Flush pakai apa om,, atf changer?.. Atf changer sih pasti perlu banyak atf,, 9-12 liter tergantung bengkel nya.. Kalau budget mepet saran flush metode gerlong aja.. Sering di share di mari langkah2 nya..Zevos wrote: ↑Fri Feb 09, 2024 4:25Om kalau flushing, pakai mobil rugi ga ya? Atau mending pakai oli matic biasa dulu? Mobil saya yaris 2012 btw.. dan mau beli mobil1 dexron vi atfYg Mobil saja om dexron VI, kinematics Visco @100c nya di 5.8 , kalo yg mobil 1 ATF justru d 7.sekian....gak cocok buat Toyota WS. Lagian official Mobil Indonesia gak ada jual Mobil 1 ATF.
Kalo yg LV gak d cantumkan kompatibel buat T-WS, jadi Mobil Dexron VI udah paling pas kayaknya ya, ada d cantumkan T-WS d websitenya, tapi Krn made in Korea gak d tulis T-WS nya.
Ya bener d toko lain ada yg jual 60-70 rban, tapi ane parno lah harga jomplang sama official store nya, lagian ini cuma ganti sekali 3-4 tahun.
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 706
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oli matic dan oli mesin beda flushingnya.
Oli mesin di flushing dgn oli lain setelahnya baru diisi dgn oli yg hendak dipakai.
Kalau oli matic flushing langsung dengan oli yg bakal dipakai berikutnya.
Saya flusing pakai AFW+ di grand livina L10 abis 8 liter, oli sebelumnya gak tahu merk apa tapi penggantiannya agak terlambat sih, sktr 30.000 km kondisinya sdh parah, coklat² keruh warnanya. Melihat testimoni bbrp user disini sdh mantap untuk penggantian oli matic berikutnya bakal flushing pindah ke oli mobil dex VI.
Jadi kalau bapak kedepannya mau pakai mobil dex VI langsung siapin aja 8 liter bawa ke bengkel yg punya ATF Changer selesai dah.
Kalau teknik lain terserah aja, bisa drain and refill 2x, 3x, bisa gerlong, sudah banyak dibahas disini. saya pilih flushing dengan ATF changer karena lebih cepet aja dan tidak ribet prosesnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Permisi...
Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?
Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.
sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.
Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo. Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).
Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?
Terima kasih sebelumnya
Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?
Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.
sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.
Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo. Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).
Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?
Terima kasih sebelumnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mantep tabelnyaazu wrote: ↑Sat Feb 10, 2024 18:55 Permisi...
Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?
Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.
sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.
Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).
Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?
Terima kasih sebelumnya
Spirax encer jg ya ga nyangka
Kayanya spirax bisa utk fe jg
Lah sy kmaren² pake q8 trus ke amsoil di lipindut cvtnya
Berat jg kalau liat d tabel
Bsok² coba valvoline atau shell aja kalau gtu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
azu wrote: ↑Sat Feb 10, 2024 18:55 Permisi...
Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?
Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.
sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.
Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).
Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?
Terima kasih sebelumnya
Setau saya kalau kebutuhan CVT TC, bisa substitusi ke WS karena v100nya range 5,5 sd 6,5 an
Amsoil Atf LV di 6.3 cst
Q8 Auto MV 5,8 cst
Cmiiw yah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oli Atf sebaiknya jgn dimasukin ke cvt
Cmiiw
Cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Saya carinya yg CVT FE sih om, karena di baut fillingnya tertulis FE, meskipun di service manual GSIC mintanya TC. Dan setau saya ATF tidak disarankan utk CVT meskipun visconya mirip2.
