Test drive new City, Spec RS Matic.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

Leonhearts wrote:Mengenai honda mengatakan mengikuti harga dolar itulah akalan2 aja dimana dunia harga mobil cenderung turun karena permintaan turun akibat dari krisis global, atpm indonesia dan HMI sebagai pionernya menaikkan harga mobil yang kualitasnya dibawah standar mobil di dunia...

Yang saya tidak suka dari mobil honda indonesia adalah audionya.. Tidak pernah honda indonesia mengeluarkan audio yang asli head unit dari honda.. Sebenarnya city, jazz,, civic, crv yang di malay, thai maupun singapore menggunakan head unit integrasi dari honda tetapi di Indonesia dicopotin digunakan head unit after market dan dicopotin audio steering wheelnya...Mungkin untuk spec down atau mencari keuntungan gede... biarpun dah specdown harganya juga lebih mahal dari yang thailand puny...

Dengan 260 juta apa sih yang bisa dipamerin dengan honda new citynya....Civic mid sedan 2.0 harganya hampir 400jt...... crv 2.4 harganya 370jt dan 2.0 344jt padahal plastik murahan dan fiturnya minim...Mengenai reliability honda, mesin honda dulu lebih bagus dari yang sekarang pnya...
Saya gak akan komen ttg reliability atau fitur2nya mobil honda yg diclaim lebih jelek dari pesaingnya deh, cuma mao klarifikasi aja ttg HPM/ATPM Honda indo yg katanya akal2an (yg konotasinya adalah "menipu") naikkin harga mobil karena faktor dollar:

Terlepas dari positioning harga mobil honda yg biasanya memang sedikit lebih mahal dari merek jepang lainnya (maksudnya saya gak mao bahas pantes atau engganya city dibanderol 260jt), secara realitas memang nilai tukar Rp udah jauh merosot dibanding setahun lalu. Dan Nilai Tukar ini berpengaruh langsung thd produksi sebuah mobil di Indonesia.....apalagi ini mobil masih CBU dari Thai yg pasti ketergantungan thd USD sangat tinggi.
Walaupun diimport dari Thai, tapi Honda Indo pasti melakukan transaksi pake USD, bukan Baht.
Dan jangan lupa jg bahwa semenjak akhir tahun lalu sampe sekarang, produsen2 mobil lain jg pelan2 mulai menaikkan harga jual mobilnya sehingga sekarang beda harga mobil2 mereka gak begitu terpaut jauh dengan harga mobil Honda.

Nah, tapi kenapa tetep aja harga (atau kenaikkan harga) city di Indo lebih mahal (atau lebih tinggi) daripada di negara2 tetangga termasuk Thai?(pertanyaan bro lionhearts diatas):
Kalo cuma diliat dari sisi nilai tukar aja (saya yakin banyak faktor2 lain), Mungkin jawaban dasarnya adalah karena nilai tukar mereka gak tergerus sedalam IDR (Rupiah) kalo dibandingkan USD karena mungkin fundamental ekonomi mereka lebih baik dari kita.
Kita ambil contoh aja dari negara2 yg disebut diatas: Singapore, Malaysia, Thailand dibandingkan dengan Indonesia
Singapore:
Maret 08: 1USD = 1.4 SGD
Maret 09: 1 USD = 1.5 SGD
Depresiasi: 7.14%

Malaysia:
Maret 08: 1USD = 3.2 MYR
Maret 09: 1 USD = 3.6 MYR
Depresiasi: 12.5%

Thailand:
Maret 08: 1USD = 31.6 THB
Maret 09: 1 USD = 35.3 THB
Depresiasi: 11.7%

Indonesia:
Maret 08: 1USD = 9100 IDR
Maret 09: 1 USD = 12000 IDR
Depresiasi: 31.9%

Semua kurs 2008 & 2009 diatas adalah per senin pertama bulan maret di kedua tahun.

Kalo diliat diatas, maka lonjakan harga yg harus dibayar oleh Honda Indonesia untuk biaya2 yg berhub dengan City adalah hampir 3x lipat dari lonjakan harga yg harus dibayar oleh Honda Thai. Jadi kayaknya menaikkan harga mobil karena faktor nilai tukar itu bukanlah cuma "akal akalan" aja. :mrgreen:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by mpvlover »

Bedain Honda asli, produksi Jepang (CBU) dgn Honda asean (produksi Thai dan Kerawang).

Odyssey dan CRV gen satu itu JDM, interior soft plastic etc. Paling ketara antara produk JDM vs asean, misal dr door handle bagian dalam mobil. Silakan buktikan accord punya vs Odyssey.

Mau bukti lg? ada IU tuh yg jualan New Fit. Cobain deh masuk, duduk and rasain bedanya dgn sodaranya yg rakitan Kerawang
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

mpvlover wrote:Bedain Honda asli, produksi Jepang (CBU) dgn Honda asean (produksi Thai dan Kerawang).

Odyssey dan CRV gen satu itu JDM, interior soft plastic etc. Paling ketara antara produk JDM vs asean, misal dr door handle bagian dalam mobil. Silakan buktikan accord punya vs Odyssey.

Mau bukti lg? ada IU tuh yg jualan New Fit. Cobain deh masuk, duduk and rasain bedanya dgn sodaranya yg rakitan Kerawang

That's why CBU beda 50 jt I'd say that worthed...

Saya juga yang miris sama kualitas CKD..

Masalahnya banyak yang kaga percaya mas..

:roll:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by evolution21 »

saya sebelumnya blom pernah liat ni yg jazz cbu

tapi kira-kira bisa disamakan tidak dengan perbandingan seperti swift cbu dan ckd?
kalo ini saya dah ngerasain sendiri, bedanya jauh banget
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by GTR »

naldo wrote:Masukkan gigi dan jalan. Kena polisi tidur daerah rumah saya, saya merasakan suspensi yang stiff.
at least biar bro naldo ga rasa mual dan mau muntah2 kalo test drive mobil..... :mrgreen: :big_peace:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by GTR »

selain honda, produk global dari ATPM toyota kan juga udah bukan cbu dari Jepang yah.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Leonhearts »

GTR wrote:head unit honda yg integrated (in-dash) juga bukan asli dari honda, cuma beda casing/kulitnya aja, ga ketahuan merk apa, yg jelas bukan panasonic & fujitsu-ten secara ini yg dipake toyota (termasuk yg model in-dash nya).

Model DIN size maupun in-dash sama2 diproduksi oleh pabrik2 "head unit after market" dan ada keunggulan dan terutama penggemar nya masing2.
Masing2 model casing tersebut ada yg varian pake fitur audio steering control, tinggal mau model yg bisa dijadikan sebagai fitur standar di indo atau ngga.

kayanya "after market head unit" kenwood nya itu kelas maupun kualitasnya bukan yg abal2.

atau juga memang mestinya sekalian paddle-shift nya dicopot diganti steering audio control kalo buat market indo, sepertinya mainan di setir ini memang lebih "menjual" daripada susah2 bikin paddle-shift seperti yg sama buat market luar, maybe gara2 keputusan dari prinsipalnya.
All new civic di Malaysia head unit sudah integrasi ada paddle shift dan juga audio steering wheel so bisa diaplikasikan bersama2.. ... Crv juga head unit integrasi dan ada audio steering wheel.. Saya liat oddysey indonesia sudah dashboardnya cakep2 eh liat ke audio ga pake yang integrasi dan ga ada audio steering wheelnya jadi keliatan jelek....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by GTR »

memang bisa diaplikasikan bersama2 bro; paddle kan di belakang setir.
spec (fitur) tiap negara berbeda2 maybe ga ada yg sama persis, di negara lain bisa jadi juga ada yg tanpa audio steering control.
terjadi karena minat konsumennya yg beragam & yg ditawarkan ATPM dari masing2 negara itu.
naldo

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Mual sih belom kerasa bos GTR. Kan belom di bawa ke tol bandara(biar ngetes sama kaya camry), kalo agak pelan mobilnya kaku kena jalan bumpy, itu udah tanda kurang enak sebenernya...

