(ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
(ask) masalah aki, alternator atau regulator.
assalamualaikum.
mohon pencerahan dari senior sekalian..
saya lagi ada masalah (sepertinya) tentang kelistrikan, puyeng juga karna banyak yg musti di cek2 . langsung aja kronologisnya gini bos..oya, ini yang bermasalah taft f70
1 sekitar awal agustus udah ganti aki baru, karena sebelumnya di cek bengkel katanya aki soak.
2 sebelum ganti aki tiap start pagi bisa sampe tiga kali glow-start baru nyala ni mesin. tapi abis ganti aki baru tiap pagi tok cer banget stater, sekali glow-start langsung jreng..
3 akhir2 ni baru mulai lagi om, gejala seperti nomer dua sebelum ganti aki. parahnya sampe bikin rodagila rontok akibat sering2 starter diulang2 tapi sekarang udah ganti rodagila, starter set.
4 sekarang ini gitu lagi gan udah mulai 2 smpe 3 kali glow-start baru nyala tu mesin..
apa kira2 yang bermasalah ya om, mohon pencerahan.
apakah karena aki yang sudah tidak bisa menyimpan arus, atau alternatornya bermasalah, atau ada kebocoran arus..atau hal2 lain yang membutuhkan analisis mendalam pada senior.
ni yang udah saya lakukin liburan panjang kemaren.
1 bawa ke bengkel dinamo, katanya oke semua, ganti glow plug 4 biji. bawa pulang, pagi tetep aja.
2 sekedar info ini sudah saya cek tegangan dan arus pada masing2 titik. mungkin bisa jadi pertimbangan analisa om sekalian.
pengukuran arus dan tegangan pada soket alternator
a mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A
b mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu-ac-tape, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A (sama spt kondisi tanpa beban).
c mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 14,5V
d mesin hidup langsam, aki dilepas, beban lampu, kondisi redup; kalo mesin di gas kondisi semakin terang (tidak diukur arusnya)
pengukuran arus pada kutub aki (-) dan bodi.
e mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 0A
f mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu, nilai arus sekitar 20A ; kalo mesin di gas, nilai arus turun menjadi sekitar 0A bahkan minus semakin tinggi rpm mesin,
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan kaki (-).
g mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
h mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan ground (bodi).
i mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
j mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
mohon analisa dan pencerahannya..
terima kasih,
salam hormat.
mohon pencerahan dari senior sekalian..
saya lagi ada masalah (sepertinya) tentang kelistrikan, puyeng juga karna banyak yg musti di cek2 . langsung aja kronologisnya gini bos..oya, ini yang bermasalah taft f70
1 sekitar awal agustus udah ganti aki baru, karena sebelumnya di cek bengkel katanya aki soak.
2 sebelum ganti aki tiap start pagi bisa sampe tiga kali glow-start baru nyala ni mesin. tapi abis ganti aki baru tiap pagi tok cer banget stater, sekali glow-start langsung jreng..
3 akhir2 ni baru mulai lagi om, gejala seperti nomer dua sebelum ganti aki. parahnya sampe bikin rodagila rontok akibat sering2 starter diulang2 tapi sekarang udah ganti rodagila, starter set.
4 sekarang ini gitu lagi gan udah mulai 2 smpe 3 kali glow-start baru nyala tu mesin..
apa kira2 yang bermasalah ya om, mohon pencerahan.
apakah karena aki yang sudah tidak bisa menyimpan arus, atau alternatornya bermasalah, atau ada kebocoran arus..atau hal2 lain yang membutuhkan analisis mendalam pada senior.
ni yang udah saya lakukin liburan panjang kemaren.
1 bawa ke bengkel dinamo, katanya oke semua, ganti glow plug 4 biji. bawa pulang, pagi tetep aja.
