Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
cuma punya ANGL 2014 odo 43k km , tutup airbag sisi penumpang hitamnya agak kusam dibanding hitamnya dashboard keseluruhan kursi samping driver kalk belom kiri kanan bunyi kriyet2 tapi pas dijalan rusak /lewat speed trap malah gak bunyi. Windshield baret kena wiper gegara dulu motor sama anak dihidupin wipernya gak pake semprot air dulu.Biarlah, nikmati aja yang ada. Cuma itu mampunya beli mobil Bersyukur bisa kebeli mobil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Porsche jaman old...Boxster 986 2003
Kali ini saya balik, start dengan
Weaknesses:
1. Dirt cheap factory speaker - foam surround sudah pecah, tidak bisa diservis (ganti speaker - solved)
2. Immobilizer control module fault - central lock dan lampu kabin tidak berfungsi ketika kunci dicabut (ganti module - solved. Jangan tanya berapa duit yah... masih baper heuheuehe)
3. Convertible top gearbox - gear sudah patah2x karena material teflon / thermoplastic termakan usia. (ganti custom metal gear - solved. Not expensive)
4. Cup holder ringkih
5. Cover sunvisor patah engselnya (kiri-kanan .... not bothered, rarely used)
6. Tombol remote key dari karet sudah pecah2x...dan signal loss. (ganti kunci - solved. Don't ask)
7. Tiptronic module rusak lagi (diganti baru sm Porsche ID karena masih parts warranty 2 tahun - solved)
8. Busa seal flap ducting a/c sudah merudul; hembusan a/c ngembun ke kaca depan (too complex to repair, harus bongkar dashboard. A/C di divert ke face n legs, then solved)
9. Fuel pump pernah merengek manjah...mobil harus digendong (ganti pump + filter assy - solved)
Kaget? Ya
Kapok? Tidak
Strengths:
1. Flat-6 engine roar
2. Convertible top functions perfectly
3. Electricals all ok
4. Leather seat + steering wheel damn good utk mobil 15 tahun
5. Cat nya masih kinyis2x
6. Pintu masih nutup solid
Seperti istri yg sudah ga muda lagi, bawel, kadang belanja overbudget, tapi sudah ga bisa ke lain hati
Kali ini saya balik, start dengan
Weaknesses:
1. Dirt cheap factory speaker - foam surround sudah pecah, tidak bisa diservis (ganti speaker - solved)
2. Immobilizer control module fault - central lock dan lampu kabin tidak berfungsi ketika kunci dicabut (ganti module - solved. Jangan tanya berapa duit yah... masih baper heuheuehe)
3. Convertible top gearbox - gear sudah patah2x karena material teflon / thermoplastic termakan usia. (ganti custom metal gear - solved. Not expensive)
4. Cup holder ringkih
5. Cover sunvisor patah engselnya (kiri-kanan .... not bothered, rarely used)
6. Tombol remote key dari karet sudah pecah2x...dan signal loss. (ganti kunci - solved. Don't ask)
7. Tiptronic module rusak lagi (diganti baru sm Porsche ID karena masih parts warranty 2 tahun - solved)
8. Busa seal flap ducting a/c sudah merudul; hembusan a/c ngembun ke kaca depan (too complex to repair, harus bongkar dashboard. A/C di divert ke face n legs, then solved)
9. Fuel pump pernah merengek manjah...mobil harus digendong (ganti pump + filter assy - solved)
Kaget? Ya
Kapok? Tidak
Strengths:
1. Flat-6 engine roar
2. Convertible top functions perfectly
3. Electricals all ok
4. Leather seat + steering wheel damn good utk mobil 15 tahun
5. Cat nya masih kinyis2x
6. Pintu masih nutup solid
Seperti istri yg sudah ga muda lagi, bawel, kadang belanja overbudget, tapi sudah ga bisa ke lain hati
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
izin nimbrung om
- Kia Picanto mt 2012 odo 28rban : warna silver di setir mulai pudar , gbr unlock/lock di remot kunci mulai pudar , power window driver suka error , jok mobil mulai bule warnanya. pdhal kondisi mbl std tingting blm prnh di otak atik
- Vios trd at 2011 odo 132rban : ada rattle di daleman ( gatau drmana asalnya & bunyinya kalo lwt jalan jelek ) , karet2 di sambungan bodykit mulai getas.
- Avanza G at 2017 odo 2rban : center console goyang2 , karpet dasar tambahan terkesan masangnya asal2an
- Sienta V at 2017 odo 700 : laci dashboard ga rata rapetnya antara sebelah kiri & kanan, bunyi wiper berisik ( antara karet wipernya / kaca mblnya jamuran pas lg di gudang )
IMHO
- Kia Picanto mt 2012 odo 28rban : warna silver di setir mulai pudar , gbr unlock/lock di remot kunci mulai pudar , power window driver suka error , jok mobil mulai bule warnanya. pdhal kondisi mbl std tingting blm prnh di otak atik
- Vios trd at 2011 odo 132rban : ada rattle di daleman ( gatau drmana asalnya & bunyinya kalo lwt jalan jelek ) , karet2 di sambungan bodykit mulai getas.
- Avanza G at 2017 odo 2rban : center console goyang2 , karpet dasar tambahan terkesan masangnya asal2an
- Sienta V at 2017 odo 700 : laci dashboard ga rata rapetnya antara sebelah kiri & kanan, bunyi wiper berisik ( antara karet wipernya / kaca mblnya jamuran pas lg di gudang )
IMHO
Last edited by kramatbatu on Wed Feb 14, 2018 10:46, edited 1 time in total.
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2851
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Mercedes W204 C200 CGI 2010
Weakness
-- boros bohlam2 exterior
-- section lampu kota bagian depan chrome gampang meleleh (sinar jd bocor ke bagian section main beam)
-- bohlam lampu belakang suka mati (modul lampu belakang meleleh)
-- tombol2 gampang ngelotok (udah banyak yg bs benerin)
strengths
++ panel gap interior exterior oke
++ speaker ga serapuh W212
++ electronic ga ada masalah kecuali boros bohlam
++ mesin oke, ga ada gejala aneh2 rusak apapun itu
++ kaki2 suspensi kuat dan ga ada bunyi2
++ karet2 pintu kaca awet
++ ac sunyi ga kaya W203 dan W212
Weakness
-- boros bohlam2 exterior
-- section lampu kota bagian depan chrome gampang meleleh (sinar jd bocor ke bagian section main beam)
-- bohlam lampu belakang suka mati (modul lampu belakang meleleh)
-- tombol2 gampang ngelotok (udah banyak yg bs benerin)
strengths
++ panel gap interior exterior oke
++ speaker ga serapuh W212
++ electronic ga ada masalah kecuali boros bohlam
++ mesin oke, ga ada gejala aneh2 rusak apapun itu
++ kaki2 suspensi kuat dan ga ada bunyi2
++ karet2 pintu kaca awet
++ ac sunyi ga kaya W203 dan W212
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7579
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
build quality di tiap domestic market terkait erat dgn std compliance as set by domestic authority(ies) .... kalo strict ya pasti bagus n kalo loose ya pasti goodwill basis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Subaru Impreza 2.0i-S 2012
minusnya dulu deh
- pernah muncul bunyi "kriet" dari kursi penumpang depan, ternyata gara2 ada 1 per yang bermasalah di dalam jok
- kadang suka ada rattle dari area tweeter di kanan..kadang ilang dan kadang bunyi..
- beberapa bagian interior yang pake hard plastik ada baret kena kuku..
apalagi ya...kayaknya itu aja deh
plusnya
- dari awal make (okt-2012) ampe sekarang dipake (feb-2018), terpaksa masuk bengkel cuma sekali gara2 saluran pembuangan air kondensasi AC mobil kesumbat..ngerjainnya di bengkel spesialis AC deket tanah kusir..
- kaki, elektronik, transmisi, dan mesin...sehat walafiat..
- dari awal make, temen yang udah naik ini mobil dari 2012 dan sekarang 2018 cuma bisa bilang, "kok bau interiornya sama sih kayak pas masih baru ?"..padahal interiornya gak ada perawatan khusus..
kayaknya itu aja sih, interiornya spartan banget pula, function over form..
minusnya dulu deh
- pernah muncul bunyi "kriet" dari kursi penumpang depan, ternyata gara2 ada 1 per yang bermasalah di dalam jok
- kadang suka ada rattle dari area tweeter di kanan..kadang ilang dan kadang bunyi..
- beberapa bagian interior yang pake hard plastik ada baret kena kuku..
apalagi ya...kayaknya itu aja deh
plusnya
- dari awal make (okt-2012) ampe sekarang dipake (feb-2018), terpaksa masuk bengkel cuma sekali gara2 saluran pembuangan air kondensasi AC mobil kesumbat..ngerjainnya di bengkel spesialis AC deket tanah kusir..
- kaki, elektronik, transmisi, dan mesin...sehat walafiat..
- dari awal make, temen yang udah naik ini mobil dari 2012 dan sekarang 2018 cuma bisa bilang, "kok bau interiornya sama sih kayak pas masih baru ?"..padahal interiornya gak ada perawatan khusus..
kayaknya itu aja sih, interiornya spartan banget pula, function over form..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
lho itu yg gw bold.. sama di outback juga rattle di tweeter dashboard kanan. udh coba buka covernya, diraba2 kayaknya ga ada yg kendor..haristk7 wrote: ↑Wed Feb 14, 2018 12:43 Subaru Impreza 2.0i-S 2012
minusnya dulu deh
- pernah muncul bunyi "kriet" dari kursi penumpang depan, ternyata gara2 ada 1 per yang bermasalah di dalam jok
- kadang suka ada rattle dari area tweeter di kanan..kadang ilang dan kadang bunyi..
- beberapa bagian interior yang pake hard plastik ada baret kena kuku..
apalagi ya...kayaknya itu aja deh
plusnya
- dari awal make (okt-2012) ampe sekarang dipake (feb-2018), terpaksa masuk bengkel cuma sekali gara2 saluran pembuangan air kondensasi AC mobil kesumbat..ngerjainnya di bengkel spesialis AC deket tanah kusir..
- kaki, elektronik, transmisi, dan mesin...sehat walafiat..
- dari awal make, temen yang udah naik ini mobil dari 2012 dan sekarang 2018 cuma bisa bilang, "kok bau interiornya sama sih kayak pas masih baru ?"..padahal interiornya gak ada perawatan khusus..
kayaknya itu aja sih, interiornya spartan banget pula, function over form..
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Aug 30, 2016 20:05
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Itu yang picanto bener banget, gw pake yg matic taun 2012 odometer 54k. Electricalnya kacau itu mobil. Power window sering tiba tiba gajalan, power door lock juga sama. Pernah juga lampu sen gabisa nyala juga.kramatbatu wrote: ↑Wed Feb 14, 2018 10:45 izin nimbrung om
- Kia Picanto mt 2012 odo 28rban : warna silver di setir mulai pudar , gbr unlock/lock di remot kunci mulai pudar , power window driver suka error , jok mobil mulai bule warnanya. pdhal kondisi mbl std tingting blm prnh di otak atik
- Vios trd at 2011 odo 132rban : ada rattle di daleman ( gatau drmana asalnya & bunyinya kalo lwt jalan jelek ) , karet2 di sambungan bodykit mulai getas.
- Avanza G at 2017 odo 2rban : center console goyang2 , karpet dasar tambahan terkesan masangnya asal2an
- Sienta V at 2017 odo 700 : laci dashboard ga rata rapetnya antara sebelah kiri & kanan, bunyi wiper berisik ( antara karet wipernya / kaca mblnya jamuran pas lg di gudang )
IMHO
Tapi overall build qualitynya oke karena belum ada rattle sampe sekarang. Paling trim silver interior gampang lecet
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Bener bgt ini aerio saya jg gitu, piara 10 tahun sampe 2x poles dashboard biar kaya baru lagi.. tapi saya anggapnya biasa aja sih, hahah..syakir wrote:Aerio 2006
Skrg udh masuk 128-an.
Dashboard softpadnya aduuuh, retak2.emang gak kuat iklim panas di indo dan ini penyakit bawaan semua aerio facelift.kalo gak retak bisa dikatakan dia itu super duper garage queen atau mungkin gak pernah kena matahari sm sekali. Retakannya pun beda2. Ada yg retak seribu, ada yg garis2 doang seperti si mobil ane.
Rattling dashboard sih engga ya (ketolong softpad kali ya .hahaha!), panel gap pun konsisten.
Tapi dr trim bagasi, gegara pernah di bongkar, jd gak press lagi, lewat jalan gak rata jd kriyet2, meski gak terlalu ganggu sih
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Volkswagen Golf Tsi Mk7
Build quality nya sangat bagus, kerapatan2 antara panel sangat presisi, softpad tidak ada retak sama sekali meskipun sudah jalan 4 tahun
Meskipun Build Quality nya bagus tapi ada kekurangan di bahan2 plastik nya karena umur. Yaitu lis ambient light bagian pintu depan dan belakangnya mengalami penjamuran sehingga klo kita gosok akan mengikis cat, itu mulai banyak totol2 putih mulai tahun ketiga
Dan gak tau kenapa itu golf dari pertama beli klo hidupin AC pertama, pasti keluar bau asem. Setelah tanya2 ke pengguna golf yg lain, ternyata itu bau khas Golf
Tapi itu bau sangat menggangu menurut ane
Build quality nya sangat bagus, kerapatan2 antara panel sangat presisi, softpad tidak ada retak sama sekali meskipun sudah jalan 4 tahun
Meskipun Build Quality nya bagus tapi ada kekurangan di bahan2 plastik nya karena umur. Yaitu lis ambient light bagian pintu depan dan belakangnya mengalami penjamuran sehingga klo kita gosok akan mengikis cat, itu mulai banyak totol2 putih mulai tahun ketiga
Dan gak tau kenapa itu golf dari pertama beli klo hidupin AC pertama, pasti keluar bau asem. Setelah tanya2 ke pengguna golf yg lain, ternyata itu bau khas Golf
Tapi itu bau sangat menggangu menurut ane
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Avanza G Luxury 1.3 mt 2014
- lumayan langka karena jarang ketemu avanza luxury di kota ane
- add on bodykit keterlaluan tipisnya, gampang retak dan pecah
- Bagian silver2 di interior dan knob ac udah lecet semua
- limbung (its avanza bro)
- Tenaga surprisingly ok buat nyalip2 dan sruntulan
- dashboard lebih kokoh daripada mobilio
Karimun wagon R GS mt 2014
- Plat body kayaknya paling tebel dibanding LCGC lain
- Window by power di pintu belakang
- Dashboard paling kokoh dibanding LCGC lain
- But surprisingly doortrim lebih lunak dibanding lets say brio
- Boyo
- Kopling aneh
- udah mulai rattling di pintu bagasi
- lumayan langka karena jarang ketemu avanza luxury di kota ane
- add on bodykit keterlaluan tipisnya, gampang retak dan pecah
- Bagian silver2 di interior dan knob ac udah lecet semua
- limbung (its avanza bro)
- Tenaga surprisingly ok buat nyalip2 dan sruntulan
- dashboard lebih kokoh daripada mobilio
Karimun wagon R GS mt 2014
- Plat body kayaknya paling tebel dibanding LCGC lain
- Window by power di pintu belakang
- Dashboard paling kokoh dibanding LCGC lain
- But surprisingly doortrim lebih lunak dibanding lets say brio
- Boyo
- Kopling aneh
- udah mulai rattling di pintu bagasi
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
bq sih oke om , iya nih kualitas cat silver di interiornya jelek om gampang pudar sm lecet power window kmren udh pernah diakalin trs rusak lg. akhirnya ganti motor pwr windownya + rel kaca nya kena 1jtan omMufathurrohman wrote: ↑Sat Mar 03, 2018 23:26Itu yang picanto bener banget, gw pake yg matic taun 2012 odometer 54k. Electricalnya kacau itu mobil. Power window sering tiba tiba gajalan, power door lock juga sama. Pernah juga lampu sen gabisa nyala juga.kramatbatu wrote: ↑Wed Feb 14, 2018 10:45 izin nimbrung om
- Kia Picanto mt 2012 odo 28rban : warna silver di setir mulai pudar , gbr unlock/lock di remot kunci mulai pudar , power window driver suka error , jok mobil mulai bule warnanya. pdhal kondisi mbl std tingting blm prnh di otak atik
- Vios trd at 2011 odo 132rban : ada rattle di daleman ( gatau drmana asalnya & bunyinya kalo lwt jalan jelek ) , karet2 di sambungan bodykit mulai getas.
- Avanza G at 2017 odo 2rban : center console goyang2 , karpet dasar tambahan terkesan masangnya asal2an
- Sienta V at 2017 odo 700 : laci dashboard ga rata rapetnya antara sebelah kiri & kanan, bunyi wiper berisik ( antara karet wipernya / kaca mblnya jamuran pas lg di gudang )
IMHO
Tapi overall build qualitynya oke karena belum ada rattle sampe sekarang. Paling trim silver interior gampang lecet
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
- Location: Boyolali, Jawa Tengah
- Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Honda freed 2013 lumayan kedap dibandingkan mobilio 2014. Dashboard oke lah. Cuma pintu gesernya klo lewat jalan jelek ato ga rata suka bunyi2. Udah dicek diperbaiki tetap sama aja. Ganti 3 ban 1x. Ganti aki 1x. Ganti bohlam headlamp 1x. Ganti bohlam stop lamp 2x. Sampai akhirnya dijual awal tahun 2017 kemarin.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Aug 30, 2016 20:05
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
2014 Suzuki Swift Sport.
Exterior oke, paling interior plastik di armrest door trim depan gampang lecet. Terus doortrim belakang pernah copot. Mesin suka ngelitik kalo diisi 92.
Exterior oke, paling interior plastik di armrest door trim depan gampang lecet. Terus doortrim belakang pernah copot. Mesin suka ngelitik kalo diisi 92.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2137
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
up ..
Link Tokopedia Kartu Pokemon TCG Original (English, Japan, Indo)
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 851
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Nubie izin nambahin di trit lama...
Xenia gen 1 2005 126k km : ya... sesuai dengan harga dan kelasnya lah. Panel gap standar rada2 renggang ala LMPV, rattle sejauh kalo menurut ane ga banyak lah ya (atau karena suara rattlenya ketutupan sama suara getaran dan raungan mesin 3 cylindernya yah ), body tipis kaleng krupuk, peredaman amat sangat payah (ditambah lagi raungan mesin 3 cylindernya + suara infinity nguuuuunngg dari gardannya kalo lagi lari di tol), jok tipis kalo dibandingin avxen gen 2, emon sptnya dah lemah, kaki2 depan sptnya dah mulai bunyi2, doortrim dan dashboard full plastik tapi surprisingly kualitas plastiknya menurut ane cukup bagus dan tebal, finishingnya ok, dan doortrim serta dashboardnya nurut ane cukup solid, lbh baik dari avxen gen 2 yg dr pengalaman ane naik taxol perasaan plastik-plastiknya lebih tipis lebih gampang meleyot-leyot dan lebih goyang2.
R3 gen 2 2018 26k km : BQ dan material interior untuk kelas LMPV cukup baik dibanding kompetitornya, plastik2 cukup tebal, solid, ada softpad yg beneran empuk di doortrim tempat naro tangan (seriously beneran empuk, ini sepertinya beneran ada busanya, gak cuma sekedar kain ditemplok doang), kursi tebal, kainnya cukup halus, tapi dah ada rattle dikit dari kisi AC yg nyembur ke arah kaki penumpang depan yg dah mulai goyang, peredaman kabin bagus, karet peredam cukup tebal, plat body cukup tebal lumayan untuk membantu peredaman kabin, pintu feel buka tutupnya terasa berbobot dan nutup pintunya terasa 'blep'.
Xenia gen 1 2005 126k km : ya... sesuai dengan harga dan kelasnya lah. Panel gap standar rada2 renggang ala LMPV, rattle sejauh kalo menurut ane ga banyak lah ya (atau karena suara rattlenya ketutupan sama suara getaran dan raungan mesin 3 cylindernya yah ), body tipis kaleng krupuk, peredaman amat sangat payah (ditambah lagi raungan mesin 3 cylindernya + suara infinity nguuuuunngg dari gardannya kalo lagi lari di tol), jok tipis kalo dibandingin avxen gen 2, emon sptnya dah lemah, kaki2 depan sptnya dah mulai bunyi2, doortrim dan dashboard full plastik tapi surprisingly kualitas plastiknya menurut ane cukup bagus dan tebal, finishingnya ok, dan doortrim serta dashboardnya nurut ane cukup solid, lbh baik dari avxen gen 2 yg dr pengalaman ane naik taxol perasaan plastik-plastiknya lebih tipis lebih gampang meleyot-leyot dan lebih goyang2.
R3 gen 2 2018 26k km : BQ dan material interior untuk kelas LMPV cukup baik dibanding kompetitornya, plastik2 cukup tebal, solid, ada softpad yg beneran empuk di doortrim tempat naro tangan (seriously beneran empuk, ini sepertinya beneran ada busanya, gak cuma sekedar kain ditemplok doang), kursi tebal, kainnya cukup halus, tapi dah ada rattle dikit dari kisi AC yg nyembur ke arah kaki penumpang depan yg dah mulai goyang, peredaman kabin bagus, karet peredam cukup tebal, plat body cukup tebal lumayan untuk membantu peredaman kabin, pintu feel buka tutupnya terasa berbobot dan nutup pintunya terasa 'blep'.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Mulai dr yang paling banyak yahh
2011 Volkswagen Golf MK6 TSI. Odo read 106k
Waktu dapet ada rattle di plafon plafon dan rada ambles... rasanya rata-rata mobil ngeropah punya penyakit spt ini kalo udah tua. ntah kalah krn panas atau gimana. Pernah coba unit MK6 lain juga begini penyakitnya. Panelgap di VW mahh jangan ditanya masih rapet smua plastik plastiknya ga ad rattle, cuma yang bunyi kalo kena jalan jelek di bagian toolkit ban serep... wkwkwkwkw
2013 Maruti Suzuki Splash AT odo read 78k.
Masih rapet smua interiornya no rattle, surprisingly good buat mobil level bgini. Level finishingnya bener bener rapi.
2015 Honda HR-V Prestige 1.8 odo read 37k.
Interior masih rapet smua no rattle dan center consolenya ntah knp lbh kenceng drpd punya civic/CRV, kaki-kaki depan ud mulai bunyi klek klek lg since di claim skr didiemin aj ga terlalu brisik kaya dl.
2017 Honda Civic 1.5 Turbo Hatchback S odo read 20k.
Interior masih rapet smua, cm plastik dan leathernya klo kena air suka bekas. Center console agak rapuh ampe serem klo terpaksa masuk dr kiri lompatin bagian tengah.
2018 Honda CR-V 1.5 Turbo odo read 12k.
Termahal di garasi skaligus paling mengenaskan... ud ada tanda-tanda bunyi di interior skitaran kolom stir ntah bunyi apa tp suka muncul suka ilang... shifter button ga termasuk kena recall tp tetep aj rasanya goyang goyang. Separator di bagasi suka bunyi kalo lewat jalan jelek. ntah knp koq kalah senyap interiornya bahkan ama adeknya ndiri si haerpi. Leather nya sama kalo kena cairan gampang bekas ga ilang ilang... center console nya klo digeser jd armrest goyang parah dan plastik buat storage tengahnya kasar bgt bukaannya. Kaki kaki msh senyap surprisingly dipake luar kotaan jauh jauh ngetol nyetir gak nyantai jg masih kenceng.
2019 Mitsu Xpander Sport odo read 24k.
interior banyak plastik murah... tp surprisingly masih zero rattle. kaki kaki depan ud mulai agak kletak kletak... maklum mobil perang dan odonya plg kenceng se garasi setaon uda jalan sgini.
2011 Volkswagen Golf MK6 TSI. Odo read 106k
Waktu dapet ada rattle di plafon plafon dan rada ambles... rasanya rata-rata mobil ngeropah punya penyakit spt ini kalo udah tua. ntah kalah krn panas atau gimana. Pernah coba unit MK6 lain juga begini penyakitnya. Panelgap di VW mahh jangan ditanya masih rapet smua plastik plastiknya ga ad rattle, cuma yang bunyi kalo kena jalan jelek di bagian toolkit ban serep... wkwkwkwkw
2013 Maruti Suzuki Splash AT odo read 78k.
Masih rapet smua interiornya no rattle, surprisingly good buat mobil level bgini. Level finishingnya bener bener rapi.
2015 Honda HR-V Prestige 1.8 odo read 37k.
Interior masih rapet smua no rattle dan center consolenya ntah knp lbh kenceng drpd punya civic/CRV, kaki-kaki depan ud mulai bunyi klek klek lg since di claim skr didiemin aj ga terlalu brisik kaya dl.
2017 Honda Civic 1.5 Turbo Hatchback S odo read 20k.
Interior masih rapet smua, cm plastik dan leathernya klo kena air suka bekas. Center console agak rapuh ampe serem klo terpaksa masuk dr kiri lompatin bagian tengah.
2018 Honda CR-V 1.5 Turbo odo read 12k.
Termahal di garasi skaligus paling mengenaskan... ud ada tanda-tanda bunyi di interior skitaran kolom stir ntah bunyi apa tp suka muncul suka ilang... shifter button ga termasuk kena recall tp tetep aj rasanya goyang goyang. Separator di bagasi suka bunyi kalo lewat jalan jelek. ntah knp koq kalah senyap interiornya bahkan ama adeknya ndiri si haerpi. Leather nya sama kalo kena cairan gampang bekas ga ilang ilang... center console nya klo digeser jd armrest goyang parah dan plastik buat storage tengahnya kasar bgt bukaannya. Kaki kaki msh senyap surprisingly dipake luar kotaan jauh jauh ngetol nyetir gak nyantai jg masih kenceng.
2019 Mitsu Xpander Sport odo read 24k.
interior banyak plastik murah... tp surprisingly masih zero rattle. kaki kaki depan ud mulai agak kletak kletak... maklum mobil perang dan odonya plg kenceng se garasi setaon uda jalan sgini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue May 02, 2023 11:03
- Location: West Jakarta
- Daily Vehicle: si hitam ganteng GM6
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
2014 Honda City GM6. Odo 109k
Interior: ada rattle dari area tweeter / panel / pintu di kanan..bunyi pas lewat speed trap yg tajam.
Eksterior: kap mesin renggang sebelah, padahal ga pernah nabrak, ntah keseringan di buka tutup mungkin. Pernah di bawa ke bodyrepair, sempet presisi tapi gak lama balik lagi. Kasus ini saya perhatikan jika di jalan ketemu sodara2 sesama GM6 , beberapa memang kap nya juga renggang sebelah. Ga tau deh ini memang cacat pemakaian atau cacat produk CBU Thailand (kebetulan pny saya CBU Thai)
Interior: ada rattle dari area tweeter / panel / pintu di kanan..bunyi pas lewat speed trap yg tajam.
Eksterior: kap mesin renggang sebelah, padahal ga pernah nabrak, ntah keseringan di buka tutup mungkin. Pernah di bawa ke bodyrepair, sempet presisi tapi gak lama balik lagi. Kasus ini saya perhatikan jika di jalan ketemu sodara2 sesama GM6 , beberapa memang kap nya juga renggang sebelah. Ga tau deh ini memang cacat pemakaian atau cacat produk CBU Thailand (kebetulan pny saya CBU Thai)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2137
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Ane sudah angkat tangan, angkat kaki dengan sebagian besar build quality mobil zaman now.. bikin geleng geleng kepala saja, melihat harga dan kualitas yang didapatkan..
Link Tokopedia Kartu Pokemon TCG Original (English, Japan, Indo)
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Itu namanya kaizen bang. How to gain Maximum profit with minimum effort.. eh minimum cost.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
mmm..sedikit misleading sih ini, kaizen itu prinsipnya continuous improvement dalam hal proses dan product serta minimize waste. maximum profit and minimum cost requires with more/continuous effort
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Konsep Kaizen itu mirip spt konsep Scrum dari barat.
Intinya Improvement berkelanjutan sesuai feedback dari Customer.
Contoh:
Mbl skrg banyak fitur ini itu, dan semua serba electric.. sampai rem tangan aja electric.. ya karena Customer jaman now sudah manja dan mager untuk sekedar narik rem tangan manual pakai otot
Intinya Improvement berkelanjutan sesuai feedback dari Customer.
Contoh:
Mbl skrg banyak fitur ini itu, dan semua serba electric.. sampai rem tangan aja electric.. ya karena Customer jaman now sudah manja dan mager untuk sekedar narik rem tangan manual pakai otot
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
bicara soal kaizen...
despite build quality yang agak berkurang sebenernya harus diakui mechanical prowessnya mobil itu makin meningkat...
contoh makin jarang kan kita menemui sekarang catastrophic failure di sebuah mobil? skrg mobil 10 tahun aja rasanya belum tua-tua amat dan masih tidak sulit cari yang terawat.
dibanding 10 tahun yang lalu... lihat mobil taun 2002 itu aja rasanya kayak udah tua banget dan banyak sekali tidak terawat. wkwkkwkw.
kayaknya emang hebatnya jepang meski dihina-hina salam satu mesin, tp mesinnya slowly improving, step-by-step. mesin yang dulunya 10 tahun udah butuh peremajaan slow moving parts, mungkin jadi 15-20 tahun sekarang dengan basically the same basis. ya thx to lubrication dan fuel yang makin bagus jg sih.
mesin2 yang kayaknya salam 1 mesin kadang beda facelift saja sudah ada perbedaan parts. buat mechanical geek kayak ane sih lebih tertarik membahas bahwa utk ubah 1 parts saja engine harus mengalami redesign dan retesting, artinya lebih banyak uang tenaga keringat waktu keluar untuk mempelajari flaw dari design sebelumnya dalam waktu 2-3tahun saja.
kalau udah liat gini jadi masuk akal kenapa kok ujungnya fit and finish dan material interior di downgrade utk mobil class non-premium / masspro. ya itulah yang didapat dari produk masspro. kualitasnya tidak konsisten. wkwkwkwkw.
cuma yah emang ga semua orang mechanical geek. wkwkwkwkw. dan hal spt ini hanya terbukti oleh waktu. makanya skrg ngerti kan kenapa generasi babe2 dan kakek2 kita cinta banget sama toyota, atau honda. kalau beli mobil nggak mau merek lain. udah liat sendiri evolusi dari mechanical prowessnya.
despite build quality yang agak berkurang sebenernya harus diakui mechanical prowessnya mobil itu makin meningkat...
contoh makin jarang kan kita menemui sekarang catastrophic failure di sebuah mobil? skrg mobil 10 tahun aja rasanya belum tua-tua amat dan masih tidak sulit cari yang terawat.
dibanding 10 tahun yang lalu... lihat mobil taun 2002 itu aja rasanya kayak udah tua banget dan banyak sekali tidak terawat. wkwkkwkw.
kayaknya emang hebatnya jepang meski dihina-hina salam satu mesin, tp mesinnya slowly improving, step-by-step. mesin yang dulunya 10 tahun udah butuh peremajaan slow moving parts, mungkin jadi 15-20 tahun sekarang dengan basically the same basis. ya thx to lubrication dan fuel yang makin bagus jg sih.
mesin2 yang kayaknya salam 1 mesin kadang beda facelift saja sudah ada perbedaan parts. buat mechanical geek kayak ane sih lebih tertarik membahas bahwa utk ubah 1 parts saja engine harus mengalami redesign dan retesting, artinya lebih banyak uang tenaga keringat waktu keluar untuk mempelajari flaw dari design sebelumnya dalam waktu 2-3tahun saja.
kalau udah liat gini jadi masuk akal kenapa kok ujungnya fit and finish dan material interior di downgrade utk mobil class non-premium / masspro. ya itulah yang didapat dari produk masspro. kualitasnya tidak konsisten. wkwkwkwkw.
cuma yah emang ga semua orang mechanical geek. wkwkwkwkw. dan hal spt ini hanya terbukti oleh waktu. makanya skrg ngerti kan kenapa generasi babe2 dan kakek2 kita cinta banget sama toyota, atau honda. kalau beli mobil nggak mau merek lain. udah liat sendiri evolusi dari mechanical prowessnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: Pengalaman SM-ers Mengenai Build Quality/Kualitas Pengerjaan Mobil Mobil yang Dimiliki
Saya sendiri kalo lihat merk Otoya yg terpikir adalah endurance dan ngga repot.ChZ wrote: ↑Mon Jun 19, 2023 4:39 bicara soal kaizen...
despite build quality yang agak berkurang sebenernya harus diakui mechanical prowessnya mobil itu makin meningkat...
contoh makin jarang kan kita menemui sekarang catastrophic failure di sebuah mobil? skrg mobil 10 tahun aja rasanya belum tua-tua amat dan masih tidak sulit cari yang terawat.
dibanding 10 tahun yang lalu... lihat mobil taun 2002 itu aja rasanya kayak udah tua banget dan banyak sekali tidak terawat. wkwkkwkw.
kayaknya emang hebatnya jepang meski dihina-hina salam satu mesin, tp mesinnya slowly improving, step-by-step. mesin yang dulunya 10 tahun udah butuh peremajaan slow moving parts, mungkin jadi 15-20 tahun sekarang dengan basically the same basis. ya thx to lubrication dan fuel yang makin bagus jg sih.
mesin2 yang kayaknya salam 1 mesin kadang beda facelift saja sudah ada perbedaan parts. buat mechanical geek kayak ane sih lebih tertarik membahas bahwa utk ubah 1 parts saja engine harus mengalami redesign dan retesting, artinya lebih banyak uang tenaga keringat waktu keluar untuk mempelajari flaw dari design sebelumnya dalam waktu 2-3tahun saja.
kalau udah liat gini jadi masuk akal kenapa kok ujungnya fit and finish dan material interior di downgrade utk mobil class non-premium / masspro. ya itulah yang didapat dari produk masspro. kualitasnya tidak konsisten. wkwkwkwkw.
cuma yah emang ga semua orang mechanical geek. wkwkwkwkw. dan hal spt ini hanya terbukti oleh waktu. makanya skrg ngerti kan kenapa generasi babe2 dan kakek2 kita cinta banget sama toyota, atau honda. kalau beli mobil nggak mau merek lain. udah liat sendiri evolusi dari mechanical prowessnya.