Saya keep natural yah disini. Tidak compare dengan rival2 lainnya. Biar tidak terjadi ke-bias-an dalam menilai sebuah mobil.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Leonhearts »

Risol1 wrote:
Leonhearts wrote:Mengenai honda mengatakan mengikuti harga dolar itulah akalan2 aja dimana dunia harga mobil cenderung turun karena permintaan turun akibat dari krisis global, atpm indonesia dan HMI sebagai pionernya menaikkan harga mobil yang kualitasnya dibawah standar mobil di dunia...

Yang saya tidak suka dari mobil honda indonesia adalah audionya.. Tidak pernah honda indonesia mengeluarkan audio yang asli head unit dari honda.. Sebenarnya city, jazz,, civic, crv yang di malay, thai maupun singapore menggunakan head unit integrasi dari honda tetapi di Indonesia dicopotin digunakan head unit after market dan dicopotin audio steering wheelnya...Mungkin untuk spec down atau mencari keuntungan gede... biarpun dah specdown harganya juga lebih mahal dari yang thailand puny...

Dengan 260 juta apa sih yang bisa dipamerin dengan honda new citynya....Civic mid sedan 2.0 harganya hampir 400jt...... crv 2.4 harganya 370jt dan 2.0 344jt padahal plastik murahan dan fiturnya minim...Mengenai reliability honda, mesin honda dulu lebih bagus dari yang sekarang pnya...
Saya gak akan komen ttg reliability atau fitur2nya mobil honda yg diclaim lebih jelek dari pesaingnya deh, cuma mao klarifikasi aja ttg HPM/ATPM Honda indo yg katanya akal2an (yg konotasinya adalah "menipu") naikkin harga mobil karena faktor dollar:

Terlepas dari positioning harga mobil honda yg biasanya memang sedikit lebih mahal dari merek jepang lainnya (maksudnya saya gak mao bahas pantes atau engganya city dibanderol 260jt), secara realitas memang nilai tukar Rp udah jauh merosot dibanding setahun lalu. Dan Nilai Tukar ini berpengaruh langsung thd produksi sebuah mobil di Indonesia.....apalagi ini mobil masih CBU dari Thai yg pasti ketergantungan thd USD sangat tinggi.
Walaupun diimport dari Thai, tapi Honda Indo pasti melakukan transaksi pake USD, bukan Baht.
Dan jangan lupa jg bahwa semenjak akhir tahun lalu sampe sekarang, produsen2 mobil lain jg pelan2 mulai menaikkan harga jual mobilnya sehingga sekarang beda harga mobil2 mereka gak begitu terpaut jauh dengan harga mobil Honda.

Nah, tapi kenapa tetep aja harga (atau kenaikkan harga) city di Indo lebih mahal (atau lebih tinggi) daripada di negara2 tetangga termasuk Thai?(pertanyaan bro lionhearts diatas):
Kalo cuma diliat dari sisi nilai tukar aja (saya yakin banyak faktor2 lain), Mungkin jawaban dasarnya adalah karena nilai tukar mereka gak tergerus sedalam IDR (Rupiah) kalo dibandingkan USD karena mungkin fundamental ekonomi mereka lebih baik dari kita.
Kita ambil contoh aja dari negara2 yg disebut diatas: Singapore, Malaysia, Thailand dibandingkan dengan Indonesia
Singapore:
Maret 08: 1USD = 1.4 SGD
Maret 09: 1 USD = 1.5 SGD
Depresiasi: 7.14%

Malaysia:
Maret 08: 1USD = 3.2 MYR
Maret 09: 1 USD = 3.6 MYR
Depresiasi: 12.5%

Thailand:
Maret 08: 1USD = 31.6 THB
Maret 09: 1 USD = 35.3 THB
Depresiasi: 11.7%

Indonesia:
Maret 08: 1USD = 9100 IDR
Maret 09: 1 USD = 12000 IDR
Depresiasi: 31.9%

Semua kurs 2008 & 2009 diatas adalah per senin pertama bulan maret di kedua tahun.

