Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by nescafe »

maskopat wrote:ane jadi bingung nih... transmisi otomatis itu apa aja sih tipenya?
invecs di PS itu jenis apa ya? karena di triton, masih pake 4AT konvensional.
trus, 7G tronic mercy.. ini twin clutch bukan?

jadi, yang ane tahu jenis transmisi A/T itu:
1. konvensional, ini seperti yang ada di everest (5AT), fortuner (5AT?), avanza (4AT), vios/yaris (4AT).
2. CVT seperti jazz lama.
3. twin clutch seperti di golf GTI, evo X..
4. yang seperti invecs di PS, ini apa ya?
oom kopat, untuk yang invecs, sepertinya automatic (non cvt) yg dilengkapi dgn mode perpindahan manual (semacam triptonik)
sejauh mata memandang, pendapat saya bgitu,, (pengalaman dr melihat grandis) sepertinya teknologi ini juga ditanamkan di honda jazz (yg RS) dan honda civic.. transmisi non cvt, tp dilengkapi dgn mode perpindahan manual..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

nescafe wrote:
maskopat wrote:ane jadi bingung nih... transmisi otomatis itu apa aja sih tipenya?
invecs di PS itu jenis apa ya? karena di triton, masih pake 4AT konvensional.
trus, 7G tronic mercy.. ini twin clutch bukan?

jadi, yang ane tahu jenis transmisi A/T itu:
1. konvensional, ini seperti yang ada di everest (5AT), fortuner (5AT?), avanza (4AT), vios/yaris (4AT).
2. CVT seperti jazz lama.
3. twin clutch seperti di golf GTI, evo X..
4. yang seperti invecs di PS, ini apa ya?
oom kopat, untuk yang invecs, sepertinya automatic (non cvt) yg dilengkapi dgn mode perpindahan manual (semacam triptonik)
sejauh mata memandang, pendapat saya bgitu,, (pengalaman dr melihat grandis) sepertinya teknologi ini juga ditanamkan di honda jazz (yg RS) dan honda civic.. transmisi non cvt, tp dilengkapi dgn mode perpindahan manual..
hm... kalo triptonic itu bukannya twin clutch yah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by nescafe »

maskopat wrote:
nescafe wrote:
maskopat wrote:ane jadi bingung nih... transmisi otomatis itu apa aja sih tipenya?
invecs di PS itu jenis apa ya? karena di triton, masih pake 4AT konvensional.
trus, 7G tronic mercy.. ini twin clutch bukan?

jadi, yang ane tahu jenis transmisi A/T itu:
1. konvensional, ini seperti yang ada di everest (5AT), fortuner (5AT?), avanza (4AT), vios/yaris (4AT).
2. CVT seperti jazz lama.
3. twin clutch seperti di golf GTI, evo X..
4. yang seperti invecs di PS, ini apa ya?
oom kopat, untuk yang invecs, sepertinya automatic (non cvt) yg dilengkapi dgn mode perpindahan manual (semacam triptonik)
sejauh mata memandang, pendapat saya bgitu,, (pengalaman dr melihat grandis) sepertinya teknologi ini juga ditanamkan di honda jazz (yg RS) dan honda civic.. transmisi non cvt, tp dilengkapi dgn mode perpindahan manual..
hm... kalo triptonic itu bukannya twin clutch yah?
hmm,, in some cases, menurut saya tidak actually twin clutch.. mungkin hanya ditambahkan piranti elektronik sehingga perpindahan giginya bisa diatur secara elektronis ( dr tuas yg ada di pengemudi atau di transmisi)

logika asal2an lhoo... :ungg:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by nescafe »

@maskopat: kalau penjelasan dr pihak mitsu bgini,, http://www.mitsubishi-cars.co.uk/features/invecs.asp
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

tapi teknologinya kurang jelas ya.. cuman bisa manual mode dan bisa baca pola driver.. :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

macam2 transmisi matic (dikutip dari majalah Autocar Middle East) :

