Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Pula, dulu saya dengar kalau matik conventional lebih berasa saat ada perpindahan gigi, dan CVT tidak, smooth.


Nah, pakai Serena, itu transmisi smooth juga. Ngak berasa ada perpindahan gigi. Ngak rasa ada menyentak. Memang labelnya CVTC, tapi saya tidak merasa ada perpindahan gigi sama sekali, beda ama Honda Stream saya VTEC itu. Thats why saya kirain mesin Serena ku juga CVT. Can't feel any gear change ! Saya benar atau salah ?


OK lah. Jika CVTC adalah continuous variable valve timing .... artinya adalah ini system untuk atur timing valve, dan CVT adalah continuous variable transmission yang tidak punya gigi, saya inggin tanya teman teman yang pintar mesin :


Apakah bisa atau tidak CVT dan CVTV exist di satu mesin, satu package ? Artinya bisa kah 1 mesin ada CVTC untuk atur valve timingnya dan CVT untuk pakai transmisi tanpa gigi ? Who knows bisa dan NMI cuman print CVTCnya dan tidak print CVTnya juga ?


Sebab mesin conventional matik Tiida ada label E-AT, dan saya tidak pernah lihat label ini di data Livina, maupun Latio.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: 22 Feb 2007, 11:31

Post by wardana »

justru itu bung sithlord, pertama kali saya coba livina 1,5 matic saya sempat bingung kok perpindahan gigi halus seperti honda jazz saya dulu yang sdh mengadopsi CVT, padahal ada yg bilang matic livina conventional.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: 16 Feb 2006, 17:31

Post by skullkid »

Sithlord wrote:Pula, dulu saya dengar kalau matik conventional lebih berasa saat ada perpindahan gigi, dan CVT tidak, smooth.


Nah, pakai Serena, itu transmisi smooth juga. Ngak berasa ada perpindahan gigi. Ngak rasa ada menyentak. Memang labelnya CVTC, tapi saya tidak merasa ada perpindahan gigi sama sekali, beda ama Honda Stream saya VTEC itu. Thats why saya kirain mesin Serena ku juga CVT. Can't feel any gear change ! Saya benar atau salah ?


OK lah. Jika CVTC adalah continuous variable valve timing .... artinya adalah ini system untuk atur timing valve, dan CVT adalah continuous variable transmission yang tidak punya gigi, saya inggin tanya teman teman yang pintar mesin :


Apakah bisa atau tidak CVT dan CVTV exist di satu mesin, satu package ? Artinya bisa kah 1 mesin ada CVTC untuk atur valve timingnya dan CVT untuk pakai transmisi tanpa gigi ? Who knows bisa dan NMI cuman print CVTCnya dan tidak print CVTnya juga ?


Sebab mesin conventional matik Tiida ada label E-AT, dan saya tidak pernah lihat label ini di data Livina, maupun Latio.
wkatu testdrive colt tmen, seinget saya memank cvt tuh kalo digeber suaranya sama terus..dari rpm bawah sampe ke atas..hehe

gak gitu enak sih..gmana gitu..mnk gara2 gak biasa kali yah
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Ngak lah. Mesin Serena kalau saya injak gas mau accelerasi kencang, suaranya juga ikut naik kok saat rpm makin naik. Ada feedback suara kok.


Cuman yaitu, perpindahan giginya SMOOTH ! Seperti apa ya bung Uch....


PahX SPX ! Uch ! No. Not that again. Seperti Smooth as SILK ! Sutra ! And NOT that SUTRA !
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

Kalo soal pindah gigi, gw lebih setuju "...kenali karakter mobil anda. Rasakan RPM paling bawah tapi nggak sampe terasa berat.. " . Daripada menyebut "...sekitar RPM Torsi max...". Kalo macet, cuman dapet gigi 1 dan 2 doang, masa RPM 4400 terus bikin efisien. Bisa jebol ntar..

Kalo penumpang cuman 1-2 orang, di gigi 1-2 mungkin (mungkin lho, jadi kenali mobil anda) mesin tidak butuh torsi gede2 banget, torsi kecil aja udah cukuup, karena low gear akan membuat beban berat terasa ringan di mesin. Tapi lagi bawa 3 orang kayak Pretty Asmara... ? he..he.. sorry No offense buat PA.

Bung Sithlord.. jangan disinggung lagi..
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Yeah, Right ..... It hurts ..... If ONLY.....
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 12 Apr 2007, 13:14

Post by foomy »

Mau nanya nih yg biasa pake premium atau pertamax. Gua udah 5 taun pakenya solar terus sih. Waktu dulu banget pake mobil bensin blon ada pertamax kayanya.
Kan livina katanya bisa pake premium, tapi resiko lebih boros dan mesin lebih cepet kotor. Disarankan pake pertamax. Yg mau gua tanyain, kan skrg banyak tuh aditif buat premium supaya kaya pertamax. Itung2an sih kayanya lebih murah pake premiun ditambah aditif dibanding beli pertamax. Gimana? Kalo pake aditif gitu dengan dibanding pake pertamax, apa plus minusnya. Thx yah.
dr.rantisi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 12 Apr 2007, 23:39

Post by dr.rantisi »

Sithlord wrote:Pula, dulu saya dengar kalau matik conventional lebih berasa saat ada perpindahan gigi, dan CVT tidak, smooth.


Nah, pakai Serena, itu transmisi smooth juga. Ngak berasa ada perpindahan gigi. Ngak rasa ada menyentak. Memang labelnya CVTC, tapi saya tidak merasa ada perpindahan gigi sama sekali, beda ama Honda Stream saya VTEC itu. Thats why saya kirain mesin Serena ku juga CVT. Can't feel any gear change ! Saya benar atau salah ?


OK lah. Jika CVTC adalah continuous variable valve timing .... artinya adalah ini system untuk atur timing valve, dan CVT adalah continuous variable transmission yang tidak punya gigi, saya inggin tanya teman teman yang pintar mesin :


Apakah bisa atau tidak CVT dan CVTV exist di satu mesin, satu package ? Artinya bisa kah 1 mesin ada CVTC untuk atur valve timingnya dan CVT untuk pakai transmisi tanpa gigi ? Who knows bisa dan NMI cuman print CVTCnya dan tidak print CVTnya juga ?


Sebab mesin conventional matik Tiida ada label E-AT, dan saya tidak pernah lihat label ini di data Livina, maupun Latio.
Jelas bisa bung, karena CVTC adalah teknologi bukaan katup pada mesin, sedang CVT (Continuously Variable Transmission) adalah teknologi transmisi. Jelas 2 hal yang berbeda.
Contoh mudahnya di Indonesia bisa dilihat di Honda Jazz/New City, dimana mesinnya memakai teknologi VTEC (mirip dengan CVTC di Nissan) sedangkan transmisi otomatisnya menggunakan teknologi CVT.
CMIIW.

Btw, salam kenal semuanya. :)
Last edited by dr.rantisi on 13 Apr 2007, 15:55, edited 1 time in total.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: 21 Sep 2005, 09:21

Post by Sithlord »

Guys, kalau saya bilang, ini mesin sudah bisa kencang, sudah irit. Hitung sendiri pakai Pertamax atau Premium ngak beda gitu jauh kok. Kecuali tiap bulan jalan say 5000 km.


Kalau saya ngak suka additive. Just Pertamax will do....


Tapi kalau mesin boros 1:6, pakai Pertamax atau Premium mungkin lebih berasa. Anyway mesin Livina sudah di ijinkan pakai Premium kok. ATPM ngak mungkin sembarangan ijinkan jika tidak di test. Pasti dah di test, sebab jika tidak, banyak problem nanti ATPM rugi sendiri.


Cuman pasti lebih boros (meskipun ngak akan beda amat jauh juga), dan anda tidak akan bisa manfaatkan the FULL POWER of Livina's machines...


Still, mau pakai Premium, its there for you to use it, apalagi kalau keluar kota lagi terpaksa... Go ahead jika anda tetap mau.... Wong mesin VTEC Stream saya sudah pakai premium sesuai rekomendasi Honda 5 tahun selama ini juga baik baik saja tuh...
foomy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 12 Apr 2007, 13:14

Post by foomy »

Thx bung sithlord, saya cuma penasaran aja. Tapi tetep saya pengen tau pengaruh aditif tuh efek plus minusnya sampe segimana. Anyone yg udah coba pls?
Btw, livina pake Catalytic Converter ga? Kalo ternyata pake, berarti musti pake premium TT dan kalo udah gitu, lebih gampang pake pertamax. Soalnya di bandung ga tau tuh premium TT ada dimana aja. Selama ini ga pernah perhatiin soalnya.
dr.rantisi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 12 Apr 2007, 23:39

Post by dr.rantisi »

foomy wrote:Thx bung sithlord, saya cuma penasaran aja. Tapi tetep saya pengen tau pengaruh aditif tuh efek plus minusnya sampe segimana. Anyone yg udah coba pls?
Btw, livina pake Catalytic Converter ga? Kalo ternyata pake, berarti musti pake premium TT dan kalo udah gitu, lebih gampang pake pertamax. Soalnya di bandung ga tau tuh premium TT ada dimana aja. Selama ini ga pernah perhatiin soalnya.
Seharusnya sudah, karena pemerintah sudah menetapkan standar emisi gas buang Euro II untuk semua kendaraan produksi 2007 ke atas sehingga hampir pasti semua kendaraan produksi baru akan dilengkapi dengan catalytic converter untuk membantu menurunkan kadar emisi gas buang (kecuali mungkin truk). CMIIW.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

kalo soal pindah gigi, gw lebih setuju "...kenali karakter mobil anda. Rasakan RPM paling bawah tapi nggak sampe terasa berat.. " . Daripada menyebut "...sekitar RPM Torsi max...". Kalo macet, cuman dapet gigi 1 dan 2 doang, masa RPM 4400 terus bikin efisien. Bisa jebol ntar..
Justru macat harus gigi 1 dan 2 dong, kalo gigi 3 ya banting klep alias merusak valve. Mesin itu jebol apabila RPM melewati batas redline kalo tinggi2 tapi masih di batas white line mana bisa jebol.

Liat majalah otomotif edisi lalu, di sisi pertanyaan orang ama otomotif tentang bagaimana supaya irit. Dia juga menganjurkan pindah gigi sesuai dengan max torsi. Mungkin LIVINA ini torsinya rada beda ama mobil laen. mobil laen ada yang max torsinya hanya 3500 atau 4000RPM. tapi kan livina 1.8 4800rpm.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

Winata wrote:
kalo soal pindah gigi, gw lebih setuju "...kenali karakter mobil anda. Rasakan RPM paling bawah tapi nggak sampe terasa berat.. " . Daripada menyebut "...sekitar RPM Torsi max...". Kalo macet, cuman dapet gigi 1 dan 2 doang, masa RPM 4400 terus bikin efisien. Bisa jebol ntar..
Justru macat harus gigi 1 dan 2 dong, kalo gigi 3 ya banting klep alias merusak valve. Mesin itu jebol apabila RPM melewati batas redline kalo tinggi2 tapi masih di batas white line mana bisa jebol.
Betul gigi 1 & 2, tapi apa terus dipertahankan RPM 4400..? Apa RPM 2000 aja akan terasa berat..? Naik gigi dari 1 ke 2 di RPM 2500 apakah akan nglitik..? TIDAK, kecuali bawa semen 10 zak. Itu yg misleading dgn istilah " driving di RPM torsi max akan efisien..". Saat macet, gigi 2 kalo RPM 4400 terlalu kencang, lalu dia driving di gigi 1 RPM 4400. Emang nggak langsung jebol sih, tapi RPM segitu gigi 1 selama 1-2 jam bisa2 overheat.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: 14 Mar 2007, 11:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Betul gigi 1 & 2, tapi apa terus dipertahankan RPM 4400..? Apa RPM 2000 aja akan terasa berat..? Naik gigi dari 1 ke 2 di RPM 2500 apakah akan nglitik..? TIDAK, kecuali bawa semen 10 zak. Itu yg misleading dgn istilah " driving di RPM torsi max akan efisien..". Saat macet, gigi 2 kalo RPM 4400 terlalu kencang, lalu dia driving di gigi 1 RPM 4400. Emang nggak langsung jebol sih, tapi RPM segitu gigi 1 selama 1-2 jam bisa2 overheat.
Mesin itu kalo tinggi mana bisa overheat, itu tergantung bagaimana anda maintenance radiator coolantnya. Memang di RPM 2500 ganti gigi memang tidak ngelitik atau kata laen banting klep tapi kita liat disini keiritannnya. Memang suara perpindahan gigi dari 2500 nyaman dan ga berisik mesinnya tapikan kadang mesin bekerja berat untuk menggerakkan mobil di gigi 2 yang dimana titik torsi sehingga waktu sampai gigi 2 anda pijak gas harus dalam2, kalo anda pijak gas sedikit mobil akan lag sedikit majunya dan terjadi keborosan lagi.

Ya uda ujung2nya bagaimana kebiasaan orang bawa mobil deh. Gw sih pake optra tiap rpm 4 ganti gigi soalnya torsi maksnya 4000rpm. Gw dapatin dalam kota 1:9-11 tuh.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 05 Feb 2007, 15:55

Post by ifmarch »

dr.rantisi wrote:
foomy wrote:Thx bung sithlord, saya cuma penasaran aja. Tapi tetep saya pengen tau pengaruh aditif tuh efek plus minusnya sampe segimana. Anyone yg udah coba pls?
Btw, livina pake Catalytic Converter ga? Kalo ternyata pake, berarti musti pake premium TT dan kalo udah gitu, lebih gampang pake pertamax. Soalnya di bandung ga tau tuh premium TT ada dimana aja. Selama ini ga pernah perhatiin soalnya.
Seharusnya sudah, karena pemerintah sudah menetapkan standar emisi gas buang Euro II untuk semua kendaraan produksi 2007 ke atas sehingga hampir pasti semua kendaraan produksi baru akan dilengkapi dengan catalytic converter untuk membantu menurunkan kadar emisi gas buang (kecuali mungkin truk). CMIIW.
Livina udah pake catalytic converter (CC) dimana hasil kompresinya 10.5 : 1 untuk tipe 1.5L dan 9.X (X lupa mungkin 9.8) : 1 untuk 1.8L.

Rasanya pernah dibahas di threat test drive livina di bali coba baca lagi deh, so untuk Livina lebih baik pake pertamax, karena klu pakai premium akan lebih boros. Tapi pake premium juga BISA kok.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 30 Nov 2005, 18:44

Post by Smatic »

dr.rantisi wrote:
foomy wrote:Thx bung sithlord, saya cuma penasaran aja. Tapi tetep saya pengen tau pengaruh aditif tuh efek plus minusnya sampe segimana. Anyone yg udah coba pls?
Btw, livina pake Catalytic Converter ga? Kalo ternyata pake, berarti musti pake premium TT dan kalo udah gitu, lebih gampang pake pertamax. Soalnya di bandung ga tau tuh premium TT ada dimana aja. Selama ini ga pernah perhatiin soalnya.
Seharusnya sudah, karena pemerintah sudah menetapkan standar emisi gas buang Euro II untuk semua kendaraan produksi 2007 ke atas sehingga hampir pasti semua kendaraan produksi baru akan dilengkapi dengan catalytic converter untuk membantu menurunkan kadar emisi gas buang (kecuali mungkin truk). CMIIW.
Bung foomy,

Penggunaan bensin Pertamax di mesin high compression ratio spt GL 1500cc (HR15DE dgn compressi ratio 10,5:1) ndak rugi kok, sbg gambaran aza Tyt Vios (1NZ-FE) juga mempunyai compression ratio yg sama (10,5:1) ketika di tes tabloid Otomotif beberapa tahun yl menghasilkan database konsumsi bensin sbb :
- Kecepatan konstan 100 km/jam : 23,7 km/liter Pertamax
- Dalam kota : 13,5 km/liter Pertamax
- Dalam kota : 10,8 km/liter Premium (20% lebih boros dari Pertamax)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman »

OOT

Tadi mampir ke stand Pertamina di Ibbex JHCC, kembali dipamerkan si "Vigas" alias Vios dengan LGV (LPG).

Dulu waktu di Indogas sempat coba geber2 si Vigas ini, dgn LGV mesin lebih responsive & ketika RPM berkitir sgt. cepat ke 5000 dgn. getaran yg lebih minim (dibanding Pertamax 92).

Nggak lama lagi LGV Pertamina akan launching, kalau Livina pakai LGV, tangki LPG bisa dipasang di "laci" buat naro barang2 kotor di belakang, tersembunyi, rapi & nggak makan tempat.

Mesin HR15DE dgn Comp. ratio 10,5 bila diberi LGV diperkirakan hasilnya akan OK punya, dengan RON 98 timing pengapian bisa selalu dalam posisi "full advanced", akselerasi akan lebih hebat dibanding bila pakai Premium. Si 1.5 A/T akselerasinya bisa lebih nge jozzzzhh :e-dance:

Proyeksi harga LGV per liternya sekitar Rp. 3600 / SLP.

Livina LGV, solusi utk corporate fleet / yg mileage-nya setahun sgt. banyak. :e-dance:


Sorry OOT
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 05 Feb 2007, 08:50

Post by lala »

OOT banget sih ngga juga ya? Soalnya thread ini kan untuk BBM Livina, dan LPG termsk Bahan Bakar juga, walau Bahan Bakar Gas, bukan Minyak. Ngomong-ngomong pengetahuan gw minim banget nih tentang LPG untuk mobil. Tahunya LPG untuk masak. :wink:

Mudah-mudahan para pakar seperti Bung Sithlord, Bung Conan, Bung Smatic, dll mau kasih pencerahan: Bahaya ngga sih? Trus misalnya ada mobil yang pake LPG kecelakaan (amit-amit), langsung meledak ngga tuh mobil? Sorry if pertanyaannya dianggap kampungan. Just curious. :oops:
Last edited by lala on 14 Apr 2007, 09:11, edited 1 time in total.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 30 Nov 2005, 18:44

Post by Smatic »

Turboman wrote:OOT

Tadi mampir ke stand Pertamina di Ibbex JHCC, kembali dipamerkan si "Vigas" alias Vios dengan LGV (LPG).

Dulu waktu di Indogas sempat coba geber2 si Vigas ini, dgn LGV mesin lebih responsive & ketika RPM berkitir sgt. cepat ke 5000 dgn. getaran yg lebih minim (dibanding Pertamax 92).

Nggak lama lagi LGV Pertamina akan launching, kalau Livina pakai LGV, tangki LPG bisa dipasang di "laci" buat naro barang2 kotor di belakang, tersembunyi, rapi & nggak makan tempat.

Mesin HR15DE dgn Comp. ratio 10,5 bila diberi LGV diperkirakan hasilnya akan OK punya, dengan RON 98 timing pengapian bisa selalu dalam posisi "full advanced", akselerasi akan lebih hebat dibanding bila pakai Premium. Si 1.5 A/T akselerasinya bisa lebih nge jozzzzhh :e-dance:

Proyeksi harga LGV per liternya sekitar Rp. 3600 / SLP.

Livina LGV, solusi utk corporate fleet / yg mileage-nya setahun sgt. banyak. :e-dance:


Sorry OOT
Bung Turboman,
Emang Pertamina sdh confirm utk memasarkan LGV ? Khan hal ini sdh dipromosikan sejak thn yl ttp tidak ada realisasinya, jadi mau isi LGV dimana ?
Sekarang aza CNG utk busway yg memasok Petross & bukan 100% Pertamina kok.
Jgn lupa klu pake LGV ndak boleh pake busi dgn material platinum, sebaiknya std busi dgn material iridium.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman »

Smatic wrote:
Turboman wrote:O
Livina LGV, solusi utk corporate fleet / yg mileage-nya setahun sgt. banyak. :e-dance:
Sorry OOT
Bung Turboman,
Emang Pertamina sdh confirm utk memasarkan LGV ? Khan hal ini sdh dipromosikan sejak thn yl ttp tidak ada realisasinya, jadi mau isi LGV dimana ?
Sekarang aza CNG utk busway yg memasok Petross & bukan 100% Pertamina kok.
Jgn lupa klu pake LGV ndak boleh pake busi dgn material platinum, sebaiknya std busi dgn material iridium.

Betul oom Smatic, waktu Indogas bbrp bulan lalu Pertamina sudah gembar gembo akan segera memasarkan LGV, tetapi hingga hari ini masih belum kelihatan progressnya.

Akhir April / awal Mei mrk akan launching LGV, nah moga2 aja sesudah launching dispenser LPG akan segera menyebar di SPBU2 di tiap wilayah kota.

Btw oom Smatic mungkin bisa memberi pencerahanya knp utk LGV nggak boleh pakai busi Platinum ?

Thx sebelumnya oom :mrgreen:
newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 11 Apr 2007, 08:30

Post by newcomers »

All, mau tanya nih kalo mobil gonta-ganti BBM boleh tidak tanpa harus ada penyetelan ulang, contoh 3 bulan lalu pertamax hanya Rp4.750/liter so kan banyak orang yang berpindah dengan mengisi pertamax, but sekarang dimana pertamax sudah Rp5.600/liter orang ada yang balik lagi pake premium, nah kondisi seperti itu sebenarnya diperbolehkan tidak untuk mesin mobil itu sendiri?
Soalnya denger2 dari orang bengkel beda2 semua ada yang bilang mesin harus distel ulang, ada yang bilang tidak masalah tapi tangki harus dikuras dulu, malah ada yang bilang harus dicampur dulu 1/2 premium dan 1/2 pertamax untuk beralih ke jenis BBM yang diinginkandan ada juga yang bilang tidak perlu tindakan apa2 boleh langsung isi sesuka kita kapan saja? sorry agak OOT tapi saya bingung sekali, PLZ Help!!!
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: 17 Jun 2004, 10:00
Location: Jakarta and Bandung
Contact:

Post by datsu »

Turboman wrote:OOT

Tadi mampir ke stand Pertamina di Ibbex JHCC, kembali dipamerkan si "Vigas" alias Vios dengan LGV (LPG).

Dulu waktu di Indogas sempat coba geber2 si Vigas ini, dgn LGV mesin lebih responsive & ketika RPM berkitir sgt. cepat ke 5000 dgn. getaran yg lebih minim (dibanding Pertamax 92).

Nggak lama lagi LGV Pertamina akan launching, kalau Livina pakai LGV, tangki LPG bisa dipasang di "laci" buat naro barang2 kotor di belakang, tersembunyi, rapi & nggak makan tempat.

Mesin HR15DE dgn Comp. ratio 10,5 bila diberi LGV diperkirakan hasilnya akan OK punya, dengan RON 98 timing pengapian bisa selalu dalam posisi "full advanced", akselerasi akan lebih hebat dibanding bila pakai Premium. Si 1.5 A/T akselerasinya bisa lebih nge jozzzzhh :e-dance:

Proyeksi harga LGV per liternya sekitar Rp. 3600 / SLP.

Livina LGV, solusi utk corporate fleet / yg mileage-nya setahun sgt. banyak. :e-dance:


Sorry OOT
Hihi...ini mobil kan tiap hari nongkrongnya di kampus gw.. :D btw, dibandingkan dengan pertamax memang di chart yang dikeluarkan lab motor bakar itb keliatan bahwa secara umum LGV lebih baik daripada pertamax, tapi ternyata masih lebih baik kalo pake pertamax plus.. :D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman »

datsu wrote:
Turboman wrote:OOT
Tadi mampir ke stand Pertamina di Ibbex JHCC, kembali dipamerkan si "Vigas" alias Vios dengan LGV (LPG).
Hihi...ini mobil kan tiap hari nongkrongnya di kampus gw.. :D btw, dibandingkan dengan pertamax memang di chart yang dikeluarkan lab motor bakar itb keliatan bahwa secara umum LGV lebih baik daripada pertamax, tapi ternyata masih lebih baik kalo pake pertamax plus.. :D

Wah, oom datsu di ITB kah ? :mrgreen:

Kalau dibandingin Pert. Plus ya menang Pert. Plus, gasoline density nya lebih padat dr liquid gas, otomatis heating valuenya lebih gede.

Ini comparable-nya ke gasoline RON 92-91 & yg. di bawahnya, apalagi saat skg harga Pertamax yg 5550, sedang harga LGV Rp. 3600 SLP (sama2 non subsidi).

Hanya sayang sekali conversion kitnya sgt. mahal, kalau mileage under 30.000 km / tahun utk pemakaian 5 tahun masih belom menunjukkan penghematan signifikan dr segi fuel cost, idealnya Pemerintah bisa mensubsidi conversion kitnya dgn membebaskannya dr bea masuk / PPN.

Dgn tuntutan emisi yg lebih rendah / makan mahalnya harga minyak bumi maka pemasyarakatan LPG idealnya harus segera diwujudkan, juga dgn LPG interval ganti oli / umur busi akan jauhh lebih panjang, tidak akan ada deposit di intake valve.

Konon saat ini sudah ada bbrp jenis mobil yg dicoba menggunakan LGV, Innova, AvXen, etc. Nah tinggal tunggu aja nanti Livina LGV nya :mrgreen:


Sorry OOT
User avatar
namunac
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 03 Apr 2007, 05:05

Post by namunac »

Salam kenal ...
Jika harga pertamax di kisaran Rp 5600 masih ekonomis menggunakan pertamax daripada premium. Mari kita berhitung dengan asumsi memakai keterangan bung smatic:
Smatic wrote: - Dalam kota : 13,5 km/liter Pertamax
- Dalam kota : 10,8 km/liter Premium (20% lebih boros dari Pertamax)
dan jumlah pembelian pertamax dan premium sama besar Rp 100.000.
Menggunakan pertamax:
13,5 km/Rp 5600 x Rp 100.000 = 241,1 km
Menggunakan premium:
10,8 km/Rp 4500 x Rp 100.000 = 240 km
Jadi menggunakan pertamax masih lebih menguntungkan daripada menggunakan premium.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 30 Nov 2005, 18:44

Post by Smatic »

Turboman wrote: Nah tinggal tunggu aja nanti Livina LGV nya
Bisa-bisa Livina (sedan wagon) LGV diminati pengusaha taksi nih klu konsumsi bensin Livina LGV-nya irit sekali 1:19 (1 km < Rp 200,-/US$ 0.02) :lol: spt promosi disini.
Re to busi platinum is not recommended for gas engine, hal tsb saya baca di bulletinnya Caterpillar & NGK bung ttp tidak disebutkan alasan-alasannya.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post