Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

TFK
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 18 Jun 2005, 09:36

Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by TFK »

Mas-mas & mbak-mbak, aku mo nanya nih.
Aq ingin beli Corona Ex. Salon tahun 1990-an (EFI) Twin Cam, yg ingin Saya tanyakan:
1) Apa bedanya Corona & Corolla juga kelebihan & kekurangan utk tahun 90-an ?
2) Apa maksudnya: "TwinCam" juga kelebihan & kekurangannya?
3) Apa maksudnya EFI juga kelebihan & kekurangannya juga?
4) Kenapa di jalanan lebih banyak Corolla?
5) Harga barunya (th 90-an) lebih tinggi mana?
6) Kenapa harga jualnya (bekas th 90-an) jauh lebih mahal Corolla?
7) Utk yg type 1600cc EFI tahun berapa aja?
8) Irit nggak? Dlm kota & luar kota brp lt? jika dibandingkan dg corona 2000cc gimana?
Sori kalo terlalu banyak, sbb aku memang awam di dunia otomotif, jadi Saya juga mohon saran yg terbaik dari temen disini, spy tdk salah pilih.
Sebelumnya terimakasih banyak :lol:
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by handling »

TFK wrote:Mas-mas & mbak-mbak, aku mo nanya nih.
Aq ingin beli Corona Ex. Salon tahun 1990-an (EFI) Twin Cam, yg ingin Saya tanyakan:
1) Apa bedanya Corona & Corolla juga kelebihan & kekurangan utk tahun 90-an ?
2) Apa maksudnya: "TwinCam" juga kelebihan & kekurangannya?
3) Apa maksudnya EFI juga kelebihan & kekurangannya juga?
4) Kenapa di jalanan lebih banyak Corolla?
5) Harga barunya (th 90-an) lebih tinggi mana?
6) Kenapa harga jualnya (bekas th 90-an) jauh lebih mahal Corolla?
7) Utk yg type 1600cc EFI tahun berapa aja?
8) Irit nggak? Dlm kota & luar kota brp lt? jika dibandingkan dg corona 2000cc gimana?
Sori kalo terlalu banyak, sbb aku memang awam di dunia otomotif, jadi Saya juga mohon saran yg terbaik dari temen disini, spy tdk salah pilih.
Sebelumnya terimakasih banyak :lol:

Ngomong2 ini siapa ya...postingan pertama udah tanyanya panjang lebar.? :lol: :lol: :lol:

sya coba jawab dgn singkat ya:
1,4,5,6. tingkatan corona selalu lebih tinggi dari pada corolla, dan fitur2 selalu lebih lengkap dibanding coroola di tahun yang sama.
dan dimensi body juga corona selalu lebih besar drpd corolla di tahun yg sama.
kalo harga secondnya kalo masih baru corona akan lebih mahal, tapi kalo sudah tua, corona akan lebih murah. karena pasar corona agak kurang, dan desainnya yang konvensional dibandingkan dgn mobil sekelas merk lain. jadi harga corona hancur. kalo corona sekarang yang terakhir ya Absolute. Absolute aja skrg udah jarang keliatan di jalan.

2. Twincam = DOHC (Double Overhead Camshaft), jadi untuk menggerakkan 16 valve dibutuhkan 2 camshaft. jaid masing2 camshaft menangani 8valve. Hasilnya kerja mesin lebih rignan, dan tenaga yang dihsilkan lebih besar dibandingkan SOHC (single Overhead Camshaft).

3. EFI (electronic Fuel Injection) , pasokan bahan bakar dilakukan secara injeksi diatas masing2 cylinder. jadi masing2 cylinder langsung mendapat bhan bakar. selain itu juga ada ECU yang terhubung dgn sensor2 yang terpasang diberbagai tempat, yang tugasnya membaca kondisi suhu udara, suhu mesin, kondisi bahan bakar, dll, yang dari hasil pendeteksian sensor2 ini akan dikirim data ke ECU untuk diolah dan selanjutnya ECU akan memberikan perintah ke mesin, seperti kecepatan pengapian, jumlah pasokan bensin dan udara yang dibutuhkan, dll.

