Resonator/Tabung knalpot

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bobby Sant
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Sep 09, 2006 6:18

Resonator/Tabung knalpot

Post by Bobby Sant »

Sorry kalau sudah pernah dibahas.



Gua udah pasang tabung tengah bikinan Indo Jaya di Avanza.

Nih reviewnya :

Dikutip dari http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=421

Nungguin Otomotif yg katanya Manut mau direview, ternyata sampai berita ini ditulis belum nongol juga.

Katanya Manut, tabung ini bisa untuk hilangin sendat, ngiritin bensin, dan nambah power.

Setelah dapat informasi nomer telepon dari salah satu intel AXN (AvanzaXenia.Net) Mr.Kinoy yang juga menjadi pelawak di AXN Cool, gua meluncur ke TKP.

Menurut Pak Mulyono (pemilik bengkel Indo Jaya Knalpot), tabung ini diciptakan oleh Bpk.Taqwa (Garden Speed) untuk mobil drag race.

Tabung ini bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan termasuk Avanza, Xenia XI, dan Xenia LI. Tabung ini juga berkhasiat mengurangi sendat pada Avanza Xenia.

Harga Rp.250,000.


Waktu pengerjaannya cuman 45 menit.

Tabung Indo Jaya dipasang diantara tabung besar dan tabung kecil.
http://www.avanzaxenia.net/attachment.php?aid=79
http://www.avanzaxenia.net/attachment.php?aid=75

Untuk diameter, lebih besar sedikit dibanding pipa knalpot aslinya. Panjang kira-kira 25cm.

http://www.avanzaxenia.net/attachment.php?aid=78
Lubang penangkap aliran gas buang.
http://www.avanzaxenia.net/attachment.php?aid=77
Lubang untuk mengeluarkan gas buang yg ditangkap.

Gua gak gitu ngerti waktu dijelasin cara kerjanya. Katanya, gas buang akan terperangkap dan menjadi cadangan.Mungkin untuk tendangan balik kali ya?

Hasilnya :

1. Mobil gak sendat, memang dari awal juga gak sendat soalnya udah dipersempit FBnya.

2. Tarikan lebih ringan disegala putaran. Jadi mirip yg VVT-i:P

3. Suara mesin halus pada putaran tinggi.

4. Kalau gas dibejek, RPM cepat naik tapi begitu dilepas gasnya RPM agak lambat turunnya.

5. Engine break halus banget. Hati-hati nyelonong:D.

Barusan gua udah tes konsumsi bensin. Isi sampai full lalu jalan didalam kota BSD sepanjang 20 KM. Kondisi jalan gak macet, mesin gua geber sampai RPM 5000 sekali-kali, masuk jalan perumahan juga.

Udah capek, bosen muter2 gak ada tujuan akhirnya tiba di Pom bensin yg sama, isi sampai full.

Hasilnya : 1 : 15,7 (1 liter dapat 15,7 KM).

Sebelum pasang tabung ini paling top cuman dapat 1:13,6. Kondisi jalan tol dari BSD lewat tol simatupang lalu tol dalam kota dan turun di Tg.Priok. Jalan konstan di 80km/jam , RPM 3000. PP kira-kira 120km.
Kalau dalam kota (BSD) paling top cuman dapat 1:12 dengan kondisi jalan gak lewat RPM 3000.

Harusnya, makin panjang jaraknya makin irit krn kecepatan konstan sering terjadi. Beda dgn test drive gua tadi yg jalannya tidak bisa konstan krn ada lampu merah, ada tikungan, ada polisi tidur ,dsb AC juga gua nyalain dua-duanya (sampai dingin banget)

Menurut gua iritnya terbukti dan tenaganya enak terus disegala putaran.

Untuk sendat, nanti dicoba dengan filter boks yg masih standar.
Last edited by Bobby Sant on Wed Sep 13, 2006 17:19, edited 1 time in total.
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

fotonya ga bisa liat...
User avatar
Bobby Sant
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Sep 09, 2006 6:18

Post by Bobby Sant »

Linknya diklik dong...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

mesti join forun avanzaxenia dulu ya baru bisa liat ? udah diklik tapi diharuskan login