FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Rekan SMERS, akhirnya sempet juga test FC ipah d4d E manual utk lukot, jkt-garut PP tgl 1&2 Jan kemarin. Sblm berangkat isi solar sampai permukaan solar benar2 hampir tumpah dari pipa pengisian (bener2 sampe busanya ilang), odometer trip A lalu di-nol-kan, lalu berangkat. Ketika sampai di pom bensin setelah gapura selamat datang kabupaten Garut pencatatan odo 198.9km dgn posisi jarum fuel meter sedikit di atas garis 3/4 (liat di gambar maklum tipe E gak ada MID-nya he.he..).
Lalu setelah kembali sampe ke rumah liat odo di 490.1km dgn penunjukan jarum fuel meter dibawah garis 1/2 (liat gambar lagi ya), secara kapasitas tanki sesuai manual book 55 liter tapi ngisi khan benar2 permukaan solar menyentuh bibir pipa pengisian, wah jadi bikin sudah ngitungnya apalagi tipe E belum ada indikator MID-nya, mungkin ada rekan SMERS yang bisa bantu itungin
Kondisi driving pake eco driving aja, mostly rpm max 2500 cuman pas tanjakan panjang cipularang tergoda ngetest power d4d dan bisa lari 110kph (ini aja pedal gas belum bejek abis), pas turunan gliding (gigi netral lepas gas) bisa meluncur 110kph juga. Kondisi cuma 2 orang, ane nyetir & istri. Hanya pas driving nggak sepenuhnya pake AC secara berangkat masih pagi dan istri gak tahan dingin (padahal tombol termostat udah geser puter kiri banget sebelum
mentok). Muter2 di garut juga udah sejuk dan nggak make ac (daripada dicemberutin bini, he..he..).
Overall, cukup fun to drive & nggak cape bawa ipah jarak jauh.
Lalu setelah kembali sampe ke rumah liat odo di 490.1km dgn penunjukan jarum fuel meter dibawah garis 1/2 (liat gambar lagi ya), secara kapasitas tanki sesuai manual book 55 liter tapi ngisi khan benar2 permukaan solar menyentuh bibir pipa pengisian, wah jadi bikin sudah ngitungnya apalagi tipe E belum ada indikator MID-nya, mungkin ada rekan SMERS yang bisa bantu itungin
Kondisi driving pake eco driving aja, mostly rpm max 2500 cuman pas tanjakan panjang cipularang tergoda ngetest power d4d dan bisa lari 110kph (ini aja pedal gas belum bejek abis), pas turunan gliding (gigi netral lepas gas) bisa meluncur 110kph juga. Kondisi cuma 2 orang, ane nyetir & istri. Hanya pas driving nggak sepenuhnya pake AC secara berangkat masih pagi dan istri gak tahan dingin (padahal tombol termostat udah geser puter kiri banget sebelum
mentok). Muter2 di garut juga udah sejuk dan nggak make ac (daripada dicemberutin bini, he..he..).
Overall, cukup fun to drive & nggak cape bawa ipah jarak jauh.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
seharusnya setelah odo di 490.1km diisi full lagi solarnya sampe permukaan solar menyentuh bibir pipa pengisianPrive wrote:Rekan SMERS, akhirnya sempet juga test FC ipah d4d E manual utk lukot, jkt-garut PP tgl 1&2 Jan kemarin. Sblm berangkat isi solar sampai permukaan solar benar2 hampir tumpah dari pipa pengisian (bener2 sampe busanya ilang), odometer trip A lalu di-nol-kan, lalu berangkat. Ketika sampai di pom bensin setelah gapura selamat datang kabupaten Garut pencatatan odo 198.9km dgn posisi jarum fuel meter sedikit di atas garis 3/4 (liat di gambar maklum tipe E gak ada MID-nya he.he..).
Lalu setelah kembali sampe ke rumah liat odo di 490.1km dgn penunjukan jarum fuel meter dibawah garis 1/2 (liat gambar lagi ya), secara kapasitas tanki sesuai manual book 55 liter tapi ngisi khan benar2 permukaan solar menyentuh bibir pipa pengisian, wah jadi bikin sudah ngitungnya apalagi tipe E belum ada indikator MID-nya, mungkin ada rekan SMERS yang bisa bantu itungin
Kondisi driving pake eco driving aja, mostly rpm max 2500 cuman pas tanjakan panjang cipularang tergoda ngetest power d4d dan bisa lari 110kph (ini aja pedal gas belum bejek abis), pas turunan gliding (gigi netral lepas gas) bisa meluncur 110kph juga. Kondisi cuma 2 orang, ane nyetir & istri. Hanya pas driving nggak sepenuhnya pake AC secara berangkat masih pagi dan istri gak tahan dingin (padahal tombol termostat udah geser puter kiri banget sebelum
mentok). Muter2 di garut juga udah sejuk dan nggak make ac (daripada dicemberutin bini, he..he..).
Overall, cukup fun to drive & nggak cape bawa ipah jarak jauh.
karena bila hanya melihat odometernya saja, kadang kurang akurat, sisa 50% pada odo blom tentu solar pada tangki juga tinggal 50%
hitung saja :
490.1 km / ...... Liter solar = ............ km/L (dapet dah)
tapi sepintas dari data diatas sepertinya konsumsi BBM plus minusnya 1 : 11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
biasanya makin atas posisi jarum fuel, cenderung lebih lama turunnya dibanding kalo posisi jarum makin ke bawah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Betul,
Sepertinya begitu di tengah turunnya cepat
Jadi bisa dibilang mungkin habis 35-40 liter an
Sepertinya begitu di tengah turunnya cepat
Jadi bisa dibilang mungkin habis 35-40 liter an
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Sun Mar 05, 2006 13:21
- Location: Medan
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
innova diesel memang irit banget, luar kota bisa 1:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
kalo yg matic dapet 1:12 untuk luar kota uda bagus...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Kalo matiin AC bisa lebih hemat, mungkin nyetirnya sambil nunduk (mengurangi gesekan angin) bisa lebih hemat lagi tuh. Dapet kali 1:20 kali
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
wah iritnya inova diesel.
asyik juga tuh.
asyik juga tuh.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Ipah D4D(facelift) kalau ke luar kota rata rata dapat 1:12 KM
Dalam kota rata-rata dapat diatas 1:10 KM
Kalau tol saja tanpa ACA mungkin dapat 1:14/15 KM
Dalam kota rata-rata dapat diatas 1:10 KM
Kalau tol saja tanpa ACA mungkin dapat 1:14/15 KM
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
D4 D G A/T saya terakhir sy ukur Jkt - Bdg PP (udah termasuk muter2 di kota Bdg) average dapat 1:15,4 (AC juga diidupin, hanya saja termostat diatur kecil - gede - kecil - gede)
Kalo utk Dalkot lately umumnya dapat sekitar 1:10,3 - 11,3
Diukur dgn total jarak tempuh dibagi jumlah solar saat diisi, dimana solar diisi sampe mentok / sampe terlihat permukaan cairannya (sampe busanya ilank) spy mudah mengkalkulasi FC. Pengukuran volume solar di SPBU Mr. P Pasti pas.
Ini dgn kondisi sudah full peredam & ban X-Tril, faktor underread juga sudah dikalkulasi, benchmarking odometer dgn Garmin Nuvi 200 Wi dan Nusamap GPS.
Lalu mengenai tuning efisiensi Ipah D4 selengkapnya dapat dibaca di http://mesin-diesel.dinogroups.com/ (Tuning efisiensi Innova D4 D (mendukung aplikasi Eco driving) & Tuning Ipah D4 D utk mendukung Eco Driving )
Kalo utk Dalkot lately umumnya dapat sekitar 1:10,3 - 11,3
Diukur dgn total jarak tempuh dibagi jumlah solar saat diisi, dimana solar diisi sampe mentok / sampe terlihat permukaan cairannya (sampe busanya ilank) spy mudah mengkalkulasi FC. Pengukuran volume solar di SPBU Mr. P Pasti pas.
Ini dgn kondisi sudah full peredam & ban X-Tril, faktor underread juga sudah dikalkulasi, benchmarking odometer dgn Garmin Nuvi 200 Wi dan Nusamap GPS.
Lalu mengenai tuning efisiensi Ipah D4 selengkapnya dapat dibaca di http://mesin-diesel.dinogroups.com/ (Tuning efisiensi Innova D4 D (mendukung aplikasi Eco driving) & Tuning Ipah D4 D utk mendukung Eco Driving )
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
iya nih, belom sempet ngisi full tank lagi udah terlanjur dibawa bini & diisi solar tapi nggak full tank, halahhh...., mau ukur FC kok nanggung yah..., he..he..evolution21 wrote:seharusnya setelah odo di 490.1km diisi full lagi solarnya sampe permukaan solar menyentuh bibir pipa pengisian
karena bila hanya melihat odometernya saja, kadang kurang akurat, sisa 50% pada odo blom tentu solar pada tangki juga tinggal 50%
hitung saja :
490.1 km / ...... Liter solar = ............ km/L (dapet dah)
tapi sepintas dari data diatas sepertinya konsumsi BBM plus minusnya 1 : 11
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu May 29, 2008 14:01
- Location: Pondok Cabe, Ciputat, Tanggerang
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Ipah sy d4d matic, liburan desember 2008 ke luar kota bisa 1:15 dengan maximum RPM 2500, ac nyala auto 25derajat celcius.
cheers
ekoisoke
+62.888.554.8523
+62.21.71480604
ekoisoke
+62.888.554.8523
+62.21.71480604
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Wah FC nya mirip2 ama GL ya, gila ternyata Ipah D4D cukup irit juga, worth to buy..
Get home safe, respect road rules !
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Btw, yang punya innova, mungkin bisa liat ke business corner, saya jual accesories untuk toyota innova.
Thanks.
Thanks.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4588
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
route nya dari mana kemana yah ?
kalau dari Surabaya ke Jogja jam 03:00 - 10:00, mulai jam 06:00 rada sibuk, jam 08:00 rada macet + 1 hari konsumsi dalam kota
D4D manual type G dengan kondisi standart dapatnya 1:12
kalau dari Surabaya ke Jogja jam 03:00 - 10:00, mulai jam 06:00 rada sibuk, jam 08:00 rada macet + 1 hari konsumsi dalam kota
D4D manual type G dengan kondisi standart dapatnya 1:12
ekoisoke wrote:Ipah sy d4d matic, liburan desember 2008 ke luar kota bisa 1:15 dengan maximum RPM 2500, ac nyala auto 25derajat celcius.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu May 29, 2008 14:01
- Location: Pondok Cabe, Ciputat, Tanggerang
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
Rute Jkt - Lamongan, berangkat dari jkt pukul 21:00 nyampe lamongan esoknya pukul 16. Isi full tank dari jkt, di perbatasan kudus - pati kita isi (saat itu indikator 1 bar), perkiraan sy kalo ngak ngisi bisa saja sampai lamongan, tapi takut sindrom masuk angin kita isi lagi.
cheers
eko
cheers
eko
Profith83 wrote:route nya dari mana kemana yah ?
kalau dari Surabaya ke Jogja jam 03:00 - 10:00, mulai jam 06:00 rada sibuk, jam 08:00 rada macet + 1 hari konsumsi dalam kota
D4D manual type G dengan kondisi standart dapatnya 1:12
ekoisoke wrote:Ipah sy d4d matic, liburan desember 2008 ke luar kota bisa 1:15 dengan maximum RPM 2500, ac nyala auto 25derajat celcius.
cheers
ekoisoke
+62.888.554.8523
+62.21.71480604
ekoisoke
+62.888.554.8523
+62.21.71480604
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: FC Ipah D4D Manual E Luar Kota
wah udah mulai rame yg punya IPAH yah heheheh selamat deh
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun