[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

agan-agan yang ganteng, numpang nanya :

1. kalu gejala/tanda "fly wheel" dah rusak apa ?
2. kalu gejala/tanda "plat kopling" dah rusak apa ?
3. kalu gejala/tanda "matahari" dah rusak apa ?
4. kalu gejala/tanda "release bearing/druk laher" dah rusak apa ?
5. kalu gejala/tanda "pilot bearing" dah rusak apa ?

maap nanya nya kebanyakan, soalnya lagi menganalisa gejala/tanda pada kopling, secara kantong gi over limit jadi pengen liat kira-kira estimasi biaya yang akan keluar nanti akan berapa ...

mungkin dah pernah tanya di tret sebelumnya, tapi gpp kan ya agan-agan yang guaanteng N wuokeh ... :big_peace:
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by calvin99 »

ikut nungguin jawaban ya bro kapsul... :roll:

kebetulan mobil kuda saya yg sudah 116.000km belom pernah turun kopling dari baru.. skrg udah mulai ada gejala2 susah kalo mau masuk atau pindah2 gigi... itu kena apanya ya?
kalo nanjak sih masih bisa, 1/2 kopling juga di tanjakan juga ga ada bau angus..
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

wahh hati-hati tuh bro Calvin, dulu saya mengalami hal yang sama, itu adalah plat kopling nya, jangan sampe kejadian di tengah jalan dan ga bisa masuk/pindah sama sekali gigi nya, soalnya kalu dah kejadian mau ga mau di derek dah ...

memang kalu untuk nanjak dan setengah kopling ga ngaruh ...

*itu hanya sedikit yang saya tahu, mohon pencerahan yang lain dari agan-agan yang guaaanteng* :big_peace:


:big_slap: :frm_shock:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:agan-agan yang ganteng, numpang nanya :

1. kalu gejala/tanda "fly wheel" dah rusak apa ?
2. kalu gejala/tanda "plat kopling" dah rusak apa ?
3. kalu gejala/tanda "matahari" dah rusak apa ?
4. kalu gejala/tanda "release bearing/druk laher" dah rusak apa ?
5. kalu gejala/tanda "pilot bearing" dah rusak apa ?

maap nanya nya kebanyakan, soalnya lagi menganalisa gejala/tanda pada kopling, secara kantong gi over limit jadi pengen liat kira-kira estimasi biaya yang akan keluar nanti akan berapa ...

mungkin dah pernah tanya di tret sebelumnya, tapi gpp kan ya agan-agan yang guaanteng N wuokeh ... :big_peace:
saya coba jawab berdasarkan pengalaman dan daya ingat.... :D

1. flywheel
biasanya terjadi keausan di contact area dng plat kopling (biasanya faktor usia krn flywheel termasuk barang awet), ada jg kejadian flywheel tergores, tapi ini biasanya akibat pake plat kopling pantekan. gejalanya fllywheel aus adalah selip. solusinya flywheel dibubut n dibalance ulang
2. Plat kopling
plat kopling mari kt bagi 2 case yaitu kampas dan spring. jika kampas sudah aus maka kopling akan selip, ada jg kejadian kampas "lengket", artinya meski kopling sudah dipijak tapi kampas masih tetap menempel di flywheel yg akibatnya susah pindah gigi. Untuk spring plat kopling jika sudah lemah maka pergerakan mbl akan terasa menghentak setiap kali perpindahan gigi
3. Matahari/diafgrahm
biasanya ada 2 penyakit, pertama matahari aus krn gesekan dng release bearing akibatnya terjadi cekungan dipermukaannya, gejalanya adlah setiap kali pedal kopling dilepas maka akan terasa menghentak (terasa dipedal), ini krn release bearing tersangkut di cekungan itu. yg kedua adalah matahari lemah (letoy), meski sudah ditekan (kopling dipijak) tp plat kopling tidak bisa free sepenuhnya (matahari tidak sanggup mengungkit pressure plate pada dekrup dng sempurna), akibatnya susah pindah gigi.
4. Release bearing/druk laher
penyakit umum adalah bearing berisik, gejala awal biasanya terdengar berisik saat pedal kopling dilepas dan bunyi berkurang saat pedal kopling dipijak. release bearing kalo udah macet/seret maka akibatnya keausan di matahari semakin parah
5.Pilot bearing
kalo sudah seret maka akan timbul berisik pada waktu pedal diinjak, dan kalo sudah aus maka input shaft jadi tidak center, akibatnya mobil terasa bergetar setiap kali perpindahan gigi/pada awal bergerak.

saran :
mengingat jam kerja, tingkat kesulitan dan ongkos kerja yg mahal sewaktu membongkar kopling, maka sebaiknya part kopling diganti semua 1 set komplit dng yg baru. Meski jajan-nya jadi mahal tapi lbh efisien krn sekali kerja tapi hasilnya sempurna.


CMIIW
Last edited by jalu on Wed Nov 24, 2010 4:51, edited 1 time in total.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

wahhh... thanks a lot banget Oom Jalu ... :big_peace:

berarti mobil saya yang kena adalah benar : Release bearing/druk laher (mudah2an matahari nya lom kena nich), pilot bearing ...

membaca saran Oom Jalu, kebetulan kalu plat kopling kemarin2 baru ganti nich, kalu turun lagi wat ganti Release bearing/druk laher + pilot bearing mau kaga ya montri gw ... :ungg:

thanks anyway ya Oom .. :thanks:

agan ganteng Jalu udah, yang laen ?
:big_smoking:


:big_slap: :frm_shock:
FortunerMan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by FortunerMan »

Mantap penjelasannya om jalu :frm_salut:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

@kapsul :

selama ongkosnya dibayar sih montir mah mau ajaa....... :upss:

nah skrg mas kapsul sendiri blm cerita keluhan di kopling kijangnya apa ??? :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

keluhan nya adalah (dari awal sampe sekarang) :

1. Bunyi trek tek tek tek ...mirip gejala knocking tapi bukan knocking, suaranya lebih halus sedikit, tapi
terjadi kalau mesin dah panas/jalan minimal 10-15 menit. bunyi ada pada minimal RPM 2500. Kalau di
test dalam kondisi kendaraan tidak jalan/diam dan gas diinjek s/d RPM 300-an tidak ada itu suara,
either kopling diinjek n masuk gigi (masih diam ya mobil nya) atau posisi gear prei (tidak masuk gigi)
2. Bunyi ngorok kalu mesin dah panas, tapi kalu pedal kopling di injek ilang tuh bunyi
3. Pada saat pindah perseneling dan pedal kopling diinjak ada getar yang terasa di pedal kopling, terasa
sekali bunyi dan getar nya. Dulu getar ini awalnya hanya halus sekali, sekarang mulai terasa sekali
4. Dan yang lain adalah tarikan mobil berat banget oom, RPM/mobil dah ngeraung tapi laju mobil tidak
kencang


kira-kira apa benar analisa nya kalu yang rusak adalah release bearing dan pilot bearing ya Oom Jalu ?

:thanks:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by doq »

wahh......mantab nih, tret bergizi tinggi :mrgreen: numpang nyimak penjelasan kk pembina :ungg:
*duduk manis depan tenda*
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by doq »

*ngacung*
utk penggantian kopling set, isi nya apa aja kak?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:keluhan nya adalah (dari awal sampe sekarang) :

1. Bunyi trek tek tek tek ...mirip gejala knocking tapi bukan knocking, suaranya lebih halus sedikit, tapi
terjadi kalau mesin dah panas/jalan minimal 10-15 menit. bunyi ada pada minimal RPM 2500. Kalau di
test dalam kondisi kendaraan tidak jalan/diam dan gas diinjek s/d RPM 300-an tidak ada itu suara,
either kopling diinjek n masuk gigi (masih diam ya mobil nya) atau posisi gear prei (tidak masuk gigi)
2. Bunyi ngorok kalu mesin dah panas, tapi kalu pedal kopling di injek ilang tuh bunyi
3. Pada saat pindah perseneling dan pedal kopling diinjak ada getar yang terasa di pedal kopling, terasa
sekali bunyi dan getar nya. Dulu getar ini awalnya hanya halus sekali, sekarang mulai terasa sekali
4. Dan yang lain adalah tarikan mobil berat banget oom, RPM/mobil dah ngeraung tapi laju mobil tidak
kencang


kira-kira apa benar analisa nya kalu yang rusak adalah release bearing dan pilot bearing ya Oom Jalu ?

:thanks:
1. bunyi2 ini yg pernah dibahas di tret lain itu yah ?? yg diasumsi timing chain tapi ternyata bukan. :e-think: :e-think:
dng meliat bunyi yg terjadi diwaktu mbl bergerak, sepertinya ini masalah di powertrain..tapi saya sendiri blm ada gambaran krn mesti dianalisa lbh lanjut
2. kemungkinan release bearing
3. Kemungkinan itu pilot bearing, nah apakah gejala bunyi krek2 yg di nmr 1 itu munculnya hampir berbarengan dng gejala getar ini ?? jika iya, sepertinya gejala nmr 1 itu akibat pilot bearing yg aus
4. ini bs ada 2 penyebab, bs saja performa mesin yg kurang fit atau bisa krn kopling selip. kalo memang merasa mbl meraung tp tidak kencang, apakah udah pernah dibandingkan dng kijang lain di kec yg sama ? misalkan pada kec 100kpj dicek berapa rpm masing2, kalo ada perbedaan bs kt analisa lagi.

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

doq wrote:*ngacung*
utk penggantian kopling set, isi nya apa aja kak?
@ngacung.... kopling set terdiri dari : dekrup, plat kupling, druk laher sama laher bambu..... :big_weee:
bahasa inggrisnya : clutch cover, clutch plate,release bearing & pilot bearing.... :D

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

nomor 1 --> yup Oom... ^_^

Nomor 3 --> ga terlalu merhatikan juga Oom, tapi pilot bearing memang bisa menimbulkan bunyi seperti poin nomor 1 ?

nomor 4 --> kalu bandingin dengan kijang lain belum sich, tapi cukup terasa, misal kalu lagi gigi 2, RPM 3000 itu biasanya dah nyampe 40km/jam, tapi ini paling top 35km/jam. Kalu mesin sepertinya tidak ada masalah Oom, kalu kopling slip itu seperti apa ya Oom? plat koopling nemper gitu ?

dulu pernah sempet (tapi sekali-kali nya itu), jalan tengah hari bolong panas gi bawa di tol bau plat kopling gitu tercium sampe dalam kabin ...

mohon pencerahannya kembali ...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:nomor 1 --> yup Oom... ^_^

Nomor 3 --> ga terlalu merhatikan juga Oom, tapi pilot bearing memang bisa menimbulkan bunyi seperti poin nomor 1 ?

nomor 4 --> kalu bandingin dengan kijang lain belum sich, tapi cukup terasa, misal kalu lagi gigi 2, RPM 3000 itu biasanya dah nyampe 40km/jam, tapi ini paling top 35km/jam. Kalu mesin sepertinya tidak ada masalah Oom, kalu kopling slip itu seperti apa ya Oom? plat koopling nemper gitu ?

dulu pernah sempet (tapi sekali-kali nya itu), jalan tengah hari bolong panas gi bawa di tol bau plat kopling gitu tercium sampe dalam kabin ...

mohon pencerahannya kembali ...
pilot bearing bs menimbulkan bunyi, namanya bearing kan bantalan putar, dan pilot bearing adalah tumpuan dr input shaft transmisi ke flywheel.

dari gejala turunnya kecepatan di rpm yg sama, ini ada indikasi kopling slip. Pengertian slip adalah terjadi loss/kerugian putaran, jadi misalkan flywheel sudah berputar X rpm tetapi input shaft transmisi berputar kurang dr X rpm, seharusnya putaran keduanya tetap sama krn kopling kering efisiensinya 100%. berikut beberapa gejala kopling slip :
1. kecepatan menurun di rpm yg sama (seperti pada kasus mas kapsul)
2. saat akselerasi kuat, kenaikan kecepatan tidak seimbang/linear dng naiknya putaran mesin
3. ditanjakan/beban berat terasa ngeden/sulit berakselerasi, padahal mesin sudah meraung
4. kalo sudah parah,mobil hanya bs bergerak pelan meski mesin sudah digeber dan diberbagai posisi gigi percepatan
5. yg terparah, mbl tidak bergerak sama sekali, padahal sudah masuk gigi dan kopling dilepas

untuk menguji kopling ada beberapa metode, yg umum dipraktekan adalah posisi mbl diam, lalu tarik rem tangan sekuatnya....injak kopling lalu masuk gigi 2...lepas kopling perlahan dan perhatikan mesin :
1. jika mesin tetap hidup, maka ini indikasi jelas kopling selip
2. jika mesin mati, jangan senang dulu.....coba lg metode yg sama tapi dng gigi 1, jika pd gigi 1 mesin jg mati, berarti kopling msh bagus, tapi jika pada gigi 1 mesin tidak mati/bergetar hampir mati....ini pertanda kopling mulai slip meski blm parah.

kejadian bau sangit kopling itu akibat gesekan yg cukup lama antara kampas plat kopling dng flywheel & pressure plate, ini terjadi disaat tekanan dr pressure plate blm sempurna menjepit plat kopling ke flywheel, biasanya terjadi waktu "half bite" yg istilah umumnya 1/2 kopling (kopling gantung). Kejadian serupa jg bs ditemui di mobil yang stelan pedal kopling terlalu tinggi....jadi meski pedal sudah dilepas, tapi sebenernya kopling blm release/free sempurna. Maka dari itu setiap pabrikan sudah menetapkan ttg jarak bebas/jarak main pedal kopling (free play) pada tiap2 produknya untuk mencegah kejadian tsb

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

wahhh mantab Oom Jalu penjelasan nya, teraaangg .. :big_peace:

nanti coba saya ke bengkel wat benerin, nanti kita report kan lagi ... :thanks:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by maskopat »

kak jalu, pilot bearing ini yang dimana ya? antara flywheel dengan plat kopling ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

maskopat wrote:kak jalu, pilot bearing ini yang dimana ya? antara flywheel dengan plat kopling ya?
letaknya tepat ditengah2 flywheel, seperti contoh bs diliat di foto ini (yg warnanya biru)... :D

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by maskopat »

waduh, yang itu ane belum ganti tuh.... :big_slap:
moso bongkar kopling lagi sih... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

wahhh another tret bermutu nehhh..... ane menyimak sambil duduk di baris depan ahhh....


*ngacung jari telunjuk.... kak rijal, ane waktu ganti kopling ipah, kaga ganti ntuh pilot bearing, tapi odo nya waktu diganti masi 90an rebu km... kira2 bakal ada dampak negatip nya ga ??...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

@jari telunjuk :

ganti kopling tapi lupa ganti pilot bearing....?? ah sudah biasa itu..gak heran kok, kebanyakan orang2 jg begitu.... :upss: :upss:
efek pilot bearing yg aus kan sudah dibahas diatas chiong, ya skrg ente tinggal monitor aja..mudah2an gak ada gejala aneh untuk beberapa waktu kedepan.

biasanya....(*tapi bukan pasti yah)...umur pilot bearing relatif awet, tapi ya sebaiknya diganti jg sewaktu ganti kopling....supaya sekali kerja hasilnya maksimal.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by KIOS3R »

wah baru aja mo jawab ternyata udh agak penuh threadnya,,,

another thread bermutu , numpang absen :upss:
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kres..koplingya udah dipoles blm....?? :upss: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by KIOS3R »

belom euy bang,, nanti lah, kalo ada rejeki mau poles flywheel nya, dikit aja paling 2-3% cm asal halus,,, sekalian poles diskbreak, udh rada peang juga
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by kapsul 97 »

klu pilot bearing relatip awet, btw kemarin itu waktu ganti plat kopling kalu ga salah dah diganti juga sekalian, tapi sekarang jebol, kira-kira gaya/cara kita nyetir or maenin kopling ngaruh ga ya? ada tips and tricks nya kah kakak pembina penggalang ?

:big_slap:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by jalu »

kapsul 97 wrote:klu pilot bearing relatip awet, btw kemarin itu waktu ganti plat kopling kalu ga salah dah diganti juga sekalian, tapi sekarang jebol, kira-kira gaya/cara kita nyetir or maenin kopling ngaruh ga ya? ada tips and tricks nya kah kakak pembina penggalang ?

:big_slap:
bahasan diatas kan baru asumsi kalo pilot bearing ada kerusakan, akan lbh pasti kalo sudah dibongkar dan dicek...:D
yg saya penasaran, jika memang blm lama ini mas kapsul sudah ganti kopling, kenapa kok skrg sudah muncul masalah seputar kopling ?? :e-think:
perlu kt analisa apakah part kopling yg diganti kualitasnya bagus, apa saja yg sudah diganti dan cara pengerjaannya....

tidak perlu perlakuan istimewa untuk kopling, operasikan sewajarnya saja...yg penting pedal jgn sering dilepas menghentak dan jangan keseringan nahan 1/2 kopling supaya kampas lbh awet.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby