kalo masih selamat tuh mobil dari elctricalnya
, scotty aja ketawain katanya mobil inggris mau bikin EV lah electrical mereka aja trouble mulu
ExorT wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 17:17
Apa sih agenda politik mobil listrik dunia ini?
Apa karena minyak mau habis, jadi mereka menghemat minyak? Minyaknya untuk pabrik manufaktur, bbm pesawat, kapal, dll yang hampir tidak mungkin tergantikan oleh minyak ya?
kalo menurut saya ud kebanyakan invest di battery mungkin poli tikus dunia ud banyak yang nanem saham di perusahan2x macem tesla
, tiba2x makin lama makin terkuak dampak buruknya ya jelas aja loe maksain orang pake EV orang banyak yang petrolhead akhirnya mereka benci malah makin dicari2x kekurangnya tuh EV akhirnya jadi bad publicity, ditambah E-FUEL makin gencar di promosikan mungkin aja mereka makin panik takut gak balik modal kalo tiba2x E-FUEL take over dan kalo ud take over bisa cepet karena tinggal bikin pabrik, distribusi ud ada infrastructurenya abislah tuh market EV
ditambah dengan maksain image mobil ramah lingkungan akhirnya mereka delusional, kalo menurut saya ini lagi pada delusional massal dari EV fanboy sampe politukus dunia.....
sama mereka juga ngejar setoran target ngurangin efek global warming, yaaah kalo gak ngadi2x sih yang ini kadang lama2x curiga mereka juga ngadi2x padahal biang keroknya sebenernya dari hutan yang dirusak juga sama mereka kita aja yang jadi kambing item, gak pernah liat tuh dari mereka ada program yang aggresive buat benerin tuh hutan2x yang rusak
kalo urusan minyak kelapa itu ud bisa gantiin diesel sabutnya bisa di pake buat ganti batubara harusnya buat industri gak masalah, malah denger2x singapore coba isi minyak goreng buat gantii avtur, judulnya dengan kelapa kita ud punya Bahan bakar yang bisa di produksi terus menerus sebenernya kita ud banyak ngurangin ketergantungan sama minyak
ChZ wrote: ↑Thu Sep 29, 2022 15:38
kurang lebihnya tuh bapak2 kacamata uda ngebayangin kondisi kayak di indo, skenario yang bikin mass-EV adoption itu jatohnya impractical.
ketauannya nanti kalo sudah musim mudik atau libur akhir taun. gak usah nunggu kebakar, mau road trip aja range EV sekarang2 itu cuma buat sekali one-way. sekarang sih dengan yang pake masih dikit (mungkin gak sampe 1% populasi mobil), ya masih gak ngebayangin kalo EV sebenernya butuh infrastruktur jauh lebih besar dan lebih mahal. hubungannya udah ga linear tp eksponensial kalau bener-bener mau sustainable.
sekarang bayangin kalo mudiknya jakarta-surabaya atau jakarta-bali, ya emang non-stop driving 10-15hrs tidak aman juga jd bisa spare waktu buat bobok atau ngopi, tapi kalau sampe tengah jalan harus spare waktu buat charging sekitar +-2 jam itupun kalo gak antri dan gak ngaco chargernya, ya gak jadi praktis, sementara supir kl kuat melek sih power nap 15 menit aja dah cukup sisanya doping kafein sampe tujuan.
kalo chargernya matot, harus nambah semalem ke kota terdekat, itupun charging station cuma ada di hotel yang rate nya di atas 1jt per malem di high season krn langganan dipake staycation seleb2 bukan hotel kelas melati yang rawan dipake mesum rate nya di bawah 100k/malem atau OYO. gak jadi irit donk.
tipikal orang indo juga jarang sekali beli mobil khusus untuk urban aja kecuali orang kaya yang beli honda jazz luar kota pake alphard atau CRV. middle class indo tuh rata-rata punya 1 mobil kelas LCGC / LMPV buat segala kebutuhan dan kerja rata-rata masih pake motor. nyicil KPR rumah aja berdarah-darah boro-boro disuruh nambah mobil dan nambah daya listrik rumah. udah bener dia cm pake LCGC isi pertalite sebulan sekali aja buat pelesir.
nah ini di indo sendiri banyak orang tinggal di gang senggol ud kaya pun mereka tetep tinggal di gang senggol rumah gede mobil mewah cuma hari2x kemana2x mereka tetep naek motor karena males ngeluarin mobilnya
di luar sih banyak kasus chargernya eror kadang cuma butuh reboot dari pusatnya cuma orang gak ngerti dan di lapangan juga gak ada yang ngawasin akhirnya eror berhari2x gak ada yang urus customer liat lsg cabs nyari yang laen
kalo dah gini ngangkut alat berat pake apalagi kalo bukan balik ke diesel
pake EV bisa2x tiap 20km ngechass ud gitu ngechass dimana????
dengan ada cases begini keknya saya jadi ngerti kenapa cybertruck kagak nongol2x mungkin lagi pusing 7 keliling beresin trouble di area towing