Kelemahan Torsion ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Thanks bgt atas penjelasannya ttg LSD dan satelite gear. Banyak memberi pencerahan. Gw jadi paham, kenapa roda yg di jalan normal/datar dua2 nya berputar, tapi jadi "manyun" sebelah, kalo nggak dapat beban alias nggak nyentuh tanah. Sebelum2nya gw kira LSD itu berfungsi u/ mengubah 2WD jadi 4WD (alias hanya berfungsi meng "ON/OFF" kan penggerak roda depan).

Tapi masih bingung kalo dibilang nggak ada hubungannya ama suspensi torsion. Soalnya, pas liat foto honda jazz di threads ini, gw langsung teringat mobil kepater. Posisi roda sebelah mirip2. Beda nya yg jazz ini, roda yg dapat beban posisinya lebih tinggi dari yg "mengambang". Kalo yg kepater kan, roda yg mengambang yg posisi nya lebih tinggi. Kemudian gw jg, mikir2 kenapa terano dan blazer naro suspensi torsion nya di roda depan. Bukan di roda belakang yg jadi penggerak. Jgn2 ini menghindari agar roda belakang nggak terlalu mudah kepater, walau hanya 2WD. Sorry, ini hanya tebak2 an.
frontier

Post by frontier »

Panther itu juga ada batang torsi di suspensi depan, bisa disetel (diputar bautnya) sehingga ketinggian mobil bisa diatur.... Kayaknya beda deh, sama "torsion beam"nya Honda Jazz yang berarti "rigid axle" ? Ada yang bisa menjelaskan ?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

uch wrote:kemudian gw jg, mikir2 kenapa terano dan blazer naro suspensi torsion nya di roda depan. Bukan di roda belakang yg jadi penggerak.
@uch & frontier, memang beda torsion dan rigid axle.
saya coba quote ulang spy lebih jelas dari yang dulu.
handling wrote:…. istilah rigid axle itu lebih cenderung diaplikasikan utk kendaraan penggerak roda belakang yg mempunyai gardan belakang, dan dilengkapi dengan per daun (seperti kijang kapsul. taruna, apv, mistubishi strada, etc), bisa juga dengan coil spring (seperti new escudo) , mau pake per daun atau pake coil spring lebih ditentukan dari peruntukan kendaraan itu dibuat.

sedangkan torsion beam tdk bisa diaplikasikan di roda belakang utk kendaraan yg berpenggerak roda belakang dan diperuntukkan utk mobil penggerak roda depan. ….…

kalo torsion beam diaplikasikan ke roda belakang untuk mobil penggerak roda belakang, nanti gardan belakang malah gak kebagian tempat, dan gak ada lagi yang bisa gerakin roda belakang. Jadi torsion beam tidak bisa di taruh di belakang untuk mobil penggerak roda belakang.
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Opss... sorry bos. Salah nangkep rupanya. Ntah kenapa, pas pertama baca yg ketangkep malah, torsion beam digunakan mobil dgn penggerak roda belakang. Maklum, masih pentium 1. he..he..
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kalo u/ Innova, gw liat diwarung nya tertulis torsi max 55 tanpa satuan dan RPM. Itu Nm atau Kgm ya...?? Kalo Nm koq kecil banget, padahal larinya kenceng2 jg. Tapi kalo Kgm koq besar banget (2 kali fortuner). Atau salah tulis kali ya...?
handling wrote:
utk spesifikasi mobil biasa ditulis Nm atau Kgm/rpm,tergantung dari pabrikan mencantumkan yang mana.
blazer 2198cc 180Nm atau 18.3kgm/3400
xtrail 2488cc 244Nm atau 25.0kgm/4000
terrano 2389cc 176Nm atau 18.0kgm/2800
crv 2354cc 220Nm atau 22.4kgm/3600
fortuner 2694cc 240Nm atau 24.6kgm/3800

kenaikan kapasitas mesin akan mempengaruhi torsi maksimum yang didapat. Tentu saja landrover akan mempunyai torsi yang besar karena kapasitas mesinnya juga besar.
coba liat mobil yang cc nya kecil : karimun 970cc 99Nm atau 10.2kgm/4000, jazz vtec 143Nm atau 14.3kgm/4800

itu data untuk mesin bensin, utk mesin diesel, torsi maksimum yang didapat tentu akan lebih besar lagi.seperti land cruiser 4164cc 362Nm atau 37kgm/1800
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@uch, mungkin ada kesalahan data

inova 2000cc 181Nm atau 18.6kgm/4000
inova 2700cc 240Nm atau 24.6kgm/3800
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Mungkin bener jg apa yg dikatakan Shirtlord, kalo udah dapat "sentuhan" teknologi sana sini, negatif dari torsion bar tsb bisa dihilangkan.

Kemarin baca2 di Mobiltrend komparasi 4 SUV kelas berat ("Baby" Hummer H3, Toyota FJ Cruiser, Jeep Liberty, dan satu lagi dari Nissan (kalo nggak salah Sierra atau Xterra atau apa ya...).

Salah satu yg diuji adalah kemampuan menapak 4 roda nempel ditanah, dgn texture tanah 3 roda di tanah yg tinggi, 1 lagi dibawah (kalo gw bayangin, persis seperti photo Jazz di threads ini). Hasil pengukuran menggunakan satuan TRI (sorry nggak tau kepanjangan.. any help pls). Dan hasilnya H3 keluar sebagai pemenang dgn nilai 500 an TRI, yg lainnya main di 300-400 an TRI.

Dari spek terlihat bahwa satu2nya yg pake suspensi torsion bar adalah H3, dgn embel2 "flexible suspension". Dan ditegaskan jg bahwa "kemenangan" H3 di bagian ini adalah karena emang dia satu2nya yg pake "flexible suspension".

Yg paling menyenangkan gw, suspensi fleksibel tsb ternyata diaplikasikan jg di blazer (berdasarkan Buying Guide dari majalah Jeep bulan ini, yg kebetulan bahas blazer).
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

uch wrote: Salah satu yg diuji adalah kemampuan menapak 4 roda nempel ditanah, dgn texture tanah 3 roda di tanah yg tinggi, 1 lagi dibawah (kalo gw bayangin, persis seperti photo Jazz di threads ini). Hasil pengukuran menggunakan satuan TRI (sorry nggak tau kepanjangan.. any help pls). Dan hasilnya H3 keluar sebagai pemenang dgn nilai 500 an TRI, yg lainnya main di 300-400 an TRI.
Performance on any TRACK .... Performance on any ROAD ..... Kalau digabungin jadi TRI .... TRACK ROAD INDEX .... kayak gitu kali ya ...
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Tebakan yg masuk akal... :e-clap:

Emang udah level "suhu" ya..

Satu tebakan lagi. Itu test ada istilah nya. Tapi gw lupa istilah lengkapnya. Kata pertama adalah "Suspension ...... Test". Hanya 3 kata.

Jawaban yg bener besok, setelah gw "kebet" di rumah.. :D
PenyuTurbo wrote:
uch wrote: quote]

Performance on any TRACK .... Performance on any ROAD ..... Kalau digabungin jadi TRI .... TRACK ROAD INDEX .... kayak gitu kali ya ...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

uch wrote: Satu tebakan lagi. Itu test ada istilah nya. Tapi gw lupa istilah lengkapnya. Kata pertama adalah "Suspension ...... Test". Hanya 3 kata
Kalau menyangkut suspension ini ... menurut embahnya suhu ... ada dua yang mesti di test ... Damper dan Adhesion ... jadi yang titik titik itu kalau nggak salah huruf depannya R ... (Suspension ... Response ... Test)

Atawa pakai huruf P ... Suspension ... Performance ... Test. Jika 4 kata ... biasanya Vehicle Suspension Performance Test.

FYI,

TERMINOLOGY

PHASE ANGLE AND MINIMUM PHASE ANGLE - The phase angle is the angular difference between the absolute sinusoidal position of the suspension tester platform and the sinusoidal vertical tire contact force between the tire and the suspension tester platform (relative sinusoidal position of the unsprung mass verses the suspension tester platform). The minimum phase angle is the lowest value of the phase angle between the sprung and unsprung mass resonant frequencies.

ADHESION AND MINIMUM ADHESION - Adhesion is the minimum percentage of remnant vertical tire contact force between the tire and the road surface during vertical oscillation of the wheel. This percentage is calculated by taking the ratio of the minimum remnant vertical load to the static weight (vertical tire contact force) on the suspension tester. The minimum adhesion is the lowest value of adhesion throughout the test.

SIDE TO SIDE ADHESION BALANCE - Side to side (left to right) adhesion balance is a comparison of the minimum adhesion between both wheels of an axle.

RIDE STIFFNESS - Ride stiffness is the relative stiffness measurement of the suspension system, defined by measurement of the accelerations of the suspension system between the frequencies from 4 to 8 Hertz.

TACTILE VIBRATION - Tactile vibrations are those vibrations “felt” by the human body.

HARSHNESS - Harshness is the high frequency (20 Hz and above) vibration of the suspension system that is perceived tactilely and audibly.

RIDE HARSHNESS ISOLATION - Ride harshness isolation is a measurement of the percentage of the suspension tester platform disturbance input between 20 and 25 Hertz that is dissipated by the suspension system.

SPRUNG MASS - The sprung mass is all mass supported by the suspension system, including portions of the suspension members. The sprung mass comprises the mass of the vehicle frame, body and load.

UNSPRUNG MASS - The unsprung mass is the mass of the wheel and components that are supported directly by the wheel, and considered to move with the wheel, but not carried by the suspension system. These components include the wheels, tires, brakes, parts of the axle, suspension links, suspension springs, dampers, and other associated suspension components.

CRITICAL DAMPING - Critical damping is the minimum amount of damping required to prevent a displacement of the system from passing the equilibrium position upon returning from the initial displacement.

DAMPING RATIO OR DAMPING FACTOR - The damping ratio is the ratio of the damping present in the system to the critical damping.

DAMPER - A damper is a device that dissipates energy by forces opposing the motion of a system.

DAMPING VALUE - The damping value is the ratio of the force exerted by a damper to velocity.

WHEEL HOP FREQUENCY OR UNSPRUNG MASS RESONANT FREQUENCY - The wheel hop frequency is the resonant frequency of the unsprung mass relative to the suspension tester platform.

SPRUNG MASS RESONANT FREQUENCY - The sprung mass resonant frequency is the resonant frequency of the sprung mass.

TIRE STIFFNESS OR TIRE SPRING RATE - The tire stiffness is measured by the change of wheel load per unit vertical displacement of the wheel relative to the ground at a specific load and inflation pressure.
Image
frontier

Post by frontier »

Harusnya Pak Penyu jump in di topik ini sejak awal, karena pada dasarnya ada ketidakjelasan atau kerancuan pengertian antara torsion beam dan rigid axle. Suspensi belakang Jazz paling pas disebut apa, dan suspensi depan Kijang kapsul / Isuzu Panther disebut apa ? Kayaknya mengandung kata "torsion" ?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Hasil "kebetan" versi Mobil Trend, nggak tau nih istilah baku atau nggak.

1. Suspension Twist Test. Diterjemahkan dgn Test Artikulasi Roda2.
2. Satuannya gw salah sebelumnya. Harusnya RTI = Ramp Travel Index. Bukan TRI. Sory.
Mr otoamtsiong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 29, 2009 5:56

Re:

Post by Mr otoamtsiong »

handling wrote:@sithlord, kebetulan yang saya jepret itu jazz yang memakai torsion beam, sebenarnya bukan jazz aja, masih banyak yang lain.jadi jangan nyalahinjazz dong. kasihan pemakai jazz.

coba liat torsion beam, terakhir di pake oleh honda di civic wonder tahun 87, start dari granc civic,genio,ferio,vtis, udah pake double wishbone, dan city type z udah pake macpherson strut di tahu 1997-2003. Eh dari new city/jazz mulai dipake kembali.

toyota....saya inget pake torsion beam waktu di corolla generasi 1983-1987, lepas thn 1988 (twincam, greatco, all new, new corola) udah pake macpherson struts, tapi mulai dari altis dipake kembali .... dan toyota selalu pake torsion beam di varian terendahnya yaitu starlet,soluna,vios,yaris dari rentang waktu 1986-2006 selalu pake torsion , maklum gak ada yang complaint kenyamanannya.

mitsu pake torsion beam terakhir di eterna 1993 dan lancer 1992. lepas dari itu udah multilink.
tapi yang gawat, kalo gak salah colt itu pake torsion lagi.

suzuki pake torsion beam terakhir di suzuki forsa/swift 1986 (varian sebelum suzuki amenity, eleny, esteem,baleno 1.6 1.5, aerio, next G). Gua pikir suzuki jago amat pake suspensi macpherson strut terus di mobil sedannya, eh tahunya ketularan juga dari saingan2 nya.
dan mulai pake lagi di suzuki swift 2005.

kalo diliat cukup lama kan torsion beam gak dipake?

jadi seperti nya ada kesepakatan dari antar atpm untuk memangkas biaya dengan kembali ke teknologi lama, sama seperti mereka dengan sendirinya memakai plastik utk bahan interior mobil nya.
Kecuali untuk varian mediumnya.

itu macpherson, multilink, double wishbone udah enak tuh .masing2 berdiri sendiri tanpa berhubungan langsung dengan roda sebelahnya.
jadi kalo roda kiri kena batu/lobang, yang gerak cuma suspensi kiri aja.

@uch, mobilnya apa pak? kemungkinan sih sama ya pak, soalnya basicly ada tulisan torsion/beam, jadi cara kerjanya juga mungkin sama....cmiiw
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 95#p377195