Ganti Timing Belt
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- bodz
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: 17 Jul 2007, 16:35
Ganti Timing Belt
Dear All,
(OOT mode:on)..,
Ada yang punya pengalaman Ganti Timing Belt (buat mobil yg masih pake timing belt), bisa sharing ngga tentang:
1. Ciri-ciri (tanda-tanda) fisik mobil sudah minta ganti timing belt selain jumlah km nya ?? (karena ada yg bilang 50 rebu, 60 rebu bahkan 80rb km masih aman...)
2. Kisaran ongkos pasang dan harga penggantian parts ini di Bengkel Resmi beberapa merk mobil. Sebenernya mahal ngga sih?
3. Apa pengaruh jika timing belt sampe putus sebelum sempet diganti?
4. Parts apa lagi yang biasanya (direkomendasikan) sekalian ganti dengan timing belt
Thanks all.....
bodz
(OOT mode:on)..,
Ada yang punya pengalaman Ganti Timing Belt (buat mobil yg masih pake timing belt), bisa sharing ngga tentang:
1. Ciri-ciri (tanda-tanda) fisik mobil sudah minta ganti timing belt selain jumlah km nya ?? (karena ada yg bilang 50 rebu, 60 rebu bahkan 80rb km masih aman...)
2. Kisaran ongkos pasang dan harga penggantian parts ini di Bengkel Resmi beberapa merk mobil. Sebenernya mahal ngga sih?
3. Apa pengaruh jika timing belt sampe putus sebelum sempet diganti?
4. Parts apa lagi yang biasanya (direkomendasikan) sekalian ganti dengan timing belt
Thanks all.....
bodz
- imsus2c
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: 31 Jul 2007, 21:11
- Location: almost there...
halo bro,
Wah, setahu saya sih susah ciri-ciri fisik buat indikasi saatnya ganti timing belt (CMIIW). Biasanya ya lihat odometernya. Ga bisa bilang sekian KM masih aman...mendingan ikutin petunjuk mobil masing2 deh .
Masalah harga tentu saja variatif sekali, kembali ke boil masing2, ada yg dari 300rban sampe jutaan. Ada yg perlu ganti belt-nya aja ada juga yg musti 1 set sama tensioner-nya (pengencang).
Sbg contoh, untuk punya saya, Hyundai Santa Fe thn 2001, kira2 Rp.2jtaan (termasuk ongkos pasang di bengkel resmi). Ganti tiap 65rban Km .
Kalo timing belt ga diganti, trus putus waktu mesin hidup/boil jalan, dapat dikatakan fatal dan mahal akibatnya buat mesin . kalo ga salah kepala piston dan klep-nya bisa tumbukkan, rusak tuh kepala silidernya CMIIW
Kalo yg harus ganti bareng timing-belt, sebaiknya juga tensioner-nya. Semuanya kembali ke petunjuk manual boil itu, apa yg harus diganti di tiap berapa KM-nya (CMIIW). kalo mbak wiki bilang, saat ganti timing belt, ganti juga tuh water pump-nya.
Kalo pertanyaanya, apa yg harus diganti (berhubungan dgn mesin tentunya...)saat beli boil bekas...pasti lebih banyak lagi daftarnya he..he...
Segala macam filter dan cairan wajib tuh diganti, kita kan ga tahu previous ownernya "care" dan displin ga soal ngerawat tuh boil .
Buat referensi, lihat di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Timing_belt
Ada yg mau nambah bantuan?
Wah, setahu saya sih susah ciri-ciri fisik buat indikasi saatnya ganti timing belt (CMIIW). Biasanya ya lihat odometernya. Ga bisa bilang sekian KM masih aman...mendingan ikutin petunjuk mobil masing2 deh .
Masalah harga tentu saja variatif sekali, kembali ke boil masing2, ada yg dari 300rban sampe jutaan. Ada yg perlu ganti belt-nya aja ada juga yg musti 1 set sama tensioner-nya (pengencang).
Sbg contoh, untuk punya saya, Hyundai Santa Fe thn 2001, kira2 Rp.2jtaan (termasuk ongkos pasang di bengkel resmi). Ganti tiap 65rban Km .
Kalo timing belt ga diganti, trus putus waktu mesin hidup/boil jalan, dapat dikatakan fatal dan mahal akibatnya buat mesin . kalo ga salah kepala piston dan klep-nya bisa tumbukkan, rusak tuh kepala silidernya CMIIW
Kalo yg harus ganti bareng timing-belt, sebaiknya juga tensioner-nya. Semuanya kembali ke petunjuk manual boil itu, apa yg harus diganti di tiap berapa KM-nya (CMIIW). kalo mbak wiki bilang, saat ganti timing belt, ganti juga tuh water pump-nya.
Kalo pertanyaanya, apa yg harus diganti (berhubungan dgn mesin tentunya...)saat beli boil bekas...pasti lebih banyak lagi daftarnya he..he...
Segala macam filter dan cairan wajib tuh diganti, kita kan ga tahu previous ownernya "care" dan displin ga soal ngerawat tuh boil .
Buat referensi, lihat di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Timing_belt
Ada yg mau nambah bantuan?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: 26 Jul 2007, 14:53
- Location: pinggiran Depok
Hallo Bodz,
coba jawab sebisanya ya ... mungkin nanti ada yg lebih expert yg bisa membantu.
1. Blm pernah lihat ciri-ciri fisik timing belt yg sudah mau putus ... jd nggak bisa kasih jawaban. Biasanya patokan memang dari Kmnya saja yg dipakai. kl mobilnya sering kena macet sebaiknya ganti di 50 ribu km.
2. Ongkos kerja bengkel resmi biasanya selalu lebih mahal.
3. Kerusakan palling parah adalah valvenya bengkok, piston rusak, dll. Beberapa merek mobil mesinnya masih aman kl timing belt putus ... seperti suzuki, timor atau new espass (CMIIW).
4. part lainnya adalah tensioner dan idler ... kl mobilnya sudah uzur/berumur dan ada kelebihan uang... mungkin bisa juga sekalian ganti pompa oli atau pompa air (CMIIW ... tergantung mobilnya).
brgds,
Harkres
coba jawab sebisanya ya ... mungkin nanti ada yg lebih expert yg bisa membantu.
1. Blm pernah lihat ciri-ciri fisik timing belt yg sudah mau putus ... jd nggak bisa kasih jawaban. Biasanya patokan memang dari Kmnya saja yg dipakai. kl mobilnya sering kena macet sebaiknya ganti di 50 ribu km.
2. Ongkos kerja bengkel resmi biasanya selalu lebih mahal.
3. Kerusakan palling parah adalah valvenya bengkok, piston rusak, dll. Beberapa merek mobil mesinnya masih aman kl timing belt putus ... seperti suzuki, timor atau new espass (CMIIW).
4. part lainnya adalah tensioner dan idler ... kl mobilnya sudah uzur/berumur dan ada kelebihan uang... mungkin bisa juga sekalian ganti pompa oli atau pompa air (CMIIW ... tergantung mobilnya).
brgds,
Harkres
- arinme
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: 02 May 2007, 11:35
coba ditekan permukaan timing beltnya, kalo udah keras kaya plastik, mending buru-buru ganti, tapi kalo ditekan pake kuku masih lunak, masih aman..
kalo ongkos pasang, di bengkel resmi bisa 2x bengkel biasa.
tadi ane ngedrop mobil ke bengkel resmi buat ganti timing belt, perkiraan biaya 275k utk bongkar TB aja, padahal ane juga ganti water pump
biasanya yang diganti sekali jalan (tiap 2x ganti TB) sih seal camshaft & crankshaft (liat kondisi, rembes gak), auto tensioner, water pump, fan belt
mending jangan nunggu putus deh, apalagi kalo pas putus, mogok, karena gak ngerti TB putus, maen stater ato dorong, duh, tambah banyak yang kena
tadi barengan di bengkel ada yang TBnya putus, musti ganti per klep, klep, piston + ring, lebih mahal jatuhnya
kalo ongkos pasang, di bengkel resmi bisa 2x bengkel biasa.
tadi ane ngedrop mobil ke bengkel resmi buat ganti timing belt, perkiraan biaya 275k utk bongkar TB aja, padahal ane juga ganti water pump
biasanya yang diganti sekali jalan (tiap 2x ganti TB) sih seal camshaft & crankshaft (liat kondisi, rembes gak), auto tensioner, water pump, fan belt
mending jangan nunggu putus deh, apalagi kalo pas putus, mogok, karena gak ngerti TB putus, maen stater ato dorong, duh, tambah banyak yang kena
tadi barengan di bengkel ada yang TBnya putus, musti ganti per klep, klep, piston + ring, lebih mahal jatuhnya
- r1210g
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: 20 Feb 2007, 23:43
- Location: Sunter
- Contact:
Ini mah bukan timing belt, tapi fan belt... wekekekek...mansetha wrote:ada suara mendecit mungkin itu salah satu indikasinya.
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
- bonny123
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 14 May 2008, 20:08
- Location: Bandung
Re: Ganti Timing Belt
halo bro sm'ers semua...
gini mobil saya soluna dan mau ganti timing belt, saya udah beli timing belt sama lahernya, tapi masih bingung mau pasang di bengkel mana..
mungkin dari bro sm'ers ada yang bisa ngasih tau alamat bengkel yang recommended di bandung?
thanks...
gini mobil saya soluna dan mau ganti timing belt, saya udah beli timing belt sama lahernya, tapi masih bingung mau pasang di bengkel mana..
mungkin dari bro sm'ers ada yang bisa ngasih tau alamat bengkel yang recommended di bandung?
thanks...
- maxx
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: 23 Apr 2007, 20:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
- Contact:
Re: Ganti Timing Belt
Umumnya timing belt original (bukan part aftermarket kw1 ato 2) di ganti 60rb KM atau max 5thn tergantung mana yg duluan tercapai.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: 05 Mar 2006, 23:49
Re: Ganti Timing Belt
bro klo jazz lama ganti timing belt tiap brapa KM y?buku servis gw ilang soalnya...
trus klo 60rb km jazz lama servis ap aja y?sori OOT...
trus klo 60rb km jazz lama servis ap aja y?sori OOT...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: 22 Nov 2007, 17:26
Re: Ganti Timing Belt
bukannya jazz itu udah ga pake timing belt yah tapi pakai timing chain yg seumur mesin....
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 11 Replies
- 1131 Views
-
Last post by biezbiez
-
- 44 Replies
- 4420 Views
-
Last post by chain90s
-
- 32 Replies
- 2525 Views
-
Last post by KielConstantine
-
- 15 Replies
- 1790 Views
-
Last post by peterming77
-
- 12 Replies
- 1310 Views
-
Last post by pendoli
-
- 27 Replies
- 2643 Views
-
Last post by AbdulHakim
-
- 78 Replies
- 5305 Views
-
Last post by sedotcuy
-
- 51 Replies
- 2764 Views
-
Last post by ChZ
-
- 7 Replies
- 403 Views
-
Last post by ghozizzz
-
- 11 Replies
- 824 Views
-
Last post by Syauqi