Grand Livina Users..! - PART 06
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Mar 12, 2018 7:04
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
sy pemakai gl 1,5 mt tipe sv thn 2010, selama itu 6 thn servis rutin alhamdullilah gak ada kendala, malah masih bisa diasumsikan nyaman sampai 5thn, apalagi ini mobil sy pakai buat cape2an, overall saya puas. menginjak usia ke 7 sudah mulai tersasa kelistrikan kacau, klakson gak bunyi katanya spiralnya pts biaya 2jtan, kaki2 sudah sangat limbung dan keluar bunyi2 tulang poatah hehe,, powere windows depan supir konslet, terus mesin agak bergetar kencang saat idle.. estimasi biaya wktu servise kurang lebih 20jt...bingung niii mau dibenerin apa ganti baru,, kalo baru kredit capeeeenya luar biasa,, bisa tolong saran dari senior2
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
- Masalah digeber ane setuju, mesinnya memang kayanya harus sering dibawa lari klo sering diputaran bawah cepet banget ngelitik nyaj4niS wrote: ↑Mon Mar 12, 2018 3:38
mungkin tambahan lain , dari sesama pengguna livina (xv mt 2012)
udah ampir 6 thn jg, so far :
- ngelitik, iya, karena tu egr, sama blow by yg dibuang balik ke intake. dulu pake ron 95, masih alamin jg (apa lg kalo gak pernah dibejek/sering macet). tapi semenjak pake pertaturbo aman (dan 1 yg paling penting, ini mobil mesti sering dibetot, kurang cocok kalo dipake macet macet ria~aka kudu sering carbon clean)
- kaki kaki, so far di ane sih masih aman, even dari 2012 ampe skrg dipake pulang kampung ke sukabumi (yg jalanan amburadul, ampe jalanan alternatif yg gak layak/batu batu semua). sempet ganti bearing suspension sblm abis garansi, tapi sampe sekarang gak nongol lg (tentunya agak kudu hati hati sama polisi tidur/jalanan lobang jangan dihantem)
- oil, selama oli ganti 5rb (misal NGO/SGO/HGO 5w-30), no problem sih. ane sendiri dari dulu pake conoco 5w-30 semi synt, 5rb buang, gak ada sludge di mesin....fyi, untuk oli 10w-30 bawaan sih kaga recommend ampe 10r
-mika kuning?semua jg menguning, ane dirmh piara avanza 2009 jg, udah kuning jg. ini semua efek dari uv (thats why, yg ganti hid, lebih cepet lg kuningnya). paling gampang kliatan dari fog lamp (coba pake halogen biasa, cepet banget buteknya), semenjak pake led, udah aman semua gak ada kuning/butek lg.
- kopling, cross finger, ampe skrg udah 90rb an km, masih aman, gak ada selip jg. (walau cuma exedy thailand)
memang bukan mobil yg awet awet amat, tapi disebut ampas sekali pun gak jg
*bukan sales nissan, cuma share pengalaman ngerawat dari 2012 ampe sekarang.
- BBM nya kalo wajib Pertamax turbo sih mending ganti BPKB sekalian bro, ga sesuai sama kodrat kelas mobilnya dah gitu power nya jg ga spesial2 amat tp harus Pertamax turbo, berarti maintenance-nya jd mahal, FYI ane masih setia pertalite/Pertamax, dikampung mentok Pertamax soalnya
- kaki-kaki ya mungkin bro termasuk yg beruntung, Mungkin ada pengaruh dengan jalanan didaerah saya, rata2 kurang baik dan sekalinya mulus rata2 pake cor bukan aspal. Tapi menurut saya memang kaki2nya lebih ringkih, ini dibanding Jazz GE8 dirumah ya, Klo dgn Innova apalagi. Innova 10 tahun cuma ganti shockbreaker.
- Oli itu memang referensi sesuai buku manual 10w-30, dan servis rutin per 10k km. Skrg klo org yg ga tau 10w-30 ga bisa dipake sampe 10k km tp rutin servis di BERES, tiba2 pas 80k km diminta untuk Top OH dgn biaya 7jt ++ ( di BERES) karena keluhan Ngelitik, begitu dicek ruang bakar kotor dan jika hanya CC ga akan maksimal, apa ga keblinger bro?
