Mobil SMers yang paling banyak problem?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7372
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
buat brand yg lineups sering kena multi-complex symptom n masih mau jualan di indo...satu solusi u image recovery adalah issuing buy-back guarantee dan bikin trade-in official program in single package deal
pt alun (saat gs-1300 in production), astra (renault 21gtx), starsauto (daewoo espero) pernah lakukan itu dan cukup menolong sales output lifting mrk. gs-1300 dari 8 ke 30 units per month, 1990-93; r-21gtx dari 50 ke 80 units per mth, 1991-92; daewoo tdk diketahui hasilnya tapi mmg ada improvement), hyundai juga pernah tapi biar bulgogi lover sj yg bahas
itu biasanya u perpanjang respiratory life support sblm mati beneran
pt alun (saat gs-1300 in production), astra (renault 21gtx), starsauto (daewoo espero) pernah lakukan itu dan cukup menolong sales output lifting mrk. gs-1300 dari 8 ke 30 units per month, 1990-93; r-21gtx dari 50 ke 80 units per mth, 1991-92; daewoo tdk diketahui hasilnya tapi mmg ada improvement), hyundai juga pernah tapi biar bulgogi lover sj yg bahas
itu biasanya u perpanjang respiratory life support sblm mati beneran
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
hidupin trit ini lagi aaaah
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
keluarga gue jaman dulu pernah 2x punya honda.. 2-2 nya transmisinya bermasalah..... ntah yah apa salah make apa gmn.... (honda fit 2002 dan honda oddysey 2002 3.0L) pdhl mobil2 yg lain matic jg aman2 aja transmisinya...
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Kijang 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Wah odyssey ama fit mah emang agak rawat ATnya, kalo di fit CVT nya geter2 (worst case ampe ga mau jalan/nyentak2), kalo di odys giginya ga mau pindah)...tesna wrote:keluarga gue jaman dulu pernah 2x punya honda.. 2-2 nya transmisinya bermasalah..... ntah yah apa salah make apa gmn.... (honda fit 2002 dan honda oddysey 2002 3.0L) pdhl mobil2 yg lain matic jg aman2 aja transmisinya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Wah ini mah minim jajan atuh om. Masih bagus malah jajan segitu sesuai dgn umur nya, ga aneh2didimmatic wrote: hidupin trit ini lagi aaaah
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Lumayan banyak tuh om, soalnya duit pas pasan, heheheheamfibi wrote:Wah ini mah minim jajan atuh om. Masih bagus malah jajan segitu sesuai dgn umur nya, ga aneh2didimmatic wrote: hidupin trit ini lagi aaaah
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
untung selama ini mobil yg sy punya tidak pernah ada problem.
jazz 2005
- ganti bagian bawah radiator karena pas awal-awal bandara soehatta ada pengalihan jalur ke terminal 2 melewati kantor apa, di pas turunan dan tikungan ternyata ada lubang yg cukup dalam, pas turun mentok kena radiator, jadinya pecah di dekat area selang bagian bawah. Mungkin bisa dibilang problem karena GC terlalu rendah.
- ganti engine mounting dan karet support shock, sama ganti shock. seperti emang karena sudah berumur.
- cvt transmission mulai sedikit merasa gak normal apabila kena macet yang cukup lama. tapi akhirnya keburu dijual sebelum sempat dicek masalahnya.
jazz 2005
- ganti bagian bawah radiator karena pas awal-awal bandara soehatta ada pengalihan jalur ke terminal 2 melewati kantor apa, di pas turunan dan tikungan ternyata ada lubang yg cukup dalam, pas turun mentok kena radiator, jadinya pecah di dekat area selang bagian bawah. Mungkin bisa dibilang problem karena GC terlalu rendah.
- ganti engine mounting dan karet support shock, sama ganti shock. seperti emang karena sudah berumur.
- cvt transmission mulai sedikit merasa gak normal apabila kena macet yang cukup lama. tapi akhirnya keburu dijual sebelum sempat dicek masalahnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Daihatsu ayla ane baru sebulan stirnya kalau diputar ke kanan bunyi klik klik
Terus parking sensornya belum ketemu apa apa aja dah ngomel bunyi mulu
*langsung cabut ke beres daihatsu*
Terus parking sensornya belum ketemu apa apa aja dah ngomel bunyi mulu
*langsung cabut ke beres daihatsu*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: RE: Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Ini mah ga rewel.didimmatic wrote: hidupin trit ini lagi aaaah
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
Head unit, speaker ga masuk perawatan. Spooring bagian maintenis, nggak ada mobil yang stelannya ga berubah karena kaki kaki pasti geser. Ganti tie rod, juga aki masuk consumable parts
* * *
BMW E36 ane lagi rada rewel.
Masuk tahun ke-20, aktuator central lock pada mati. Modul central lock mulai bermasalah. Elektrik mulai rewel. Sebabnya kabel boks sikring mulai tua, banyak sikring yang meleleh. Sementara didiemin masih nunggu part dateng buat rumah sikring.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: RE: Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
...e36 saya lebih pusing lg mas..octafiantos wrote:Ini mah ga rewel.didimmatic wrote: hidupin trit ini lagi aaaah
Mobil ane yg banyak jajan nya itu suzuki sidekick taon 97
Pertama beli second aja di taun 2007 dah ganti motor di 4 jendelanya
Kedua ganti cat semua bodi lalu ganti HU sama nambah speaker
Ketiga tahun lalu, flush radiator, ganti selang radiator, ganti power steering copotan, terus cuci AC, spooring
Ganti dinamo aja pernah kok gara gara aki gamau ngecas ngecas
Sekarang mobil ini dipasrahkan perawatannya sama om ane ehehehe dan kabar terakhirnya pun harus ganti tie rod depan belakang sama ganti aki
Sekarang ane megang daihatsu ayla x elegant AT, jajannya baru stiker "classy men use 2 pedals"
Head unit, speaker ga masuk perawatan. Spooring bagian maintenis, nggak ada mobil yang stelannya ga berubah karena kaki kaki pasti geser. Ganti tie rod, juga aki masuk consumable parts
* * *
BMW E36 ane lagi rada rewel.
Masuk tahun ke-20, aktuator central lock pada mati. Modul central lock mulai bermasalah. Elektrik mulai rewel. Sebabnya kabel boks sikring mulai tua, banyak sikring yang meleleh. Sementara didiemin masih nunggu part dateng buat rumah sikring.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
kmrn udah tes ganti ecu,alternator,modul ac,itu rpm klo idup ac masih lompat lebih dr 1..jd bawa mobil klo lg pelan kadang bisa nyodok2 gitu..
sampe saya minta bongkar intake bersihkan,cek slang2 masih eror..skrg pikiran saya apa ganti kompresor ac..tinggal itu yg blm diganti..
krn ketika idup ac kompresor ketika terdengar mau cut off lgsg on lg..ato lg berputer kompresor seperti on trs on lg(puteran magnit kompresor) jd ada suara gas nguung..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Pengalaman mobil paling rewel.. Soluna 2001 mt. Dijual taun 2008 odo 180rban. Sekaligus jadi toyota paling rewel yg pernah sy pakai
-Ganti bearing belakang ka-ki 4x. Mungkim krn soluna sy sering dimuat 5org jadi overload
-kabel speedometer tiwas 2 x. Gejala awalnya speed suka ngaco.. ditol yg perkiraan ane cuma jalan 60-80kmh itu speedometer bisa lari sampai mentok
-Mesin sk mendadak mati kalau stasioner. Gejalanya mirip kaya throttle body kotor. Kt mekanik idle up sensornya uda ngAco. waktu injak kopling,rpm yg harusnya kembali ke stasioner,ini malah bablas turun terus sampe mesin koit. bener2 bikin panik krn setir mendadak berat krn p/s ga kerja. Sampai dijual nggak saya benerin.
-Evaporator ac ganti 1x
-Tabung muffler kropos bagian dalamnya,shg bunyi besi beradu di rpm tertentu. Padahal sy nggak pernah lewat banjir dan tdk dekat laut
-Ganti bearing belakang ka-ki 4x. Mungkim krn soluna sy sering dimuat 5org jadi overload
-kabel speedometer tiwas 2 x. Gejala awalnya speed suka ngaco.. ditol yg perkiraan ane cuma jalan 60-80kmh itu speedometer bisa lari sampai mentok
-Mesin sk mendadak mati kalau stasioner. Gejalanya mirip kaya throttle body kotor. Kt mekanik idle up sensornya uda ngAco. waktu injak kopling,rpm yg harusnya kembali ke stasioner,ini malah bablas turun terus sampe mesin koit. bener2 bikin panik krn setir mendadak berat krn p/s ga kerja. Sampai dijual nggak saya benerin.
-Evaporator ac ganti 1x
-Tabung muffler kropos bagian dalamnya,shg bunyi besi beradu di rpm tertentu. Padahal sy nggak pernah lewat banjir dan tdk dekat laut
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
7 tahun 180rb km, termasuk odo gede bgt nih ..touchme wrote:Pengalaman mobil paling rewel.. Soluna 2001 mt. Dijual taun 2008 odo 180rban. Sekaligus jadi toyota paling rewel yg pernah sy pakai
-Ganti bearing belakang ka-ki 4x. Mungkim krn soluna sy sering dimuat 5org jadi overload
-kabel speedometer tiwas 2 x. Gejala awalnya speed suka ngaco.. ditol yg perkiraan ane cuma jalan 60-80kmh itu speedometer bisa lari sampai mentok
-Mesin sk mendadak mati kalau stasioner. Gejalanya mirip kaya throttle body kotor. Kt mekanik idle up sensornya uda ngAco. waktu injak kopling,rpm yg harusnya kembali ke stasioner,ini malah bablas turun terus sampe mesin koit. bener2 bikin panik krn setir mendadak berat krn p/s ga kerja. Sampai dijual nggak saya benerin.
-Evaporator ac ganti 1x
-Tabung muffler kropos bagian dalamnya,shg bunyi besi beradu di rpm tertentu. Padahal sy nggak pernah lewat banjir dan tdk dekat laut
Bearing (laher) banyak yg ngaku2 asli pdhl palsu lho om, jd mungkin kepake yg KW
Kabel speedo penyakit soluna nih, jarumnya goyang2 banget di speed rendah ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Dari Page 1 sampe page 7, troublenya gak bakal ada yg ngalahin Hyundai accent ane dulu .
Bahkan livina pun kalah jauh troublenya dibandingin accent ini.
Kalo ditulis bisa panjang banget :
1. Ngebul , turun 1/2 mesin.
2. timing belt putus, kena blok mesin, turun mesin lagi.
3. kerusakan di sitem pendinginan, jadi sering overheat apalagi pas ke puncak, sampe berapa kali bolak balik bengkel.
4. water pump jebol,
5. power steering jebol,
6. fan belt putus pas lagi jalan .
7. kompressor ac jebol.
8. fuel pump rusak , sampe jam 1 pulang dari MKG gara2 mobil gak bisa start.
9. Air flow sensor hampir tiap tahun rusak @ 1,8 juta
10. extra fan rusak.
11. central lock sering rusak mulu, bolak balik atrium ntah udah berapa kali
12. power window gak pernah beres2,dibenerin, gak berapa lama rusak lagi.
13. dll
Bahkan livina pun kalah jauh troublenya dibandingin accent ini.
Kalo ditulis bisa panjang banget :
1. Ngebul , turun 1/2 mesin.
2. timing belt putus, kena blok mesin, turun mesin lagi.
3. kerusakan di sitem pendinginan, jadi sering overheat apalagi pas ke puncak, sampe berapa kali bolak balik bengkel.
4. water pump jebol,
5. power steering jebol,
6. fan belt putus pas lagi jalan .
7. kompressor ac jebol.
8. fuel pump rusak , sampe jam 1 pulang dari MKG gara2 mobil gak bisa start.
9. Air flow sensor hampir tiap tahun rusak @ 1,8 juta
10. extra fan rusak.
11. central lock sering rusak mulu, bolak balik atrium ntah udah berapa kali
12. power window gak pernah beres2,dibenerin, gak berapa lama rusak lagi.
13. dll
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Accent ane kebalikan, baik baik saja. Dulu beli mobil ini buat operasional usaha ma kak. Pertimbangannya karena murah. Setelah sering nanya supir taksi, dan ga ada yang bilang rewel jadi armada taksi, putusin beli. Jadi di 2001 beli accent matik rakitan 1997, masih Bimantara bloknya. Harganya kalo ga salah 63.5jt. Belum facelift, lampu sen belakang masih orange. Km saat itu 38xxx, mobil jarang dipake sama previous owner. Masih bau plastik kasarnya. Di ane baru disiksa, sering banget dipake jarak jauh, Jakarta - Cilacap pp bisa 2-3x seminggu waktu ada proyek.
Di tahun 2005 dilepas, lupa berapa odonya. Perbaikannya selama dirawat minor banget, cuman belt which is consumable part. Tahun lalu lagi nyetir di Wijaya, dari arah berlawanan ada Accent warna kuning keijoan stabilo. Warna ini jarang, jadi refleks liat nopol. Daaan platnya B 1500 LF, ga salah lagi itu mobil yang dulu! Kondisi fisik luar masih kurang lebih sama, cuman rada pudar aja warnanya.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Di tahun 2005 dilepas, lupa berapa odonya. Perbaikannya selama dirawat minor banget, cuman belt which is consumable part. Tahun lalu lagi nyetir di Wijaya, dari arah berlawanan ada Accent warna kuning keijoan stabilo. Warna ini jarang, jadi refleks liat nopol. Daaan platnya B 1500 LF, ga salah lagi itu mobil yang dulu! Kondisi fisik luar masih kurang lebih sama, cuman rada pudar aja warnanya.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
hmm..bisa gitu ya. tuh beres nya hyundai juga kurang ajar, ditanya kenapa rusak ini itu , katanya karena umur..jadi kirain semua accent gitu.octafiantos wrote:Accent ane kebalikan, baik baik saja. Dulu beli mobil ini buat operasional usaha ma kak. Pertimbangannya karena murah. Setelah sering nanya supir taksi, dan ga ada yang bilang rewel jadi armada taksi, putusin beli. Jadi di 2001 beli accent matik rakitan 1997, masih Bimantara bloknya. Harganya kalo ga salah 63.5jt. Belum facelift, lampu sen belakang masih orange. Km saat itu 38xxx, mobil jarang dipake sama previous owner. Masih bau plastik kasarnya. Di ane baru disiksa, sering banget dipake jarak jauh, Jakarta - Cilacap pp bisa 2-3x seminggu waktu ada proyek.
Di tahun 2005 dilepas, lupa berapa odonya. Perbaikannya selama dirawat minor banget, cuman belt which is consumable part. Tahun lalu lagi nyetir di Wijaya, dari arah berlawanan ada Accent warna kuning keijoan stabilo. Warna ini jarang, jadi refleks liat nopol. Daaan platnya B 1500 LF, ga salah lagi itu mobil yang dulu! Kondisi fisik luar masih kurang lebih sama, cuman rada pudar aja warnanya.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
apa saya belinya bekas banjir nih jangan2, soalnya dulu beli second di tahun 2005 ama pedagang, mobilnya tahun 2000 di harga 62 juta, dipakai 4 tahun kemudian dijual lagi 62 juta juga.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
- Location: Padang, West Sumatera
- Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Entah lah padahal jarang dipakai, 8 bulan terakhir cuma jalan 1000km tapi speed sensor ada yang kena lagi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Makanya agak bingung juga, accent setau ane ga pernah ada problem2 aneh, termasuk tangguh kyk soluna jg, punya om bisa segitu banyak list problemnya ...vipere wrote:hmm..bisa gitu ya. tuh beres nya hyundai juga kurang ajar, ditanya kenapa rusak ini itu , katanya karena umur..jadi kirain semua accent gitu.octafiantos wrote:Accent ane kebalikan, baik baik saja. Dulu beli mobil ini buat operasional usaha ma kak. Pertimbangannya karena murah. Setelah sering nanya supir taksi, dan ga ada yang bilang rewel jadi armada taksi, putusin beli. Jadi di 2001 beli accent matik rakitan 1997, masih Bimantara bloknya. Harganya kalo ga salah 63.5jt. Belum facelift, lampu sen belakang masih orange. Km saat itu 38xxx, mobil jarang dipake sama previous owner. Masih bau plastik kasarnya. Di ane baru disiksa, sering banget dipake jarak jauh, Jakarta - Cilacap pp bisa 2-3x seminggu waktu ada proyek.
Di tahun 2005 dilepas, lupa berapa odonya. Perbaikannya selama dirawat minor banget, cuman belt which is consumable part. Tahun lalu lagi nyetir di Wijaya, dari arah berlawanan ada Accent warna kuning keijoan stabilo. Warna ini jarang, jadi refleks liat nopol. Daaan platnya B 1500 LF, ga salah lagi itu mobil yang dulu! Kondisi fisik luar masih kurang lebih sama, cuman rada pudar aja warnanya.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
apa saya belinya bekas banjir nih jangan2, soalnya dulu beli second di tahun 2005 ama pedagang, mobilnya tahun 2000 di harga 62 juta, dipakai 4 tahun kemudian dijual lagi 62 juta juga.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
wah jangan jangan ane korban part palsu padahal selalu beli di toko langganan dan gak pernah bermasalah.amfibi wrote: 7 tahun 180rb km, termasuk odo gede bgt nih ..