2 sekedar info ini sudah saya cek tegangan dan arus pada masing2 titik. mungkin bisa jadi pertimbangan analisa om sekalian.
pengukuran arus dan tegangan pada soket alternator
a mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A
b mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu-ac-tape, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A (sama spt kondisi tanpa beban).
c mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 14,5V
d mesin hidup langsam, aki dilepas, beban lampu, kondisi redup; kalo mesin di gas kondisi semakin terang (tidak diukur arusnya)
pengukuran arus pada kutub aki (-) dan bodi.
e mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 0A
f mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu, nilai arus sekitar 20A ; kalo mesin di gas, nilai arus turun menjadi sekitar 0A bahkan minus semakin tinggi rpm mesin,
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan kaki (-).
g mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
h mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan ground (bodi).
i mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
j mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
mohon analisa dan pencerahannya..
terima kasih,
salam hormat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
cuma mau komentar point G dan H,
Tegangan 11,5 V menandakan aki benar-benar kosong (atau sedang pengosongan dengan arus besar?)
Seharusnya tegangan aki 11,7 V open circuit saja menandakan sudah aki kosong.
Kalau di kijang saya, mesin idle tegangan aki sekitar 13,5V. Kalau di gas tegangan naik menjadi 14 - 14,5 V.
Tegangan 11,5 V menandakan aki benar-benar kosong (atau sedang pengosongan dengan arus besar?)
Seharusnya tegangan aki 11,7 V open circuit saja menandakan sudah aki kosong.
Kalau di kijang saya, mesin idle tegangan aki sekitar 13,5V. Kalau di gas tegangan naik menjadi 14 - 14,5 V.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
waduh..brarti saat pengukuran di kaki2 aki harus semua kabel yang terpasang harus lepas ya om?
memang saat akan dipasang timbul percikan api, mungkin saat malam ada yang berbeban sehingga pengosongan aki erus berjalan..
kalo dari pengukuran tersebut, apakah alternator bekerja dengan normal ya?
memang saat akan dipasang timbul percikan api, mungkin saat malam ada yang berbeban sehingga pengosongan aki erus berjalan..
kalo dari pengukuran tersebut, apakah alternator bekerja dengan normal ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Tue Jan 10, 2012 6:31
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
kalo dilihat kayaknya antara alternator dan aki.
IMHO
tegangan aki normalnya 12,xx V saat mesin mati
saat mesin nyala biasanya 13-14 V
IMHO
tegangan aki normalnya 12,xx V saat mesin mati
saat mesin nyala biasanya 13-14 V
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Ukur saja dengan Tang ampere dan tegangan kepala aki.
Kalau tegangan di kepala aki < 12,6V dan tang ampere terlihat ada arus, berarti alternator tidak mengisi. Harusnya indikator aki juga menyala.
Kalau tegangan di kepala aki < 12,6V dan tang ampere terlihat ada arus, berarti alternator tidak mengisi. Harusnya indikator aki juga menyala.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Kabel bodi ganti total. Kemungkinan kabel2 bodi sudah pada getas atau ada yg terkelupas atau ada yg di-bypass or bekas di-bypass tidak tersambung dgn benar, bodi sdh banyak dempulan shg kabel2 massa tidak bersentuhan langsung dgn plat.
CMIIW...
CMIIW...
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Kalo mobil dah berumur mmg keseluruhan kabel harus di cek, kabel2 engine bay, juga yg di balik dasbor
Ini pengalaman ane dgn Katana tuwir ane yg belom lama ganti Fusible link, re wiring ulang bbrp kabel di balik dasbor
Kalau mmg mau cek keseluruhan kabel boleh kontak "Dokter kabel" langganan ane : ko Hengky ( A Chien) 081905686669
beliau punya tools sgt lengkap, kerja sgt rapi (ala pabrikan), dan orangnya sgt paham teori kelistrikan / perkabelan.
*Bukan sales bengkel / workshop*
Ini pengalaman ane dgn Katana tuwir ane yg belom lama ganti Fusible link, re wiring ulang bbrp kabel di balik dasbor
Kalau mmg mau cek keseluruhan kabel boleh kontak "Dokter kabel" langganan ane : ko Hengky ( A Chien) 081905686669
beliau punya tools sgt lengkap, kerja sgt rapi (ala pabrikan), dan orangnya sgt paham teori kelistrikan / perkabelan.
*Bukan sales bengkel / workshop*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
terima kasih atas semua penjelasan para senior sekalian..
langkah sekarang mo di pilah pilah dulu kabel yang menimbulkan arus walau mesin off dan kontak off.
kemarin saya ukur di aki (-) dan bodi ada arus sekitar 0,03A (30 mA). lumayan nyedot juga kalo gini kondisinya
@om turboman : tu ko hengky lokasinya dimana ya om?
langkah sekarang mo di pilah pilah dulu kabel yang menimbulkan arus walau mesin off dan kontak off.
kemarin saya ukur di aki (-) dan bodi ada arus sekitar 0,03A (30 mA). lumayan nyedot juga kalo gini kondisinya
@om turboman : tu ko hengky lokasinya dimana ya om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Setau saya di SM ini ada user yang spesialis bahas Aki...dan rokok
Sayang beliau akhir-akhir ini kurang aktif online, tapi coba di PM atau email saja, saya yakin yg bersangkutan pasti respon kok, ini dia kontaknya:
sjamsul
ini contoh trid beliau buat bacaan:
Perlakuan thd aki & embel2nye....
perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Sayang beliau akhir-akhir ini kurang aktif online, tapi coba di PM atau email saja, saya yakin yg bersangkutan pasti respon kok, ini dia kontaknya:
sjamsul
ini contoh trid beliau buat bacaan:
Perlakuan thd aki & embel2nye....
perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
hehe..makasih infonya om imsus2c
langsung saya pm, mungkin beliaunya mmg lagi sibuk.
langsung saya pm, mungkin beliaunya mmg lagi sibuk.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
coba masuk ke grup bbm sm, nanti dikasih nomernya langsung. biar bisa langsung ke rumahnya. alat2nya byk bgt. bengkel accu aja kalah lengkap...
.......................................................
.......................................................
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@tepwan:
bro, bisa tlg potoin akinya.... ane mau lihat apakah kabel2 di kepala aki kondisinya msh bagus atau ada yg kurang bagus...
Salah satu penyebab starter agak lama adalah kabel utama di kepala akinya kurang baik jepitnya.....jadi suplai arus listrik ke starter kurang sempurna.....solusinya bisa pakai tambahan relay starter .....
Masalah voltage pada aki, ane pernah test ..... pada mobil diesel spt panther n kijang diesel, saat langsam voltage 14,1 volt dg memakai tang amper digital merk 'Kyoritsu'....saat ada beban spt lampu n ac, voltage sama....beda dg mbl bensin.... begitu ada beban, voltage turun.....
btw klo mbl sdh dipakai jalan, apakah hal ini msh terjadi atau cuma di pagi hari aja ?
smoga bermanfaat......
bro, bisa tlg potoin akinya.... ane mau lihat apakah kabel2 di kepala aki kondisinya msh bagus atau ada yg kurang bagus...
Salah satu penyebab starter agak lama adalah kabel utama di kepala akinya kurang baik jepitnya.....jadi suplai arus listrik ke starter kurang sempurna.....solusinya bisa pakai tambahan relay starter .....
Masalah voltage pada aki, ane pernah test ..... pada mobil diesel spt panther n kijang diesel, saat langsam voltage 14,1 volt dg memakai tang amper digital merk 'Kyoritsu'....saat ada beban spt lampu n ac, voltage sama....beda dg mbl bensin.... begitu ada beban, voltage turun.....
btw klo mbl sdh dipakai jalan, apakah hal ini msh terjadi atau cuma di pagi hari aja ?
smoga bermanfaat......
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
wah siap bang sjamsul..nanti sorean langsung aku photo, sekalian mo ukur2 lagi untuk update pengukuran
kalo rapat tidaknya menurut saya sudah bang, udah pake tang kalo ngencengin
yang sering mesin susah on di pagi hari bang, kalo udah dipake sekitar sejam kadang masing butuh glow sekali baru hidup mesin.
ntar aku taruh disini sekalian gambarnya..
terima kasih.
kalo rapat tidaknya menurut saya sudah bang, udah pake tang kalo ngencengin
yang sering mesin susah on di pagi hari bang, kalo udah dipake sekitar sejam kadang masing butuh glow sekali baru hidup mesin.
ntar aku taruh disini sekalian gambarnya..
terima kasih.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
maaf baru bisa ukur tadi pagi bang..
ini hasilnya,
hasil ukur teg. kepala aki,
mesin mati : 12,4V -> mungkin karena diam selama 3 hari
(1) mesin hidup langsam (1000rpm) : 12.6V
(2) mesin hidup digas : 13.2V
hasil ukur kaki alternator
(3) mesin hidup langsam (1000rpm) : 12.72V
(4) mesin hidup digas : 14.02V
foto2 berikut..maaf bwk
(1)
(2)
(3)
(4)
mohon pencerahannya..terima kasih
ini hasilnya,
hasil ukur teg. kepala aki,
mesin mati : 12,4V -> mungkin karena diam selama 3 hari
(1) mesin hidup langsam (1000rpm) : 12.6V
(2) mesin hidup digas : 13.2V
hasil ukur kaki alternator
(3) mesin hidup langsam (1000rpm) : 12.72V
(4) mesin hidup digas : 14.02V
foto2 berikut..maaf bwk
(1)
(2)
(3)
(4)
mohon pencerahannya..terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Di Puri Agung, perempatan Daan Mogot - JORR W1tepwan wrote: @om turboman : tu ko hengky lokasinya dimana ya om?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
wahh gbrnya jelas bgt.. btr ane panggil propesor accu lg....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Permisi.....Nubi ikutan nyimak
Sekalian mau nanya,mumpung ada para pakar masalah aki.
Kondisi aki dkk di boil ane ini termasuk normal atau tidak [sebelumnya mmg tdk ada masalah] ane cuma kwtr aja terutama klo terjadi overcharge dn dr pd nanti bermasalah di jalan.
Kondisi mati hasil ukur 12.6volt ,mesin idle tanpa beban 13.9volt dg beban hampir penuh headlamp,a/c jg audio,ukur voltase 13.7v...pemakaian harian pp kantor-rumah,pake aki basah dan ane cek cairan aki ga berkurang/lama,sktr 2 bln baru berkurang sdikit,apakah ini normal?oia semua di ukur di terminal aki dg multitester fluke77
Mohon pencerahan para pakar dimari...
Terimakasih sebelumnya.
Sekalian mau nanya,mumpung ada para pakar masalah aki.
Kondisi aki dkk di boil ane ini termasuk normal atau tidak [sebelumnya mmg tdk ada masalah] ane cuma kwtr aja terutama klo terjadi overcharge dn dr pd nanti bermasalah di jalan.
Kondisi mati hasil ukur 12.6volt ,mesin idle tanpa beban 13.9volt dg beban hampir penuh headlamp,a/c jg audio,ukur voltase 13.7v...pemakaian harian pp kantor-rumah,pake aki basah dan ane cek cairan aki ga berkurang/lama,sktr 2 bln baru berkurang sdikit,apakah ini normal?oia semua di ukur di terminal aki dg multitester fluke77
Mohon pencerahan para pakar dimari...
Terimakasih sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@tepwan:
bro, klo bisa coba tambahkan kabel relay starter & tambahkan juga kabel ground atau kabel masa. Kabel ground satu ke mesin, satu lagi ke body......(Dgn asumsi kondisi mesin misalkan injector dll dalam keadaan baik yah.....)
Klo bisa tlg fotoin kepala akinya aja yg positip, ane mau liat dg jelas apakah terminalnya dijepit dg baik, krn di foto tsb ga gitu jelas, krn ada halangan.....
Btw apakah nt pake alarm di mbl tsb ?
Smoga bermanfaat..........
bro, klo bisa coba tambahkan kabel relay starter & tambahkan juga kabel ground atau kabel masa. Kabel ground satu ke mesin, satu lagi ke body......(Dgn asumsi kondisi mesin misalkan injector dll dalam keadaan baik yah.....)
Klo bisa tlg fotoin kepala akinya aja yg positip, ane mau liat dg jelas apakah terminalnya dijepit dg baik, krn di foto tsb ga gitu jelas, krn ada halangan.....
Btw apakah nt pake alarm di mbl tsb ?
Smoga bermanfaat..........
Last edited by sjamsul on Fri Nov 23, 2012 4:57, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
wlp ane belon jadi pakar aki, tp ane coba kasi pencerahan sedikit.....outlaw wrote:Permisi.....Nubi ikutan nyimak
Sekalian mau nanya,mumpung ada para pakar masalah aki.
Kondisi aki dkk di boil ane ini termasuk normal atau tidak [sebelumnya mmg tdk ada masalah] ane cuma kwtr aja terutama klo terjadi overcharge dn dr pd nanti bermasalah di jalan.
Kondisi mati hasil ukur 12.6volt ,mesin idle tanpa beban 13.9volt dg beban hampir penuh headlamp,a/c jg audio,ukur voltase 13.7v...pemakaian harian pp kantor-rumah,pake aki basah dan ane cek cairan aki ga berkurang/lama,sktr 2 bln baru berkurang sdikit,apakah ini normal?oia semua di ukur di terminal aki dg multitester fluke77
Mohon pencerahan para pakar dimari...
Terimakasih sebelumnya.
klo diliat dr tulisan nt, mk kondisi aki masih bagus......terlihat dari sedikitnya penambahan air aki............
smoga bermanfaat.............
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@bang sjamsul.. baik bang, ntar sorean mo foto2 lagi.
kemarin sempat ukur2 arus saat kontak off dan mesin off.
ternyata ada 3 kabel yang berbeban (berarus) dengan kondisi tsb diatas.
1. yg mengarah ke power window
2. menuju tape dan ampli
3. ini yg belum tahu, kabel warna putih 6mm, waktu kbl tsb dilepas, semua indikator listrik mati semua walo kontak di on kan. nah, ini dia bang yang sepertinya bakal makan waktu
info, injektor (bospom/branstop) normal, solar jg selalu diatas 1/2 terus, dan tidak pake alarm (ada rencana mo pasang).
sekarang lagi bongkar2 semua bang, dan rencana mo tambah lagi kabel ground, karena ada beda tegangan antar kaki2 aki dan teg. di alternator yg bedanya lumayan..
oya, untuk pengukuran arus, saya pake avo analog, karena pake yg di foto (merk sanwa, dan pinjem teman tang amper kyoritsu) sepertinya kurang tepat untuk pembacaan arus berskala mili ampere.
kemarin sempat ukur2 arus saat kontak off dan mesin off.
ternyata ada 3 kabel yang berbeban (berarus) dengan kondisi tsb diatas.
1. yg mengarah ke power window
2. menuju tape dan ampli
3. ini yg belum tahu, kabel warna putih 6mm, waktu kbl tsb dilepas, semua indikator listrik mati semua walo kontak di on kan. nah, ini dia bang yang sepertinya bakal makan waktu
info, injektor (bospom/branstop) normal, solar jg selalu diatas 1/2 terus, dan tidak pake alarm (ada rencana mo pasang).
sekarang lagi bongkar2 semua bang, dan rencana mo tambah lagi kabel ground, karena ada beda tegangan antar kaki2 aki dan teg. di alternator yg bedanya lumayan..
oya, untuk pengukuran arus, saya pake avo analog, karena pake yg di foto (merk sanwa, dan pinjem teman tang amper kyoritsu) sepertinya kurang tepat untuk pembacaan arus berskala mili ampere.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
melanjutkan posting saya sebelumnya....maaf baru uplod foto karena sbtu-minggu untuk bongkar2..
@bang sjamsul, ini foto kepala aki (+)
oya, untuk starter memang default sudah ada rele nya
dari 3 kabel tersebut (posting sebelumnya), no.1, dan no.2 langsung dilepas dulu.
tertarik untuk cari kenapa kabel putih besar tu ada beban saat kontak off (kabel putih adalah yg tersasmbung ke sekring) spt gambar.
akhirnya coba2 cabut satu2 sekring di rumah sekring, ternyata ada satu yang berbeban, yaitu sekring stop (lampu belakang), begitu dicabut ilang arus tsb, begitu pasang ada lagi.
waktu sekring kepasang (warna putih)
sekring dilepas
nah, akhirnya
1. coba cabut lampu belakang, sapa tau fitting meleleh..ternyata tidak, tetap ada beban.
2. cabut semua soket lampu belakang, tetap juga ada arus (beban).
3. cabut semua soket dalam kap mesin cabut semua, alternator, regulator dll. tetap juga ada arus (beban).
4. cabut semua soket yg kejangkau dalam dashboard, soket kontak, relay start dll. tetap juga ada arus (beban).
5. lepas speedometer, soket dilepas. tetap juga ada arus (beban).
6. bingung dan makin penasaran...nunggu waktu lagi mo bongkar dashboard. moga2 ketemu ni dari mana ada arus bocor.
pengukuran sederhana seperti ini. mohon koreksi kalo salah.
sekring no.4 adalah sekring stop tsb. walo sekring yg lain terpasang, kalo no.4 dilepas langsung ilang arus tsb. kondisi lain jika sekring lain dilepas tapi no.4 terpasang tetap ada arus.
kondisi terakhir sbb ;
mohon pencerahan rekan sekalian apa sekiranya yg membuat kondisi spt ini terjadi.
sekalian mohon panduan bongkar dashboard taft
terima kasih.
@bang sjamsul, ini foto kepala aki (+)
oya, untuk starter memang default sudah ada rele nya
dari 3 kabel tersebut (posting sebelumnya), no.1, dan no.2 langsung dilepas dulu.
tertarik untuk cari kenapa kabel putih besar tu ada beban saat kontak off (kabel putih adalah yg tersasmbung ke sekring) spt gambar.
akhirnya coba2 cabut satu2 sekring di rumah sekring, ternyata ada satu yang berbeban, yaitu sekring stop (lampu belakang), begitu dicabut ilang arus tsb, begitu pasang ada lagi.
waktu sekring kepasang (warna putih)
sekring dilepas
nah, akhirnya
1. coba cabut lampu belakang, sapa tau fitting meleleh..ternyata tidak, tetap ada beban.
2. cabut semua soket lampu belakang, tetap juga ada arus (beban).
3. cabut semua soket dalam kap mesin cabut semua, alternator, regulator dll. tetap juga ada arus (beban).
4. cabut semua soket yg kejangkau dalam dashboard, soket kontak, relay start dll. tetap juga ada arus (beban).
5. lepas speedometer, soket dilepas. tetap juga ada arus (beban).
6. bingung dan makin penasaran...nunggu waktu lagi mo bongkar dashboard. moga2 ketemu ni dari mana ada arus bocor.
pengukuran sederhana seperti ini. mohon koreksi kalo salah.
sekring no.4 adalah sekring stop tsb. walo sekring yg lain terpasang, kalo no.4 dilepas langsung ilang arus tsb. kondisi lain jika sekring lain dilepas tapi no.4 terpasang tetap ada arus.
kondisi terakhir sbb ;
mohon pencerahan rekan sekalian apa sekiranya yg membuat kondisi spt ini terjadi.
sekalian mohon panduan bongkar dashboard taft
terima kasih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@om sjamsul
Terimakasih infonya om...infonya melegakan...
@om tepwan
Nubi coba bantu analisa permasalahan di atas...
Bukanya default sistim lampu rem jg termasuk lampu hazard itu saat posisi kontak off,lampu rem tetap bisa nyala kalo pedal rem di injak, jg saat switch hazard di on...lampu hazard jg nyala walo kunci kontak off...CMIIW
Kalo dr sharing mobil temen[bukan taft] pernah kasus di starter dinamo ga muter/ngangkat...coba charge aki...stlh di charge,kuat dipake starter cuma sekali....cek-cek n ricek ternyata ada kabel sasis yg kendor,kencangin lg oke,masalah starter beres....coba cek-cek kekencangan kabel body om..just saran nubi.
Terimakasih infonya om...infonya melegakan...
@om tepwan
Nubi coba bantu analisa permasalahan di atas...
Bukanya default sistim lampu rem jg termasuk lampu hazard itu saat posisi kontak off,lampu rem tetap bisa nyala kalo pedal rem di injak, jg saat switch hazard di on...lampu hazard jg nyala walo kunci kontak off...CMIIW
Kalo dr sharing mobil temen[bukan taft] pernah kasus di starter dinamo ga muter/ngangkat...coba charge aki...stlh di charge,kuat dipake starter cuma sekali....cek-cek n ricek ternyata ada kabel sasis yg kendor,kencangin lg oke,masalah starter beres....coba cek-cek kekencangan kabel body om..just saran nubi.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
lampu rem tidak menyala om, kalo posisi kontak off.
kalo sambungan untuk lampu hazard dll sudah dilepas (seperti gambar ke-3) hanya kabel putih saja yg tersambung ke (+) aki.
siap om, saran om outlaw belum saya lakukan, siap ngolong lagi pas ada waktu..
kalo sambungan untuk lampu hazard dll sudah dilepas (seperti gambar ke-3) hanya kabel putih saja yg tersambung ke (+) aki.
siap om, saran om outlaw belum saya lakukan, siap ngolong lagi pas ada waktu..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Oooh maaf om...ane paham-nya lampu rem nya problm...krn di ane gbr ga muncul...di blok admin koneksi ane
Kalo yg nubie tahu lg,sharing aja om... kabel output positif dr alternator jg lsg ke terminal plus aki...malah tanpa sekring kalo ga salah...CMIIW
Barangkali...ada dioda/rectifier/kiprok 3phase alternator ada yg short,dn mmg rusak-nya dioda akan cenderung short,kalo sdh short otomatis ada beban yg selalu masuk....sekali lg itu cuma kemungkinan2 aja om.
Kalo yg nubie tahu lg,sharing aja om... kabel output positif dr alternator jg lsg ke terminal plus aki...malah tanpa sekring kalo ga salah...CMIIW
Barangkali...ada dioda/rectifier/kiprok 3phase alternator ada yg short,dn mmg rusak-nya dioda akan cenderung short,kalo sdh short otomatis ada beban yg selalu masuk....sekali lg itu cuma kemungkinan2 aja om.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
iya betul om, memang dari terminal B alternator langung ke aki tanpa sekring.
tapi semua mua soket dalam kap mesin sudah dicabut sementara.
mungkin masih ada soket di dalam dashboard yg belum sempat dilepas, karena belum sempat bongkar minggu sore kmren..
tapi semua mua soket dalam kap mesin sudah dicabut sementara.
mungkin masih ada soket di dalam dashboard yg belum sempat dilepas, karena belum sempat bongkar minggu sore kmren..