- Mika menguning ini jg perbandingan dgn innova dirumah, Innova blm kuning tp Livina sudah cukup parah sampe agak buram tp okelah ini sangat relatif
Saya pribadi ngga bilang ini mobil jelek/ampas, saya cukup puas kok pakainya 5-6 tahun pertama, cuma saya menekankan, mobil ini ngga se reliable kompetitornya, dan maintenance cost nya jg cukup tinggi dibandingkan sekelasnya bahkan dibanding Innova pun, dikarenakan ada beberapa problem "ajaib" yg bikin geleng-geleng kepala. Tp no hard feeling lah ya.. disini saya cuma curhat dr pengalaman selama 9 tahun 4 bulan pake Livina.
Ini contoh user yg senasib sepenanggungan.. Klo saran saya sih diperbaiki aja pelan2 dari yg paling urgent tp agak murah dulu, macam klakson katanya banyak skrg yg jual KW nya di toped, saya sendiri sih waktu itu pas spiral putus masih belum kenal toped dll jd beli di BERES +/- 1.5an. yg lainnya Klo mau agak murah ya harus diluar BERES, tinggal cari bengkel spesialis nya. Soalnya penyakitnya Nissan Livina ini rata2 sama semua kok.kiutkilat wrote: ↑Mon Mar 12, 2018 7:21 sy pemakai gl 1,5 mt tipe sv thn 2010, selama itu 6 thn servis rutin alhamdullilah gak ada kendala, malah masih bisa diasumsikan nyaman sampai 5thn, apalagi ini mobil sy pakai buat cape2an, overall saya puas. menginjak usia ke 7 sudah mulai tersasa kelistrikan kacau, klakson gak bunyi katanya spiralnya pts biaya 2jtan, kaki2 sudah sangat limbung dan keluar bunyi2 tulang poatah hehe,, powere windows depan supir konslet, terus mesin agak bergetar kencang saat idle.. estimasi biaya wktu servise kurang lebih 20jt...bingung niii mau dibenerin apa ganti baru,, kalo baru kredit capeeeenya luar biasa,, bisa tolong saran dari senior2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 245
- Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Mobil ini paling ampas part kaki kaki nya emang, tiap 2thn mulai muncul bunyi2 an, untuk di pakai harian 20k km/thn
Bushing2 nya kurang kuat / mungkin ngejar empuk n nyaman nya
Semua mobil, Engine nya ya jgn di steam hi pressure bos, modar masuk air, better cuci sendiri lap2 basah / ke salon detailing
Oli apakah 100k km? atf? Kan ganti 20k-30k atau 1thn, emang beres nya semprul bilang lifetime2 (maksudnya lifetime sekali pakai sampai gearbox nya jebol haha)
Mika kuning iya, spt nya kurang uv protection nya, Dan bentuk lampu yang dr atas langsung ke sorot matahari jadi nya tambah aja kuning
Plus nya ya nyaman aja dibanding lmvp lain nya, ya sesuai ilmu fisika centre of gravity
Bushing2 nya kurang kuat / mungkin ngejar empuk n nyaman nya
Semua mobil, Engine nya ya jgn di steam hi pressure bos, modar masuk air, better cuci sendiri lap2 basah / ke salon detailing
Oli apakah 100k km? atf? Kan ganti 20k-30k atau 1thn, emang beres nya semprul bilang lifetime2 (maksudnya lifetime sekali pakai sampai gearbox nya jebol haha)
Mika kuning iya, spt nya kurang uv protection nya, Dan bentuk lampu yang dr atas langsung ke sorot matahari jadi nya tambah aja kuning
Plus nya ya nyaman aja dibanding lmvp lain nya, ya sesuai ilmu fisika centre of gravity
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Nope itu mmg betul om petunjuk dr ATPM nya, baru disuruh ganti oli ATF nya pas 120rb km (pas satu gearbox assy ud jebol dulu kali) wkwkkGunturSon wrote: Oli apakah 100k km? atf? Kan ganti 20k-30k atau 1thn, emang beres nya semprul bilang lifetime2 (maksudnya lifetime sekali pakai sampai gearbox nya jebol haha)
Nah kalo yg CVT dicek pas 100.000km, kalo angka CVTF Deterioration point nya 210.000 blm disuruh ganti...
Nih liat saja sendiri di official maintenance table cost nya nissin... Haha
Btw jd baru sadar... Coolant nya dr baru bisa dipakai 160.000 km
Hebat nya nissin cuman kasi garansi kendaraan 3 tahun atau 100.000km
Jd kalau jebol gearbox nya karena ikutin petunjuk service nya, mereka mana mau ganti... Kan mereka bisa blg km odometer nya ud di atas limit cover warranty nya..
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Mar 28, 2018 16:13
- Location: depok
- Daily Vehicle: Grand Livina X Gear 2013
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Salam kenal..
ane pengguna xgear 2013..
Kebetulan baru kemaren ane ke bengkel gak resmi..
masalahnya sama. kaki kaki depan bunyi krek krek pas libas polisi tidur..
setelah dicek musti ganti stabilizer kiri kanan, krn udah goyang, sama pelindung shock udah pecah sebelah..
stabilizer dihargain 1,3 jt..
pelindung shock sebelah 140 rb..
ongkos ama spooring ulang 400..
semua genuine part..
apa emang segitu harganya ya ? apa ane yg dikibulin ama tuh bengkel..
ane pengguna xgear 2013..
Kebetulan baru kemaren ane ke bengkel gak resmi..
masalahnya sama. kaki kaki depan bunyi krek krek pas libas polisi tidur..
setelah dicek musti ganti stabilizer kiri kanan, krn udah goyang, sama pelindung shock udah pecah sebelah..
stabilizer dihargain 1,3 jt..
pelindung shock sebelah 140 rb..
ongkos ama spooring ulang 400..
semua genuine part..
apa emang segitu harganya ya ? apa ane yg dikibulin ama tuh bengkel..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Stablizer nya yg spt ini gan?ARYA2011 wrote:Salam kenal..
ane pengguna xgear 2013..
Kebetulan baru kemaren ane ke bengkel gak resmi..
masalahnya sama. kaki kaki depan bunyi krek krek pas libas polisi tidur..
setelah dicek musti ganti stabilizer kiri kanan, krn udah goyang, sama pelindung shock udah pecah sebelah..
stabilizer dihargain 1,3 jt..
pelindung shock sebelah 140 rb..
ongkos ama spooring ulang 400..
semua genuine part..
apa emang segitu harganya ya ? apa ane yg dikibulin ama tuh bengkel.. [emoji23][emoji23][emoji23]
Kalau misalnya iya, yah kena kibul secara harga nya plg cuman 250rb an satunya yg ori nissin...
Kalau boot shock depan biasa plg cuman 95rb satu nya...
Coba buka tokopedia aja cari toko sparepart nissan genuine kalau mau cek harga dan lihat sparepart nissin.
Kalo jasa nya menurut ane rada mahal dikit. Kmrn ganti shock depan innova sama spooring kena 340rb aja.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Stabilizer ini maksudnya link stabilizer kah?ARYA2011 wrote:Salam kenal..
ane pengguna xgear 2013..
Kebetulan baru kemaren ane ke bengkel gak resmi..
masalahnya sama. kaki kaki depan bunyi krek krek pas libas polisi tidur..
setelah dicek musti ganti stabilizer kiri kanan, krn udah goyang, sama pelindung shock udah pecah sebelah..
stabilizer dihargain 1,3 jt..
pelindung shock sebelah 140 rb..
ongkos ama spooring ulang 400..
semua genuine part..
apa emang segitu harganya ya ? apa ane yg dikibulin ama tuh bengkel.. [emoji23][emoji23][emoji23]
Kalo iya kok mahal banget 1,3 jut sepasang?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
link stabilizer di tokped kw super cuma 99 ribu sebiji, udah pake 2 taun aman2 aja di lipindut xv 2011
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Murah ya link Stabilizer nya walaupun punya saya masih bawaan mana tau nanti memerlukan nya di masa yang akan datang, saya catet dulu harganya utk perbandingan dgn yg dari beres nya.
HR15DE 2014
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Mar 28, 2018 16:13
- Location: depok
- Daily Vehicle: Grand Livina X Gear 2013
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
waduh, gokil banget itu bengkel ambil untungnya..
ketepuu deh ane...
ketepuu deh ane...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Mau tanya nih, mobil kan udah mau hampir 6 tahun, dari baru tapi baru mulai megang 2 tahun an yg lalu, dan setelah beberapa lama baru berasa ga enak nya seperti :
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Coba bantu jawab, ratle saat lewati jalan kasar tapi hilang saat lewat jalan mulus jadi tdk terlalu ganggu wajar aja menurut saya utk mobil umur 6 th an, tapi kalau rattle saat di mobil jalan dan terasa mengganggu coba dicari sumber rattle nya dulu di bagian mana, setelah ketemu check bagian baut serta sambungan nya serta pemasangan nya.Lolol wrote: ↑Sun Apr 01, 2018 12:27 Mau tanya nih, mobil kan udah mau hampir 6 tahun, dari baru tapi baru mulai megang 2 tahun an yg lalu, dan setelah beberapa lama baru berasa ga enak nya seperti :
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
Qoute
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000
Pernah dapet wejangan dari mekanik senior bengkel resmi untuk yg bertransmisi matik, cek perpindahan tuas transmisi dari Netral (N) ke Drive (D). Bila ada bunyi kasar atau terasa entakan, maka mungkin ada masalah pada transmisinya, untuk odo yg udah 80 ribu km bisa ganti atau kuras ATF nya dan sekalian tune up, bisa di beres atau bengkel spesialis Nissan yang Om percaya..
HR15DE 2014
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Kaki2 udah ada beberapa yg diganti sih, sebelum nya lebih parah lagi malah, kl rattle suara nya sih dari belakang kata orang bengkel nya gara2 klip nya ada yg patah dan susah nyari klip kaya gitu , kira2 nyari dimana ya klip nya ?Herman7103 wrote: ↑Sat Apr 07, 2018 6:56Coba bantu jawab, ratle saat lewati jalan kasar tapi hilang saat lewat jalan mulus jadi tdk terlalu ganggu wajar aja menurut saya utk mobil umur 6 th an, tapi kalau rattle saat di mobil jalan dan terasa mengganggu coba dicari sumber rattle nya dulu di bagian mana, setelah ketemu check bagian baut serta sambungan nya serta pemasangan nya.Lolol wrote: ↑Sun Apr 01, 2018 12:27 Mau tanya nih, mobil kan udah mau hampir 6 tahun, dari baru tapi baru mulai megang 2 tahun an yg lalu, dan setelah beberapa lama baru berasa ga enak nya seperti :
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
Qoute
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000
Pernah dapet wejangan dari mekanik senior bengkel resmi untuk yg bertransmisi matik, cek perpindahan tuas transmisi dari Netral (N) ke Drive (D). Bila ada bunyi kasar atau terasa entakan, maka mungkin ada masalah pada transmisinya, untuk odo yg udah 80 ribu km bisa ganti atau kuras ATF nya dan sekalian tune up, bisa di beres atau bengkel spesialis Nissan yang Om percaya..
Sama kl trim silver yg di samping head unit sama yg di stir ada yg jual ga ya replacement nya ? soal nya udah menghitam gitu
Sama terakhir cara ganti lampu sen yg di cover spion gimana ya ?, nemu yg jual lampu sen nya doang tapi bingung kl beli masang nya gimana online soal nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Lolol wrote: ↑Sun Apr 08, 2018 10:41Kaki2 udah ada beberapa yg diganti sih, sebelum nya lebih parah lagi malah, kl rattle suara nya sih dari belakang kata orang bengkel nya gara2 klip nya ada yg patah dan susah nyari klip kaya gitu , kira2 nyari dimana ya klip nya ?Herman7103 wrote: ↑Sat Apr 07, 2018 6:56Coba bantu jawab, ratle saat lewati jalan kasar tapi hilang saat lewat jalan mulus jadi tdk terlalu ganggu wajar aja menurut saya utk mobil umur 6 th an, tapi kalau rattle saat di mobil jalan dan terasa mengganggu coba dicari sumber rattle nya dulu di bagian mana, setelah ketemu check bagian baut serta sambungan nya serta pemasangan nya.Lolol wrote: ↑Sun Apr 01, 2018 12:27 Mau tanya nih, mobil kan udah mau hampir 6 tahun, dari baru tapi baru mulai megang 2 tahun an yg lalu, dan setelah beberapa lama baru berasa ga enak nya seperti :
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
Qoute
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000
Pernah dapet wejangan dari mekanik senior bengkel resmi untuk yg bertransmisi matik, cek perpindahan tuas transmisi dari Netral (N) ke Drive (D). Bila ada bunyi kasar atau terasa entakan, maka mungkin ada masalah pada transmisinya, untuk odo yg udah 80 ribu km bisa ganti atau kuras ATF nya dan sekalian tune up, bisa di beres atau bengkel spesialis Nissan yang Om percaya..
Sama kl trim silver yg di samping head unit sama yg di stir ada yg jual ga ya replacement nya ? soal nya udah menghitam gitu
Sama terakhir cara ganti lampu sen yg di cover spion gimana ya ?, nemu yg jual lampu sen nya doang tapi bingung kl beli masang nya gimana online soal nya
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Kalau grand livina 2014 yang saya pakai dari awal beli belum pernah ganti kaki kaki, cuma sekali kaki kaki bagian depan dibongkar di beres untuk dilumasi dgn grease warna biru karena rada rada saya denger bunyi Tengg.. Tengg saat setir saya belokin tapi sekarang tidak lagi ada bunyi tsb. Honestly memang saya bawa mobil nya bukan tipe racing style di non toll road tapi kalau mobil jalan di toll pulau Jawa bila situasi memungkinkan sesekali Italian tune up ( tapi belum pernah sampai pedal to carpet) karena mobil saya di Sumatera banyak kan minum premium. Yang saya yakini kaki kaki mobil yang terlalu keseringan ngehajar lubang lubang yang cukup dalam kecepatan cukup tinggi akan berimpact ke kerusakan kaki kakinya sooner or later. Cuma kalau roda biarpun sering kena lubang cukup dalam tapi saat momentum kena lubang dikecepatan yg sdh cukup rendah sih(karena ada usaha pengereman secara safe/safety melihat situasi dan kondisi sekitar juga) aman kok kaki kakinya. Dan usaha preventif iseng yg saya praktek kan adalah saya biasanya semprot bagian kaki kaki mobil saya dengan air bersih kalau saya lihat sudah kotor supaya karet karet di kaki kaki itu bersih dan lembap lagi dan gak getas aja biar gak cepat pecah karena logika saya ada kemungkinan pecah karena kena panas dlm periode wkt yg lama tanpa kena air karet karetnya dan saat dijalan roda ngehajar lubang cukup dalam. Ini pendapat pribadi saya dan bisa berbeda dgn pendapat user lain. Utk klip saat ke beres bisa minta copotan kendaraan bekas tabrakan atau tanya parts no dan beli diluar jg bisa.Kalau trim yg silver beli di toko asesoris dan audio yg lengkap ada kalau lokasi Om di Jakarta. Kalau di daerah beli online pasang di toko asesoris termasuk pasangi lampu jg bisa cuma cari yg rapi kerjanya dan ngerti kelistrkan.Lolol wrote: ↑Sun Apr 08, 2018 10:41Kaki2 udah ada beberapa yg diganti sih, sebelum nya lebih parah lagi malah, kl rattle suara nya sih dari belakang kata orang bengkel nya gara2 klip nya ada yg patah dan susah nyari klip kaya gitu , kira2 nyari dimana ya klip nya ?Herman7103 wrote: ↑Sat Apr 07, 2018 6:56Coba bantu jawab, ratle saat lewati jalan kasar tapi hilang saat lewat jalan mulus jadi tdk terlalu ganggu wajar aja menurut saya utk mobil umur 6 th an, tapi kalau rattle saat di mobil jalan dan terasa mengganggu coba dicari sumber rattle nya dulu di bagian mana, setelah ketemu check bagian baut serta sambungan nya serta pemasangan nya.Lolol wrote: ↑Sun Apr 01, 2018 12:27 Mau tanya nih, mobil kan udah mau hampir 6 tahun, dari baru tapi baru mulai megang 2 tahun an yg lalu, dan setelah beberapa lama baru berasa ga enak nya seperti :
Rattle kalau lewat jalan kasar
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000 an
Mobil nya AT km 80rb dan 6 bulan terakhir selalu pertamax, kira2 kl untuk umur segitu dan masalah kaya gitu apa yg harus di ganti atau di benerin ?
Sama biasa nya shifter di taro di 2 kl dalam kota di pindah ke D cuma kl lancar (>60 kph) atau di tol soal nya kl di taro di D dari awal malah kickdown2 terus rpm 2000 langsung ke 5000 kira2 kl buat konsumsi BBM lebih mending mana di 2 rpm 3000-4000 atau D tapi rpm naik turun 2000-5000 ? Konsumsi sekarang biasa nya 1L:9-10km
Qoute
Gear charge lama (bisa 1 detik an)
Suka ada suara grrk pas awal nge gas
Kaya ada hentakan pas ganti gear di rpm 6000
Pernah dapet wejangan dari mekanik senior bengkel resmi untuk yg bertransmisi matik, cek perpindahan tuas transmisi dari Netral (N) ke Drive (D). Bila ada bunyi kasar atau terasa entakan, maka mungkin ada masalah pada transmisinya, untuk odo yg udah 80 ribu km bisa ganti atau kuras ATF nya dan sekalian tune up, bisa di beres atau bengkel spesialis Nissan yang Om percaya..
Sama kl trim silver yg di samping head unit sama yg di stir ada yg jual ga ya replacement nya ? soal nya udah menghitam gitu
Sama terakhir cara ganti lampu sen yg di cover spion gimana ya ?, nemu yg jual lampu sen nya doang tapi bingung kl beli masang nya gimana online soal nya
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Sep 13, 2014 13:49
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Baru engeh td abis jalan..
ANGL CVT XV 2014 saya gak ada lampu di indikator posisi persenelingnya... Apa emang gak ada lampu atau punya saya yg mati lampunya...
ANGL CVT XV 2014 saya gak ada lampu di indikator posisi persenelingnya... Apa emang gak ada lampu atau punya saya yg mati lampunya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
ANGL CVT th 2014 indikator posisi persnellingnya ADA di tengah, (posisi nya paling bawah) BAGIAN MID yg menunjukkan Odo KM (Bag atas) kalau itu yg Om maksudkan. Atau kalau dimaksud indikator persnellingnya yg nyala, hanya saat tuas bag kanan stir utk lampu senja diputar juga ada posisi nya di sebelah kanan tuas persnellingnya yg berfungsi utk memudahkan/memastikan kita mengetahui posisi transmisi yg sedang didunakan.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Hehe.romi10 wrote:Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Kebetulan di rumah pelihara dua2 nya.
GNKI dijel auto 2013 sama ANGL CVT HWS 2013 (ANGL lebih muda 3 bulan dr GNKI).
Emg sih ANGL lebih fragile drpd GNKI.
GNKI 70rb yg rusak baru shock breaker belakang doang yg ud bocor...
Dibanding ANGL km 50rb an kaki2 depan ud pada bernyanyi minta jajan...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Saya pribadi terbalik dgn pengalaman Om. Dan kalau Om mengalami hal tsb saat menggunakan grand livina dulu wajar Om ganti mobil kalau banyak keluar biaya utk benerinya make sense utk Om. Kalau yg saya rasakan dari saya beli dari dealer mei th 2014 sampai skrg odo 46 ribu lima ratusan km, dan sudah membawa saya sekeluarga wisata ke Jawa dari Sumatera tiap tahun selama 3 Th berturut turut sehingga hampir semua tempat wisata di pulau Jawa yg masuk daftar favorit tempat wisata yg ingin kami sekeluarga kunjungi telah kami kunjungi dengan mobil ini serta fuel cost yg saya nilai rendah dan maintenance cost nya yg standar saja bagi saya saat di rawat beres selama masa warrantynya dan after warranty malahan cuma saya ganti oli mesin NGO 5W30 dan filter oli mesin tiap 6 bln (bawa oli dan filter oli sendiri yg sdh duluan saya beli utk stock di rumah dari beresnya ) ganti di bengkel non beres dekat komplek tempat tinggal ongkos murah jg terakhir bayar 65 ribu saja. Terakhir ke beres 23 des 2017 cuma Lumasi Klaher Bearing shock depan di beres kena 377 ribuan dan 31 maret 2017 mampir lagi ke beres beli utk stock oli mesin dan filter oli mesin utk nambah stock di rumah serta skalian periodic maintenance 60 ribu tanpa ganti oli mesin dan filter (krn dah ganti lbh dulu di bengkel non beres) serta karena saya tdk pernah ganti oli CVT mobil yg dipakai selama 46 bln lbh, jadi walaupun transmission mobil saya msh smooth dan no noisy tetap request minta scan dgn scan CONSULT utk error code dan Deterioration oli matic hasilnya no error code muncul di laptop dan Deterioration nya 54568. biaya utk check up general dan bersih kan rem rem dan check belt AC Rp 736 ribu. Parts mobil yg krn wear and tear diganti cuma aki di th kedua dan sepasang ban akhir th ke 3 serta karet wiper depan just that. Ganti krn keinginan sendiri speaker bawaan yg suara nya jelek ganti split 2 way plus power sub dll, plus tambah TPMS krn bawaan mobil gak ada serta tambah dash cam saja. Kalau penyakit seperti yg Om alami seperti rem bergetar, stir getar, mesin getar dll belum ada sama sekali, cuma pernah stir saat belok rada bunyi teng tengg 23 des 2017 cuma Lumasi dgn grease biru ngak muncul lagi sampe skrg.romi10 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 3:13 Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Sorry ada teman kantor saya ada juga beli Gnki bensin setahun setelah saya beli ANGL, temen kantor ini cerita saat mobil barunya di bawa di kecepatan diatas 120 km dan ngerem, rem nya atau stir nya getter saya sarankan claim saja. Sekarang sih katanya ngak lagi dan sempet kampas remnya di bubut dan uang bbm nya you know lah.
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Sep 13, 2014 13:49
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Herman7103 wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 2:03ANGL CVT th 2014 indikator posisi persnellingnya ADA di tengah, (posisi nya paling bawah) BAGIAN MID yg menunjukkan Odo KM (Bag atas) kalau itu yg Om maksudkan. Atau kalau dimaksud indikator persnellingnya yg nyala, hanya saat tuas bag kanan stir utk lampu senja diputar juga ada posisi nya di sebelah kanan tuas persnellingnya yg berfungsi utk memudahkan/memastikan kita mengetahui posisi transmisi yg sedang didunakan.
Fixed...
Lampu indikator di deket tuas perseneling di livina saya rusak or padam ..
Soalnya saya jarang sekali pake malam2. Paling pagi ke siang hari. Itu juga semunggu maximal 2 kali pake...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1067
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
saya juga ada dua duanya. GNKI diesel 2015 dan Livina xr 2009 (udah umur 9 tahun.hehe).arfs wrote: ↑Tue Apr 10, 2018 4:02Hehe.romi10 wrote:Sebagai mantan pengguna GL ane pernah di posisi duit abis melulu buat benerin mobil gara2 rusak mulu tu mobil, mesin geter2 lah, setir bunyi2 lah, ngelitik parah lah, kaki2 bunyi2lah, akhirnya ane jual tu mobil meski udah rugi banyakkkk.. ane udah khatam bgt penyakitnya livina plus cara benerinnya..
Ganti innova diesel bekas, setaun pake indikator solar nyala, udah deg2an aja nihh.. ternyata ganti filter solar doang 50rb perakk...problem solved..
U know what i mean lah..
Kebetulan di rumah pelihara dua2 nya.
GNKI dijel auto 2013 sama ANGL CVT HWS 2013 (ANGL lebih muda 3 bulan dr GNKI).
Emg sih ANGL lebih fragile drpd GNKI.
GNKI 70rb yg rusak baru shock breaker belakang doang yg ud bocor...
Dibanding ANGL km 50rb an kaki2 depan ud pada bernyanyi minta jajan...
Livina paling pake seminggu sekali, terakhir ganti 4 biji coil yg menguras kantong.
tunggu next cop dah baru ganti. kaki2 udah pada bunyi gluduk gluduk di jalanan yg batu bata.males benerinnya.dibiarin aja.jarang pake ini.
Kalo GNKI nya km 30 ribuan shock belakang bocor 1, kap mesin suka bunyi grung grung, udah berapa kali bolak balik juga masih suka kambuh
kalo di jalanan beton.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
loh hari gene betulin kaki2 lipindut masi mehong jg ?? bukannya problem nya ud jelas ketauan dmana aj dan rata2 ud banyak bengkel yg bsa ngerjain... musti nya sehh ud murah jauh.. wong somehow beres batu makam aj ud banting harga parts2 kaki2 nya..
beda waktu jaman GL baru kuar dulu, jaman2 OGL... nah itu baru dehh nanggis darah tiap kali betulin kaki2.. mo d beres atau btulin sendiri.. sama2 gorok leher... 2 biji macbook air jg ga ckup overhaul kaki2 nya..
btw utk part kaki2 GL, kalo ud gluduk2 dan garansi ud kaga ada.. smua bushing2 laknat nya ganti pake bahan PU aj.. copotin, bawa ke glodok atau tukang2 jual PU.. biarin bantingan ama geteran mesin jd lebi berasa drpd bolak balik btulin kaki2 mulu.. nah kl support shock, damper, ama bearing shock, saran ane pake yg ori.. sisanya KW thailand aj, banyak koq
satu lg penyakit OGL, ntuh coil kl ud berumur jaminan pasti jebol, mending ganti skaligus smuanya, pake yg buat ANGL punya atau juke..
beda waktu jaman GL baru kuar dulu, jaman2 OGL... nah itu baru dehh nanggis darah tiap kali betulin kaki2.. mo d beres atau btulin sendiri.. sama2 gorok leher... 2 biji macbook air jg ga ckup overhaul kaki2 nya..
btw utk part kaki2 GL, kalo ud gluduk2 dan garansi ud kaga ada.. smua bushing2 laknat nya ganti pake bahan PU aj.. copotin, bawa ke glodok atau tukang2 jual PU.. biarin bantingan ama geteran mesin jd lebi berasa drpd bolak balik btulin kaki2 mulu.. nah kl support shock, damper, ama bearing shock, saran ane pake yg ori.. sisanya KW thailand aj, banyak koq
satu lg penyakit OGL, ntuh coil kl ud berumur jaminan pasti jebol, mending ganti skaligus smuanya, pake yg buat ANGL punya atau juke..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1067
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Kalo rack steer mahal.. 7-8 juta.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Honestly, saya dulu beli mobil ini karena comfort nya duduk (postur sy sedang ) saat nyetir mobil, stir ringan serta anak anak suka ada monitor ditengah utk nonton film serta transmisi CVT yg smooth ( mirip transmisi motor Nouvo tuwir saya) dan jargon bawa MPV rasa sedan dan harga net after discount sangat bagus ( dibawah harga OTR jkt Confero top trim saat lauching), skrg harga nya di pulau Sumatera tempat saya price tag NIK 2018 253,1 jt before discount saat lihat price list nya 31 maret yg lalu di beres. Saat saya ikut forum kaskus dan SM setelah beli mobil dan baca baca, bener kata Om DOHC tentang byk keluhan ttg kaki kaki dsb ttg OGL, ya dari situ saya honestly ada kekhawatiran juga dengan ANGL saya, jadi semua itu saya bener bener perhatikan dan mengingat semua saran saran yg bagus dan make sense dan saya berusaha mengerti ttg manual book nya ANGL. Kesimpulan sampai skrg utk mesin nya kuat, untuk kaki kaki kalau dibawa kalem dan sopan di jalan banyak lubang lubang, 4 th kaki kaki mobil sy masih senyap ( jaga karet karet di area kaki kaki mobil jangan getas dgn sirami air bersih memang kebiasaan aneh sy dari awal), oli pakai yg agak encer 5W30 nya utk mengatasi penyakit OGL engine sludge. Kalau periodik ganti oli mesin setahun 2 kali dgn oli asli bukan ACDC, saya pribadi gak khawatir sludge bakal ada di ANGL dan ada general check up dan check error code pakai scan consult utk memastikan bahwa dlm pengoperasian mobil selama ini kita sdh bener serta check Deterioration oli CVT biar lebih yakin tapi ini pendapat pribadi selama pakai mobil ANGL CVT 2014 dan bisa saja berbeda dgn pendapat user lain.DOHC wrote:loh hari gene betulin kaki2 lipindut masi mehong jg ?? bukannya problem nya ud jelas ketauan dmana aj dan rata2 ud banyak bengkel yg bsa ngerjain... musti nya sehh ud murah jauh.. wong somehow beres batu makam aj ud banting harga parts2 kaki2 nya..
beda waktu jaman GL baru kuar dulu, jaman2 OGL... nah itu baru dehh nanggis darah tiap kali betulin kaki2.. mo d beres atau btulin sendiri.. sama2 gorok leher... 2 biji macbook air jg ga ckup overhaul kaki2 nya..
btw utk part kaki2 GL, kalo ud gluduk2 dan garansi ud kaga ada.. smua bushing2 laknat nya ganti pake bahan PU aj.. copotin, bawa ke glodok atau tukang2 jual PU.. biarin bantingan ama geteran mesin jd lebi berasa drpd bolak balik btulin kaki2 mulu.. nah kl support shock, damper, ama bearing shock, saran ane pake yg ori.. sisanya KW thailand aj, banyak koq
satu lg penyakit OGL, ntuh coil kl ud berumur jaminan pasti jebol, mending ganti skaligus smuanya, pake yg buat ANGL punya atau juke..
HR15DE 2014