Tapi pas lihat viscosity FE ini ternyata rendah dibandingkan CVTF lain. Saya coba cari brand yg jual FE ini hanya ada Mobil, itupun tidak dijual di Indonesia. Kayanya sih kalau gini gantinya pakai TGO CVT FE aja beli di beres, liat di OL shop mah ragu palsu mana banyak yg jual pakai kemasan galon dengan label birunyg kalaublihat NTPN nya itu terdaftar di tahun 2013
Pas cek NTPN untuk TGO CVT FE ini saya lihat ada produksi ExxonMobil dan Nippon Oil/Eneos. Tapi kalau saya lihat berdasarkan foto2 yg dijual di online itu produksi Eneos semua
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Teraman yg shell CVT paling Om, mengingat v100 ya paling mendekati spek standar CVTFEazu wrote: ↑Sun Feb 11, 2024 3:22Saya carinya yg CVT FE sih om, karena di baut fillingnya tertulis FE, meskipun di service manual GSIC mintanya TC. Dan setau saya ATF tidak disarankan utk CVT meskipun visconya mirip2.
Tapi pas lihat viscosity FE ini ternyata rendah dibandingkan CVTF lain. Saya coba cari brand yg jual FE ini hanya ada Mobil, itupun tidak dijual di Indonesia. Kayanya sih kalau gini gantinya pakai TGO CVT FE aja beli di beres, liat di OL shop mah ragu palsu mana banyak yg jual pakai kemasan galon dengan label birunyg kalaublihat NTPN nya itu terdaftar di tahun 2013
Pas cek NTPN untuk TGO CVT FE ini saya lihat ada produksi ExxonMobil dan Nippon Oil/Eneos. Tapi kalau saya lihat berdasarkan foto2 yg dijual di online itu produksi Eneos semua
Screenshot_2024-02-11-09-11-54-524_com.android.chrome.jpg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
V100 paling mendekati sebenarnya Valvoline di 5.6, tapi kalau liat yg jual di Tokopedia jarang bgt hanya ada beberapa
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Ikutin Fill plug ajah.azu wrote: ↑Sat Feb 10, 2024 18:55 Permisi...
Mau nanya untuk pengguna Toyota dengan CVT Fluid FE, untuk TMO CVT Fluid FE bagaimana ya pengalamannya selama ini? Apakah ada alternatif selain pakai TMO?
Rencananya nanti di KM 100 ribuan saya mau ganti CVT Fluid di Nav1 saya dan dari record pemilik sebelumnya terakhir kali ganti itu sekitar 3 tahun lalu di Km 80ribu menggunakan Castrol Transmax CVT. sekalian juga saya mau ganti strainer jadi buka carter transmisi.
sempet nanya ke salah satu spesialis matic di Bandung yg pernah kerja di pabrik transmisi honda, untuk kuras CVTF dan ganti strainer di 1,7 juta dengan CVTF pakai Total. Karena sebelumnya pakai Castrol dan sekarang ditawarin pakai total, saya coba cari data spek untuk CVT FE ini untuk mencari tahu kesesuaiannya. Tapi saya lihat kebanyakan CVT Fluid non pabrikan itu speknya lebih mendekati ke CVT TC yg merupakan CVTF standar sebelumnya. Sebagai tambahan, di FSM Nav1 ini mintanya pakai TC tapi di fill plug di gearbox tertulisnya FE, dan pas saya coba browsing memang mobilnya keluar di peralihan dari TC ke FE. DItambah saat ini TAM juga tidak menjual CVTF TC di Indonesia.
Berikut saya coba buat komparasi berdasarkan datasheet CVT Fluid yg ada di pasaran Indo.
CVTF.PNG
Kalau lihat di tabel di atas, perbedaan utama antara TC dan FE yg lebih baru adalah Visco yg lebih rendah (lebih encer).
Beberapa pertanyaan dari saya, mohon bantuannya:
- Apakah lebih baik saya pakai lagi TMO FE saja dengan viskositas yg lebih rendah atau bisa menggunakan CVT Fluid merk lain tetapi kebanyakan lebih viskositas lebih tinggi dari standar FE Toyota? Yang mendekati spek viskositas FE ini hanya Valvoline CVT Fluid (<6 cst), sedangkan merk lain lebih mendekati TC. Bahkan PTT memberi catatan kalau dipakai di gearbox yg meminta FE akan less fuel economy.
- Efek menggunakan CVTF dengan viskositas lebih tinggi selain less fuel economy itu apa saja ya?
- Kalau saya menggunakan TMO CVT Fluid FE, saran penggantian berikutnya setelah nanti saya kuras dulu itu di berapa KM/bulan?
Terima kasih sebelumnya
Krn itu lgs dr pihak manufaktur yg masang.
Gantinya sih tetap aja (amannya) di max tiap 20rb / 2thn klo cvt.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
siap om.
berarti amannya setiap 20rb itu drain and fill aja ya.
kalau di bandung ada rekomen bengkel spesialis matic om? kalau di rumah punya car lift sih sebenernya mending kerjain sendiri
berarti amannya setiap 20rb itu drain and fill aja ya.
kalau di bandung ada rekomen bengkel spesialis matic om? kalau di rumah punya car lift sih sebenernya mending kerjain sendiri
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Wah dream big-tool banget itu punya car lift sendiri.
Bengkel mana aja bisa.
Selama kita paham caranya, jadi kita yg instruksiin.
Biasanya ke bengkel cuci mobil yg ada car lift dan bw kunci torsi sendiri
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
beli dongkrak buaya aja sama jack stand sepasang. gaskeun ... masa ganti oli matic aja ga bisa sendiri.
mampir ke tret hentul aja banyak penyamun disono
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
nah cari tukang cuci yg bisa dipinjem liftnya itu kayanya susahSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 12, 2024 4:50
Wah dream big-tool banget itu punya car lift sendiri.
Bengkel mana aja bisa.
Selama kita paham caranya, jadi kita yg instruksiin.
Biasanya ke bengkel cuci mobil yg ada car lift dan bw kunci torsi sendiri
pas kemaren2 ke bengkel detailing lihat ada scissor lift yang tidak terlalu besar, kok kayanya bagus ya dipasang di garasi. tapi lihat di online harganya lebih dari 30jt terus harus pakai listrik 3 fasa, kayanya ga mungkin beli scissor lift deh
sebenernya saya udah ada dongkrak buaya 2 ton dan jackstand 4 om omni, biasa saya pakai untuk rotasi roda dan bersihin rem yg Vios. Masalahnya ini dongkrak buayanya ga kuat angkat ini Nav1 sampai ketinggian untuk pasang jackstand
pas saya ganti oli kemarin juga kepaksa ngolong pakai dongkrak saja tanpa jack stand soalnya kalau ga didongkrak badan ga bisa masuk ke kolong untuk buka baut pembuangan dan ganti filter oli
pengen beli dongkrak buaya 3 ton yg low profile dan ketinggian angkat maksimumnya di 500mm, tapi lihat harganya udah nyentuh 2 jutaan kayanya agak susah ini perijinan ke menkeu di rumah
untuk yg sekarang mungkin saya ke spesialis matic dulu karena mau ganti strainernya juga jadi harus buka carter dulu, untuk nanti ganti oli kedepannya bisa lah sendiri sambil ngumpulin untuk beli dongkrak dan scantool yg bisa active test
meskipun untuk Nav1 ini bisa sih jumper kabel ke port OBD untuk masuk ke mode deteksi suhu transmisi dan idle control mode
sayangnya link untuk GSIC Service Manual Nav1 punya TAM sekarang udah ga bisa dibuka, tapi untuk mesin dan transmisi masih bisa lihat Service Manualnya Rav4 (yg mesin dan transmisinya sejenis) yg bisa diakses online
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11581
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
ganjel balok kayu antara dongkrak n jacking point spy dongkraknya jd tinggi reach nya.
abis itu ALWAYS pasang jeksten.
penghalang kecil itu ... masa gitu aja nyerah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
wah saya kok ga kepikiran ya masang balok kayu
brb cari kayu bekas bantalan rel kereta mudah2an bisa diselipin diantara dongkrak dan jacking pointnya
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
- Daily Vehicle: Innova Reborn
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.DOHC wrote: ↑Fri Oct 13, 2023 11:12utk rebonk1493nk wrote: ↑Thu Oct 12, 2023 11:16My bad, ternyata pada prosedur pengecekan level atf dilakukan saat engine running. Jadi yg di pan sudah ada yg dipompa ke sistem transmisinya. Thanks mbah2 atas koreksinya.k1493nk wrote:Iya mbah betul, tp ternyata di pengecekan level itu overflownya dibuka lagi (pada temp 35 derajat) terus ditunggu sampai drips come out, trus langsung ditutup lagi tanpa di tambah yg 1,5 l seperti di prosedur refill.
