Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Wie81
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Mar 14, 2007 2:38

Post by Wie81 »

Thx atas jawabannya bung wardana.

Saya agak bingung juga soalnya saya sudah tanya2 ke sales encounter nissan katanya 1.5 ada 5 varian dan 1.8 ada 4 varian itupun juga sama dengan yang versi autobild. Katanya yang 1.8 m/t ada 2 varian yang biasa dan luxury. Katanya yang luxury lengkap ada abs, ebd, 2 airbag, jok kulit. Tetapi infonya bisa beda ya. Dari forum ini juga saya liat reply dari bung Asri juga ada 2 versi M/T biasa dan luxury juga. Sebenarnya mana yang benar? Jujur aja orang indo biasanya lebih memilih yang manual daripada matic dan buktinya dari penjualan innova dan vanza yang 80%nya manual. seharusnya ada kasta tertinggi dari livina 1.8 m/t dong.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung wie.

memang saya juga masih tanda tanya dengan variannya livina. informasinya masih simpang siur. mereka (nissan) sangat baik menyimpan rahasia ini. saya juga sdh tanya2 ke nissan mereka juga gak tau varain maupun harganya. katanya tunggu saja pas launching
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Wardana, luar biasa toko anda ! Amat lengkap koleksi info dan photonya ! Jika kita adalah sainggan bisnis, saya bukan mau tutup toko saya sih, tapi saya akan ajukan proposal MERGER, seperti Renault ama Nissan gabung jadi partners !


Anda mungkin baru bisa ngerti kenapa saya dulu saat sudah coba ni mobil sebelum anda, saya kok jadi seperti orang sales Nissan ? Ya anda sadarlah, kita bukan orang Nissan, apalagi jualan. Kita cuman ketemu satu barang yang luar biasa, dan inggin sharing luas ama teman teman, orang lain, supaya mereka ikut gembira dan lupakan yang lain. Toh orang lain ikut interest ama nih mobil kita ngak rugi kok. Malah justru jika kita serakah, diam saja. Supaya mobil kita ngak jadi pasaran, jadi lebih exclusive ! Tapi nice guys like U (and me !) ngak mungkin gitu lah ! Ada kabar baik, pasti sharing dong ! Iya gak ?


Nanti kemana mana jalan penuh dengan Livina its OK ! Biarlah orang lain bisa nikmati hasil kerja keras dan uang mereka !


Oh iya ! Lupa ! Sesudah saya dengar keluhan teman 2 yang inggin versi misalnya 1.8 M/T ultimate etc, saya ada berapa point dan Hsst ! Spy report dari CIA agent saya yang saya lupa bocorkan.


1. Ngak mungkin semua versi di bawa ke Bali. Pasti ada yang tidak hadir. Toh pointnya cuman untuk wartawan dan some lucky Balinese like Bung Wardana untuk bisa lihat dan cicipin versi manual dan matik, 1.5 dan 1.8. Nissan tidak perlu capek capek keluarkan semua versi kok.


2. Ini yang penting, so listen up guys ! Menurut spy CIA report saya, nanti akan ada semacam CUSTOM MADE yang konsumen bisa manfaatkan. Artinya, misalnya a guy inggin beli 1.5 A/T, tapi dia inggin jok kulit. No problem. Tinggal bilang ama orang Nissannya, indicate di SPKnya, dan sesudah anda setuju tambah duit yang di sepakati 2 pihak, nanti Livina 1.5 A/T itu akan di pasang jok kulit !


So bisa saja yang mau beli 1.8 M/T, mau feature, luxnya mirip versi 1.8 A/T ultimate, chancenya besar bisa juga. Asal nambah duit ! Make sense kok. Kita mau tambah duit, mobil tinggal di pasang. Ada uang, ada barang !


Jika CIA report saya benar, akan bikin lebih banyak orang bahagia lagi ! Sebab kebutuhan masing masing orang berbeda, make sense sekali Nissan nanti terima some custom made request, tentu ada batasnya juga pasti, seperti pesan lagu untuk pacar di radio !


So yang mau Livina 1.8 M/T with jok kulit, airbags, keyless entry etc, yaitu M/T ultimate, bisa saja Nissan ada versi ini, atau jika tidak, tinggal request, nambah duit, and U can have yr cake and eat it !
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Sithlord,

terimakasih atas pujiaannya. saya tadinya bingung kok saya dibilang ramai tokonya, saya kan gak jual apa2, gak jual info, gak jual barang. dan gak dapet untung apa2. seperti anda juga saya cuma mau sharing apa yang saya liat dan rasakan, gak ada maksud lain. supaya orang tidak ragu dengan livina.

kelahiran mobil ini sedikit beda dengan brand lain. kalo brand lain belom lahir sudah bocor infonya. livina ini unik sekali. penuh misteri. tapi yang jelas mau varian apa saja pasti puas bawanya. yg penting sekarang hitung duit kalo kurang jual aja mobil yg sekarang untuk dapat mobil ok. feeling saya, saya akan lebih lama pake mobil ini, sebelumnya saya gak bisa lama (paling lama honda jazz 2 tahunan) karena ada aja yg kurang nyaman dll.
User avatar
Masterpiece
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Oct 18, 2005 4:05

Post by Masterpiece »

Guys,

Info dari sales Nissan, mereka akn mulai di training tanggal 20 Maret jadi asumsi I informasi yang lebih pasti mengenai variant dan masing-masing fiture-nya baru bisa kita dapet sesudah tanggal itu.Huh luamaaa banget yah!!
MASTERPIECE
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Oh, toko ramai cuman metaphor doang. Cuman descripsi. Misalnya thread anda banyak yang ikut, join, lihat, comment, ya ramai dong ! Meskipun ngak ada duit. Itulah indahnya forum ini. Ngak seperti Autobild yang photo, info minim, bayar 20,000 untuk 1 halaman. Di sini, bayar uang internet sedikit, plus waktu, kenyang deh ! Coba majalah mana saat ini yang selengkap info Livina ?


Bung Masterpiece, sesudah training pun belum tentu mereka tau semua. Sebab NMI itu dari dulu saya tau sering simpan rahasia sampai titik akhir !


All that I know is, sales Nissan yang saya kenal bilang, kalau ngak salah hari ini, berapa marketing Nissan akan di kasih kesempatan test drive Nissan Livina ini di daerah Cibubur. Maybe supaya marketing sudah cicipin sendiri dan tau betapah enaknya ini mobil, nanti saat jualan, pasti nada dan confidencenya jadi amat tinggi, dan lebih meyakinkan.


Sebab orang jual roti yang sudah dia makan, dan rasa enak itu pasti gayanya beda banding jika dia belum coba sendiri. Good strategy NMI ! Yr marketing people tentu harus di kasih coba juga !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Lupa lagi. Guys, saya baru lihat hati hati photo no. IMG 3181. Jelas sekali ini mobil meskipun mantap di tol, tapi ground clearancenya ngak rendah juga lo !


Lihat dengan jelas. Ground clearancenya ngak serendah sedan ! Lebih tinggi ! Jadi lewat banjir wajar dan jalan rusak tapi kondisi masih wajar gampang sekali. No problem ! Juga ngak takut polisi tidur !


Pasti center of gravitynya di design rendah, supaya clearance lumayan, tetap stabil di tol !


Carlos Ghosn, team designer yang anda recruit OK ! Gaji gede yang anda bayarkan ke mereka ngak sia sia ! Malah saya dengar salah satu orang penting di team design Livina ini adalah the same guy yang design X-Trail !
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

kalo gua bilang, memang dr harga Livina ini sdh jelas lebih mahal dr Avanza. jadi sdh pasti lebih bagus dr mrk (mustinya..)

cuman krn kita semua belum ada yg pernah pakai dlm waktu cukup lama, hanya test drive. First impression sih bagus. tapi maksud gua, belum ketauan apakah nanti hasil produksi masalnya bisa tetep berkualitas bagus (sesuai spesifikasi awal). takutnya ntar ada cacat2 dr pabrikan, seperti kasus2 xenia/avanza, bahkan juga jazz & innova.

belum lagi layanan service bengkel2 nissan itu yg gua sama sekali ga tau reputasi mereka. yg gua tau sih, indomobil bagian motor ga gitu bagus servicenya... tau deh indomobil nissan service gmana.

bung sithlord, mnurut anda yg sdh pake serena bertahun2, gmana service nissan? dlm hal kualitas service and customer satisfaction khususnya. n, kalo ada masalah, bagaimana mrk handlenya? asal mau bela diri, atau mrk gentleman?

trus sparepart juga jadi kekuatiran gua sendiri...hehehe takut mahal. kalopun harga mobil value for money, tapi sparepart mahal... tetep aja ga value for money donk...:)
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Hunter,

memang anda betul kadang test drive nggak cukup apalagi kalo cuma sebentar, tapi tempo hari saya cukup jauh (sekitar 15 km) dan lama karena macet di ground zero kuta.

kemarin siang saya coba telpon ke nissan iseng nanya livina yg dikuta apa masih ada, ternyata mereka sudah kembali kejakarta jam 2 siang, saya baru kepikiran coba saya tau mungkin saya akan ikut sampai gilimanuk (penyebrangan) terus kembali ke denpasar naik bis, waahh bakal puas tuh test drivenya, nyesel banget telat taunya.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung sith lord

livina keliatan pendek bukan dari ground clearencenya. yg membuat dia kelihatan kecil tinggi body livina gak setinggi avanza apalagi inova. ground clearance pas banget. ini lebih pas disebut wagon bukan minibus (MPV)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Hunter, pertanyaan anda bagus sekali. Justru menunjukan anda serius, dan ngak mau salah hitung. Let me help U.


Remember, saya pakai Serena sudah 2 tahun lebih. Dan tiap kali service, pasti di Indomobil Nissan. Ngak mau saya bawa mobil harga 270+ juta ke bengkel sembarangan.


First, sebelum saya cerita experience saya, anda harus tau, berapa kali survey menunjukan, justru kepuasan service Nissan sangat tinggi. Malah kalau ngak salah tahun lalu, mereka di atas ! No.1 ! Di atas Toyota, Honda, bahkan BMW dan Mercy ! Did U know that ? Jika anda mau, saya ada buktinya. But saya yakin anda percaya ama saya.


Betul, long time ago Nissan not so good. Sebab dulu Nissan under old management dan saat itu Indomobil lebih berkuasa. Today, anda harus tau, NMI have full control of everything Nissan. Indomobil cuman jadi distributor. Dan today's Nissan management sudah baru. CEOnya saja sudah bukan orang Jepang.


Now, saya pemilik Honda dan Nissan. Let me tell U the difference :

Honda

1. Sudah 2 kali ada, kalau service, service advisornya tawarkan pakai jalur tidak resmi, bisa lebih murah. Anda pasti ngerti maksud saya lah. Yes, memang bisa hemat kantong saya, tapi it tells me, Honda Prospect Motor control service centernya kurang ketat, sampai penyakit khas Indonesia bisa masuk. Sorry Honda. Its true, meskipun tentu bukan semua service advisor Honda begitu. I lose some respect for the brand as a result. Gimana sih controlnya ? Mungkin Honda pakai system franchise, misalnya Istana Kemakmuran tentu managementnya beda ama Imora. Jadi service qualitynya bisa lebih variatif.


Kalau Nissan, semua di bawah payung Indomobil, with NMI control ketat dari atas.


2. Sometimes, saya order sparepart, very simple. Contoh sekali, cuman tutupan foglamp yang hilang. Sudah saya pesan, tapi as time goes by, ngak ada kabar. Maybe mereka pikir itu part murah, dan ngak penting. Jadi mereka " lupa ". Ya sudah. Memang cuman tutupan foglamp, ngak penting sekali. Akhirnya saya juga " ya sudah ". Hemat uang juga. But it tells me something about their committment to customers. Toh saya rela bayar kok. Bukan minta gratis. Juga nilanya bukan 5000, tapi puluhan ribu ! Ngak gede memang, tapi ....


3. Minta check kenapa lever bangku baris 2nya ada 1 yang ngak berfungsi. Jawabnya, rusak. Then saya tanya, berapa ongkos perbaikinya ? Jawabnya " Ngak ada biaya di daftarkan untuk kerjaan ini ". So, kesannya again, ngak penting, mereka ngak inggin kerjakan. Terlalu ramai mungkin ? Once again, saya pikir, OK. Ya sudah. Untung cuman lever, toh jarang pakai untuk access ke baris 3. But again, shows commitmentnya di mana ?


4. Kalau saya masuk area bengkel, selalu di usir. Sampai oli yang saya pesan benar di ganti atau tidak, dan jika iya, apakah merek yang benar, atau ambil dari drum Mesran, how will I know ?


Nissan


1. I am the King there. Why ? Saya ke area bengkel, untuk saksikan langsung oli yang saya beli di masukin. Di perbolehkan. Malah beli oli sendiri boleh. Kalau Honda ? No ! Harus beli dari mereka. Ngak terima oli dari tempat lain. What if saya fans berat say Castrol atau Havoline ? Ganti di bengkel tidak resmi dong ? Honda sendiri kehilangan income dari saya juga akhirnya.


2. Pokoknya ada urusan kecil pun seperti sekali, Serena saya perutnya kesenggol jalanan benjol di S Parman. Saya takut karatan. Saat service mobil di naikan, saya request tolong di lapisi coating untuk tutupin luka ringgan di perut mobil saya. Dan montirnya do as I say ! Ngak alasan " Biayanya ngak terdaftar ". Dan enaknya, saya ngak di charge untuk kerjaan simple tapi penting itu.


FYI, saya ngak pernah kasi uang tip ke montir Nissan, sebab saya respect mereka, dan ngak mau hanggap mereka itu seperti kuli di airport. Saya hanggap mereka itu professional yang sudah di gajikan tiap bulan. And they behave like professionals !


Benar, mungkin ngak semua bengkel Nissan sebagus itu, dan ngak semua bengkel Honda se " malas " itu, tapi itulah pengalaman saya berapa tahun antara 2 merek ini.


So, loyalty saya mulai pindah ke Nissan, apakah heran dan aneh ?


Mengenai sparepart, anda harus sadar, sparepart Nissan jaman sekarang wajar. Misalnya sparepart X-Trail ama CRV, Fortuner mirip. Ada yang lebih mahal, ada yang lebih murah. Tapi +- ngak beda jauh.


Dan Livina pasti lebih murah lagi. Sebab anda pikir, X-Trail harga 270+ juta. Livina 1.5 say 150 juta. Jika kita assumsi harga mobil adalah A+B+C+D+......, mana mungkin A nya Livina lebih mahal dari A nya X-Trail ? Jika mayoritas sparepart Livina lebih mahal dari X-Trail, seharusnya harga mobilnya juga sama atau lebih mahal dong ?


Contoh, A nya Innova ama A nya Camry apakah sama, atau Camry lebih mahal, atau Innova bisa lebih mahal atau sama dengan Camry ? Get what I mean ?


Anyway, jangan terlalu focus ke sparepart terus. Toh mobil Jepang gimana pun, ngak akan segila mobil macam BMW. Anyway, sparepart murah tapi low performance atau lebih sering aus, rusak, sama aja bohong kan ?


Serena saya pakai 2+ tahun, ngak ada yang rusak. So mau keluar uang apa ? Tahan banting ni mobil. Jika mobil sering rusak, sparepart murah juga merepotkan. Trust me, sparepart Nissan, apalagi model CKD, acceptable. Yang cenderung mahal adalah model CBU. Toyota or Honda juga sama. Pasti mahal.


Misalnya, Toyota imagenya kan sparepart murah. Nah, coba banding harga sparepart Alphard ama X-Trail. Siapa yang murah ? Mau murah dan gampang ? Beli model CKD ! Atau CBU ex-Thailand yang dekat. Kalau CBU Jepang pasti lebih mahal dan lama.


Kalau anda ngak percaya, silahkan banding harga fast moving X-Trail ama CRV. Atau Fortuner. Anda akan sadar, Nissan spareparts OK ! Jangan gampang percaya isu. Check dan recheck sendiri, or percaya saya sudah pakai Serena 2 tahun lebih.


Any other questions ?
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

Sithlord wrote:
So bisa saja yang mau beli 1.8 M/T, mau feature, luxnya mirip versi 1.8 A/T ultimate, chancenya besar bisa juga. Asal nambah duit ! Make sense kok. Kita mau tambah duit, mobil tinggal di pasang. Ada uang, ada barang !



So yang mau Livina 1.8 M/T with jok kulit, airbags, keyless entry etc, yaitu M/T ultimate, bisa saja Nissan ada versi ini, atau jika tidak, tinggal request, nambah duit, and U can have yr cake and eat it !
setau saya untuk aksesori optional seperti jok kulit, wood panel,fog lamp, velg racing etc biasanya aksesori tersebut di pasang di dealer ybs.....

bagaimana untuk kelengkapan yang HARUS dipasang di pabriknya?
contoh:
saya ingin Livina 1.5 M/T dgn 4 airbags, kontrol traksi plus ABS,EBD&BA.
apa dealer bisa memasangnya sendiri?

atau saya ingin ford ranger RAS dgn spek 4x2, dual airbags plus ABS........karena setau saya, ford indonesia cuma menyediakan tipe RAS 4x4 tanpa airbags & ABS

atau saya ingin kijang innova tipe E diesel A/T dgn dual airbags & ABS.......

menurut saya, dealer tidak melayani permintaan "nyeleneh" demikian malah akan di sarankan untuk beli tipe yang tertinggi.........mereka (dealer) tidak mau ambil pusing soal begituan......kecuali kita order dengan jumlah yang banyak (c/o: untuk perusahaan)

pengalaman saya, saya sempat naksir hyundai Getz........saya sempat mau indent Getz dengan tambahan dual airbags & ABS........bahkan saya sempat di pertemukan dengan manager dealer tsb........namun akhirnya mereka tidak bisa memenuhi permintaan saya......dengan alasan, indentnya "cuma" 1unit......

kadang2 saya sirik dengan customer mobil di eropa&jepang......mereka bebas pilih kelengkapan untuk mobilnya seperti kita memilih menu masakan.....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

U are right. Custom madenya juga ada batasnya... Ada boundarynya juga.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sedikit klarifikasi. Artinya saya di tawarkan jalur tidak resmi bukan untuk SELURUH kerjaan dan biaya full service Honda saya.

Artinya saya, misalnya untuk bagian ini, jasanya misalnya lewat resmi berapa, tapi saya ngak usah lapor, kasih tip saja dan lebih murah. Itu dia. Lebih murah, tapi :


1. Tidak resmi. So ngomong kasarnya, karyawan makan duit perusahaan kan ? Meskipun duitnya ngak gede. Tapi thats not good ! Juga mungkin hubunggan karyawan ama management kurang harmonis, sampai karyawan tega begitu.


2. Ngak resmi, nanti kalau kerjaannya ngak beres, siapa yang jamin ?
Tanggung ? Thats why saya tiap kali di tawarkan begitu, saya ngak mau.


Pemilik Honda tapi ngak perlu takut ama ngomongan saya, sebab saya yakin ngak semua bengkel Honda begitu. My favourite Honda service center yang lumayan bagus adalah Honda Kelapa Gading. Staff ceweknya ada satu yang cantik lo ! Matanya gede seperti di cartoon Jepang !


Tapi sayang, oli tetap ngak boleh beli sendiri. Harus pilih dari mereka, dan saya perhatikan, kayaknya Honda hubunggan ama Top1 dekat, sebab selalu di anjurkan pakai Top1 !


Yang bengkel Honda yang " malas " itu, ya saya ngak mau bocorkan lah. Ngak enak. Asal pemilik Honda harus pintar cari yang bagus. Ngak semua sama bagusnya. Try Honda Kelapa Gading !
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Livina oh Livina....
Engkau sebagai innova killer tetapi tidak ada jurus sakti yang engkaukeluarkan. apa sih kelebihan livina?

Benar kata bung wie81, Karena orang indonesia biasanya banyak
yang lebih memilih M/T dan dari info bung Wardana livina
tidak mengeluarkan M/T yang ulitimate alias yang paling lux
maka kita bandingkan innova V M/T dan livina 1.8 XV Manual
saja.

Innova V M/T sudah ada Multi Information Display, AC DIGITAL,
MP3 PLAYER, 2000CC tetapi agak boros memang, double blower,
reverse parking sensor, optitron meter, lebih bongsor dan
kemungkinan pasti akan melakukan facelift dengan menambah
kelemahan2nya (hukum alam artinya untuk bertahan harus
mengeluarkan jurus yang baru dan saya lagi tunggu2 itu).
sedangkan livina untuk menjadi innova killer haruslah
mengeluarkan jurus yang tidak ada di innova seperti airbag
eh... malah airbag tidak ada alias dispecdown, ac digital
malah dispecdown jadi yang biasa, brake assist(BA) juga
dispecdown jadi tidak ada. dengan body yang lumayan gede ga
ada double blower, cd single din tidak ada mp3, tidak ada
foglamp, keyless entry yang dijanjikan juga tidak ada alias
spec down, dari sini kita rangkumkan apa sih kelebihan
livina?????? Maybe keiritan dan 6 m/t aja kelebihannya (Not
So Value For Money) tetapi hanya dengan ini apakah bisa
disebut innova killer menurut gw sih "killed by innova".

Jujur aja di china livina geniss jun yi 1.8 6m/t adalah
varian yang paling rendah dengan harga lebih kurang 170.000
yen alias 187jtan OTR tetapi sudah ada dual airbag, AC
DIGITAL, BA, sampai2 yang kasta paling atas ada side curtain
airbag, dll, seperti yang saya baca di website china dan
review oleh stlhlord. Bayangkan di Indonesia ga salah
harganya 180jt juga tetapi apa yang didapat sih??. Mungkin
Nissan Indonesia anggap orang2 di sini bodoh tidak perlu
safety kali ya dan bisa untung lebih gede dari orang2 sini.
Pokoknya heboh Nissan LIVINA tidak seheboh yang dibayangkan
deh...Malah dikecewakan..



Kalau saya sih lebih menunggu Chevrolet Captiva saja. Sebagai
SUV 7 Seater tetapi memiliki kenyamanan sebagai MPV 7 Seater,
soalnya leg room baris ketiga diklaim sangat nyaman.
Kelebihannya melebihi livina dan innova. Bayangkan dengan
harga 180jt-225jt(versi autobild), mesin 2000cc Diesel CDI
150hp/4000RPM, 300NM/2000RPM wow....... bobot mobil ga salah
ga sampai 1500kg dengan torsi begitu nyusss.nyusss.nyusss
tarikannya, ga salah versi diesel lebih senyap daripada yang
bensin. Irit klaIm 1:15-18. Percaya atau tidak percaya
terserah bayangkan aja yang panther dan kijang diesel 2500 cc
saja 1:13-15 kenapa yang 2000cc tidak bisa.
Fitur:
ENTRY LEVEL (LS M/t) saja sudah ada ABS, EBD, HBA(HYDRAULIC
BRAKE ASSIST), DUAL AIRBAG, ROOF AIRBAG, HILL DESCENT
CONTROL(HDC), All Independent Hydraulic Suspension. Kalau
yang Lux sampai ada ESP, Digital AC, Side Curtain Airbag, Jok
KUlit, TV in Dash, semua jok baik drive maupun semua
penumpang dilengkapi elektrik jok, ARP (Active Rollover
Protection). Dan jangan takut akan dispecdown soalnya mobil
ini utuh diimport dari Thailand.

Mungkin orang2 berpikir apa sih merk chevy ini. bakal turun
harga resalenya dan merupakan produk korean juga. Tapi jangan
salah Chevy lagi mengerebak untuk menjadi The best 5 di peta
Otomotif indonesia karena didukung oleh penggantian manajemen
yang baru. Ga salah Chevy baru mulai debut di Indo tahun 2001
dan sebelumnya sempat bangkrut akibat badai ekonomi Indonesia
dan perlu diketahui bahwa tahun 70-80an chevy sangatlah
disegani. dan dari segi produk korean ini jangan takut karena
sudah ada standarisasi dari GM dan rata2 technician juga dah
berasal dari GM asli yang ditempatkan korean. soalnya kalo di
buat di amerika bakal mahal jadinya.

Menurut saya ini baru heboh dan akan mengubah peta otomotif
indonesia. Captiva akan mengalahkan livina yang tanggung dan
innnova yang boros. Captiva diam2 akan melakukan gebrakan
pasar gemuk (karena termasuk kategori 180juta - 225juta) ga
seperti livina yang dihebohkan sebelumnya tetapi dikecewakan
dan chevy akan melakukan promosi besar2an. Dan dari informasi
majalah dan internet rencananya GMI akan menambah sampai 40
dealer di seluruh INdonesia.

Maaf no offense for nissan livina maupun innova. Soalnya
kesal kenapa di INdonesia ATPM2 selalu spec down mobilnya
padahal buktinya livina di china ga dispecdown saja harganya
bisa murah. dan captiva saja bisa murah kenapa di livina
INdonesia tidak? Tanya kenapa..........

Oh ya custom made menurut saya ga bakal ada deh. Kalo bisa ada gw bakal semua yang ada kaya xdrive, idrive hehe bercanda
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

hehe kalo saya sih ga anti chevrolet. tadinya malah naksir zafira second krn barunya muahal banget. tp aftersalesnya not so good. sekarang loh. kalo mau nunggu bbrp tahun lagi, saya ga sanggup :)

sampe skrng, pilihan gua sebetulnya cuman 3, yaitu Xenia, Avanza n Livina ini. meskipun sebetulnya Livina agak dipaksakan, harganya cukup jauh lebih mahal sih. tadinya cuman kepikiran xenia n avanza.

n sejujurnya sih nurut gua Livina dengan segala kelengkapannya ini emang ga terlalu "atraktif" buat gua, khususnya dngn harganya 140-150jt.
tp gua rasa, Livina di Indonesia akan tetep sukses. mungkin ga langsung mengalahkan innova, tapi tetep eksis n bbrp tahun ke depan, pasti akan lebih atraktif. tapi siapa tahu, ada keajaiban dengan konsumen Indonesia yg sdh capek dengan mobil yg itu2 aja. kalo gua sih capek n bosan...hehehe
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Gw juga gak anti Chevy or merk lainnya apalagi chevy kebanyakan di import dari thai. Tapi pengalaman temen gw waktu beli spark, resale valuenya bener-bener anjlok, tahun pertama jual kembali bisa susut 40%. Siapa yang mau kalau begini ???

Klu Innova yang payah emang boros bbm-nya, fitur seperti apapun yang ditawarkan tapi kalau tiap minggu harus keluar uang lebih mahal 50ribu.... no way, lah.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Sithlord wrote: Dan Livina pasti lebih murah lagi. Sebab anda pikir, X-Trail harga 270+ juta. Livina 1.5 say 150 juta. Jika kita assumsi harga mobil adalah A+B+C+D+......, mana mungkin A nya Livina lebih mahal dari A nya X-Trail ? Jika mayoritas sparepart Livina lebih mahal dari X-Trail, seharusnya harga mobilnya juga sama atau lebih mahal dong ?


Contoh, A nya Innova ama A nya Camry apakah sama, atau Camry lebih mahal, atau Innova bisa lebih mahal atau sama dengan Camry ? Get what I mean ?
Logikanya gak kaya gini terus..hati hati.. Pad Kit depan vios saya baru diganti..cuman beda sedikit ama punya altis..istilahnya replaceable ama altis.. dan kenapa orang pada pake punya altis? termasuk saya? karena harganya hanya 470ribu. beda dengan asli yang kode sparepartnya buat vios itu 700 ribu..

Tidak darklord..tidak selamanya sparepart untuk mobil berbanding lurus dengan harga mobilnya...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

heee,,,... akhirnya sy indent nich t.jadi dulu 1 jt, warna sich blm pilih krn mau warna hitamnya gimana.
Ambil yg versi luxnya dgn hrg blm tahu, dan rangenya nggk bergeser jauh di 214 juta.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

wah selamat bung donny, kalo menurut saya warna orangenya bagus kok, cb deh ntar kalo liat aslinya, pasti kepincut. grillnya itu loh, keren abiss..
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

BTW, ttg resale value. Kalo mo sukses, NMI harus hati2 nih. Kalo perlu niru Hyundai Indo yg menjamin harga jual kembali (dgn syarat2 tertentu) u/ sekian tahun.

Jgn sampe baru 1-2 minggu launching, udah ada beberapa Livina di iklan baris Poskota dgn harga super murah. Mending kalo bener ada yg jual, tapi kalo jam 4 pagi ditelp semua nya udah laku, khan bingung jadinya.... :D Ini iklan beneran apa bo'ongan..?
User avatar
Masterpiece
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Oct 18, 2005 4:05

Post by Masterpiece »

Bung wardana,

Velg yang 1.8 kayaknya di-polish ya soalnya kelihatan mengkilap tuh sedangkan yang 1.5 nggak ( warnanya kelihatan dop ) ,betul gak ?

Thanx
MASTERPIECE
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

sama kok, barusan saya cek di foto sama persis kok (cb deh liat pic yg di gudangupload.com). mungkin sudat pandang kamera yg membuat pelek tdk mengkilat.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Menurut saya resale value itu tidak tergantung dari sebuah merk maksudnya merk2 itu pasti resale valuenya anjlok. Misalnya asal ada produk baru dari chevy pasti anjlok nilainya. Tetapi resale value itu ada prosesnya, yaitu bagaimana animo masyrakat terhadap model tersebut, dukungan ATPM pada jaringan after salesnya seperti sparepart murah, promosi2. Contohnya kita liat Nissan Xtrail sebelum dikeluarkan nissan,merk nissan semua mobilnya nilai resale valuenya anjlok seperti teranno, sentra dan serena terdahulu. Tetapi terobosan dan gebrakan nissan, xtrail bisa diterima di hati masyarakat dan mulai membaik resale valuenya. Dulu honda crv tidak begitu memperhatikan xtrail, tetapi lambat laun malah xtrail penjualannya melebihi crv sehingga crv melakukan pembenahan sana sini untuk menyaingi xtrail.

Setahu saya captiva didukung total oleh GMI yang presdir sampai manejemennya sudah ganti total. Dukungannnya adalah dengan menambah 40 jaringan sales and servis di INdonesia, harga captiva yang reasonable (180jt-225jt), model yang cocok untuk orang INdo karena 7 Seat sesuai dengan sistem kekeluargaan indonesia, value for money dan irit 1:15-18. Maka dengan ini akan ada proses terjadinya resale value tersebut. Oh ya resale value kijang juga ada prosesnya puncaknya adalah kapsul biarpun minim teknologi dan safety, tetapi kijang innova memperlihatkan preses menurun pada resale valuenya. Innova hanya mengandalkan nama kijang terdahulu untuk mempertahakan resale value tanpa ada dukungan yang lebih. Coba tanya salesnya apa sih kelebihan innova mereka hanya menjawab KIJANG GITU LOCH....
So......dalam 2 taon ini orang2 sudah tahu kelemahan innovakan.

Intinya aja deh resale value itu ada prosesnya.

Ya udah balek ke forum asli tersebut tetang livina deh daripada ntar dibilang promosi captiva... Sebenarnya livina sudah saya kejar2 informasinya dari dulu sampai saya baca semua majalah yang ada livinanya dan cari di google tetang specnya, dan akhirnya saya ketemu http://www.nissan-geniss.com.cn. berhubung saya bisa bhs mandarin saya dapatkan semua spec2 dan harga nissan yang diproduksi di CHine terseub. Yang terendah itu versi manual 6 m/tnya dan 4 varian lagi yang a/t dan 1 lagi yang limited. Yang limited sampai ada side curtain airbagnya tuh. So gw sangat tertarik dengan mobil ini dengan harga yang murah dimulai dari 170000yen - 230000yen.

Pertama2 saya kira bahwa mesin 1.8 yang di CKD di INdonesia bakal persis dengan yang china ditambah dengan versi 1.5nya. Oh ya di china tidak ada yg versi 1.5. Kenapa saya asumsikan sama karena nissan klaim bahwa ini adalah produk global dan harganya rentang di 140jt - 220jt sama dengan di china 170rb yen - 230rbyen, dan china memproduksi yang stir kiri untuk diexport sedangkan indonesia sebagai basis stir kanan yang akan diekspor.

Tetapi akhirnya saya dapatkan varian2 yang ada di INdonesia dan kaget kok fiturnya dispecdown semua. Brake assist tidak ada disemua varian termasuk ultimatenya, AC digital juga tidak ada meskipun yang ultimate, saya liat digambar china bahwa memhidupkan mesin tidak pakai kunci tetapi ada knob yang bisa digeser yang fungsinya mirip tombol on/of start mesin kaya Toyota yaris, tetapi di indo tidak ada juga fitur tersebut meskipun juga dah ultimate, ada fitur2 laen lagi yang mungkin saya lupa.
Dari sini bisa disimpulkan bahwa pihak NMI yang selama ini menyembuyikan spec livina, rupanya lagi kaji fitur2 apa yang biasanya dipentingkan oleh orang Indonesia, jika tidak dari dulu NMI dah mengembar-gembor fiturnya persis dengan yang di China itu.

Dengan fitur2 tersebut di china NISSAN DONGFENG CHINA saja sudah untung apalagi NMI yang specdown fitur2 tersebut betapa besar keuntungan yang diraup dan dari refferensi salah satu majalah international bahwa Indonesia adalah surga bagi para industri otomotif dunia memang betul. (Dibenak saya wah... KIJANG KAPSUL YANG GA ADA TEKNOLOGI DAN SAFETY BISA SEMAHAL NISSAN LIVINA GENISS DI CHINA APALAGI ISUZU GRAND TOURING RP 210JT BETAPA GEDE UNTUNGNYA ISUZU INDONESIA)

Seharusnya harganya livina 100jt-170jt baru reasonable. Atau kalau 140jt-220jt ya harus disamakan dengan yang nissan livina di china. Kan namanya produk global.. Setuju ga??

Sekarang saya hanya bisa berdoa dan berharap supaya NMI mengeluarkan kejutan2 bagi konsumennya deh...
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Benar kata bung wie81, Karena orang indonesia biasanya banyak
yang lebih memilih M/T dan dari info bung Wardana livina
tidak mengeluarkan M/T yang ulitimate alias yang paling lux
maka kita bandingkan innova V M/T dan livina 1.8 XV Manual
saja.

Belum tau pasti ada Livina M/T ultimate atau tidak. Jangan yakin dulu tidak ada .... Bung Wardana saja sendiri belum yakin. Dia sudah bilang dia juga belum dapat info yang pasti. Masih secret final line-upnya.

Innova V M/T sudah ada Multi Information Display, AC DIGITAL,
MP3 PLAYER, 2000CC tetapi agak boros memang, double blower,
reverse parking sensor, optitron meter, lebih bongsor dan
kemungkinan pasti akan melakukan facelift dengan menambah
kelemahan2nya (hukum alam artinya untuk bertahan harus
mengeluarkan jurus yang baru dan saya lagi tunggu2 itu).

Tahukah anda Innova V M/T itu berapa duit ? sekitar 207 juta. Dengan harga segitu sudah bisa dapat Livina 1.8 ultimate, dengan airbags, ABS, EBD, dan who knows, keyless entry ! Memang Innova ada MID, AC digitall, reverse parking sensor, optitron, tapi kalau saya mending dapat mobil irit, kencang, mesin halus, peredam bagus dari pada suara motor dan bajai masuk cabin terus. Malah Innova V M/T cuman ada ABS. Tidak ada airbag, ngak ada EBD. Toh Nissan sudah belajar dari Toyota, di kasih AC digital, optitron etc, konsumen ngak mau. Pada lari ke Innova G semua. Yang beli Innova V cuman sedikit.


Maybe Nissan pikirnya beda. Mereka pikir konsumen Indo ngak banyak yang mau nikmati optitron, dan itu MID malah tiap saat ingatkan ownernya betapa borosnya itu mobil. Wah ! Mending jangan ada MID deh. Sakit hati lihatnya. Dan AC digitall ama AC puteran, toh asal dinggin, bisa stel speed AC, konsumen ngak gitu ribut juga akhirnya.


Reverse parking sensor ? Kalau saya mending reverse camera, atau tidak sama sekali. Sebab sensor, jika benda di belakang mobil rendah dan kecil (seperti banyak drum kecil yang kadang ada di jalanan Jakarta), kalau pas di belakang antara sensornya, ngak bisa di deteksi. Rekan bisnis saya baru cerita minggu lalu Innova dia sudah 2 kali tabrakan belakangnya, sebab dia terlalu percaya sensor, tapi bendanya kecil dan ngak tinggi, di antara sensor ngak ke deteksi !

Uang sensor itu mending saya tukar ama peredam yang bagus !

Double blower ngak ada kan sudah di selesaikan lewat lobang AC paten. Anda sudah baca laporan bung Wardana atau belum ??


MP3 ? Justru Nissan biasanya sangat royal dalam hal kasih fasilitas versi topnya, seperti Serena, X-Trail. Malah saya yakin versi topnya bisa saja nanti di kasih Mp3 atau bahkan DVD / TV ! Lihat saja. Malah keyless entry bisa jadi nanti. Konsumen mending mana yah ?


1. Mobil bongsor, boros, ada MID yang inggatkan borosnya ini mobil, reverse sensor yang bikin orang lupa pakai mata dan sering tabrakan, ABS only, atau


2. Mobil dimensi pas untuk Indonesia, cabin nyaris sama ama Innova, malah baris 3nya lebih enak, mesin halus, hampir 2 kali lebih irit, kencang, peredam bagus, ngak pusing dengar suara luar, ABS, EBD, airbags, leather seat, etc. Dengan harga yang sama. Malah saya yakin Livina 1.8 M/T limited bisa lebih murah dari Innova V M/T.

Innova akan facelift dan upgrade ? Jika iya, mukjizat ! Selama Toyota dan TAM masih sangat PD ama mereka sendiri, ngak bakalan ! Mereka akan bergerak jika penjualan sudah turun drastis. Jika tidak, jangan harap deh. Masa sih ngak tau sifat mereka yang serba pelit dari jaman dulu ?


Anda sudah hitung belum saat bilang Livina ngak bisa banding ama Innova V M/T ?

sedangkan livina untuk menjadi innova killer haruslah
mengeluarkan jurus yang tidak ada di innova seperti airbag
eh... malah airbag tidak ada alias dispecdown, ac digital
malah dispecdown jadi yang biasa, brake assist(BA) juga
dispecdown jadi tidak ada.

Airbag siapa yang bilang tidak ada ? Di versi high end sudah pasti ada. AC digitall ama biasa apakah beda jauh dan konsumen Indo benar suka padanya ? Toh Innova V gagal banding G. Jangan lupa. BA tidak ada ? Well, at least Livina ada ABS, EBD, airbags. Innova cuman ABS, dan harganya sama ! What are U talking about ? :roll:

dengan body yang lumayan gede ga
ada double blower, cd single din tidak ada mp3, tidak ada
foglamp, keyless entry yang dijanjikan juga tidak ada alias
spec down, dari sini kita rangkumkan apa sih kelebihan
livina??????

Sudah di bilangin, ada system airflow ke baris 3, ngak perlu double blower, dan jangan assumsi dulu di kasih DIN apa atau ada ngak MP3. Saat ini belum ada orang yang tau pasti nanti ultimatenya di kasih apa. Anda orang Nissan bukan ? Kok sudah yakin ? Masih mau minta keyless entry ? Don't worry nanti ada kok. Ngak ada pun memang Innova ada ?
Foglamp tidak ada ? Dengar dari siapa ? Ibu anda ? Versi top end sudah pasti ada ! Aduh, info anda ini dari mana semua ? Sudah yakin belum ?

Maybe keiritan dan 6 m/t aja kelebihannya (Not
So Value For Money) tetapi hanya dengan ini apakah bisa
disebut innova killer menurut gw sih "killed by innova".

Killed by Innova ? U think so ? Lets see eh. Innova V saja mati di tanggan Innova G yang cuman beda 20 jutaan. Livina dengan irit BBM yang nyaris dua kali lipat dengan ada versi lebih murah 30-40+ juta banding Innova G, anda masih yakin Innova akan selamat dan tetap jadi no.1 ?


Not value for money ? Tanya saja teman teman Innova apakah value for money ? Dari segi apa value for money ? Jika iya, kenapa volume Innova V sangat kecil, jarang di lihat di jalan ?

Jujur aja di china livina geniss jun yi 1.8 6m/t adalah
varian yang paling rendah dengan harga lebih kurang 170.000
yen alias 187jtan OTR tetapi sudah ada dual airbag, AC
DIGITAL, BA, sampai2 yang kasta paling atas ada side curtain
airbag, dll, seperti yang saya baca di website china dan
review oleh stlhlord. Bayangkan di Indonesia ga salah
harganya 180jt juga tetapi apa yang didapat sih??. Mungkin
Nissan Indonesia anggap orang2 di sini bodoh tidak perlu
safety kali ya dan bisa untung lebih gede dari orang2 sini.
Pokoknya heboh Nissan LIVINA tidak seheboh yang dibayangkan
deh...Malah dikecewakan..

Di Indo pajak mobil itu tinggi. Jadi banyak ATPM terpaksa specdown untuk menekan harga. Jangan bilang Nissan, justru Toyota, Honda, Suzuki dan Daihatsu menjadi pelopor specdown, apalagi Toyota, dengan specdown kijang yang sudah terjual begitu banyak. Honda juga ikut dengan Jazz. So jika anda bilang Nissan hanggap orang sini bodoh, sama lah Toyota dan Honda dan lainnya. Toh GM sendiri akhirnya ikut juga. Chevrolet Tavera harganya di bawah 200 juta. Isinya apa itu mobil ?

Kalau saya sih lebih menunggu Chevrolet Captiva saja. Sebagai
SUV 7 Seater tetapi memiliki kenyamanan sebagai MPV 7 Seater,
soalnya leg room baris ketiga diklaim sangat nyaman.
Kelebihannya melebihi livina dan innova. Bayangkan dengan
harga 180jt-225jt(versi autobild), mesin 2000cc Diesel CDI
150hp/4000RPM, 300NM/2000RPM wow....... bobot mobil ga salah
ga sampai 1500kg dengan torsi begitu nyusss.nyusss.nyusss
tarikannya, ga salah versi diesel lebih senyap daripada yang
bensin. Irit klaIm 1:15-18. Percaya atau tidak percaya
terserah bayangkan aja yang panther dan kijang diesel 2500 cc
saja 1:13-15 kenapa yang 2000cc tidak bisa.
Fitur:
ENTRY LEVEL (LS M/t) saja sudah ada ABS, EBD, HBA(HYDRAULIC
BRAKE ASSIST), DUAL AIRBAG, ROOF AIRBAG, HILL DESCENT
CONTROL(HDC), All Independent Hydraulic Suspension. Kalau
yang Lux sampai ada ESP, Digital AC, Side Curtain Airbag, Jok
KUlit, TV in Dash, semua jok baik drive maupun semua
penumpang dilengkapi elektrik jok, ARP (Active Rollover
Protection). Dan jangan takut akan dispecdown soalnya mobil
ini utuh diimport dari Thailand.

Saya kirain anda fans Honda. The Power of DREAMS ! Dream on teman ! Mimpi lah ! Ngak bakal semurah itu ! Lihat Hyundai Santa Fe baru yang pakai mesin diesel modern. Berapa duit tuh mobil ? Padahal Hyundai biasanya jurusnya harga murah. Tapi itu dia, diesel modern tidak murah.


Saya juga lagi penasaran dengan captiva ini. Tapi anda berbuat satu kesalahan besar ! Yaitu, anda assumsi harga dia adalah 180-225 juta. Autobild ngak selalu accurate beritanya. Itu mobil kalau saya bilang, akan masuk range harga X-Trail dan CRV. Sekitar 250+ juta ! Sudah beda classnya ama Livina yang 140-215 juta.


Anda yakin baris 3 SUV ini bisa lega ? Seumur hidup saya belum pernah ketemu baris 3 yang enak di SUV. Fortuner yang begitu besar saja tau sendiri. Not that I don't like this SUV, tampangnya sih bagus, tapi be realistic. SUV ngak bakal bisa lega baris 3nya. Cobalah Fortuner, Volvo XC90, rush / Terios, Ford Everest etc. Kalau bisa, dan harga 180 juta, gue yakin bisa laku juga ! Mungkin saya akan beli juga ?!


Captiva memang looks like a good car, tapi sayangnya, serious ,sejak Blazer salesnya turun sampai hentikan produksi, GM masih in trouble in Indonesia. Kalos saja yang lumayan bagus ngak di terima. Don't get me wrong, jika Captiva dengan fasilitas yang anda sebutkan bisa benar 180 juta, maybe bisa menarik banyak pembeli. Tapi percaya saya, JIKA Captiva 180-225 juta, dengan mesin segede gitu (pajaknya tinggi) mau ngak mau Captiva juga PASTI di specdown juga. Lets see shall we ?


Coba, tell Us anda dapat kabar tentang Captiva ini dari mana ? Kita si forum ini sudah lama amatin mobil mobil, kagak ada anggin sama sekali tentang Captiva. Dengan fasilitas seperti Santa Fe baru dan harga 180-225 juta ? Friend. I think U are Alice in Wonderland !