Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Ane lg pake itu si Rep*ol, tapi paling baru jalan 300-400km.

Ya biasa2 aja sih, ane paling ga bs ngerasa hal beginian, nyetir jg dalam kota santai2 eco driving.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 706
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

josomba wrote: Sat Feb 03, 2024 0:28
pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Nubi sumbang suara, rerata ATF asal meet std pabrik pemakaian awal2 sama aja om. Pasti terasa lebih enak daripada yg dipake sekarang. Nah tinggal yg membedakan yg lebih mahal, biasa mentokin hampir ke 40k masih oke. Kalau yg lebih murah pas 30k dah berasa kurang enak.

Jd dari pilihan om, sesuai selera n lg kepo yg mana. Karena ganti merk, berarti belinya 2x dari kapasitas drain-n-refillnya standarnya. Buat buang-isi baru 2x juga supaya sebisa mungkin yg sirkulasi di gearbox udah pakai merk yg baru.
kasus yang sama, saya juga lagi galau antara Aisin AFW VI atau mobil dex VI. oli saat ini pakai AFW + gak ada masalah, cuma pengen upgrade olinya saja
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by mnugra »

Greenhunter wrote: Sat Feb 03, 2024 5:20
josomba wrote: Sat Feb 03, 2024 0:28
pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Nubi sumbang suara, rerata ATF asal meet std pabrik pemakaian awal2 sama aja om. Pasti terasa lebih enak daripada yg dipake sekarang. Nah tinggal yg membedakan yg lebih mahal, biasa mentokin hampir ke 40k masih oke. Kalau yg lebih murah pas 30k dah berasa kurang enak.

Jd dari pilihan om, sesuai selera n lg kepo yg mana. Karena ganti merk, berarti belinya 2x dari kapasitas drain-n-refillnya standarnya. Buat buang-isi baru 2x juga supaya sebisa mungkin yg sirkulasi di gearbox udah pakai merk yg baru.
kasus yang sama, saya juga lagi galau antara Aisin AFW VI atau mobil dex VI. oli saat ini pakai AFW + gak ada masalah, cuma pengen upgrade olinya saja
saya pake AFW+ setaunan 25rb km, no problem & enak, di drain masih bening tanpa gram. baru ganti ke mobil dex vi ternyata lebih enak apalagi setelah besok paginya saya fine tune sendiri lagi

cuma karena masih baru ganti jadi belom bisa komen banyak hehe
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Vote for mobil 1 dexron VI kebetulan dpt harga promo dr official mobil 1 @100rb/ltr. Ini baru aja d flush baru pake bbrp KM, feeling pertama smooth bgt, shifting yg kadang suka kebingungan (bawaan dari baru) jadi jauh kurang/hilang. Rencana mau pake sampe 40rb km.

Sebelumnya pake Gulv LV, udah 30rb KM lebih, warna Masi pink kinclong. Kek nya gak pa pa push ke 40k km, apalagi ini Mobil 1 full synt.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 706
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

RezPrat wrote: Sat Feb 03, 2024 12:14
pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Vote for mobil 1 dexron VI kebetulan dpt harga promo dr official mobil 1 @100rb/ltr. Ini baru aja d flush baru pake bbrp KM, feeling pertama smooth bgt, shifting yg kadang suka kebingungan (bawaan dari baru) jadi jauh kurang/hilang. Rencana mau pake sampe 40rb km.

Sebelumnya pake Gulv LV, udah 30rb KM lebih, warna Masi pink kinclong. Kek nya gak pa pa push ke 40k km, apalagi ini Mobil 1 full synt.
Terima kasih sdh sharing, makin mantap bakal pindah mobil 1 dexron VI. 🙏🙏🙏🤝🤝🤝🤝
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

RezPrat wrote: Sat Feb 03, 2024 12:14
pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Vote for mobil 1 dexron VI kebetulan dpt harga promo dr official mobil 1 @100rb/ltr. Ini baru aja d flush baru pake bbrp KM, feeling pertama smooth bgt, shifting yg kadang suka kebingungan (bawaan dari baru) jadi jauh kurang/hilang. Rencana mau pake sampe 40rb km.

Sebelumnya pake Gulv LV, udah 30rb KM lebih, warna Masi pink kinclong. Kek nya gak pa pa push ke 40k km, apalagi ini Mobil 1 full synt.
Mobil apa Mobil1 om?

Mobil Dexron VI ane malah nemu cuma 63rb loh om.

*bukan sales*
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

sintoni wrote: Sun Feb 04, 2024 2:22
RezPrat wrote: Sat Feb 03, 2024 12:14
pitikkobong wrote: Fri Feb 02, 2024 13:55 Mumpung lg hangat topik dexron VI. Rencana buldep mau ganti oli matic. Sebelumnya pake TMO ATF WS.
Diantara 3 oli dexron VI yg rekomendasi yg mana om² semua:
1. Aisin AFW VI
2. Mobil Dexron VI
3. Repsol ATFluid MV6

Di ranking jg boleh, harganya mirip².
Adakah yg sudah pakai repsol atfluid MV6, reviewnya please?
Vote for mobil 1 dexron VI kebetulan dpt harga promo dr official mobil 1 @100rb/ltr. Ini baru aja d flush baru pake bbrp KM, feeling pertama smooth bgt, shifting yg kadang suka kebingungan (bawaan dari baru) jadi jauh kurang/hilang. Rencana mau pake sampe 40rb km.

Sebelumnya pake Gulv LV, udah 30rb KM lebih, warna Masi pink kinclong. Kek nya gak pa pa push ke 40k km, apalagi ini Mobil 1 full synt.
Mobil apa Mobil1 om?

Mobil Dexron VI ane malah nemu cuma 63rb loh om.

*bukan sales*
Yg Mobil saja om dexron VI, kinematics Visco @100c nya di 5.8 , kalo yg mobil 1 ATF justru d 7.sekian....gak cocok buat Toyota WS. Lagian official Mobil Indonesia gak ada jual Mobil 1 ATF.
Kalo yg LV gak d cantumkan kompatibel buat T-WS, jadi Mobil Dexron VI udah paling pas kayaknya ya, ada d cantumkan T-WS d websitenya, tapi Krn made in Korea gak d tulis T-WS nya.

Ya bener d toko lain ada yg jual 60-70 rban, tapi ane parno lah harga jomplang sama official store nya, lagian ini cuma ganti sekali 3-4 tahun.
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by pitikkobong »

josomba wrote: Sat Feb 03, 2024 0:28

Nubi sumbang suara, rerata ATF asal meet std pabrik pemakaian awal2 sama aja om. Pasti terasa lebih enak daripada yg dipake sekarang. Nah tinggal yg membedakan yg lebih mahal, biasa mentokin hampir ke 40k masih oke. Kalau yg lebih murah pas 30k dah berasa kurang enak.

Jd dari pilihan om, sesuai selera n lg kepo yg mana. Karena ganti merk, berarti belinya 2x dari kapasitas drain-n-refillnya standarnya. Buat buang-isi baru 2x juga supaya sebisa mungkin yg sirkulasi di gearbox udah pakai merk yg baru.
siap om makasih infonya om :big_exellent:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by pitikkobong »

sintoni wrote: Sat Feb 03, 2024 2:52
Ane lg pake itu si Rep*ol, tapi paling baru jalan 300-400km.

Ya biasa2 aja sih, ane paling ga bs ngerasa hal beginian, nyetir jg dalam kota santai2 eco driving.
sebelumnya pk oli apa om?
repsol ini menarik sih om krn harga di marketplace non official bs 70rban, dpt full syn + dex VI, kan gawat om :mky_04:
om beli dmn? ada rekomen marketplace repsol mv6 yg ori kah om?
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by pitikkobong »

RezPrat wrote: Sat Feb 03, 2024 12:14
Vote for mobil 1 dexron VI kebetulan dpt harga promo dr official mobil 1 @100rb/ltr. Ini baru aja d flush baru pake bbrp KM, feeling pertama smooth bgt, shifting yg kadang suka kebingungan (bawaan dari baru) jadi jauh kurang/hilang. Rencana mau pake sampe 40rb km.

Sebelumnya pake Gulv LV, udah 30rb KM lebih, warna Masi pink kinclong. Kek nya gak pa pa push ke 40k km, apalagi ini Mobil 1 full synt.
mantap om, mobil dex 6 ini harga official store paling gurih sih om. bikin tenang kl beli di toko resminya ya :mky_04:

makasih reviewnya om :big_exellent:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by pitikkobong »

mnugra wrote: Sat Feb 03, 2024 5:46
Greenhunter wrote: Sat Feb 03, 2024 5:20
josomba wrote: Sat Feb 03, 2024 0:28

Nubi sumbang suara, rerata ATF asal meet std pabrik pemakaian awal2 sama aja om. Pasti terasa lebih enak daripada yg dipake sekarang. Nah tinggal yg membedakan yg lebih mahal, biasa mentokin hampir ke 40k masih oke. Kalau yg lebih murah pas 30k dah berasa kurang enak.

Jd dari pilihan om, sesuai selera n lg kepo yg mana. Karena ganti merk, berarti belinya 2x dari kapasitas drain-n-refillnya standarnya. Buat buang-isi baru 2x juga supaya sebisa mungkin yg sirkulasi di gearbox udah pakai merk yg baru.
kasus yang sama, saya juga lagi galau antara Aisin AFW VI atau mobil dex VI. oli saat ini pakai AFW + gak ada masalah, cuma pengen upgrade olinya saja
saya pake AFW+ setaunan 25rb km, no problem & enak, di drain masih bening tanpa gram. baru ganti ke mobil dex vi ternyata lebih enak apalagi setelah besok paginya saya fine tune sendiri lagi

cuma karena masih baru ganti jadi belom bisa komen banyak hehe
"Fine Tune" itu ky gmn om?
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 706
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

pitikkobong wrote: Mon Feb 05, 2024 0:20
mnugra wrote: Sat Feb 03, 2024 5:46
Greenhunter wrote: Sat Feb 03, 2024 5:20

kasus yang sama, saya juga lagi galau antara Aisin AFW VI atau mobil dex VI. oli saat ini pakai AFW + gak ada masalah, cuma pengen upgrade olinya saja
saya pake AFW+ setaunan 25rb km, no problem & enak, di drain masih bening tanpa gram. baru ganti ke mobil dex vi ternyata lebih enak apalagi setelah besok paginya saya fine tune sendiri lagi

cuma karena masih baru ganti jadi belom bisa komen banyak hehe
"Fine Tune" itu ky gmn om?
Fine tuning itu dicek dengan deep stick oli matic, mesti lihat buku manual mobil masing2, caranya beda beda tergantung mobilnya. kalau di nissan grand livina ada pengecekan posisi mesin dingin dan posisi mesin panas. kurang lebih :

Fine tuning pada saat pagi (mobil belum terpakai) :
1. panaskan mesin, lalu pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
2. pindahkan tuas ke P
3. posisi mesin idle (engine on)
4. cek level oli matic pada deep stick COLD, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning pada saat mesin mobil sudah terpakai:
1. setelah perjalanan jauh diamkan dahulu sktr 30 menit
2. kalau saat pagi mobil belum jalan, mobil harus dipakai minimal 5 menit
3. pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
4. pindahkan tuas ke P
5. posisi mesin idle (engine on)
6. cek level oli matic pada deep stick HOT, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning harus dilakukan pada 2 kondisi mesin tersebut, mesin dingin dan mesin panas., saya sendiri biasaya isi olinya mendekati batas atas, kira kira 3 mm sebelum garis batas atas.
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by pitikkobong »

Greenhunter wrote: Mon Feb 05, 2024 2:54
Fine tuning itu dicek dengan deep stick oli matic, mesti lihat buku manual mobil masing2, caranya beda beda tergantung mobilnya. kalau di nissan grand livina ada pengecekan posisi mesin dingin dan posisi mesin panas. kurang lebih :

Fine tuning pada saat pagi (mobil belum terpakai) :
1. panaskan mesin, lalu pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
2. pindahkan tuas ke P
3. posisi mesin idle (engine on)
4. cek level oli matic pada deep stick COLD, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning pada saat mesin mobil sudah terpakai:
1. setelah perjalanan jauh diamkan dahulu sktr 30 menit
2. kalau saat pagi mobil belum jalan, mobil harus dipakai minimal 5 menit
3. pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
4. pindahkan tuas ke P
5. posisi mesin idle (engine on)
6. cek level oli matic pada deep stick HOT, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning harus dilakukan pada 2 kondisi mesin tersebut, mesin dingin dan mesin panas., saya sendiri biasaya isi olinya mendekati batas atas, kira kira 3 mm sebelum garis batas atas.
hoooo sippp om makasih infonya :big_exellent:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 706
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

pitikkobong wrote: Mon Feb 05, 2024 5:46
Greenhunter wrote: Mon Feb 05, 2024 2:54
Fine tuning itu dicek dengan deep stick oli matic, mesti lihat buku manual mobil masing2, caranya beda beda tergantung mobilnya. kalau di nissan grand livina ada pengecekan posisi mesin dingin dan posisi mesin panas. kurang lebih :

Fine tuning pada saat pagi (mobil belum terpakai) :
1. panaskan mesin, lalu pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
2. pindahkan tuas ke P
3. posisi mesin idle (engine on)
4. cek level oli matic pada deep stick COLD, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning pada saat mesin mobil sudah terpakai:
1. setelah perjalanan jauh diamkan dahulu sktr 30 menit
2. kalau saat pagi mobil belum jalan, mobil harus dipakai minimal 5 menit
3. pindahkan ke semua posisi gigi transmisi (P, R, N, D, 2, 1) tahan sekitar 5 detik pada masing masing gigi
4. pindahkan tuas ke P
5. posisi mesin idle (engine on)
6. cek level oli matic pada deep stick HOT, sesuaikan dengan batas minimal dan maksimal

Fine tuning harus dilakukan pada 2 kondisi mesin tersebut, mesin dingin dan mesin panas., saya sendiri biasaya isi olinya mendekati batas atas, kira kira 3 mm sebelum garis batas atas.
hoooo sippp om makasih infonya :big_exellent:
:big_exellent:
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Givrun »

marmut wrote: Fri Feb 02, 2024 15:58
Givrun wrote: Fri Feb 02, 2024 15:12


Yg ane bingung satu,, itu brarti kalau nambah cvt cooler berarti kapasitas nambah, nambah oli cvt juga kan ya?? Sbrpa bnyk kira2 buat hayden 679,, trus yg di selang di hitung jga gtu?

Mohon pencerahan nya om2 skalian..


tambah saja dulu antrra 500-750ml abis itu cek level cvtf.
kalo masih kurang ya tinggal ditambah. kerjaan gampang.
Ini yg om marmut bilang gampang.. Tp bengkel spesialis matic sini aja bsa salah..

Cerita nya ane masukin dealer Nissan utk ganti filter matic, strainer dan oli cvt, total habis 4 liter..
Trus dari dealer Nissan ane bawa k bengkel spesialis matic utk pasang cvt cooler dan drain fill lagi oli cvtf yg sharus nya keluar cmn 2,5 liter .. Nah dri dealer ane bawa 4 liter persiapan tambahan buat cvt coolernya.. Stelah selesai pasang ane ambil mobil nya ane tanya itu di isi brp.. Di isi semua kata nya.. Nah lo.. Problem nya ini cvtf gag ada dipstick,, check level nya gmn jd nya takut nya overfill.. Plus ane rasa jd agak berat..
Last edited by Givrun on Wed Feb 07, 2024 10:55, edited 1 time in total.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Givrun wrote: Wed Feb 07, 2024 10:21
marmut wrote: Fri Feb 02, 2024 15:58
Givrun wrote: Fri Feb 02, 2024 15:12


Yg ane bingung satu,, itu brarti kalau nambah cvt cooler berarti kapasitas nambah, nambah oli cvt juga kan ya?? Sbrpa bnyk kira2 buat hayden 679,, trus yg di selang di hitung jga gtu?

Mohon pencerahan nya om2 skalian..


tambah saja dulu antrra 500-750ml abis itu cek level cvtf.
kalo masih kurang ya tinggal ditambah. kerjaan gampang.
Ini yg om marmut bilang gampang.. Tp bengkel spesialis matic sini aja bsa salah..

Cerita nya ane masukin dealer Nissan utk ganti filter matic, strainer dan oli cvt, total habis 4 liter..
Trus dari dealer Nissan ane bawa utk pasang cvt cooler dan drain fill lagi oli cvtf yg sharus nya cmn 2,5 liter .. Nah dri dealer ane bawa 4 liter persiapan tambahan buat cvt coolernya.. Stelah ane ambil mobil nya ane tanya itu di isi brp.. Di isi semua kata nya.. Nah lo.. Problem nya ini cvtf gag ada dipstick,, check level nya gmn jd nya takut nya overfill.. Plus ane rasa jd agak berat..
inilah bukti literasi baca (mayoritas) masih rendah.

coba itu teknisi lulusan beres - asam reges, semuanya join SM :big_exellent:

btw, klo gak ada dipstick; coba cek baut indikator overfillnya biasa ada.
fungsinya untuk ngecek, spy ATF nya gak overfill.

klo yg sy pelajari dari forum tercinta ini, based on service manual nya honda yg pernah dishare oleh warga SM,
dan harusnya logicnya sama untuk semua mobil CVT yg menggunakan lubang indikator overfill..

cara ngeceknya (klo di honda):
1. isi sampai batas overfill
2. tutup semua baut drain dan indikator overfill
3. nyalain mesin dulu selama 1-2 menit, dan switch gear dari P ke N ke D ke R, S, L, dsb
4. matiin mesin

5. cek lagi dari lobang indikator overfill nya
- jika gak ada lendir yg keluar: tambahin CVTF nya sampai ada yg netes, dan setelah tetesan akhir, lubangnya ditutup.
- jika ada lendir yg keluar: biarin aja sampai tetesan akhir, baru lubangnya ditutup

6 GasPolls
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Givrun »

Suryaputra wrote: Wed Feb 07, 2024 10:47
inilah bukti literasi baca (mayoritas) masih rendah.

coba itu teknisi lulusan beres - asam reges, semuanya join SM :big_exellent:

btw, klo gak ada dipstick; coba cek baut indikator overfillnya biasa ada.
fungsinya untuk ngecek, spy ATF nya gak overfill.

klo yg sy pelajari dari forum tercinta ini, based on service manual nya honda yg pernah dishare oleh warga SM,
dan harusnya logicnya sama untuk semua mobil CVT yg menggunakan lubang indikator overfill..

cara ngeceknya (klo di honda):
1. isi sampai batas overfill
2. tutup semua baut drain dan indikator overfill
3. nyalain mesin dulu selama 1-2 menit, dan switch gear dari P ke N ke D ke R, S, L, dsb
4. matiin mesin

5. cek lagi dari lobang indikator overfill nya
- jika gak ada lendir yg keluar: tambahin CVTF nya sampai ada yg netes, dan setelah tetesan akhir, lubangnya ditutup.
- jika ada lendir yg keluar: biarin aja sampai tetesan akhir, baru lubangnya ditutup

6 GasPolls


Kya ini ya om? Unitnya sih beda pnya ane datsun cvt,, pake jatco JF011E
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Givrun wrote: Wed Feb 07, 2024 10:59
Suryaputra wrote: Wed Feb 07, 2024 10:47
inilah bukti literasi baca (mayoritas) masih rendah.

coba itu teknisi lulusan beres - asam reges, semuanya join SM :big_exellent:

btw, klo gak ada dipstick; coba cek baut indikator overfillnya biasa ada.
fungsinya untuk ngecek, spy ATF nya gak overfill.

klo yg sy pelajari dari forum tercinta ini, based on service manual nya honda yg pernah dishare oleh warga SM,
dan harusnya logicnya sama untuk semua mobil CVT yg menggunakan lubang indikator overfill..

cara ngeceknya (klo di honda):
1. isi sampai batas overfill
2. tutup semua baut drain dan indikator overfill
3. nyalain mesin dulu selama 1-2 menit, dan switch gear dari P ke N ke D ke R, S, L, dsb
4. matiin mesin

5. cek lagi dari lobang indikator overfill nya
- jika gak ada lendir yg keluar: tambahin CVTF nya sampai ada yg netes, dan setelah tetesan akhir, lubangnya ditutup.
- jika ada lendir yg keluar: biarin aja sampai tetesan akhir, baru lubangnya ditutup

6 GasPolls


Kya ini ya om? Unitnya sih beda pnya ane datsun cvt,, pake jatco JF011E
yup,
klo ada OBD lbh bagus lagi, bisa dilakukan ritual tsb ketika suhu ATF di 50-60 C
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Givrun »

Suryaputra wrote: Wed Feb 07, 2024 11:24
Sdh ane kerjain td pagi modal obd2 pinjeman sama beli app cvtz50 di google play.. Jadi bsa cek cvtf temp.. Hasil nya Trnyata Overfill 1,7 liter..

Karna range check fluid level, temp nya ada di kisaran 35°c-45°c.. Ane harus tutup dan diinginkan baru buka check plug lg stelah kembali masuk range.. Total 2 kali buka check plug..

Kerjain sendiri rasa nya lebih aman sentosa,, bekal petunjuk dr SM..
Thanks om gudang garam sma om marmut..
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Givrun wrote: Thu Feb 08, 2024 2:57
Suryaputra wrote: Wed Feb 07, 2024 11:24
Sdh ane kerjain td pagi modal obd2 pinjeman sama beli app cvtz50 di google play.. Jadi bsa cek cvtf temp.. Hasil nya Trnyata Overfill 1,7 liter..

Karna range check fluid level, temp nya ada di kisaran 35°c-45°c.. Ane harus tutup dan diinginkan baru buka check plug lg stelah kembali masuk range.. Total 2 kali buka check plug..

Kerjain sendiri rasa nya lebih aman sentosa,, bekal petunjuk dr SM..
Thanks om gudang garam sma om marmut..
:big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Givrun wrote: Thu Feb 08, 2024 2:57
..
Thanks om gudang garam sma om marmut..



saya mah ampas, bukan apa², sotoy, tanpa forum ini dan tanpa
Omnibus
khususnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11581
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Feb 08, 2024 13:10
Givrun wrote: Thu Feb 08, 2024 2:57
..
Thanks om gudang garam sma om marmut..



saya mah ampas, bukan apa², sotoy, tanpa forum ini dan tanpa
Omnibus
khususnya.
heh apa sih ah lg duduk di pojokan disebut2 :upss:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Feb 08, 2024 14:36

heh apa sih ah lg duduk di pojokan disebut2 :upss:


aya goreng singkong jeung kopi.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Givrun »

marmut wrote: Thu Feb 08, 2024 15:29
Omnibus wrote: Thu Feb 08, 2024 14:36

heh apa sih ah lg duduk di pojokan disebut2 :upss:


aya goreng singkong jeung kopi.
Haha,, iya temen2 di SM emang mantep semua.. Dealer resmi sama bengkel spesialis aja bsa kalah soal product Knowledge dagangan nya.. :mky_07:

Pngalaman hri ini bikin ane cari2 Obd2 / scanner nih om2.. Ada yg berhasil konekin obd2 Bluetooth nya dgn head unit gak? Pake merk apa?

Trus kalau scanner yg murmer dan komplit pake telur merk dan type apa ya?..
Zevos
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed May 30, 2018 15:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xenia

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Zevos »

Yg Mobil saja om dexron VI, kinematics Visco @100c nya di 5.8 , kalo yg mobil 1 ATF justru d 7.sekian....gak cocok buat Toyota WS. Lagian official Mobil Indonesia gak ada jual Mobil 1 ATF.
Kalo yg LV gak d cantumkan kompatibel buat T-WS, jadi Mobil Dexron VI udah paling pas kayaknya ya, ada d cantumkan T-WS d websitenya, tapi Krn made in Korea gak d tulis T-WS nya.

Ya bener d toko lain ada yg jual 60-70 rban, tapi ane parno lah harga jomplang sama official store nya, lagian ini cuma ganti sekali 3-4 tahun.
Om kalau flushing, pakai mobil rugi ga ya? Atau mending pakai oli matic biasa dulu? Mobil saya yaris 2012 btw.. dan mau beli mobil1 dexron vi atf