Jadi agak bingung...
Atau mungkin pas prosedur refill emang diisi lbh banyak dulu biar yg terganti dengan atf baru lebih banyak.
kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress
kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq
Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oli matic kalo kebanyakan bikin sluggish Om, better pas2 ajasetiabk wrote: ↑Sun Feb 25, 2024 4:01Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.DOHC wrote: ↑Fri Oct 13, 2023 11:12utk rebon
kl mo versi pelit medit pait nya, bsa dgn cara, buang oli lama ampe ga netes lg, trus isi 3 liter aj lgs, nah ntar pas suhu atf ud kisaran deket2 40 drajat, buka baut cek nya, buang kira2 segelas akua.. beress
kl mo fine tuning, laen lg caranya , tp ahh sudalah, cara bar2 d atas jg ud ckup enak koq
Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
- Daily Vehicle: Innova Reborn
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Well noted, trims ganChr1stm1 wrote: ↑Sun Feb 25, 2024 9:08Oli matic kalo kebanyakan bikin sluggish Om, better pas2 ajasetiabk wrote: ↑Sun Feb 25, 2024 4:01
Mengutip postingan agan DOHC, cara ngecek oli transmisi nya mirip² dgn cara yg di yutub, dimana buka baut cek (kunci L ukuran 5 mm) sampai aliran nya pelan (netes), pada kondisi mesin hidup, idling di N.
Sudah oke ya agan² ? Btw apa pengaruh oli transmisi kalau kebanyakan? Trims
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
- Daily Vehicle: Innova Reborn
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Met malem om.. tanya bengkel matic yg bagus di jabodetabek apanya? Ane tau nya dari yutub seperti worner, rizqi, domo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
- Daily Vehicle: Innova Reborn
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Brio (hcf2) ane juga kemarin tembus diatas 100 C, ketika jalan di cipularang.. btw apakah temperatur segini normal? Nyari² info seperti ini kok nggak nemu ya, honda nggak ngasih tau berapa temperatur normal nya.. beberapa forum luar cukup banyak user yg mendiskusikan temp cvt nya honda, tapi nggak ngerti kalau brio itu samaan nya sama mobil apa kalau diluaran sana.. atau apa ada info dari manufacturer cvt nya?Suryaputra wrote: ↑Sun Sep 17, 2023 12:07Iya krn gak ada cvt coolernya mbah
Rada2 honda ini.
Gaktau deh gmn itu nasib cvt turbo nya, klo gak pakai cooler
Trus pk hcf2 pula
Klo jalan datar aman, apalagi konstan di tol, suhu nya <95 C
Klo macet terik paling 98 99 C
Mudah²an bisa memantau kondisi oli cvt baik volume & kwalitas nya, karena memang agak repot ngolong untuk buka baut pengecekan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
- Daily Vehicle: Innova Reborn
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Siap.. trims infonya omMiracle9000 wrote: ↑Tue Mar 05, 2024 13:06AGS matic coba om. Cek aja di youtube robert a / familyman
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Girboks nya Honda semua Inhouse made by Honda.setiabk wrote: ↑Tue Mar 05, 2024 13:30
Brio (hcf2) ane juga kemarin tembus diatas 100 C, ketika jalan di cipularang.. btw apakah temperatur segini normal? Nyari² info seperti ini kok nggak nemu ya, honda nggak ngasih tau berapa temperatur normal nya.. beberapa forum luar cukup banyak user yg mendiskusikan temp cvt nya honda, tapi nggak ngerti kalau brio itu samaan nya sama mobil apa kalau diluaran sana.. atau apa ada info dari manufacturer cvt nya?
Mudah²an bisa memantau kondisi oli cvt baik volume & kwalitas nya, karena memang agak repot ngolong untuk buka baut pengecekan
Gak dioutsource ke Aisin atau yg lain, spt Toyoda
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri