KielConstantine wrote: ↑Thu Jun 01, 2023 19:45
Cost to peformance jauh lebih bagus ngoprek turbo dijel (khususnya toyota) sehh. Tuh yg si om boku share. Smua parts komplit mau maen sampe boost 4 bar (60psi) juga bisa, malah skarang mulai rame maen bi-turbo dapetin 500whp torsi 1000nm gampang bener dengan budget di 100jt kecil hahaaa
Gasoline rada berat buat ngail tenaga.. parts2 cendrung lebih mahal. Mau tebus turbo ball bearing garret / borg warner aj bisa start from 25juta+ blom perintilan laen… blom lg masalah engine overheat, piston melenting. Pake fuel jelek (pertalit; pertamax) resiko piston bengkok trus ancur… lebih kompleks & manja perawatan buat tuning gasoline wkwkwk
Cuman jeleknya ono engine diesel potensi bagus dipasangin ke sasis truck berkabin ladderframe. Mau power gede jg kalo belok kg sanggup ya bikin sebel. Makanya pada berani maen drag race doang, itu jg banyakan 0-201m
tapi gak ada yang mau pasang mesin turbodiesel torsi gede di sedan apalagi front wheel drive weight distributionnya kaco keberatan depan
sementara diesel 1.4-1.6L gak ada yang oprekable. mungkin maintenance dan development cost jg jauh lebih murah gasoline turbo, figur tenaga dan power jg mirip. banyakan mesin 1.4-1.6L diesel kurang awet pake aluminium block jg ujungnya dan emisinya diperes jd segala jenis trouble muncul wkwkwkkw. 1GD di oz aja masalah dipaksa euro6
gasoline engine tuningnya biasa bukan di power tapi di powerband. sementara diesel bisa dpt power gede karna torsi nya digedein. soalnya mobil bensin sedan/hatchback rata-rata menang bobot jadi gak perlu power besar 200hp aja udah kenceng tinggal gimana optimalin itu karakter power via gearbox tuningnya sesuai peruntukan dan gimana reach itu power. emang lebih risky karena main di danger zone 4000 rpm ke atas heat dan wearnya lebih tinggi. wkwkwkwkw.
diesel yang bahaya kl tuning gak hati-hati asal main boost besar semprotan solar banyak EGT bisa melayang dan dhuarrr. wkwkwkwkwk.
darrelund wrote: ↑Thu Jun 01, 2023 18:29
b0ku wrote: ↑Thu Jun 01, 2023 15:40
nyari barangnya honda aja susah ini malah banyak pritilan kek gini
saya yakin zenix gak bakalan seseru ini deh......
ini tergantung um, tuner" dimari mau produknya dijual komersil ndak, toh selama ini penggerak dunia tuning disel kan banyakan thai
buka toko ijo aja banyakan produk komersil thai semua, aplg yg kelas berat macem piston, camshaft
sama ya tergantung ada tuner gede yg berani bikin gebrakan baru ndak
klo tuner gede ud mulai bikin turbo kit buat M20A mungkin bakal rame
semisal tuner antusias sama M20A, bbrp tahun lagi gabakal aneh klo tu enjin bisa 250-300hp dengan bolt-on
soalnya aftermarket gini kek telor sama ayam, klo gada yg mulai duluan ya ndak rame
tu kan di cikarang ada mahle, siapa tau ad yg nekat bikin piston forged buat M20A, gede potensinya ini, secara ni enjin global dijual dimana mana
enak nya 1 lagi, klo mau di keep long term mobil2 dgn part aftermarket bejibun biasanya berbanding lurus dengan ketersediaan parts. jd kl mau keep GD untuk 20 thn ke depan, dijamin aman itu parts
mobil kalau gak bisa dijadiin mainan sih 10 thn aja udah mulai susah partsnya.
mslhnya susah kalo mobil emang diciptakan buat disposable macem sekarang. kecuali toyota dan gazoo racing cukup gila keluarin racing parts buat M20.
tunggu aja rev atau elika keluarin hasil dyno tuning innova M20 bakal breakthrough gak wkwkwkwkw.
BMW E36 mesin M52 aja nyari parts masih gampang. gw curiga G20 yang bakal susah. soalnya liat G20 modifan di jalan aja udah langka bgt.