Ukuran bangku Grand Livina

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 05 Feb 2007, 15:55

Re: Ukuran bangku Grand Livina

Post by ifmarch »

ifmarch wrote:
Smatic wrote:Ukuran bangku kedua Grand Livina : lebar x panjang = 46 cm x 122 cm
Ukuran bangku ketiga Grand Livina : lebar x panjang = 46 cm x 99 cm

Perbandingan dgn ukuran bangku di Toyota Avanza :
Ukuran bangku kedua Tyt Avanza : lebar x panjang = 49 cm x 128 cm
Ukuran bangku ketiga Tyt Avanza : lebar x panjang = 49 cm x 108 cm

Ternyata walaupun lebar dimensi luar Grand Livina (1690 mm) lebih lebar 60 mm dp Tyt Avanza (1630 mm), nyatanya panjang bangku ketiga Tyt Avanza (1080 mm) lebih panjang 90 mm dp panjang bangku ketiga Grand Livina (990 mm). Dan bangku kedua Tyt Avanza (1280 mm) lebih panjang 60 mm dp panjang bangku kedua Grand Livina (1220 mm).
Demikian pula lebar bangku Grand Livina (460 mm) lebih pendek 30 mm dp lebar bangku Tyt Avanza (490 mm), mungkin klu lebar bangku Tyt Avanza dipangkas dari 490 mm menjadi 460 mm spt lebar bangku Grand Livina maka ruang kaki (legs room) di Tyt Avanza akan lebih luas lagi.

Dalam kondisi bangku kedua Grand Livina dimundurkan maksimum maka lebar ruang/jarak bangku kedua & ketiga di Grand Livina = 66-67 cm sama dengan lebar ruang/jarak bangku kedua & ketiga Tyt Avanza, cuman krn lebar bangku Tyt Avanza 49 cm sedangkan lebar bangku Grand Livina hanya 46 cm maka terlihat ruang kaki bawah (legs room) di bangku ketiga Grand Livina masih lebih lebar 3 cm dp Tyt Avanza. :lol:
Klu lebar ruang/jarak bangku pertama & kedua Grand Livina saat bangku kedua dimundurkan maksimum (75 cm) masih lebih lebar dibanding Tyt Avanza (72 cm).
Dapat data average antropometri manusia Indonesia :

Lebar Bahu (LB) : 29 - 48 cm
Lebar Pinggul (LP) : 27 - 46 cm
Pantat ke Lutut (PKL) : 46 - 62 cm

Untuk 2nd row :

- Manusia Indo dgn lebar bahu minimal (manusianya kurus-kurus dan lebar bahunya bukan perenang... he..), 29 cm x 3 = 87 cm . Maka 2nd row dan 3rd row even Livina & Avanza juga muat dijejali penumpang seperti ini. Begitu juga untuk lebar pinggul karena min 27 cm cukup muat dimasuki 3 orang.

- Manusia Indo dgn lebar bahu max (tipikal gemuk2) maka Livina 122 cm : 48 cm = 2.5 (orang) sedangkan Avanza 128 cm : 48 cm = 2.6 (orang) . So, jika penumpangnya gemuk2 gak hanya Livina, Avanzapun gak muat 3 orang. Begitu juga untuk lebar pinggul max 46 cm ke-2nya gak muat dijejali penumpang 3 orang dengan duduk kebelakang semua, kecuali ada 1 yang mau geser kedepan.

- Untuk PKL yang minimal 46 cm maka disini design kursi kenapa cukup dibuat 46 cm dan kenapa di Avanza harus dibuat lebarnya 49 cm, bukankah dengan lebar bangku yg dibuat hanya 49 cm sehingga akan mereduksi 3 cm untuk ruang kaki (legroom).

Mungkin para SM-er bisa menghitung juga untuk 3rd row, disinilah harus diacungi jempol untuk lebar bangku Livina cukup 46 cm (kalau enough 46 cm kenapa harus dibuat > 46 cm).

So bung Smatic, lebih lebar dan lebih panjang bukan berarti LEBIH BAIK , karena pasti akan ada space yg mubazir untuk kelebihan dimensi ini, karena semuanya sangat tergantung dengan survey antropometri rata-rata manusia khususnya di Indo. so, kembali ke DESIGN, DESIGN dan DESIGN.
Bung lexastan, ini diskusi saya dgn bung smatic, inti dari diskusi itu adalah bahwa :

Nissan Livina :
Ukuran bangku kedua Grand Livina : lebar x panjang = 46 cm x 122 cm
Ukuran bangku ketiga Grand Livina : lebar x panjang = 46 cm x 99 cm

Toyota Avanza :
Ukuran bangku kedua Tyt Avanza : lebar x panjang = 49 cm x 128 cm
Ukuran bangku ketiga Tyt Avanza : lebar x panjang = 49 cm x 108 cm


Secara panjang dan lebar kursi Livina lebih pendek dan tidak lebih lebar dari kursi Avanza (panjang 122 : 128 cm dan lebar 99 : 108 cm) tapi yang saya diskusikan adalah bahwa data dari survey postur tubuh orang Indonesia untuk ukuran dari kursi Livina itu PAS .


Jadi main point saya, suatu seat mobil bukan masalah apakah lebih panjang & lebih lebar dari seat mobil yg lain, tapi yang terpenting apakah PAS atau tidak dengan ukuran antropometri postur manusia Indonesia secara umumnya.


Itulah yg ingin saya sampaikan.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: 14 Jul 2004, 00:34

Post by conan »

conan, silahkan jawab, sudah TEST DRIVE belom ?
Lho, apa yang membuat Anda berpikir aku punya niat atau waktu sedikitpun untuk test-drive? Aku sama sekali tidak ada minat dengan Livina ini. Kalau aku sudah test-drive, Anda tentu bisa membaca hands-on experienceku di forum ini, karena aku melaporkan apa adanya, bukan hanya jualan obat semata :
Frankly spreaking, kursi di Grand Livina itu hny akn nyaman apabila diisi 6 org, apalagi di 2nd row kalo dipaksain 3 org, akn sgt sgt sempit.

ya pasti kalau lebih lebar dan lebih panjang TENTU lebih lega daripada kurang lebar dan kurang panjang.... (asumsi modelnya sama lho). Saya setuju dgn bung smatic (jgn terlalu ngotot dulu), karena awal-awal dalam kepala saya selalu disuguhi omongan bahwa bangku 2nd row ENAK dan LUAS (ga beda jauh dari Innova) mgkn identik dengan kapsul tapi ternyata SETELAH BENAR2 DIUKUR dengan AVANZA pun kalah lebar dan panjang...... (pdhl dimensi luarnya lebih lebar). Saya punya avanza, by feeling sih saya rasa begitu, tp saya ga pasti sampai bener2 ngukur

Gmn sih info-info sebelumnya......
Nah itu dia, darimana sebenarnya Mr. Lexastan disuguhkan info yang hiperbolis ini? Selebar Innova atau Kapsul? Aku sudah pernah coba baris kedua Livina dan Avanza, dan aku juga seperti banyak orang lain, jelas merasa bahwa baris kedua Avanza lebih lega, walaupun joknya tidak senyaman Livina. Ini kenyataan apa adanya, tuh. :)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Nah teman teman, conan sama sekali ngak tertarik ama ni mobil. Test drive saja belum. Mau ngomong apa lagi.... Mau ke toko obat saya, atau mau dengar dia yang demo di depan toko saya dan bilang saya cuman bisanya jualan....


Saya meskipun di tuduh jual obat, tapi at least yang sudah makan obat ini, banyak yang bilang penyakitnya mendinggan kan ? Bahkan ada yang sembuh total.... Iya gak ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Anyway conan, at least I appreciate your honesty, dan kamu harus juga appreciate my honesty. Saya blak blakan bilang belum beli ni mobil sebab ada alasan lain, bukan gara gara ngak suka mobilnya.


Kalau saya mau boong, gampang. Tinggal bilang sudah inden kan beres ! Siapa yang bisa check saya ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Anyway, saya capek capek rekomendasi, yang ngak percaya saya, mau beli yang lain, SILAHKAN !


Toh nanti puas atau ngak ama mobil yang di beli, bukan urusan gue kok. Kenal juga kagak, semua orang di sini pakai ID palsu. Tapi itu dia ada teman yang serius cari mobil enak dan harga sip, mau ngak mau saya harus ceritakan mobil ini....
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 30 Mar 2007, 11:20

Post by lexastan »

Bung ifmarch, begini deh.

saya coba dgn bahasa saya (semoga sy ga salah ngomong atau bikin org tersinggung). Sy juga ngerti mksd anda diskusi mslh pas, cuma sy lagi menuangkan uneg2 sy krn beberapa kali sy disuguhi info bhw Livina 2nd row enak dan OK u 3 org.

Menurut opini saya, Livina 2nd row tidak pas untuk bertiga. walaupun kata survey PAS dengan ukuran orang indonesia. Saya dan temen2 saya sudah duduk di2nd row. untuk pojok kanan dan kiri OK tapi untuk tengah (KALAU MAU JUJUR) sangat tidak PAS (karena keras di sandaran maupun di joknya). Juga ditengah itu bentuk sofa agak terlalu melengkung kedalam jadi tidak nyaman. Saya tahu persis avanza dan innova (sorry bukan membandingkan dgn Toyota ya) baris 2nd row dan desain sofanya lebih enak. Saya ga bilang ditengah avanza itu enak tapi at least karena strukturnya lebih bagus masih lebih enak dari Livina.

Point saya, lJELAS SEKALI bahwa ebih panjang dan lebih lebar adalah LEBIH BAGUS daripada PAS.

Anyway, thanks for your opinion.

Sorry kayaknya saya kok njelekin Livina .... memang honestly saya kecewa dengan 2nd row itu.

Saya sih cm complain masalah itu, tapi sepertinya akan saya atasi dengan cara modifikasi jok kedua saja.....

Untuk 3rd row, sebenarnya sih masalahnya sama, tp saya ga terlalu complain u 3rd row karena cuma untuk insedentil saja. Kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan kita masing2...

Tks
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 08 May 2006, 14:32

Post by hunter »

kalo menurut saya sih emang betul. baris 2 livina, di RANCANG untuk 2 orang dewasa saja! dengan tujuan utk mengutamakan kenyamanan (terlihat dr design lekukan joknya dan juga dibuatnya cup holder di tengah).

Masalahnya adl, orang (termasuk saya loh), membandingkan GL dengan Avanza dan Innova, terlepas dr apakah Nissan memposisikan GL ke segmen/pasar Avanza & Innova atau tidak.

coba Stream, saya gak tahu, apakah calon2 pembeli Stream complain berat atau tdk, perihal bangkunya. soalnya Stream juga mirip2 GL.

Balik lagi, memang ada kelemahan Livina dlm beberapa hal. Tinggal yg mau beli, liat adakah alternatif lain sesuai dengan keinginannya dan budgetnya. Sayang sih memang, kalo saja jok ke 2 bisa muat 3 orang dengan nyaman. saya rasa orang2 akan lebih tertarik pd GL ini. well... nothing is perfect in this world.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 05 Feb 2007, 15:55

Post by ifmarch »

lexastan wrote:Bung ifmarch, begini deh.

saya coba dgn bahasa saya (semoga sy ga salah ngomong atau bikin org tersinggung). Sy juga ngerti mksd anda diskusi mslh pas, cuma sy lagi menuangkan uneg2 sy krn beberapa kali sy disuguhi info bhw Livina 2nd row enak dan OK u 3 org.

Menurut opini saya, Livina 2nd row tidak pas untuk bertiga. walaupun kata survey PAS dengan ukuran orang indonesia. Saya dan temen2 saya sudah duduk di2nd row. untuk pojok kanan dan kiri OK tapi untuk tengah (KALAU MAU JUJUR) sangat tidak PAS (karena keras di sandaran maupun di joknya). Juga ditengah itu bentuk sofa agak terlalu melengkung kedalam jadi tidak nyaman. Saya tahu persis avanza dan innova (sorry bukan membandingkan dgn Toyota ya) baris 2nd row dan desain sofanya lebih enak. Saya ga bilang ditengah avanza itu enak tapi at least karena strukturnya lebih bagus masih lebih enak dari Livina.

Point saya, lJELAS SEKALI bahwa ebih panjang dan lebih lebar adalah LEBIH BAGUS daripada PAS.

Anyway, thanks for your opinion.

Sorry kayaknya saya kok njelekin Livina .... memang honestly saya kecewa dengan 2nd row itu.

Saya sih cm complain masalah itu, tapi sepertinya akan saya atasi dengan cara modifikasi jok kedua saja.....

Untuk 3rd row, sebenarnya sih masalahnya sama, tp saya ga terlalu complain u 3rd row karena cuma untuk insedentil saja. Kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan kita masing2...

Tks

Ok, bung lexastan, sudut pandang yang berbeda it's ok-ok aja, apalagi anda juga adalah fans Manutd .... he...he, ingat kan slogan Manutd "One United", jadi beda sudut panjang tapi untuk satu tujuan memberikan info yg objektif ke forum sangat baik untuk kita semua.


Intinya semakin banyak opini akan semakin memperkaya bahasan di forum ini .... OOT nih bung lexastan mungkin karena ngantuk begadang bela-belain nonton Manutd vs AC Milan. Gak sia-sia nih mengurangi waktu tidur hari ini.


No hard feeling.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Ntar mungkin final MU-LIVERPOOL gw mungkin(berharap2 tapi cemas)dah dapat livina saya. Saya bakal pasang matress dan TV dilivina saya dan tidur2an nonton final di kabin LIVINA. Apalagi berduaan ama cew. wuihhhh. wkwkwkw
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Apalagi didukung oleh kesenyapan kabin. Wuih ga bakal kedengaran dari luar deh suara gituan :oops:
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 05 Feb 2007, 15:55

Post by ifmarch »

Winata wrote:Apalagi didukung oleh kesenyapan kabin. Wuih ga bakal kedengaran dari luar deh suara gituan :oops:

Wah ... kalau udah ada yg **gituan** sambil nonton Manutd, bisa kalah nih Manutd di final ...he....he... :? :?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Pasti menang lah. MU forever.

Ntar pertama LIVINA gw first runningnya bukan dijalan tetapi first runningnya ritual **gituan** biar mobil saya bisa bertahan lama dan tidak karatan hahaha :e-dance:
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: 05 Apr 2007, 12:31

Post by NissanLovers »

Kalo dibuat lebih lebar jok baris pertama dan kedua,
pasti mobil akan melar.

dah begitu, ujungnya pasti banyak;
1. mobil lebih berat,
2. karena dah berat, pasti lebih boros
3. karena nomor 1 juga, pasti lebih mahal
4. parkir lebih susah karena lebar

kalo mo yang lebar kan sebenarnya saat ini sudah ada dari merek lain,
menurut saya justru Livina itu menjawab kebutuhan orang-orang yang pingin mobilnya nyaman dignakan 4 orang dewasa dan 3 anak-anak
tapi masih bisa lewat dijalan sempit di gang-gang dan di jalan pedesaan tanpa mengorbankan kenyamanan.

CMIIW
hunter wrote:kalo menurut saya sih emang betul. baris 2 livina, di RANCANG untuk 2 orang dewasa saja! dengan tujuan utk mengutamakan kenyamanan (terlihat dr design lekukan joknya dan juga dibuatnya cup holder di tengah).

Masalahnya adl, orang (termasuk saya loh), membandingkan GL dengan Avanza dan Innova, terlepas dr apakah Nissan memposisikan GL ke segmen/pasar Avanza & Innova atau tidak.

coba Stream, saya gak tahu, apakah calon2 pembeli Stream complain berat atau tdk, perihal bangkunya. soalnya Stream juga mirip2 GL.

Balik lagi, memang ada kelemahan Livina dlm beberapa hal. Tinggal yg mau beli, liat adakah alternatif lain sesuai dengan keinginannya dan budgetnya. Sayang sih memang, kalo saja jok ke 2 bisa muat 3 orang dengan nyaman. saya rasa orang2 akan lebih tertarik pd GL ini. well... nothing is perfect in this world.
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Post by speedy208 »

Saya juga sudah sempat mencoba menduduki bangku ke 2 dan ke 3 dari GL... emang betul sih paling nyaman GL dinaiki oleh 6 orang.
Mungkin pemikirannya adalah... keluarga Indonesia rata-rata punya 2 anak... jadi 2 orang tua, 2 anak, ada spare 2 tempat... bisa untuk mertua atau baby sitter atau pembantu...
untuk kebutuhan saya yang baru punya 2 anak balita... GL fits all... at least sampe 5 taun ke depan GL masih meet my requirement...
Kalo mau cari mobil yang lebih lega khan ada pilihan lain... Innova, Serena, Panther dll...
GL sangat cocok untuk keluarga muda yang merasa naik sedan udah kesempitan tapi ngga rela kalo harus beli Innova yang lebih mahal, lebih boros, lebih besar atau beli Panther yang juga lebih mahal, lebih ngga nyaman dan lebih berisik...hehehehe
Lagi mikir berat untuk inden GL XV 1.5 M/T... tp mesti lepas mobil skr dulu nih...Vios... ada yang minat ngga yah? Vios G M/T 2003 silver km 55 rb...(lho koq malah jualan...hehehehhe)
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Saya ga ngerti kenapa semua bilang 6 orang aja. Saya coba bisa 8 kok dengan postur tubuh tinggi 175an dan berat 70an. 2-3-3. bisa baris kedua nyaman masih ada sisa space 4 atau 5 cm lagi. Baris ke 3 1 maju 2 sandar bisa tapi ga gitu nyaman.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 08 May 2006, 14:32

Post by hunter »

mungkin orang ngomong gak bisa itu maksudnya gak nyaman.
nurutku sih emang gak nyaman. bisa sih bisa.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Waduh stream dan avanza kalo bertiga di baris ke2 gw rasa juga ga nyaman. Nyaman dan tidak nyaman tergantung. Kalo sugesti terus ya tidak nyaman
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Mau tanya kalo masih ada sisa 5 cm itu termasuk nyaman atau tidak. Kalo benar2 nyaman emangnya harus berapa cm.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 08 May 2006, 14:32

Post by hunter »

Winata wrote:Nyaman dan tidak nyaman tergantung. Kalo sugesti terus ya tidak nyaman
hehehe kalo dari saya sih sebenarnya NO COMPLAIN.
saya cuman mencoba mengemukakan alasan2 yg memungkinkan, kenapa orang lain bilang gak bisa bertiga. gitu loh.

tapi kalo mau tanya saya soal nyaman. bagi saya, selama bahu saya menempel/kena dengan bahu orang yang duduk di sebelah saya, maka itu tidak nyaman.

BUKAN BERARTI saya selama ini naik mobil mewah loh...:) saya cuman naik motor. kalo nebeng temen, avanza atau stream doank. ada kijang kapsul, tapi skrng dia dah ganti ke innova, innova sih jarang gua tebengin. yang paling sering, saya naik APV. :)

jadi silahkan yg lain menjelaskan alasan2 mrk...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kalo bahu tempel bahu cewek cakep nyaman tidak. Nyaman banget kan.heheh

Tapi anyway menurut gw asal bisa udah ok. Bukan nyamannya. Tapi diatas rata2 bilang bukan nyamannnya tapi bisanya.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 08 May 2006, 14:32

Post by hunter »

hehehe bung winata.. itu video, saya punya koq....:)
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Hahaha anda yang nyetor ke youtube ya. tuh kan anda yang nyetor sendiri nyamankan mana ada bahu kesender.
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: 17 Aug 2004, 01:19

Post by liongkiky »

Winata wrote:Hahaha anda yang nyetor ke youtube ya. tuh kan anda yang nyetor sendiri nyamankan mana ada bahu kesender.
itu pintunya belom di tutup kali pak hehehehe.....
Saya dah coba ber 3 bahunya mepet2 dan kurang nyaman.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Sekarang yang saya bilang bisa atau tidak. Gw sih ga penting apa pikiran orang nyaman atau tidak. nyaman tidak kan sugesti. Apa tiap hari semua mobil tuh full 7 ampe 8 orang kan ga.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post