Bearing (laher) banyak yg ngaku2 asli pdhl palsu lho om, jd mungkin kepake yg KW
Kabel speedo penyakit soluna nih, jarumnya goyang2 banget di speed rendah ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Bisa jadi, dulu soluna kan banyak jg pemiliknya yg suka kena dapet spareparts palsu/kw dgn harga asli ... Same case di timor jugatouchme wrote:wah jangan jangan ane korban part palsu padahal selalu beli di toko langganan dan gak pernah bermasalah.amfibi wrote: 7 tahun 180rb km, termasuk odo gede bgt nih ..
Bearing (laher) banyak yg ngaku2 asli pdhl palsu lho om, jd mungkin kepake yg KW
Kabel speedo penyakit soluna nih, jarumnya goyang2 banget di speed rendah ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Sejauh yang pernah di pake:
Accord cielo 94
Matic loncat2,
Overheat,
rembes hujan di kaca depan
Bmw 318i E46 (paling menyebalkan, 7 thn dari baru)
plastik2 ringkih & getas
Radiator reservoir bocor
paking bocor (baru 60rb, thn ke 5)
plastik dudukan pwr window retak
kain plafon turun
kaca film depan gelembung (entah ada yg salah dgn kacanya atau gmn, tapi banyak yg begini dgn pattern yg sama)
socket lampu belakang meleleh
transmission failure, engine shut completely in the middle of highway untung steer & brake masih bisa di 'usahakan' sampe menepi
Accord cielo 94
Matic loncat2,
Overheat,
rembes hujan di kaca depan
Bmw 318i E46 (paling menyebalkan, 7 thn dari baru)
plastik2 ringkih & getas
Radiator reservoir bocor
paking bocor (baru 60rb, thn ke 5)
plastik dudukan pwr window retak
kain plafon turun
kaca film depan gelembung (entah ada yg salah dgn kacanya atau gmn, tapi banyak yg begini dgn pattern yg sama)
socket lampu belakang meleleh
transmission failure, engine shut completely in the middle of highway untung steer & brake masih bisa di 'usahakan' sampe menepi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Om, saya korban part palsu: dua kali putus timing belt di dua mobil berbeda.touchme wrote:wah jangan jangan ane korban part palsu padahal selalu beli di toko langganan dan gak pernah bermasalah.amfibi wrote: 7 tahun 180rb km, termasuk odo gede bgt nih ..
Bearing (laher) banyak yg ngaku2 asli pdhl palsu lho om, jd mungkin kepake yg KW
Kabel speedo penyakit soluna nih, jarumnya goyang2 banget di speed rendah ...
Tipe mobilnya sama, Corona twincam 1600 DOHC. Plastik partnya bening Om, tulisannya jelas Toyota Genuine Part, pake bar code pake hologram. Sekali putus di Rasuna Said, itu part beli dan masang di bengkel di pojokan kolong fly over Saharjo. Pemiliknya kata mekanik langganan saya memang suka nipu. Jadi blacklist dari list bengkel. Sekarang nggak tau masih buka apa enggak.
Kedua kali di tol JORR.
Kalo yang ini lupa beli timing belt di mana. Akhirnya kalo beresin mobil ke bengkel Roda Kencana di Pondok Gede. Bengkel binaan Astra. Memang lebih mahal dari bengkel pinggir jalan, tapi sejak betulin mobil di situ sampe akhirnya turunin mesin Corona karena umur, ga pernah rewel. Corona twincam kebetulan kata montir aman kalo putus timing belt, klep ngga nabrak piston. Coba kalo mesin lain, M40B18 SOHC misalnya kaya teman saya. Piston 4 biji yang ketabrak 3. Klepnya pada bengkok, pistonnya cacat. Barang 'cuman' 600 rebu bikin hilang duit berjuta-juta. Kalo Hyundai Accent, memang hampir semua sopir taksi bilang hal yang sama: timing belt genuine partnya wajib ganti sebelum umurnya. Rata-rata wanti-wanti jangan lewat 40k ganti belt dan tensioner. Rekomendasi aslinya dari pabrik 50k.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Pengalaman pribadi/subjektiv, diurutkan dari yang paling badak sampai paling ringkih...
(ringkih = perbaikan berat)
1. Isuzu panther LS Matic, girbox nyerah di odo 370.000an km, overhaul+ganti kopling. Mesin masih joss tapi blok mesin sdh meler oli (mesti turun setengah), onderstel 6 bln sekali servis -> mobil masih dipakaiodo saat ini udah 410.000an
2. Kijang kapsul 1800 & 2000 (thn 2001), mesin nyerah di odo 300.000an, overhaul total (turun mesin), onderstel 6 bulan sekali servis -> hbs turun mesin langsung jual
3. Hyundai Santa Fe SM (gen 1 thn 2001), mesin nyerah harus ganti ring piston dan metal jalan di odo 245.000, parts lain masih superb -> mobil masih dipakai, odo 250.000an
4. Innova D4D (thn 2008/9), mesin nyerah di odo 220.000an, ganti ring piston, metal jalan, blok mesin retak (coolant masuk crankcase), overhaul turbo --> mobil masih dipakai
5. Peugeot 806 (thn 2002/3), mesin nyerah di odo 180.000an, ganti piston+ring, overhaul sinkromesh gearbox dan overhaul turbo --> mobil masih dipakai
6. Honda Odyssey RA (2003), mesin+girbox nyerah di odo 145.000an, turun mesin total ganti piston+ring piston, radiator dll. Relay fan sering mati (rentan overheat)... Girbox ganti kopling dan housing actuator --> mobil masih dipakai odo 155.000an
7. Peugeot 405 sti matic (1995), mesin+girbox nyerah di odo 150.000an, cylinder head kropos, turun stengah mesin dan overhaul matic, relay fan juga sering mati --> masih dipakai
Tidak termasuk rewel karena ganti consumable parts/slow moving parts
(ringkih = perbaikan berat)
1. Isuzu panther LS Matic, girbox nyerah di odo 370.000an km, overhaul+ganti kopling. Mesin masih joss tapi blok mesin sdh meler oli (mesti turun setengah), onderstel 6 bln sekali servis -> mobil masih dipakaiodo saat ini udah 410.000an
2. Kijang kapsul 1800 & 2000 (thn 2001), mesin nyerah di odo 300.000an, overhaul total (turun mesin), onderstel 6 bulan sekali servis -> hbs turun mesin langsung jual
3. Hyundai Santa Fe SM (gen 1 thn 2001), mesin nyerah harus ganti ring piston dan metal jalan di odo 245.000, parts lain masih superb -> mobil masih dipakai, odo 250.000an
4. Innova D4D (thn 2008/9), mesin nyerah di odo 220.000an, ganti ring piston, metal jalan, blok mesin retak (coolant masuk crankcase), overhaul turbo --> mobil masih dipakai
5. Peugeot 806 (thn 2002/3), mesin nyerah di odo 180.000an, ganti piston+ring, overhaul sinkromesh gearbox dan overhaul turbo --> mobil masih dipakai
6. Honda Odyssey RA (2003), mesin+girbox nyerah di odo 145.000an, turun mesin total ganti piston+ring piston, radiator dll. Relay fan sering mati (rentan overheat)... Girbox ganti kopling dan housing actuator --> mobil masih dipakai odo 155.000an
7. Peugeot 405 sti matic (1995), mesin+girbox nyerah di odo 150.000an, cylinder head kropos, turun stengah mesin dan overhaul matic, relay fan juga sering mati --> masih dipakai
Tidak termasuk rewel karena ganti consumable parts/slow moving parts
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Meneer.... itu ipah nya knapa prematur bgt ud turun mesin.... oddy nya jg...
Malah ane ckup amaze ama kapsul nya.... 300rebu br jebol.... biasa 7K kan 100an rebu aj ud ngebul
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Malah ane ckup amaze ama kapsul nya.... 300rebu br jebol.... biasa 7K kan 100an rebu aj ud ngebul
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Yg odyssey dulu maticnya ga bener2 ya om?imsus2c wrote:Pengalaman pribadi/subjektiv, diurutkan dari yang paling badak sampai paling ringkih...
(ringkih = perbaikan berat)
1. Isuzu panther LS Matic, girbox nyerah di odo 370.000an km, overhaul+ganti kopling. Mesin masih joss tapi blok mesin sdh meler oli (mesti turun setengah), onderstel 6 bln sekali servis -> mobil masih dipakaiodo saat ini udah 410.000an
2. Kijang kapsul 1800 & 2000 (thn 2001), mesin nyerah di odo 300.000an, overhaul total (turun mesin), onderstel 6 bulan sekali servis -> hbs turun mesin langsung jual
3. Hyundai Santa Fe SM (gen 1 thn 2001), mesin nyerah harus ganti ring piston dan metal jalan di odo 245.000, parts lain masih superb -> mobil masih dipakai, odo 250.000an
4. Innova D4D (thn 2008/9), mesin nyerah di odo 220.000an, ganti ring piston, metal jalan, blok mesin retak (coolant masuk crankcase), overhaul turbo --> mobil masih dipakai
5. Peugeot 806 (thn 2002/3), mesin nyerah di odo 180.000an, ganti piston+ring, overhaul sinkromesh gearbox dan overhaul turbo --> mobil masih dipakai
6. Honda Odyssey RA (2003), mesin+girbox nyerah di odo 145.000an, turun mesin total ganti piston+ring piston, radiator dll. Relay fan sering mati (rentan overheat)... Girbox ganti kopling dan housing actuator --> mobil masih dipakai odo 155.000an
7. Peugeot 405 sti matic (1995), mesin+girbox nyerah di odo 150.000an, cylinder head kropos, turun stengah mesin dan overhaul matic, relay fan juga sering mati --> masih dipakai
Tidak termasuk rewel karena ganti consumable parts/slow moving parts
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil SMers yang paling banyak problem?
Entah lah meneer...mungkin nasib apesDOHC wrote:Meneer.... itu ipah nya knapa prematur bgt ud turun mesin.... oddy nya jg...
Malah ane ckup amaze ama kapsul nya.... 300rebu br jebol.... biasa 7K kan 100an rebu aj ud ngebul
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Bencana nya dari blok mesin retak, ini mungkin cacat produksi, entahlah...
Ada retak rambut di boring nr 2 dan 3, di bagian tengah. Jadi coolant terhisap baik saat langkah kompresi maupun buang.
Kontaminasi air ini yg bikin metal2 dan ring piston karat dan akhirnya kalah.
Di bengkel ini, seingat saya+mekaniknya udh pernah tangani 3-4 kasus blok d4d yg retak, rata2 thn 08/09
Ketauannya ya pas di turunkan mesinnya, di jeroan mesin banyak permukaan kulit jeruk.
Pas ketauan retaknya ini kebetulan saya dokumentasikan, udh pernah di sharing kan di wasem 2-nya om Yun
Odyssey juga gitu, awalnya sih cuma mau lepas cyl-head, berhubung udah pada meler oli-nya.
Waktu dibuka, ketauan piston oblak karena ring aus. Cari oversize-nya susah, akhirnya boring di liner lagi (tetap pakai piston+ring standard).
Perawatan sama dgn si santi, selalu oli bagus dan bbm bergizi, tapi kalau pemakaiannya justru yg lebih sering disiksa malah si santi
Apesnya lagi, waktu beli packing cyl head-nya, kena barang palsu, padahal jelas kardus dan kemasannya Honda Genuine Part.
Baru dipakai ngga sampai 2000km, temperatur naik terus.
Buka lagi head-nya, kelihata packing nya gosong dan retak retak... dasar sial!
Beli lagi, akhirnya dapat asli (mudah2an), udah jalan 5000 km lebih masih normal.
Kalau si santi ketauannya barusan, awalnya dari pan/carter oli mesin yg udah rembes (mungkin getas karena usia).
Rencananya sih cuma beresin ini, jadi sekalian diintip jeroannya.
Metal jalan di cyl nr1 agak gores-gores dikit, lainnya masih ok. Ya udh ganti sekalian sama ring pistonnya.
Biar sekali kerja gitu... Harga metal2nya ngga terlalu mahal (kalau ngga salah sekitar 300 atau 400rb per set), kalau ring piston dan packing full set nya yg lumayan....
Iya, saya juga heran ini kenapa si kapsul hebat bener...
Padahal sempet ganti knalpot (keropos), ya masih anteng saja.
Yg saya akui level robust-nya emang si bener si Panther.
Sampai odo 400.000km lebih, masih tokcer saja mesinnya. Cuma meler2 dikit di cyl head-nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking