Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by pichuchu »

Master2.. mau tanya nih..

Rencana sih mau nambah power mobil saya skrg, baca2 di forum tertarik dengan piggyback ECU shop sih,,
dengan harga yg tidak terlalu mahal untuk piggyback, bisa nambah power mesin cukup besar.

Menurut master2 nih, untuk nambah power mobil lebih baik langsung pasang piggyback di awal baru ganti lain-lain atau lebih baik ganti2 parts yg lain dulu baru pasang piggyback terakhir?

Sama ada yg bisa jelasin kekurangan piggyback spt ECU shop ga?
Kebanyakan cuma jelasin nambah power aja, apa ada side effectnya dari mengoptimalkan mesin mobil sampai batas tertentu?? :mky_01:


mohon bantuannya yahhh
FYI, mobilnya fortuner :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.

Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter

Terpasang

Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

Piggyback memungkinkan kita utk melakukan "manipulasi" beberapa parameter yg diatur dalam ECU yaitu :
- AFR (air to fuel ratio)
- Ignition timing
- limiter putaran mesin tertinggi

oleh karna itu sebaiknya ubahan2 pada mesin dilakukan terlebih dulu, misalnya, dari urutan yg paling basic sampai yg paling advanced :

- port 'n' polishing ( terutama penghalusan permukaan lobang inlet & exhaust pada cylinder head yg aslinya bertekstur kulit jeruk).
- penggunaan open air filter
- penggunaan header dan pengaturan ulang exhaust system
- ubahan pada throttle body
- modif profil valve (back cut dll formula pengaturan ulang bentuk tepi payung klep)
- modif camshaft (utk mendapatkan durasi bukaan valve yg lebih lama dan lift lebih tinggi)
- engine blue printing & balancing (termasuk membubut komponen daleman mesin (valve/cam dsb) utk menyamakan bobot setiap engine parts (misalnya sesama inlet valves, sesama exhaust valves, sesama camshafts dll)
- penggantian crank pulley dng yg bobotnya ringan (utk keperluan drag race)
- dial cam (pengaturan peak torque di putaran mesin tertentu, utk keperluan drag race)

pemasangan Piggyback sekaligus pengesetan parameter AFR & timing ignition, paling mudah dan cepat adalah di atas mesin dyno, seperti yg selalu dilakukan oleh pak Soleh (Sigma Speed, distributor Unichip Dastek), atau Teddy (Rev Engineering) atau Khatulistiwa Surya Nusa, atau Gut Motorsport Surabaya.

Dengan dynotest, sekaligus bisa diketahui berapa besar peningkatan performa (power/torque) yg dikontribusikan oleh piggyback itu.

Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
Last edited by JESKONENG on Sun Sep 23, 2012 5:37, edited 3 times in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

maaf, penjelasanku di atas adalah utk mesin bensin ya, kalok mesin diesel/turbo, aku blank samasekali, cuma pernah miara Panther 94, (paling2 ke ahli kalibrasi injector) ....

kalok pada Jazz, sampai membuat pengganti saringan tengah knalpot, membuang Catalytic Converter, hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Nightster Guy »

JESKONENG wrote:- CUT -

Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
haw.. om torry pernah di sby? pasien gut jg? ditanganin langsung koh singgih om? ato adeknya, yg tattoan itu?

oya, cek pm om, tx. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by aspsilver »

piggy back adalah pilihan modifikasi paling mudah dan gampang daripada semua yang disebutkan diatas.
mungkin juga salah satu yang murah.

open filter mungkin lebih murah, tapi servicenya agak rumit. tidak bisa pakai kompressor seperti biasa.

piggyback tinggal pasang trus lupa.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

Nightster Guy wrote:
JESKONENG wrote:- CUT -

Pengetauan itu berdasarkan sedikit pengalaman saat membangun Jazz Vtec 2005 di Gut Motorsport, Amiauw Motor Sport (AMS), dan Soleh (Sigma Speed) dan penggunaan Unichip Piggyback sejak seri awal sampai seri Q, dengan hasil akhir 138hp dari standarnya 110hp
haw.. om torry pernah di sby? pasien gut jg? ditanganin langsung koh singgih om? ato adeknya, yg tattoan itu?

oya, cek pm om, tx. :)
si Jeskoneng (Jazz VTec matic 2005 warna kuning) awalnya ditangani om Singgih akhir 2005 (Unichip seri awal termasuk dynotest, throttle body, dan Spoon N-1 exhaust).. lalu pindah ke Jkt, ditangani oleh AMS (Amiauw Motor Sport) dan Pak Soleh Sigma.

btw aku memang asli Suroboyo, sejak lahir sampai lulus kuliah lalu kawin ya di Sby, om...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...

kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan

lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

JESKONENG wrote:btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...

kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan

lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
@JESKONENG: apakah ini berlaku untuk bensin dan diesel ato bensin aja?
Lalu apakah berarti kalau penggantian atau pemasangan parts yg lain setelah pemasangan piggyback, harus dilakukan dynotest ulang?



@ Om Turboman, bisa mohon masukkannya jg kalau pasang piggyback langsung dengan mesin standard, terutama untuk diesel?
Seperti manfaat dr piggyback itu sendiri tidak akan maksimal?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by andy1800 »

Turboman wrote:Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.

Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter

Terpasang

Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.
klo yg minimal itu belum dilakukan, apa saja yg berpeluang malah jadi rusak?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

pichuchu wrote:
JESKONENG wrote:btw, memang bisa sih, langsung pasang piggyback tanpa mengubah apapun di dalam mesin (mesin bensin)... tapi hasilnya enggak akan maksimal...

kenapa ? boleh dikonfirmasi dengan para pakar mesin/mekanik berpengalaman : dalam upaya meningkatkan performa mesin, hal paling utama adalah meningkatkan "volumetric efficiency" yaitu memasukkan dan membakar dan mengeluarkan sebanyak2nya dan secepat2nya campuran udara/bbm, utk menghasilkan engine output yg maksimal, dan itu hanya bisa dilakukan dng cara :
- Port 'n' Polishing pada lobang saluran isap (inlet) dan saluran buang (exhaust) pada cylinder head
- ganti atau modif profil cam utk meningkatkan durasi dan lift (klep membuka lbh lama dan lebih tinggi)
- modif pinggiran payung klep shg meminimalkan koefisien gesek, dan membuat bobot klep lebih ringan

lalu barulah diimbangi dengan sistem intake (open air filter) dan exhaust yg lebih plong (free flow), dan penyettingan timing pengapian di seluruh rentang putaran mesin dng piggyback (bisa setiap 500 rpm, dari putaran mesin 1000 s/d 7000 rpm misalnya) utk memunculkan potensi power/torque yg semakin besar akibat dari peningkatan "volumetric efficiency" itu...
@JESKONENG: apakah ini berlaku untuk bensin dan diesel ato bensin aja?
Lalu apakah berarti kalau penggantian atau pemasangan parts yg lain setelah pemasangan piggyback, harus dilakukan dynotest ulang?
itu yg berlaku pada mesin bensin, dan aku kurang ngeh soal mesin diesel, cuma dengar2 aja, katanya utk meningkatkan performa mesin diesel, step2nya enggak serumit mesin bensin...

bener banget, setiap perubahan pada daleman mesin (PnP/modif cam/valve dll) ataupun peripheral yaitu I/H/E (intake/header/exhaust), idealnya dilakukan dyno ulang karna yg namanya AFR dan timing pengapian itu bisa diset utk disesuaikan dengan perubahan karakter mesin sebagai hasil dari ubahan2 yg menentukan "volumetric efficiency" itu....

volumetric efficiency sendiri bisa diitung dengan parameter :
- gas speed sejak masuk inlet port sampai keluar ke exhaust port
- rasio kompresi mesin (semakin tinggi angkanya, semakin besar engine output-nya, kecuali utk turbo, malah harus dibikin rendah kompresinya)
- engine output (peak power dan peak torque)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

Mau nanya lagih nih, setiap piggyback tentunya kan ada spesifikasi masing2 yg membuat mobil kita jadi bertambah powernya.

Saat ini mobil saya fortuner vnt, apakah semua piggyback cocok/compatible dengan semua mesin?
Contohnya ECU shop cube, apakah akan cocok dengan mesin fortuner vnt (dengan adanya tambahan turbonya)?
Atau perlu tambahan parts lain untuk mendukung piggyback agar mesin tidak "malfunction"?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

pichuchu wrote: 1. apakah semua piggyback cocok/compatible dengan semua mesin?
2. Contohnya ECU shop cube, apakah akan cocok dengan mesin fortuner vnt (dengan adanya tambahan turbonya)?
Atau perlu tambahan parts lain untuk mendukung piggyback agar mesin tidak "malfunction"?
1. Ada Piggyback yg Universal, bisa di banyak mobil dgn ECU, ada juga yg aplikasi terbatas jenis mobilnya.

2. Buat Diesel dgn VNT / VGT idealnya perlu Piggyback yg bisa kontrol boost VGT, krn kalau hanya naekkin FRP aja si ECU akan lgs kompensasi dgn menaikkan boost-nya, kalo gak dimonitor bisa overboost dan bahaya buat si Turbo

ECU Shop Cube ada fitur utk mengontrol boost VGT / VNT, setahu ane di sini yg bisa kontrol boost VGT / VNT juga si MonsterMax dan HKS F Con ID

CMIIW
Steve Jaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Steve Jaka »

Om turboman
mau nanya nih..
apa racun yg bisa dipake buat Yaris..biar lebih lincah
tapi masih bisa buat daily use...

Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Steve Jaka wrote:Om turboman
mau nanya nih..
apa racun yg bisa dipake buat Yaris..biar lebih lincah
tapi masih bisa buat daily use...

Thanks
kalo di mesin bensin NA sih biasanya TB spacer dan poles TB cukup efektif, di Ipah bensin efektif, di 1NZ-FE sy belum paham, tapi sy lihat di Vios sih banyak yg poles TB.

Trus paling Piggyback spt Dastek Q+

Kalau mau advance : Turbo kit, spt buatan Speedworks / Zage utk 1NZ-FE (Speedwork punya tuk Vios)

Sy pernah test drive Ipah TR-FE + speedworks Turbo Kit, itu mantaaapppp :mrgreen:
Steve Jaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Steve Jaka »

Hehe sorry nubie nih
Maksudnya "TB" tuh apa om turboman?
Ada ngga yg plug en play aja
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by andy1800 »

Throttle Body om
adlh tempat dimana terdapat pintu bukaan gas
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Hansen »

Trus maksud dipoles itu apa ya? Apakah pake kit lalu digosok sampe kinclong? :e-think:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Steve Jaka wrote:Hehe sorry nubie nih
Maksudnya "TB" tuh apa om turboman?
Ada ngga yg plug en play aja
TB = Throttle Body

TB spacer, google : Throttle Body spacer

TB Spacer cari yg khusus buat yaris / 1NZ-FE, kalo ada maka pemasangan Plug n Play, cuman lepas TB, pasang TBS, pasang lagi TB-nya, adjust sedikit posisi selang intake. Cari TBS bisa ke mod.com atau ke http://www.raserworkshop.com/

Kalo TB poles buat Ipah TR-FE sih ada yg jual ready, jadi tinggal Swap aja ama milik pembeli.

Turbo kit kalo Speedworks punya Plug n Play, paling pemasangan jalur balik oli dari turbo-nya aja yg mesti ngebolongin karter & re-tune Piggyback-nya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Hansen wrote:Trus maksud dipoles itu apa ya? Apakah pake kit lalu digosok sampe kinclong? :e-think:
pakai mata bor yg modelnya kayak sikat, terbuat dari kumpulan kawat halus.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by dieselkiki »

tak kira pake braso karena ini metal.... haahaaaa

jd harusnya terakhir gitu.. kalo yang harus dibenahi dulu sebelum pake pigibek total abis brapa ? menghilangkan garansi ya..

kalo menghilangkan garansi mendingan pasang pigibek langsung walopun gak optimal hasilnya.

gimana pendapat master" ?
- faith humanity freedom -
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by andy1800 »

jd udah sampai kesimpulan atau belum sih ini? sbg pilihan utama atau terakhir?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by pichuchu »

andy1800 wrote:jd udah sampai kesimpulan atau belum sih ini? sbg pilihan utama atau terakhir?
menurut om turboman..

Turboman wrote:Piggyback idealnya dipasang setelah perbaikan mekanikal tuntas dilakukan.

Minimal sesudah :
- Downpipe
- Free flow air filter

Terpasang

Kalo ditambah lagi sudah pasang ring @baut wastegate dan Gron cable akan lebih baik lagi.

Jadi untuk memaksimalkan potensi piggyback CMIIW
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by andy1800 »

ic :thanks:

jd klo piggyback dipasang tanpa yg itu2... selain potensinya yg jd gak maksimal, maka adakah mengakibatkan kerusakan apa gitu?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by JESKONENG »

andy1800 wrote:ic :thanks:

jd klo piggyback dipasang tanpa yg itu2... selain potensinya yg jd gak maksimal, maka adakah mengakibatkan kerusakan apa gitu?
nggak ada yg rusak seh, cuma sayang2 potensi piggyback nya enggak maksimal aja
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999