Kalo diliat diatas, maka lonjakan harga yg harus dibayar oleh Honda Indonesia untuk biaya2 yg berhub dengan City adalah hampir 3x lipat dari lonjakan harga yg harus dibayar oleh Honda Thai. Jadi kayaknya menaikkan harga mobil karena faktor nilai tukar itu bukanlah cuma "akal akalan" aja. :mrgreen:
harga all new city di thailand OTR 524.000 - 694.000 bath... Yang masuk ke Indonesia itu varian yang rendah yang sudah specdown sana sini (ga ada foglamp, retracable mirror, jok kulit, head unit yang lebih standar dan ga ada audio steering wheel, belum lagi yang ga ketahuan) dan yang pasti masuk ke Indonesia harga Off the road yang dihitung bukan on the road lalu afta 5% saja .... hitung aja harga termahal 694.000 / 35.3 bath = 19.660 dollar 19.660 x 12.000 = 235jt... 235 itu sudah varian tertinggi di Thailand tidak sebanding dengan 260jt yang ga ada apa2nya CMIIW...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Leonhearts »

GTR wrote:memang bisa diaplikasikan bersama2 bro; paddle kan di belakang setir.
spec (fitur) tiap negara berbeda2 maybe ga ada yg sama persis, di negara lain bisa jadi juga ada yg tanpa audio steering control.
terjadi karena minat konsumennya yg beragam & yg ditawarkan ATPM dari masing2 negara itu.
Sebenarnya bukan masalah minat konsumen tetapi masalahnya atpm mau memberi lebih atau tidak dengan harga honda sekarang yang membungbung tinggi...

Sebagai contoh aja di Thailand harga lancer 2.0 dan civic 2.0 ga jauh beda tetapi di Indonesia civic 2.0 390jt dan lancer 2.0 345jt dan beda 45jt... dan Lancer yang masuk CBU utuh dan tidak ada specdownnya sedangkan yang honda civic, audio sudah di specdown, di thai integrasi dan berkelas + audio steering wheel dan velg sudah 18 sedangkan Indo 16inch...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

Ternyata banyak juga yg sentimen sama Honda, padahal semua ATPM ada "cela" nya - namanya juga org dagang. BMW specdown, Mercedes specdown, Ford dan Nissan yg jual produk generasi lama bertahun tahun (Focus, Terrano, Serena ampe berapa tahun tuh), Toyota juga specdown, Chevrolet yg dateng tim ginsengnya.

Sistem pajak dan situasi kurs Indonesia lain dari Thailand atau negara lain. Kurs kita jeblok lebih jauh, resiko anjlok lagi pun lebih jauh. Daya beli rakyat kita pun dibawah Thailand, Malaysia, etc.

So yang merasa mampu beli mobil CBU....ya silahkan toh ambil JDM Civic - ini bukan jaman Orde Baru lagi....cuman anak pejabat dan sekitarnya yg boleh beli CBU. Kita semua boleh beli CBU asal ada duit.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by DOHC »

hehehe, bro fortunerman, sbenernya kalo spek down itu emang uda umum di beberapa merek, cuman mungkin merek2 lain itu harga nya ga "sgila" honda, istilahnya, merek2 lain lebi "tau diri" dalam mematok harga, bukan cuman sekedar menjual nama besar doank lantas bisa seenak nya pasang harga setinggi langit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Leonhearts »

DOHC wrote:hehehe, bro fortunerman, sbenernya kalo spek down itu emang uda umum di beberapa merek, cuman mungkin merek2 lain itu harga nya ga "sgila" honda, istilahnya, merek2 lain lebi "tau diri" dalam mematok harga, bukan cuman sekedar menjual nama besar doank lantas bisa seenak nya pasang harga setinggi langit
setuju..... Lagian saya punya honda all new civic tetapi ga gitu suka ama kebijakan HMI biarpun dengna harga baru yang lebih tinggi saya bisa jual mobil gw lebih tinggi lagi....

Sebenarnya bukan sentimen tetapi kasihan.... dengan daya beli orang Indonesia dibawah orang malaysia dan thailand tetapi harga mobil indo lebih mahal
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by mandala1 »

Hi..hi..hi... gue bilang mah HONDA HEBAT!!!
Kenapa? Padahal banyak yg ga suka, katanya design-nya aneh, katanya plastiknya murahan lah, katanya harganya setinggi langit lah!
Tapi???? Tetep aja LAKU... He..he...
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

mandala1 wrote:Hi..hi..hi... gue bilang mah HONDA HEBAT!!!
Kenapa? Padahal banyak yg ga suka, katanya design-nya aneh, katanya plastiknya murahan lah, katanya harganya setinggi langit lah!
Tapi???? Tetep aja LAKU... He..he...
Reputation for reliability. Dan ini earned reputation, bukan cap stempel aja. Mau bilang design aneh atau kaya mobil cewe, reliability gak bisa bohong dan bukan masalah selera. Saya juga gak doyan design Honda, tapi semua orang suka mobil yg bandel, gak ada org yg suka mobil rewel masalah aneh2.

Kaya lingkaran aja - orang mau beli Honda mahal karena santai aja resalenya bagus. Pembeli bekas lebih yakin beli tangan kedua ketiga gak ada masalah besar yg terjadi, jadi kendaraan Honda banyak dicari. Bukan lingkaran setan namanya...lingkaran harga mahal :P
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

Leonhearts wrote:harga all new city di thailand OTR 524.000 - 694.000 bath... Yang masuk ke Indonesia itu varian yang rendah yang sudah specdown sana sini (ga ada foglamp, retracable mirror, jok kulit, head unit yang lebih standar dan ga ada audio steering wheel, belum lagi yang ga ketahuan) dan yang pasti masuk ke Indonesia harga Off the road yang dihitung bukan on the road lalu afta 5% saja .... hitung aja harga termahal 694.000 / 35.3 bath = 19.660 dollar 19.660 x 12.000 = 235jt... 235 itu sudah varian tertinggi di Thailand tidak sebanding dengan 260jt yang ga ada apa2nya CMIIW...
Postingan saya ttg nilai tukar kurs diatas bukan mao membuktikan bahwa harga city pantes/tidak untuk dibanderol 260 jt, tapi cuma mao memaparkan fakta bahwa waktu honda menaikkan harga mobilnya karena alasan dollar, itu bukan alasan yg "akal-akalan". Susah jg pengusaha kita (Indo) kalo belum jualan aja udah harus rugi sebesar 31% karena nilai tukar. Nah kalo udah gini kan solusi yg paling viablenya pasti naikkin harga barang, walupun resiko sales turun.

Juga tujuan kedua postingan saya diatas juga mao menunjukkan bahwa beban pengusaha indo karena krisis nilai tukar ini hampir 3 kali lipatnya beban pengusaha thai.
Spt kita tau bahwa dalam menentukan harga sebuah mobil kan bukan cuma "Harga jual = Harga Bahan baku + Labor + Profit" saja, tapi lebih spt ini "Harga jual = Harga Bahan baku + Labor + Biaya Lain2 + Profit".
Nah, biaya lain2 apa aja sih yg mungkin harus ditanggung oleh pengusaha sini (dalam kasus ini HPM dan kasus honda city nya) dibanding ATPM Honda Thai, yg berhub dengan nilai tukar?
1. Mungkin biaya freight (pasti ngitungnya jg pake dollar)
2. Insurance freight tsb dari mulai mobil keluar dari pabrik Thai sampe masuk gudang HPM (bukan gudang dealer lho) disini. Ini jg pake dollar pastinya.
3. Biaya produksi lain2 spt:
3a. Biaya marketing yg pake dollar: contoh kadang2 desain iklan2 marketing di design oleh team luar negeri yg bayarnya pake dollar.
3b. Proses inspeksi akhir city di HPM yg mungkin pake peralatan/teknologi2 yg dibeli dari asing.
3c. Biaya labor dalam dollar untuk pekerja2 expat HPM di proyek city ini.
3d. Mungkin aja ada bbrp accessoris yg harus ditambahkan ke city indo sebelum dijual (emblem, atau part2 lain)
4. Biaya yg menyangkut policy perush spt:
4a. Mungkin aja HPM selaku ATPM Honda punya policy yg mengharuskan city juga menyumbang keuntungan untuk menutupi biaya depresiasi line2 produksi/mesin2/investasi2 teknologi/prasarana2 yg dipakai untuk membuat (men-CKD) produk2 Honda yg lain. Yg depresiasi tsb dihitung dalam dollar karena pembelian mesin juga originally pasti dalam dollar dan biasanya masih belum lunas/masih lease yg dibiayai oleh leasing asing.
4b. Pajak afta 5% itu kan juga dihitung dalam USD.

Nah kalo kita liat sebagian contoh biaya aja (saya yakin pasti masih ada biaya lain yg saya gak tau) yg mesti ditanggung HPM:
Untuk no 1 dan 2 Honda Thai gak ada biaya sama sekali, sedangkan Untuk no 3 dan 4, tanggungan Honda Indo karena merosotnya nilai tukar adalah sebesar hampir 3x lipat tanggungan Honda Thai. Nah mungkin perbedaan biaya inilah yg membuat Honda indo harus menjual produknya lebih mahal dari Honda Thai (yg loaded pula).

Nah jadi terlepas dari apakah nilai city wajar dibanderol 260 jt?, saya gak mao masuk ke topik tsb karena udah ada threadnya sendiri dan setiap orang punya pendapat masing2, tapi disini saya cuma mao memaparkan bukti bahwa costnya Honda Indo lebih besar dari Honda Thai untuk menjual city ini. Walaupun gak tertutup kemungkinan jg bahwa Honda Indo ternyata ngambil untung lebih besar dari Honda Thai.....dalam hal ini kita engga ada yg tau kecuali bocoran orang dalem honda/auditor honda indo.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

AD74YA wrote: That's why CBU beda 50 jt I'd say that worthed...

Saya juga yang miris sama kualitas CKD..

Masalahnya banyak yang kaga percaya mas..

:roll:
evolution21 wrote:saya sebelumnya blom pernah liat ni yg jazz cbu

tapi kira-kira bisa disamakan tidak dengan perbandingan seperti swift cbu dan ckd?
kalo ini saya dah ngerasain sendiri, bedanya jauh banget
hehehe....Bukannya gak percaya bro, tapi karena engga semua orang bisa ngerasain mobil CBU JDM, jadi kalo ada data2 atau testi yg mendetail ttg perbedaan JDM dgn CKD sini ya boleh tolong dishare. :thanks:
Juga soalnya menurut informasi dari bbrp atpm, mereka selalu claim bahwa CBU JDM dan CKD itu sama saja, cuma beda tempat perakitannya. Malahan menurut bbrp sumber dari Suzuki, part2/materialnya swift/SX4 ckd aja kebanyakan masih BU semua. Soalnya kan kalo ATPM yg ngomong semestinya bisa lebih dipercaya daripada cuma dari testimoni kasus per kasus perorangan aja.

