Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Dino_lowrider »

Dear All.
Ane melakukan uji coba sederhana , dengan tujuan untuk mempelajari kemampuan air ac vs radiator coolant dalam melindungi logam terhadap karat. Test dilakukan selama 1 minggu.
Caranya sangat sederhana , mencelupkan logam yang dites kedalam kedua larutan tersebut. Air ac yang dipakai adalah air buangan ac rumah. Sedangkan Coolant yang dipakai adalah coolant berwarna hijau ( merk nggak usah disebut ya.... :e-dance: ).
Hasilnya terlihat dalam foto dibawah.

Hasil dalam test 1 hari :
Image
Image

Pada hari kedua ane tambahkan paku berkarat dalam sebagai bahan uji coba.

Hasil Test dalam 1 Minggu:
Image
Image

Image
Image

Air AC terlihat sangat keruh dan banyak endapan karat di dasar wadah. Sementara untuk coolant ada sedikit perubahan warna / kejernihan coolant , dan tidak terbentuk endapan karat sama sekali dalam wadah. :e-clap:

Kesimpulan :
Air AC / destilasi / Air Murni sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai air radiator.
Karat yang terbentuk begitu cepat. Bahkan pada hari pertama sudah terlihat endapan karat dari logam. :off_no:

Coolant sangat berguna melindungi logam dari timbulnya karat. karenanya coolant WAJIB digunakan untuk air radiator mobil agar usia engine mobil bisa lebih long life.

Coolant tidak dapat melindungi 100% terhadap logam yang sudah berkarat , tetapi sangat membantu mengurangi terbetuknya karat yang terjadi. ( Hal ini terlihat dari warna coolant yang sedikit keruh di hari ketujuh ). Kemampuan coolant berkali lipat daripada air ac dalam melindungi logam dari karat. :off_good_job:

Estimasi ane dan hasil survey ane terhadap mobil yang memakai air biasa / ledeng : ketahanan radiator berkisar 1 sampai 2 tahun sebelum jebol , dan wajib ganti radiator.
Ketahanan engine ( aluminium ) terhadap korosi , belum diketahui. Tetapi estimasi berkisar 6 sd 10 tahun sebelum akhirnya wajib me= mapas kepala blok silinder akibat air yang masuk ke dalam ruang bakar.
Air menimbulkan korosi terhadap aluminium , terutama intrusi menuju combustion chamber melalui packing silinder yang terbuat dari besi ( Lebih cepat berkarat daripada aluminium ). :twisted:

Air yang sudah sedikit merembes melalui packing silinder , sebelum menuju combustion chamber, terkena panas tinggi biasanya menimbulkan lobang2 / pori2 kecil pada permukaan aluminium , seperti batu yang termakan oleh tetesan air. :frm_bang_head:

Pada pipa2 aluminium , dan sambungan2 HOSE biasanya lebih cepat korosif . Banyak ane temukan pada mobil2 yang sudah tua , pipa2 aluminium patah karena korosi. Korosi aluminium berupa serbuk putih seperti serbuk kapur.

MITOS : yang mengatakan air AC baik untuk Radiator salah besar. ( Biasa dikatakan oleh tukang las radiator yang
diamini oleh para pengguna ). :frm_shock:

Selanjutnya ane akan coba upload foto2 korosif air radiator/ledeng terhadap radiator dan engine. Moga berguna.
Trimas a lots. :big_peace:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: 08 Jul 2007, 06:03

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by aldy »

waduh jadi takut nih.. :e-wall: :e-wall: Nissan GL ane kok ada endapan putih ya di radiatornya padahal udah pake radiator coolant satandard nissan..ada apa ya.. :e-think: :e-think: ??jgn2 kyk kata bro dino "Korosi aluminium berupa serbuk putih seperti serbuk kapur" gawat nih..padahal udah pake coolant.. :e-think: :e-think:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: 09 Jun 2008, 17:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Contact:

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by esh »

Good info! :off_good_job:

Saya juga sering dengar orang bilang bahwa air buangan AC rumah bagus untuk air radiator, untungnya nggak pernah coba.
willie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 28 Oct 2010, 01:26

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by willie »

informasi yang sangat berguna bro Dino
:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by m4rio »

brooo.. yang ane mau tanya itu coolantnya pake yang komposisi bagaimana?? pake yang siap jadi tinggal tuang atau pake yang consentrate????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by sjamsul »

esh wrote:Good info! :off_good_job:

Saya juga sering dengar orang bilang bahwa air buangan AC rumah bagus untuk air radiator, untungnya nggak pernah coba.
air buangan ac bagus klo buat nambah kekurangan air....... jadi klo di radiatornya udah ada coolant, mk air buangan ac nampaknya ga masalah, krn udah ada kandungan coolantnya.......
Nah, yg dimaksud ama TS adalah klo radiator hanya pake air buangan ac aja.... hal ini sama juga klo kite pake air apa aja, mk karat akan timbul dg mudahnya....... tp klo kite pake air buangan ac trus ditambahkan coolant... ga masalah...... jadi yg berperan dlm pencegahan karat di radiator adalah coolantnya........

smoga bermanfaat...........
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: 06 May 2009, 09:56

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Diki_Oke_Deh »

Lanjut...
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Dino_lowrider »

m4rio wrote:brooo.. yang ane mau tanya itu coolantnya pake yang komposisi bagaimana?? pake yang siap jadi tinggal tuang atau pake yang consentrate????
Ceritanya begini bro...

Saat ane keluar pulau , mobil ane dipake istri. Terus coolantnya dikuras karena ada kebocoran selang /pipa karet.
Akhirnya selang diganti , demikian juga dengan coolant. Istri ane mengganti coolant dengan merk yang berbeda dengan coolant yang biasa ane pakai .

Ane biasa pakai coolant Prestone yang Hijau Ready for use (ready Mix ). Dengan alasan : Brandnya udah punya nama , dan warna hijaunya pekat , rasanya manteb gitu ( ini feeling ane aja ) dibandingkan coolant yang lain.

Tapi pas ane kembali , dan melihat warna coolantnya lebih muda dan encer , ane merasa kurang yakin. Akhirnya coolantnya ane kuras . Coolant inilah yang ane coba untuk percobaan. Ane ama istri ane juga nggak tahu merknya apa bro....

Sekarang ane pakai 2 botol coolant prestone yang warna orange ( extended life ) concentrate 50 % coolant banding 50 % air AC. Warnanya orangenya tidak terlalu pekat.Ane pakai yang warna orange sih cuma coba coba aja. ternyata warna coolant itu menyatakan komposisi / kandungan dalam coolant:

ini info coolant yang ane browsing :

a.Coolant Konvensional
Secara alami berwarna hijau, tetapi ada yg diberi pewarna merah, memakai Ethylene Glycol (EG) atau Propylene Glycol (PG) sbg bahan anti freeze, sbg bahan inhibitor (anti karat & cavitation/ erosi dinding dlm mesin oleh aliran air) ditambahkan Phosphate atau Silicate. EG berbahaya jika terminum, PG lbh aman. Masa pakai 1-2 thn.

b.Extended Life Coolant
Berwarna orange, dgn bahan dasar EG atau PG, tetapi memakai Organic Acid sbg inhibitor. Coolant ini sedikit meninggalkan endapan (scale & green goo) di dinding dalam saluran pendingin. Diprakarsai oleh General Motor, dikenal juga dgn nama Dex Cool. Masa pakai 3-5 thn

c.Racing Coolant / Surfactant Coolant
Berwarna pink atau ungu, tidak mengandung bahan anti freeze, tetapi menambah kekatan “heat transfer” dari air dgn mengurangi “surface tension” & menambah angka “specific heat” air. Umumnya sudah ber inhibitor, jika petunjuk menyebutkan belum ber inhibitor, maka bisa dicampur dgn ELC. Surfactant Coolant tidak menurunkan suhu mesin, tetapi mempercepat perpindahan panas & menutup Hot Spot (titik konsentrasi) panas di kepala silinder. Contoh: Redline Water Wetter& NOS Super Coolant. Untuk mesin kompetisi tinggi. Umur pemakaian 1-2 thn. Utk kondisi tropis bahan anti freeze tidak dibutuhkan, maka aquadest adalah pemindah panas terbaik , tetapi aquadest tak bisa mencegah karat & cavitation, oleh sebab itu coolant sebaiknya dicampurkan.


Sampai saat inipun , pemakaian coolant orange tersebut masih pro dan kontra . Ada yang mengatakan coolant tsb di desain untuk memenuhi spec dari GM ( Dex-Cool ). Memakai inhibitor organic , dan free silicat dan borat.


From the Prestone site. It at least answers the borate free question. Please note also, that while it MEETS Dex Cool specifications - IT'S NOT ACTUALLY DEX COOL. Also, as the original poster mentioned, they're not saying their product is great (they are promoting it, however), but they are answering the question of whether there are phospates/silicates/borates in the coolant. If you read between the lines, it seems as thought the regular green coolant has all of the above.

Q: Does Prestone® Antifreeze/Coolant contain phosphates?

A: Some European automobile manufacturers request that a phosphate-free antifreeze be used in their vehicles. This issue is related to the extremely high mineral content of the water in Europe. If you were to mix an antifreeze that contained phosphates with the type of water they have in Europe, it may produce deposits that can settle in the cooling system and promote corrosion. However, in North America we do not have this type of water problem. Typical North American coolants have contained phosphates (which is part of the corrosion inhibitor package) for many years. Therefore, the question of phosphates is a non-issue here in North America. Prestone® Antifreeze/Coolant is completely safe for use in both foreign and domestic vehicles. For those consumers who would feel more comfortable using a phosphate-free antifreeze, our Prestone® Extended Life 5/150 Antifreeze/Coolant is phosphate, silicate, and borate free. This coolant uses a special chemistry and technology that extends the life of the corrosion inhibitor package so that it lasts for five years or 150,000 miles (whichever comes first), and is safe for all cars and light trucks (old or new). Prestone® Extended Life 5/150 Antifreeze/Coolant has been approved by General Motors under their DEX-COOL® specifications and is compatible with other DEX-COOL® approved coolants.

:big_peace: :big_peace:

I e-mailed Prestone tech support about damaging effects of there Long Life 5/150 Antifreeze on our water pumps and this is what they said:
"The Prestone Extended Life Antifreeze does not container any silicates. Prestone has studied the effects of silicates on water pumps and concluded that they do not cause any premature water pump failure. We do understand that this issue gets circulated from time to time but we find no basis to the concern"


INI :LINK INFORMASI YANG BAGUS mengenai coolant orange terbaru tersebut :

http://findarticles.com/p/articles/mi_q ... ntent;col1

:off_sleep:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by m4rio »

ooo.... jadi begitu tohh ceritanya...
ane juga make prestone yang ijo tuh, ijonya pekatttt bgt.. ane yakin aja make ni coolant. hehehehe..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Dino_lowrider »

aldy wrote:waduh jadi takut nih.. :e-wall: :e-wall: Nissan GL ane kok ada endapan putih ya di radiatornya padahal udah pake radiator coolant satandard nissan..ada apa ya.. :e-think: :e-think: ??jgn2 kyk kata bro dino "Korosi aluminium berupa serbuk putih seperti serbuk kapur" gawat nih..padahal udah pake coolant.. :e-think: :e-think:

Waduh , mobil baru. Logikanya , coolant asli nissan kan sesuai dengan persyaratan dari nissan . Korosi aluminium juga relatif jauh lebih lama terbentuk daripada korosi logam besi.Rasanya ane nggak yakin itu korosi ya ??? CMIIW :shrug:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: 08 Jul 2007, 06:03

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by aldy »

Iya sih bro tapi ada yg tau kenapa terbentuk endapan putih (kayak serbuk kapur)..padahal ane juga ga pernah tambah2 pake air ledeng :off_no: :off_no: ..Kata SA nya waktu ane minta dikuras..wajar aja pak kayak air yg mendidih lama2 terbentuk kapur (endapan/kerak putih)..nah lo :e-think: :e-think: kan udah pake radiator coolant..mana ada kapurnya.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by m4rio »

kalo yang ane pernah denger serbuk putih itu kalo gk salah karena coolantnya udah lama gk diganti, jadinya begitu...

kalo gk salah ya..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by DOHC »

@ aldy : makanya bro, waktu beli tuh lipina, ga lama ane lgs ganti tuh coolant nya... sejauh ini sehh masi blom ada endapan putih...

tapi kayanya di smua mobil kalo bertahun2 ga di kuras, mo pake coolant apapun jg pasti ad endapan nya... di ipah ane jg tuh... sblom nya selama 3 taon blom perna di kuras.. gt ane buka radiator cap nya.. kliatan warna coolantnya agak kental... dan kalo ane coba colek ke dalem radiator nya, di jari ane berbekas endapan warna merah gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Turboman »

Very Nice Report :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by singachu »

Dino_lowrider wrote: <cut>

Tapi pas ane kembali , dan melihat warna coolantnya lebih muda dan encer , ane merasa kurang yakin. Akhirnya coolantnya ane kuras . Coolant inilah yang ane coba untuk percobaan. Ane ama istri ane juga nggak tahu merknya apa bro....
<cut>
berarti coolant di atas pakai merk yang bro Dino sendiri ga tau merk apaan yah ?

Nice testing om, boleh saya copy paste ke blog saya di otodiy.blogspot.com (dengan link source ke seraya ini saya cantumkan juga tentunya) ? Trims sebelumnya

regards,
singachu
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Dino_lowrider »

Silahkan bro Singachu...
nanti ane juga pengen mampir2 ke blog bro Singachu.

Btw ane juga belajar bikin website nih. Pakai CMS Jomla..:off_sleep: Nanti ane sharingkan juga perkembangannya...hehehehe :off_ladies:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by singachu »

Dino_lowrider wrote:Silahkan bro Singachu...
nanti ane juga pengen mampir2 ke blog bro Singachu.

Btw ane juga belajar bikin website nih. Pakai CMS Jomla..:off_sleep: Nanti ane sharingkan juga perkembangannya...hehehehe :off_ladies:
Tengkyu bro..... :off_good:
sudah saya copy paste di : http://otodiy.blogspot.com/2010/11/diy- ... ac-vs.html

boleh2, tp masa bisa di share di serayamotor ya ? :D blogspot kan dah tinggal pakai aja :ungg:

regards,
singachu
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: 08 Jul 2007, 06:03

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by aldy »

aldy wrote:Iya sih bro tapi ada yg tau kenapa terbentuk endapan putih (kayak serbuk kapur)..padahal ane juga ga pernah tambah2 pake air ledeng :off_no: :off_no: ..Kata SA nya waktu ane minta dikuras..wajar aja pak kayak air yg mendidih lama2 terbentuk kapur (endapan/kerak putih)..nah lo :e-think: :e-think: kan udah pake radiator coolant..mana ada kapurnya.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
OO gitu ya bro :thanks: soalnya ane bandingin ama siti ane udah 70rebu KM lebih ga ganti coolant (dari beli baru :mrgreen: :mrgreen: ) masih aman2 aja ga ada endapan dan ga keruh..Tapi kalo dilihat dengan jeli sampe di pelototin pasti adalah endapan cuma ga kasat mata..nah kalo di GL ane kasat mata bgt air radiatornya diobok2 pake tangan naik semua endapan putih2nya lumayan banyak (masih 35ribu KMan waktu itu).. :big_smoking: :big_smoking: makanya lgsg ane kuras tuh takut knapa2 radiatornya+mesin :frm_bang_head:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by doq »

very nice test om dino, test ini sekaligus menjawab mitos klo cairan radiator coolant itu bersifat mengikis di radiator mobil2 lama......... two thumbs up :big_peace:

note:
utk momod, tolong sebaiknya thread ini d jadikan sticky aja nih...........imho :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by Dino_lowrider »

Ini kerusakan yang diakibatkan karena tidak memakai radiator coolant. Perlahan tapi pasti menyebabkan kehancuran radiator dalam 2 sd 3 tahun , dan kerusakan di head cylinder dasn water jacket , wajib turun mesin untuk mengganti packing atau memotong / papas kepala silinder.

Untuk radiator yang pernah bocor karena telah terserang karat (ditandai dengan warna air coklat), WASPADALAH.

Dapat ane katakan nyawa mobil adalah oli dan air. Mobil yang memakai oli kualitas baik , mengganti oli sesuai jadwal , serta memakai coolant dari baru , usia mobil bisa long life. Bahkan sesuai dengan sharing pengalaman ,ada yang bisa mencapai 20 tahun bahkan lebih , atau 900.000 Km tanpa turun mesin.

Untuk yang berniat mencari mobil bekas , terlebih dahulu lihatlah radiator , buka cap-nya. kalau melihat si empu mobil tidak memakai coolant dan warna airnya coklat , urungkan niat untuk membelinya.
Karena dapat dipastikan dalam jangka waktu dekat , wajib ganti radiator , bahkan turun mesin.

Untuk yang telah terbiasa memakai air biasa , dan melihat karat sudah terbentuk dalam radiator , segera kuras air. Bilas dengan menggunakan air bersih , 3 sampai 4 kali , sampa air buangan terlihat jernih.
Jangan pernah memakai RADIATOR FLUSH , karena justru akan mengikis kerak karat dan menyebabkan radiator bolong berpori - pori. Isi dengan coolant yang sesuai spec. Dan berdoa :e-pray: semoga tidak terjadi kebocoran ...hehe..

Untuk radiator yang sudah diservis dengan cara dibongkar dan digosok gosok , lalu di solder kembali , biasanya kembali akan bocor dan mampat karena karat yang sudah terlalu parah.

Untuk radiator yang sering bocor , menambah air radiator setiap beberapa hari sekali , WASPADALAH. ini menanakan ada kerusakan / rembesan baik di radiator ataupun di tempat lain , baik di hose / selang2 karet dan engine. Ini juga ciri perawatan cooling system yang kurang baik.

Untuk cooling system kendaraan yang dirawat dengan baik , menambah cairan biasanya sekitar 2 atau 3 bulan sekali , bisa dilihat di tangki reservoir. ini terjadi karena ada sedikit penguapan dari air pendingin. Tetapi untuk lebih baiknya check ketinggian reservoir sekitar 1 minggu sekali.

Hampir semua pabrikan mobil eropa , AS , Jepang misal honda dan Toyota, melarang penggunaan coolant yang mengandung silikat dan borat , karena akan menyebabkan pegikisan water pump. Karenanya pabrikan coolant saat ini mengeluarkan coolant jenis baru yang memakai OAT / bahan organic sebagai pengganti. Memiliki sifat lebih kuat terhadap suhu dan udara sehingga lifetimenya sekitar 5 tahun bahkan lebih. Sedangkan yang konvensional memiliki lifetime 2 tahun.

Khusus untuk prestone : organic ( OAT ) adalah type extended life berwarna orange , botol silver. Sampai sekarang penggunaan coolant tanpa silikat dan borat ini masih pro dan kontra. Karena penggunaan colant konvensional ( Misal prestone hijau ) , tidak menimbulkan masalah dipakai bertahun2 lamanya.
Justru coolant OAT , banyak yang melaporkan bereaksi terhadap seal karet , sehingga mengakibatkan kebocoran. Inipun masih pro dan kontra. Karena banyak pemakai yang memakai tanpa ada masalah.

Walau nggak ada masalah dengan coolant konvensional , Ane sekarang mencoba memakai prestone orange , untuk coba coba aja..walau jujur masih ada rasa ragu. Mungkin lebih aman memakai coolant dari pabrikan mobil ya???? heheheh...

ternyata pemilihan coolant RUMIT BANGET YA ??? Nggak seperti yang dibayangkan sebelumnya , yang penting ada warnanya udah cukup dan bikin tentram hati... :big_peace:


Berikut Foto2 kerusakan radiator dan head silinder engine karena tidak memakai coolant:

1.Air yang merembes ke dalam ruang bakar , karena kerusakan gasket dan porosity head silinder
2.Saluran water jacket berwarna coklat orange menandakan karat sudah parah
Image

Kerusakan Radiator Opel Blazer
Image

Selang Hose yang dibelah menunjukkan karat yang sangat parah
Image

Anda nggak pengen khan mobil anda mengalami seperti foto2 di atas.
Makanya jangan percaya MITOS tukang radiator yang mengatakan Air Murni / destilasi saja , sangat baik bagi radiator bahkan banyak tukang radiator yang melarang penggunaan coolant . Ane ngggak habis pikir deh... :off_no:
Ane searching di google , masih banyak banget website / blog yang masih menyarankan penggunaan air destilasi tanpa coolant untuk cairan pendingin. weleh weleh.... :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-naughty: :e-naughty:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by DOHC »

om dino... kalo utk mobil yg mesin nya jenis aluminium gmana tuh... kan skrg mobil2 apalagi yg ukuran cc kecil gt rata2 pada make nya enjin blok jenis aluminium... nah ada pantangan atau larangan thd jenis2 coolant2 tertentu ga ??....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by andy1800 »

*loh,td gw posting kok ilang ya :ungg: *


TFS !

salut atas kreatifitas bung dino :off_good_job:
ada talenta inventor mengalir dlm darahnya.

mgkin nampaknya "cuma" hal kecil... tp jgn salah, para inventor besar itu pun jg memulainya dari hal2 kecil.
.
:off_ladies:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by andy1800 »

sygnya, wktu itu gak sekalian diexperimenkan gmana kalau air refill nya accu ya....sbrp beda dg air suling AC, yg jg/sama2 diasumsikan sbg air murni H2O...
gmana jga efek dari air mineral Aqua, yg diasumsikan byk mineral2 yg diadisikan ke dalamnya justru membuat percepatan korosi.

bukan hal penting siih, soalnya arah dan keimpulan experimennya itu intinya adalah coolant adlh yg terbaik utk radiator/engine cooling system.
:off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by BADAK »

Ngomongin ttg radiator coolant, saya jd ingin bertanya. Bagaimana dgn kualitas radiator coolant murahan yg hanya seharga 20rb per galon nya? Apa kandungan di dalamnya juga mampu mencegah korosi?
Btw, pertamina skrg juga mengeluarkan radiator coolant jg, dan harga nya termasuk mahal di kelasnya. Mungkin bagi yg udah pernah pakai bisa share pengalamannya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test Air AC VS Radiator Coolant -With Photos

Post by DOHC »

yg merek murah 20 rebu segalon itu merek meg*cool yahh dak ?? di jakarta soalnya setau ane ntuh coolant "termurah" yg bisa ane temui... dan ane uda pake ntuh coolant buat panther ane sejak beberapa taon yg lalu... sejauh ini sehh baik2 aja dak... ga ada masalah bocor2 di radiator dsb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post