1. Robotized Manual
Sebuah girboks manual yang dilengkapi aktuator dikontrol secara elektronis, sehingga perpindahan gigi bs berlangsung secara otomatis, contoh Audi (R-Tronic), Fiat (Dualogic)
2. Torq Converter Hydramatic....sering disebut matic konvensional
Merupakan susunan gigi planet (planetary gear) dan fluid flywheel (torq converter) yang direndam dalam minyak ATF. Perpindahan gigi berdasarkan tekanan hidrolis yg dibangkitkan oleh torq conv tsb (relevan dengan putaran mesin vs kecepatan), contoh : hampir semua produsen.
Improvement yg sudah ada : active lock up pada torq converter (mengurangi friction loss), penambahan jumlah percepatan, mode perpindahan manual (kenop +/- atau shifter model gate), kontroler elektronik (contoh:GLC pada honda atau ECT pada toyota).
3. Continuesly Variable Transmission (CVT)
Terdiri dari 2 buah puli yang dapat berubah2 diameternya sesuai dengan beban dan kecepatan, kedua puli terhubung dengan rantai atau belt. Variasi perubahan diamater puli dapat menjadi sebuah percepatan maya (virtual speed), sehingga produsen berpeluang untuk melengkapi dengan mode manual multi percepatan, contoh : honda jazz/city generasi sebelumnya (7 speed CVT), nissan Xtrail (6 speed Xtronic)
4. Dual Clutch/Twin Clutch
Terdiri dari 2 rangkaian gigi, 1 rangkaian untuk gigi 1,3 & 5, rangkaian yg satunya lagi untuk gigi 2,4 & 6. Masing2 rangkaian memiliki kopling sendiri (total 2 kopling)..oleh karena itu disebut 2 clutch, contoh : VW (DSG), Porsche (PDK), Ford (Powershift), Mitsubishi (SST).
Sayang sekali di situ tidak dijelaskan secara rinci cara kerja dr 2 clutch ini

Ditambahkan juga disitu, bahwa mode perpindahan manual (contoh : paddle shift atau posisi +/- pada tongkat) bukan merupakan parameter jenis konstruksi transmisi yang digunakan, itu hanya merupakan fitur yg diciptakan oleh produsen, karena semua type girboks matic bisa dilengkapi dengan fitur seperti itu.

Demikianlah dr referensi yg saya baca.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

jalu wrote:macam2 transmisi matic (dikutip dari majalah Autocar Middle East) :

1. Robotized Manual
Sebuah girboks manual yang dilengkapi aktuator dikontrol secara elektronis, sehingga perpindahan gigi bs berlangsung secara otomatis, contoh Audi (R-Tronic), Fiat (Dualogic)
2. Torq Converter Hydramatic....sering disebut matic konvensional
Merupakan susunan gigi planet (planetary gear) dan fluid flywheel (torq converter) yang direndam dalam minyak ATF. Perpindahan gigi berdasarkan tekanan hidrolis yg dibangkitkan oleh torq conv tsb (relevan dengan putaran mesin vs kecepatan), contoh : hampir semua produsen.
Improvement yg sudah ada : active lock up pada torq converter (mengurangi friction loss), penambahan jumlah percepatan, mode perpindahan manual (kenop +/- atau shifter model gate), kontroler elektronik (contoh:GLC pada honda atau ECT pada toyota).
3. Continuesly Variable Transmission (CVT)
Terdiri dari 2 buah puli yang dapat berubah2 diameternya sesuai dengan beban dan kecepatan, kedua puli terhubung dengan rantai atau belt. Variasi perubahan diamater puli dapat menjadi sebuah percepatan maya (virtual speed), sehingga produsen berpeluang untuk melengkapi dengan mode manual multi percepatan, contoh : honda jazz/city generasi sebelumnya (7 speed CVT), nissan Xtrail (6 speed Xtronic)
4. Dual Clutch/Twin Clutch
Terdiri dari 2 rangkaian gigi, 1 rangkaian untuk gigi 1,3 & 5, rangkaian yg satunya lagi untuk gigi 2,4 & 6. Masing2 rangkaian memiliki kopling sendiri (total 2 kopling)..oleh karena itu disebut 2 clutch, contoh : VW (DSG), Porsche (PDK), Ford (Powershift), Mitsubishi (SST).
Sayang sekali di situ tidak dijelaskan secara rinci cara kerja dr 2 clutch ini

Ditambahkan juga disitu, bahwa mode perpindahan manual (contoh : paddle shift atau posisi +/- pada tongkat) bukan merupakan parameter jenis konstruksi transmisi yang digunakan, itu hanya merupakan fitur yg diciptakan oleh produsen, karena semua type girboks matic bisa dilengkapi dengan fitur seperti itu.

Demikianlah dr referensi yg saya baca.... :big_peace:
berarti Invecs di mitsu ane duga pake yang tipe 2 ya? hmm... berarti secara teknologi, invecs dan AT di avanza sama aja ya? bedanya invecs ada manual mode..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

coba ditelaah lg om kopat......apakah invecs ini bersifat lebih ke arah peranti kontrol elektronik (seperti ECT atau Grade Logic Control) atau hanya sebuah penamaan dari mode perpindahan manual..... :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26981
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by DOHC »

kayanya sigh sejenis ECT di toyota atau grade logic control di honda deh kakak pembina...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

nah, kalo udah ke sono, ane kagak ngarti deh... soalnya masih bingung juga. kayaknya bisa override AT nya deh.. mungkin ini ECT ya?
paan sih ECT itu?? :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by nescafe »

electronic controlled transmision.. :big_slap:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by asudarsono »

Pajero Sport itu INVECS II berarti AT hidraulik (tipe 2, sering disebut matik konvensional) dgn fasilitas tiptronik, dlm hal PS adalah 4 AT. Lancer pakai INVECS III yg CVT. INVECS I itu AT hidraulik (tipe 2, sering disebut matik konvensional) yg tidak dilengkapi tiptronik.


INVECS (Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System)[1] is the brand name used by Mitsubishi Motors for its electronic automatic transmission technolog (Wikipedia : INVECS).
Ready to Race
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

maskopat wrote:nah, kalo udah ke sono, ane kagak ngarti deh... soalnya masih bingung juga. kayaknya bisa override AT nya deh.. mungkin ini ECT ya?
paan sih ECT itu?? :big_slap:
untuk penjelasan ttg ECT, mari kita undang om FM dari fraksi toyota...... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by FortunerMan »

Google aja :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26981
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by DOHC »

ternyata om FM dari fraksi toyota uda berkoalisi dgn fraksi google... :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by the-mantal »

pengalaman pribadi toyota corona 97 pake transmisi 4AT dengan ECT, kalau ECT dinyalain, seolah2 rpm main di kisaran tinggi... jadi injak sedikit transmisinya langsung turun ke gigi rendah utk akselerasi. kalau ECT off, harus injak dalam baru transmisi turun ke gigi rendah utk akselerasi.
tapi kalo di jalan turunan dia ngga otomatis engine break...

jadi kalo menurut penilaian pribadi ect sptnya berfungsi utk akselerasi aja, bukan deselerasi....

pengalaman pakai mitsu lancer 2001 MIVEC, transmisi 4AT juga, kalau jalan turunan dia otomatis lsg turun ke gigi rendah dan engine break tuh... cool...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

the-mantal wrote:pengalaman pakai mitsu lancer 2001 MIVEC, transmisi 4AT juga, kalau jalan turunan dia otomatis lsg turun ke gigi rendah dan engine break tuh... cool...
lalu menurut opini om sendiri gmn sewaktu pake lancer tsb....dlm arti meski 4AT tetapi jika sudah lbh sigap dalam akselerasi & deselerasi apakah menurut om itu girboks sudah jadul atau masih tetap update ???

ditunggu opininya... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by the-mantal »

om jalu,

mnurut saya berapa pun jumlah gigi yang dimiliki, selama dia berfungsi baik dan awet, maka transmisi itu masih tetap up to date.

saya tidak mementingkan akselerasi dan deselerasi karena saya bukan tipe pengemudi yang agresif.

pada kenyataannya perjalanan di dalam kota, overdrive (gigi 4) jarang sekali dipakai...

jadi punya gigi 5, gigi 6, gigi 7, gigi 8 juga percuma aja kalo situasinya ngga memungkinkan utk digunakan...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

the-mantal wrote:om jalu,

mnurut saya berapa pun jumlah gigi yang dimiliki, selama dia berfungsi baik dan awet, maka transmisi itu masih tetap up to date.

saya tidak mementingkan akselerasi dan deselerasi karena saya bukan tipe pengemudi yang agresif.

pada kenyataannya perjalanan di dalam kota, overdrive (gigi 4) jarang sekali dipakai...

jadi punya gigi 5, gigi 6, gigi 7, gigi 8 juga percuma aja kalo situasinya ngga memungkinkan utk digunakan...
thanks opininya oom.... :thanks:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by asudarsono »

+1

AT dgn gigi lebih dari 5 suka kelabakan. Dikit2 pindah gigi. Yg ahlinya di bidang multi - gear ini IMHO baru org Jerman.
Ready to Race
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by zweifellos »

asudarsono wrote:+1

AT dgn gigi lebih dari 5 suka kelabakan. Dikit2 pindah gigi. Yg ahlinya di bidang multi - gear ini IMHO baru org Jerman.
wah baru tau nih. jadi ternyata ada nilai plusnya juga AT 4 gigi dibanding yang 5 gigi.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

jadi...apakah 4 A/T sampe skrg masih banyak digunakan produsen krn punya karakter yg smooth..??? :ungg: :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by Abu2 »

yang susah kalo AT nya Kijang...

sebenarnya cuma ada 3 gigi (4AT) dan 4 gigi (5AT) ,

karena kijang, tiada duanya... :upss:
:ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

gimana kalo mobil pake gigi manusia ya? ada 32 gigi?? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by mintblue »

sebelum OOT tambah parah, dikembalikan ke jalurnya ya... :big_weee:

jadi dah cukup puas belum oom Jalu ttg 4 A/T ini?

ato jgn2 nanya2 4 A/T mau ambil mobil baru ya?
avanza 1.300 ato xenia matic? :big_peace: