di angkat aja om,biar gak tenggelemc_adhi_k wrote:apa2an ininugroho bagor wrote:.............
Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Udah mau gosong om?nugroho bagor wrote:di angkat aja om,biar gak tenggelemc_adhi_k wrote:apa2an ininugroho bagor wrote:.............
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Mon Jun 03, 2013 10:01
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
wah keren oom reviewnyah..
pake percobaan sendiri manteb banget..
selama ini ane pake nya aer ac doank, tapi abis liat aer di gelas aqua ente jadi ngeriii...
mulai nyari radiator coolant deh dari sekarang..
pake percobaan sendiri manteb banget..
selama ini ane pake nya aer ac doank, tapi abis liat aer di gelas aqua ente jadi ngeriii...
mulai nyari radiator coolant deh dari sekarang..
Gak gaul klo gak ngikut..
2010 Toyota Fortuner 2.7 G A/T
2012 Nissan Grand Livina SV M/T
2018 Toyota Rush S TRD Sportivo A/T
2010 Toyota Fortuner 2.7 G A/T
2012 Nissan Grand Livina SV M/T
2018 Toyota Rush S TRD Sportivo A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1274
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Bagaimana dengan electrolisis di radiator ?
Ada juga yang menyarankan radiator di grounding
any comments ?
Ada juga yang menyarankan radiator di grounding
any comments ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Rekan2 SMers, mau tanya dong,,, ada yg pernah nge-flush Radiator sendiri?
Radiator flush nya biasa pake merk apa dan beli dimana yah...?
Sebelumnya ane ucapkan
Radiator flush nya biasa pake merk apa dan beli dimana yah...?
Sebelumnya ane ucapkan
I am a Driver... not a Racer...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Apr 04, 2014 7:11
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Hansen wrote:kalo merek Power2000 gimana tuh...DOHC wrote:air aki abal2 kalo yg bro maksud itu merek apa bro... biar bisa dishare dimarih gt...Dino_lowrider wrote:
Air AKI : tidak semua air aki baik untuk radiator. Ane pernah mencoba memakai air aki abal2 , ternyata rata2 air aki abal2 diberi tambahan sedikit ASAM H2SO4 ( kandungan air accu Zuur ) walau konsentrasinya rendah. Secara sederhana coba rasakan air aki tersebut terasa agak kecut dan sedikit beruap/ bersoda. Ini sangat berbahaya bagi radiator dan engine. Hanya dalam waktu beberapa minggu membuat radiator rontok. Hati2. Untuk air aki kepala biru , ane kurang tahu , dan entah kenapa ane nggak yakin ya kalau itu benar2 destilasi ?? Karena ane pernah punya pengalaman buruk dengan air aki abal2 kaleee.... agak trauma hehehe....
Berhubung ane nggak sempat membeli air destilasi , ane pikir dengan air ac udah cukuplah , Apalagi udah ditambah coolant yang berkualitas baik. Walau nggak ideal tapi cukuplah apabila dibandingkan air tanah , mineral ,dan air aki abal2.
Mengenai air destilasi , kayaknya ada yang dijual di apotik ya?? Kalau ini ane yakin banget kualitasnya. Karena standartnya adalah standart untuk medic.
sejauh ini ane make air akir merek pafecta atau MF (murni formula)... denger2 dari tukang aki sehh yg bagus katanya merek tjap singa, cuman uda susah nyari nya...
Coba kemari bro . . http://www.mtmdemin.com/portfolio-2-columns/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Saya telat lihat thread ini. Radiator Blazer saya mampet, ada korosi di water jacket juga. Akhirnya terpaksa dijual karena overheat ga sembuh-sembuh :'(
Lesson learnt, Livina saya pake coolant. Kalo levelnya berkurang, kasih air accu yang bermerk. Sudah 4 tahun ini kondisi cooling system masih perfect
Lesson learnt, Livina saya pake coolant. Kalo levelnya berkurang, kasih air accu yang bermerk. Sudah 4 tahun ini kondisi cooling system masih perfect
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Ane kalo air radiator berkurang di reservoir ane tambahin pake air keran
Abis pernah liat beres nambahin air radiator mobil pake air keran
Abis pernah liat beres nambahin air radiator mobil pake air keran
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
nah kalo gitu radiantor coolant yg recommended apa ya?soalnya saya pake mobil toyota dan apa bisa langsung isi coolant full tanpa campuran air diradiator???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
sebaiknya pake radiator coolant merk Toyota yg dijual di beres/dealer Toyota, warnanya shocking pink, harganya sekitar 95-100rb/gallon ... sy juga pake coolant Toyota utk mobil Pug 306 saya dan utk motor RR Daytona sayaPrast84 wrote:nah kalo gitu radiantor coolant yg recommended apa ya?soalnya saya pake mobil toyota dan apa bisa langsung isi coolant full tanpa campuran air diradiator???
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
om langsung tuang sajakan gak perlu dicampur atau kombinasi dengan air???JESKONENG wrote:sebaiknya pake radiator coolant merk Toyota yg dijual di beres/dealer Toyota, warnanya shocking pink, harganya sekitar 95-100rb/gallon ... sy juga pake coolant Toyota utk mobil Pug 306 saya dan utk motor RR Daytona sayaPrast84 wrote:nah kalo gitu radiantor coolant yg recommended apa ya?soalnya saya pake mobil toyota dan apa bisa langsung isi coolant full tanpa campuran air diradiator???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
coolant Toyota itu langsung tuang, enggak perlu dicampur air lagi. Paling bagus, minta aja bengkel resmi Toyota atau tukang spesialis radiator (misalnya Rapih Sudiono) utk melakukan pengurasan terlebih dulu, sampai saluran radiator bersih, lalu diisi dng coolant baru. Mereka tau caranya utk menghindari kemungkinan terjadinya "masuk angin" pada saluran coolant...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
boleh gak campur coolant beda merk?
misal selama ini pake coolant merk honda, trus beli coolant di carefor merk lain, campur langsung.
trus di jazz gw yg udah 10 tahun lebih, tiap 1 bulanan gitu, gw cek tabung cadangan coolant selalu berkurang. itu wajar atau tidak?
thanx
misal selama ini pake coolant merk honda, trus beli coolant di carefor merk lain, campur langsung.
trus di jazz gw yg udah 10 tahun lebih, tiap 1 bulanan gitu, gw cek tabung cadangan coolant selalu berkurang. itu wajar atau tidak?
thanx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
ga wajar om pitbull..harusnya ga berkurang..kalo berkurang ada yg bocor
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Jul 04, 2014 1:04
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
ikut nyimak....
saya pakai master coolant yg premix buat TC....
saya pakai master coolant yg premix buat TC....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Duh.. Kaya nya saya jadi korban air aki abal2 nih
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Masak om,saya kemarin habis nambah juga,juga ada kawan unit baru nambah juga,sudah ngolong g ada bocor tuhmontirangin wrote:ga wajar om pitbull..harusnya ga berkurang..kalo berkurang ada yg bocor
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26924
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
oh my..
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26924
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
tp se close loop nya sistem radiator itu... pasti ada ruang udara nya om... itu lah sebab nya di tabung reservoir pasti ga dibkin rapet banget alias pasti ada lobang hawa nya... nahhh kl fluida dalam kondisi panas kan pasti dia mengeluarkan uap, dan kabur dari lobang hawa tsb, terlepas se rapet mungkin close loop dari si sistem radiator tsb... makanya, sdikit banyak pasti air radiator ada berkurang dan perlu ditambah... pengalaman dl mobil ane yg plg sering nambah itu livina... dr baru ampe dijual sbulan skali minimal nambah 100-200 cc coolant... paling jarang si ipah, 3-4 bulan baru nambah 100an cc .... cmiiw....Deasegara wrote:Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Sorry bro, betul saya lupa. Memang ada 2 type reservoir, fully pressurized dan vented. Yang saya sampaikan yang type fully pressurized, jadi tekanan sama dg yg didalam radiator dan tidak ada lobang ventnya dan sepertinya lebih awet, punya saya sudah 10 bulan belum berkurang levelnya Isi : campuran air AC dan coolant.DOHC wrote:tp se close loop nya sistem radiator itu... pasti ada ruang udara nya om... itu lah sebab nya di tabung reservoir pasti ga dibkin rapet banget alias pasti ada lobang hawa nya... nahhh kl fluida dalam kondisi panas kan pasti dia mengeluarkan uap, dan kabur dari lobang hawa tsb, terlepas se rapet mungkin close loop dari si sistem radiator tsb... makanya, sdikit banyak pasti air radiator ada berkurang dan perlu ditambah... pengalaman dl mobil ane yg plg sering nambah itu livina... dr baru ampe dijual sbulan skali minimal nambah 100-200 cc coolant... paling jarang si ipah, 3-4 bulan baru nambah 100an cc .... cmiiw....Deasegara wrote:Secara teori kalau tidak pernah dibuka dan tidak ada yang bocor seharusnya memang tidak berkurang ya, systemnya kan close loop. Saat temperature naik sebagian akan expansi dan tekanan uapnya akan naik. Setelah dingin tekanan akan turun lagi karena vapournya akan condense lagi. Miriplah dengan close loopnya freon AC, kalau tidak ada yang bocor juga gak akan berkurang. Biasanya kalau tidak ada kebocoran radiator justru pada saat kita buka tutupnya/waktu ngecek dan masih kondisi pressurize itu sebagian uapnya keluar sehingga volumenya saat condense juga berkurang.DOHC wrote:rdiator berkurang ga wajar ??? yah wajar lahh berkurang...emang radiator itu isi nya benda padat ?? kl benda cair apalagi berupa air (mau campuran coolant atau kaga) dan dipanasin pasti menguap... itu tujuan ada nya radiator cap ama reservoir, dan makanya reservoir coolant pasti ada lobang hawa nya... basic logic...
oh my..
btw kl nambahin, sebaik nya pas mesin dingin... kl masi panas itu pasti posisi air lg tinggi2 nya... tekanan lg tinggi2 nya shg coolant yg seharus nya ngalir dari atas ke bawah sirip radiator sbagian kedorong kluar via rads cap ke reservoir..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26924
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
ohh ya ya... barusan gugel2 ad yg type seperti itu... asalkan ga dibuka2 system radiator nya, cairan ga berkurang om... hehehe...
tp utk case d atas, mobil nya adalah honda jazz yg notabene itu masi yg vented... jd makanya ane blg seharus nya mmg bsa berkurang...
tp utk case d atas, mobil nya adalah honda jazz yg notabene itu masi yg vented... jd makanya ane blg seharus nya mmg bsa berkurang...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
om numpang nanya lagi beberapa bulan yg lalu saya isi tangki radiator dengan air mineral soalnya sudah rada berkurang tp bawaannya warna coolant warna hijau dan masih ada kira2 kalo saya tuang lagi coolant ada masalah gak ya?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jul 31, 2017 0:29
- Location: Garut
- Daily Vehicle: Ojek
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
Test nya valid ga? yakin ga ada rekayasa? Bgmn reaksi kimianya, apa kandungan logam di paku payung, dan paku? Apa kandungan logam di radiator dan blok mesin? Bagaimana dengan kontaminasi O2 pada gelas? Karat yg terjadi unsurnya apa? Fe? Ilmu kimia yg saya dapat, air bukan penyebab karat, tapi O2 yg menyebabkan (ingat reaksi REDOKS saat SMA). Digunakan air murni (H2O) tanpa mineral justru baik drpd air sumur/ PDAM, lebih baik lagi di beri coolant, u meningkatkan titik didih air, Tp pakai coolant bukan berarti tidak terjadi karat, bahan dasar coolant juga air khan.. Yg di beri tambahan anti freeze daneningkatkan titik didih. Anti freeze, ga guna untuk iklim tropis, kecuali mobilnya dimasukan kedalam freezer nya kulkas.. Hehe....
Jgn mudah tertipu, oleh pedagang, ada solusi murah, si pedagang kelimpungan, takut ga laku, padahal yg dijual barang merek luar negeri yg belinya pakai devisa.
Sekali lagi, air murni tidak dapat membuat logam berkarat. Yg menyebabkan karat/ oksidasi adalah reaksi O2 dgn logam.
Jgn mudah tertipu, oleh pedagang, ada solusi murah, si pedagang kelimpungan, takut ga laku, padahal yg dijual barang merek luar negeri yg belinya pakai devisa.
Sekali lagi, air murni tidak dapat membuat logam berkarat. Yg menyebabkan karat/ oksidasi adalah reaksi O2 dgn logam.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos
betul bahwa yang bikin berkarat adalah O2Atmaja wrote: ↑Mon Jul 31, 2017 0:56 Jgn mudah tertipu, oleh pedagang, ada solusi murah, si pedagang kelimpungan, takut ga laku, padahal yg dijual barang merek luar negeri yg belinya pakai devisa.
Sekali lagi, air murni tidak dapat membuat logam berkarat. Yg menyebabkan karat/ oksidasi adalah reaksi O2 dgn logam.
tapi masbro pasti inget kan kalo ikan di air juga bernapas? bernapasnya menghirup O2 kan?
artinya, di air itu memang ada oksigen terlarut.
mau diisi air keran, air aki (botol biru), atau air ajaib apalah... tetep aja ada oksigen terlarut.
kecuali kalau mau diisi Coca-Cola... isinya banyakan CO2 terlarut.
fungsi coolant paling penting disini itu buat mencegah oksidasi.
jadi memang tetep butuh coolant, kecuali kalau pakai zat lain yg bisa gantikan fungsinya, let's say macam WaterWetter.
but the problem is, kemampuan coolant memindahkan panas dari mesin ke radiator itu lebih kecil dari air. so, pake 100% coolant juga kurang baik.
yang bener2 gak dibutuhkan itu AntiFreeze, karena di negara ini gak mungkin air membeku di suhu lingkungan.... unless kendaraannya dipakai di Grasberg. jadi kalo beli coolant, cari yang ga ada AntiFreeze-nya (biasanya produk lokal)
ane pribadi pakai 30% coolant aja... sesuai anjuran workshop manual untuk daerah tropis. sisanya air AC.
kalo mau gampang ya pake yang ready-mix...
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09