Nissan vs Mazda vs Honda vs Mitsubishi dll
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
- Location: Jakarta
Nissan vs Mazda vs Honda vs Mitsubishi dll
Good Morning all,
gw mo nyari sedan under 35 jt nih... kira2 mana yg terbaik di antara pilihan berikut
Mazda MX-6 vs Mazda 626 CAPELLA vs Nissan CEFIRO vs Peuqeot 405 vs Honda Accord PRESTIGE vs Mitsubishi DAN GAN vs Mitsubishi ETERNA.
Mohon pencerahannya
regards
gw mo nyari sedan under 35 jt nih... kira2 mana yg terbaik di antara pilihan berikut
Mazda MX-6 vs Mazda 626 CAPELLA vs Nissan CEFIRO vs Peuqeot 405 vs Honda Accord PRESTIGE vs Mitsubishi DAN GAN vs Mitsubishi ETERNA.
Mohon pencerahannya
regards
------------------------
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
- Location: surabaya
Re: Nissan vs Mazda vs Honda vs Mitsubishi dll
kalau ingin teknologi yg canggih= Mazda 626 capella. ada spedometer digital, pengaturan suspensi (soft,medium,hard), dll. CMIIWyoonantz wrote:Good Morning all,
gw mo nyari sedan under 35 jt nih... kira2 mana yg terbaik di antara pilihan berikut
Mazda MX-6 vs Mazda 626 CAPELLA vs Nissan CEFIRO vs Peuqeot 405 vs Honda Accord PRESTIGE vs Mitsubishi DAN GAN vs Mitsubishi ETERNA.
Mohon pencerahannya
regards
kalau ingin performa= Mitsubishi eterna. bisa lari (-+215km/h)
kalau ingin mesin kuat dan canggih= Mazda MX-6. (mesin rotary)
setahu saya MX-6 sudah ada rem ABS tetapi belakang sempit karena hanya 2pintu.
yoonantz, mungkin kalau anda mau menambah sedikit uang, belilah toyota crown91/92 karena sudah cukup mewah untuk tahun 90-an. ada cool box, ac depan-belakang, over drive, ac depan swing, power window, dll.
all people in seraya is very clever n so polite.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Gw saranin Mitsubishi ETERNA bermesin GTi DOHC dan gw masih pake nih boil buat sehari2. Yang pasti performanya hebat, top speed bisa 215 km/h. Panel speedometer sampe 240 km/h. Akselerasi untuk nyiap enak banget.
Dijamannya Eterna termasuk salah satu sedan paling kencang dan digemari oleh speed lovers, bahkan di Jepang Mitsubishi Eterna menyandang predikat Car Of The Year Japan 91 - 92.
Dijamannya Eterna termasuk salah satu sedan paling kencang dan digemari oleh speed lovers, bahkan di Jepang Mitsubishi Eterna menyandang predikat Car Of The Year Japan 91 - 92.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Hmm, pada harga ini rasanya kita tidak perlu mengkuatirkan depresiasi lagi, tapi more than ever, masalah spare parts.
Just my two cents :
Mazda 626 :
(+) Seperti kata Gio, kalau ingin hi-tech look, go for the 626. Speedo digital (make sure it's working properly), suspension settings (kalau yang ini, belum tentu masih bekerja tapi kalaupun sudah tidak bekerja, you can live with it), kisi2 window AC yang bisa bergerak ke kiri-kanan dengan teratur (seperti AC rumah). Dan juga ada versi hatchbacknya, selain yang sedan. Better looking daripada versi sedan, juga ada wiper belakang.
Selain itu, mesin 2000cc-nya halus dan bertenaga, dan it sounds very pleasantly (can't explain with words, hear one in a good condition revving and you'll understand what I mean).
(-) Spare parts lebih sulit dicari dan lebih mahal daripada Toyota/Honda tapi rasanya masih lebih mending daripada Mitsubishi.
Nissan Cefiro : (-) Old Nissan, err...forget about it.
Peugeot 405 : (+) Design mungkin paling cantik dari semuanya, nyaman (kualitas yang hilang pada modern Peugeots), speedo berwarna merah (classy).
(-) Spare parts mahal. Mengenai maintenance kalau ke bengkel resmi Peugeot mereka bisa handle quite well. Just make sure you bring your wallet.
Accord Prestige : (+) Cukup nyaman dan bertenaga, interior simple but functional, tampang klasik. Banyak bengkel bisa handle.
(-) Biasanya ada masalah dengan kaki2, mungkin mesti keluar extra money for fixing it.
Eterna : (-) Walaupun kencang, tapi kuatirnya semua sudah pernah di-abuse oleh pemiliknya, jadi kondisi mesin perlu diragukan. Spare parts mahal. And personally I never liked its looks, too busy lines on its sides.
Lancer DanGan : (-) smaller size engine than the rest, spare parts are costly and I mean costly. Not worth it.
Mazda MX-6 : (+) Jika mau dimodif habis2an, you can't go wrong with it. A two doors coupe. Forgot the engine specs.
(-) Otherwise, stay away. Far away.
My verdict : If you don't mind the extra cost for spare parts, the Mazda 626. If you feel like being sensible, the Accord Prestige.
Btw, Gio, kamu paham banyak tentang mobil2 mid 1980s ini, ya, padahal kalau tidak salah waktu itu kamu mungkin masih baby, ya? Aku saja masih kecil. Salut!
Just my two cents :
Mazda 626 :
(+) Seperti kata Gio, kalau ingin hi-tech look, go for the 626. Speedo digital (make sure it's working properly), suspension settings (kalau yang ini, belum tentu masih bekerja tapi kalaupun sudah tidak bekerja, you can live with it), kisi2 window AC yang bisa bergerak ke kiri-kanan dengan teratur (seperti AC rumah). Dan juga ada versi hatchbacknya, selain yang sedan. Better looking daripada versi sedan, juga ada wiper belakang.
Selain itu, mesin 2000cc-nya halus dan bertenaga, dan it sounds very pleasantly (can't explain with words, hear one in a good condition revving and you'll understand what I mean).
(-) Spare parts lebih sulit dicari dan lebih mahal daripada Toyota/Honda tapi rasanya masih lebih mending daripada Mitsubishi.
Nissan Cefiro : (-) Old Nissan, err...forget about it.
Peugeot 405 : (+) Design mungkin paling cantik dari semuanya, nyaman (kualitas yang hilang pada modern Peugeots), speedo berwarna merah (classy).
(-) Spare parts mahal. Mengenai maintenance kalau ke bengkel resmi Peugeot mereka bisa handle quite well. Just make sure you bring your wallet.
Accord Prestige : (+) Cukup nyaman dan bertenaga, interior simple but functional, tampang klasik. Banyak bengkel bisa handle.
(-) Biasanya ada masalah dengan kaki2, mungkin mesti keluar extra money for fixing it.
Eterna : (-) Walaupun kencang, tapi kuatirnya semua sudah pernah di-abuse oleh pemiliknya, jadi kondisi mesin perlu diragukan. Spare parts mahal. And personally I never liked its looks, too busy lines on its sides.
Lancer DanGan : (-) smaller size engine than the rest, spare parts are costly and I mean costly. Not worth it.
Mazda MX-6 : (+) Jika mau dimodif habis2an, you can't go wrong with it. A two doors coupe. Forgot the engine specs.
(-) Otherwise, stay away. Far away.
My verdict : If you don't mind the extra cost for spare parts, the Mazda 626. If you feel like being sensible, the Accord Prestige.
Btw, Gio, kamu paham banyak tentang mobil2 mid 1980s ini, ya, padahal kalau tidak salah waktu itu kamu mungkin masih baby, ya? Aku saja masih kecil. Salut!
Last edited by conan on Mon May 09, 2005 17:42, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
This time I agree, don't buy the Nissan Cefiro. That car lahir jaman sebelum Ghosn era.
Bentuknya terlalu kurus, aneh, not too pretty, cabin sempit dan mesinnya biasa biasa saja.
As for the rest, ngak familiar saya. Tapi dengar abt the Eterna yang reputasinya " Run like the Wind " !
It is said that a crazy driver behind the wheels of a well maintained Eterna can surprise even some newer sedans !
Betul, di class ini anda ngak perlu takut depresiasi lagi. Go for yang anda suka bentuknya, interiornya dan mana yang anda paling betah , happy di dalam mobil itu.
Dan make sure spare parts are available.
Bentuknya terlalu kurus, aneh, not too pretty, cabin sempit dan mesinnya biasa biasa saja.
As for the rest, ngak familiar saya. Tapi dengar abt the Eterna yang reputasinya " Run like the Wind " !
It is said that a crazy driver behind the wheels of a well maintained Eterna can surprise even some newer sedans !
Betul, di class ini anda ngak perlu takut depresiasi lagi. Go for yang anda suka bentuknya, interiornya dan mana yang anda paling betah , happy di dalam mobil itu.
Dan make sure spare parts are available.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Kalo mao beli mobil sedan second, apalagi yg umur udah diatas 10 tahunan, cuman 1 yg paling penting: kondisi mobil.
Jangan cuman liat tampangnya keren, kondisi fisik mulus, tapi harus tes drive sendiri, paling baik bawa teman/orang bengkel yg ngerti dan terpercaya untuk ngecek kondisi mesinnya.
Dari semua yg pilihan yg ada, nurut gue ada 3 yg terbaik dilihat dari performance, handling, kenyamanan, pokoknya keseluruhanlah. pilihannya Mazda 626, Eterna dan Accord.
Khusus untuk eterna harus kasih perhatian khusus saat ngecek mobilnya, karena eterna sering dibuat ngebut, takutnya kerusakan/keausan onderdilnya lebih cepat dibanding waktu yg seharusnya dan perhatikan juga kemungkinan penggantian part2nya (spt yg disebut oleh Bung Conan diatas).
Jangan cuman liat tampangnya keren, kondisi fisik mulus, tapi harus tes drive sendiri, paling baik bawa teman/orang bengkel yg ngerti dan terpercaya untuk ngecek kondisi mesinnya.
Dari semua yg pilihan yg ada, nurut gue ada 3 yg terbaik dilihat dari performance, handling, kenyamanan, pokoknya keseluruhanlah. pilihannya Mazda 626, Eterna dan Accord.
Khusus untuk eterna harus kasih perhatian khusus saat ngecek mobilnya, karena eterna sering dibuat ngebut, takutnya kerusakan/keausan onderdilnya lebih cepat dibanding waktu yg seharusnya dan perhatikan juga kemungkinan penggantian part2nya (spt yg disebut oleh Bung Conan diatas).
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
- Location: surabaya
sorry fren. soalnya om saya punya mazda mx-5/6. dia bilang mesinnya rotary, tetapi kalau bukan rotary berarti om saya yg salah. yg pasti mobilnya bukan speedometer digital. mungkin yg om saya punya adalah mazda mx-5.QiuQiu wrote:Setahu saya maZda MX-6 itu bukan rotary, saya pernah naik mobil ini waktu masih kecil. Yang saya ingat, speedometernya sdh digital dan mesinnya kencang
all people in seraya is very clever n so polite.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Halo semua, setelah sekian lama ga ke sini saya balik lagi.......
Well, kalo saya disuruh pilih diantara pilihan tadi, yang saya paling jauhi adalah Peugeot 405. Mobilnya memang lebih nyaman dari mobil Jepang, tapi sparepartnya dengar2 mahal nih!
Pilihan saya yang pertama adalah Mitsubishi Lancer (DanGan). Modelnya paling cocok buat anak muda, jadi kalo buat gaul atau ke sekolah masih pantas. Tinggal ganti knalpot TANABE, rims 16inci (kalo terlalu gede jadi jelek), bodykit minimalis kalo perlu, trus ganti gril model jaring yg ditempel emblem RALLIART...........Pilihan saya Terutama tipe GTi. Spec: 1800cc 16valve injection. Tipe lain ada yang 1600cc.
Pilihan kedua mungkin Honda Accord Prestige. Spec: 2000cc karburator.
Kalo Mazda biasanya peminatnya masih kalah dari Honda & Mitsubishi.
Well, kalo saya disuruh pilih diantara pilihan tadi, yang saya paling jauhi adalah Peugeot 405. Mobilnya memang lebih nyaman dari mobil Jepang, tapi sparepartnya dengar2 mahal nih!
Pilihan saya yang pertama adalah Mitsubishi Lancer (DanGan). Modelnya paling cocok buat anak muda, jadi kalo buat gaul atau ke sekolah masih pantas. Tinggal ganti knalpot TANABE, rims 16inci (kalo terlalu gede jadi jelek), bodykit minimalis kalo perlu, trus ganti gril model jaring yg ditempel emblem RALLIART...........Pilihan saya Terutama tipe GTi. Spec: 1800cc 16valve injection. Tipe lain ada yang 1600cc.
Pilihan kedua mungkin Honda Accord Prestige. Spec: 2000cc karburator.
Kalo Mazda biasanya peminatnya masih kalah dari Honda & Mitsubishi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo untuk mobil segitu memang gak usah khawatirkan depresiasinya lagi...tapi yang mesti kudu dipikirin adalah sparepartnya yang masih ada atau gak....kalo gak ada lagi yang otomatis makin mahal harga spare partnya....apalagi ATPM udah lepas tangan dalam pengadaan spare partnya...
Satu lagi yang mesti dipikirkan adalah jangn lupa sediakan uang cadangan 10 jt untuk ganti ini itu....seperti ban, belt, dll yang vital.
Wah kalo mazda capella dan mx-6 .....hiks..hks....kedua mobil ini jarang banget ketemu...bisa 1 bln belum tentu bisa ketemu di jalan.
> Capella masih karburator, 12valve, tapi jangan salah..gigi 1nya bisa 60km/h dlm sekejap. Dulu saya pernah ikut temen saya pake mobil ini.
Kalo soal suspensi memang ada stelan soft dan sport nya, tapi mngkn untuk umur sekarang mungkin sdh gak berfungsi kali ya...belum lagi spare partnya yang belum tentu ada lagi.
> Mx6 ....boil ini kan saingannya nissan sentra hatchback waktu zamannya lagi trend....cuman sayang populasinya juga udah susah untuk saat sekarng. Mungkin untuk cari secondnya juga susah kali....kecuali ngubek2 pos kota.....hiks...hikks....
> cefiro...yang istimewa dari mobil ini adalah sensor yang bisa memantau kondisi jalan di depan sehingga suspensi dapat bekerja sesuai dgn kondisi jalan yang dilalui. Buuuut.......perangkat ini mungkin udah kemakan waktu, dan bisa saja tidak berfungsi lagi...Yang lebih parah lagi saya denger ATPM udah gak masukin sensornya lagi....jadi kalo mau mesti order ...dan harganya..he..he.h.e.. tahu sendiri lah.....
Kalo soal akserelasi mobil ini biasa saja, walaupun sudah mengadopsi v6 engine, yang waktu zamannya tergolong canggih dan belum ada ATPM yang memakai mesin V6. Tapi di speedometer maksimal cuma 200km/h.
> Prestige, lapang dalamnya, dashboard bagus...tapi dodol jalannya, mesinnya cuma karburator 12 valve. Tahu sendirilah, kalo maestro 1993 yang 2000cc PGMFI 16 valve aja jalannya udah lelet, apalagi dgn prestige. Yang jelas kaki2nya mesti perhatiin kalo beli mobil honda tua...
Dan yang diuntungkan adalah gak perlu ceperin lagi ....otomatis udah ceper dgn sendirinya...ha..ha.h.a...ha
> Peugeot 405, mobil ini masih sering ketemu dijalan....tapi katanya nih kabel2 dan harga sparepartnya tidak bersahabat....itu sih pengalaman orang....
> saran saya paling eterna dan dangan. karena teknologi mereka tergolong udah maju dibandingkan dgn capella, mx6, cefiro, prestige. dan mboil ini masih sering ketemu di jalan, so spare partnya juga masih gampang dicari.
Kalo bisa sabar , bisa ketemu eterna / dangan yang masih mulus dan masih orisinil semua.
eterna ada yang SOHC (90HP) dan DOHC (145HP). kalo yang SOHC biasanya ada tulisan super saloon di kap bagasi belakangnya, dan bumper depan dan belakang masih bulat, sideskirt nya juga bulat old fashion...Tapi Kalo mau beli jangan yang SOHC, karena masih karburator dan speedometernya cuma sampai 210km/h.
Kalo Dangan cari yang 1600 DOHC atau 1800 DOHC (141HP). Jangan yang 1600 SOHC (type glx).
Khusus yang 1600 DOHC agak jarang, karena type ini keluarnya belakangan dibanding kan type 1600cc SOHC dan 1800 DOHC..
Satu lagi yang mesti dipikirkan adalah jangn lupa sediakan uang cadangan 10 jt untuk ganti ini itu....seperti ban, belt, dll yang vital.
Wah kalo mazda capella dan mx-6 .....hiks..hks....kedua mobil ini jarang banget ketemu...bisa 1 bln belum tentu bisa ketemu di jalan.
> Capella masih karburator, 12valve, tapi jangan salah..gigi 1nya bisa 60km/h dlm sekejap. Dulu saya pernah ikut temen saya pake mobil ini.
Kalo soal suspensi memang ada stelan soft dan sport nya, tapi mngkn untuk umur sekarang mungkin sdh gak berfungsi kali ya...belum lagi spare partnya yang belum tentu ada lagi.
> Mx6 ....boil ini kan saingannya nissan sentra hatchback waktu zamannya lagi trend....cuman sayang populasinya juga udah susah untuk saat sekarng. Mungkin untuk cari secondnya juga susah kali....kecuali ngubek2 pos kota.....hiks...hikks....
> cefiro...yang istimewa dari mobil ini adalah sensor yang bisa memantau kondisi jalan di depan sehingga suspensi dapat bekerja sesuai dgn kondisi jalan yang dilalui. Buuuut.......perangkat ini mungkin udah kemakan waktu, dan bisa saja tidak berfungsi lagi...Yang lebih parah lagi saya denger ATPM udah gak masukin sensornya lagi....jadi kalo mau mesti order ...dan harganya..he..he.h.e.. tahu sendiri lah.....
Kalo soal akserelasi mobil ini biasa saja, walaupun sudah mengadopsi v6 engine, yang waktu zamannya tergolong canggih dan belum ada ATPM yang memakai mesin V6. Tapi di speedometer maksimal cuma 200km/h.
> Prestige, lapang dalamnya, dashboard bagus...tapi dodol jalannya, mesinnya cuma karburator 12 valve. Tahu sendirilah, kalo maestro 1993 yang 2000cc PGMFI 16 valve aja jalannya udah lelet, apalagi dgn prestige. Yang jelas kaki2nya mesti perhatiin kalo beli mobil honda tua...
Dan yang diuntungkan adalah gak perlu ceperin lagi ....otomatis udah ceper dgn sendirinya...ha..ha.h.a...ha
> Peugeot 405, mobil ini masih sering ketemu dijalan....tapi katanya nih kabel2 dan harga sparepartnya tidak bersahabat....itu sih pengalaman orang....
> saran saya paling eterna dan dangan. karena teknologi mereka tergolong udah maju dibandingkan dgn capella, mx6, cefiro, prestige. dan mboil ini masih sering ketemu di jalan, so spare partnya juga masih gampang dicari.
Kalo bisa sabar , bisa ketemu eterna / dangan yang masih mulus dan masih orisinil semua.
eterna ada yang SOHC (90HP) dan DOHC (145HP). kalo yang SOHC biasanya ada tulisan super saloon di kap bagasi belakangnya, dan bumper depan dan belakang masih bulat, sideskirt nya juga bulat old fashion...Tapi Kalo mau beli jangan yang SOHC, karena masih karburator dan speedometernya cuma sampai 210km/h.
Kalo Dangan cari yang 1600 DOHC atau 1800 DOHC (141HP). Jangan yang 1600 SOHC (type glx).
Khusus yang 1600 DOHC agak jarang, karena type ini keluarnya belakangan dibanding kan type 1600cc SOHC dan 1800 DOHC..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Nissan Cefiro spare partnya paling mahal dan rada susah carinya. My grandpa masih pake nih boil dengan bodi warna putih.
Interiornya sempit karena design bodinya terlalu aerodinamis, sehingga kaca depannya yang landai berdampak pada interiornya yang sempit. Kalo Anda bertubuh jangkung (tinggi) maka jarak kepala dengan atap sangat dekat.
Bener kata bung handling, suspensinya sangat canggih dijamannya. Bisa mendeteksi jalanan, tapi yg my grandpa punya sudah rusak karena terlalu tua dan ngga ada yg jual di sini. Di kaca samping bagian belakang ada tulisan Multi Link Suspension. Gw coba di tol, emang akselerasi biasa aja. Tapi kalo udah lari 170 km/h suspensinya sangat stabil dan nyaman (nyamannya mirip2 spt MB).
Eksterior biasa aja, betul kata bung szli bodinya terlalu kurus dan head lampnya sangat tipis juga. Tapi biarpun headlampnya tipis, cahayanya sangat terang !
Interiornya sempit karena design bodinya terlalu aerodinamis, sehingga kaca depannya yang landai berdampak pada interiornya yang sempit. Kalo Anda bertubuh jangkung (tinggi) maka jarak kepala dengan atap sangat dekat.
Bener kata bung handling, suspensinya sangat canggih dijamannya. Bisa mendeteksi jalanan, tapi yg my grandpa punya sudah rusak karena terlalu tua dan ngga ada yg jual di sini. Di kaca samping bagian belakang ada tulisan Multi Link Suspension. Gw coba di tol, emang akselerasi biasa aja. Tapi kalo udah lari 170 km/h suspensinya sangat stabil dan nyaman (nyamannya mirip2 spt MB).
Eksterior biasa aja, betul kata bung szli bodinya terlalu kurus dan head lampnya sangat tipis juga. Tapi biarpun headlampnya tipis, cahayanya sangat terang !
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Satuju dengan bung handling !> saran saya paling eterna dan dangan. karena teknologi mereka tergolong udah maju dibandingkan dgn capella, mx6, cefiro, prestige. dan mboil ini masih sering ketemu di jalan, so spare partnya juga masih gampang dicari.
Kalo bisa sabar , bisa ketemu eterna / dangan yang masih mulus dan masih orisinil semua.
eterna ada yang SOHC (90HP) dan DOHC (145HP). kalo yang SOHC biasanya ada tulisan super saloon di kap bagasi belakangnya, dan bumper depan dan belakang masih bulat, sideskirt nya juga bulat old fashion...Tapi Kalo mau beli jangan yang SOHC, karena masih karburator dan speedometernya cuma sampai 210km/h.
Kalo Dangan cari yang 1600 DOHC atau 1800 DOHC (141HP). Jangan yang 1600 SOHC (type glx).
Khusus yang 1600 DOHC agak jarang, karena type ini keluarnya belakangan dibanding kan type 1600cc SOHC dan 1800 DOHC..
Teknologi Mitsu Eterna dan Lancer Dangan emang paling maju dijamannya. Rival2 sekelasnya masih belum bisa menandingi teknologi Eterna dan Dangan yang sudah Injection, selain itu akselerasi kedua mobil Mitsu tsb paling TOP dibandingkan rival2 sekelelasnya.
Gw juga saranin Eterna GTi DOHC (145.5 HP) aja. Biar ngga malu kalo mau adu performa dengan mobil2 baru ! Tapi carinya yang terawat dan masih mulus, dijamin performanya masih bagus.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
4G63 "DAMN FAST !" (Kode mesin untuk Eterna GTi) memang mesin legendaris bung szli. Basis mesinnya menurut Otomotif masih digunakan untuk mobil2 Lancer Evolution terbaru, namun sudah pasti mengalami beberapa perubahan, inovasi dan Turbo !As for the rest, ngak familiar saya. Tapi dengar abt the Eterna yang reputasinya " Run like the Wind " !
It is said that a crazy driver behind the wheels of a well maintained Eterna can surprise even some newer sedans !
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Ya betul, bung Digi! 4G63 dipakai Evolution RS sampai Evolution IX. Tapi sudah ditambah turbo, intercooler, dan sejumlah perbedaan. Dia juga dipakai Galant VR4 (4G63 turbo 4WD) yang bentuknya mirip Eterna sini (Di sini dinamai Eterna soalnya dulu Galant kurang laku. Baru di 1993 balik lagi ke nama Galant).
Di sini selain Eterna, Mitsubishi Galant VR (rakitan sini tahun 1993-1996) juga pakai mesin yang sama persis dengan Eterna. Trus ada Mitsubishi Kuda 2.0 tapi mesinnya di-spec down jadi masih SOHC, tenaganya 114HP.
4G63 adalah mesin legendaris Mitsubishi. Jadi ada banyak varian Mitsubishi yang pakai termasuk generasi Lancer Evolution.
Di sini selain Eterna, Mitsubishi Galant VR (rakitan sini tahun 1993-1996) juga pakai mesin yang sama persis dengan Eterna. Trus ada Mitsubishi Kuda 2.0 tapi mesinnya di-spec down jadi masih SOHC, tenaganya 114HP.
4G63 adalah mesin legendaris Mitsubishi. Jadi ada banyak varian Mitsubishi yang pakai termasuk generasi Lancer Evolution.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Ya, selain belasan generasi Lancer Evolution (yang sudah pernah saya angkat dalam salah satu topic di SM), kelihatannya mesin 4G63 ini masih akan dipakai terus oleh Mitsubishi, bahkan terus dikembangkan dengan penambahan turbo dengan boost lebih besar, teknologi MIVEC, dll.
Saat ini ada beberapa Mitsubishi yang pakai 4G63:
1. Mitsubishi Aspire
model seperti Galant hiu tapi mesinnya 4G63 tanpa turbo sama dengan Eterna GTi DOHC sini, 145PS dengan penggerak 4WD. Mobil ini seperti Galant VR4 hiu, tapi mesinnya lebih kecil (Galant VR4 mesinnya V6 2500cc turbo).
2. Mitsubishi Outlander 2.0
Seperti Airtrek, buat pasar Eropa, dan Amerika Utara. 4G63 tanpa turbo, 136PS
3. Mitsubishi Space Wagon 2.0
Di Jepang Mitsubishi Chariot, 4G63 SOHC nonturbo, 133PS
4. Mitsubishi Galant 2.0
European market Galant hiu, akan dihentikan produksinya mesin sama dengan Space Wagon, 133PS
5. Mitsubishi Lancer 2.0
European market All New Lancer (Cedia). 4G63 DOHC, 136PS
6. Mitsubishi Lancer Evolution VIII
4G63 DOHC turbo with MIVEC, 280PS (JDM model)
7. Mitsubishi Lancer Evolution IX
sama dengan Evolution VIII
8. Mitsubishi Airtrek
Basisnya Outlander, 4G63 SOHC 126PS
9. Mitsubishi Airtrek Turbo-R
Dari namanya kita tahu sudah menggunakan turbo, 4G63 DOHC MIVEC turbo 240PS
10. Mitsubishi Kuda 2.0
Yang ini mungkin 4G63 paling lemah saat ini, tanpa turbo, tanpa MIVEC, SOHC pula! 4G63 S4 SOHC 114PS.
ADA LAGI?
Sangat banyak produk Mitsubishi yang pakai, namun contohnya adalah yang diatas itu, selain itu ada PROTON PERT mobil reli dari MALAYSIA berbasis Lancer Evolution
Nah itu tadi contoh2nya yang saya tahu sebagai penggemar otomotif,tapi mungkin Bung Digi tahu lebih detail soal Mitsubishi. Bagi2 donk!
Saat ini ada beberapa Mitsubishi yang pakai 4G63:
1. Mitsubishi Aspire
model seperti Galant hiu tapi mesinnya 4G63 tanpa turbo sama dengan Eterna GTi DOHC sini, 145PS dengan penggerak 4WD. Mobil ini seperti Galant VR4 hiu, tapi mesinnya lebih kecil (Galant VR4 mesinnya V6 2500cc turbo).
2. Mitsubishi Outlander 2.0
Seperti Airtrek, buat pasar Eropa, dan Amerika Utara. 4G63 tanpa turbo, 136PS
3. Mitsubishi Space Wagon 2.0
Di Jepang Mitsubishi Chariot, 4G63 SOHC nonturbo, 133PS
4. Mitsubishi Galant 2.0
European market Galant hiu, akan dihentikan produksinya mesin sama dengan Space Wagon, 133PS
5. Mitsubishi Lancer 2.0
European market All New Lancer (Cedia). 4G63 DOHC, 136PS
6. Mitsubishi Lancer Evolution VIII
4G63 DOHC turbo with MIVEC, 280PS (JDM model)
7. Mitsubishi Lancer Evolution IX
sama dengan Evolution VIII
8. Mitsubishi Airtrek
Basisnya Outlander, 4G63 SOHC 126PS
9. Mitsubishi Airtrek Turbo-R
Dari namanya kita tahu sudah menggunakan turbo, 4G63 DOHC MIVEC turbo 240PS
10. Mitsubishi Kuda 2.0
Yang ini mungkin 4G63 paling lemah saat ini, tanpa turbo, tanpa MIVEC, SOHC pula! 4G63 S4 SOHC 114PS.
ADA LAGI?
Sangat banyak produk Mitsubishi yang pakai, namun contohnya adalah yang diatas itu, selain itu ada PROTON PERT mobil reli dari MALAYSIA berbasis Lancer Evolution
Nah itu tadi contoh2nya yang saya tahu sebagai penggemar otomotif,tapi mungkin Bung Digi tahu lebih detail soal Mitsubishi. Bagi2 donk!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Waduh ! bung WP jauh lebih tau tuh seluk beluknya Mitsubishi. Gw sih masih belajar berguru dgn para ahlinya. Btw, thanks bung WP, jadi gw nambah ilmu lagi nih hehehe ...Nah itu tadi contoh2nya yang saya tahu sebagai penggemar otomotif,tapi mungkin Bung Digi tahu lebih detail soal Mitsubishi. Bagi2 donk!
Itu Lancer Evo VIII emang gile ! Mesin tetap 2000cc DOHC 4G63, tinggal pake turbo + MIVEC langsung lari ! Setelah gw cek2 ternyata harga second Evo VIII MR walopun katanya cukup drop harga secondnya tapi kenyataannya masih mahal ! >500 jt !
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Wah kalo gue harga 0,5 M ya mending sekalian ambil Mazda RX 8. Modelnya aja udah aduhai... tinggal tambah bodykit dikit udah jadi bintang deh cakepnya. Naik Evo VIII emang enak dan kenceng, tapi kurang bisa bikin mata orang laen ngelirik trus spt kalo naik RX 8.WP wrote:Wah mahal mahal sih, tapi kan usianya belum 3 tahun.........
Kalo Mazda RX-8 kayanya dengan duit segitu masih lebih cocok deh, cuma belakangnya sempit ya? Tapi, dengan 4-door coupe kayanya lebih ok buat TP ke cewek2..............dibanding 4-door sports sedan.......
Apalagi kalo yg ngelirik ce2 cakep hehehe....
tapi si RX 8 kencingnya kenceng banget.... alias buoorosss...
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Ya, mesin rotary memang kuat buat berkitir diputaran tinggi. Pihak Mazda ketika diminta test drive oleh sebuah majalah otomotif, mengatakan jangan ragu menggebernya sampai red line............
Tapi durability mesin ini masih diragukan.............
Kalo power mungkin 4G63 Lancer Evolution masih lebih besar, 280PS (versi Jepang), sedangkan RX-8 250PS......... Malah ada versi yg lebih murah bertenaga 200an PS. Kalo masuk sini mungkin harganya Rp 400jutaan kali ya?
Tapi durability mesin ini masih diragukan.............
Kalo power mungkin 4G63 Lancer Evolution masih lebih besar, 280PS (versi Jepang), sedangkan RX-8 250PS......... Malah ada versi yg lebih murah bertenaga 200an PS. Kalo masuk sini mungkin harganya Rp 400jutaan kali ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Iya sih kalo enak beli gress dgn harga 499 jt lebih baik Mazda RX8, model menurut gw juga lebih seksi. Jok belakang emang sempit, untuk anak kecil. Kalo orang dewasa juga masih bisa, asal jok depannya dimajuin (posisi 50:50). Tapi jalan jauh capek juga kakinya. Cuma mesin Rotary bengkel yg bisa perbaiki dimana aja sih ? Di Bandung ada ngga ya ? Masalah spare parts mudah didapat ngga ? Kalo rewel repot juga tuh, apalagi kalo dijadikan mobil sehari2 kan fast movingnya cepet aus juga.