pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA offroad

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by andy1800 »

mm iya siiih, pakde kopat....mmg definisi fun bisa beda2 tiap orang...
* eh, tp, ane memang pernah bilang fun ya ?.... huehehe....o iya kayaknya ya, ane kayanya pernah bilang fun offroad ...:mrgreen:

ok, deh, jd gini....
1.
yg dimaksdu dg tidak mahal, ...sbenernya ane gak mau batesin.....
tp, spy, boleh deeh, kita batesi jadi skutar 85 jtan... dg catatan, kalau mmg ada yg layak jg dg harga 30jt, ya tentu saja kita cenderung lbh milih ini kaan...
udah 2x loh ane kasih deretan daftarnya.... dan jip2 doble gardan semacam: Jimnys, SIerra, Vitara, Landy Series, Trooper, Tafts, "hartop" yg murah, CJ7, Cherokee, gitu memang adalh pilihan2 yg masuk akal bagi sebagian besar starter offroad.

2.
yg dimaksdu fun adalah: non kompetisi...
ingat ya, ada kata "buat pemula" loh ya....

itu berarti rentangnya fun itu adlh, dari adventure ofroad dg jalan tanah yg becek2 doang, licin2 dikit, sampai lumpur2 dikit....bahkan ada kemungkinan bisa kita upgrade sampai yg agak2 berat kayak foto2 / video nya Billy gini ini, masih boleh laaah kita bilang fun..
( mari kita pinjam lagi foto2nya Billy ini ...ya Bill ya... :e-pray: )

Image

Image



apalagi kalau cuma naik2 batu atau gundukan yg segini2 ini.
Image
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by andy1800 »

naah, lanjut dikit...

jadi..... ada keyword "tidak mahal", "buat pemula", "non kompetisi"....
itu berarti bukan yg kaya vitara di atas kita itu... yg dari pandangan awam sih mmg bentuknya vitara-vitara aja....tp tlg perhatikan itu keterangan modifnya:
"full coilovershock axlenya rigid axle toyota seri 60, atau 40, atau mgkin malah prado70"
"enginenya, denger2 sih 4AGE.... katanya lo yah... yg jelas teriakannya emang sakti bngt."

walah, kalau itu kan jelas2 bukan buat pemula.
tp kalau postingan2 intermezo spt itu sih gak apa-apa jugaa...silakan aja..toh kita tetep ingat basic pembicaraannya.

jadi, yg ingin kita dapatkan pengetahuan dari para yg udah lbh pengalaman adalah:
mobil 4x4 yg standar
misalnya, vitara standar
trus ya spt yg billy pernah bilang itu...
"vitara escudo sidekick.....
klw di banding jimny, bukan kalah tangguh mesinya .... tapi kalah tangguh kaki-kakinya.... kalah simple ....dan kalah murah...serta kalah mudah dalam memodifikasi" (ini berarti ketersediaan aftermarket atau parts kaki copotan nya, kalau vitara lbh susah didapatkan)

nah, itu akan lbh bagus kalau sedikit dikasih alasan2 yg didapat dari pengalaman ...misalnya: "dari pengalaman kalau pas jalan bareng, vitara yg sering patah tuh axle depannya"...minsalnya gitu...
trus ditambah alasan teknis dikit.."karena ukuran as rodanya itu cuma 20 spline"...misalnya

gitu looh...
jgn salah, susah loh menmggali ilmu dari para pengalaman kayak billy atau gmx gitu...
soalnya, kalau udah kelas advance, rata2 cenderung pada pengen modiiiiifffff mulu pengennya....wkekekee
jadi, pas nerangin nerangin hal2 basic gini.... teteeep aja ngomongnya bakalan kaya' yg mau lari ke modip2 anu gelo' gituh .... :mrgreen:

nah, makanya, bantuin ane dong Pat, ngejagain mereka itu spy mau menciprati kita dg pengetahuan basic ttg jip2 standard.
bantuin ngorek2 ilmu fundamental mereka itu, yg bisa cocok bagi starter offroad kaya' ente...
:big_weee:

-------------------------------------------------
hadoooh... ah dasar ente pat, bikin ane harus byk nulis aja deh.... mlh jadi menuhin2in thread niiih, cm gara2 harus ngejelasin maksdunya ke ente....
:frm_bang_head:
....wkekekeke

ya udah, ayuk, kasih tau, kenapa ente lbh milih nyaranin ane utk pake mitsubishi willys drpada trooper ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
4y35h4
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 15 Jul 2010, 20:01

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by 4y35h4 »

klo yang ini bisa buat offroad ga sich?
Attachments
jimny double cabin.jpg
apaan sich..??
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

^^katana long (kalong) sih bisa banget, lagi naik daun nih, harganya melambung


Mas Andy mau everest seperti di fotonya Billy? wah itu sih udah bukan pemula lagi om, bahkan Camel Trophy pun gagal di route tersebut, tapi berhasil dilewati oleh Team Borneo Equator Expedition tahun lalu, tracknya kambing pun ngga bisa lewat. ini cuplikan dari majalah Land Rover, lengkapnya bisa diliat di http://www.mobiljip.com/viewtopic.php?f=33&t=439

Image

kalo mau adventure ofroad dg jalan tanah yg becek2 doang, licin2 dikit, sampai lumpur2 dikit, masih bisa pakai mobil yang bisa juga dipakai jadi mall cruiser. pilih mobil yang masih bisa dipakai nyaman bisa yang FISS seperti Pajero Gen 3, IFS seperti Pajero Gen 2, Vitara, PS, Fortuner, Everest, Taft F73 dan F78, dll atau twin axle yang masih nyaman seperti cherokee, Nissan Patrol GQ (KTT), Land Cruiser 80, range rover discovery dll. FYI, sekarang ini majalah jip sedang ada acara fun offroad ke teluk kiluan lampung, bener2 untuk fun dengan sedikit tantangan karena salah satu pesertanya bawa bayinya yang baru 7,5 bulan, yang jalan mobil2 bagus, salah satunya Jeep JK-nya om GSA. ada satu peserta yang "salah costum" bawa taft kebo standard (standard kompetisi maksudnya), dijamin jadi perjalanan yang menyiksa..

Ini saya rangkum dari obrolan2 kita selama ini ya, bahwa yang perlu diperhatikan adalah dari bagian yang bersentuhan dengan tanah sampai dengan power factorynya

pertama adalah Ban, disesuaikan dengan trek dan mobil. dengan trek maksudnya kalo dipakenya becek2 dikit masih bisa pake ban AT, tambah becek lagi pake ban MT misal dueler MT, Maxxis Bighorn, Savero, wrangler. untuk kompetisi, atau adventure berat seperti Borneo Expedtion itu pakai Simex Extreme Trekker, Extra Grip, Super swamper, Jeep Service, tapi dijamin jadi berisik dan cepat habis kalo dipake di aspal.

Besarnya ban berpengaruh mempertinggi ground clearance, dihitung dari titik terendah mobil yang biasanya adalah bonggolan gardan, yang tiap jenis gardan beda2 besarnya. misal gardan FJ yang besar dengan ban ukuran 35 akan sama ground clearancenya dengan Taft dengan Ban 32. Makin besar ban juga resiko tinggi kendaraan bertambah dan mempertinggi resiko mobil terbalik (klontang kalo katanya offroader) bila berjalan di trek yang miring, dan juga mempersulit mblusukan karena bakal sering nyangkut ke batang2 pohon. ngga usah aneh dengan kata2 mobil terbalik, udah biasa dalam offroad, makanya peralatan recovery hukumnya wajib

Makin besar ban juga akan menambah beban bagi perangkat kaki2, drivetrain dan mesin. dengan mesin kecil bisa aja pakai final gear yang rendah, tapi kompensasinya top speed akan berkurang, lari 60 di jalan aspal udah top speed, seperti rata2 land rover series larinya cuma 65kmph max. dan tentu FC akan semakin boros. ban yang besar juga perlu modifikasi di kaki2 dan suspensi supaya ngga mentok, bahkan sering sampai harus coak fender.

segini dulu, silakan ditambahkan atau dikoreksi bila saya ada yang salah

ini maksudnya kita bahas dulu dikit2, nanti pada akhirnya sampai ke pemilihan mobilnya, biar rame pembahasannya dan panjang, trit tetap hidup dan bermanfaat bagi rekan2
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by andy1800 »

naah,...benul, benul...cocok sm ulasannya gmx inih.

dooh, bukan evie/ranger nya roy....itu tadi mau nunjukin ke maskopat ituh, gmana yg dimaksdu dg: "medan menengah-ringan"....jd bukan medan berat spt yg ada dlm foto maneh itu... coba saja liat, kalau medan berat kaya gitu uumumnya adalh medan kompetisi, makanya mobilnya pun hrs kelas berat, ....nampak jg kaan dari tempelan2 sticker sponsor kaya gitu pastilah ada di medan kelas kompetisi.

ok deh, drpd pada kebayang yg kelas2 tak terjangkau, kita misalkan aja, misalkan aja gw mau pake Sierra, mesin 410, ban mgkin R15x7 deh.. palingg customnya cm body lift 7 centimeter aja. udah, itu aja...bisa dibilang, itu standar banget kan.

nah,...ban
pemisalan aja ya, ane pakai xtragrip aja...secara harga simex XT kan skitar 2 kali lipatnya...
tlg gambarin, apa yg gak bisa dilakukan oleh GY Xtragrip, tp bisa dilakukan oleh Simex XT ?

*dg kata lain:
apa sih keunggulan Simex Xtreme Trekker, dibanding Goodyear Xtragrip ?....secara harganya beda jauh gitu...worth it nggak, anatra peningkatan performa yg didapet, dg ngos2annya kita ngeluarin uang yg jauh lbh byk utk dapetin simex itu?

trus, biasanya, 'mun maneh pake Xtragrip, tire pressurenya dikempesin jadi brp, spy pas, bisa dapetin traksi di lelumpuran ? ...15-20 psi kah ?
.
Last edited by andy1800 on 01 Oct 2010, 22:46, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

tambahan.

jenis ban akan banyak berpengaruh ke kinerja mesin. misal kalo kita pakai ban Simex Extreme Trekker, di tanah tentu akan memiliki traksi yang lebih bagus dibanding dengan dueler MT, sehingga kerja mesin akan lebih ringan..

