongin bunga, emg idealnya nyicil dibawah 3 taunChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 7:56padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
klo urusan 5-7 taon mah gila aja bunganya
cth : https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... aan?page=3
cicilan 5 taon, total 894jt. bunganya 280jt sendiri
bukan mau menghakimi, cuma ya choose wisely aja
beli mbl 650, cuma cicil 300 jt sih, tp kalo dihitung cicil 2 tahun sama dengan 730 jtan ujung2 nya sama biaya asuransi admin dll. kl beli mbl bekas ya sebisa mungkin cash aja menurut saya gausah di paksain, kecuali kebutuhan mendesak, itupun kl bs setaun aja nyicilnya.
udah mau lunas lgs deh itu sales2 bank tsb tawarin re-leasing lg.
Last edited by farizfsa on Wed Jun 14, 2023 4:36, edited 1 time in total.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Frugal Living, topic : Cars
Jadi inget temen gw beli rumah di BSD ujung cluster frejjja cmiiw tinggal 6 bulan kerja di Sudirman nyerah malah ngontrak lagi di apart Kemayoran jadi kena sewa apart sama cicilan rumah ...ujungnya masi denial alasan invest ...padahal harga tanahnya Uda selangit siapa yang mau beli..Or4cle wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 2:29Menarik nih membahas developer perumahan ...rakyatwkwkland wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 15:01Developer real estate itu planning tentu mengikuti maunya market mbah, jangan salahin developer karena mereka tentu bikin sesuai permintaan marketdarrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:44
developer real estate jg bisa dipertanyakan planning spt apa, kebanyakan oe lihat jarang bgt yg integrated dgn transum. di sisi lain juga pemerintah mungkin ga strict amat soal nyimbangin rasio itu
itu LRT di klp gading aja cuma jadi prasasti doang, abisnya kaga nyambung ke pusat kota
Nah kalau mau nurutin dengkulnya orang Indo yg malasnya minta ampun untuk disuruh jalan kaki dan berdiri di kereta, tentu bikin tagline "5 menit dari stasiun KRL/LRT/MRT" itu kurang menarik. Jauhhh lebih menarik bikin tagline "5 menit dari tol JORR" (yang walau kenyataannya kadang2 waktu segitu cuma bisa dicapai kalau tengah malem dan nyetir pedal to kampret jarum sepit mentok kanan )
Maka dari itu, munculah perumahan2 seperti alam sutera, BSD, dll yang jalannya lebar2 ngalahin lebarnya jalan tol, mulus2 pulak, pepohonan banyak dan rindang, aspal mulus2, jalur sepeda dicat bagus2, tapi transportasi umumnya nol besar. Perumahan elit, transum syulittt
Coba aja liat, tangerang kota walau gitu2 masih ada trans kota tangerang yg katanya tayo2an, lah tangsel ada apaan?? Transumnya cuma ngandelin KRL green line yg ke rangkas sama transjkt rute S11 yg lewat jalan raya serpong doang... Padahal perumahannya keren2 kaya alam sutera dan BSD, jalannya lebar2, penduduknya juga banyak... Kalah sama komplek rumah ane yang ga keren2 amat, tapi jalan keluar gerbang komplek udah ada rute feeder transjakarta
Yaa tapi zaman udah mulai berubah sii... Paling engga buat apartment sekarang kadang ane udah mulai ngeliat yang ngiklaninnya "dekat dengan stasiun LRT/MRT/KRL" apalagi kalau apart yg memang konsepnya dibangun TOD, atau apart yg dibangun pengembang public transport kaya beberapa apart yg dibangun adhi karya di sebelah stasiun LRT jabodebek yg dia bikin. Tapi kalau komplek perumahan baru sih kayanya msh belum ya?
Untuk LRT gading mah ditunggu tanggal mainnya aja. Itukan punyanya DKI, konon udah mulai dianggarkan buat lanjut sampe manggarai. Yaa gak sampe dukuh atas kaya rencana awal sih, tp paling engga cukup membantu lah buat orang gading dan rawamangun kalo mau naik KRL ke manggarai, atau kalau mau naik kereta keluar kota kalau nanti udah jadi pindah ke manggarai. Kedepannya okupansi pasti akan ada kenaikan. Konon kalo gasalah ground breaking akhir tahun ini apa awal tahun depan gitu, kalau gak molor...
Bbrpa teman aku yg tinggal di perumahan cluster BSD sdh menyerah, rmhnya mau dijual, mau balik tinggal di Jkt
Gak kuat dgn ongkos transportasi & buang waktu di jalan karena masih nguli di Jakarta. Perumahan cluster memang menarik secara fasilitas, lingkungan dan design tapi tade-offnya di transportasi & waktu (kalau kerja di Jkt)
IMHO, perumahan cluster di pinggir Jakarta lebih cocok buat boss2 yg punya waktu fleksibel & keuangan mapan.
Kalau masih nguli yaaa gitu deh ceritanya ...
Lama lama jadi greater fool theory kayak crypto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4347
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Frugal Living, topic : Cars
Gak papa, mbah...280 juta itu anggap pelumas prekenomian nasional.darrelund wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 13:39serem klo ngomongin bunga, emg idealnya nyicil dibawah 3 taunChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 7:56padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
klo urusan 5-7 taon mah gila aja bunganya
cth : https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... aan?page=3
cicilan 5 taon, total 894jt. bunganya 280jt sendiri
bukan mau menghakimi, cuma ya choose wisely aja
hitung hitung ikut berpartisipasi membuat para bankers, pejabat leasing company jadi kaya dan jalan jalan ke LN.
juga turut menggairahkan ekonomi nasional krn trickle down effectnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Frugal Living, topic : Cars
Karna karimun mau didepresiasi kaya gimanapun harganya sebenernya udah murah ,itu mobil mau dipretelin,dikiloin jadi besi tua harganya masih sama dengan harga bekasnya sekarang karna materialnya kualitasnya cukup bagus,bukan masalah irit atau ngga sih menurut saya
Anda bandingin aja material dan ketebalan bodi karimun vs agya/brio sekarang saja menang mana
Lintah darat emang harus gitu strategi halusnya supaya dia ttp dpt untung,tidak ada kredit macet,bayangin dia maksain konsumennya ngelunasin cicilan 3-5 tahun,kalo konsumennya ga mampu trus gagal bayar,mau properti/mobilnya ditarik juga jualnya susah,nilainya juga udah terdepresiasiChZ wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 7:56padahal ntuh bunga kredit akhirnya lebih gede dari biaya repair mobil bekas yang katanya mahalkendibocor wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 4:36
Masalahnya 1, tagihan bengkel ga bisa dijadiin angsuran uda pada kebiasaan nyicil jdnya suruh bayar cash sulit. Kalo beli mobil baru kn bisa kredit, ga berasa bayar cicilannya drpd sekali keluar gubrak 100jt
Bisa sih kredit pake cc, tp ga semua bengkel nerima cc jg.
Maren gw ganti oli transmisi aja 4 jeti ga bs pake cc. Bukannya mau kredit tp sayang jg 500 miles hilang
gw pernah iseng itung bunga cicilan mobil kelas 300 juta aja bikin perih kalo nyicil udah ambil yang 3 taun. kebayang skrg nyicil bisa sampe 5 tahun 7 tahun. mobil 300juta ambil yang 5 tahun itu total bayarnya bisa ampe 400 juta lebih wakakkaka. 100jt++ bunga cicilan doank. sakit.
Jadi dia harus tahu kemampuan konsumennya nyicil seberapa,apalagi abis pandemi banyak yg mulai start usaha lagi cashflownya tentu tidak sebagus sebelum pandemi
Jadi lintah daratnya panjangin tenor utang konsumennya yg penting cicilannya lancar terbayar dan klo cashflow lancar lintah daratnya ttp hidup dari bunga cicilan konsumennya yg makin lama makin nambah
Makannya alternatif org yg ga mampu nyicil mobil sekarang tp butuh kendaraan,belinya mobil stnk/tanpa surat/bodong
Laris tuh omzetnya
Di jalanan juga krn polisi skrg udah males turun ke jalan,anda ga bisa bedain mana mobil sah bersurat sama yg tidak bersurat resmi kecuali proses jual beli
Stnk aja sekarang bisa dibikin duplikatnya yg cukup bagus kualitasnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4347
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Frugal Living, topic : Cars
kalau membahas soal rumah, real estate maka menurut saya gini:fansdiesel wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 4:35Jadi inget temen gw beli rumah di BSD ujung cluster frejjja cmiiw tinggal 6 bulan kerja di Sudirman nyerah malah ngontrak lagi di apart Kemayoran jadi kena sewa apart sama cicilan rumah ...ujungnya masi denial alasan invest ...padahal harga tanahnya Uda selangit siapa yang mau beli..Or4cle wrote: ↑Wed Jun 14, 2023 2:29Menarik nih membahas developer perumahan ...rakyatwkwkland wrote: ↑Tue Jun 13, 2023 15:01
Developer real estate itu planning tentu mengikuti maunya market mbah, jangan salahin developer karena mereka tentu bikin sesuai permintaan market
Nah kalau mau nurutin dengkulnya orang Indo yg malasnya minta ampun untuk disuruh jalan kaki dan berdiri di kereta, tentu bikin tagline "5 menit dari stasiun KRL/LRT/MRT" itu kurang menarik. Jauhhh lebih menarik bikin tagline "5 menit dari tol JORR" (yang walau kenyataannya kadang2 waktu segitu cuma bisa dicapai kalau tengah malem dan nyetir pedal to kampret jarum sepit mentok kanan )
Maka dari itu, munculah perumahan2 seperti alam sutera, BSD, dll yang jalannya lebar2 ngalahin lebarnya jalan tol, mulus2 pulak, pepohonan banyak dan rindang, aspal mulus2, jalur sepeda dicat bagus2, tapi transportasi umumnya nol besar. Perumahan elit, transum syulittt
Coba aja liat, tangerang kota walau gitu2 masih ada trans kota tangerang yg katanya tayo2an, lah tangsel ada apaan?? Transumnya cuma ngandelin KRL green line yg ke rangkas sama transjkt rute S11 yg lewat jalan raya serpong doang... Padahal perumahannya keren2 kaya alam sutera dan BSD, jalannya lebar2, penduduknya juga banyak... Kalah sama komplek rumah ane yang ga keren2 amat, tapi jalan keluar gerbang komplek udah ada rute feeder transjakarta
Yaa tapi zaman udah mulai berubah sii... Paling engga buat apartment sekarang kadang ane udah mulai ngeliat yang ngiklaninnya "dekat dengan stasiun LRT/MRT/KRL" apalagi kalau apart yg memang konsepnya dibangun TOD, atau apart yg dibangun pengembang public transport kaya beberapa apart yg dibangun adhi karya di sebelah stasiun LRT jabodebek yg dia bikin. Tapi kalau komplek perumahan baru sih kayanya msh belum ya?
Untuk LRT gading mah ditunggu tanggal mainnya aja. Itukan punyanya DKI, konon udah mulai dianggarkan buat lanjut sampe manggarai. Yaa gak sampe dukuh atas kaya rencana awal sih, tp paling engga cukup membantu lah buat orang gading dan rawamangun kalo mau naik KRL ke manggarai, atau kalau mau naik kereta keluar kota kalau nanti udah jadi pindah ke manggarai. Kedepannya okupansi pasti akan ada kenaikan. Konon kalo gasalah ground breaking akhir tahun ini apa awal tahun depan gitu, kalau gak molor...
Bbrpa teman aku yg tinggal di perumahan cluster BSD sdh menyerah, rmhnya mau dijual, mau balik tinggal di Jkt
Gak kuat dgn ongkos transportasi & buang waktu di jalan karena masih nguli di Jakarta. Perumahan cluster memang menarik secara fasilitas, lingkungan dan design tapi tade-offnya di transportasi & waktu (kalau kerja di Jkt)
IMHO, perumahan cluster di pinggir Jakarta lebih cocok buat boss2 yg punya waktu fleksibel & keuangan mapan.
Kalau masih nguli yaaa gitu deh ceritanya ...
Lama lama jadi greater fool theory kayak crypto
1) Tuhan sudah berhenti menciptakan langit dan bumi pada hari ke 7 (supply stop sudah), tapi manusia belum berhenti mencipta anak. at least untuk kondisi Indonesia. jadi masih akan ada demand.
2) Dalam jangka pendek, memang daerah2 yg udah kemahalan harga tanahnya (sudah digoreng sejak 2000an awal sampai sekarang sudah crispy banget) maka harga akan stagnant. kalaupun naek maka gak banyak. dulu beli Latinos 500 jtan maka dalam 3 thn sudah 1 M..
3) Tapi masih mendinglah dibanding Crypto, yang barang ghoib, unregulated pula. .. tapi banyak orang terperdaya dan banyak orang2 pura2 percaya karena udah terlanjur beli...daripada harga ambyar mending ikut jadi promotor..minimal sampai bisa exit..
4) kawanku itu mesin tambang crypto sudah dihentikan. tadinya jalan terus 24 jam...dia ada bbrp unit (dibawah 10 sih skala kecil)
5) Tangsel itu emang bersandar pada KRL dan toll... selain itu tidak ada..orangnya "dianggap" (pakai tanda petik) mamu beli mobil baru pantas tinggal di BSD, Summarecon, Gading Serpong, dsk.
Tapi harus diakui sih nyaman emang lingkungan real estatenya.
saya pernah napak tilas ke rumah kontrakan saya saat pertama kawin...lokasi di Jl Cempaka Baru, dekat Sumur Batu, Jak Pus...
hadeuhh,,,udara serasa sumuk..dan bau got gak nyaman banget....pohon2 juga sedikit...
nah, kembali ke mobil...mobil itu terdepresiasi...rumah sih aman lah...
kalaupun nanti bangunan rubuh krn usia maka harga tanah tetap mampu mengcover harga awal.
hal ini tidak berlalu di apartment,,,dimana kalau abis masa HPLnya maka bye bye...
jadi antara apartment di tengah kota vs tinggal di outskirt city ... itu kembali lagi ke preferensi masing2...beda orang beda selera..
ada orang malah pindah dari apartment ke pinggiran ..karena anaknya sering lihat tetangga2 sebelah bawa pacar ganti ganti..oom oom senang...
katanya gak bagus nih untuk tumbuh kembang anak...