Kode Aki

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Kode Aki

Post by BADAK »

Just for share buat rekan2 yg belum tahu mengenai kode2 pd aki :big_peace:

Cara Baca Kode Produksi Aki Sebelum dibeli

Setiap merek Aki yang beredar mempunyai kode produksi aki yang berbeda. Dengan membaca kode produksi aki, dapat diketahui berapa lama aki disimpan di toko sebelum dibeli.
Secara garis besar, ada dua standarisasi penamaan aki. Yakni standar Jepang (JIS) dan Jerman (DIN).


JIS (Japan Industrial Standard) type.

JIS banyak digunakan untuk mobil mobil buatan Jepang.
Contoh kode paling panjang NS40ZLS.
Cara bacanya :

Huruf N = berarti Normal
Huruf kedua S = merupakan pengurangan daya aki sebesar 20%.
Kode 40 = adalah angka utama daya.
Huruf Z = yakni penambahan daya aki sekitar 10% setelah dikurang huruf ‘S’ pertama.
Huruf L= artinya “left”, yang menandakan pole (posisi kutup kepala aki (-) berada disebelah kiri).
Terakhir huruf S= menandakan aki memiliki pole besar.
Contoh rumusnya, seperti NS40ZLS ? type Jepang, 40Ah – 20% + 10% = 35 Ah, pole kutub negatif di sebelah kiri dan kepala aki besar.


Jika masih membingungkan, mulai dari angka yang simpel, misalnya N40. aki ini punya daya 40Ah, tanpa ada pengurangan atau penambahan persentase. Tapi, perlu diketahui juga, type aki yang memiliki pole kepala aki besar bukan hanya yang memiliki kode ’S’ di paling belakang, seperti NS40ZS, NS40ZLS, NS60S dan NS60LS, tapi type N40 ini juga memiliki pole kepala aki besar. Kenapa? Karena dasarnya yang harus diingat yang memiliki kepala aki kecil hanya aki yang berkode ’NS’ di depan angka dan memiliki ampere di bawah 45Ah. Berarti NS70 = 70Ah – 20% = 56Ah, memiliki pole kepala aki besar, meski tanpa memiliki kode ’S’ di paling belakang. Tambahan lain yang perlu diingat, kode aki yang memiliki kode huruf ’L’, dipastikan kutup pole negatif berada di posisi sebelah kiri, dan yang tidak memiliki kode ’L’, dipastikan juga kutub negatifnya berada di posisi sebelah kanan.

Sebagai contoh :
N 40 = Kapasitas 40 Ah
NS 40 = kapsitas 32 Ah
NS 40 Z = Kapsitas 35 Ah
NS 40 ZS = Kapasitas 35 Ah dg terminal pole lebih besar
NS 40 ZLS = Kapasitas 35 Ah dg terminal (+) dan (-) terbalik
Lantas bagaimana cara mengetahui posisi pole di aki? Caranya, pastikan pole aki harus persis di depan Anda disesuaikan dengan cara baca “danger / peringatan” dengan benar, kemudian lihat pole negatif ada di sebelah kiri atau kanan.

Satu sisi, perkembangan zaman belakangan ini, semua type aki yang baru bermunculan, namun tetap pada kadar ampere yang sama, hanya pada perubahan kodenya saja. Seperti, 35B24R merupakan kode pengganti NS40Z, yang artinya 35 = 35Ah, B = kode pabrik, 24 = panjang 24 cm, dan R= Right (kanan).


DIN Type (Standar Jerman)

Lain halnya dengan type JIS, type DIN memiliki arti yang berbeda lagi. DIN (Deutsches Institut für Normung) banyak digunakan mobil mobil buatan Eropah Namun penamaannya lebih simpel. Kode aki DIN hanya berupa rangkaian lima angka. Yang perlu diperhatikan, adalah tiga digit angka terdepan yang menunjukkan kapasitas powernya.

Digit pertama melambangkan angka pertama daya, 5 = 0, 6 = 1, 7 = 2. kedua angka berikutnya tinggal ditempelkan ke angka pertama untuk mengetahui daya aki. Misal kode 55533, angka pertama 5 = 0, lalu dua angka berikutnya 55, maka daya aki ini adalah 055Ah. Contoh lain kode 60038, yang berarti angka pertama 6 = 1, dan angka dua berikutnya 00, yang artinya daya aki ini adalah 100Ah.

Seluruh aki punya kode besar dan letak kepala pole akinya itu “tenggelam“ (sering disebut mendem), sehingga total tinggi/TT (ditambah tinggi pole) sama dengan tinggi/T (hanya sampai wadah aki). Beda dengan aki JIS yang punya kepala pole akinya “timbul ke atas“ (sering disebut nongol), sehingga total tinggi/TT lebih besar dari tinggi aki/T. Oleh sebab itu, aki type JIS dan DIN mempunyai penggunaan yang relatif berbeda, yang cenderung disesuaikan dengan spesifik jenis mobil.

Jadi, sekarang tidak perlu binggung lagi melihat ukuran ampere yang digunakan di mobil kita. Dengan mencermati ukuran aki lama di mobil kita, pasti sudah mudah menentukan berapa ampere ukuran yang cocok untuk ditemukan aki yang cocok dengan kendaraan kita. Bukan hanya itu, kita juga bisa mencari aki berkapasitas lebih besar yang disesuaikan dengan breket aki standar.


Kode Aki Yuasa
Misal Aki Yuasa dengan 7 digit kode 2106049. Dua nomor paling kiri kode hari, dua angka berikut tanda bulan produksi, dua angka berikut tahun produksi, dan angka terakhir kode negara produksi. Artinya Aki ini diproduksi hari ke-21, di bulan ke-6, di tahun 2004, dan diproduksi di Indonesia.

Kode Aki GS
Sedikit berbeda dengan kode di GS dengan 6 digit yang mencantumkan kode 20B4B5. Tanggal produksi di dua nomor pertama.
B berarti dibikin November. GS memberi kode untuk bulan Januari- September menggunakan angka 1 sampai 9. Untuk Oktober-Desember menggunakan kode A sampai C. Angka 4 berarti tahun produksi. Sedangkan B5, waktu shift produksi di pabrik dan di line mana aki diproduksi.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Kode Aki

Post by Hansen »

Pertamax diamankan...!! :big_smoking:
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: 09 Jun 2008, 17:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Contact:

Re: Kode Aki

Post by esh »

Nice info om BADAK :off_good_job:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kode Aki

Post by DOHC »

satu lagi tret bergizi.... :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Kode Aki

Post by m4rio »

bergizi tinggi dan lezat... :frm_salut: :frm_salut:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

Berikut aku sertakan tabel aki sesuai kendaraan yg ada.
Tapi perlu diingat bahwa kode di tabel berikut adalah tidak baku, hanya ukuran standard (bawaan mobil).
Untuk mobil2 yg sudah berumur biasa oleh pemiliknya telah diperbesar kapasitas ampere nya demi memudahkan starter. Hal ini wajar mengingat grounding & pengkabelan pada body mobil tidak sebagus mobil baru.
Attachments
jenis-kendaraan.jpg
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kode Aki

Post by DOHC »

di tabel itu ga ada yg buat ipah dak ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Kode Aki

Post by Hansen »

sekedar usul utk membuat isi tret lebih menarik :

mari kita cantumin ukuran dan jenis aki standard bawaan mobil kita masing2 untuk melengkapi data2 yg ada... lalu nanti kita kumpulkan dan bikin menjadi satu tabel, mudah2an nantinya bisa jadi pedoman/petunjuk yg berguna bagi semua orang.. :big_peace:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

Untuk aki yg sudah lemah atau bahkan mati, bisa dilakukan sedikit tips untuk mengembalikan kondisi nya.
Tapi sebagai catatan, harap dilihat dulu umur aki nya. Kalo aki sudah berumur 2 tahun lebih, sebaiknya tidak perlu dilakukan usaha ini karena hanya akan buang2 uang. Karena asumsi saya, untuk aki yg sudah berumur 2 tahun lebih tentu cell2 aki sudah lemah dan saatnya diganti. Sedangkan untuk aki yg masih berumur kurang lebih 1 tahun, bisa dicoba dgn menggunakan larutan kimia OCPA. Larutan ini bisa dibeli seharga kurang lebih 10-15rb per botol. Tinggal disesuaikan saja dgn ukuran aki nya :D
Caranya, aki yg sudah mati dikuras air nya hingga kering (hati2 air aki jgn sampai terkena kulit). Setelah itu aki dibalik dgn lubang menghadap bawah agar air aki bener2 kering. Kemudian aki diisi menggunakan larutan OCPA hingga seluruh cell terendam larutan OCPA (tidak perlu sampai penuh). Diamkan selama 1-2 jam, kemudian tambahkan air aki botol biru hingga penuh (upper level), lakukan charging sampai stroom penuh.
Jangan lupa sambil berdoa semoga aki nya bisa hidup kembali :mrgreen:
Toh biaya yg dikeluarkan lebih murah. Mungkin tips ini bisa sedikit menyiasati harga aki yg semakin mahal :D
Just for share my experience :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Kode Aki

Post by m4rio »

@ Badak : dak kalo yang ane tau larutan EDTA kalo gk salah inget.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

DOHC wrote:di tabel itu ga ada yg buat ipah dak ??
Aki untuk ipah bensin standard adalah 35aH, pole terbalik (L), dan pole besar. Kalo mau dibesarin bisa menggunakan tipe JIS NS60L(S), menjadi 45 aH. Ini termasuk tipe khusus. Dalam istilah disebut tipe JASO, yaitu dimensi fisik seperti tipe JIS, tp dengan daya lebih besar. Biasa aki ini digunakan untuk kendaraan2 modifikasi yg membutuhkan daya besar tapi ruang aki terbatas. CMIIW.
Sedangkan untuk ipah diesel menggunakan ukuran standard 80D26L (80 aH).
Hansen wrote:sekedar usul utk membuat isi tret lebih menarik :

mari kita cantumin ukuran dan jenis aki standard bawaan mobil kita masing2 untuk melengkapi data2 yg ada... lalu nanti kita kumpulkan dan bikin menjadi satu tabel, mudah2an nantinya bisa jadi pedoman/petunjuk yg berguna bagi semua orang.. :big_peace:
Untuk ukuran standard sudah ada di tabel. Sedangkan untuk ukuran baku tiap mobil tidak bisa dipastikan. Karena setiap mobil bisa diperbesar ukurannya. Jadi aki dgn daya berapa, itu bisa dikatakan "suka-suka" yg punya :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Kode Aki

Post by Hansen »

BADAK wrote:
Hansen wrote:sekedar usul utk membuat isi tret lebih menarik :

mari kita cantumin ukuran dan jenis aki standard bawaan mobil kita masing2 untuk melengkapi data2 yg ada... lalu nanti kita kumpulkan dan bikin menjadi satu tabel, mudah2an nantinya bisa jadi pedoman/petunjuk yg berguna bagi semua orang.. :big_peace:
Untuk ukuran standard sudah ada di tabel. Sedangkan untuk ukuran baku tiap mobil tidak bisa dipastikan. Karena setiap mobil bisa diperbesar ukurannya. Jadi aki dgn daya berapa, itu bisa dikatakan "suka-suka" yg punya :upss:
lah kan ane bilang ukuran aki standard bawaan mobil pak... dan kayanya tabelnya masih kurang lengkap tuh.. :upss:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

m4rio wrote:@ Badak : dak kalo yang ane tau larutan EDTA kalo gk salah inget.
EDTA adalah salah satu bahan kimia yg bisa digunakan untuk mengembalikan kondisi aki.
Hanya bahan kimia ini cukup susah carinya, krn hny dijual di toko2 kimia. Padahal gak semua kota terdapat toko kimia. Aku udah cari2 EDTA dr dulu belum nemu2 jg :e-doh:
Selain itu EDTA juga lebih mahal, dan sebenernya bukan bahan kmia yg khusus digunakan pd aki. Hanya kebetulan aja fungsi kimianya bisa merontokkan kerak2 yg menempel pd cell aki. CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

Hansen wrote:
BADAK wrote:
Hansen wrote:sekedar usul utk membuat isi tret lebih menarik :

mari kita cantumin ukuran dan jenis aki standard bawaan mobil kita masing2 untuk melengkapi data2 yg ada... lalu nanti kita kumpulkan dan bikin menjadi satu tabel, mudah2an nantinya bisa jadi pedoman/petunjuk yg berguna bagi semua orang.. :big_peace:
Untuk ukuran standard sudah ada di tabel. Sedangkan untuk ukuran baku tiap mobil tidak bisa dipastikan. Karena setiap mobil bisa diperbesar ukurannya. Jadi aki dgn daya berapa, itu bisa dikatakan "suka-suka" yg punya :upss:
lah kan ane bilang ukuran aki standard bawaan mobil pak... dan kayanya tabelnya masih kurang lengkap tuh.. :upss:
Boleh lah sen, untuk melengkapi tabel nya.
Kalo bisa ditambahkan merk dan umur aki yg dipake. Aku pingin tau umur aki rata2 berdasarkan merk yg dipakai :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Kode Aki

Post by ZombiEE »

Ane amankan dulu .... Kamsia oom badak;)
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

ZombiEE wrote:Ane amankan dulu .... Kamsia oom badak;)
Xie-xie ni, om zembie.. :cupss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Kode Aki

Post by ZombiEE »

Sama sama juga oom dak
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kode Aki

Post by ak4ng »

@badak: aki utk apanja koq kecil y???? sama ky buat carry 1000
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Kode Aki

Post by Hansen »

Image

nambahin data yg belum ada di tabel :
- Nissan X-Trail T30 2.5 : 55D23L (equivalent to N50ZL ?)
- Nissan X-Trail T31 2.5 : 55D23L
- Mitsubishi Pajero Sport / Triton 2.5 : 95D31L (equivalent to N100L ?)
- Remote TV : 2 pcs AA :big_slap: :ngacir:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kode Aki

Post by ak4ng »

tu kan sama2 pake ns40,,,, enak y,, biar kecil tp KENCEEENGGGGGG,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

ak4ng wrote:@badak: aki utk apanja koq kecil y???? sama ky buat carry 1000
Aki untuk mobil jepang bensin (1000cc - 1500cc) rata2 dikisaran 32aH - 45aH kang.
@Hansen: Trz aki robot2an ente pake batt apa sen? :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Kode Aki

Post by Hansen »

BADAK wrote:
ak4ng wrote:@badak: aki utk apanja koq kecil y???? sama ky buat carry 1000
Aki untuk mobil jepang bensin (1000cc - 1500cc) rata2 dikisaran 32aH - 45aH kang.
@Hansen: Trz aki robot2an ente pake batt apa sen? :upss:
pake tenaga badak... :upss: :upss: :upss:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kode Aki

Post by ak4ng »

@badak: kalo kucing ente pk ap???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Kode Aki

Post by BADAK »

ak4ng wrote:@badak: kalo kucing ente pk ap???
Standard 65aH, tak gedein jd 80Ah biar kliatan sangar :big_smoking:
Masak mbl nya gede aki nya kecil kyk apanja :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kode Aki

Post by ak4ng »

biar aki kecil yg penting nyali tebel,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post