Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bibieight wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 4:22
Nah itu oom bener, mangkanya Hyundai taruh pricing di 800an juta kan ?, pasti yg beli mobilnya lebih dr satu, dan pasti banyak jg yg punya mobil non-mainstream macam baling2 biru, subie, mazdut, bahkan Wuling jg gt, pricingnya kan bener2 diatas harga benernya, jd memang target marketnya bener2 buat early adopters, sekalian buat baca profil pemakaiannya, buat roll out infrastructure seperti apa, profitability sharing di value chainnya seperti apa…..
Saya juga ndak bisa mbayangin kalo tahun ini juga LCGC dilistrikkan dan dijual < 200 juta, dengan profil pemakai LCGC yg yagitudehancurleburtotal bisa2 ada cerita orang bacok2an rebutan charger, terus banyak kejadian pada nyoloknya pake nyantol kabel listrik, terus batere setaun ancur gara2 cas 100% pakai sampai 0% tiap hari…. …..
Kayaknya sih jalan 2-3 taun, dgn data 1% mobil yg beredar dah EV rasa2nya dah bisa diekstrapolasikan dr pola pemakaiannya baik di sisi ATPM, provider infrastructure dll, untuk bikin business model yg bener, nah nantinya yg pegang data ini yg bisa untung besar… .
Kl kita perhatikan kit charger 7kW, SPKLU, meteran listrik rumah, itu semua dah nyambung internet ke server PLN lho…., ndak tau kl trafo2nya sih….
Wkwkwkwk antri spbu aja ada yang ribut, ini antri spklu sekali cas 1 jem, apa gak ribut ntar kaum emak emak versus emak emak, apalagi pas mudik
Turboman wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 4:54
Sampaikan ke bapak ini
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.
Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.
- CUT -
..... Simpan mobil piston anda, akan jadi barang antik.........
Tenang aja om 2035 masih lama si opung taun segitu emang masih jabat umur die berapa latah doank sama eropa bilang 2035.
Kl bilangnya masih 2035 artinya msh bisa revisi ampe kiamat dulu jg bilangnya 2020 apa 2025 terus gak berani kan
ChZ wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 5:01
Wkwkwkwk antri spbu aja ada yang ribut, ini antri spklu sekali cas 1 jem, apa gak ribut ntar kaum emak emak versus emak emak, apalagi pas mudik
Tenang aja om 2035 masih lama si opung taun segitu emang masih jabat umur die berapa latah doank sama eropa bilang 2035.
Kl bilangnya masih 2035 artinya msh bisa revisi ampe kiamat dulu jg bilangnya 2020 apa 2025 terus gak berani kan
ohhh di amrik mah ud sering rebutan charger mah
susah om apalagi logistik
opung lagi halu sama ngelawak sama aja tuh sama opung di gedung putih kena penyakit delusional akut........
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.
Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.
- CUT -
..... Simpan mobil piston anda, akan jadi barang antik.........
"CHANGE"
banyak emang yg udh nyaman yg reject soal CHANGE..
even T*y*t* yg awal nya denial skrg malah serius garap EV ( pabrik batere ev mrk lagi dibuat di salah kota di jabar ) dan.. lagi siapkan 30 model ev
hingga 2030
so ? ... kita lihat saja lebih lanjut perkembangannya
1000km tapi cuma prototype semua jg bisa bisa aja bikin prototype atau konsep.
Biaya masuk apa engga kan urusan belakang, mo sesumbar bisa 1000km klo biaya produksi gak masuk gimana
China ya punya banyak prototype sportcar listrik, berapa yang jadi masspro? yang bikin berita gak ngerti aja prototype gituan banyak di china tp hampir gak ada yang jadi
ChZ wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 5:55
1000km tapi cuma prototype semua jg bisa bisa aja bikin prototype atau konsep.
Biaya masuk apa engga kan urusan belakang, mo sesumbar bisa 1000km klo biaya produksi gak masuk gimana
China ya punya banyak prototype sportcar listrik, berapa yang jadi masspro? yang bikin berita gak ngerti aja prototype gituan banyak di china tp hampir gak ada yang jadi
mau sesumbar bisa 1000km selalu T&C kayak gini aja
dropnya gak kira2x
padahal kalo cuma bawa 5 manusia bisa 500miles
gimana ntar lori disuruh bawa kontainer belom liat aja di jalan
so ? ... kita lihat saja lebih lanjut perkembangannya
1000km tapi cuma prototype semua jg bisa bisa aja bikin prototype atau konsep.
Biaya masuk apa engga kan urusan belakang, mo sesumbar bisa 1000km klo biaya produksi gak masuk gimana
China ya punya banyak prototype sportcar listrik, berapa yang jadi masspro? yang bikin berita gak ngerti aja prototype gituan banyak di china tp hampir gak ada yang jadi
ev china Neta S udh produksi dan dijual om, silahkan google aja
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.
Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.
- CUT -
..... Simpan mobil piston anda, akan jadi barang antik.........
"CHANGE"
banyak emang yg udh nyaman yg reject soal CHANGE..
even T*y*t* yg awal nya denial skrg malah serius garap EV ( pabrik batere ev mrk lagi dibuat di salah kota di jabar ) dan.. lagi siapkan 30 model ev
hingga 2030
so ? ... kita lihat saja lebih lanjut perkembangannya
Selain infra listrik yg harus d siapkan, jgn lupa dgn pos2 pemadam api d setiap sudut kota jg Om, moblis/motor listrik rawan kebakar ya. D cina yg 4 musim aja sering meledak...kudu hati2 jg. Ane takut sih parkir d sebelah mobil listrik hahah.
twa wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 6:06
ev china Neta S udh produksi dan dijual om, silahkan google aja
beli aja om......
kirain indihe paling parah karena disana std safety rendah tau2x china yang lebih gila2xan
tungguin aja di indo kena 1 - 2 - 3 pasti lsg pada kapok
ac235287 wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 6:13
Selain infra listrik yg harus d siapkan, jgn lupa dgn pos2 pemadam api d setiap sudut kota jg Om, moblis/motor listrik rawan kebakar ya. D cina yg 4 musim aja sering meledak...kudu hati2 jg. Ane takut sih parkir d sebelah mobil listrik hahah.
ini yang bakalan gak bisa kelar di EV mau batrenya bagus kek apa wiringnya belom tentu kuat lama nahan daya listrik gede tinggal soal waktu aja ntar kalo ud berumur pada kebakaran dan teori saya bener pas ngecek fire rate di hybrid
inget majority mobil bensin kebakar itu bukan dari bensin tapi dari electrical dan sumbernya cuma dari aki 12volt ini mau pake mobil dengan listrik ratusan volt tapi bebas kebakaran ngimpi siang bolong
kirain indihe paling parah karena disana std safety rendah tau2x china yang lebih gila2xan
tungguin aja di indo kena 1 - 2 - 3 pasti lsg pada kapok
ini yang bakalan gak bisa kelar di EV mau batrenya bagus kek apa wiringnya belom tentu kuat lama nahan daya listrik gede tinggal soal waktu aja ntar kalo ud berumur pada kebakaran dan teori saya bener pas ngecek fire rate di hybrid
inget majority mobil bensin kebakar itu bukan dari bensin tapi dari electrical dan sumbernya cuma dari aki 12volt ini mau pake mobil dengan listrik ratusan volt tapi bebas kebakaran ngimpi siang bolong
kalo takut ICE dan Ev yg bisa terbakar, mungkin naik sepeda lebih aman om, cuma gosong doank paling kulitnya
masih kecil karena ev populasi sedikit dan banyakan masih baru kenapa saya pake samplenya hybrid yang ud 20thnan beredar karena hybrid sendiri pake batre gede nyaris kayak EV loe tungguin aja noh di china aja ratenya sehari 7 ev kebakaran
dan makin keliatan bahayanya sejak di india moped listrik mulai beredar banyak kejadian ud sampe2x ada dealer abis sama pool mobil abis kadang mereka suka pos motor kebakar di tengah jalan
kalo mau liat contoh indonesia liat aja india stdnya safetynya rendah jd indo gak bakalan jauh2x dari india
kenapa EV fire jadi concern karena susah dimatiin
kalo mobil combustion mau ratenya tinggi masih gampang di matiiin
jadi jgn disamain
lagian tempat recycle batre itu sampe bikin ruang kedap udara biar pas batrenya di remukin gak kebakaran karena oxygennya ud di ilangin
noh liat aja ud jadi bangke 3 minggu aja masih bisa kebakaran ud di padamin eh dia kebakar lagi itulah bahayanya batre
apaan om yang extended range ada genset 1.5liter nya pantes bisa 1100 km
itu F150 LIGHTNING kalo buat towing rangenya drop parah sisa 10-20% dari range biasanya, bukan cuma dia doang HUMMER RIVIAN ud di test hasilnya gak jauh2x dari dia juga rangenya drop parah makannya saya makin curiga cybertruck kagak keluar2x keknya iini masalahnya, kalo keluar dengan kondisi sama bisa lsg di bullly satu jagat
kalo dah gini bayangin mobil semi yang kargonya berton2x kadang angkut tank excavator mau di listrikin apa gak 20km sekali dia ngechasss
makannya sejak liat kek gini saya makin yakin gak bakalan mereka bisa nyingkirin tuh mesin2x diesel dari jalanan
neta ya kayak biasa saya suka ejek di forum bule saya bilang mereka nyembunyiin kegagalan mereka dengan nyebut hybrid EV ud 2 model mobil mereka kek gitu military truck pengganti hummer mereka sebut EV padahal ada genset, sama truk pemadam kebakaran juga mereka sebut EV padahal ada genset
sya cuma lagi nungguin aja the beast dijadiin EV berani kagak tuh kadang kan musti naek air force one and battery itu di pesawat setau saya bukan temen yang baik yang uda2x
twa wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 6:06
ev china Neta S udh produksi dan dijual om, silahkan google aja
beli aja om......
kirain indihe paling parah karena disana std safety rendah tau2x china yang lebih gila2xan
tungguin aja di indo kena 1 - 2 - 3 pasti lsg pada kapok
ac235287 wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 6:13
Selain infra listrik yg harus d siapkan, jgn lupa dgn pos2 pemadam api d setiap sudut kota jg Om, moblis/motor listrik rawan kebakar ya. D cina yg 4 musim aja sering meledak...kudu hati2 jg. Ane takut sih parkir d sebelah mobil listrik hahah.
ini yang bakalan gak bisa kelar di EV mau batrenya bagus kek apa wiringnya belom tentu kuat lama nahan daya listrik gede tinggal soal waktu aja ntar kalo ud berumur pada kebakaran dan teori saya bener pas ngecek fire rate di hybrid
inget majority mobil bensin kebakar itu bukan dari bensin tapi dari electrical dan sumbernya cuma dari aki 12volt ini mau pake mobil dengan listrik ratusan volt tapi bebas kebakaran ngimpi siang bolong
Kalo EV yg asli pabrikan benernya sih ndak terlalu mengkuatirkan, kan mereka sudah ada built in QA di proses internal sama built in QA untuk part2 dari supplier, paling gak sisdurnya tinggal oper dr proses ICE-nya, terus mereka kan juga ada legal liabilities kalo ada apa2 kan. Setidak2nya dari segi probabilitas, kalo pabrikan standarnya six sigma, kan berarti dr sejuta mbledug cuma satu.
Nah, yg perlu dicermati ini yg EV konversian, standarisasi per komponen gimana, standarisasi integrasi antar komponen gimana, komponen2 kritikal apa sudah ada semua. Contoh : kayaknya di Permenhubnya - CMIIW - enggak ada komponen High Voltage Interlock Loop, terus enggak ada max C rating dari batere jk pakai air cooling vs water cooling, dll.. dsb… Terus seberapa ketat proses uji tipenya, jangan sampai gara2 ngeyel nguber EV, sampai maksa konversi tapi malah standarnya loss doll… saya kalo parkir sebelah EV resmi si gak kuatir2 banget, beda perkara kalo sebelah EV konversian, mana ada yg tau standarisasi kabel, batere, kontroller, BMS, sekering2 seperti apa….
Bibieight wrote: ↑Fri Sep 30, 2022 8:50
Kalo EV yg asli pabrikan benernya sih ndak terlalu mengkuatirkan, kan mereka sudah ada built in QA di proses internal sama built in QA untuk part2 dari supplier, paling gak sisdurnya tinggal oper dr proses ICE-nya, terus mereka kan juga ada legal liabilities kalo ada apa2 kan. Setidak2nya dari segi probabilitas, kalo pabrikan standarnya six sigma, kan berarti dr sejuta mbledug cuma satu.
Nah, yg perlu dicermati ini yg EV konversian, standarisasi per komponen gimana, standarisasi integrasi antar komponen gimana, komponen2 kritikal apa sudah ada semua. Contoh : kayaknya di Permenhubnya - CMIIW - enggak ada komponen High Voltage Interlock Loop, terus enggak ada max C rating dari batere jk pakai air cooling vs water cooling, dll.. dsb… Terus seberapa ketat proses uji tipenya, jangan sampai gara2 ngeyel nguber EV, sampai maksa konversi tapi malah standarnya loss doll… saya kalo parkir sebelah EV resmi si gak kuatir2 banget, beda perkara kalo sebelah EV konversian, mana ada yg tau standarisasi kabel, batere, kontroller, BMS, sekering2 seperti apa….
susah om itu kabel2x tua aja kalo kelas global aja gak ada std buat ngontrol jgn kan EV mobil bensin aja emang pernah ada jadwal ganti wiring ya mungkin di combustion listrik cuma 12volt resiko konsleting kecil biarpun banyak kejadian, cuma kalo di EV itu sih ngeri tinggal tunggu waktu aja sampe sekarang belom ada kesadaran aja ntar kalo dah sering sih liatin aja lagian kebakaran EV belakangan kan selalu yang di tuduh lsg batre gak pernah tau kalo biang sebenernya juga bisa jadi dari kabel konsleting juga
seru juga liat BYD kebakar apalagi ada yang kelap kelip sambil nembakin kembang api
Kalo dari segi hardware bisa diliat mana yg memang bener2 lembiru:
Ini punya Elon Musk :
Ini punya Rivian:
Ini punya Hyundai, battery pack-nya :
Terus ini jeroan per modul battery pack-nya :
Dari sini aja ketauan sapa yg memang niat bikin jebakan betmen…. ….. Mangkanya Rich Rebuilds itu jadi pahlawan, bisa bikin betul Tesla model lama, tapi kalo yg baru baterenya dicor gitu ya gak yakin jg Rich Rebuild bisa bikin betul….. Ini baru hardwarenya, belum softwarenya, kayak iPhone aja, tiap ada OTA bacaan kapasitas battery dikurangin apa enggak hanya Elon Musk aja yg tau….
Bibieight wrote: ↑Sat Oct 01, 2022 2:36
Dari sini aja ketauan sapa yg memang niat bikin jebakan betmen…. ….. Mangkanya Rich Rebuilds itu jadi pahlawan, bisa bikin betul Tesla model lama, tapi kalo yg baru baterenya dicor gitu ya gak yakin jg Rich Rebuild bisa bikin betul….. Ini baru hardwarenya, belum softwarenya, kayak iPhone aja, tiap ada OTA bacaan kapasitas battery dikurangin apa enggak hanya Elon Musk aja yg tau….
menurut saya ud paling bener sistem module bagi 5 jadi gak berat sekali ganti cuma kalo di total sih jadi lebih mahal kek tesla 20.000 jadi 25.000 belom itung labour kalo kena 5x
kalo maen bongkar pack ganti per lipo bisa2x ntar tiap berapa bulan bolak balik abis di ongkos kerja sama waktu
kalo emang niat gak nyari cuan harusnya bikin universal aja modelnya lagian macem frunk mendingan jadiin tempat batre jadi kasih 3 batre 12volt, main sama backup yang bisa langganan pakenya model ginian
taro di frunk 2-6 buat backup jd kalo misalnya butuh cepet gak usah charging tapi swap lumayan kalo dapet 100km
ini malah swap battery bongkar chasis saya bilang ide sangat bodoh
Last edited by b0ku on Sat Oct 01, 2022 3:02, edited 2 times in total.
Turboman wrote: ↑Sat Oct 01, 2022 1:26
Satu hal yg saya amati dari pengembangan EV dan fitur sistem kontrol nya
Pabrikan mobil akan lebih mudah menerapkan "Planned Obsolence" thd produk mobil EV
* Opini pribadi aja *
Disclemer
Planned obsolence :
ya apalagi kebanyakan mocin kita skrg akan dari china krn si opung akrab bgt sama china
udah pengalaman dikibulin powerbank 10.000 mAh dipake bentar udah kosong masa gak belajar
makanya gw ada bilang kan, ICE tuh industry standard bilang kita musti ganti tahun kelima, padahal klo kita skrg liat mobil yang umurnya 20 tahunan yang rusak apa sih kayak pada dipake perang di timteng aja, wong sehari-hari rumah kantor aspal mulus kek pantat bayi wkwkwkwkwkw.
BMW aja ganti gasket semua langsung topcer apalagi sebuah toyota kijang atau land cruiser.
tp kalau kasih insentif ke revitalisasi mobil bekas nanti gak ada pemasukan pajak.
ChZ wrote: ↑Sat Oct 01, 2022 2:59
ya apalagi kebanyakan mocin kita skrg akan dari china krn si opung akrab bgt sama china
udah pengalaman dikibulin powerbank 10.000 mAh dipake bentar udah kosong masa gak belajar
makanya gw ada bilang kan, ICE tuh industry standard bilang kita musti ganti tahun kelima, padahal klo kita skrg liat mobil yang umurnya 20 tahunan yang rusak apa sih kayak pada dipake perang di timteng aja, wong sehari-hari rumah kantor aspal mulus kek pantat bayi wkwkwkwkwkw.
BMW aja ganti gasket semua langsung topcer apalagi sebuah toyota kijang atau land cruiser.
saya ud nemu dua kijang kapsul 1997 450.000km baek2x aja belom turun mesin sama sekali turun pun mana nyampe 10jetiii wong pajero aja 15jtan ud include modifikasi dikit
Bibieight wrote: ↑Sat Oct 01, 2022 2:36
Kalo dari segi hardware bisa diliat mana yg memang bener2 lembiru:
Ini punya Elon Musk :
Ini punya Rivian:
Ini punya Hyundai, battery pack-nya :
Terus ini jeroan per modul battery pack-nya :
Dari sini aja ketauan sapa yg memang niat bikin jebakan betmen…. ….. Mangkanya Rich Rebuilds itu jadi pahlawan, bisa bikin betul Tesla model lama, tapi kalo yg baru baterenya dicor gitu ya gak yakin jg Rich Rebuild bisa bikin betul….. Ini baru hardwarenya, belum softwarenya, kayak iPhone aja, tiap ada OTA bacaan kapasitas battery dikurangin apa enggak hanya Elon Musk aja yg tau….
makin lama kok jd keliatan perbedaan pabrikan yg bakar duit sama yg udh settle
modelan porsche, hyundai yg cuan banyak malah encourage repair lho
aneh jg ini rivian sama tesla, masih bakar duit kok malah di cor baterenya. ibarat kaga mau dikasih duit
ni taycan aja gampang bgt ganti modulnya
pantes aja tuh tesla udh bbrp kali diledakin, ya gumoh jg ganti utuh gede gitu...
darrelund wrote: ↑Sun Oct 02, 2022 18:13
makin lama kok jd keliatan perbedaan pabrikan yg bakar duit sama yg udh settle
modelan porsche, hyundai yg cuan banyak malah encourage repair lho
aneh jg ini rivian sama tesla, masih bakar duit kok malah di cor baterenya. ibarat kaga mau dikasih duit
ni taycan aja gampang bgt ganti modulnya
pantes aja tuh tesla udh bbrp kali diledakin, ya gumoh jg ganti utuh gede gitu...
hyundai itu tadiannya pack sekarang module mulai dari kona tesla juga sama type S pack model 3 module
sebenernya semakin di cicil semakin cuan si pabrikan kek dari pack ke module itu aja ud cuan banyak dari labour cost iye per pegantian murah kayak tesla dari 20.000 jadi cuma 5.000 sekali rusak cuma kali berapa dulu kayak tesla jadi 4x = 20.000 ya sami mawon tapi labournya jadi 4x
kalo hyundai dari ioniq packnya kalo gak salah sekitar 115jt ke kona jadi module sekitar 46jt tapi pake 5 = 230jt blom labour
tapi ya module menyelamatkan user indikasi abis ganti module lsg lebiru
kalo diterusin pake trust me sooner or later ya lebih babak belur dari pack karena ud jatohnya bisa lebih mahal tambah ongkos labour berkali2x
pokoknya tuh batre kalo dah mulai kumat bagusnya lembiru aja makin dicicil makin boncos
sama saya lupa pabrikan juga lebih enak di management stock karena sizenya pack gede jadi nyimpennya susah kalo module kan kecil jadi lebih gampang simpennya
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
ChZ wrote: ↑Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
gak salah om normal buat gejala batre rusak
menurut saya tahap denial om mendingan kalo mau kekeh bawa aja ke tukang batre di jogja tuh liat hasil diagnosticnya
ChZ wrote: ↑Mon Oct 03, 2022 2:26
jadi kelanjutan nissan kicks nya.... beres tetap kekeuh berkesimpulan kalau mobilnya tidak apa apa.
dicoba sama beres pakai EV mode ya memang bisa normal.... tapi.... kata ce ane biasanya ngedrop nya cepet banget abis itu. dan kalo batre di bawah 40% tidak bisa pakai EV mode.
jadi karena beres menganggap itu normal ya tidak diajukan warranty claim. sungguh aneh
Turut berduka om Chris, atas ketidaknyamanan yang dialami di mobil ce nya.
Sepertinya karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh beres, sehingga mereka pun tidak mampu berbuat lebih.
Sayangnya "spesialis" moblis juga belum ada, untuk diminta second opinion-nya.