harap maklum ya kalo saya nulisnya sebagian2, dan saya ngga berani menjustifikasi mobil ini begini mobil itu begitu, karena saya minim pengetahuan tentang mobilnya.. dikit2 aja dulu supaya bisa jadi pertimbangan bersama.. dari ban aja buat saya udah sedikit ada gambaran, misal taft ban standard adalah 235/70R15, dengan kondisi standard bisa masuk ban 32 tapi rata2 orang bilang untuk taft paling enak pake ban 31. sedangkan vitara untuk pake ban 31 perlu modifikasi lift. pajero standard ukuran 31x10.5R15, kondisi standard bisa masuk ban ukuran 33 tapi Ryco bilang paling enak pake ban ukuran 32. jenis mobil lain mungkin rekan2 ada yang lebih tau..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

saya belum pernah pake simex extreme trekker, pernah punya 2 set, tapi dijual lagi karena harganya menggiurkan dan bingung mau dipake di mana, ngga pantes di pajero sedangkan di landy beda ring-nya (hehehehe offroad bukan cuma hobby yang ngabisin duit, tapi bisa jadi tempat nyari duit juga)

extragrip pake di land rover, emang lebih enak dibanding dengan dueler MT di pajero (ya iyalah, beda kelas). di milis pernah dibahas maxxis, katanya terasa berat dan di lumpur mobil jadi geser2 liar sulit dikendalikan. di bandingkan dengan extra grip yang bisa tetap lurus.. GT savero katanya compundnya cepat keras, jadi bahaya di di aspal basah jadi licin, susah ngerem. untuk harian sih rata2 recommend dueler MT, dan banyak yang bilang lebih sakti dibanding maxxis, sayangnya ukurannya paling besar cuma 31x10.5R15 dan 265/75R16

di lumpur biasanya ban dikempesin supaya lebih flat, lebih banyak permukaan yang nempel ke tanah, memperbesar traksi. rata2 dikempesin sampai 20psi. kalo sampai 15 terlalu kempes ngga?

mungkin billy bisa menambahkan, punya pengalaman lebih banyak tentang ban..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote: jgn salah, susah loh menmggali ilmu dari para pengalaman kayak billy atau gmx gitu...
soalnya, kalau udah kelas advance, rata2 cenderung pada pengen modiiiiifffff mulu pengennya....wkekekee
jadi, pas nerangin nerangin hal2 basic gini.... teteeep aja ngomongnya bakalan kaya' yg mau lari ke modip2 anu gelo' gituh .... :mrgreen:
hehe klw yg sya terawang sih sebagai starter offroad car, tentu harus di lihat visinya jg, maksudnya bgtu uda d oprek abis-abisan idealnya kearah mana.kompetisi seperti apa yg cocok makanya sering di kaitkan dgn spesialisasinya... dan selalu kearah kompetisi, karna di situ biasanya modifikasi dan kemampuan mobil bener di peras. d sana langsung kelihat, part mana yg masih di pertahankan dan part mana yg lansung d buang... jg part dari mobil apa yg paling banyak di pakai/d cangkokin.

nah dari sana uda ketahuan kan saat starter agar memilih mobil starter yg banyak part yg waste nantinya..

dan klw ngelihat mobil yg uda di modifikasi advance/heavy.. jd bisa di lihat "part mana aja yg masih bertahan" makin banyak part yang bertahan sampai modifikasi advance/heavy bearti g salah dunk di jadiin mobil stater karna bnyk yang akan kepakai nantinya saat naik level.. coba di tengok secara garis besar aja.. umumnya d powertrain sampai drivetrain

contohnya, jimun.... jimun yg udah advance biasanya yg bertahan sebagian besar sasis dan body.. mesin sering kali di ganti dri caribian G13B vitara G16B atw yg skrng lg ngetren mesin APV(gtw serinya apa). kaki pakai samurai sampai prado. tp dgn d handle drivernya punya skill "khusus" tetep turun dgn mesin std F10A dgn drivetrain di rombak winch kebut dan body ringa d padu dgn skillnya tetep aja bisa juara...mengandalkan skill kelincahan dan recovery yg cepet dri winch... but well it's definitly not everyone....

trus FJ40 yg masuk katagori advance bnyk yg memilih powertrain/engine sampai drivetrain(gb+tc+axle) masih pakai aslinya, paling perubahan d seputar bonggol gardan dan asnya serta dilakukan korekan mesin 2Fnya, tampa engine swap. hasilnya masih di rasa cukup kompetitif. memang yg lebih advance trendnya dulu ke V8 skrg trennya ganti ke mesin XJ. tp lagi2 axlenya masih bisa bertahan karna sudah cukup besar 30spline... walau ada aja yg upgrade ke BJ60/VX klw mw yg "super" dan radius putar lebih baik.

klw taft aga jarang yg pakai utk kompetisi,mungkin yg paling populer team galunggung dri tasik yg tersohor dgn trio taft kebonya dan sering memenangkan kejurnas.. terakhir ngintip sih, ubahan besarnya di mesin DG yg d tuker 2LTE karna alasan regulasi, DG 2530cc jd g bisa main under2500. sedangkan kaki2 masih pake asli taft. gtw updatenya skrng dganti ga. trus ada winch setan super kenceng dan kuat... serta bodynya yg sekecil jimun namun punya torsi lebih besar.. sedangkan taft GT/rocky biasanya sih di pke adventure turing, dan kebanyakan di kawinkan dgn kaki2 toyota sedangkan mesin pakai rugger.

Klw CJ biasanya... mesin masih bisa dipakai dgn d korekan/tune, hanya axle yg jadi langganan di ganti toyota, sasis di perkuat, dan steeringhouse CJ di ganti XJ. g jarang juga yg ngeupgrade full dgn komponen XJ dri mesin sampai kaki.....

klw XJ biasanya lebih cendrung turunnya ke arah speed.. trendnya lebih ke memaksimalkan part yg udah ada.. ada yg tetep std tuneup ada jg yg di korek jd 4500cc atw pemasangan s/c. axle bawaany masih bisa di pakai asal diikuti perawatan rutin dan seting ulang, tp bagi yg mw upgrade asnya bisa k 30spline dan yg non clip atau yg fullfloating juga ada.... lalu diikuti reinforce kaki2 dan sasis. hampir sebagian besar memaksimalkan part bawaannya.. klw upgrade biasanya ke aftermarket bukan cangkok k mobil lain.

landrover??ummm....... jrng yg pakai sih, ujung2nya ke toyotalisasi semua lagi.. mungkin axle landy model salisbury sampai aschroft g kalah kuat dgn toyota tp, masalah radius putar dan ukuran bonggol jd kendala...


dan sebagian besar klw uda masuk advance kaki2 uda di rombak, dan biaya terbesar dan terpenting justru di kaki-kaki.....

itu kli garis besar, tren modifikasi d level advance yg sering d temui di arena kompetisi..... pasti banyak yg kelewat apalgi klw uda menyakut "r&d item" hehehe...... coba aja sering2 intip majalah atw ngobrol tentang modifikasi mereka nanti jg bnyk yg kelihat hehe...

pd dasarnya semua mobil 4x4 bisa d bangun jd mobil offroad yg baik... tp effortnya yg akan berbeda.. hehe dan rasa cinta kepada suv tertentu biasanya bikin nekat meski harus mengganti sebagian besar part mobilnya dgn merek lain hehehe "asal STNKnya g ganti ajah!"..... lebih edan lagi di sini lg ada yg mw masukin halfcut cherokee ke VW kodok hahaha.... tunggu aja tanggal mainnya wkekeke....

kec klw memang demen ngerombak total yah beda lg critanya.... dri mobil apa jg bisa tinggal urusan effort dan kantong hehehe.... klw mw ngirit ya harus lihat yg udah advance mobil apa yg part oemnya paling bnyk bertahan/diburu...... hehe



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by billyd1773dz »

andy1800 wrote:naah,...benul, benul...cocok sm ulasannya gmx inih.

dooh, bukan evie/ranger nya roy....itu tadi mau nunjukin ke maskopat ituh, gmana yg dimaksdu dg: "medan menengah-ringan"....jd bukan medan berat spt yg ada dlm foto maneh itu... coba saja liat, kalau medan berat kaya gitu uumumnya adalh medan kompetisi, makanya mobilnya pun hrs kelas berat, ....nampak jg kaan dari tempelan2 sticker sponsor kaya gitu pastilah ada di medan kelas kompetisi.

ok deh, drpd pada kebayang yg kelas2 tak terjangkau, kita misalkan aja, misalkan aja gw mau pake Sierra, mesin 410, ban mgkin R15x7 deh.. palingg customnya cm body lift 7 centimeter aja. udah, itu aja...bisa dibilang, itu standar banget kan.

nah,...ban
pemisalan aja ya, ane pakai xtragrip aja...secara harga simex XT kan skitar 2 kali lipatnya...
tlg gambarin, apa yg gak bisa dilakukan oleh GY Xtragrip, tp bisa dilakukan oleh Simex XT ?

*dg kata lain:
apa sih keunggulan Simex Xtreme Trekker, dibanding Goodyear Xtragrip ?....secara harganya beda jauh gitu...worth it nggak, anatra peningkatan performa yg didapet, dg ngos2annya kita ngeluarin uang yg jauh lbh byk utk dapetin simex itu?

trus, biasanya, 'mun maneh pake Xtragrip, tire pressurenya dikempesin jadi brp, spy pas, bisa dapetin traksi di lelumpuran ? ...15-20 psi kah ?
.
nambahin aja nih penjelasan om gmx udah mantaapp bngtt hehehehe....... :D :D:D


klw jimny std mending pke xtragrip 15" aja om... atw simex yg 29".. jgn simex 31" why?pasti di ajak nanjak tinggi akan ngos ngosan sampai bener2 g kuat maklum 1000cc hehe... ratio harus di turun kan dgn yg lebih low. ntah dri TC atw FG...

klw angin,simex minimal 16 psi bogger pernah 12psi tubeless tampa lock2an masih aman dan blm keliat terlalu kepes hehe g sadar bannya kempes hihi, tp minimal tetep 14psi. klw xtra grip g tw euy... klw pke ban dalam bisa lebih rendah lagi asal hati2 pentilnya sering robek ke puter pelek.. dan biasanya yg jualan ukuran 15" aja g ada diamternya mungkin klw k xtragrip cocok tp klw ban dgn diamter lebih besar blm tentu... dulu beberapa lama pke ban dlm akhirnya balik tubeluse lg karna keseringan bocor d pentilnya hehehe.....



klw ratio udah oke gmn?
ini juga perdebatan seru yah.... ada yg demen ban tinggi langsing kya xtragrip 16"/jeepservice 16" atw simex 32x9.5 dan swmaper tsl 34x9.5 ada jg yg demen ban gendut bertapa lebar kya simex lebar 10.5-12.5 bogger dll hehe mana yg lebih baik?

well ini gmn driving stylenya yah... enaknya ya harus coba2 hehehe..... klw secara teori dan sngt sedikit praktis sih... yg slim akan lebih mudah pindah jalur, dan tidak mudah geser namun traksi maju akan kurang karna lebar tapak ban td,. sedangkan yg gendut punya traksi maju lebih baik dan lebih enak ngembat namun ada efek flooding sehingga aga susah pindah jalur dan cendrung harus agresif bawanya enak dpke slinding hehe... well akhirnya subjektif ....


cmiiw
:beer:
Last edited by billyd1773dz on 02 Oct 2010, 00:14, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by andy1800 »

wuih...tiada kata lain... like thisss very much.... ! ^_^
lanjuttt ... :off_good_job:







..
posting gw ini pas angka cantik nih: 3333
Last edited by andy1800 on 02 Oct 2010, 00:45, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by billyd1773dz »

^^
blm bobo om??

hoaaammm hahaha ngantukkk dilanjjuut bsk yahh hehe
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by andy1800 »

huehee...belom Bil...jd kepikiran jeung 'nu maneh bilang iyeuh...hahaha..
iya, maksdunya jg bukan lanjut lasngung skrg doong...hehe... lanjut diskusi keren nya ini sambil santai aja..
ok ok, good nite Bil...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
psekidelik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 01 Sep 2010, 15:00
Location: Maluku Utara

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by psekidelik »

Ulasannya mantap-mantap omm..

Bener2 bisa nambah wawasan kita yang masih nubi soal jip
Nanya om:
1. Btw XJ, CJ, LJ itu apa ya om?? :mrgreen:

2. Boleh minta saran/tips yang mesti diperhatikan sebelum membeli jip seken..(tentunya jip buat pemula)
biar ga nguras kantong karena ketidaktahuan kondisi sebenarnya jip yg telah kita beli..

3. Tips2 modifikasi harian buat jip dari segi mesin dan eksterior, artinya jip tsb bisa buat adventure tapi masih sedap dipandang (ga membikin terlalu asing ketika parkir di pusat pertokoan) tentunya dengan tidak menghilangkan karakternya sebagai SUV.

4. Sekedar pendapat pribadi, saya ga bisa habis pikir melihat jip dibikin modifikasi kinclong & ceper. Menurut saya malah keliatan jadi 'aneh' seperti halnya seorang laki2 macho yang memakai baju warna pink dengan tas DKNY?? Bagaimana pendapat suhu2 disini?? :mrgreen:

Thanks buat semuanya :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by billyd1773dz »

psekidelik wrote:Ulasannya mantap-mantap omm..

Bener2 bisa nambah wawasan kita yang masih nubi soal jip
Nanya om:
1. Btw XJ, CJ, LJ itu apa ya om?? :mrgreen:

2. Boleh minta saran/tips yang mesti diperhatikan sebelum membeli jip seken..(tentunya jip buat pemula)
biar ga nguras kantong karena ketidaktahuan kondisi sebenarnya jip yg telah kita beli..

3. Tips2 modifikasi harian buat jip dari segi mesin dan eksterior, artinya jip tsb bisa buat adventure tapi masih sedap dipandang (ga membikin terlalu asing ketika parkir di pusat pertokoan) tentunya dengan tidak menghilangkan karakternya sebagai SUV.

4. Sekedar pendapat pribadi, saya ga bisa habis pikir melihat jip dibikin modifikasi kinclong & ceper. Menurut saya malah keliatan jadi 'aneh' seperti halnya seorang laki2 macho yang memakai baju warna pink dengan tas DKNY?? Bagaimana pendapat suhu2 disini?? :mrgreen:

Thanks buat semuanya :big_peace:
ane jg nubie om.. kta sama2 bljr yah.. hehe

1. xj= cherokee
Cj ya CJ7 hehe
LJ= jmny jankrik hehe

2ini sih krng lebih sama yah dgn mobil lain.... pling jgn kaget aja klw rentang harganyanya luas, yg murah biasanya kondisi bahan, yg mahal biasanya sudah di bangun ntar modifikasi atw restorasi... klw mw yg uda tw beres utk harian sih beli yg restorasi.klw mw d bangun mending bahan aja hehehe..... cmiiw

3. pling simple sih kya kta om gmx yah, ganti ban MT+ pasang winch selesai deh.... hehe semuanya berdasarkan fungsi dan kebutuhan bukan style/fashion segala d tempel hehe

4. kta ane sih sah sah aja..... hehehe klw bwat oprut ya jdikan sesuai fungsinya untuk offroad, sedangkan di kota yah sesuaikan untuk pemakain dlm kota ntah itu hrs di ceperin atw pakai ban tipis sesuai fungsi dan peruntukan deh hehehe malah yg suka bikin ane geleng2 kepala yg dandanan alto..... kijang di bikin alto pke pernak pernik yg ktanya offroad style... padahal g ada nilai fungsinya.. atw uda 4x2 dan dpke dalkot terus "anti tanah" d jangkungin setinggi tinggi trus pke ban Simex.... wadduuhhh bahaya tuh gw klw liat gtu jauh2 aja d jln tkt nyuruntul hehe... mbl oprut aja skrng d ceperin mobilnya... ini kok d tinggiin hehehe.... tp ya selera sih yah..

lg kesemsem sma ini nih...

Image


klw g gini deh... pelek+bannya duank kyanya uda seharga 2 jankrik..... huhuhu....
Image
brp yah harganya??

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by Abu2 »

WJ di pic terakhir mantep tuh....

ban m/t nya terkesan seperti profil tipis
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

asik ya obrolannya, ada billy yang offroad dan modifnya kelas berat, dan saya yang minimalis untuk light family adventure..

Image
billyd1773dz wrote:
psekidelik wrote: 3. Tips2 modifikasi harian buat jip dari segi mesin dan eksterior, artinya jip tsb bisa buat adventure tapi masih sedap dipandang (ga membikin terlalu asing ketika parkir di pusat pertokoan) tentunya dengan tidak menghilangkan karakternya sebagai SUV.
3. pling simple sih kya kta om gmx yah, ganti ban MT+ pasang winch selesai deh.... hehe semuanya berdasarkan fungsi dan kebutuhan bukan style/fashion segala d tempel hehe
ganti ban MT yang agak gedean daripada ukuran standardnya, tapi ganti ban ukuran lebih besar pasti ada kompensasinya karena beban mesin, drivetrain dan kaki2 akan lebih berat, sayangnya rata2 jip ukuran ban standardnya kurang besar, misal taft ukuran ban standardnya 235/70R15 kayaknya kok kecil banget.. tiap jenis mobil ada ukuran max yang bisa masuk dan ada ukuran tertentu yang rasanya paling enak, taft bisa masuk max ukuran 32 tapi rata2 orang bilang paling enak ukuran 31. IMHO XJ pake ban 30 juga rasanya kurang gede

kalo ukuran max yang bisa masuk rasanya masih kurang besar, mungkin ada modifikasi yang diperlukan supaya ngga mentok seperti suspension/body lift, atau coak fender dan pasang adaptor. paling gampang suspension lift adalah mobil2 yang twin rigid axle seperti jimny, taft F70/75, FJ, yang masih pake leafspring tinggal tambah shackle atau anting dan ganti shockbreaker yang lebih panjang bila diperlukan, atau mobil2 yang pake coilspring seperti XJ ganti coil dan shock yang lebih panjang. jangan lupa komponen2 lain juga perlu diperpanjang seperti brake hose dan kabel2 lainnya. perlu diingat bahwa suspension lift akan menambah tinggi titik berat mobil sehingga resiko mobil terbalik makin besar.

paling susah mobil independent dengan system wishbone seperti pajero, terrano, everest, dll, paling bisa putar batang torsi ke maksimal itupun terbatas dan travel suspensi jadi semakin pendek.. kalo masih kurang juga mau ga mau mesti body lift

susahnya mobil dengan suspensi independent ya gitu, mobil kaki2nya kurang leluasa, travel suspensi juga kurang panjang jadi ban sering ngangkat, jadi lebih sering ngga dapat traksi, mobil jadi ngga bisa jalan, makanya banyak yang bilang di pertambangan dan perkebunan taft lama lebih handal dibanding dcab yang dipake sekarang ini. kelebihannya independent adalah lebih stabil di jalan raya dan lebih nyaman.

mobil2 sekarang jarang yang twin rigid, kebanyakan independent front suspension (IFS) seperti double cabin, trooper, vitara, pajero gen2, taft GT/Rocky independent, PS, fortuner, everest, atau Full Independent Suspension System (FISS) yang rata2 sudah chasis monocoque seperti pajero gen 3, CRV, X-Trail, GV, captiva dan lainnya. untuk mengkompensasi FISS ini, mobil2 sekarang dilengkapi dengan traction control supaya mobil tetap bisa maju walaupun ada roda yang kehilangan traksi.

jadi kalo mau yang mudah melewati rintangan, pilihlah mobil2 yang twin rigid, kompensasinya jadi kurang nyaman walaupun beberapa mobil twin rigid sudah mulai nyaman sepert XJ. mau yang bisa offroad light to medium dan tetap nyaman, pilih mobil2 yang IFS atau FISS. rata2 mobil2 yang IFS atau FISS harganya masih tinggi, jadi ngga cocok dipake offroad blusukan, paling2 vitara atau trooper yang masih masuk harganya..

ngga terasa, setelah ngomongin ban ternyata udah mulai naik ngomongin suspensi dan axle.. mungkin rekan2 ada yang bertanya2 apa bedanya rigid dan independent... saya juga dulu ngga ngerti waktu billy ngomongin ini..

nextnya masuk ke gardan, transfer case, beserta embel2nya seperti LSD dan differential lock kali ya..
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by firawan6275 »

gmx wrote:asik ya obrolannya, ada billy yang offroad dan modifnya kelas berat, dan saya yang minimalis untuk light family adventure..

Image
billyd1773dz wrote:
psekidelik wrote: 3. Tips2 modifikasi harian buat jip dari segi mesin dan eksterior, artinya jip tsb bisa buat adventure tapi masih sedap dipandang (ga membikin terlalu asing ketika parkir di pusat pertokoan) tentunya dengan tidak menghilangkan karakternya sebagai SUV.
3. pling simple sih kya kta om gmx yah, ganti ban MT+ pasang winch selesai deh.... hehe semuanya berdasarkan fungsi dan kebutuhan bukan style/fashion segala d tempel hehe
ganti ban MT yang agak gedean daripada ukuran standardnya, tapi ganti ban ukuran lebih besar pasti ada kompensasinya karena beban mesin, drivetrain dan kaki2 akan lebih berat, sayangnya rata2 jip ukuran ban standardnya kurang besar, misal taft ukuran ban standardnya 235/70R15 kayaknya kok kecil banget.. tiap jenis mobil ada ukuran max yang bisa masuk dan ada ukuran tertentu yang rasanya paling enak, taft bisa masuk max ukuran 32 tapi rata2 orang bilang paling enak ukuran 31. IMHO XJ pake ban 30 juga rasanya kurang gede

kalo ukuran max yang bisa masuk rasanya masih kurang besar, mungkin ada modifikasi yang diperlukan supaya ngga mentok seperti suspension/body lift, atau coak fender dan pasang adaptor. paling gampang suspension lift adalah mobil2 yang twin rigid axle seperti jimny, taft F70/75, FJ, yang masih pake leafspring tinggal tambah shackle atau anting dan ganti shockbreaker yang lebih panjang bila diperlukan, atau mobil2 yang pake coilspring seperti XJ ganti coil dan shock yang lebih panjang. jangan lupa komponen2 lain juga perlu diperpanjang seperti brake hose dan kabel2 lainnya. perlu diingat bahwa suspension lift akan menambah tinggi titik berat mobil sehingga resiko mobil terbalik makin besar.

paling susah mobil independent dengan system wishbone seperti pajero, terrano, everest, dll, paling bisa putar batang torsi ke maksimal itupun terbatas dan travel suspensi jadi semakin pendek.. kalo masih kurang juga mau ga mau mesti body lift

susahnya mobil dengan suspensi independent ya gitu, mobil kaki2nya kurang leluasa, travel suspensi juga kurang panjang jadi ban sering ngangkat, jadi lebih sering ngga dapat traksi, mobil jadi ngga bisa jalan, makanya banyak yang bilang di pertambangan dan perkebunan taft lama lebih handal dibanding dcab yang dipake sekarang ini. kelebihannya independent adalah lebih stabil di jalan raya dan lebih nyaman.

mobil2 sekarang jarang yang twin rigid, kebanyakan independent front suspension (IFS) seperti double cabin, trooper, vitara, pajero gen2, taft GT/Rocky independent, PS, fortuner, everest, atau Full Independent Suspension System (FISS) yang rata2 sudah chasis monocoque seperti pajero gen 3, CRV, X-Trail, GV, captiva dan lainnya. untuk mengkompensasi FISS ini, mobil2 sekarang dilengkapi dengan traction control supaya mobil tetap bisa maju walaupun ada roda yang kehilangan traksi.

jadi kalo mau yang mudah melewati rintangan, pilihlah mobil2 yang twin rigid, kompensasinya jadi kurang nyaman walaupun beberapa mobil twin rigid sudah mulai nyaman sepert XJ. mau yang bisa offroad light to medium dan tetap nyaman, pilih mobil2 yang IFS atau FISS. rata2 mobil2 yang IFS atau FISS harganya masih tinggi, jadi ngga cocok dipake offroad blusukan, paling2 vitara atau trooper yang masih masuk harganya..

ngga terasa, setelah ngomongin ban ternyata udah mulai naik ngomongin suspensi dan axle.. mungkin rekan2 ada yang bertanya2 apa bedanya rigid dan independent... saya juga dulu ngga ngerti waktu billy ngomongin ini..

nextnya masuk ke gardan, transfer case, beserta embel2nya seperti LSD dan differential lock kali ya..
Wiihh... makin seru dan mantap diskusinya...lanjuutt...
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

firawan6275 wrote:
Wiihh... makin seru dan mantap diskusinya...lanjuutt...
^^ nah ini satu lagi seniornya muncul..

biar agak jelas, apa yang bisa dilakukan oleh rigid axle yang tidak bisa dilakukan oleh independent, foto ini yang sederhana, dengan kaki2 dan suspensi standard.. kalo yang udah modif sih bila lebih lentur lagi, pasti billy ada koleksi fotonya

Image




dan yang ini independent front suspension, keliatan suspensi depannya kaku ngga selentur rigid, travel suspensinya pendek sekali

Image

itulah kenapa vitara dan trooper kurang diminati untuk kompetisi..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: 19 Jul 2009, 20:23

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by zweifellos »

@om GMX: apakah rigid axle standard memang lentur seperti itu? ambil contoh taft/rocky F75 standard (tanpa modif di kaki2), apakah bisa seperti foto land rover di atas atau malah ada yang ngangkat rodanya alias ga dapat traksi?

@om TS

om moderator (lebih cocok sepertinya sebagai moderator), kalo boleh nih disarikan atau disimpulkan per topik yang dibahas. seperti masalah ban. merk2 apa yang cocok di dua jalan (jalan raya & offroad), jalan lumpur, lumpur licin, dll, ukuran ban, dan lainn2nya mengenai masalah ban. soalnya banyak informasi yang terselip2 di postingan2 pemberi informasi yang di postingan itu terdapat banyak topik (ban, suspensi, dll.). jadi ntar yang mau ngarchive atau ngeprint bisa lebih enak apalagi ngebacanya jadi lebih gampang dicerna (khususnya buat pemula seperti saya). pengalaman dari thread2 lain, banyak sekali informasi tentang offroad dari basic sampe menengah atas tapi ya itu masalahnya, tersebar di mana2. mo bikin archive pun susah. apalagi ngeprint, bingung mo ngeprint yang mana. :mrgreen: :thanks:

:thanks: hebat nih thread beserta pemandu thread dan pengisi informasi threadnya. :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

zweifellos wrote:@om GMX: apakah rigid axle standard memang lentur seperti itu? ambil contoh taft/rocky F75 standard (tanpa modif di kaki2), apakah bisa seperti foto land rover di atas atau malah ada yang ngangkat rodanya alias ga dapat traksi?
ini taft-nya adik saya.. standard.. di foto ini pake ban jeep service 7.50 R15.. kalo di land rover series salah satu modif supaya lebih lentur dengan parabolic spring

Image

tapi ya gitu, naik taft atau jimny di jalan raya, tau kan rasanya.. kalo land rover series masih agak enak karena chasisnya tipis, lentur ngga kaku, jadi agak lebih nyaman..

kita list aja mobil offroad dengan jenis axle-nya

rigid axle : taft (kebo, GT/Rocky F70/F75), Jimny family (Jimny Super SJ410, Sierra, Carribian SJ413, samurai), Land cruiser FJ40, LC70, LC80, land rover series, Jeep CJ, XJ, nissan patrol GU, GQ

IFS : Vitara, trooper, Pajero Gen 1, Pajero Gen 2, LC100, terrano (ada yang 4x4 atau bisa di modif 4x4), macam2 double cabin, everest, PS, fortuner

FISS : Hummer, Pajero Gen 3, captiva, crv, xtrail

tambahin ya..
Last edited by gmx on 02 Oct 2010, 19:23, edited 1 time in total.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: 19 Jul 2009, 20:23

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by zweifellos »

gmx wrote:
zweifellos wrote:@om GMX: apakah rigid axle standard memang lentur seperti itu? ambil contoh taft/rocky F75 standard (tanpa modif di kaki2), apakah bisa seperti foto land rover di atas atau malah ada yang ngangkat rodanya alias ga dapat traksi?
ini taft-nya adik saya.. standard.. di foto ini pake ban jeep service 7.50 R15.. kalo di land rover series salah satu modif supaya lebih lentur dengan parabolic spring

Image
wah, berarti salah pemahaman saya. yang saya tangkap, karena namanya rigid jadi ga bisa lentur terkecuali dimodif. :mrgreen:
untung aja tadi ada om gmx kasih foto land rover dan kasih penjelasan rigid axle standard.

sip bgt dah om, thanks ya om atas penjelasannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by billyd1773dz »

^^
haha aneh ya namanya rigid tp malah bisa lentur....

oyah batasan standar tu apa yah? klw cuma nyopot stabilizer aja masih boleh d sebut std kan yah? hehe

ni XJ std cuma modal kunci2 bwat ngelepas linkage stabilzer aja hehe...
Image

secara konstruksi semua rigid axle bisa di buat lentur, tp ada faktor dri suspensi juga yg mempengaruhi kelenturan suspensi.... apa lgi klw bicara std, maka yg dri sananya coil spring bisa lebih lentur dri yg leafspring...




:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:^^
haha aneh ya namanya rigid tp malah bisa lentur....

oyah batasan standar tu apa yah? klw cuma nyopot stabilizer aja masih boleh d sebut std kan yah? hehe
mari kita sepakati yang disebut bila disebut dengan standard adalah standard pabrik, bukan standard kompetisi lho ya.. hahahahaha

kalo cuma nyopot stabilizer sih masih bisa dibilang standard lah..
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by firawan6275 »

gmx wrote:
firawan6275 wrote:
Wiihh... makin seru dan mantap diskusinya...lanjuutt...
^^ nah ini satu lagi seniornya muncul..

biar agak jelas, apa yang bisa dilakukan oleh rigid axle yang tidak bisa dilakukan oleh independent, foto ini yang sederhana, dengan kaki2 dan suspensi standard.. kalo yang udah modif sih bila lebih lentur lagi, pasti billy ada koleksi fotonya

Image




dan yang ini independent front suspension, keliatan suspensi depannya kaku ngga selentur rigid, travel suspensinya pendek sekali

Image

itulah kenapa vitara dan trooper kurang diminati untuk kompetisi..
Ampuunn Om gmx..sy juga masih nubi banget, belum pernah ikut off road apalagi kompetisi..pengalaman cuma karena kebetulan kerja di tambang batubara, emas atau minyak, yg pasti ndak akan ketemu panjat memanjat tebing, keluar masuk sungai atau hutan.

Klo sdh panjat memanjat gini pasti dicekal safety patrol...jadi keinginan off road belum tersalur penuh..masih belajar..mudah2an dapat banyak ilmu dari diskusi ini..thanks.
Paling kategorinya masih light off road,
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Location: Medan

Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off

Post by firawan6275 »

zweifellos wrote:@om GMX: apakah rigid axle standard memang lentur seperti itu? ambil contoh taft/rocky F75 standard (tanpa modif di kaki2), apakah bisa seperti foto land rover di atas atau malah ada yang ngangkat rodanya alias ga dapat traksi?

@om TS

om moderator (lebih cocok sepertinya sebagai moderator), kalo boleh nih disarikan atau disimpulkan per topik yang dibahas. seperti masalah ban. merk2 apa yang cocok di dua jalan (jalan raya & offroad), jalan lumpur, lumpur licin, dll, ukuran ban, dan lainn2nya mengenai masalah ban. soalnya banyak informasi yang terselip2 di postingan2 pemberi informasi yang di postingan itu terdapat banyak topik (ban, suspensi, dll.). jadi ntar yang mau ngarchive atau ngeprint bisa lebih enak apalagi ngebacanya jadi lebih gampang dicerna (khususnya buat pemula seperti saya). pengalaman dari thread2 lain, banyak sekali informasi tentang offroad dari basic sampe menengah atas tapi ya itu masalahnya, tersebar di mana2. mo bikin archive pun susah. apalagi ngeprint, bingung mo ngeprint yang mana. :mrgreen: :thanks:

:thanks: hebat nih thread beserta pemandu thread dan pengisi informasi threadnya. :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Setuju Om..biar nggak bolak balik cari, soalnya koneksi lelet...he3x
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post