(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

Ya pak, besok kalo pas mampir di Hyundai Parts Dealer Jln Pahlawan Surabaya, ta tanyain ketersediaan dan harganya supaya bisa dapat gambaran. Tar saya uploadkan disini ato PM deh.
Btw, kalo mo lihat Santi saya ada disini nih: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... n&start=25
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

p imsus
wah santi nya cakep banget bin mulus lagi apalagi ada yang joget di blakang mobilnya
oh yaa ntar ku upload juga santiku, tapi malu nah masih culun pisan

wah abis ada sedikit bencana nih ama santiku
barusan sore ane ke PIM2, pas mau pulang mobil kustart dan kira2 3 menit ane jalanin sebab ada mobil lain mau pake tempat parkir ane, jadi cepet kluar tempat parkir tp pelan2 dan mesin trasa gak ada pisan tenaganya, pas nanjak kluar gedung juga gitu aduh bikin malu aja ame mobil di blakang dan gak mau gas kecil trus brebet, apa sebabnya ? apa karena kurang panas mesin sudah dijalanin ?
kira2 ada 200 m mesin mati dan tenaga gak ada seperti yang lalu itu ane alami lagi
lagi saya minggir dan saya matikan mesin kira2 1 menit dan saya start lagi tapi masih aja gak ada tenaga dan ngempos skali
trus aku paksa aja jalan trus masuk tol, bener2 abis tuh tenaga, boyot skali, hanya bisa 80 kpj tapi susah banget, tapi ane penasaran dan inget thread yg pernah sy baca

tapi kira2 10 km ane brenti di pinggir tol lalu mesin dimatikan
lalu kunci kontak pd posisi ON, mesin mati, ane injak rem sampe pol kira2 1 mnt dan terdengar pintu2 pada mengunci otomatis seperti biasanya
kemudian posisi ACC sekitar 30 detik, mesin saya start lagi dan alhamdulillah mesin langsung mak nyuuuuus dan bisa diajak lari seperti biasanya dan tenaga kembali normal, saat itu posisi bensin ada setengah natara E dan F, jadi tidak abis bensinya, sebab klo dekat E bisa aja kerak tangki pada naik
wah kira-kira apa yaaa penyebabnya ?
trik yang pernah sy baca sebelumnya, ternyata ampuh deh yi thread 125 detik
mohon pencarahan nih
klo gini terus ane jadi was2 aja deh ama si santi ini, apalagi lagi bawa mantan pacar dan anak2
mereka pada ngledekin kok jadi nakutin nih mobil, gak kayak carnival kmrin mak nyuuus trus terus, no problems.
mohon bantuan lagi neh
salam
bobi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Mar 22, 2008 11:41

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by bobi »

Pilihanku, proved toiring Jakarta Bali without problem, the Great BLAZER !!

Bobi.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

hallo kang bobi
emang betul ane pernah mau beli blazer, tp kegedean kayaknya lebih gede dr carnivalku, emang macho gitu tp santiku juga macho kok, menurutku, makanya ane pilih santi, yaaa biasa masih blm kenal ama santi, jadi yaa gitu deh, slalu minta pencerahan ama yg lain
bro bobi pasti gitu juga kan ama blazernya sebab mobl tdk ada yg sempurna apalagi sekond spt punyaku
syukur deh klo blazermu dah fiiit
saya harap santi juga gitu klo dah diberesin mesin dan sdh dinormalin kondisinya
emang ane pengen touring ke jatim tapi blum ada waktu, skalian pulkam
mau test drive gitu looo, tp nunggu fiit dulu tuh boil
tks bro
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

inoz wrote:bung tonie dan imsus
klo lagi ke toko hyundai tolong mbok yaa ditanyakan tentang asesoris yang ingin saya tambahkan ke santiku seprti foglamp, roofrail dan roof rack, tanduk, talang air dan lamp ketiga blakang, apa ada sein pd kaca spion
berapa harganya biar saya ada gambaran tuk nambah barang2 tersebut, trutama siapin duitnya
klo pesen p imsus dimana ? di Beres or toko hyundai biasa
suwun bantuannya
Pak Inoz, ini dari list-nya 'Hyundai Parts Dealer Surabaya", jadi barang ori (genuine body parts):
1. Foglamp 1 set (kanan+kiri) = Rp. 1.172.000,-
2. Roof Rail 1 set (kanan+kiri) = Rp. 1.840.000,-
3. High-mount Stop Lamp (lampu rem ke-3) = Rp. 265.000,-
4. Side Moulding/fender/garnish 1 set (kanan+kiri) = Rp. 1.654.000,-

Untuk Roof Rack, Tanduk, Talang dan Mirror+turn sign (spion+sein) saya blum dapat, maaf. Kemungkinan harus custom-made alias cari2 di toko aksesoris. Kalo cuman spion standard tanpa lampu sign 1 set (kanan+kiri) kira-kira Rp.2 jutaan. Coba pak Inoz cek langsung ajah ke HMI Jakarta, ada kok website-nya: http://indonesia.hyundai-motor.com/
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

inoz wrote:p imsus
wah santi nya cakep banget bin mulus lagi apalagi ada yang joget di blakang mobilnya
oh yaa ntar ku upload juga santiku, tapi malu nah masih culun pisan

wah abis ada sedikit bencana nih ama santiku
barusan sore ane ke PIM2, pas mau pulang mobil kustart dan kira2 3 menit ane jalanin sebab ada mobil lain mau pake tempat parkir ane, jadi cepet kluar tempat parkir tp pelan2 dan mesin trasa gak ada pisan tenaganya, pas nanjak kluar gedung juga gitu aduh bikin malu aja ame mobil di blakang dan gak mau gas kecil trus brebet, apa sebabnya ? apa karena kurang panas mesin sudah dijalanin ?
kira2 ada 200 m mesin mati dan tenaga gak ada seperti yang lalu itu ane alami lagi
lagi saya minggir dan saya matikan mesin kira2 1 menit dan saya start lagi tapi masih aja gak ada tenaga dan ngempos skali
trus aku paksa aja jalan trus masuk tol, bener2 abis tuh tenaga, boyot skali, hanya bisa 80 kpj tapi susah banget, tapi ane penasaran dan inget thread yg pernah sy baca

tapi kira2 10 km ane brenti di pinggir tol lalu mesin dimatikan
lalu kunci kontak pd posisi ON, mesin mati, ane injak rem sampe pol kira2 1 mnt dan terdengar pintu2 pada mengunci otomatis seperti biasanya
kemudian posisi ACC sekitar 30 detik, mesin saya start lagi dan alhamdulillah mesin langsung mak nyuuuuus dan bisa diajak lari seperti biasanya dan tenaga kembali normal, saat itu posisi bensin ada setengah natara E dan F, jadi tidak abis bensinya, sebab klo dekat E bisa aja kerak tangki pada naik
wah kira-kira apa yaaa penyebabnya ?
trik yang pernah sy baca sebelumnya, ternyata ampuh deh yi thread 125 detik
mohon pencarahan nih
klo gini terus ane jadi was2 aja deh ama si santi ini, apalagi lagi bawa mantan pacar dan anak2
mereka pada ngledekin kok jadi nakutin nih mobil, gak kayak carnival kmrin mak nyuuus trus terus, no problems.
mohon bantuan lagi neh
salam
Saya pernah punya temen di forum internet ginian yg punya masalah seperti pak inoz. Kemungkinannya sih banyak, kalo dari segi mekanikal, kemungkinan ruang bakar/silinder-nya sudah berkerak. Pada suatu titik, kerak itu lepas dan menutup klep yg di TMA (titik mati atas), jadi meskipun silinder bergerak, tapi tenaga ngempos. Coba bersihkan ruang bakarnya...termasuk busi2 dan kelistrikannya. Kalo ada dana lebih, sekalian turun setengah mesin untuk porting+polish seperti yg saya tulis sebelumnya, dari situ ketahuan kerak2nya... Lagian porting+polish ngga rugi kok...bisa nambah tenaga 10%-15%...lumayan buat yg hobby ngebut. Jadi kalo bensinnya masih lebih setengah, ya bukan dari kerak bensin tapi dari kerak ruang bakar. Timbulnya kerak diruang bakar salah satunya bisa akibat BBM tidak bagus, olie yg tidak bagus atau sering gonta-ganti merk dll...

