[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

yaa itulah Oom Jalu saya juga ga tau kenapa, memang kemarin itu yang dibenerin adalah ganti plat kopling (orisinil)dan pilot bearing juga kalu ga salah ... dan dari gejala yang sekarang kan sepertinya pilot dan release bearing nya yang kena ...

:ungg:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

ya sdh....lbh baik dr skrg menabung lg mas untuk beli part kopling 1 set....nanti kalo bujetnya udah cukup baru deh dibongkar n diganti lengkap supaya hasilnya sempurna.

untuk belanja part coba aja kontak mandala, khusus warga SM dapat diskon spesial lho... :e-dance: nanti barang dikirim kerumah....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

okray Oom, makanya kemarin tanya gejala seluruh komponen dalam kopling itu gmana, sambil ngitung juga budget nya .. ^_^
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

tapi Oom Jalu, misal setelah dibongkar dan ternyata yang rusak memang release + pilot bearing nya aja, truzz yang lain masih bagus, apa komponen yang masih bagus itu sebaiknya diganti juga ya? kalu diganti boros juga dong ya kalu gitu ..

:big_peace:
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

oh iya Oom, satu lagi ...

kalau katakanlah yang rusak memang release + pilot bearing, dan sehubungan dengan menabung tadi dan dengan kondisi pilot bearing yang sudah menimbulkan bunyi dan getar besar pada saat kopling diinjak pada saat oper gigi, kira-kira kalu didiamkan dulu tanpa ada perbaikan sementara, efeknya m'jadi seperti apa ya ? kalu Oom Jalu bilang kan matahari nya bisa kena, lalu apakah bisa membuat kendaraan/mobil itu stuck tidak bisa jalan sama sekali kah ?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by maskopat »

om kapsul, itu getarnya udah lama? kalo emang udah lama, takutnya poros flywheel sudah tidak balance...
mari kita tanyakan ke kak jalu.. mungkin gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:tapi Oom Jalu, misal setelah dibongkar dan ternyata yang rusak memang release + pilot bearing nya aja, truzz yang lain masih bagus, apa komponen yang masih bagus itu sebaiknya diganti juga ya? kalu diganti boros juga dong ya kalu gitu ..

:big_peace:
memang ada jg kok yg bongkar dan hanya ganti beberapa part saja, misalkan mobil yg br sekitar 1-3 bln ganti 1 set kopling tapi sudah slip, dan diganti plat kopling saja (biasanya mbl niaga atau yg sering rute macet ditanjakan). Atau mbl yg sering becek2an atau nerobos kubangan, cuma ganti pilot n release bearing saja krn sering jd macet/brisik.

tapi untuk case mbl anda skrg....jika pilot n release brg akan diganti....berarti yg tersisa adalah plat kopling dan dekrup. Ok plat kopling menurut keterangan anda sudah diganti baru....lha trus dekrupnya...?? :e-think:

dan mungkin bs dijelaskan, kejadian sangit itu apakah setelah ganti plat kopling itu atau sebelumnya ? kalo memang sangit setelah pake plat kopling baru, ya itu berarti kampas plat koplingnya mesti diperiksa lagi (krn sudah pernah mengalami gesekan berlebih/bau sangit), tapi skrg ini kan udah ada gejala slip...ada kemungkinan dr kampas plat koplingnya jg sudah aus kan... :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:oh iya Oom, satu lagi ...

kalau katakanlah yang rusak memang release + pilot bearing, dan sehubungan dengan menabung tadi dan dengan kondisi pilot bearing yang sudah menimbulkan bunyi dan getar besar pada saat kopling diinjak pada saat oper gigi, kira-kira kalu didiamkan dulu tanpa ada perbaikan sementara, efeknya m'jadi seperti apa ya ? kalu Oom Jalu bilang kan matahari nya bisa kena, lalu apakah bisa membuat kendaraan/mobil itu stuck tidak bisa jalan sama sekali kah ?
pilot bearing jika dibiarkan ada 2 kemungkinan :
1. jika sudah macet...maka ujung poros input shaft bisa aus
2. jika oblak..maka input shaft jd tidak center dan terasa bergetar

diagram input shaft
Image

sedangkan yg bisa menyebabkan keausan berlebih pada matahari adalah jika release bearing sudah macet, krn pada saat rls bearing menekan matahari seharusnya ikut berputar seirama. Tapi biasanya sebelum release bearing macet dia akan bunyi berisik dulu :D
maskopat wrote:om kapsul, itu getarnya udah lama? kalo emang udah lama, takutnya poros flywheel sudah tidak balance...
mari kita tanyakan ke kak jalu.. mungkin gak?
poros flywheel adalah crankshaft, jadi kalo crankshaft yg tidak balance justru mesinnya yg akan selalu bergetar. :D
Tapi kejadian crankshaft gak balance jarang bgt terjadi, meskipun ada kejadian water hammer biasanya piston sama conrodnya yg kalah duluan. *)ini OOT gak ?? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

jadia runutan dan time line nya kurang lebih begini Oom Jalu :

pada bulan Mei 2010 : saat itu terjadi slip yang benar-benar slip dmana perseneling ga bisa masuk sama sekali yang walhasil plat kopling ane ganti baru. Pada saat pengerjaan memang ane ga 'temenin' tuh mobil karena mobil ane titip benerin dan ane harus kerja, karena pada saat itu hari kerja. dan menurut montir ane katanye sich tuh pilot bearing diganti.

lalu pada awal bulan July 2010 : gejala awal timbul lah bunyi trek tek..tek..tek..tek.. seperti bunyi knocking tapi bukan knocking yang saya ceritakan di awal. bunyi hanya ada pada saat mesin mobil sudah panas atau paling tidak sudah jalan 10-15 menit-an dan hanya terdengar pada min RPM 2500-an. tapi kondisi bunyi tersebut tidak ada/terjadi waktu ane test pada saat jika mobil diam dan gas di geber, etiher gigi dimasukkan atau tidak, pokoknya tidak pada saat jalan.

tidak lama setelah itu kalau mesin sudah pada kondisi panas terdengarlah suara ngorok yang kalau pedal kopling diinjek hilang lah bunyi itu yang tadi kita asumsikan release bearing/druk laher nya yang rusak, gejala ini masih di bulan July 2010.

lalu pada awal October 2010 mulailah ada terasa gejala getaran halus yang terasa pada pedal kopling pada saat diinjak kalu kita mau oper gigi. tapi selang beberapa waktu getaran halus itu sempat hilang. dan cilakanya setelah sempat hilang muncul lagi gejala tersebut dengan getaran yang lebih kencang dan bersuara.

lalu pada awal November 2010 kemarin, tepatnya tgl 10 November 2010 pada saat barack obama ke Indonesia, pada saat mengendarai mobil ditengah siang bolong di tol Jakarta Cikampek menuju ke cikarang (rumah saya dibekasi), pada saat perjalanan pergi tercium sekali bau plat kopling tadi. dan pada saat perjalanan pulang pun kembali tercium sekali lagi. jadi dalam hal ini 2 kali tercium bau plat kopling tersebut.

naahh.. sejak kejadian bau plat kopling tad itu sampai dengan saat ini belum ada lagi bau-bau itu. dan getar pada pedal kopling pada saat diinjek untuk oper gigi juga semakin terasa ..

nah gitu dah kronologis lengkap nya, kira-kira gmana tuh Oom Jalu ??

:frm_bang_head:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by maskopat »

waktu ganti plat kopling di bulan mei, hanya plat nya aja? rumah mataharinya gak?
release bearing juga gak diganti kan.
plat kopling pake yang ori atau after market?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

maskopat wrote:waktu ganti plat kopling di bulan mei, hanya plat nya aja? rumah mataharinya gak?
release bearing juga gak diganti kan.
plat kopling pake yang ori atau after market?


Yup Oom, hanya plat kopling nya aja + pilot bearing nya juga menurut montir ane. Memang secara ane ga tungguin tuh mobil pada saat pengerjaan, karena kejadian slipnya ditengah-tengah minggu/hari kerja, jadi ga bisa ninggalin kantor ...

kalu plat kopling pake yang ori Oom ... :ungg:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:jadia runutan dan time line nya kurang lebih begini Oom Jalu :

pada bulan Mei 2010 : saat itu terjadi slip yang benar-benar slip dmana perseneling ga bisa masuk sama sekali yang walhasil plat kopling ane ganti baru. Pada saat pengerjaan memang ane ga 'temenin' tuh mobil karena mobil ane titip benerin dan ane harus kerja, karena pada saat itu hari kerja. dan menurut montir ane katanye sich tuh pilot bearing diganti.
mungkin bs dijelaskan lagi, pengertian perseneling gak bisa masuk ini apakah susah masuk/pindah gigi atau sudah masuk gigi tapi mbl tidak mau bergerak...?? kopling yg slip tidak menyebabkan sulit masuk/pindah gigi.....yg sulit itu kalo kopling lengket :D
kapsul 97 wrote:lalu pada awal bulan July 2010 : gejala awal timbul lah bunyi trek tek..tek..tek..tek.. seperti bunyi knocking tapi bukan knocking yang saya ceritakan di awal. bunyi hanya ada pada saat mesin mobil sudah panas atau paling tidak sudah jalan 10-15 menit-an dan hanya terdengar pada min RPM 2500-an. tapi kondisi bunyi tersebut tidak ada/terjadi waktu ane test pada saat jika mobil diam dan gas di geber, etiher gigi dimasukkan atau tidak, pokoknya tidak pada saat jalan.
saya tidak mau menyalahkan bengkel langganan anda....tapi faktor human error bisa saja terjadi pada siapapun saat pemasangan pilot bearing dan yg lainnya, kualitas dari part yg diganti tentu sangat menentukan tdh kinerja dan daya tahannya. asumsi saya ini dr pilot bearing (*br dugaan, bs saja keliru). Terjadi bunyi disaat mesin panas kemungkinan krn komponen sudah mengalami pemuaian dan pada saat salah satu ada yg tidak normal tentu akan timbul gejala. Bunyi terjadi di rpm 2500 bisa jadi krn pada rentang rpm tsb mesin dll mengalami resonansi vibrasi yg terkuat.

pada saat mbl tidak bergerak (gigi netral), input shaft hanya berputar saja (anggap saja dia sebuah kincir), jadi meski pilot bearing rusak tapi tidak terasa. Tapi jika mbl bergerak, maka input shaftlah yg bertugas menghantarkan daya dr mesin ke transmisi hingga ke roda, pada saat bergerak input shaft mengalami momen puntir dan gaya sentrifugal yg kuat, makanya wajar jika kejadian bunyi hanya terjadi disaat mbl bergerak. Tugas pilot bearing dan bearing input shaft di transmisi adalah untuk menahan "amukan" input shaft supaya tetap center pada porosnya... :D
kapsul 97 wrote:tidak lama setelah itu kalau mesin sudah pada kondisi panas terdengarlah suara ngorok yang kalau pedal kopling diinjek hilang lah bunyi itu yang tadi kita asumsikan release bearing/druk laher nya yang rusak, gejala ini masih di bulan July 2010.
asumsi kuat itu release bearing bermasalah, dan kt sudah bahas sebelumnya
kapsul 97 wrote:lalu pada awal October 2010 mulailah ada terasa gejala getaran halus yang terasa pada pedal kopling pada saat diinjak kalu kita mau oper gigi. tapi selang beberapa waktu getaran halus itu sempat hilang. dan cilakanya setelah sempat hilang muncul lagi gejala tersebut dengan getaran yang lebih kencang dan bersuara.
asumsi, ini gejala lanjutan dr pilot bearing.
per pada plat kopling saat mulai lemah jg bisa menimbulkan getar, tapi dr keterangan anda bahwa plat kopling sudah diganti baru mungkin faktor ini bs kt abaikan
kapsul 97 wrote:lalu pada awal November 2010 kemarin, tepatnya tgl 10 November 2010 pada saat barack obama ke Indonesia, pada saat mengendarai mobil ditengah siang bolong di tol Jakarta Cikampek menuju ke cikarang (rumah saya dibekasi), pada saat perjalanan pergi tercium sekali bau plat kopling tadi. dan pada saat perjalanan pulang pun kembali tercium sekali lagi. jadi dalam hal ini 2 kali tercium bau plat kopling tersebut.

naahh.. sejak kejadian bau plat kopling tad itu sampai dengan saat ini belum ada lagi bau-bau itu. dan getar pada pedal kopling pada saat diinjek untuk oper gigi juga semakin terasa ..

nah gitu dah kronologis lengkap nya, kira-kira gmana tuh Oom Jalu ??

:frm_bang_head:
mungkin bs diperiksa stelan koplingnya, pastikan jarak main (freeplay) pedal sudah cukup dan stelan tidak terlalu tinggi.
tapi jika anda yakin stelan pedal tidak bermasalah, sepertinya perlu dianalisa lagi ttg kualitas plat kopling yg baru diganti tsb, pemasangan dekrup yg tidak center atau kurang kuat jg bs menyebabkan ini, tapi umumnya bengkel tentu memasangnya dng baik. dekrup yg sudah rusak jg bs menyebabkan ini (tapi biasanya krn faktor usia), bisa saja pressure platenya sudah aus, atau tekanan diafgram/matahari ke pressure plate jg sudah berkurang sehingga plat kopling tidak terjepit sempurna ke flywheel.

mengenai getar pada pedal, bisa karena release bearing yg seret (seharusnya berputar smooth), pemasangan dekrup yg tidak center atau bisa jg krn "amukan" input shaft akibat pilot bearing yg aus atau bearing input shaft transmisi yg aus, krn input shaft kan terletak ditengah2 release bearing, getaran pada input shaft bs mudah merambat ke release fork dan terasa di pedal.

Gambar contoh input shaft, release bearing dan release fork
Image

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

perseneling ga bisa masuk itu ya waktu pertama kali jalan gigi ga bisa masuk Oom, kalu kata orang jawa bilang "angel" ...

tapi mantabz lah Oom penjelasan nya, nanti coba ke bengkel dulu dah u/ make sure lagi ..

:thanks:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by m4rio »

hmm... kyknya gk semua kendaraan pake pilot bearing deh... seinget ane bongkar kopling Xenia gitu ini tanpa pilot bearing.

dan untuk taruna seinget ane dia menggunakan bushing, bukan pilot bearing, tapi kemungkinan fungsinya sama..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

maar..kemana aja ente.... :cupss:
ini tret udah rame dr kemaren, ente ditunggu2 gak muntjul2......... :e-snooty: :e-snooty:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by m4rio »

@ jalu : gk liat broo ada ni treat soalnya.. jadi baru ada coment skrg deh...

hehehehe
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

yo wis.....tlg ente jg bantu kasi saran buat mas kapsul ya mar..... :off_good:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

DOHC wrote:kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...
hmm....saya pernah jg ngalamin ini chiong, tapi di mbl ford laser, dr posisi gigi 3, kalo tongkat kesenggol dia pindah ke netral pdhal gak injek kopling....setelah beberapa waktu akhirnya gigi 3 sering "loncat" alias pindah sendiri ke netral, biasanya waktu deselerasi.

krn udah kesel megangin tongkat gigi mulu supaya gak balik ke netral :mrgreen: , akhirnya transmisi dibongkar, diganti ring sinkromesh sama hub sleevenya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

hari ini ceritanya mobil gi mau di opname, tapi seperti biasa tanpa pengawasan karena hari ini kerja, mau ngerjain sabtu minggu banyak banget acara, takut mobil jebol tengah jalan ya udah akhirnya titip betulin sama montir langganan ...

kalau dari analisa dia sich memang katanya drek laher nya ...

kalu dekrup menurut dia seperti nya belum kena (mudah2an ... , karen :ungg: ), karena katanya gejala dekrup kalu dah kena pada saat pedal kopling diinjek (tanpa masuk gigi dan di gas) itu ada bunyi .. kalu ane kan kemarin kan pedal kopling diinjek ada bunyinya kalau perseneling masuk dan di gas kenceng ...

jadi rencana yang akan diganti drek laher sama pilot bearing nya ... mudah2an tidak nambah, doain ya ... :ungg:

*harga spare part sama ongkos gedean ongkosnya ... :frm_bang_head: tapi yang penting si TOKI sehat lah .. amiin ... :upss: *

nanti ane report lagi kalu dah beresan service nya ... :off_good:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by maskopat »

jalu wrote:
DOHC wrote:kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...
hmm....saya pernah jg ngalamin ini chiong, tapi di mbl ford laser, dr posisi gigi 3, kalo tongkat kesenggol dia pindah ke netral pdhal gak injek kopling....setelah beberapa waktu akhirnya gigi 3 sering "loncat" alias pindah sendiri ke netral, biasanya waktu deselerasi.

krn udah kesel megangin tongkat gigi mulu supaya gak balik ke netral :mrgreen: , akhirnya transmisi dibongkar, diganti ring sinkromesh sama hub sleevenya...
bukannya pada saat deselerasi gigi bisa dipindah ke netral ya? cmiiw... :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

maskopat wrote:
jalu wrote:
DOHC wrote:kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...
hmm....saya pernah jg ngalamin ini chiong, tapi di mbl ford laser, dr posisi gigi 3, kalo tongkat kesenggol dia pindah ke netral pdhal gak injek kopling....setelah beberapa waktu akhirnya gigi 3 sering "loncat" alias pindah sendiri ke netral, biasanya waktu deselerasi.

krn udah kesel megangin tongkat gigi mulu supaya gak balik ke netral :mrgreen: , akhirnya transmisi dibongkar, diganti ring sinkromesh sama hub sleevenya...
bukannya pada saat deselerasi gigi bisa dipindah ke netral ya? cmiiw... :e-think:
@ kak rijal : jadi musti ganti sinkormesh nya kak ??... overhaul gearbox donk kalo gt ??

@ om kopat : bukan nya pas cruising yah om bisa di netral in... kalo lagi aksel atau desel gt, malah ga bisa di pindahin gigi atau di netral in...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by BADAK »

Wah bang jalu lg bagi2 ilmu neh ternyata.
Numpang serap ilmu bang :upss:
Viva bang jalu :off_good_job:
Mari kita dukung bang jalu jd momod taon 2011 - 2020 :mrgreen:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

udah jadi koq dak... cuman tinggal seremoni nya aja nanti... :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by doq »

belon pada tau aja klo kk pembina tu orangnya diam2 mengharukan.................................ehhh menghanyutkan :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post