7. Setau saya corona gak ada yang 1600 cc deh utnuk tahun 90an.
kalo corola start tahun 1988 sudah EFI Twincam.

8. Kalo kondisi kendaraan masih baru, pasti yang coroolla lebih irit, kaerna logikanya cc nya lebih kecil.
Tapi kalo udah tua , kondisinya udah lain,, sangat tergantung dari mesin.
kalo keraknya udah banyak pasti mobil akan cenderung gak ada tenaga dan ngelitik, jatuh2ya jadi boros. kalo gak mau ngelitik harus pke bensin oktan tinggi, misalnya pertamax. tapi kantong bisa jadi bolong.

itu aja yang saya bisa bantu. semoga tambah bingung ya.... :lol: :lol: :lol:
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: 15 Sep 2004, 20:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

OK, Saya coba bantu...kebetulan saya tahu sedikit banyak soal Corona...

Untuk Corona tahun 1988-1992 di sini sering disebut Corona "Twincam" karena sudah dan baru pertama kali sedan ini pakai teknologi itu di Indonesia, sedemikian halnya dengan Corolla 1988-1992 yg juga sering disebut Corolla Twincam.

Ketika keluar Corona 2000 tahun 1980, mesinnya 2000cc..Begitupun Corona MarkII
Tapi di Corona SE dan Corona GL (1984-1988) mesinnya ciut jadi 1600cc, kalo ga salah ga ada yg 2000cc.

Lalu keluar Corona Twincam tadi dengan 2 pilihan mesin, 1600cc (mesiN SAMA DENGAN Corolla Twincam) dan mesin 2000cc (mesin 3S-FE, 1998cc inline 4cylinder, twincam EFI)

Bung handling, di era 1990an masih ada kok model 1600cc, bahkan sampai generasi Absolute Corona..

OK, di Absolute Corona, Ada 2 tipe GX (1600cc mesin sama dengan Great Corolla) dan EX SALOON G (2000cc mesin masih sama dengan generasi sebelumnya). Buat cari bedanya antara lain:

1. Emblem varian 2.0 pasti ada tulisan 2.0 dan G (kalau masih lengkap), kalau 1.6 cuma GX atau EX SALOON.

2. Keempat rodanya dilengkapi discbrake, varian 1.6 cuma 2 roda depan.

3. Handle pintu dan spion sewarna body untuk model 2.0 dan warna hitam untuk 1.6.

4. Interior, setir model 2.0 4 spoke dilapis kulit, juga shift knob-nya..

Pokoknya, kalau cari model 2.0, lihat emblem, kode mesin, dll di atas, baik generasi Absolute maupun "TWINCAM"

Kalau soal konsumsi BBM, relatif.. tapi buat dipakai luar kota Corona Absolute (sudah pernah saya coba) sangat irit buat saloon 2000cc, kalo dalam kota sih masih irit cuma lebih boros dibanding Corolla.

Gitu aja semoga membantu...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
TFK
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: 18 Jun 2005, 09:36

Post by TFK »

Waduh mas, makasih banget, baru posting sekali langsung ditanggepin, cepet lagi! Udah pinter, baek baek lagi ya ternyata mas-mas disini :wink:
Jadi nyesel gak gabung dari dulu :lol:
Sangat terbantu nih aku yg awam ttg otomotif, bener! :lol:

Mas Hanling => Maklum nih mas, aku udah lama nyari2 forum kayak gini di Google, baru dapet sekarang, so begitu dapet langsung deh tak kasih seabrek pertanyaan! Jadi sungkan :lol:

Oya, tinggal dikit nih:
1) Kalo Corona Ex Saloon Twincam 1600cc th.1990 itu pasti EFI? Sebab waktu aku liat iklan di koran, Corona 1989 ada yg masih bukan EFI.
2) Kenapa sih ada type Ex Saloon, GX, Absolute? Bedanya di mana? apa type tsb menentukan tahun produksinya aja?
3) Bedanya EFI dg Karburator apa? kelebihan & kekurangannya apa? katanya yg EFI lebih irit ya?
4) Trus, Selain ada tulisan EFI di body, kita ngebuktiinnya dg ngeliat apanya lagi bahwa tuh mobil emang bener2 EFI, sbb kalo hanya stiker kan bisa dibeli'in?
5) Utk CC dan tahun yg sama, lebih irit mana Corona & corolla?

Thank's banget deh. Ternyata banyak ya :P
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Pak WP terima kasih atas koreksi nya, yup corona ada yang 1600cc. tapi gak terlalu laku. maklumlah 1600 cc kjan sebenarnya untuk coroolla.

saya jadi inget jadinya dgn great corolla yang memakai mesin 1300cc kepunyaan starlet. tapi gak laku juga. hahahh..badannnya bongsor gitu dikasih mesin starlet ...ya repotlah jalannya. alhasil ya gak llaku...hikhsiks.s...
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

1.bisa jadi msih ada pak TFk, alias pruksi lama.
2. bisa jadi untuk mengejar ongkos prooduksi yang trrjangkau. sepertihalnya dgn pemakaian rem type drum di roda belakang, tidak power window.
tidak mementingkan tahun produksi. Karena pada
awalnya sekaligus semua type dilaunch.

3. EFI sdh dijelaskan diatas.
kalo karbrator, lebih sesderhana dari EFI. dimana pasokan bensin dam udara, sudah tercampur terlebih dahulu, baru disuplai masing2 ke silinder.
Hasilnya pembakaran kurang optimal,
dan tune upnya lebih gampang dan biasanya bengkel2 pinggir jalanbisa melakukannya tanpa alat khusus. karena memang idak memakai ECU.
teorynya sih EFI memang lebih irit. tapi sussah juga sih.
4. mesti buka kap mesin,baru keliatan itu EFI atau karburator.kalo EFI biasanya sensor2nya ada yang kelliatan langsung.
7. utk cc yang sama harusnya corolla leih irit, karena bobotnya lebih ringan.

semoga tambah bingung ya.....hikshikshisksss...
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: 15 Sep 2004, 20:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Hahaha..............

Bung handling jgn nambahin bingung donk!!!
Well, Corona Twincam (sebutan orang Indonesia) keluar thn 1988-1992..

Kalo Corona Absolute (1993-1998) body-nya lebih gemuk...sebutan Absolute berasal dari ATPM Toyota.

Sebenarnya masih ada generasi selanjutnya dari Corona, tapi ga masuk sini secara resmi dari ATPM, biasanya dipakai kedutaan atau TNI Angkatan Darat buat mobil dinas perwira. Bentuknya mirip Camry lama tapi lebih ramping...

Paling enak buat bedain mesin memang buka kap mesin, lihat STNK+BPKB, trus lihat apa discbrake ada di keempat roda..


Jadi, melenceng jauh nih...makin bingung yah???
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

WP wrote:Hahaha..............

Bung handling jgn nambahin bingung donk!!!
bwakakkakakakkkkk.........


WP wrote:Jadi, melenceng jauh nih...makin bingung yah???
untung sadar juga.....:lol: :lol: :lol: :lol:
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: 15 Sep 2004, 20:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

KIta kayanya malahan nambahin bingung deh.............tapi bung TFK ga sadar malahan bilang kita2 baik2

ha......ha.....ha.......ha.......ha...............
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: 15 Sep 2004, 20:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

KIta kayanya malahan nambahin bingung deh pak handling.............
tapi bung TFK ga sadar malahan bilang kita2 baik2

ha......ha.....ha.......ha.......ha...............
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

mana nih pak TFK, udah kapok dia....hikhiskhiskss..... gak login lagi.....
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Location: in the globe

Post by edward »

handling wrote:mana nih pak TFK, udah kapok dia....hikhiskhiskss..... gak login lagi.....
May be he just got what he need to know so no need log in anymore? :D

Tapi mudah2an dia kembali lagi.

Teman saya jg punya corona lama yg masih langsing ini,katanya bensinnya boros banget(gak tau jg,mobilnya yg mmg udah tua atau gayanya nyetirnya yg gaya anak muda),yg jelas akhirnya dia ganti ke kapsul.

Trus klo saya pribadi ditawarin,great corolla atau absolut corona,saya akan bingung milihnya.
Ada rekan2 yg bisa mbantuin,mecahin kebingungan,diantara kedua kontestan ini,pilih Great Corolla atau Absolut Corona 2000cc dan apa pertimbangannya?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

edward wrote:
handling wrote:mana nih pak TFK, udah kapok dia....hikhiskhiskss..... gak login lagi.....
May be he just got what he need to know so no need log in anymore? :D

Tapi mudah2an dia kembali lagi.
tapi kalo seandainya tidak...oh Tuhan....ampuni saya telah membuat orang bingung...wekss..s.s....hikhikihisksss....


edward wrote: Ada rekan2 yg bisa mbantuin,mecahin kebingungan,diantara kedua kontestan ini,pilih Great Corolla atau Absolut Corona 2000cc dan apa pertimbangannya?

pak edward, kalo great sih gak perlu diragukan lagi, tapi yang bikin pak edwadr ragu, paling dgn kelebihan absolute yang bisa mengalahkan great.

kelebihan absolute:
>lapang, baik interior maupun bagasi.
> 2000cc, walaupun belum tentu menang di akselerasi, tapi rasio giginya kan lebih halus. yang jelas lebih enak dibawa pada kecepatan tinggi.
kalo di great kan geber habis istilahnya.

kekurangan absolute:
> resale value jelek.
> karet di kaca depan kiri kanan sangat jelek. coba deh perhatiin absolute yang berumur, pasti karetnya pada gak beraturan dan lari ke mana2.

itu aja yang bisa sy kasih pertimbangan. kalo memang pak edward masih ragu dgn great corolla.


moga2 tambah bingung juga.... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
Last edited by handling on 21 Jun 2005, 21:03, edited 1 time in total.
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: 14 Jul 2004, 00:34

Post by conan »

edward wrote: Teman saya jg punya corona lama yg masih langsing ini,katanya bensinnya boros banget(gak tau jg,mobilnya yg mmg udah tua atau gayanya nyetirnya yg gaya anak muda),yg jelas akhirnya dia ganti ke kapsul.

Trus klo saya pribadi ditawarin,great corolla atau absolut corona,saya akan bingung milihnya.
Ada rekan2 yg bisa mbantuin,mecahin kebingungan,diantara kedua kontestan ini,pilih Great Corolla atau Absolut Corona 2000cc dan apa pertimbangannya?
Tentu saja Great Corolla, bung Edward.
Aku juga pernah dengar tentang Corona 'langsing' ini, memang boros, bisa 1:6. Selain itu, line Corona sudah tidak diteruskan lagi. You can't go wrong with a corolla, especially Great (the best looking corolla ever, IMHO). :)
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Location: in the globe

Post by edward »

Thanks atas quick replaynya.
Memang Great nih biarpun udah umur lebih dr 10 tahun,tapi tetap bersinar,krn mesinnya yg sudah terkenal bandel,makanya harganya jg mantep aja.Walupun tenaga mesinnya sedang2 aja.


Sementara klo Absolut krn 2000cc tentu lebih nyaman akselerasi,jg krn dimensinya lebih besar tentu lebih nyaman.
Bung handling/conan mgk bisa njelasin lebih jauh kenapa sih resale valuenya anjlok?
What wrong with the machine?


Kedua mobil ini suka mbikin bingung buat yg suka mobil second berkualitas.

Tapi sepertinya saya pribadi lebih condong ke great!
Maestro jg bagus tapi sudah terlalu tua,jamannya udah lewat kali yah? :(

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: 14 Jul 2004, 00:34

Post by conan »

Well, di Indo secara general harga bekas varian bermesin lebih kecil memang relatif lebih kuat daripada varian bermesin lebih besar, seperti resale value Civic lebih bagus daripada Accord dan Corolla lebih bagus daripada Corona/Camry.

Khusus tentang Corona juga dikarenakan Corona sudah lama dihentikan generasinya..
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: 14 Jul 2004, 00:34

Post by conan »

Kalau Maestro, pastikan model tahun 1992/1993 yang sudah injection...menurutku Maestro masih OK, if you can get one in a good condition. :)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

kalo umurnya masih muda, absolute akan lebih mahal. tapi kalo udah tua, absolute bisa sama bahkan lebih murah dr corolla.

Blm lagi masalah prestige, absolute lebih condong ke prestige. Tapi kalo mementingkan modif, absloute pasti jelek banget.gak cocok utk modif dan corolla lebih mantap untuk di modif.

jadi bisa dibilang absolute lbh cocok utk orang tua deh spt target pemasarannya waktu masih baru.

kalo maestro memang tampangnya elegant sekali, sampai sekarang pun saya masih suka modelnya. dulu saya sampe mau beli secondnya maestro.
Tapi untung waktu itu sy gak jadi beli. Karena sy kaget dgn bodinya yg besar tdk ditunjang dgn tenaganya. jadinya mobilnya loyo sekali.
Baik yg karburator maupun yg injection sy pernah coba 22nya. Bahkan tenaganya grand lebih bagus drpd maestro, meskipun grand utk 145 keatas udah loyo.

kalo pak edward tdk pentingin tenaga sih ok aja dgn maestro. tapi umurnya juga udah tua dibandingkan dgn absolute dan great.

Mobil walaupun jarang jalan, km masih rendah, tapi kalo udah tua kadang ada aja. biasanya yg berhubungan dgn karet2 udah mulai masalh. karena karetkan ada umurnya.
satu hal lagi, kalo beli maestro gak perlu ceperin lagi. karena maestro pasti udah berumur dan ceper dgn sendirinya...hikshiksss..

semoga tambah bingung ya......
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Location: in the globe

Post by edward »

Terima kasih atas pencerahan kalian berdua yg malah mbikin tidak cerah dan makin bingung milih diantara ketiga kontestan :( :(

Coba kita urut lagi ketiganya;
Great corola:Body oke buat modif,elegan jg,tenaga pas2an,dan yg jelas perawatan relatif murah ya?Mesin tangguh,dan irit krn 1600cc dan suku cadang melimpah,depresiasi stabil.

Absolute :Body bongsor,tenaga besar 2000cc,nyaman dan lega,perawatan relatif sama dg great untuk tahun tua,minus untuk di modif,depresiasi harga tdk sekuat great,yg jelas lbh boros dr corolla.

Maestro:mobil sangat elegan,paling muda mobil th 93,yg pasti nyaman,tenaga boyo?wlp 2000cc(menurut handling),biaya perawatan 'agak' mahal krn merk Honda?

Sekarang tiba puncaknya acara:
Bila di depan mata anda disodorin 3 menu yg harus anda pilih untuk dinikmati sesuai dg daftar harga makanan yg anda pilih (maks 75jt):
Great th 95-96
Absolut 97 atau
Maestro93

Diet mana yg akan dipilih yg sesuai dengan anjuran dokter krn:
-keluarga kecil dan mobil untuk pemakaian sehari-hari seputar jakarta.
-jalan yg akan dilalui cukup halus dan lebih sering lewat tol
-tidak/jarang kena banjir(makanya berani milih sedan)
-mobil untuk pemakaian jangka panjang(well let say 5-10th)sambil nabung buat beli Fortuner!
-sesekali buat weekend ke puncak krn punya second wife eh sorry second house di kota bunga...
-kontestan jg harus irit,mudah maintenancenya(walaupun berumur) dan sparepart banyak.
-oh ya dokternya jg bilang tidak boleh buat kebut2an dan gak perlu berakselerasi 0-100km dlm 5atau 6 detik(because that is impossible!)

Soooo berdasarkan anjuran dan pantangan dokter diatas manakah yg akan dipilih?
Dan untuk menambah daftar panjang kebingungan boleh jg di sodorin alternatif menu lain seharga paket maks 75jt.

Bung Handling,Mr.Detective and other SM members , time to vote now.... :D
Your choice will have great impact to the feature of this Forum....hahaha

So be wise!

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
beg0g
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 03 Nov 2004, 10:24

Post by beg0g »

hehehe yang nanya nanti tambah bingung nih..
sekedar info nich..saya pakai corabs 96 2000 cc
Secara keseluruhan mobil tidak merongrong.
Pernah ganti timing belt (komplit pllit 180 rb dan plat kopling ples matahari ini juga komplit plit 1.2 jt) asli dealer dengan harga yang sangat reasonable (kalau tidak ingin dikatakan murah)
pernah ganti shaft pompa steering harganya cuma 60 rb rp (murah kahan) ongkos malah lebih mahal 125 rb.
Dari segi performance anda akan dapat tarikan yang cukup responsive dengan tenaga engine 140 hp pada rpm rendah.
Body cukup stabil, anda akan merasakan nyaman dan aman, walaupun spido meter sudah di angka 160 km/jam. dan kecepatan ini sangat mudah didapat.
Bensin cukup irit, saya tiap hari lewat tol bensin sekitar 1:10 itupun kalao kenceng larinya, saya jamin lebih irit kalau anda lari konstan 80 km/jam... dan tentunya lebih irit lagi kalau pake bensin campur (campur dorong hehehehehe just kiding)
Kalo anda keluar kota wah nggak usah ragu-ragu lagi mau nyalip uenteng banget...pokoknya fun lah kalo pake absolut...

Minusnya , mungkin model buat yang udah setle..maksudnya nggak mikirin modif..
resale valunya agak jatuh forget it if you want value fore money disini..

Semoga sampean tambah bingung lagi hehehe...just kiding..

Semoga membantu milih mobil impian sampean..
beg0g
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 03 Nov 2004, 10:24

Post by beg0g »

sorry nich salah ketik timing belt mustinya dibaca 780 rb bukan 180 rb ..entar dimarahin dealernya lagi..heheheheh
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

SAYA PILIH ABSOLUTE........
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: 14 Jul 2004, 00:34

Post by conan »

GREAT corolla 1995 (tidak ada model produksi tahun 1996, hanya permainan surat2nya saja).

Dalam 5 tahun ke depan resale value Great akan lebih bertahan daripada Maestro, apalagi Corona yang sudah dihentikan produksinya.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

kalo sy liat pak edward sering pake tol, kalo pake mobil yg cc kecil capek bawanya.

kalo masalah resale value sih,jangan dipusingkan lagi, krn sdh mendekati nilai buku. dan penyusutan per tahun jg tdk banyak lagi.

kalo maestro lupakan saja. dgn peforma mesinnya. sy berani ngomong karena sy merasakan sendiri yg maticdan manual. kalo sy ngomong maestro kalo udah tua tenaganya menyusut jauh.jadi power to weight rationya jelek.

Karena sy pernah pake grand, dan menurut penilaian sy tenaganya masih kalah ama grand yg berumur juga.

hikshiksssss....pak edward lupa dgn cronos dan lele yg harganya segitu juga ya....hhikksshiksss. jadi tambah bingung.
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Location: in the globe

Post by edward »

handling wrote:
hikshiksssss....pak edward lupa dgn cronos dan lele yg harganya segitu juga ya....hhikksshiksss. jadi tambah bingung.
Hahaha klo si cronos tenaganya mmg badak bgt krn 2500cc,tapi sudah sangat terkenal dg spare partnya yg pelit bgt!

Lele yg mana nih,lele dumbo?
Taunya kan bukan lele tapi hiu(walaupun moncongnya doang).
Yg hiu ini kendalanya mgk seperti absolut yg sudah tidak di produksi lagi!
Ketersediaan sukucadangnya bisa jadi tanda tanya besar di kemudian hari.Performance hiu mmg tidak perlu ragu lagi,cocok buat driver agressive(but I am not)

Dari semua kontribusi2 diatas kayaknya tinggal ada 2 pilhan sulit,great ama absolut aja.
Maestro bisa eliminasi dulu.
Sepertinya Absolute adalah pilihan yg masuk akal.
Menurut bung begOg,mobil ini cukup fun to drive(biasanya kata2 ini ditujukan untuk tes drive BMW!seperti yg biasa di tulis AutoBild! :wink: )

Least but not last!..
Bung Handling dg pengalaman yg lebih luas,mgk bisa njelasin lebih jauh ttg si crony ama mobil lele hehehe?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post