Kalo dari segi elektris, Kemungkinan ada socket yang "nge-fong" (saya ngga tahu deh bahasa teknisnya, pokoknya artinya ada yg konslet gitu loh...). Yang harap diingat, mesin-nya Santi tuh termasuk mesin "panas" suhu kerjanya (bisa dilihat dari rasio kompresinya), efek jeleknya, kabel2nya tidak seawet mesin "dingin". Perhatikan hal ini kalo pak Inoz ingin ganti busi performa (misalnya busi iridium), sesuaikan tipe busi dengan temperatur kerja mesinnya.
Kalo baca cerita diatas, dengan terapi 125 bisa normal lagi, kemungkinan memang dari kelistrikannya. Saya biasanya 1 bulan sekali, socket2 saya buka/copot, trus saya bersihkan dengan contact cleaner termasuk MAF-nya. Hati2 waktu buka socket, soalnya karena terpapar suhu panas, biasanya jadi getas. Kalo ngga mau repot, bisa ke bengkel (nggal perlu BeRes) kok, dicek ulang, dibersihkan sekaligus dikasih sealant supaya ngga bocor.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

bobi wrote:Pilihanku, proved toiring Jakarta Bali without problem, the Great BLAZER !!
Bobi.
inoz wrote:hallo kang bobi
emang betul ane pernah mau beli blazer, tp kegedean kayaknya lebih gede dr carnivalku, emang macho gitu tp santiku juga macho kok, menurutku, makanya ane pilih santi, yaaa biasa masih blm kenal ama santi, jadi yaa gitu deh, slalu minta pencerahan ama yg lain
bro bobi pasti gitu juga kan ama blazernya sebab mobl tdk ada yg sempurna apalagi sekond spt punyaku
syukur deh klo blazermu dah fiiit
saya harap santi juga gitu klo dah diberesin mesin dan sdh dinormalin kondisinya
emang ane pengen touring ke jatim tapi blum ada waktu, skalian pulkam
mau test drive gitu looo, tp nunggu fiit dulu tuh boil
tks bro
Yah...kalo case per case memang susah ya...apalagi used stuffs, kita ga tahu "track record" previous owner-nya.

So far, santi saya juga sudah very much battle proven. Sudah sering saya ajak touring (sebenarnya bukan touring, tapi untuk kerja/PP :lol: ), rute Semarang - Solo - Purwodadi - Cepu - Bojonegoro - Lamongan - Babad - Jombang - Mojokerto - Surabaya, balik lagi ke Mojokerto - Nganjuk - Ngawi - Solo - Semarang. Pokoknya sekali jalan 800an KM dan rutenya pun tidak manusiawi... :mad: , sebulan bisa 1-3x PP, bener-bener disiksa habis deh :roll: . Kalo lewat jalur Cepu - Blora - Bojonegoro, yg saya lewati tu jalur alat beratnya Pertamina (tambang minyak blok Cepu).
Sekali-kali saya coba dikit2 buat off road di hutan dan lahan bekas bulldozer (seperti yg saya uploadkan di thread isi angin nitrogen pada ban mobil), meskipun hal ini juga tidak saya anjurkan, soalnya Santi kan termasuk SUV banci...4x2 FWD. Jadi sudah ta coba semuanya...medan aspal maupun tanah.... Sejauh ini Santi belum pernah mengecewakan saya... 8)

Terakhir kali touring sebelum dibongkar mesinnya (7 Feb 08): Semarang - Solo - Ngawi - Kertosono - Mojokerto - Lawang - Nongkojajar - Puncak Penanjakan - Bromo - Malang - Mojokerto dan berakhir di bengkel OMS Surabaya hehehe..... 8) Muatan 5 orang dewasa, kondisi hujan kabut dan longsor. Sedihnya, dengan rute tsb apalagi saat naik penanjakan/bromo...BBMnya cuman dapet 1:6 (pake pertamax).

Kalo ketangguhan kaki2 dan konstruksi, blazy emang lebih tangguh, apalagi dengan sistem RWD pasti lebih "tahan" dibanding tipe FWD. Dan material body-pun Blazy emang lebih baik.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by poeticmind »

@bro inoz : cek pm. thx.
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by uch »

sorry, nyela dikit.

Buat Om Mods saya usul supaya title threads ini diubah aja. Kalo sekarang, kesan nya masih masalah komparasi mobil. Jadi nya member yg baru ngikutin masih komen ttg komparasi tsb. Sebenarnya gpp, tapi kalo liat perkembangan threads ini, lebih cocok kalo "blazer" dan "carens" nya dihapus. jadi lebih fokus ke Santa Fee. Itu pun kalo disetujui... :D
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

bro imsus
thank banget infonya, saya bisa siapin dana tuk pasang perlengkapan asesoris santiku
ternyata betul tuh santimu sudah diajak malang melintang
wah saya mau coba tuh naik ke bromo lewat pananjakan paker santi
minggu lalu ane ke bromo tapi pake motor

bro poeticmild tks pmnya
ane minat banget priksaiin saantiku, smoga anda punya waktu
klo gak kasih aja bro alamat bengkelnya, ntar saya ke sana sendiri

betul usulan klo topiknya diganti, tapi emang awalnya perbandingan mobil, tapi yg lain pada gak komentar lagi tuk bandingin mobil blazer dan carens, jadinya yaaa hanya ngarah ke satu jenis mobil yi santa fe
sorry deh sebab saya yang banyak nanyak
thank pak mods
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by poeticmind »

@bro uch and all : actually bisa saja diganti, tapi thread ini dibuka oleh bro edl_076 , so saya tidak bisa sembarang ganti judul thread... nanti saya kabari lebih lanjut ya...

thanks!
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

uch wrote:sorry, nyela dikit.
Buat Om Mods saya usul supaya title threads ini diubah aja. Kalo sekarang, kesan nya masih masalah komparasi mobil. Jadi nya member yg baru ngikutin masih komen ttg komparasi tsb. Sebenarnya gpp, tapi kalo liat perkembangan threads ini, lebih cocok kalo "blazer" dan "carens" nya dihapus. jadi lebih fokus ke Santa Fee. Itu pun kalo disetujui... :D
Sepuluh...eh, Setuju!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by uch »

Bro Imsus2c and others,

SELAMAT BUAT RUMAH BARU NYA ...!!!

Lets say thanks to bos Tomcat and crews... :D
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Thanks All.... :thanks:
akhirnya....punya rumah sendiri setelah sekian lama bertamu kesana-sini.... :lol:
Ayo...ditunggu kunjungannya.... :e-dance:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

hahahaha! request : pic update... mesin dan interior. :D
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by uch »

Sama on road report nya. Signifikan nggak improvement nya.. ?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

sabar pak.... :) sabar om.... :)
mesinnya masih di re-assembly kok...habis tu masih harus running/driving test sama bengkelnya dolo sebelum serah terima.
Btw...tu kan engine dapat dikatakan overhaul (50% komponen diganti, yg masih utuh bawaan lamanya paling blok mesin ajah). Pak mekanik sih saranin harus pake ritual "break in period" (reyen...bener ga sih penulisannya...?) minimal 2000KM sebelum boil dipake "normal" 8)

Please advice nya dong, gimana sih treatment engine break-in yg bener....? Thanks....

:beer:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

engine break, pemakaian normal saja mas imsus... maksudnya jangan di bejek dulu, itu saja... ga ada perlakuan khusus. hehehehe! kalo mau, mas imsus bisa jalan2 keluar kota... normal speed tapinya... , mungkin ke bandung? saya tunggu lho... ntar kita ngopi bareng. :)
Image
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

alhamdulillah'akhirnya aku bisa tempati rumah baru tuk di santi smoga tambah banyak aja ini threadnya tuk group santi

mas imsus walah-walah ampir berese deh tuh santinya slamat yaaa en renyennya

tuk bro poeticmild sorry banget, baru bs OL lagi abis beberapa hr lg sibuk dan nunggu hasil test santi tuk beberapa hari sebelum report di forum ini, biar krasa dulu
setelah dimasukkan ke bengkel spesialis mitsu di bdg Yaitu Streetquest di jln peta depan carrefour Mollis
santiku jadi mantap tenan dan gak pernah ada masalah lagi seperti tenaga ngempos dsb,
seperti saran semuanya, setelah discan mesinnya lalu ane ganti bahan bakarnya dengan pake pertamax, sampe skarang
dan hasil emang beda, trus ane coba ukur konsumsi bahan bakarnya ternyata dapat 1 : 10 kira2 , dua kali ane ukur, lumayanlah sepertinya emang jadi lebih irit dipemakaian, tapi yaaa agak mahal dikit harga pertamaxnya,
gak apa2 ane puas deh dan mesin jadi lebih sehat
seminggu kemarin ane beberapa kali pulang balik jakarta bandung
ane test drive minggu pagi2 buta dimana lalin masih sepi di tol cileunyi, aduh bisa ngacir ampe 170 kpj di trek lurus dan mantap pisan, gak oleng, stabil dan mak nyuuus,
sebab saat itu ane didim trus ama swift di belakang, trus ane minggir ke jalur kirin, lalu ane geber aja, ternyata dia ketinggalan di blakng trus ane menghilang di buah batu.
pokoknya betul saran para bro sebelumnya bahwa tuk speed engine santi sebaiknya dibawa aja ke bengkel ahli mitsu seperti santi pak imsus yang hampir selesai diopname.
thak bro poeticmild salam juga tuk personel streetquest
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:engine break, pemakaian normal saja mas imsus... maksudnya jangan di bejek dulu, itu saja... ga ada perlakuan khusus. hehehehe! kalo mau, mas imsus bisa jalan2 keluar kota... normal speed tapinya... , mungkin ke bandung? saya tunggu lho... ntar kita ngopi bareng. :)
Iya sih...tapi ada yg bilang malah harus di-akselerasi/deselarasi drastis, ada yg bilang harus pake oli mesin kental tapi ada yg bilang harus pake yg encer, ada yg harus bilang harus sering masuk rpm tinggi ada yg bilang cukup di "peak torque" (sekitar 4000an) aja...wah jadi bingung nih, soalnya beda pendapatnya benar2 kontras....
Please sharing lagi dong, kalo bisa dengan alasan/argumen teknisnya knapa harus begitu.
:thanks:

Btw, boleh ga masa break ini langsung dipake jalan jauh (sekali jalan), misalnya mo ta bawa Surabaya-Solo-Semarang (sekitar 350-375km) non-stop? Trus boleh ga dinaikin full penumpang+sopir (5 orang dewasa)?
:thanks:

:beer:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:alhamdulillah'akhirnya aku bisa tempati rumah baru tuk di santi smoga tambah banyak aja ini threadnya tuk group santi

mas imsus walah-walah ampir berese deh tuh santinya slamat yaaa en renyennya

tuk bro poeticmild sorry banget, baru bs OL lagi abis beberapa hr lg sibuk dan nunggu hasil test santi tuk beberapa hari sebelum report di forum ini, biar krasa dulu
setelah dimasukkan ke bengkel spesialis mitsu di bdg Yaitu Streetquest di jln peta depan carrefour Mollis
santiku jadi mantap tenan dan gak pernah ada masalah lagi seperti tenaga ngempos dsb,
seperti saran semuanya, setelah discan mesinnya lalu ane ganti bahan bakarnya dengan pake pertamax, sampe skarang
dan hasil emang beda, trus ane coba ukur konsumsi bahan bakarnya ternyata dapat 1 : 10 kira2 , dua kali ane ukur, lumayanlah sepertinya emang jadi lebih irit dipemakaian, tapi yaaa agak mahal dikit harga pertamaxnya,
gak apa2 ane puas deh dan mesin jadi lebih sehat
seminggu kemarin ane beberapa kali pulang balik jakarta bandung
ane test drive minggu pagi2 buta dimana lalin masih sepi di tol cileunyi, aduh bisa ngacir ampe 170 kpj di trek lurus dan mantap pisan, gak oleng, stabil dan mak nyuuus,
sebab saat itu ane didim trus ama swift di belakang, trus ane minggir ke jalur kirin, lalu ane geber aja, ternyata dia ketinggalan di blakng trus ane menghilang di buah batu.
pokoknya betul saran para bro sebelumnya bahwa tuk speed engine santi sebaiknya dibawa aja ke bengkel ahli mitsu seperti santi pak imsus yang hampir selesai diopname.
thak bro poeticmild salam juga tuk personel streetquest
Wah...syukurlah pak Inoz...Santi-nya bisa diajak sprint & marathon lagi....
Tapi jangan suka ngebut loh pak, personal opinion nih hehehe.... (meski santi-nya enak diajak begituan). Boil-nya lebar, besar dan tinggi....apa ga ngeri tuh kalo speeding terutama untuk fast-cornering?

Oya...santi-nya diapain aja tuh disana? sharing dong?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

begini mas imsus, akselerasi itu boleh2 saja tapi bukan tiba2 (one shoot), sebaiknya jangan dulu... pemakaian oli kental agar aman saja... jadi si empu mobil meskipun bejek gas, ada pengamanan (efek ke tenaga berat)... sebaliknya oli encer, agar si empu mobil tidak usah bejek gas... cukup tempel gas, mobil ringan..tapi control jangan sampai akselerasi one shoot.
nah... mana kira2 yg mas mau pilih? itu terserah kepada mas...

masa break in ga masalah dipakai jauh... malah bagus, karena akan memberi irama yg seimbang pada mesin... istilahnya seperti joging. beban tidak menjadi masalah, asal sesuai dengan kemampuan rekomendasi setiap mobil. asal dibawah kapasitas maksimum, silahkan saja... mesin tidak akan ngomel...

jadi sebenernya bukan argumen, mas... tapi pilihan saja, kalo saya biasanya memakai oli biasa dulu (tidak perlu yg bagus), selama 2-3kali recommend penggantian oli, baru memakai oli yg 'oke'. setiap hari ada ritual jalan2 keliling2 kota, maksudnya sekalian checking up jika ada keanehan di mesin or apa saja yg ganjil bisa langsung ditangani...
hal2 lain yg perlu di cek setelah overhaul: seal packing set, air radiator (berkurang atau tidak) + water pump, dinamo + kelistrikan, throttle body (sensor), AC, CO, dan temperatur mesin.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

@mas inoz : sami sami, matur suwun sanget... bisa ngobrol dan sharing minggu kemaren. monggo mas, jika ada kekurangan ditungggu di bengkel lagi. sms saja, saya temani... :)
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:begini mas imsus, akselerasi itu boleh2 saja tapi bukan tiba2 (one shoot), sebaiknya jangan dulu... pemakaian oli kental agar aman saja... jadi si empu mobil meskipun bejek gas, ada pengamanan (efek ke tenaga berat)... sebaliknya oli encer, agar si empu mobil tidak usah bejek gas... cukup tempel gas, mobil ringan..tapi control jangan sampai akselerasi one shoot.
nah... mana kira2 yg mas mau pilih? itu terserah kepada mas...

masa break in ga masalah dipakai jauh... malah bagus, karena akan memberi irama yg seimbang pada mesin... istilahnya seperti joging. beban tidak menjadi masalah, asal sesuai dengan kemampuan rekomendasi setiap mobil. asal dibawah kapasitas maksimum, silahkan saja... mesin tidak akan ngomel...

jadi sebenernya bukan argumen, mas... tapi pilihan saja, kalo saya biasanya memakai oli biasa dulu (tidak perlu yg bagus), selama 2-3kali recommend penggantian oli, baru memakai oli yg 'oke'. setiap hari ada ritual jalan2 keliling2 kota, maksudnya sekalian checking up jika ada keanehan di mesin or apa saja yg ganjil bisa langsung ditangani...
hal2 lain yg perlu di cek setelah overhaul: seal packing set, air radiator (berkurang atau tidak) + water pump, dinamo + kelistrikan, throttle body (sensor), AC, CO, dan temperatur mesin.
Ok deh..advice taken...
soalnya melihat kesibukan saya, agak susah buat ngehabisin yg 2000km itu loh... maunya sih mo ta pinjem-pakaikan sama temen buat test drive/engine break ini, tapi ya agak ngeri juga mo instruksi ke dia harus pake cara gimana.

ayo - ayo...dibuka lowongan test driver untuk engine break in ...hehehehe.................j/k

perkiraan, boil serah terima tgl 5, 6 atau 7 besok, rencananya, paling mo ta kasih mesran/fastron yg 20-50W, bbm tetep pertaplus, trus bawa jalan2 sehari 50-75an Km lewat rute dalkot padat dan di hari minggu depan (tgl 13 April) mo ta coba mendaki di gn.penanjakan/bromo (2700 Mdpl) muat 4 orang termasuk driver. Gimana nih, ok ngga bang poetic?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by poeticmind »

hahahaha! oke oke... sebenernya dipakai tiap hari sudah cukup lho...
pilihan oli sudah mantap, mas... bbm oke, dan ke bromo pun tidak masalah... karena perjalanan dari sby sudah cukup utk memberi latihan pada mesin. pas nanjak di bromo ga masalah... menimbang, mesin mas imsus lebih besar dibanding sebelumnya, jadi pasti tidak ada kendala waktu menanjak.

oya ada baiknya, setelah pulang dari bromo langsung ganti oli lagi...
Image