pitikkobong wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 0:20
mnugra wrote: ↑Sat Feb 03, 2024 5:46
Greenhunter wrote: ↑Sat Feb 03, 2024 5:20
kasus yang sama, saya juga lagi galau antara Aisin AFW VI atau mobil dex VI. oli saat ini pakai AFW + gak ada masalah, cuma pengen upgrade olinya saja
saya pake AFW+ setaunan 25rb km, no problem & enak, di drain masih bening tanpa gram. baru ganti ke mobil dex vi ternyata lebih enak apalagi setelah besok paginya saya fine tune sendiri lagi
cuma karena masih baru ganti jadi belom bisa komen banyak hehe
"Fine Tune" itu ky gmn om?
Fine tuning itu dicek dengan deep stick oli matic, mesti lihat buku manual mobil masing2, caranya beda beda tergantung mobilnya. kalau di nissan grand livina ada pengecekan posisi mesin dingin dan posisi mesin panas. kurang lebih :
Fine tuning pada saat pagi (mobil belum terpakai) :
1. panaskan mesin, lalu pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
2. pindahkan tuas ke P
3. posisi mesin idle (engine on)
4. cek level oli matic pada deep stick COLD, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal
Fine tuning pada saat mesin mobil sudah terpakai:
1. setelah perjalanan jauh diamkan dahulu sktr 30 menit
2. kalau saat pagi mobil belum jalan, mobil harus dipakai minimal 5 menit
3. pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
4. pindahkan tuas ke P
5. posisi mesin idle (engine on)
6. cek level oli matic pada deep stick HOT, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal
Fine tuning harus dilakukan pada 2 kondisi mesin tersebut, mesin dingin dan mesin panas., saya sendiri biasaya isi olinya mendekati batas atas, kira kira 3 mm sebelum garis batas atas.