Need info - Mazda 6 2008 - 2012
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jan 31, 2018 7:55
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
sdh bahkan sampe finishing balance d nawilis tp hasilny ttp aj getar bro... ada bengkel non beres recomendend teman2 dsni. krn saya k beres cukup ruarr biyasa biayanyaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Wed Aug 24, 2016 7:21
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
Coba bawa ke bengkel saya aja om, nanti kita cek bareng2. Siapa tau nemu hehehecassata wrote: sdh bahkan sampe finishing balance d nawilis tp hasilny ttp aj getar bro... ada bengkel non beres recomendend teman2 dsni. krn saya k beres cukup ruarr biyasa biayanyaaa [emoji52][emoji52][emoji52][emoji52]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 777
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
klo lewat jalan ada bunyi2 aneh ngga.. mungkin bushing atau ball jointnya harus diganti.. kata beres emang diagnosanya apa?
btw klo kaki2 gue biasanya di hasan per di dutamas fatmawati, klo bushing2 dia bisa bikinin, tapi kalau ball joint ya harus ganti full set.
mazda6 2010 gue udah berumur 8 tahun dan udah menempuh 120K km, masih cukup happy dengan mobil ini.. bensin irit untuk mobil di kelasnya.. tenaga oke.. fitur oke.. cuman so far yang udah gue pernah ganti:
* o2 sensor, ganti di 60K km. beli di ebay NGK/denso original sekitar $100 usd, soalnya klo di beres mazda 5 juta hahahaha. so far so good
* radiator ganti full set, kalau ngga salah di sekitar 80K. ngerembes dari bagian bawah radiator.. sempet kepikiran diganti kunigan, ah tp ganti aja deh biar pikiran tenang.
* engine mounting, ganti semua di 100K km
* shock breaker, depan belakang udah diganti pas 50K km dan 100K km (jalanan jakarta keras bung)
* kaki2 bagian tie rod dan long tie rod udah ganti full set, cuman arm2 nya baru diganti bushing nya saja
masih ada 1 PR sih yg harus diganti, steering rack.. nggak ada bunyi2 gluduk2 whatsoever, tapi sensor nya ada yang ngebacanya rada ngaco. Klo di colok reader, setir diem sensornya ngebaca belok ke kanan 2 newton meter, jadi klo jalan lurus setirnya jadi narik ke kanan dikit. Kalau ditahan pake tangan baru kebaca 0 newton meter (netral). Cuman sensor nya aja yang error, yang lain ngga masalah sama sekali.. cuman klo mau benerin, harus diganti full set.. 20 juta..... ah nanti aja deh sekalian klo power steeringnya bener2 rusak bunyi gluduk2 atau matot baru ganti..
btw klo kaki2 gue biasanya di hasan per di dutamas fatmawati, klo bushing2 dia bisa bikinin, tapi kalau ball joint ya harus ganti full set.
mazda6 2010 gue udah berumur 8 tahun dan udah menempuh 120K km, masih cukup happy dengan mobil ini.. bensin irit untuk mobil di kelasnya.. tenaga oke.. fitur oke.. cuman so far yang udah gue pernah ganti:
* o2 sensor, ganti di 60K km. beli di ebay NGK/denso original sekitar $100 usd, soalnya klo di beres mazda 5 juta hahahaha. so far so good
* radiator ganti full set, kalau ngga salah di sekitar 80K. ngerembes dari bagian bawah radiator.. sempet kepikiran diganti kunigan, ah tp ganti aja deh biar pikiran tenang.
* engine mounting, ganti semua di 100K km
* shock breaker, depan belakang udah diganti pas 50K km dan 100K km (jalanan jakarta keras bung)
* kaki2 bagian tie rod dan long tie rod udah ganti full set, cuman arm2 nya baru diganti bushing nya saja
masih ada 1 PR sih yg harus diganti, steering rack.. nggak ada bunyi2 gluduk2 whatsoever, tapi sensor nya ada yang ngebacanya rada ngaco. Klo di colok reader, setir diem sensornya ngebaca belok ke kanan 2 newton meter, jadi klo jalan lurus setirnya jadi narik ke kanan dikit. Kalau ditahan pake tangan baru kebaca 0 newton meter (netral). Cuman sensor nya aja yang error, yang lain ngga masalah sama sekali.. cuman klo mau benerin, harus diganti full set.. 20 juta..... ah nanti aja deh sekalian klo power steeringnya bener2 rusak bunyi gluduk2 atau matot baru ganti..
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Oct 03, 2018 8:29
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
ganti sparepart nya dimana om kalo boleh tahu? di beres atau di bengkel alternatif (terutama penggantian kaki2, karena kendala mazda6 2010 saya hampir sama nih).
Terima kasih,
Terima kasih,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 777
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
hey, sorry gue baru bales.. lama ga main SM wahahah gue ganti di dutamas fatmawati (hasan per). Sekarang udah pindah ke blok M mall basement sih, ini recommended.
Anyway, gue mau update, masalah power steering gue yang aga narik ke kanan... sekarang udah BENER!! ga perlu sampai ganti steering rack full, hanya ganti sensor nya saja.. kena 3 juta sih, tapi masih mendingan daripada ganti full steering rack 20 juta.
tempat benerinnya, asli gue juga ngga tau.. yang bawa tukang cat langganan gue... gue cuman ngecat bemper doang, trus doi nawarin dia punya knalan spesialis EPS. Gue bilang coba ajabenerin, gue udah mampir ke beberapa bengkel gagal semua.. pada bilang ganti full set. Tau2 nya bener2 bener... luar biasa itu...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jan 16, 2020 0:56
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
Maaf Pak tanya, boleh info biayanya masing2 saat pergantian2 tersebut di atas?tesna wrote: βSun Jun 24, 2018 12:43 klo lewat jalan ada bunyi2 aneh ngga.. mungkin bushing atau ball jointnya harus diganti.. kata beres emang diagnosanya apa?
btw klo kaki2 gue biasanya di hasan per di dutamas fatmawati, klo bushing2 dia bisa bikinin, tapi kalau ball joint ya harus ganti full set.
mazda6 2010 gue udah berumur 8 tahun dan udah menempuh 120K km, masih cukup happy dengan mobil ini.. bensin irit untuk mobil di kelasnya.. tenaga oke.. fitur oke.. cuman so far yang udah gue pernah ganti:
* o2 sensor, ganti di 60K km. beli di ebay NGK/denso original sekitar $100 usd, soalnya klo di beres mazda 5 juta hahahaha. so far so good
* radiator ganti full set, kalau ngga salah di sekitar 80K. ngerembes dari bagian bawah radiator.. sempet kepikiran diganti kunigan, ah tp ganti aja deh biar pikiran tenang.
* engine mounting, ganti semua di 100K km
* shock breaker, depan belakang udah diganti pas 50K km dan 100K km (jalanan jakarta keras bung)
* kaki2 bagian tie rod dan long tie rod udah ganti full set, cuman arm2 nya baru diganti bushing nya saja
masih ada 1 PR sih yg harus diganti, steering rack.. nggak ada bunyi2 gluduk2 whatsoever, tapi sensor nya ada yang ngebacanya rada ngaco. Klo di colok reader, setir diem sensornya ngebaca belok ke kanan 2 newton meter, jadi klo jalan lurus setirnya jadi narik ke kanan dikit. Kalau ditahan pake tangan baru kebaca 0 newton meter (netral). Cuman sensor nya aja yang error, yang lain ngga masalah sama sekali.. cuman klo mau benerin, harus diganti full set.. 20 juta..... ah nanti aja deh sekalian klo power steeringnya bener2 rusak bunyi gluduk2 atau matot baru ganti..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 777
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
1. o2 sensor 100 usd
2. radiator kl ngga salah 2 jt (thailand) yang ori indent dan harganta 6 jt pula
3. mounting ori 6 jtan semuanya
4. shock breaker, di beres 3.7 jt sepasang. sy nemu d tokopedoa 2 jt dah depan belakang
5. kaki2 gw lupa deh brapa pastinya
6. steering rack gw udah sembuh, ternyata ada yang bisa benerin. kena 3 jt
2. radiator kl ngga salah 2 jt (thailand) yang ori indent dan harganta 6 jt pula
3. mounting ori 6 jtan semuanya
4. shock breaker, di beres 3.7 jt sepasang. sy nemu d tokopedoa 2 jt dah depan belakang
5. kaki2 gw lupa deh brapa pastinya
6. steering rack gw udah sembuh, ternyata ada yang bisa benerin. kena 3 jt
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Oct 21, 2020 17:06
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Mazda 6
Re: Need info - Mazda 6 2008 - 2012
Misi gan, numpang nanya
1. Indikator check engine itu nyala penyebabnya apa ya? Pernah bawa ke beres katanya sensor o2 dan fuel ratio-nya yg perlu diganti, kedua part itu sekitar Rp8 juta
2. Ketika posisi berhenti, lalu diputar stirnya ada bunyi, begitu juga ketika lewat polisi tidur, sudah bawa ke bengkel biasa katanya racksteernya kena, terus bisa diakalin dg ganti bushingnya lalu disetel sambungan yg kanannya dr rackend-nya. Menurut agan-agan apakah bisa seperti itu? Kalo ane bawa ke beres, pasti disuruh ganti racksteer. Itu kisaran hrgnya brp ya?
Sekian, terima kasih gan. Mohon bantuannya ya.
1. Indikator check engine itu nyala penyebabnya apa ya? Pernah bawa ke beres katanya sensor o2 dan fuel ratio-nya yg perlu diganti, kedua part itu sekitar Rp8 juta
2. Ketika posisi berhenti, lalu diputar stirnya ada bunyi, begitu juga ketika lewat polisi tidur, sudah bawa ke bengkel biasa katanya racksteernya kena, terus bisa diakalin dg ganti bushingnya lalu disetel sambungan yg kanannya dr rackend-nya. Menurut agan-agan apakah bisa seperti itu? Kalo ane bawa ke beres, pasti disuruh ganti racksteer. Itu kisaran hrgnya brp ya?
Sekian, terima kasih gan. Mohon bantuannya ya.