Mesin mobil OverHeat..??
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
Mesin mobil OverHeat..??
Kemarin saya mendapat kabar dari temen saya, kalo mobilnya (eterna DOHC th 90) mogok di pintu tol Halim..
Katanya overheat n radiator berkurang..
Setelah itu dia isi lagi air radiator pas udah adem..
Tapi setelah itu tetep mobil gak mau idup distarter berkali-kali.. sampai akhirnya diderek..
Mo tanya nih..
Sebab apa saja yang bisa ditimbulkan akibat overheat pada mesin??
Katanya harus sampe turun mesin kalo parah.. apa iya?
Gimana kita tau kalo udah parah?
Mohon infonya.. temen sekalian..
Thx..
Katanya overheat n radiator berkurang..
Setelah itu dia isi lagi air radiator pas udah adem..
Tapi setelah itu tetep mobil gak mau idup distarter berkali-kali.. sampai akhirnya diderek..
Mo tanya nih..
Sebab apa saja yang bisa ditimbulkan akibat overheat pada mesin??
Katanya harus sampe turun mesin kalo parah.. apa iya?
Gimana kita tau kalo udah parah?
Mohon infonya.. temen sekalian..
Thx..
BlacK CorLift
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
kalo pengemudi sudah tahu overheat tapi masih dijalankan sampe mogok itu sangat berbahaya karena piston bisa lengket ke dinding silinder ,jadi bila suhu sudah mendekati 3/4 buru2 lah meminggirkan mobil dan mendinginkan mesin.....
khusus untuk kasus eterna diatas apakah saat distart mesin masih mau berputar?...bila tidak piston lengket,bila masih mau berputar saya kurang tahu dan harus liat secara langsung,mungkin temen2 lain ada yg bisa nambahin?
khusus untuk kasus eterna diatas apakah saat distart mesin masih mau berputar?...bila tidak piston lengket,bila masih mau berputar saya kurang tahu dan harus liat secara langsung,mungkin temen2 lain ada yg bisa nambahin?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Wehh berarti jorok tuh yang punya mobil
en bisa jadi rusak sensor temperatur/gauge-nya atau sensor lainnya jadi ECU nerima sinyal salah.
Seperti kata Mas Is, jarang kasus overheat sampe turun mesin, soalnya pengemudi pasti mengetahui kalau temperatur naik adalah langsung berhenti. So ..gak tau akibatnya sampai separah apa
en bisa jadi rusak sensor temperatur/gauge-nya atau sensor lainnya jadi ECU nerima sinyal salah.
Seperti kata Mas Is, jarang kasus overheat sampe turun mesin, soalnya pengemudi pasti mengetahui kalau temperatur naik adalah langsung berhenti. So ..gak tau akibatnya sampai separah apa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- Administrator
- Posts: 2491
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
viva mitsubishi ..... emang sesuai semboyan ..... born to run
kembali ke soal operhit .... eterna standard jarang sekali terjadi, kecuali maintenance yang nggak bener, ato bisa jadi instalasi cangkok mesin baru nggak bener, modif nggak bener, kalo operhit memang bisa bikin kop mulet/ melintir, kompresi ngedrop n mogok ,,,,,, temen gw pernah alami pake lancer evo III, di isi air sembarangan ... trus air jadi berkerak ... hingga nyumbat termostat .... trus macet nggak mau ngebuka ........ operhit deh ... silinder head mlintir .... kompresi hilang ... gasket ngowoss ... oli dan air pada muncrat di ruang mesin.... mogok ....... derek juga.
kembali ke soal operhit .... eterna standard jarang sekali terjadi, kecuali maintenance yang nggak bener, ato bisa jadi instalasi cangkok mesin baru nggak bener, modif nggak bener, kalo operhit memang bisa bikin kop mulet/ melintir, kompresi ngedrop n mogok ,,,,,, temen gw pernah alami pake lancer evo III, di isi air sembarangan ... trus air jadi berkerak ... hingga nyumbat termostat .... trus macet nggak mau ngebuka ........ operhit deh ... silinder head mlintir .... kompresi hilang ... gasket ngowoss ... oli dan air pada muncrat di ruang mesin.... mogok ....... derek juga.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
Wuaaahhh.... parah banget tuh....boplang wrote:viva mitsubishi ..... emang sesuai semboyan ..... born to run
kembali ke soal operhit .... eterna standard jarang sekali terjadi, kecuali maintenance yang nggak bener, ato bisa jadi instalasi cangkok mesin baru nggak bener, modif nggak bener, kalo operhit memang bisa bikin kop mulet/ melintir, kompresi ngedrop n mogok ,,,,,, temen gw pernah alami pake lancer evo III, di isi air sembarangan ... trus air jadi berkerak ... hingga nyumbat termostat .... trus macet nggak mau ngebuka ........ operhit deh ... silinder head mlintir .... kompresi hilang ... gasket ngowoss ... oli dan air pada muncrat di ruang mesin.... mogok ....... derek juga.
BlacK CorLift