About Chevrolet Tropper

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 24 Aug 2008, 19:44

About Chevrolet Tropper

Post by ediwarsito »

Halo Bro, aku ada beberapa pertanyaan tentang Chevrolet Tropper nih:

1. Seri paling akhir keluar tahun berapa?
2. Bagaimana spesifikasinya? mesin diesel or petrol? berapa cc?
3. trus kalau pingin swap engine pakai mesin diesel punya Isuzu Phanter 2.5 yang terbaru apakah perlu ada ubahan pada dudukan di chasis?
4. Adakah mesin Isuzu Phanter seri itu yang dijual dalam kondisi baru? (lengkap ada fakturnya). Berapa kira-kira kisaran harganya?
5. Bisakah dilakukan perubahan pada surat-suratnya di kantor samsat? bagaimana caranya?
Mohon bantuan kalau ada yang bisa memberi informasi. Terima kasih banyak sebelumnya.

Salam,
Edi Warsito
dirzsignature
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 13 Sep 2006, 20:35

Re: About Chevrolet Tropper

Post by dirzsignature »

saya dulu perna punya yg diesel taon 90... mesin standarnya 2300cc diesel..
versi bensinnya jg ada... taon terakhir kyanya taon 95an yg model high-roof..

pnya saya saya engine swap ke matic 4200cc... pnya isuzu jg tp lupa asalnya drimana..
kalo ke mesin panther ga tau prlu rubah2 mounting byak apa engga...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

ediwarsito wrote:Halo Bro, aku ada beberapa pertanyaan tentang Chevrolet Tropper nih:

1. Seri paling akhir keluar tahun berapa?
2. Bagaimana spesifikasinya? mesin diesel or petrol? berapa cc?
3. trus kalau pingin swap engine pakai mesin diesel punya Isuzu Phanter 2.5 yang terbaru apakah perlu ada ubahan pada dudukan di chasis?
4. Adakah mesin Isuzu Phanter seri itu yang dijual dalam kondisi baru? (lengkap ada fakturnya). Berapa kira-kira kisaran harganya?
5. Bisakah dilakukan perubahan pada surat-suratnya di kantor samsat? bagaimana caranya?
Mohon bantuan kalau ada yang bisa memberi informasi. Terima kasih banyak sebelumnya.

Salam,
Edi Warsito
sya coba bantu yah.

1. pling akhir yang hi-roof 2300cc bensin tahun 1995
2. mesin petrol 2300cc 4ZDI 4 cylider
mesin diesel 2300cc C223 4 cylider 62ps sama dgn panther generasi awal, CJ7, LUV
3. untuk panther 2,5ltr 4JA1 nggak perlu rubah mounting apapun alias tinggal plek. tpi sayang uy... powernya juga tetep aja "biasa". saran sya mending ambil copotan ISUZU BIGHORN 4JB1T 2800cc turbo intercooler atw 4JG2T 3100cc turbo intercooler spare parnya sama dgn truk ELF. pernah nyoba memang SANGAT bertenaga. soalnya di padu Final Gear trooper yang low 1:4.56 jadinya mau star dri gigi 3 juga enteng saja.... powernya 4JB1-T 115ps 4JG2-T 135ps dan udah tradisi diesel turbo (maksud gw turbo beneran bukan kya d panther) kerasanya LEBIH besar dri ini.
4. klw mesin baru kyanya susah bahkan nggak ada, biasanya pke copotan/limbah eks luar. klw panther sya kurang tau, klw big horn HALFCUT include(mesin+girbox+gardan dpn+blkng dashbord stir suspensi(bisa di stel keras lembut), LSD d axle blkng, discbrake dpn blkng) sekitar 20-30jtan..
5. biasannya om nego saja dgn bengkel swapnya, biasanya dia bersedia mengurus surat2nya, jadi kita tau beres saja....

cmiiw
semoga membantu
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 19 Feb 2006, 21:12

Re: About Chevrolet Tropper

Post by FARID »

bro EDI dari paiton ya...daerah situ banyak yang lagi demam tropper....
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 24 Aug 2008, 19:44

