HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by aspsilver »

VanzMatic wrote:Perbedaan menyolok antara Veloz dan Ertiga:
Veloz: RWD, double blower, MPV unibody
Ertiga: FWD, single blower, modelnya seperti Grand Livina / Mazda Premacy

Eh iya, ngemeng2 RWD dan FWD, ada pengalaman unik yg ane liat sendiri:

Sabtu kmrn, pas ane mau bawa si Abu ke Astrido Toyota buat serpis. Ndilalah pas macet gila. Nah, pas macetnya di depan sebuah restoran, ada pemandangan unik, lucu, tapi kesian juga...

Sebuah Mazda Premacy, susah payah menanjak ke pelataran parkir restoran itu, karena plesteran beton nanjaknya ngga berhasil ditaklukkan si Mazda. jadi saat posisi roda depan sudah mencapai 'puncak', keliatan tuh roda depan selip, susah payah bawa mobil untuk nanjak 'tanjakan' jalan masuk restoran. Padahal di mobil itu tinggal supirnya doank... Kocak, tapi juga kasian liat supirnya ampe kebingungan gitu gimana cara melewati halang rintangan seperti itu.

Dia nyoba cara sisi roda kiri duluan, ngga bisa. Dia coba sisi kanan roda depan yang naik duluan, tetep selip...

Mungkin om Kupi tau itu dimana rstonya, masih di Pondok Jati, selatan kalimalang, sisi timur jalan.

Yah, ada lebih kurangnya lah semua itu, om..

Kalau mau cari irit, emang tarikan depan lebih irit.
Kalau mau cari aman,ambil rwd, lebih adaptif thd mostly kondisi jalan di indo.

Kalau saya, saya bukan tipikal yang berani nyoba mobil baru.
Mobil, masih merupakan barang mewah buat saya, even itu sebuah Xenia paling murah atau Carry paling murah sekalipun.
So, saya ngga berani mempertaruhkan uang saya untuk suatu barang yang totally brand new.
Even itu sebuah merk Toyota, kalau itu model baru pun, saya belum mau / sudi mencoba2.

:big_peace:


Ah sopirnya premacy aja bego. Saya banyak punya mobil fwd, gak pernah kayak gitu. Mau kemana aja ok tuh. Saya emang gak pernah bawa premacy, tapi mobil fwd lain banyak, nissan Grand livina, berbagai macam honda dab toyota fwd, mercedes vito, gak ada sampe gak kuat nanjak, baik auto maupun manual.

Sekali disarangan kami menggunakan innova diesel A/T, pas penumpang penuh 7 org, terpaksa berhenti ditanjakan curam, dan gak kuat naik lagi. Terpaksa putar turun lagi dan kembali mencoba, berhasil. Yang bikin malu, panther dan L300 tua langsung naik. Tapi yang salah, bukan mobilnya, tapi sopirnya
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by jalu »

makanya saya heran juga di SM akhir2 ini mobil FWD sering digunjingkan dengan hal "gak kuat ditanjakan", padahal deskripsi "tanjakan" itu terlalu sederhana, artinya kemiringannya kan variatif. Dan yg sering posting itu justru laskar2 user RWD bukan user FWD langsung, jadi relevansi dengan driving experiencenya jelas berbeda, kesan yg ada kok seperti yg paranoid dng mbl penggerak roda depan.

Kebetulan gerobak saya skrg ada yg RWD dan FWD, berikut yg bs saya simpulkan :
1. dengan perkembangan sisi engineering dalam hal weight distribution, rancang bangun mbl fwd masa kini ternyata bs lebih mengantisipasi masalah perpindahan distribusi bobot saat ditanjakan, artinya ban depan tidak lbh mudah kehilangan traksi seperti mbl fwd jadul pada posisi menanjak, ini berarti sudut aman kemiringan tanjakan meningkat lbh baik dr mbl fwd era sebelumnya
2. meski ada pembenahan di sisi weight distribution, prilaku user jg menentukan, kalo misalkan muatan mbl fwd tsb masih sesuai kapasitasnya maka roda depan tidak ada masalah berarti dalam hal kehilangan traksi, lain hal kalo dimuat overload tentu roda depan akan mudah sekali "melayang". Nah hal inilah yg jadi common issue di Indo mengingat mahalnya harga mobil maka sebagian besar org punya mbl hanya semata wayang, jd 1 mobil untuk semua, budaya paguyuban jg tentu mengajak termasuk sanak famili turut serta diperjalanan, hasilnya so pasti jadi overload.

dalam kata lain, selama saya menggunakan mbl fwd masa kini dijalan raya dng muatan sesuai, belum pernah menemui kesulitan dengan traksi roda saat di rute menanjak, kalo saya ingat2 back to 90's bawa beberapa macam sedan fwd di tanjakan nagreg atau tanjakan bojongloa digarut itu memang seringkali ban depan selip krn kehilangan traksi, padahal jumlah penumpang pas & muatan bagasi biasa2 saja
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by VanzMatic »

Hmmm... ane nggada maksud menggunjingkan mobil fwd om.... Itu hanya share liat sndiri om... bener... Ane juga saat itu udh mau memotret langsung kejadiannya, sayang ketutupan Ford Ranger di sebelah kiri saya...

Memang, pengalaman sy nyupir fwd memang minim. Hanya grand Livina altis, Yaris, Cielo, City, Jazz i-dsi, dan ngga pernah ngalamin jalan tanjakan, om... yg pernah sy supirin.. Lainnya, dari Kijang Grand, Futura, 320i, kuda, T120ss, Carry 1000, Panther, apanjah Senia. Maaf kalau salah..

Malah waktu disewa oleh perush istri saya untuk angkut kary yg wisata ke Magelang dan Sarangan, Panther punya rental lain, kalah set tanjakan di Sarangan dengan Tisos sy, ... Futura 1.3 inventaris kantor istri, keteter ngejar tisos sy di tanjakan itu..

Yah, begitulah, pengalaman yang dialamin juga beda beda om...
:ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by jalu »

harus diakui hukum alam memang tidak bisa dilawan, secara natural distribusi bobot akan berpindah ke belakang sewaktu ditanjakan, tapi kan bs dianalisa di kemiringan berapa drajat mbl tsb akan kehilangan traksi roda depan, kalo misalkan batas aman kemiringannya itu masih diatas rata2 kondisi jalan yg akan/sering dilalui usernya tentu gak ada masalah di tanjakan kan

seperti yg saya tulis diatas kalo saya sendiri jg punya pengalaman yg sama kok dng mbl fwd masalah kehilangan traksi, tapi setelah saya ingat2 itu mobil2 fwd di era sebelumnya...makanya saya simpulkan sisi rancang bangun mbl fwd era skrg sudah lbh diimprove untuk antisipasi perpindahan distribusi bobot. Mengacu dr beberapa kejadian selip ditanjakan dng mobil sedan lawas, sebelumnya saya jg punya opini yg sama kok dng om VM ttg handicap mbl FWD, tapi setelah saya mencoba mbl fwd generasi skrg ternyata sudah lbh improve, dalam kata lain ternyata opini sempit tsb semata2 krn wawasan berkendara saya yg awam :e-doh:

ya saya sih cuma boring aja, di tret manapun jika yg dibahas dan kebetulan ada mbl FWD lagi2 tematis itu muncul terus, diskusi jd bolak balik mandeg ditempat tapi gak ada satupun bs menjelaskan secara rinci "gak kuat ditanjakan" itu di kemiringan berapa derajat ??

andaikan di SM ada volunteer yg mau menguji sudut maksimum traksi ditanjakan dr beberapa mbl fwd favorit diindo, tentu informasi tsb sangat berharga, tapi yg objektif ya bukan macam video GL menanjak yg roda belakangnya seperti terkunci rem tangan :e-pray: :e-pray:

nah mungkin kt tunggu aja mas helm, biasanya dia paling demen yang namanya uji coba kendaraan, sapa tau aja beliau bersedia, kita2 tinggal mendoakan saja.... :big_weee: :big_weee:

................... :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by ak4ng »

jadi ttp menigan yg RWD khann????? :big_weee:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by VanzMatic »

jalu wrote:harus diakui hukum alam memang tidak bisa dilawan, secara natural distribusi bobot akan berpindah ke belakang sewaktu ditanjakan, tapi kan bs dianalisa di kemiringan berapa drajat mbl tsb akan kehilangan traksi roda depan, kalo misalkan batas aman kemiringannya itu masih diatas rata2 kondisi jalan yg akan/sering dilalui usernya tentu gak ada masalah di tanjakan kan

seperti yg saya tulis diatas kalo saya sendiri jg punya pengalaman yg sama kok dng mbl fwd masalah kehilangan traksi, tapi setelah saya ingat2 itu mobil2 fwd di era sebelumnya...makanya saya simpulkan sisi rancang bangun mbl fwd era skrg sudah lbh diimprove untuk antisipasi perpindahan distribusi bobot. Mengacu dr beberapa kejadian selip ditanjakan dng mobil sedan lawas, sebelumnya saya jg punya opini yg sama kok dng om VM ttg handicap mbl FWD, tapi setelah saya mencoba mbl fwd generasi skrg ternyata sudah lbh improve, dalam kata lain ternyata opini sempit tsb semata2 krn wawasan berkendara saya yg awam :e-doh:

ya saya sih cuma boring aja, di tret manapun jika yg dibahas dan kebetulan ada mbl FWD lagi2 tematis itu muncul terus, diskusi jd bolak balik mandeg ditempat tapi gak ada satupun bs menjelaskan secara rinci "gak kuat ditanjakan" itu di kemiringan berapa derajat ??
Saya nya yg kebiasaan makai rwd melulu nih kak.... :upss:

Waktu jajal 320i, saking awamnya, awalnya ane kirain waktu itu (jaman kuliah awal) FWD. Tapi setelah buka kap mesinnya, WOILAAA...rwd juga...
Rwd driver abadi neh ceritanya.... :mky_01: Dari jaman jebot, taunya mobil itu ya biasanya pakai as kopel..

Dan memang sih, ampe jaman Galant Hiu, komponen kaki depannya memang yang paling cepet rusak dibanding kaki depan mobil rwd.

setelah itu? Blank bener2..

Derajat kemiringan / elevasi jalan masuk rumah makan itu, ane juga pengin nih potretin... nanti ane share dimarih ya kakak pembina... :mky_08:
jalu wrote: andaikan di SM ada volunteer yg mau menguji sudut maksimum traksi ditanjakan dr beberapa mbl fwd favorit diindo, tentu informasi tsb sangat berharga, tapi yg objektif ya bukan macam video GL menanjak yg roda belakangnya seperti terkunci rem tangan :e-pray: :e-pray:

nah mungkin kt tunggu aja mas helm, biasanya dia paling demen yang namanya uji coba kendaraan, sapa tau aja beliau bersedia, kita2 tinggal mendoakan saja.... :big_weee: :big_weee:

................... :ngacir: :ngacir:
Kak, ntar kalo kita ketemuan lagi di tempat om kopi, kita jajal yuk...? :big_weee: :big_weee:

Atau, kita jajal Jazz nya om kopi? Atau sekalian aja kakak jajal mobil panjang simpenan om kopi di kemiringan itu?

:big_weee: :big_weee:


















:ngacir: :ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by maskopat »

kalo ane malah lebih sering ngalami mobil RWD selip ketika mundur di tanjakan.... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by jalu »

VanzMatic wrote:Saya nya yg kebiasaan makai rwd melulu nih kak.... :upss:

Waktu jajal 320i, saking awamnya, awalnya ane kirain waktu itu (jaman kuliah awal) FWD. Tapi setelah buka kap mesinnya, WOILAAA...rwd juga...
Rwd driver abadi neh ceritanya.... :mky_01: Dari jaman jebot, taunya mobil itu ya biasanya pakai as kopel..

Dan memang sih, ampe jaman Galant Hiu, komponen kaki depannya memang yang paling cepet rusak dibanding kaki depan mobil rwd.

setelah itu? Blank bener2..

Derajat kemiringan / elevasi jalan masuk rumah makan itu, ane juga pengin nih potretin... nanti ane share dimarih ya kakak pembina... :mky_08:
sure, saya jg gak pernah membantah jika memang mbl rwd selalu memilki peluang traksi yang lbh baik di tanjakan dibanding mbl fwd pada sudut kemiringan tanjakan tertentu.

mbl rwd jg terasa natural di tikungan krn roda depan/kemudi itu free gak ada pengaruh torsional krn hantaran tenaga mesin ke roda dibanding mbl fwd yg cenderung understeer,mungkin itu disebut terasa lbh fun, tapi disisi lain saya suka mbl fwd justru di kondisi lurus krn stirnya secara natural akan "mengajak" mobil ke posisi lurus meski secara teknis sudut2 roda depannya sudah gak keruan krn waktunya dispooring.

VanzMatic wrote:Kak, ntar kalo kita ketemuan lagi di tempat om kopi, kita jajal yuk...? :big_weee: :big_weee:

Atau, kita jajal Jazz nya om kopi? Atau sekalian aja kakak jajal mobil panjang simpenan om kopi di kemiringan itu?

:big_weee: :big_weee:


















:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jiaah, kalo yg jadi testernya si kopi itu bukan ngukur sudut kemiringan tanjakan, yg ada mblnya miring ke kanan krn testernya "kelas berat" :upss: :upss: :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by VanzMatic »

jalu wrote:-cut-

Jiaah, kalo yg jadi testernya si kopi itu bukan ngukur sudut kemiringan tanjakan, yg ada mblnya miring ke kanan krn testernya "kelas berat" :upss: :upss: :ngacir: :ngacir:
Sudah sy duga, mbales postingannya akan bilang spt itu...... :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:














































Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by maskopat »

jalu wrote: sure, saya jg gak pernah membantah jika memang mbl rwd selalu memilki peluang traksi yang lbh baik di tanjakan dibanding mbl fwd pada sudut kemiringan tanjakan tertentu.

mbl rwd jg terasa natural di tikungan krn roda depan/kemudi itu free gak ada pengaruh torsional krn hantaran tenaga mesin ke roda dibanding mbl fwd yg cenderung understeer,mungkin itu disebut terasa lbh fun, tapi disisi lain saya suka mbl fwd justru di kondisi lurus krn stirnya secara natural akan "mengajak" mobil ke posisi lurus meski secara teknis sudut2 roda depannya sudah gak keruan krn waktunya dispooring.
sepertinya yang ane bold, ente belajar dari mobil rwd ya? menurut ane semuanya ya natural. tapi beda antara rasa fwd dan rwd.. :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by ak4ng »

maskopat wrote:
jalu wrote: sure, saya jg gak pernah membantah jika memang mbl rwd selalu memilki peluang traksi yang lbh baik di tanjakan dibanding mbl fwd pada sudut kemiringan tanjakan tertentu.

mbl rwd jg terasa natural di tikungan krn roda depan/kemudi itu free gak ada pengaruh torsional krn hantaran tenaga mesin ke roda dibanding mbl fwd yg cenderung understeer,mungkin itu disebut terasa lbh fun, tapi disisi lain saya suka mbl fwd justru di kondisi lurus krn stirnya secara natural akan "mengajak" mobil ke posisi lurus meski secara teknis sudut2 roda depannya sudah gak keruan krn waktunya dispooring.
sepertinya yang ane bold, ente belajar dari mobil rwd ya? menurut ane semuanya ya natural. tapi beda antara rasa fwd dan rwd.. :frm_salut:
idem sama om kopat..... beda penggerk... beda rasa... :mky_02: :mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2291
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by ilhami »

perasaan pakai kijang kapsul, kalo belok ya sama-sama aja, berasa ngguling. Apa sih hebatnya RWD?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by VanzMatic »

ilhami wrote:perasaan pakai kijang kapsul, kalo belok ya sama-sama aja, berasa ngguling. Apa sih hebatnya RWD?
berarti kombinasi kopling, persneling ama gas nya ngga pas om... ambil titik menikungnya kurang pas kali om.... :mky_01:

Ane malah asyiknya rwd, kalo tikungan malah ngegas tapi ngga brasa ngguling... Karena itu, asik banget dengan rwd, tikungan sepi, bisa aku pakai nyalip...

:big_slap:

Ini lagi ngelatih feeling dengan matic buat maksimalin potensi rwd... :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by jalu »

ilhami wrote:perasaan pakai kijang kapsul, kalo belok ya sama-sama aja, berasa ngguling. Apa sih hebatnya RWD?
setau saya masalah body roll lbh dominan dr sisi chassisnya (COG, rigidity, suspensi dll), bukan power train.

kalo kijang kapsul limbung parah bisa dicoba :

1. cek per belakang, kalo ada yg patah (biasanya nmr 4) itu gejala limbungnya parah sekali.
2. kalo kondisi kaki2 oke, bisa dicoba pake SA yg lbh keras seperti kayaba ultra/bilstein untuk yg belakang saja, depan pake OEM
3. kalo mau lbh sip, bs ditambahkan undrebrace/support frame dll supaya sasisnya lbh kaku, saya bukan ahli chasis, tp saya perhatikan sasis kijang kapsul memang torsional rigiditynya lbh rendah dibanding super atau ipah, jd di tikungan sasis lbh gampang terpelintir (lentur) meski akan kembali ke posisi semula. Sepertinya bertujuan supaya guncangan dikabin lbh nyaman krn saat dikontur jalan gak rata sasis sedikit ikut "bermain" bersama suspensi

sekedar share saja krn kebetulan keluarga kami pengguna kijang dr jaman super, grand, kapsul sampe ipah :mky_01:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by imsus2c »

jalu wrote:
ilhami wrote:perasaan pakai kijang kapsul, kalo belok ya sama-sama aja, berasa ngguling. Apa sih hebatnya RWD?
setau saya masalah body roll lbh dominan dr sisi chassisnya (COG, rigidity, suspensi dll), bukan power train.

kalo kijang kapsul limbung parah bisa dicoba :

1. cek per belakang, kalo ada yg patah (biasanya nmr 4) itu gejala limbungnya parah sekali.
2. kalo kondisi kaki2 oke, bisa dicoba pake SA yg lbh keras seperti kayaba ultra/bilstein untuk yg belakang saja, depan pake OEM
3. kalo mau lbh sip, bs ditambahkan undrebrace/support frame dll supaya sasisnya lbh kaku, saya bukan ahli chasis, tp saya perhatikan sasis kijang kapsul memang torsional rigiditynya lbh rendah dibanding super atau ipah, jd di tikungan sasis lbh gampang terpelintir (lentur) meski akan kembali ke posisi semula. Sepertinya bertujuan supaya guncangan dikabin lbh nyaman krn saat dikontur jalan gak rata sasis sedikit ikut "bermain" bersama suspensi

sekedar share saja krn kebetulan keluarga kami pengguna kijang dr jaman super, grand, kapsul sampe ipah :mky_01:
malah limbungnya masih lebih parah panther (kapsul) dibanding kijang kapsul...itu pengalaman saya loh :ungg:

omong2, yg nr. 1 diatas saya juga pernah ngalamin, goyang2 ngga keruan, setelah dilihat ternyata benar ada per belakang yg patah... :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by wongpantai »

Original Posted By corenet123
akhirnya salah satu komplain ane terjawab sudah, ada bunyi grek2 saat
setir di belokkan full ke kanan dan kiri, SA jawab itu kurang dikasi oli saja,
kuar bengkel 2 hari balik lagi suaranya.
ane jg pake di toll kec 120 ++ s/d 140 tiba2 SETIR TERASA NARIK KEKANAN
SENDIRI / TIBA2 SEPERSEKIAN DETIK untungnya q pegang rapat itu setir,
ane tanya ke ka. teknik nya dijawab itu bisa jadi ada kena batu / jalanan ga
rata di toll, dia bilang mo di uji lagi peloz ane. Moga bener cuman kena
batu gan :capedes
dan lain2 komplain ane yg sampe sekarang blm dijawab, mrk bilang butuh
waktu, okek lah gua beri waktu, tar ta kabarin gan kl dah ada jawaban.
moga ada koreksi juga dr pihak TAM untuk mempertahankan reputasinya
& tetap kasi pelayanan yg terbaiklah buat customer.
salam.
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
Quote:
Original Posted By sunusugiarso
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
bukan itu saja gan, coba puter setir ke kiri / kanan sampe notok terus diemin
beberapa saat ada suara krek2 gt, ane ga tau itu persisnya gmn, yang jelas SA
bilang itu kurang dikasi pelumas saja tp sekarang itu suara balik lagi gan, binung
ane :capedes ane curiga ada hub sama recall ANA gan :capedes





>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
ini yg bikin tambah galau, walaupun g mnutup kemungkinan ertiga bkal bernasib sama :D
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5490
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by nugroho bagor »

:mky_03:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by jalu »

wongpantai wrote:Original Posted By corenet123
akhirnya salah satu komplain ane terjawab sudah, ada bunyi grek2 saat
setir di belokkan full ke kanan dan kiri, SA jawab itu kurang dikasi oli saja,
kuar bengkel 2 hari balik lagi suaranya.
ane jg pake di toll kec 120 ++ s/d 140 tiba2 SETIR TERASA NARIK KEKANAN
SENDIRI / TIBA2 SEPERSEKIAN DETIK untungnya q pegang rapat itu setir,
ane tanya ke ka. teknik nya dijawab itu bisa jadi ada kena batu / jalanan ga
rata di toll, dia bilang mo di uji lagi peloz ane. Moga bener cuman kena
batu gan :capedes
dan lain2 komplain ane yg sampe sekarang blm dijawab, mrk bilang butuh
waktu, okek lah gua beri waktu, tar ta kabarin gan kl dah ada jawaban.
moga ada koreksi juga dr pihak TAM untuk mempertahankan reputasinya
& tetap kasi pelayanan yg terbaiklah buat customer.
salam.
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
Quote:
Original Posted By sunusugiarso
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
bukan itu saja gan, coba puter setir ke kiri / kanan sampe notok terus diemin
beberapa saat ada suara krek2 gt, ane ga tau itu persisnya gmn, yang jelas SA
bilang itu kurang dikasi pelumas saja tp sekarang itu suara balik lagi gan, binung
ane :capedes ane curiga ada hub sama recall ANA gan :capedes





>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
ini yg bikin tambah galau, walaupun g mnutup kemungkinan ertiga bkal bernasib sama :D
keluhannya mungkin related dengan berita recall avanza ini : http://oto.detik.com/read/2012/03/22/11 ... 9911011207
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by wongpantai »

Suzuki Ertiga Sudah Nongol di
Palembang
Sabtu, 24 Maret 2012 13:30 WIB
SRIPOKU.COM, PALEMBANG -
Suzuki Ertiga yang digadang-gadang
sebagai pesaing terberat Avanza-Xenia
sudah nonggol di Palembang Trade
Center (PTC), Sabtu (24/3/2012).
Menurut Branch Manager Suzuki
Palembang, Hasanuddin ketika ditemui
mengatakan, keberadaan Ertiga di PTC
merupakan langkah pertama Suzuki
untuk memperkenalkan ke masyarakat.
"Ini perkenalan saja, nanti pada Mei akan
langsung grand launching," katanya
pada Sripoku.com.
Ertiga di PTC Mall dipamerkan hingga hari Senin mendatang.
Kehadiran kendaraan Ertiga inipun jadi pusat perhatian
pengunjung. Tak heran, banyak pengunjung yang mencoba
bahkan mengotak-atik peralatan seperti musik dan lain-lain.
Untuk saat ini, inden Ertiga sudah mencapai 80 unit. Selama
pameran ini berlangsung diharapkan dapat menjaring
konsumen hingga 100 unit.
Hassanuddin menghimbau, hingga tanggal 24 April atau
pengiriman barang hingga tanggal 31 Juli, harga masih tetap
yakni Rp 155.100 juta. Namun, setelah itu akan ada
perubahan harga terkait kenaikan BBM.
"Pesanlah sekarang, hanya dengan inden Rp 5 juta, sudah
bisa inden," tutupnya.
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
ayo, siapa mau nemenin sy ke ptc, cuma sampe senen loh..
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by FMEAKD »

wah ane mau ke PIM om wahahaha. :mky_03:

TD om TD di PTC ya .. kan disitu ada kayak sirkuit kecil dibelakangnya :big_weee:
wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by wongpantai »

FMEAKD wrote:wah ane mau ke PIM om wahahaha. :mky_03:

TD om TD di PTC ya .. kan disitu ada kayak sirkuit kecil dibelakangnya :big_weee:
jangan lah, nanti jd kyk afriyani* :D
(ud lama g nyetir saya)
ok lah kl bgtu, eh member sm slaen ente yg wong palembang ada g sih?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5490
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by nugroho bagor »

:big_weee:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by ak4ng »

@wp: ente meningan beli dua2nya aja.... R3 buat dalkot... veloz buat lukot....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by VanzMatic »

wongpantai wrote:Original Posted By corenet123
akhirnya salah satu komplain ane terjawab sudah, ada bunyi grek2 saat
setir di belokkan full ke kanan dan kiri, SA jawab itu kurang dikasi oli saja,
kuar bengkel 2 hari balik lagi suaranya.
ane jg pake di toll kec 120 ++ s/d 140 tiba2 SETIR TERASA NARIK KEKANAN
SENDIRI / TIBA2 SEPERSEKIAN DETIK untungnya q pegang rapat itu setir,
ane tanya ke ka. teknik nya dijawab itu bisa jadi ada kena batu / jalanan ga
rata di toll, dia bilang mo di uji lagi peloz ane. Moga bener cuman kena
batu gan :capedes
dan lain2 komplain ane yg sampe sekarang blm dijawab, mrk bilang butuh
waktu, okek lah gua beri waktu, tar ta kabarin gan kl dah ada jawaban.
moga ada koreksi juga dr pihak TAM untuk mempertahankan reputasinya
& tetap kasi pelayanan yg terbaiklah buat customer.
salam.
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
Quote:
Original Posted By sunusugiarso
Bunyi grek-grek pas belok pol itu kenapa gan?
Saya ngalamin juga, tadinya saya pikir mentok ban.
bukan itu saja gan, coba puter setir ke kiri / kanan sampe notok terus diemin
beberapa saat ada suara krek2 gt, ane ga tau itu persisnya gmn, yang jelas SA
bilang itu kurang dikasi pelumas saja tp sekarang itu suara balik lagi gan, binung
ane :capedes ane curiga ada hub sama recall ANA gan :capedes





>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
ini yg bikin tambah galau, walaupun g mnutup kemungkinan ertiga bkal bernasib sama :D
SA kok ngemengnya ngawur gitu....

Ane aja wkt serpis KM 20rb (riilna 13rb) dan komlplen stir kalo dibelokin mentok ke kiri pas lepas gas trus ngerem ada bunyi, dia jawab ngga ngasal tuh. Ane coba kasih clue, bunyinya pas ane injek rem. Kalo ngga nginjek rem, lepas gas en puter kemudi pol ke kiri, ngga bunyi. Kalau muter ke kanan sambil ngerem, nggabunyi juga.

Kemaren sabtu pagi, ane bejek 155kpj di tol bandara, ok2 aja. Rem lumayan pakem lah, walaupun ngga pake ABS. Tetep mantep ngindarin sedan yang pelan mendadak, banting stir ke kanan speed 90kpj, tetep mantep!

SA nya asal komeng nih... :mky_06:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: HELp-Avanza veloz mt atau ertiga GX mt

Post by y_anjasrana »

ane pengalaman buruk dgn mobil fwd waktu parkir di lapangan tanah merah... waktu mw mundur ga mw gerak sama sekali. udah coba berkali2, ga bisa mundur. kondisi muatan 4 orang. akhirnya penumpang depan turun. setelah itu coba lagi, eh langsung mundur..... ternyata penumpang depan yg tergolong "kelas berat" membuat ban ambles. jadi bukan karena fwd-nya.... hihihi.....

so far ane sering gonta ganti mobil fwd dan rwd. bedanya ga begitu terasa tuh... apa ane aja yg kurang peka ya... :mky_01:
Accurate V5 Accounting System Consultant