Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

naldo

Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by naldo »

Hi all,

Saya buat topic ini karena saya bingung setengah mati dengan mobil saya yang baru saja berjalan 1 tahun dan 10rb kilometer yaitu Pajero Sport.

Mobil ini selalu minum pertamina dex dan minimum shell. Waktu di 5rb kilo pas berumur setengah tahun, mobil ini tiba2 mbrebet hingga keluar asap hitam tebal karena pas saya isi di shell bilangan jakarta barat. Kemudian ud di service ganti filter solar semua terasa baik kembali hingga selalu strict isi Pertamina Dex di kuningan.

Kemudian terkadang asap masih keluar sedikit, akhirnya baru saja minggu lalu ke mitsu lagi dan di bersihkan EGRnya karena isinya karbon hitam semua. Kembali bersih, asap minim sekali. Tapi karena solar ud mau habis saya isi di Pertamina Pluit sebelum Emporium. Disana ada pertamina dex.

Nah disini permasalahan kembali mulai, mobil mbrebet terus dari hari sabtu kemaren hingga hari ini, keluar asap hitam terus yang hitam dan ane tanya bokap, dia jg ud coba dan bilang ini kena solar oplosan, pasti. Skg mobil ane kaya kopaja or metro mini.

Yang bikin saya kesel itu, koq mobil diesel berani masuk ke indonesia? Sedangkan saya isi pertamina dex aja masih bisa di oplos? Bagaimana dengan diesel teknologi high pressure seperti BMW?

Udah nyaris seminggu dan mobil terus mbrebet dan keluar asap hitam. Tarikan bener2 nge-lag dan ane males banget bawa ke bengkel. Palingan mau tak abisin dan isi dex lagi di kuningan. Ini sudah lebih parah dari yang shell dulu(itu cuma sehari, ini nyaris seminggu begini terus). Ini Red Line diesel enhancer juga ga gt guna.

Yang pasti saya pribadi ogah beli diesel lagi dibanding mondar mandir bengkel terus dan keluar uang terus. Apalagi belom siap dari sisi pertaminanya sendiri or shell. Yang ga pernah ane komplainin cuma Total so far.

Bagaimana menurut pendapat sodara2 sekalian? Modifikasi yang gw lakukan sama pajero sport cuma ganti muffler yang udah ga ada catalytic converter sama filter K&N.

Saya pribadi juga tau banyak yang berasap dan juga yang keliatannya ga berasap karena masih pke catalytic converter. Begitu mampet ya pasti saya jamin mbrebet juga ujung2nya.

Thanks
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ZombiEE »

Pertamaaxxxx..hehehe
Btt, ini yang pertama saya baca bang naldo khususnya utk pajsport
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Turboman »

Hehehehe

Coba cek selang MAP sensornya um, soalnya si PS gak pake filter, selang-nya sering clogging oleh jelaga.

Di IPC dan POC jarang masalah, padahal di IPC banyak yg cuman minum Biosolar aja + racun.

Btw soal DEX yah, saya juga pernah sekali - 2X ngalamin ketemu DEX yg kurang baik, sekali malah dapet DEX yg keruh en power lgs kerasa drop, untung isi tanki mostly Biosolar.

Ada kemungkinan krn DEX perputaran lambat dan additive dia gak sebaik Shell punya walau DEX mmg sulphur paling rendah, Cetane paling tinggi. CMIIW

Saran saya : mending isi Biosolar di SPBU yg perputarannya cepet + kasih racun, oplos DEX / Total / Shell cukup 100.000 aja.........

Coba join milis IPC dan POC deh, itu POC malah sering turing en akhir tahun mereka mau turing cukup jauh......di IPC juga jarang bgt yg bermasalah.

Kalo utk solar Lux : skg ini boleh coba Shell Diesel, perhatiin deh dibanding 6 bulan yg lalu Shell Diesel yg skg ada sedikit beda........saya coba lebih enak dibanding Total punya.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by mr_mytplx »

kl yg dakar jg tetep bisa pake biosolar+racun y...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote:kl yg dakar jg tetep bisa pake biosolar+racun y...
mesin Dakar sih menurut org KTB Pressure Railnya juga cuman 1350 Bar.......tapi saya pribadi kurang yakin yah, apa serendah itu

Kalo yg Exceed FRP nya rendah saya percaya, kalo engga itu Triton mana mungkin begitu banyak gentayangan di daerah2 termasuk di daerah2 yg solarnya busuk.

Maka itu utk kasus bro naldo kecurigaan sy sementara adalah DEX nya, krn banyak pengguna PS yg minum Biosolar aman2 aja......
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by maskopat »

om turboman, bukannya triton yang gentayangan di pedalaman entah berantah itu triton yang non common rail ya? cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by evolution21 »

Cari solar di pom yg perputarannya cepat dengan asumsi endapan di tangki tidak terlalu banyak ya?
Ohya mengenai bio solar itu sendiri, masih banyak pom yg tulisannya solar saja
tapi kalo kita tanya kepetugasnya kadang ada yg jawab, dalemnya sebenernya bio solar kok,
ada jg yg ga tau, ada jg yg bilang pom solar ya isinya solar biasa, bukan bio punya
sebenernya yg bener mana yah?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ZombiEE »

Daerah saya antah berantah pat...triton nya kebanyakan crd....
@turbo: quite unexpected.....soal nya dex itu mahal...:)
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by BADAK »

Payah ini, udah beli dex mahal2 quality gak terjamin. Mustinya dilaporin ke Lembaga perlindungan konsumen krn merugikan konsumen. Aku sendiri gak pernah pake dex, maklum tinggal di kampung jd gak bisa komen dah.
Setauku di seluruh indo udah pake bio solar, bukan solar biasa.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ZombiEE »

*ralat pat..bukannya triton itu semua crd?halahhhh....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by maskopat »

ZombiEE wrote:*ralat pat..bukannya triton itu semua crd?halahhhh....
nope om jom... yang HD-X dan single Cab cuman DID, turbo + intercooler. 2.8L 97PS...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Hansen »

ada yg versi diesel jadul 2800cc bang... :)
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ZombiEE »

Nyang mana sen?kok kaga pernah keliatan?
Apa yg spion plastik itu?
Makasih atas koreksinya....:)
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Hansen »

yup, spion plastik manual

Single Cab GLX
Double Cab HD-X --> ini dulunya tipe GLX

mesin :
SOHC, inline 4-Cylinder In Direct Diesel Injection
2,835cc
97 PS / 4000 rpm
20.2 kgm / 2000 rpm
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ak4ng »

Hansen wrote:yup, spion plastik manual

Single Cab GLX
Double Cab HD-X --> ini dulunya tipe GLX

mesin :
SOHC, inline 4-Cylinder In Direct Diesel Injection
2,835cc
97 PS / 4000 rpm
20.2 kgm / 2000 rpm
itu mesin 4m40 kan???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: 19 Jul 2009, 20:23

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by zweifellos »

wah jarang2 ya kayanya. di jalanan juga jarang bgt liat PS berasap hitam kaya mobil diesel jadul. apa memang dari kualitas bbmnya kah (kurang terpecaya alias tak reliable solar mahal yang dipake)?

btw kaya pertadex itu belinya botolan gitu kah atau ngisi di spbu kaya bensin dan solar biasa?

*masih menunggu info lanjutan dari masalah ini
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by ilhami »

saking nggak laku nya solar DEX jadi basi ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Turboman »

ilhami wrote:saking nggak laku nya solar DEX jadi basi ya
Solar rendah sulphur (SRS) sebetulnya memang mutlak butuh additive yg baik dan cukup krn SRS lebih mudah menjadi "basi" oleh aktivitas bakteri.

Sedangkan solar sulphur tinggi sebetulnya proses menjadi basi lebih lambat krn sulphur itu menjadi "antibiotik" bagi bakteri yg hidup di solar.

Tetapi baik SRS maupun SST (Solar sulphur tinggi) tetap butuh additive yg baik dan cukup.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by solar_kerosen »

kayaknya mobil TS gak beres deh , coba yg simpel saja dulu jangan ngandalin bengkel turun tangan sendiri kaya gue sama mobil gue

-bersihkan filter udara
- ganti filter solar , mau dikata ganti filter solar tiap 10.000 km tapi faktanya di lapangan Solar di indonesia banyak kotor DEX gak jaminan bung kalau udah dicampur malah takutnya jadi aneh
- kuras Tangki solar
- reset ECU pajero sport
- cek turbo entah gimana ceknya mungkin tanya turboman
- apakah anda menggunakan piggyback jadi settingan ECU error
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
ilhami wrote:saking nggak laku nya solar DEX jadi basi ya
Solar rendah sulphur (SRS) sebetulnya memang mutlak butuh additive yg baik dan cukup krn SRS lebih mudah menjadi "basi" oleh aktivitas bakteri.

Sedangkan solar sulphur tinggi sebetulnya proses menjadi basi lebih lambat krn sulphur itu menjadi "antibiotik" bagi bakteri yg hidup di solar.

Tetapi baik SRS maupun SST (Solar sulphur tinggi) tetap butuh additive yg baik dan cukup.
Bery gut ingpoh, om Turbo...!

:e-clap: :e-clap: :e-clap:
:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 07 Sep 2010, 18:33

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
ilhami wrote:saking nggak laku nya solar DEX jadi basi ya
Solar rendah sulphur (SRS) sebetulnya memang mutlak butuh additive yg baik dan cukup krn SRS lebih mudah menjadi "basi" oleh aktivitas bakteri.

Sedangkan solar sulphur tinggi sebetulnya proses menjadi basi lebih lambat krn sulphur itu menjadi "antibiotik" bagi bakteri yg hidup di solar.

Tetapi baik SRS maupun SST (Solar sulphur tinggi) tetap butuh additive yg baik dan cukup.
:frm_tumbright: terima kasih infona :frm_tumbleft:

kalo begitu, lebih baik ngisi bio-solar daripada dex ya ? karena konsumsi bio-solar yang cukup besar oleh masyarakat dibandingkan dex, rasanya bio-solar gak mungkin membasi di tangki pendem SPBU.
Peminum bio-solar dibanding dex mungkin bisa 1000 : 1.
naldo

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by naldo »

Wah kalau suruh isi bio solar bokap gw bisa mencak2 ntar om.

Palingan isi shell yang ramai or total aja lah. Bearti DEX bukan bearti jaminan bersih ya.. Hmm ya wis kalau gt dex isi aja di kuningan yang terjamin.

Sisanya pke shell or total yang ramai pembeli. Bahaya bearti kl yang jarang beli bisa bikin solar jadi busuk.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote:
kalo begitu, lebih baik ngisi bio-solar daripada dex ya ? karena konsumsi bio-solar yang cukup besar oleh masyarakat dibandingkan dex, rasanya bio-solar gak mungkin membasi di tangki pendem SPBU.
Peminum bio-solar dibanding dex mungkin bisa 1000 : 1.
IMHO:
Biosolar sebetulnya lebih berisiko drpd solar murni, krn adanya Biodiesel 2,5% dimana BioDiesel ini ada kandungan airnya sedikit

maka itu pilih SPBU yg turnovernya cepat dan tambahkan additive BBM sgt direkomendasikan.

D4 D saya udah jalan 110 rb Km tdk pernah ada masalah walau pakenya mostly Biosolar + oplos solar Lux 20 - 30% + racun + ada Dastek Q dimana FRP Max pasti naik di atas spec standard :mrgreen:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:
kalo begitu, lebih baik ngisi bio-solar daripada dex ya ? karena konsumsi bio-solar yang cukup besar oleh masyarakat dibandingkan dex, rasanya bio-solar gak mungkin membasi di tangki pendem SPBU.
Peminum bio-solar dibanding dex mungkin bisa 1000 : 1.
IMHO:
Biosolar sebetulnya lebih berisiko drpd solar murni, krn adanya Biodiesel 2,5% dimana BioDiesel ini ada kandungan airnya sedikit

maka itu pilih SPBU yg turnovernya cepat dan tambahkan additive BBM sgt direkomendasikan.

D4 D saya udah jalan 110 rb Km tdk pernah ada masalah walau pakenya mostly Biosolar + oplos solar Lux 20 - 30% + racun + ada Dastek Q dimana FRP Max pasti naik di atas spec standard :mrgreen:

Captiva diesel mantan bos dulu, isinya biosolar terus, alhamd gapapa om.. :e-clap: :e-clap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: Apakah common rail diesel siap di Indonesia?

Post by roymhs31 »

mungkin lg apes aj bro ama pom bensinnya.
Skrg klo diliat pertamina dengan logo pasti pasnya jg gk ngaruh ama jminan pelayanan ama kualitas barangnya. Intinya ya hati2 ama pom bensin bandel ato yg perputaran minyaknya lambat.

Sharing aja, Ane sendiri make captiva vcdi diesel. Dulu dr beli selalu make shell deket rumah, soalnya gk ada dex disekitaran rumah. Kadang2 klo stater agak brebet, tp asap gk ngebul. trus pom Total buka juga deket rumah dan ane nyobain. Ternyata klo stater pagi lsng tokcer dan tetap tidak ngebul, jdnya ane make total ampe skrg. Bukan mksdnya promosi ya, tp sejauh ini di daerah rumah ane klo solar yg bagus cuma total (dari pengalaman dan sugesti pribadi)
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post