Karena kalo kasus perorangan itu lebih banyak dipengaruhi oleh sugesti (atau feeling) pemakainya. misal kalo ada 2 pemilik swift CBU dan CKD, tapi pemilik CBU tinggal di daerah yg jalanannya mulus2, sedangkan yg CKD tinggal di daerah sebaliknya. Maka pada waktu Swift CKD mulai bunyi2 di kaki2nya, yang disalahin adalah CKD-nya, padahal gaya mengemudi dan lingkungan sekitar jg berpengaruh.....hehehehe.....tapi mungkin jg saya salah :mrgreen:

TAPI kalaupun sampe jepang memproteksi barang mereka dengan kualitas no 1 dan luar jepang mendapat kualitas no 2, ya kita engga bisa salahin ATPM honda/suzuki di Indonesia dong karena mereka terbentur dengan policy pabrikan. Pengen sih bawa ke sini kualitas no1 nya jepang, tapi apa daya gak memungkinkan. Soalnya yg saya perhatiin di US, UK, Australia, kalo kita ambil contoh mobil civic aja deh, sama aja kualitasnya (at least yg kasat mata).....bedanya cuma fitur2 yg disebutkan sama bro lionheart kaya in dash stereo, dll......yg sebenernya gak berhub dengan degradasi kualitas barang tsb spt yg dikeluhkan oleh bro evo21 atau AD74YA)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

GTR wrote:selain honda, produk global dari ATPM toyota kan juga udah bukan cbu dari Jepang yah.
kalo kelas alphard, crown, previa....mungkin jg masih CBU jepang kali bro
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

DOHC wrote:hehehe, bro fortunerman, sbenernya kalo spek down itu emang uda umum di beberapa merek, cuman mungkin merek2 lain itu harga nya ga "sgila" honda, istilahnya, merek2 lain lebi "tau diri" dalam mematok harga, bukan cuman sekedar menjual nama besar doank lantas bisa seenak nya pasang harga setinggi langit
Sebenernya kan kalo policy harga itu bergantung ke ATPM masing2......mao harga berapapun kan sebenernya terserah ATPM. Kalo ketinggian biarlah pasar yg akan memberi penalti (sales turun). Keliatannya gak adil buat konsumen, tapi jangan lupa bahwa merek gak cuma satu. Kita bebas beli merek apa saja. Nah inilah power kita sebagai penyeimbang power produsen dalam menentukan harga sehingga tercipta ekuilibrium yg berbeda2 untuk tiap2 merek. Ya mungkin Honda punya harga ekuilibrium cukup tinggi dalam hal ini :mrgreen:

Jalan satu2nya untuk membalik kondisi ini adalah naikkan/tunjukkan power kita sebagai konsumen alias boycott.
jangan beli produk honda sama sekali dan liat:
1. Kalo honda turunin harga: berarti selama ini ngeruk keuntungan gede.
2. Kalo honda cabut dari indo: berarti emang costnya gede jadi kalo harga turun gak untung.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by datsu »

AD74YA perasaan bia memaparkan banget bedanya kualitas JDM ama CKD yah? secara Fit nya JDM n City nya CKD kan? wakakakak...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
naldo

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Repot d kalo begini, maenannya CBU semua. heheheh...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by asudarsono »

Jadi harga Honda harusnya berapa dong. Kalau bisa semurah mobil Cina sih aku sepakat banget. Lebih sepakat lagi kalau harga Ferrari California bisa seharga mobil QQ
Ready to Race
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by mandala1 »

asudarsono wrote:Jadi harga Honda harusnya berapa dong. Kalau bisa semurah mobil Cina sih aku sepakat banget. Lebih sepakat lagi kalau harga Ferrari California bisa seharga mobil QQ
Wadooh... Kalo ferrari jadi seharga QQ,honda jadi apa dunk?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by asudarsono »

Honda jadi Hondalah, masak jadi Saab.

Aku bingung soalnya pada ngomong Honda kemahalan, tadinya mau tanya, harusnya berapa?

Tapi sebetulnya pertanyaan tersebut susah dijawab. Mungkin solusinya sih yg logis aja : kalau Honda kemahalan ya jangan beli. Banyak merk yg lain. Kalau kita berargumen bahwa kita loyal kepada Honda sejak dulu, lha masalahnya Honda loyal ama kita nggak?
Ready to Race