Hampir sama dengan om Herman, saya beli ANGL dari baru tahun 2013 hingga sekarang fine-fine saja tuh, keseringan dipakai pas Weekend dan antar sekolah anak tiap pagi. Mungkin om Romi beli bekas dan tergiur murahnya sehingga banyak kriteria membeli mobil bekas agak terabaikan. Pernah direply juga dengan rekan yang lain.Herman7103 wrote:romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..Saya pribadi terbalik dgn pengalaman Om. Dan kalau Om mengalami hal tsb saat menggunakan grand livina dulu wajar Om ganti mobil kalau banyak keluar biaya utk benerinya make sense utk Om. Kalau yg saya rasakan dari saya beli dari dealer mei th 2014 sampai skrg odo 46 ribu lima ratusan km, dan sudah membawa saya sekeluarga wisata ke Jawa dari Sumatera tiap tahun selama 3 Th berturut turut sehingga hampir semua tempat wisata di pulau Jawa yg masuk daftar favorit tempat wisata yg ingin kami sekeluarga kunjungi telah kami kunjungi dengan mobil ini serta fuel cost yg saya nilai rendah dan maintenance cost nya yg standar saja bagi saya saat di rawat beres selama masa warrantynya dan after warranty malahan cuma saya ganti oli mesin NGO 5W30 dan filter oli mesin tiap 6 bln (bawa oli dan filter oli sendiri yg sdh duluan saya beli utk stock di rumah dari beresnya ) ganti di bengkel non beres dekat komplek tempat tinggal ongkos murah jg terakhir bayar 65 ribu saja. Terakhir ke beres 23 des 2017 cuma Lumasi Klaher Bearing shock depan di beres kena 377 ribuan dan 31 maret 2017 mampir lagi ke beres beli utk stock oli mesin dan filter oli mesin utk nambah stock di rumah serta skalian periodic maintenance 60 ribu tanpa ganti oli mesin dan filter (krn dah ganti lbh dulu di bengkel non beres) serta karena saya tdk pernah ganti oli CVT mobil yg dipakai selama 46 bln lbh, jadi walaupun transmission mobil saya msh smooth dan no noisy tetap request minta scan dgn scan CONSULT utk error code dan Deterioration oli matic hasilnya no error code muncul di laptop dan Deterioration nya 54568. biaya utk check up general dan bersih kan rem rem dan check belt AC Rp 736 ribu. Parts mobil yg krn wear and tear diganti cuma aki di th kedua dan sepasang ban akhir th ke 3 serta karet wiper depan just that. Ganti krn keinginan sendiri speaker bawaan yg suara nya jelek ganti split 2 way plus power sub dll, plus tambah TPMS krn bawaan mobil gak ada serta tambah dash cam saja. Kalau penyakit seperti yg Om alami seperti rem bergetar, stir getar, mesin getar dll belum ada sama sekali, cuma pernah stir saat belok rada bunyi teng tengg 23 des 2017 cuma Lumasi dgn grease biru ngak muncul lagi sampe skrg.romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Sorry ada teman kantor saya ada juga beli Gnki bensin setahun setelah saya beli ANGL, temen kantor ini cerita saat mobil barunya di bawa di kecepatan diatas 120 km dan ngerem, rem nya atau stir nya getter saya sarankan claim saja. Sekarang sih katanya ngak lagi dan sempet kampas remnya di bubut dan uang bbm nya you know lah.
Grand Livina Users..! - PART 06
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Tokinov
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Iya mungkin saya aja yang lagi sial dapet livinanya barang cape waktu itu.. setelah beli penyakit2nya muncul beberapa bulan kemudian.. nasip..nasip hahhaha..riizv89 wrote: ↑Wed Apr 11, 2018 14:29Hampir sama dengan om Herman, saya beli ANGL dari baru tahun 2013 hingga sekarang fine-fine saja tuh, keseringan dipakai pas Weekend dan antar sekolah anak tiap pagi. Mungkin om Romi beli bekas dan tergiur murahnya sehingga banyak kriteria membeli mobil bekas agak terabaikan. Pernah direply juga dengan rekan yang lain.Herman7103 wrote:romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..Saya pribadi terbalik dgn pengalaman Om. Dan kalau Om mengalami hal tsb saat menggunakan grand livina dulu wajar Om ganti mobil kalau banyak keluar biaya utk benerinya make sense utk Om. Kalau yg saya rasakan dari saya beli dari dealer mei th 2014 sampai skrg odo 46 ribu lima ratusan km, dan sudah membawa saya sekeluarga wisata ke Jawa dari Sumatera tiap tahun selama 3 Th berturut turut sehingga hampir semua tempat wisata di pulau Jawa yg masuk daftar favorit tempat wisata yg ingin kami sekeluarga kunjungi telah kami kunjungi dengan mobil ini serta fuel cost yg saya nilai rendah dan maintenance cost nya yg standar saja bagi saya saat di rawat beres selama masa warrantynya dan after warranty malahan cuma saya ganti oli mesin NGO 5W30 dan filter oli mesin tiap 6 bln (bawa oli dan filter oli sendiri yg sdh duluan saya beli utk stock di rumah dari beresnya ) ganti di bengkel non beres dekat komplek tempat tinggal ongkos murah jg terakhir bayar 65 ribu saja. Terakhir ke beres 23 des 2017 cuma Lumasi Klaher Bearing shock depan di beres kena 377 ribuan dan 31 maret 2017 mampir lagi ke beres beli utk stock oli mesin dan filter oli mesin utk nambah stock di rumah serta skalian periodic maintenance 60 ribu tanpa ganti oli mesin dan filter (krn dah ganti lbh dulu di bengkel non beres) serta karena saya tdk pernah ganti oli CVT mobil yg dipakai selama 46 bln lbh, jadi walaupun transmission mobil saya msh smooth dan no noisy tetap request minta scan dgn scan CONSULT utk error code dan Deterioration oli matic hasilnya no error code muncul di laptop dan Deterioration nya 54568. biaya utk check up general dan bersih kan rem rem dan check belt AC Rp 736 ribu. Parts mobil yg krn wear and tear diganti cuma aki di th kedua dan sepasang ban akhir th ke 3 serta karet wiper depan just that. Ganti krn keinginan sendiri speaker bawaan yg suara nya jelek ganti split 2 way plus power sub dll, plus tambah TPMS krn bawaan mobil gak ada serta tambah dash cam saja. Kalau penyakit seperti yg Om alami seperti rem bergetar, stir getar, mesin getar dll belum ada sama sekali, cuma pernah stir saat belok rada bunyi teng tengg 23 des 2017 cuma Lumasi dgn grease biru ngak muncul lagi sampe skrg.romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Sorry ada teman kantor saya ada juga beli Gnki bensin setahun setelah saya beli ANGL, temen kantor ini cerita saat mobil barunya di bawa di kecepatan diatas 120 km dan ngerem, rem nya atau stir nya getter saya sarankan claim saja. Sekarang sih katanya ngak lagi dan sempet kampas remnya di bubut dan uang bbm nya you know lah.
Tapi emang sampe saat ini saya akuin mobil yang paling nyaman dengan range harga segitu si emang GL..nyetirnya enak bgt dan buat penumpang juga nyaman..
Cuma saran aja kalo mobilnya uda muncul penyakit yang saya sebutin diatas mending langsung dijual aja, karena dibetulin pun kalo ga pake sparepart original pasti cm bertahan beberapa bulan doang..sparepart orinya mahal soalnya menurut saya..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
kl GL mah dl pengalaman btulin kaki2 jangan2 stengah2.. bgitu gluduk2, lgs pecahin celengan, ganti smua parts kaki2..
kaki2 depan GL itu buanyakkk bener bushing2 karet nya, ga ad mpv laen kaya doi, contohnya aj tuh crossmember, rata2 mobil2 jepun mah lgs disekrup ke body, kl GL pake selongsong bushing karet.. makanya umur nya ga bakal panjang, logis nya aj, karet kan lama2 bsa getas, pecah.. despite ntuh mobil dipake ato kaga.. mungkin konsep nya GL itu ngikutin sedan2 mevvah macam audi yg suspensi nya full bushing2 karet, cuman beda nya yahh ntuh karet2 di audi pasti kualitas wahid lahh, jgn bandingin ama GL punya..