Re: About Chevrolet Tropper

Post by ediwarsito »

Ah enggak, aku dari Magelang (Jateng) kok. Cuma kepingin aja pake tropper, soalnya mobil yang satu ini terasa lebih berkarakter hehehe..... tampilan bagus dan udah 4WD pula. Jadi daripada buat panther kapsul, kijang or kuda, mending budgetnya buat ambil tropper last edition dan sisa dananya buat nge-upgrade sekapoknya. By the way Mas Billy, kalau akan diswap apakah harus dicangkokkan juga gearbox dan final gear bawaan mesin tersebut? Trus kalau tetep pakai final gear tropper yang 1:4.56, power bisa maksi, tapi apakah kecepatannya bisa tetep bagus?
Kalau barangkali ada infonya, saya juga ingin tahu bengkel mana yang bisa melakukan swap engine sekaligus mengurus surat-suratnya (mungkin di Jakarta), karena kalau di Jateng kebanyakan sih cuma swapnya doang, surat-surat urus sendiri. Padahal aku agak nggak nyaman dengan urusan birokrasi. Trus untuk dapetin mesin BIGHORN dimana?Matur nuwun banyak atas bantuannya....

Salam
Edi Warsito
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

ediwarsito wrote:Ah enggak, aku dari Magelang (Jateng) kok. Cuma kepingin aja pake tropper, soalnya mobil yang satu ini terasa lebih berkarakter hehehe..... tampilan bagus dan udah 4WD pula. Jadi daripada buat panther kapsul, kijang or kuda, mending budgetnya buat ambil tropper last edition dan sisa dananya buat nge-upgrade sekapoknya. By the way Mas Billy, kalau akan diswap apakah harus dicangkokkan juga gearbox dan final gear bawaan mesin tersebut? Trus kalau tetep pakai final gear tropper yang 1:4.56, power bisa maksi, tapi apakah kecepatannya bisa tetep bagus?
Kalau barangkali ada infonya, saya juga ingin tahu bengkel mana yang bisa melakukan swap engine sekaligus mengurus surat-suratnya (mungkin di Jakarta), karena kalau di Jateng kebanyakan sih cuma swapnya doang, surat-surat urus sendiri. Padahal aku agak nggak nyaman dengan urusan birokrasi. Trus untuk dapetin mesin BIGHORN dimana?Matur nuwun banyak atas bantuannya....

Salam
Edi Warsito
alow om...
bener om.. hehehehe sya juga udah lama bngt ngincer dan ngimpiin trooper, sampai di kumpulin segala seluk beluk bwat ni mobil... tpi bu mentrinnya nda demen jadi susah......

klw menggunakan mesin bighorn, umunnya sudah sepaket, engine+gearbos jadi tidak perlu penyesuaian apapun.. paling, klw dari trooper bensin, ada penyesuaian di saluran bahan bakar saja.

final gear kebetulan, big horn dan trooper sama 1:4.56 jadi tidak perlu penyesuaian apapun... alias tinggal plek..

klw di jakarta sih ada banyak, tapi belum tau yang jempolan yang mana, klw saya biasannya di bandung... mesinnya juga d cariin sama bengkelnnya.... tapi klw semua dri bengkel, termasuk surat, biasannya nambah hargannya...

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ediwarsito
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 24 Aug 2008, 19:44

Re: About Chevrolet Tropper

Post by ediwarsito »

OKe deh Oom...thanks a lot atas infonya. Ini lagi nyari-nyari yang sip tapi belum ketemu.

:thanks:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: About Chevrolet Tropper

Post by imsus2c »

menggabungkan yang tercecer di:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=9286
caed wrote:Halo bro2 sekalian, saya minta tolong neh: tolong donk kasih review lengkap ttg Chevy Trooper..Thnx bgt ya..
imsus2c wrote:lho...sepertinya sudah deh...cuma memang thread-nya masih sepi... mending di-merge dan bikin rame disini aja bro:
viewtopic.php?f=12&t=9170
ediwarsito wrote:Halo Bro, aku ada beberapa pertanyaan tentang Chevrolet Tropper nih:
1. Seri paling akhir keluar tahun berapa?
2. Bagaimana spesifikasinya? mesin diesel or petrol? berapa cc?
3. trus kalau pingin swap engine pakai mesin diesel punya Isuzu Phanter 2.5 yang terbaru apakah perlu ada ubahan pada dudukan di chasis?
4. Adakah mesin Isuzu Phanter seri itu yang dijual dalam kondisi baru? (lengkap ada fakturnya). Berapa kira-kira kisaran harganya?
5. Bisakah dilakukan perubahan pada surat-suratnya di kantor samsat? bagaimana caranya?
Mohon bantuan kalau ada yang bisa memberi informasi. Terima kasih banyak sebelumnya.
Salam,
Edi Warsito
dst...dst...dst...
caed wrote:Hehehehe..aku ketauan...!!
Iya bos, sepi sih..
imsus2c wrote:iya hahaha....
soalnya kalau double/multi thread gini tar yg lain bingung harus reply-nya kemana dan secara "filing" kurang bagus kalo pas lagi cari-cari referensi....gitu loh

sekedar sharing aja, dulu sy pernay tugas di makassar setahun, sering dianter-jemput pake trooper 4x4 hi-roof bensin. mesin pake isuzu, kalo dipake buat sehari-hari apalagi utk menunjang kerjaan, jangan deh....soalnya bbm-nya mayan boros.... kecuali sudah siap lahir batin kasih minum
kalo buat gagah2an dalam kota juga kurang cocok (kurang elegan), bagusnya dijadikan mobil hobby & weekend buat touring atau kalo mo extrim ya buat off-road-an gitu lah...
kalo untuk angkut2 keluarga, emang dia secara teori sanggup nampung 9 orang, tapi yg paling belakang duduknya 2 baris saling berhadapan kayak angkot (konfigurasi asli)....kasihan...saya pernah bawa orang rute makassar-tana toraja pp, setengah jalan, yg duduk dibelakang sudah muntah 2 kali hehehehe....
oya...dari tulisan2 bos caed yg dulu2, dari bukittinggi yah? kebetulan istri saya asli orang sana hehehe, skrg sih tinggal di semarang..dan saya asli semarang....
kalo buat daerah seperti bukittinggi mang cocok SUV deh... kalo MPV agak kasihan buat tanjakannya....
dah deh, mendingan minta sama om mods untuk nge-lock thread ini trus kita sambung yg sudah ada, OK?
blindzero wrote:viewtopic.php?f=12&t=9170

Lanjutkan disana aja ya. Udah lebih panjang post'nya.

:thanks: Imsus2c atas info'nya dan saran
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: About Chevrolet Tropper

Post by maskopat »

naikin lagi ah thread lama... secara ane lagi naksir SUV long chassis 4x4 diesel juga nih.

pilihan adalah:
1. Land Rover Series 3 tahun 70-80-an.
2. Chevy Trooper
3. Daihatsu Taft Long
4. ??

awalnya sih budgetnya 30jt untuk akuisisi kendaraan dan 10jt untuk perbaikan dan urus surat2.
tetapi setelah lihat pasaran harganya, untuk trooper dan taft harganya mahal euy... di atas 50jt yang kondisinya bagus.

kalo menurut teman2, apakah plus minus dari 3 SUV ini?
tujuannya untuk mobil weekend dan touring ke luar kota sama keluarga. sekali2 offroad serius (berenang di kubangan, dan go to the no boundary).

om Edi akhirnya dapet kah troopernya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

^^
yang harganya 30jt long sasis diesel...... susah nih..
mesti swap engine tu om..

paling yang ukuran tanggung MWB trooper yang tahun awal 3door uda 30-40jtan tu om?

klw yang asli taft kebo F50 tpi itu SWB. taft long F69 jg di atas 30jt...

landrover seriesIII long mesti swap engine om biar diesel .. itu bensin 2.2ltr 4cyld yg diesel ada tpi jarang... dan spare partnya lumayan mahal.... dan sudah susah nyari yang ori. temen sya pke landy sIII std, di kasih ban 32 simex ya bwat oprut dlm setahun dia ngabisin 5 buah gardan.... rontok mulu katanya. CMIIW

biasanya yang jago2 bwat oprut LR Series gini pasti uda ganti mesin dan gardan pke toyota atau landy yg baru

defender 110 yg maknyus tu.. cuma harganya..

CMIIW thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: About Chevrolet Tropper

Post by maskopat »

thanks om Billy.. berarti harus naikin budget yah?
kira2 berapaan ya?

untuk taft dan trooper, apakah standarnya udah siap oprut?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:thanks om Billy.. berarti harus naikin budget yah?
kira2 berapaan ya?

untuk taft dan trooper, apakah standarnya udah siap oprut?
om kebutuhanya bwat outing adventure brng keluarga yah? bearti mobil nda mesti long kan? yang penting nyaman bwat di masukin minimal 5orang?diesel agar irit dan mesti tangguh walau dgn minim atau tanpa modifikasi.

klw ini sya lebih condong ke rocky F75 MWB om... memang sih harganya "gila" 60-70jt tpi bila kondisi sehat, om hanya perlu ganti ban saja mengikuti kebutuhan, ntah itu MT untuk harian+turing oprut atau kelas extrime untuk oprut seriusnya. ban 31" udah cukup.. malah jgn lebih dri ini agar tdk perlu bnyk rubahan... pling kedepannya tinggal nambah winch dan safety aja...
dulu team advance yang ngebuka jalur camel trophynya landrover di kalimantan justru taft diesel standar...

suspensinya rigid+perdaun klw masih sehat lebih enak dari SUV rigid axle dgn perdaun lain kya FJ40 jimny atw CJ. kuncinya karena anting per dpnnya yg secara OEM di pasang di blkng axle(reverse shakle) jadi gerak suspensi lebih mantap saat kena benturan.

jok 2nd udah madep dpn dan walau masuknya sulit tpi lega bngt loh... sya lebih betah duduk di 2nd row rocky di banding 2nd row kijang capsul walau keluar masuknya susah... jadi masuk ya diem.... bobo hehehe..

klw trooper memang di aspal bisa lebih nyaman karena kodratnya dulu ini mobil mewah, beda dgn taft yg mobil kerja. di tanah juga cukup tangguh tpi blm bisa nyaingin ketangguhan taft yg rigid. klw pke trooper kedepannya pasti gatel deh pingin ninggiin atw gmn pasti susah mentok di IFSnya. mesin pun hanya C223 2,3ltr sma kya panther 62ps masih kalah oleh 2,8ltrnya taft.padahal bodi lebih berat. keunggulannya klw comparenya dgn rocky maka dri harga troopernya yang bensin Hi roof tahun 95. dulu pernah pinjem beberapa hari suspensinya jauh lebih empuk dri taft... apa lgi mengigat mobilnya yg sudah tua lega pula udah enak deh bwat turing... cuma kurang di mesinnya aja... yang solar lemot yang bensin boros hehehe.... klw mw enak om sisihin dana aja bwat swap ke bighorn.. bru tuh.... nikmat bngt bwat turing oprut jarak jauh.. sya jg ampe ngimpi pengen hehehe.. atw om beli yang tahun awal 30-40jt klw ada budget 70jt sisanya bisa bwat ngeswap engine ngerapihin dll... tpi agendanya jadi rubah nih.. om kan maunya minim modif.

jadi klw memang mw oprut serius dan masih enak bwat keluarga ambil rocky F75 karena kedepannya lebih bebas, dan om juga ngegasnya lebih tenang kaki2 rigidnya jauh lebih kuat mau di loncatin di hajar sampe kompetisi juga siap. dan sparepart di pedalaman pastinya banyakan taft.

klw lebih bnyk bwat outing breng keluarga butuh yang luas mobilnya dan tetep tangguh untuk oprut maka trooper pilihanya.

CMIIW yah...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Chevrolet Tropper

Post by gmx »

pikiran mirip2 dgn pikiran gw, gw lagi pengen SUV yang irit buat harian pake ngantor dalkot yang macet banget jalanan juga bolong2 agak kesiksa juga bawa sedan kecuali masuk tol, yang perawatan juga murah, kemungkinan ngga dipake offroad, paling2 jalan2 touring aja.. dengan catatan, pengen doang ya, belum tentu ngambil beneran. yang ada di pikiran gw sih pertama adalah trooper, kemudian kedua adalah taft

kenapa trooper ada di peringkat pertama, karena seperti kata billy bahwa trooper asalnya mobil mewah, IFS, ada LWB 5 pintu, pas lah buat touring, mesin juga ngga perlu badak2 banget, mungkin kalo ngga di swap cukup lah kalo buat touring doang. kadang2 di koran ada tuh yang harganya 25jt, tapi gw yakin PRnya untuk layak jadi mobil keluarga banyak banget mesin mungkin mesti turun biar seger, body perlu repair dan repaint, kaki2 perlu dibenerin, interior perlu dipermak lagi, kecuali kalo mau jadi project, rata2 yang udah layak harganya sekitar 50-60 lah, dan biasanya 4x4-nya udah dicopot supaya ngirit.. tapi emang kalo mesin ngga di swap ya tenaganya kurang

pilihan kedua taft, tapi taft itu mobil kerja, Taft GT dan dan Rocky yang belum independent kurang nyaman suspensinya, yang independent kayak tunggangannya billy masih mahal, dan kalo buat bawa keluarga pasti kurang luas, emang sih cukup buat 5 orang, tapi biasanya emak2 pergi perabotan rumah tangga ikut juga

gw pernah touring bawa Hiline Long keluaran tahun '86 penumpang 6 orang tapi perabotan ngga begitu banyak, jalan2 ke Solo-Boyolali-Yogya lewat pegunungan Selo, walaupun mobilnya kondisi interiornya udah ngga rapih, wah enak juga suspensinya lumayan nyaman, lari 120 masih mau, cuma dia 4x2 jadi kalo nanjak mesti ancang2 dulu, dan radius putarnya itu lho lebar banget.. asik ngeliatnya, mobilnya panjaaaang kayak coklat choly-choly.. tampang sangarnya masih ada.. murah nih 30jt sih dapet, masuk lah ke budget om maskopat, tapi rumah om maskopat aksesnya gampang ngga, kalo ke rumah gw sih hiline ngga bisa masuk, mungkin bisa masuk tapi ngga bisa muter keluar mesti mundur, makanya gw ga ngambil LC80 (ngeles mode:on.. padahal duitnya kurang hehehehe...) note: yang dibawah ini bukan yang gw bawa touring itu ya

Image

billy.. kalo taft ranger gimana, lumayan tuh 5 pintu lebih pendek daripada hiline long
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: About Chevrolet Tropper

Post by maskopat »

hmm... pengennya yang 5 pintu.. seperti yang om gmx bilang. karena bawa keluarga, yah pindahan gitu deh kalo touring.. :big_peace:
kalo pribadi sih emang naksir berat ama rocky.. apalagi yang dipake om billy.. :big_peace:

sejauh ini, LR series 3 udah dicoret. karena kurang nyaman untuk touring.
tinggal taft panjang (seinget ane sih Hiline GTL atau Ranger ya?) dan Trooper 5 pintu solar.

ane udah baca2 juga masukan om billy di atas, kayaknya kalo trooper, kudu swap engine pake 4JB1T ya? tapi ane masih rada2 takut dengan swap engine. takut gak kompatible antara gearbox, gardan. tenaga besar, rem dan kaki2 harus diperkuat secara tuh mobil emang dirancang untuk mesin dengan kemampuan 66ps tadi.

kalo ane lihat2 nih, trooper tahun 92-95, pasarannya di atas 60jt yang bagus. sementara kalo taft sekitar 80jt tahun segitu juga.

kalo tangguh emang kayaknya taft yah. karena terbukti dipake di pertambangan pada tahun 90-an. soalnya belum ada double cabin..

kalo rumah ane, alhamdulillah bisa masuk koq mobil gambot.

kalo dari ketersediaan sparepart mesin, body dan kaki2 gimana?

tapi sepertinya emang kudu budget di atas 60jt ya? :off_good: :off_good:

nabung lagi deh.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Chevrolet Tropper

Post by gmx »

maskopat wrote: kalo dari ketersediaan sparepart mesin, body dan kaki2 gimana?
kalo sparepart mesin sih ada di mana2, mesin trooper itu kalo ga salah mesin panther lama 2.3l, karena trooper itu sebenernya isuzu trooper, masuk sini dipake GM buat chevy, gw pernah liat juga yang pake badge holden yg masuk buat event apa gitu semacem KTT. sparepart taft sih di toko depan juga ada, tapi hiline yg gw bawa itu pernah dimaling dashboardnya, nyarinya susah, dapet copotan..

bulan2 lalu ada yg nawarin trooper long 91 mulus, minta 65, orangnya hobby, punya trooper bbrp biji gitu

btw land rover long boleh juga tuh, tapi nyarinya susah, bener2 mobil hobby
Attachments
CIMG0049.JPG
CIMG0045.JPG
CIMG0042.JPG
CIMG0036.JPG
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:pikiran mirip2 dgn pikiran gw, gw lagi pengen SUV yang irit buat harian pake ngantor dalkot yang macet banget jalanan juga bolong2 agak kesiksa juga bawa sedan kecuali masuk tol, yang perawatan juga murah, kemungkinan ngga dipake offroad, paling2 jalan2 touring aja.. dengan catatan, pengen doang ya, belum tentu ngambil beneran. yang ada di pikiran gw sih pertama adalah trooper, kemudian kedua adalah taft

kenapa trooper ada di peringkat pertama, karena seperti kata billy bahwa trooper asalnya mobil mewah, IFS, ada LWB 5 pintu, pas lah buat touring, mesin juga ngga perlu badak2 banget, mungkin kalo ngga di swap cukup lah kalo buat touring doang. kadang2 di koran ada tuh yang harganya 25jt, tapi gw yakin PRnya untuk layak jadi mobil keluarga banyak banget mesin mungkin mesti turun biar seger, body perlu repair dan repaint, kaki2 perlu dibenerin, interior perlu dipermak lagi, kecuali kalo mau jadi project, rata2 yang udah layak harganya sekitar 50-60 lah, dan biasanya 4x4-nya udah dicopot supaya ngirit.. tapi emang kalo mesin ngga di swap ya tenaganya kurang

pilihan kedua taft, tapi taft itu mobil kerja, Taft GT dan dan Rocky yang belum independent kurang nyaman suspensinya, yang independent kayak tunggangannya billy masih mahal, dan kalo buat bawa keluarga pasti kurang luas, emang sih cukup buat 5 orang, tapi biasanya emak2 pergi perabotan rumah tangga ikut juga

gw pernah touring bawa Hiline Long keluaran tahun '86 penumpang 6 orang tapi perabotan ngga begitu banyak, jalan2 ke Solo-Boyolali-Yogya lewat pegunungan Selo, walaupun mobilnya kondisi interiornya udah ngga rapih, wah enak juga suspensinya lumayan nyaman, lari 120 masih mau, cuma dia 4x2 jadi kalo nanjak mesti ancang2 dulu, dan radius putarnya itu lho lebar banget.. asik ngeliatnya, mobilnya panjaaaang kayak coklat choly-choly.. tampang sangarnya masih ada.. murah nih 30jt sih dapet, masuk lah ke budget om maskopat, tapi rumah om maskopat aksesnya gampang ngga, kalo ke rumah gw sih hiline ngga bisa masuk, mungkin bisa masuk tapi ngga bisa muter keluar mesti mundur, makanya gw ga ngambil LC80 (ngeles mode:on.. padahal duitnya kurang hehehehe...) note: yang dibawah ini bukan yang gw bawa touring itu ya

Image

billy.. kalo taft ranger gimana, lumayan tuh 5 pintu lebih pendek daripada hiline long
klw om gmx sih uda aja pke pajero hehehe nda perlu ngelirik kanan kiri lagi... apa lgi trooper bensin wah itu sih FCnya bisa lebih parah dri pajero dan tenaganya nda sampe 1/2nya kli yah.... pernah jalan2 pke trooper temen tahun 95 dgn xj aja masih borosan ni trooper.. tpi lain2nya bener2 enak deh... klw trooper diesel ya mirip dgn panther yang pertama. mesinnya sama.

dri kemewahannya yg bensin lebih mewah, ada clinometer washer, trimnya beda. tangki juga uda di upgrade jadi 89ltr... yang diesel 40 atw 60ltr klw nda salah.. dan hiroof nya lega...

hiline panjang F69 itu om, ada yang 4x4 ada yang 4x2. bantingannya lebih empuk mungkin akibat wheelbase kli yah?masalahnya taft LWB ini tu, bodynya masih karosorian dgn dempul, akibatnya selain modelnya bnyk yang "aneh" khas karosorian,juga mudah sekali terserang karat body blkngnya...jadi wkatu milih unit mesti merhatiin bngt bodynya.. dan klw bisa belinya jgn yang karosorian aneh yah.. hehehe takutnya buatannya kurang bagus atau gimana..
ada bnyk type ada yang overhangnya panjang, ada yang overhangnya pendek tpi wheelbase seharusnya sama.. kecuali ada yang kya gini Rocky F78 IFS tpi atap besi dan 5 pintu MWB

Image

CMIIW yah
thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:hmm... pengennya yang 5 pintu.. seperti yang om gmx bilang. karena bawa keluarga, yah pindahan gitu deh kalo touring.. :big_peace:
kalo pribadi sih emang naksir berat ama rocky.. apalagi yang dipake om billy.. :big_peace:

sejauh ini, LR series 3 udah dicoret. karena kurang nyaman untuk touring.
tinggal taft panjang (seinget ane sih Hiline GTL atau Ranger ya?) dan Trooper 5 pintu solar.

ane udah baca2 juga masukan om billy di atas, kayaknya kalo trooper, kudu swap engine pake 4JB1T ya? tapi ane masih rada2 takut dengan swap engine. takut gak kompatible antara gearbox, gardan. tenaga besar, rem dan kaki2 harus diperkuat secara tuh mobil emang dirancang untuk mesin dengan kemampuan 66ps tadi.

kalo ane lihat2 nih, trooper tahun 92-95, pasarannya di atas 60jt yang bagus. sementara kalo taft sekitar 80jt tahun segitu juga.

kalo tangguh emang kayaknya taft yah. karena terbukti dipake di pertambangan pada tahun 90-an. soalnya belum ada double cabin..

kalo rumah ane, alhamdulillah bisa masuk koq mobil gambot.

kalo dari ketersediaan sparepart mesin, body dan kaki2 gimana?

tapi sepertinya emang kudu budget di atas 60jt ya? :off_good: :off_good:

nabung lagi deh.. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
kemarin sodara bru beli trooper hiroof bensin 94 dari bdg mulus bngt.. 47jt om... uda setahun sih. ini yang jadi bahan testdrive saya hehehe...dia bilang sih overall puas bngt... sampe lebih prefer pke tu trooper dri pda allnew crvnya.. hehehe aneh memang..

klw ngeswap di bengkel yang pengalaman sih pasti aman kya asli kerjaan pabrik deh om... sya jg swap mesin f78, rapih bngt.. uda 4 thn nda ada masalh... klw trooper mesin langsung plek kok nda ada perubahan apapun..

klw soal kekuatan kaki2 trooper makanya skrng di cap kuat lebih kuat dri taft IFS soalnya di luar di set bwat nanganin mesin bighorn 135ps di indo cuma di kasih 62ps...... jadi aja awet bngt... hehehe

yup trooper aja kynya.. klw di kasih taft yang siap kompetisi takutnya klw uda terjangkit virus ntar keterusan hehehe.. cari mobilnya dulu di nikmatin mesin aslinya sampe mentok bgtu uda memantapkan hati baru coba swap engine... pke yang bighorn 4JG2T atw mesin prado matic aja sekalian...bisa ngasepin mobil2 baru.. harga prado halfcut(benar2 separo mobil inculde garda dashbord jok stir gearbox dll) sekitar 27jtan sama masang mungkin 30-40jtan (dulu yah)... hehehe seharga mobilnya tuh...

selain mesin sya aga kurang sreg uy dashbord classicnya trooper.. klw mimpi sya sih.... swap engine pke prado halfcut. dashbord pradonya juga di pasang d trooper lengkep dgn jok dll.. trooper rasa prado deh... alahh ngimpii...

klw landrover series kyanya kurang enak yah bwat ngejar comfort?apa lgi umurnya nih.. takutnya troble klw d bwa turing jauh..

klw rangerover yang pertama mahal nda yah?

klw spare part di kota sih sama2 gampangnya.. tpi klw uda di pedalaman,part kaki2 yang trooper ada yg nda bisa subtitusi dgn panther maka taft pasti jd lebih gampang...

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Chevrolet Tropper

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:klw trooper diesel ya mirip dgn panther yang pertama. mesinnya sama.
kalo ga salah, CJ Diesel pake mesin isuzu juga ya?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: About Chevrolet Tropper

Post by maskopat »

waduh, makasih banyak infonya nih om billy dan om gmx..
wah, 47jt? tapi sayang bensin. ampun deh FC nya... :big_slap:

emang enak sih kalo trooper untuk on road.. sedeng lah kalo untuk oprut..

makin ngiler nih dengan SUV... :ungg: :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:
billyd1773dz wrote:klw trooper diesel ya mirip dgn panther yang pertama. mesinnya sama.
kalo ga salah, CJ Diesel pake mesin isuzu juga ya?
yup btul om....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:waduh, makasih banyak infonya nih om billy dan om gmx..
wah, 47jt? tapi sayang bensin. ampun deh FC nya... :big_slap:

emang enak sih kalo trooper untuk on road.. sedeng lah kalo untuk oprut..

makin ngiler nih dengan SUV... :ungg: :ungg:
trooper jg bwat awal2 sampe serius asal bukan kompetisi tidak akan mengecewakan kok.... LWB malah jadi nyaman bawanya hehehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: About Chevrolet Tropper

Post by maskopat »

mau tanya lagi nih..
katanya body trooper gampang berkarat ya? karena platnya gampang nampung air? benar kah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

^^
yup terutama di bagian pintu blkng om, dia kan pintunya kebagi 2 kanan kiri bisa kebuka, tpi usernya jarang buka yang satu lagi, biasanya om buka cek aja di balik karet pintunya.. biasanya numpuk tu di situ...

tp lebih parah hiline panjang karatnya... mobil dempul karosorian soalnya..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
personal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: 27 Dec 2008, 00:18

Re: About Chevrolet Tropper

Post by personal »

weleh lagi ngomongin 4x4 jadi semangat lagi hunting.
bro billy mohon pencerahannya;
sekarang lagi hunting rocky, kemaren ada tanya2 yang th 96 dan th 98, baru lewat tlp. mereka nawarinya tinggi sekali, 95 jt ama 125 jt. kaget dengan harga segitu, apa pasarannya naek?
trus gimana cara ngetes 4x4-nya masih fungsi bae?
thx
Habis Siang, Terbitlah Petang
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: About Chevrolet Tropper

Post by billyd1773dz »

^^
alow om..

klw beberapa waktu lalu sih iya di koran2 gila harganya rocky f78 sampai 100jt, gosipnya karena bnyk yang nyari di luar jawa bwat perkebunan sawit. nah skrng krisis demand mobil ini berkurang, harga uda turun lagi... ktanya lo yah... klw di bdg sih kyanya bener.. kemarin lihat di koran PR taft f73 98 mintanya 77jt om... klw F78 nda tw nih... barangnya memang jarang sih...

cara ngetesnya 4x4 pling pasti dongkrak aja sebelah om bannya, masukin 4H klw maju bearti bagus...
atau, saat 4H masuk jalanin kemudian belokin patah klw kerasa ada yang nahan atau bunyi kletek2 bearti jalan.

jgn lupa pastikan freewheelhubnya sudah lock...

CMIIW yah

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post