Keluhan Grand Vitara

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Mau sharing aja nih, dari beberapa kali percobaan dengan gear ratio grand vitara :

Gigi satu jalan max sampai 20 km/jam sebelum terasa getar
Gigi dua jalan max sampai 40 km/jam sebelum terasa getar
Gigi tiga jalan max 50-60 km/jam sebelum terasa getar
Gigi empat jalan max sampai 80-90 km/jam sebelum terasa getar
Dia atas itu kudu pindah gigi 5 agar mobil ndak terlalu getar...

Tadi aku baca Nissan Grand Livina bisa jalan sampai 130 km/jam di gigi 4 (dari 6 gigi), hebat bener yah...


Rgds
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

id-grand-vitara wrote: Klo bisa nge-remap ECU aku juga pengen eh, .. paling tidak biar ada autolock klo mobil uda berjalan, masih sering kelupaan kunci pintu ni...
pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

piterr wrote:
id-grand-vitara wrote: Klo bisa nge-remap ECU aku juga pengen eh, .. paling tidak biar ada autolock klo mobil uda berjalan, masih sering kelupaan kunci pintu ni...
pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....
Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)
aghirman
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jun 29, 2007 9:45

Post by aghirman »

id-grand-vitara wrote:Mau sharing aja nih, dari beberapa kali percobaan dengan gear ratio grand vitara :

Gigi satu jalan max sampai 20 km/jam sebelum terasa getar
Gigi dua jalan max sampai 40 km/jam sebelum terasa getar
Gigi tiga jalan max 50-60 km/jam sebelum terasa getar
Gigi empat jalan max sampai 80-90 km/jam sebelum terasa getar
Dia atas itu kudu pindah gigi 5 agar mobil ndak terlalu getar...

Tadi aku baca Nissan Grand Livina bisa jalan sampai 130 km/jam di gigi 4 (dari 6 gigi), hebat bener yah...


Rgds
Iya nih Nissan emang bener-bener mempromosikan GL dengan gila-gilaan, entah yg dipromosi itu benar apa enggak, nggak tahu deh. Baca aja review Autobild soal "Liga Irit", gimana GL 1.5, katanya bisa sampe 36,4 km/l di jalan tol. Apa enggak gendheng itu?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

id-grand-vitara wrote:
piterr wrote:
id-grand-vitara wrote: Klo bisa nge-remap ECU aku juga pengen eh, .. paling tidak biar ada autolock klo mobil uda berjalan, masih sering kelupaan kunci pintu ni...
pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....
Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)
punya temen gw koq bisa pake alarm juga ya? tapi emang kudu diaktifkan pake remote tersendiri sih
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

piterr wrote:
id-grand-vitara wrote:
piterr wrote: pasang alarm nya ori suzuki aja bro... bisa auto lock tuh.....
Uda aku tanyain ke bengkel, katanya untuk GV - JLX tidak bisa pasang ori suzuki karena uda ada intelligent key. Mereka bilang, desainer Suzuki jepang cuma mikir agar jangan sampai mobilnya dicuri (immobilizer, genius key), thus, ndak mikir gimana caranya agar barang-barang di dalam mobil aman (autolock dan alarm)
punya temen gw koq bisa pake alarm juga ya? tapi emang kudu diaktifkan pake remote tersendiri sih
Mungkin alarmnya bukan Ori suzuki, pakai produk aftermarket
oon04
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jul 09, 2007 5:35

Post by oon04 »

sama tuh g jg enek bgt kl jalan lupa kunci pintunya , tp kyk g blg sebelumnya ini mobil yahud bgt dr tongkrongannya aja g demennnnnnn abiss apalagi skrg udah mulai biasain naik boil ini maklum sblmnya sedan jd rada kagok buat 1kali bw ini gv , oops sorry jd sharing bw boil nih..hehehe ,
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

id-grand-vitara wrote:Dapat info, di suzuki dewi sartika uda ada GV manual yang overhaul transmisi manual (Km baru 1000), gigi 1 dan 2 diganti dengan yang lebih rapat (rasio-nya sama, tapi design antar giginya lebih rapat). Hasilnya lumayan, suara ngayun pas pedal gas dilepas cukup teredam (katanya),.... Untuk gigi mundur belum diutak-atik, jadi masih berisik...

Kapan ya Indomobil me-release official recall untuk GV manual ? (biar paket-nya komplit gitu, ganti gigi 1, gigi 2, gigi mundur dan cover ECU)
.

Buat yang concern dengan kasus transmisi manual GV, baik yang uda punya GV maupun yang baru berencana beli GV, ada informasi Bengkel Suzuki Dewi Sartika mau ada acara konsultasi dan juga review atas mobil GV yang uda di-overhaul transmisinya. Waktunya hari Sabtu, tanggal 4 Agustus Jam 10 pagi. Saya ndak bisa hadir berhubung ada acara penting. Mohon yang bisa hadir sharing hasilnya...
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Post by xtr40rd1n4rym4n »

ada yg bisa share review yg dimaksud bung id-grand-vitara?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

xtr40rd1n4rym4n wrote:ada yg bisa share review yg dimaksud bung id-grand-vitara?
Nampaknya mobil rekan yang sudah diganti gigi 1, gigi 2 dan shaft transmisinya masih memunculkan bunyi-bunyian di daerah transmisi, uda ada perbedaan, tapi masih bermasalah. Akhirnya mobil itu malah dibawa ke pabrik tambun oleh bengkelnya.... hmm.. kayaknya bakal berlarut-larut nih... harapanku, kalau memang unit-unit yang bermasalah adalah factory defect, hanya terjadi pada sebagian unit yang diproduksi, maka tinggal ganti unit transmisi akan beres. Tapi kalau problem itu emang berasal dari desain produk transmisi yang jelek, nampaknya perlu riset yang lama untuk menemukan solusi yang reliable...

Rgds
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Post by xtr40rd1n4rym4n »

apakah masalah ini cuman berpengaruh pada GV manual aja bung id-grand-vitara??
apakah yg matic aman2 aja??

thanks.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

id-grand-vitara wrote:
xtr40rd1n4rym4n wrote:ada yg bisa share review yg dimaksud bung id-grand-vitara?
Nampaknya mobil rekan yang sudah diganti gigi 1, gigi 2 dan shaft transmisinya masih memunculkan bunyi-bunyian di daerah transmisi, uda ada perbedaan, tapi masih bermasalah. Akhirnya mobil itu malah dibawa ke pabrik tambun oleh bengkelnya.... hmm.. kayaknya bakal berlarut-larut nih... harapanku, kalau memang unit-unit yang bermasalah adalah factory defect, hanya terjadi pada sebagian unit yang diproduksi, maka tinggal ganti unit transmisi akan beres. Tapi kalau problem itu emang berasal dari desain produk transmisi yang jelek, nampaknya perlu riset yang lama untuk menemukan solusi yang reliable...

Rgds
hik's setuju banget nih gw.... sama kasus di sx4, gw jg berharap yang terjadi di mobil gw dan temen2 yg lain cuma factory defect, kalo emang desainnya yang salah wuiiiih, bisa bisa lama risetnya.... sampai sekarang aja masih blm ada kabar dari suzuki, yang dibilang cuma baru diriset di jepang, halaah jepang dari hongkong..... kalo diriset di jepang seharusnya mereka sudah punya blue print desain mesin nya lengkap, termasuk program ECU buat indo, lawong mobil ini CBU. seharusnya gak lama mereka nemuin nya. gw pernah coba email lewat milis swift ttg maslah ini ke pak Bebin, jawaban nya sih masih riset. capeee deeech..... sorry OOT nya kepanjangan
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Kita istirahat dulu dengan keluhan-2 pada Grand Vitara. Marilah kita menyaksikan video clip dari Grand Vitara 2 pintu yang disiapkan oleh pe Rally dari Jerman untuk menerjang lintas alam.

http://metatrox.net/modules/news/
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=

masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Dari Solo ke Oslo
Image
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

€lj€p€ wrote:Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=

masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....

Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.

BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

id-grand-vitara wrote:
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....

Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.

BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
Manual ada juga tapi juarang banget... udah pernah ke http://tsukubird.org/index.html , belum ?
memang sebetulnya orang membeli Suzuki karena 4x4 nya... (defaultnya 4x4)

Syukur deh... bulan puasa ini ada hikmahnya.... Jadinya di Suzuki Pondok Indah, salam untuk pak Basiran...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

id-grand-vitara wrote:
€lj€p€ wrote:Kelihatannya masalah pada GV ini hanya terjadi di Ina.... kalau lihat video clip-2 di you tube ini... mereka semua ok-2 banget.
http://www.youtube.com/watch?v=7Ks6aqbb ... ed&search=
http://www.youtube.com/watch?v=uV-4uYpK ... ed&search=

masih kecil aja sudah dapat hadiah GV....
http://www.youtube.com/watch?v=Ts6nFeNk ... ed&search=
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....

Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.

BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
selamat yah... :P
Image
User avatar
Greget
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Sep 20, 2007 7:15
Location: Jakarta, Indonesia

Post by Greget »

Trus gimana nih. Aku udah bisa kasih DP ngga buat nih GV

Kemaren sempet test drive di Suzuki Kelapa Gading pake yang Manual, tapi enak enak aja tuh.
Cuma dengan harga 230 jeti yang AT, kalo kualitas jok aja ngga bener, kayanya mikir lagi nih ....

Ada yang punya pengalaman ngga bandingin ni GV sama Innova G atau V?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Post by Abu2 »

Greget wrote:Trus gimana nih. Aku udah bisa kasih DP ngga buat nih GV

Kemaren sempet test drive di Suzuki Kelapa Gading pake yang Manual, tapi enak enak aja tuh.
Cuma dengan harga 230 jeti yang AT, kalo kualitas jok aja ngga bener, kayanya mikir lagi nih ....

Ada yang punya pengalaman ngga bandingin ni GV sama Innova G atau V?
aku pake innova G , pake GV JX jg.
BBM = lebih boros innova
suspensi = lebih lembut innova, tp kalo kencang jd oleng
peredaman = GV lebih senyap
GC = innova lebih rendah
AC = GV ada climate control
REM = GV pake ABS + EBD
HP & Torsi = gak jauh beda, torsi lebih besar GV
dll lah..

kalo pendapat pribadi ku, vote for GV..puas luar dalem, kalo ada ketidak puasan , minor lah...masih bisa disolusikan.

thanks
naldo

Post by naldo »

Btw, sekarang para2 orang yang membeli atau memesan GV, apakah masih inden?
Btw, bung eijiepe, filmnya bagus. Apalagi yang trans mongol itu. Btw, jangan pada liat porsche cayenne nya y... Gak sebanding... whaahha
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Post by Abu2 »

bbrp waktu lalu iseng main ke showroom, sepertinya untuk bbrp warna ( grey, purple) masih inden hanya 1 mingguan. untuk warna yg lain kayaknya ready stock. Oh ya..ini untuk di kota BDL

thanks
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

€lj€p€ wrote:
id-grand-vitara wrote:
Siapa yang mau kasih kado aku GV yah pas ulang tahun nanti... ihik-ihik....

Diliat dari putaran roda depan, nampaknya GV yang ada di klip offroad itu model 4 wheel drive semua, selain itu, denger-denger GV tipe manual hanya ada di indo, di jepang sendiri ndak ada (CMIIW), jadi mungkin di luaran emang masalah transmisi manual tidak terdengar.

BTW, kemaren BeRes PI uda telpon aku, mereka akhirnya bisa mendapatkan transmisi baru buat GV-ku, satu gelondong mau diganti, bukan diganti parts-nya aja seperti opsi semula, lumayan lah, jadi dapat transmisi yg masih perawan...
Manual ada juga tapi juarang banget... udah pernah ke http://tsukubird.org/index.html , belum ?
memang sebetulnya orang membeli Suzuki karena 4x4 nya... (defaultnya 4x4)

Syukur deh... bulan puasa ini ada hikmahnya.... Jadinya di Suzuki Pondok Indah, salam untuk pak Basiran...
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.

Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

id-grand-vitara wrote:
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.

Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
Wah gawat nih.... sebagai sesama pemilik mobil Suzuki, saya ikut berduka.... Transmisi M/T nya outsourced dari mana sih.. ambil dari Aisin San bukan? Jangan-2 dari negara yang masih coba-2 buat Transmisi.

Kalau ganti matic, mungkin banyak yang harus diganti seperti radiator, ECU dsb... jadi lebih baik ya ganti unit mobil yang A/T.

Kelihatannya harus tingkat pak Gunadhi Sindhuwinata yang di jewer hehehheeee...mungkin harus melalui Perkumpulan Alumni Jerman (PAJ) sounding ke beliau.
Dari Solo ke Oslo
Image
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

€lj€p€ wrote:
id-grand-vitara wrote:
Senin lalu uda ke bengkel pondok indah, ganti transmisi dari siang sampai sore menjelang buka puasa... namun hasilnya masih sama saja saudara-saudara... hiks, nampaknya saya dapat transmisi gelondongan yang jeroannya belum diganti, jadi ndak ada bedanya ama transmisi sebelumnya, malah terkesan lebih parah.... hggghhh....
Lagi minta pak Basiran ngetrace history transmisi baru ini, apakah transmisi baru yang uda diganti jeroannya atau transmisi jatah unit produksi biasa.

Kebetulan beberapa hari lalu sales yang ngejual mobil ini telpon, saya tanya aja sekalian, dulu katanya waktu jualan masalah transmisi cuma ada di unit-unit produksi awal, nyatanya sampai sekarang masih banyak yang komplain masalah ini (di milis-milis GV)... ada segambreng kali yang komplain... Kalau tidak ada solusi yang efektif dan efisien dari indomobil, saya minta ganti unit transmisi matic aja daripada berkepanjangan. Nambah selisih harga ndak papa (231 - 219=12 jeti), lebih dari itu no way...
Wah gawat nih.... sebagai sesama pemilik mobil Suzuki, saya ikut berduka.... Transmisi M/T nya outsourced dari mana sih.. ambil dari Aisin San bukan? Jangan-2 dari negara yang masih coba-2 buat Transmisi.

Kalau ganti matic, mungkin banyak yang harus diganti seperti radiator, ECU dsb... jadi lebih baik ya ganti unit mobil yang A/T.

Kelihatannya harus tingkat pak Gunadhi Sindhuwinata yang di jewer hehehheeee...mungkin harus melalui Perkumpulan Alumni Jerman (PAJ) sounding ke beliau.
Kayaknya sih buatan jepang juga, tapi bisa jadi third party gitu lah, wong ban GV aja katanya masih import (CKD).

Untuk ganti matic emang rada rumit, apalagi unitnya saya beli dengan leasing yang melibatkan asuransi dll, Tapi daripada dapat barang bobrok, ya gimana lagi.....saya pernah punya mobil yang usianya udah belasan tahun dan transmisinya belum pernah di-overhaul, tapi suaranya masih jauh lebih halus ketimbang transmisi brand new GV ini,... mirip banget ama transmisi angkot yang telat ganti bearing, kalau jalanan macet sampai ndak tega buat ngegas/ngerem, jadinya sering diklakson ama mobil di belakang gara-gara telat respon pas mobil depan uda jalan
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

id-grand-vitara wrote:
Kayaknya sih buatan jepang juga, tapi bisa jadi third party gitu lah, wong ban GV aja katanya masih import (CKD).

Untuk ganti matic emang rada rumit, apalagi unitnya saya beli dengan leasing yang melibatkan asuransi dll, Tapi daripada dapat barang bobrok, ya gimana lagi.....saya pernah punya mobil yang usianya udah belasan tahun dan transmisinya belum pernah di-overhaul, tapi suaranya masih jauh lebih halus ketimbang transmisi brand new GV ini,... mirip banget ama transmisi angkot yang telat ganti bearing, kalau jalanan macet sampai ndak tega buat ngegas/ngerem, jadinya sering diklakson ama mobil di belakang gara-gara telat respon pas mobil depan uda jalan
Iya lah... saya juga pakai '93 Vitara dan baru dijual '06 yll... tidak pernah ada masalah. Padahal sering saya pakai Off-Road... ganti kopling juga biasa saja tidak terlalu heboh misalnya terlalu sering / karena bunyi-2....

Pada edisi pertama, pelek GV juga masih CBU..kalau ada yang punya... bisa ditimbang beratnya... edisi awal jauh lebih ringan.... (info ini saya dapat dari toko ban lho... bukan riset saya) hehheheheee...
Dari Solo ke Oslo
Image