btw kl ngomongin soal oli, saran ane, either kasi oli full syn kelas buaguss.. atau interval ganti oli dipercepet.. ini mobil enjin nya puanasss, kl yg punya OBD scanner, coba aj cek pas suhu kerja siang2 ntuh coolant nya brapa drajat, bandingin ama enjin2 apanja atau ipah.. plus ditambah kapasitas oil pan yg imut2... sama apanja 1300 cc aj beti..
kaki2 depan GL itu buanyakkk bener bushing2 karet nya, ga ad mpv laen kaya doi, contohnya aj tuh crossmember, rata2 mobil2 jepun mah lgs disekrup ke body, kl GL pake selongsong bushing karet.. makanya umur nya ga bakal panjang, logis nya aj, karet kan lama2 bsa getas, pecah.. despite ntuh mobil dipake ato kaga.. mungkin konsep nya GL itu ngikutin sedan2 mevvah macam audi yg suspensi nya full bushing2 karet, cuman beda nya yahh ntuh karet2 di audi pasti kualitas wahid lahh, jgn bandingin ama GL punya..
btw kl ngomongin soal oli, saran ane, either kasi oli full syn kelas buaguss.. atau interval ganti oli dipercepet.. ini mobil enjin nya puanasss, kl yg punya OBD scanner, coba aj cek pas suhu kerja siang2 ntuh coolant nya brapa drajat, bandingin ama enjin2 apanja atau ipah.. plus ditambah kapasitas oil pan yg imut2... sama apanja 1300 cc aj beti..
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Iya Om, mobil ANGL saya, tiap hari saat saya kerja, dipakai istri untuk anter jemput anak anak saya pergi dan pulang sekolah juga, baru saat hari libur saya bawa keluarga jalan jalan refresshing jadi fungsi nya sebagai moda transportasi kekuarga optimum bukan garage queen serta PKB yg kita bayar tiap tahun ada manfaatnya karena ngak maksimal kalau bayar pajak thn an nya tapi jarang dipakai mobilnya dan syukur lah belum pernah mogok selama ini.riizv89 wrote:Hampir sama dengan om Herman, saya beli ANGL dari baru tahun 2013 hingga sekarang fine-fine saja tuh, keseringan dipakai pas Weekend dan antar sekolah anak tiap pagi. Mungkin om Romi beli bekas dan tergiur murahnya sehingga banyak kriteria membeli mobil bekas agak terabaikan. Pernah direply juga dengan rekan yang lain.Herman7103 wrote:romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..Saya pribadi terbalik dgn pengalaman Om. Dan kalau Om mengalami hal tsb saat menggunakan grand livina dulu wajar Om ganti mobil kalau banyak keluar biaya utk benerinya make sense utk Om. Kalau yg saya rasakan dari saya beli dari dealer mei th 2014 sampai skrg odo 46 ribu lima ratusan km, dan sudah membawa saya sekeluarga wisata ke Jawa dari Sumatera tiap tahun selama 3 Th berturut turut sehingga hampir semua tempat wisata di pulau Jawa yg masuk daftar favorit tempat wisata yg ingin kami sekeluarga kunjungi telah kami kunjungi dengan mobil ini serta fuel cost yg saya nilai rendah dan maintenance cost nya yg standar saja bagi saya saat di rawat beres selama masa warrantynya dan after warranty malahan cuma saya ganti oli mesin NGO 5W30 dan filter oli mesin tiap 6 bln (bawa oli dan filter oli sendiri yg sdh duluan saya beli utk stock di rumah dari beresnya ) ganti di bengkel non beres dekat komplek tempat tinggal ongkos murah jg terakhir bayar 65 ribu saja. Terakhir ke beres 23 des 2017 cuma Lumasi Klaher Bearing shock depan di beres kena 377 ribuan dan 31 maret 2017 mampir lagi ke beres beli utk stock oli mesin dan filter oli mesin utk nambah stock di rumah serta skalian periodic maintenance 60 ribu tanpa ganti oli mesin dan filter (krn dah ganti lbh dulu di bengkel non beres) serta karena saya tdk pernah ganti oli CVT mobil yg dipakai selama 46 bln lbh, jadi walaupun transmission mobil saya msh smooth dan no noisy tetap request minta scan dgn scan CONSULT utk error code dan Deterioration oli matic hasilnya no error code muncul di laptop dan Deterioration nya 54568. biaya utk check up general dan bersih kan rem rem dan check belt AC Rp 736 ribu. Parts mobil yg krn wear and tear diganti cuma aki di th kedua dan sepasang ban akhir th ke 3 serta karet wiper depan just that. Ganti krn keinginan sendiri speaker bawaan yg suara nya jelek ganti split 2 way plus power sub dll, plus tambah TPMS krn bawaan mobil gak ada serta tambah dash cam saja. Kalau penyakit seperti yg Om alami seperti rem bergetar, stir getar, mesin getar dll belum ada sama sekali, cuma pernah stir saat belok rada bunyi teng tengg 23 des 2017 cuma Lumasi dgn grease biru ngak muncul lagi sampe skrg.romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Sorry ada teman kantor saya ada juga beli Gnki bensin setahun setelah saya beli ANGL, temen kantor ini cerita saat mobil barunya di bawa di kecepatan diatas 120 km dan ngerem, rem nya atau stir nya getter saya sarankan claim saja. Sekarang sih katanya ngak lagi dan sempet kampas remnya di bubut dan uang bbm nya you know lah.
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Terima kasih atas sarannya. Dan memang utk oli mesin dan filternya beli diberes cuma filter udara saja sejak desember 2017 pake filter K&N biar re used, saat sdh kotor bisa bersihkan dan di gunakan kembali dgn Oleskan minyaknya tipis tipis saja dari paket kit cleaner K&N nya ( jangan dibuang tiap 6 bln kayak paper filter oem nya) . Hopefully dgn modal selama ini belajar dgn nongkrongi mekanik beres nya saat periodic maintenance mobil saat masa warrantynya jadi ada sedikit pengetahuan utk rawat mobil dirumah serta style bawa mobil kalem dan sopan di jalan jalan yg banyak lubang di area Sumatera ini bisa bikin lebih awet an kaki kakinya krn saya merasa sdh cocok bantingan nya dgn but o meter sehingga saat nyetir jarak jauh ngak bikin pegel or sakit pinggang saya sdh cukup lalu anak anak ngak ada yg ngeluh saat dibawa jln jauh. Dan kalau pun suatu saat krn memang sudah saatnya krn faktor Jangka waktu yg sdh lama sehingga wear and tear hrs ganti kaki kaki, saya akan ganti yg ori nya juga.romi10 wrote:Iya mungkin saya aja yang lagi sial dapet livinanya barang cape waktu itu.. setelah beli penyakit2nya muncul beberapa bulan kemudian.. nasip..nasip hahhaha..riizv89 wrote: ↑Wed Apr 11, 2018 14:29Hampir sama dengan om Herman, saya beli ANGL dari baru tahun 2013 hingga sekarang fine-fine saja tuh, keseringan dipakai pas Weekend dan antar sekolah anak tiap pagi. Mungkin om Romi beli bekas dan tergiur murahnya sehingga banyak kriteria membeli mobil bekas agak terabaikan. Pernah direply juga dengan rekan yang lain.Herman7103 wrote: Saya pribadi terbalik dgn pengalaman Om. Dan kalau Om mengalami hal tsb saat menggunakan grand livina dulu wajar Om ganti mobil kalau banyak keluar biaya utk benerinya make sense utk Om. Kalau yg saya rasakan dari saya beli dari dealer mei th 2014 sampai skrg odo 46 ribu lima ratusan km, dan sudah membawa saya sekeluarga wisata ke Jawa dari Sumatera tiap tahun selama 3 Th berturut turut sehingga hampir semua tempat wisata di pulau Jawa yg masuk daftar favorit tempat wisata yg ingin kami sekeluarga kunjungi telah kami kunjungi dengan mobil ini serta fuel cost yg saya nilai rendah dan maintenance cost nya yg standar saja bagi saya saat di rawat beres selama masa warrantynya dan after warranty malahan cuma saya ganti oli mesin NGO 5W30 dan filter oli mesin tiap 6 bln (bawa oli dan filter oli sendiri yg sdh duluan saya beli utk stock di rumah dari beresnya ) ganti di bengkel non beres dekat komplek tempat tinggal ongkos murah jg terakhir bayar 65 ribu saja. Terakhir ke beres 23 des 2017 cuma Lumasi Klaher Bearing shock depan di beres kena 377 ribuan dan 31 maret 2017 mampir lagi ke beres beli utk stock oli mesin dan filter oli mesin utk nambah stock di rumah serta skalian periodic maintenance 60 ribu tanpa ganti oli mesin dan filter (krn dah ganti lbh dulu di bengkel non beres) serta karena saya tdk pernah ganti oli CVT mobil yg dipakai selama 46 bln lbh, jadi walaupun transmission mobil saya msh smooth dan no noisy tetap request minta scan dgn scan CONSULT utk error code dan Deterioration oli matic hasilnya no error code muncul di laptop dan Deterioration nya 54568. biaya utk check up general dan bersih kan rem rem dan check belt AC Rp 736 ribu. Parts mobil yg krn wear and tear diganti cuma aki di th kedua dan sepasang ban akhir th ke 3 serta karet wiper depan just that. Ganti krn keinginan sendiri speaker bawaan yg suara nya jelek ganti split 2 way plus power sub dll, plus tambah TPMS krn bawaan mobil gak ada serta tambah dash cam saja. Kalau penyakit seperti yg Om alami seperti rem bergetar, stir getar, mesin getar dll belum ada sama sekali, cuma pernah stir saat belok rada bunyi teng tengg 23 des 2017 cuma Lumasi dgn grease biru ngak muncul lagi sampe skrg.
Sorry ada teman kantor saya ada juga beli Gnki bensin setahun setelah saya beli ANGL, temen kantor ini cerita saat mobil barunya di bawa di kecepatan diatas 120 km dan ngerem, rem nya atau stir nya getter saya sarankan claim saja. Sekarang sih katanya ngak lagi dan sempet kampas remnya di bubut dan uang bbm nya you know lah.
Tapi emang sampe saat ini saya akuin mobil yang paling nyaman dengan range harga segitu si emang GL..nyetirnya enak bgt dan buat penumpang juga nyaman..
Cuma saran aja kalo mobilnya uda muncul penyakit yang saya sebutin diatas mending langsung dijual aja, karena dibetulin pun kalo ga pake sparepart original pasti cm bertahan beberapa bulan doang..sparepart orinya mahal soalnya menurut saya..
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Iya Om terima kasih atas sarannya, dan memang oli yg saya pakai saat masa inreyen saja non fully synthetic krn gratis oli NGO 10W30 tapi setelah itu sampai sekarang konsisten NGO 5W30 fully synthetic dan ngak pernah nyampe 1 thn, rata rata 6 bln bisa lebih cepat di bln ke 5 atau paling telat 7 bln an sdh ganti oli & filternya jg tergantung warna olinya saat saya check deep stick atau saat ada rada bunyi ngelitik halus pun hrs ganti. Maklum mobil banyakan minum premium sampai akhir tahun lalu kecuali saat lagi jln ke Jawa selalu pertamax or pertalite tapi skrg sdh pertalite, premium mulai menghilang di SPBU sekitar tempat tinggal. Kalau engine panas iya tapi krn mobil ANGL pake long life Coolant warna biru dan saya biasa kan saat mau jalan sangat jauh udah top up dulu ke batas atas utk ketinggian cairan coolant di reservoir nya so selama ini, belum pernah ngalamin engine overheat atau mogok even jalan jarak yg sangat jauh baik siang terik, tapi lebih enak memang jalan malem hari (entah ini suggesti saya kali) selama mata ngak ngantuk bisa tempuh berangkat dari Jakarta barat 6.30 senja nyampe cemoro kandang Tawangmangu pagi pagi bener krn cuma stop utk ke toilet 2 X dan mampir bentar SPBU 1X. Jadi enginenya Ok lah menurut pendapat saya ngeliat performanya sesuai dgn harga beli mobilnya cuma 163.1 jt saja saat itu. Utk kaki kaki betul karet karet nya di area kaki kaki nya hrs dijaga serta grease nya di Klaher Bearing jg dan memang sering saya semprotin air bersih kaki kaki mobilnya dan mobil nya jg sering juga cuci sekalian, ini krn air di komplek tinggal karyawan tempat pabrik saya kerja bebas/ free krn pake water treatment sendiri bulan PDAM he.. he. he..DOHC wrote:kl GL mah dl pengalaman btulin kaki2 jangan2 stengah2.. bgitu gluduk2, lgs pecahin celengan, ganti smua parts kaki2..
kaki2 depan GL itu buanyakkk bener bushing2 karet nya, ga ad mpv laen kaya doi, contohnya aj tuh crossmember, rata2 mobil2 jepun mah lgs disekrup ke body, kl GL pake selongsong bushing karet.. makanya umur nya ga bakal panjang, logis nya aj, karet kan lama2 bsa getas, pecah.. despite ntuh mobil dipake ato kaga.. mungkin konsep nya GL itu ngikutin sedan2 mevvah macam audi yg suspensi nya full bushing2 karet, cuman beda nya yahh ntuh karet2 di audi pasti kualitas wahid lahh, jgn bandingin ama GL punya..
btw kl ngomongin soal oli, saran ane, either kasi oli full syn kelas buaguss.. atau interval ganti oli dipercepet.. ini mobil enjin nya puanasss, kl yg punya OBD scanner, coba aj cek pas suhu kerja siang2 ntuh coolant nya brapa drajat, bandingin ama enjin2 apanja atau ipah.. plus ditambah kapasitas oil pan yg imut2... sama apanja 1300 cc aj beti..
HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Betul banget om, bushingnya bejibun, tp dulu beres nya ga jual bushingnya doang minta nya ganti 1 set makanya akhirnya banyak org kecewa sama nih kaki2 livina Kalo sudah gluduk2 benerinnya bisa nembus 2 digit. Skrg aja udah tobat beresnya, bisa beli bushingnya doang + banyak KW skrg.DOHC wrote: ↑Thu Apr 12, 2018 9:48 kl GL mah dl pengalaman btulin kaki2 jangan2 stengah2.. bgitu gluduk2, lgs pecahin celengan, ganti smua parts kaki2..
kaki2 depan GL itu buanyakkk bener bushing2 karet nya, ga ad mpv laen kaya doi, contohnya aj tuh crossmember, rata2 mobil2 jepun mah lgs disekrup ke body, kl GL pake selongsong bushing karet.. makanya umur nya ga bakal panjang, logis nya aj, karet kan lama2 bsa getas, pecah.. despite ntuh mobil dipake ato kaga.. mungkin konsep nya GL itu ngikutin sedan2 mevvah macam audi yg suspensi nya full bushing2 karet, cuman beda nya yahh ntuh karet2 di audi pasti kualitas wahid lahh, jgn bandingin ama GL punya..
btw kl ngomongin soal oli, saran ane, either kasi oli full syn kelas buaguss.. atau interval ganti oli dipercepet.. ini mobil enjin nya puanasss, kl yg punya OBD scanner, coba aj cek pas suhu kerja siang2 ntuh coolant nya brapa drajat, bandingin ama enjin2 apanja atau ipah.. plus ditambah kapasitas oil pan yg imut2... sama apanja 1300 cc aj beti..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
berarti sekarang urusan kaki2 GL bukan momok lagi ya om?P47hos wrote: ↑Thu Apr 12, 2018 13:06
Betul banget om, bushingnya bejibun, tp dulu beres nya ga jual bushingnya doang minta nya ganti 1 set makanya akhirnya banyak org kecewa sama nih kaki2 livina Kalo sudah gluduk2 benerinnya bisa nembus 2 digit. Skrg aja udah tobat beresnya, bisa beli bushingnya doang + banyak KW skrg.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Sorry saya ikut nimbrung jg sehubungan sdh make mobil grand Livina jg walau yang versi ANGL CVT tahun 2014 selama hampir 4 tahun dgn odo kemarin 47 ribu 225 Km, selama itu belum ada parts kaki kaki yg diganti, cuma pernah greasing bearing shock depan Desember th lalu kena Rp 377 ribu di beres. Karena saya org yg kerja di bagian akuntansi dan pengen tahu (semua parts kaki kaki mobil saya masih blm satupun yg diganti selama ini)satrialiar69 wrote:berarti sekarang urusan kaki2 GL bukan momok lagi ya om?P47hos wrote: ↑Thu Apr 12, 2018 13:06
Betul banget om, bushingnya bejibun, tp dulu beres nya ga jual bushingnya doang minta nya ganti 1 set makanya akhirnya banyak org kecewa sama nih kaki2 livina Kalo sudah gluduk2 benerinnya bisa nembus 2 digit. Skrg aja udah tobat beresnya, bisa beli bushingnya doang + banyak KW skrg.
berapa sebenarnya price list part part utk kaki kaki ANGL jadi saya kirim email tanya ke bengkel Resmi utk no parts kaki kaki dan harganya utk all new grand Livina, dan barusan dapatkan informasi via email jg ke saya sbb:
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
part No.Herman7103 wrote:Sorry saya ikut nimbrung jg sehubungan sdh make mobil grand Livina jg walau yang versi ANGL CVT tahun 2014 selama hampir 4 tahun dgn odo kemarin 47 ribu 225 Km, selama itu belum ada parts kaki kaki yg diganti, cuma pernah greasing bearing shock depan Desember th lalu kena Rp 377 ribu di beres. Karena saya org yg kerja di bagian akuntansi dan pengen tahu (semua parts kaki kaki mobil saya masih blm satupun yg diganti selama ini)satrialiar69 wrote:berarti sekarang urusan kaki2 GL bukan momok lagi ya om?P47hos wrote: ↑Thu Apr 12, 2018 13:06
Betul banget om, bushingnya bejibun, tp dulu beres nya ga jual bushingnya doang minta nya ganti 1 set makanya akhirnya banyak org kecewa sama nih kaki2 livina Kalo sudah gluduk2 benerinnya bisa nembus 2 digit. Skrg aja udah tobat beresnya, bisa beli bushingnya doang + banyak KW skrg.
berapa sebenarnya price list part part utk kaki kaki ANGL jadi saya kirim email tanya ke bengkel Resmi utk no parts kaki kaki dan harganya utk all new grand Livina, dan barusan dapatkan informasi via email jg ke saya sbb:
Name
Price List (Rp)
Tie Rod
363,500
48521-3U025
Long Tie Rod
345,000
54618-JX00A
Link Stabilizer
246,000
54467-1JY0A
Bushing Crossmember
193,500
Bushing Arm
160,000
40160-EE50A
Ball Joint
160,000
54320-JX00A
Karet Support Shock
465,000
54303-1YP5A
Shock Absorber/Breaker depan yg Kiri
825,000
54302-1YP5A
Shock Absorber/Breaker depan yg Kanan
825,000
54325-ED02A
Bearing Shock depan kiri
435,000
54325-ED02A
Bearing Shock depan yg kanan
435,000
56200-CJ44A
Shock Absorber/Breaker belakang yg Kanan
445,000
56200-CJ44A
Shock Absorber/Breaker belakang yg Kiri
445,000
54050-EE500
Karet Boot shock
100,000
22448-1HC0A
Ignition Coil /Koil Busi
465,000
15208-65F0A
FILTER OIL CARTR T3,LA.S3, K13,F15
37,400
KLALN-05301
MOTOR OIL ECO 0530 SN
107,250
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Tabel parts kaki kaki ori and oli , filter ori mobil All New Grand Livina ( sumber nanya dari Beres). Hopefully bermanfaat bagi yg lagi cari info tentang kode part kaki kaki serta harganya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Mohon saran dari rekan-rekan SM mengenai Livina X-Gera saya dimana bagian belakan glodakan, saya curiga dari pintu bagasi dan dari kaki-kaki, kalau ada yg punya pengalaman yg sama dan sudah bias mengatasi minta sharingnya....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
thanks omHerman7103 wrote: ↑Thu Apr 19, 2018 9:04 Tabel parts kaki kaki ori and oli , filter ori mobil All New Grand Livina ( sumber nanya dari Beres). Hopefully bermanfaat bagi yg lagi cari info tentang kode part kaki kaki serta harganya.kk_1524127964391.jpg
sangat berfaedah info ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
You welcome om. Kebetulan saya senang sharing tentang yang saya tahu dan alami tentang mobil yg saya gunakan skrg serta juga sering baca baca sharing an darisatrialiar69 wrote:thanks omHerman7103 wrote: ↑Thu Apr 19, 2018 9:04 Tabel parts kaki kaki ori and oli , filter ori mobil All New Grand Livina ( sumber nanya dari Beres). Hopefully bermanfaat bagi yg lagi cari info tentang kode part kaki kaki serta harganya.kk_1524127964391.jpg
sangat berfaedah info ini
user lainnya juga biar menambah pengetahuan dalam perawatan mobil aja[emoji3]
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Terima kasih Om Herman sharing informasinya, harga rack end ball joint ANGL gak jauh sama punya panther kotak yah itu kayaknyaHerman7103 wrote: ↑Thu Apr 19, 2018 9:04 Tabel parts kaki kaki ori and oli , filter ori mobil All New Grand Livina ( sumber nanya dari Beres). Hopefully bermanfaat bagi yg lagi cari info tentang kode part kaki kaki serta harganya.kk_1524127964391.jpg
Cmiiw..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Yah memang gak jauh beda Om.Coltbiru wrote:Terima kasih Om Herman sharing informasinya, harga rack end ball joint ANGL gak jauh sama punya panther kotak yah itu kayaknyaHerman7103 wrote: ↑Thu Apr 19, 2018 9:04 Tabel parts kaki kaki ori and oli , filter ori mobil All New Grand Livina ( sumber nanya dari Beres). Hopefully bermanfaat bagi yg lagi cari info tentang kode part kaki kaki serta harganya.kk_1524127964391.jpg
Cmiiw..
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Pagi Om semua mau nanya nih, kayaknya ANGL ane sudah minta ganti shock depan & kalo belok mentok bunyi dung. Shock depan apa yang bagus selain ori, kalo ganti shock apakah mesti ganti support shock & bearing shock? Maaf banyak nanya. Trims buat atensi Om semua
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jun 08, 2016 8:16
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Pagi semua, saya abis beli filter udara grand livina di salah satu toko di daerah jakarta pusat, terus terang saya awam mengenai sparepart ini. saya beli seharga 90rb, di kotak ada tulisan made in japan dan kata penjualnya barangnya ori. Nah, abis itu iseng bandingin harga di olshop, di olshop tersebut dibilang kalo filter udara grand livina itu sedikit oily, dan dibungkus plastik gitu. barang yang saya beli gak dibungkus plastik dan ga oily sama sekali, kira2 filter udara yang saya beli ori atau ga ya? Kalo dipake apakah bisa menimbulkan masalah dikemudian hari?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Dec 29, 2013 7:39
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Dear suhu, penyebab kopling ANGL berat dan bunyi krik-krik pada saat diangkat apa yah? Km 61rb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 05, 2018 0:36
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Gan, kalo beli Bearing Roda depan yg bagus dimana ya, merk apa? (yg ori Beres Mahal)
plus sekalian ada rekomendasi bengkel yg di sekitar jaksel yg bagus?
plus sekalian ada rekomendasi bengkel yg di sekitar jaksel yg bagus?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Sy pernah tanya di Jasmin, mereka jual harga 600rb, posisi saya dikalimantan. Iseng2 nanya toko spare part di kota sy pas lewat eh ternyata hanya 550rb, ga tau Klo stok lama ya.. Akhirnya beli di sini saja.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 05, 2018 0:36
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
awet g bearingnya gan, uda berapa lama?
wah, td telpon 600rb plus biaya pasang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jun 05, 2018 0:36
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
sip, kmren jadi pasang di jasmin fatmawati, kena 600 (include ongkos pasang).
dapet yg merk NIS, semoga awet.