adrevolution wrote: ↑Sun Feb 11, 2018 11:52
Venturtle wrote: ↑Sun Feb 11, 2018 10:11
ane paling demen build quality yang bagus, daripada fitur berlimpah seperti paddle shift, cruise control, electric park brake, power back door, sunroof,, tapi jarang kepake/ ga kepake..
In marketing perspective, lebih mudah masarin fitur2 gimmick begituan dibanding BQ... coba bandingin aja, utk konsumen awam "mobil ini dilengkapi dengan paddle shift (pake kesan resing), sunroof, power back door, rem parkir elektrik hanya dgn tombol" sama "mobil ini dilengkapi dengan kabin senyap & material soft touch" lebih wow mana... menarik mungkin 2 2nya oke tapi it's about wow factor...
Tul, dulu jaman 2000 early jarang ada mobil pake erbeg dan ABS apalagi layar-layar bodoh... tapi kualitas bener-bener paripurna... liat interior Honda Estillo dan Honda CR-V 2001 rasanya gak kayak liat interior Civic dan CR-V zaman now yg detik pertama keluar dealer dah rattle... Masalahnya ya tau lah konsumen mintanya apa... kurang fitur, dibandingin sama merek A,B,C yang berani kasih fitur paripurna dengan harga sama... ya gampang ngasih fitur gituan wong sekarang produsen elektronik dari tiongkok makin banyak... ngaku aja fitur canggih padahal mana tau bikinnya jg last minute waktu RnD colokin sensor atau elektrikal murah... rusak tinggal ngeles... kan PR ATPM Indonesia paling jago soal ngeles...
Padahal sorry, menurut saya, fitur-fitur *bodoh* tersebut mayoritas gak kepake ya... cm buat keren-kerenan aja... Jujur, saya nyoba Mazda's new product sih secara ride suka banget, tapi begitu makin kesini dikasih MZD Connect lah, i-ACTIVSENSE lah, i-STOP lah... enjoyment tersebut berkurang karena ngurusin fitur - fitur tersebut... ujungnya dimatiin juga. Beda sama nyoba let's say Mazda CX-5 generasi awal yang blom ada MZD Connectnya... atau Mazda CX-7... sekarang even MX-5 yang driver's car juga dikasih layar itu... my God...
BTT... ngomongin build quality mobil - mobil saya...
2015 T32 Nissan X-Trail 2.5 CVT (26.000 on going...)
- AC bunyi "krekkk" waktu on-off...
- Handle pintu dan plat pintu rasanya nggak se-solid T31 X-Trail dulu... kayak kekaleng-kalengan...
- Kaki-kaki ridiculously ringkih... 26ribu dah ganti shock dan link stabilizer...
- Elektrikal gak kalah bodoh lagi... kemarin ganti ABS sensor habis sejuta... kayaknya gara-gara kena banjir dan kapan lalu ada sampah nyangkut di sensor ABSnya... lha ki piye to... seumur2 mobil kena banjir ABS sensor aman-aman aja...
2015 RU5 Honda HR-V Prestige 1.8 CVT (15.000 on going...)
- Kaki-kaki..... problem klasik
- Engine start-stop sensor broke down... mobil 2 hari gak bisa diapa-apain di rumah a.k.a ngelock (gara-gara gak sengaja aktifin rem parkir dan gobloknya lagi rem parkir gak bisa nonaktif pas mesin mati...)
2016 F652RM Toyota Avanza 1.3 G Auto (20.000 on going...)
- Setir bunyi klak-klek-klak-klek waktu diputer... avanza yang "reliable" they said...
Sisanya Civic Hatchback 2017 "blom" ketemu masalah... Toyota Harrier 2011 gak ada masalah serius padahal udah mau 7 tahun... Civic Sedan 2012 juga nggak ada masalah cuma interior ngelupas aja...